Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

20 March 2015

Review Novel | Not A Perfect Wedding - Asri Tahir

25058922 Judul Buku : Not A Perfect Wedding
Penulis : Asri Tahir
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 9786020258973

And the synopsis..

Raina Winatama: Di hari pernikahanku, aku kehilangan mempelaiku. Bukan karena dia melarikan diri. Tapi dia pergi untuk selamanya.

Prakarsa Dwi Rahardi : Di hari pernikahanku, aku kehilangan mempelaiku. Bukan karena dia melarikan diri. Tapi aku harus pergi untuk selamanya.

Pramudya Eka Rahardi : Di hari pernikahan adikku, aku harus menjadi mempelai laki-laki. Menjalankan sebuah pernikahan yang harusnya dilakukan oleh adikku, Prakarsa Dwi Rahardi.


Editor’s Note
Pernikahan yang indah adalah impian setiap orang di dunia ini. Tapi bagaimana jadinya kalau akhirnya Anda harus menikah dengan orang yang sebelumnya bahkan tidak pernah Anda temui?

Not A Perfect Wedding menghadirkan fakta bahwa belajar mencintai adalah satu-satunya cara. Tidak ada yang tidak mungkin. Ketulusan seseorang akan mengalahkan kekerasan hati, ketulusan dan cinta akan membalut luka dan menyembuhkannya. Not A Perfect Wedding akan menunjukkan caranya bagi pembaca.
 



Here we go..


Melewatkan perempuan seperti kamu adalah hal bodoh yang tidak akan pernah aku lakukan dalam hidupku 

Pram dan Raka adalah kakak beradik. Jika Pram lebih memilih tinggal di London selama tujuh tahun terakhir ini hingga dia mempunyai karir yang cemerlang dan lebih suka bergonta-ganti pasangan, tidak demikian dengan Raka. Raka yang tinggal bersama dengan kedua orang tuanya dan lebih memilih untuk selalu setia dengan gadis cantik yang sudah menemaninya selama dua tahun ini. Sungguh amat bertolak belakang. 

Walaupun begitu, Pram teramat sangat menyayangi Raka, adiknya. Hingga saat Raka memutuskan akan menikahi gadis yang dicintainya, Pram memutuskan untuk pulang dan datang ke hari bahagia Raka. Namun naas, sehari sebelum ijab kabul terjadi, Raka mengalami kecelakaan. Sadar waktunya semakin menipis, Raka memberikan pesan terakhir kepada Pram untuk menggantikan dirinya dalam membahagiakan Raina. Pram menyetujui permintaan Raka walaupun dengan berat hati dan masih berharap Raka akan segera sembuh. 

Buat apa aku memberikan kamu mimpi? Satu-satunya yang aku inginkan adalah menjadikan kamu nyata sebagai milikku

Raina memang belum pernah sekalipun bertemu dengan Pram. Dia hanya mendengar cerita dari Raka jika hubungan keduanya memang sangat dekat. Raina yang mengetahui kecelakaan yang menimpa calon suaminya, Raka, tidak diijinkan untuk mengunjungi Raka. Hanya kedua kakak lelakinya yang datang untuk melihat kondisi Raka. Tak ada yang tau jika hari itu Raka pergi untuk selamanya. 

Tidak ada kebahagiaan yang instan itu memang benar, karena sejatinya harus ada pengorbanan dari tiap kebahagiaan

Keesokan harinya, Pram tetap datang untuk memenuhi janjinya pada Raka. Raina tak mengetahui apapun hingga dirinya sadar tatkala mendengar kalimat janji pernikahan bukanlah dari Raka, namun dari seseorang yang tak dia kenal suaranya. Suara orang itu baru dia kenali saat dia berpapasan di jalan yang sama saat hendak mencari toilet. Suara dari Pram, kakak Raka. Bukan suara Raka, calon suaminya.

Aku pernah merasa bahagia, tapi kamu memberikan kebahagiaan yang berbeda. Yang baru aku sadari, ternyata aku tidak salah memberikan hatiku padamu

Tekad Pram sudah bulat. Dia akan meneruskan mimpi adiknya yang tertunda. Berjanji akan menjaga Raina seperti saat Raka menjaganya. Tak mudah memang. Raina bukanlah tipe gadis yang biasa Pram pacarai selama ini. Mereka berdua sama-sama tidak memiliki pondasi kuat yaitu cinta, dan mereka saling tidak mengenal satu sama lain. Raina cukup depresi saat kehilangan Raka. 


Tak akan pernah ada kata cukup menghabiskan waktu bersama orang yang paling dicintai. Mungkin itulah yang kini sedang dialami Pram dan Sashi

Ketika dua orang asing bersama menjalani sebuah pernikahan tanpa rasa cinta di dalamnya, membuat Raina pesimis. Hingga dirinya sadar kalau pernikahannya ini terlalu rapuh untuk dijalani. Di saat itulah datang orang ketiga dari masa lalu Pram. Bagaimana kisah mereka selengkapnya?

Pernikahan mereka tidak akan pernah sempurna dan mungkin akan selamanya begitu. Selalu ada celah yang tak kasatmata yang akan selalu menjadi bayang-bayang kehidupan mereka

Saat pertama kali membaca ceritanya di aplikasi Wattpad, langsung jatuh cinta, dan sempat agak kecewa karena belum selesai membacanya, cerita ini sudah dihapus partnya. Karena ternyata akan diterbitkan menjadi buku. 

Suka dengan ide ceritanya. Belajar mencintai seseorang yang asing di dalam hidup kita. Percaya dan yakin jika rasa cinta itu bisa muncul perlahan jika kita mau berusaha dan ikhlas menerimanya. Alur ceritanya cepat dan lancar, serta penulis tidak terlalu bertele-tele menceritakan kisah ini. Dan membuat tanpa terasa sudah berada di akhir cerita. Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga, membuat kita bisa lebih objektif dalam menilai setiap karakternya. Kita benar-benar akan dibuat terpesona oleh sosok Pram yang laki banget, dewasa, dan menyayangi keluarganya, selalu memiliki rasa kepercayaan dan keyakinan yang tinggi jika hubungannya dengan Raina bisa berjalan dengan sangat baik. Beneran dibikin melting sama sosok Pram yang berusaha meluluhkan hati Raina untuk menerima dirinya. 

Matahari itu adalah harapan. Tanda bahwa sebuah kegelapan itu hanyalah sementara, semua pasti aka nada ujungnya


Haruskah aku pulang tanpa kamu percaya padaku?

Agak sedikit sebal dengan sosok Raina yang labil, egois, manja dan terkadang menjengkelkan. Dibesarkan sebagai anak terakhir membuat dia menjadi sosok yang seperti itu. Tapi, jangan khawatir, kedua kakaknya tidak seperti itu kok. Armand an Pasha benar-benar membuat kita menyadari jika kaka akan selalu ada untuk adiknya bagaimana pun kondisinya. Kehadiran Clara, teman Pram saat di London sedikit banyak membantu kita mengetahui masa lalu Pram dan kehidupannya sebelum bertemu dengan Raina.

Porsi dari setiap karakter di novel ini diceritakan seimbang dan sesuai dengan porsinya masing-masing. Pas dan tidak terkesan mendramatisir. Penulis mampu membuat kita menyelami perasaan masing-masing karakter. 

Karena aku ingin memberikan kamu pilihan. Bisakah kamu bertahan menjadi perempuan yang kuat atau hanya seperti ini


From the deepest of my heart, I will loves and keep you until the end of my life. Can you believe me?

Ada sedikit kelemahan dari penulis. Mungkin karena terbiasa membaca sesuatu itu runtut dan terkesan lambat, jadi ketika membaca novel ini alurnya memang sangat cepat. Sehingga terkadang membuat penulis sedikit melupakan detail dari alur tersebut. Mungkin penulis bisa membuat karakter Pram lebih diperdalam lagi. Jujur saja, masih sedikit penasaran sama latar belakang Pram, mengenai pekerjaannya di kota London. 

Suka dengan gaya penulis yang menceritakan mengenai hubungan Pram dan Raina, sehingga tidak focus ke masa lalu. Karena belajar untuk melupakan orang yang kita cintai itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dan juga belajar untuk saling mencintai itu juga membutuhkan waktu apalagi kalau kita sudah berdamai dengan masa lalu dan diri sendiri. Chemistry antara kedua tokohnya dapat bangetttt.. I Love youuu, mbak twin Asri.. :D

Terima kasih untuk kehadiran kamu dalam hidupku. Tuhan mengambil Raka dariku tapi dia memberikan gantinya. Bukankah aku sangat beruntung?
 

Takdir, begitu orang menyebutnya. Dengan ketidaksempurnaan aku dan dia memulai semuanya tanpa cinta



Takdir, dia mempertemukanku dengan seorang laki-laki yang sangat menawan. Aku menyerah bahkan sebelum memulainya, tapi dia berjuang untuk tetap mempertahankannya. Sampai aku tahu, Tuhan tidak akan pernah salah menentukan garis kehidupan manusia. Karena pada akhirnya, aku sangat bahagia hidup bersamanya

2 comments:

  1. Kayaknya bukunya wajib dibaca ya Mba, tapi ceritanya sedih2 gitu belum kuat deh kayaknya, maybe someday kalau lagi libur cari bukunya deh. Nice review anyway :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga sedih2 banget, mba..

      silahkan, dibaca, mba... atau bisa lho, kalau mau dapetin secara gratis.. bisa ikutan juga GAnya di beberapa blog.. bisa dibaca di twitternya penulisnya, mba @as_sharliz

      selamat membaca :D

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...