Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

3 February 2016

Book Review - Buntelan | Kirana - Alies Patricia


Alies PatriciaJudul Buku : Kirana - An Uncertain Marriage
Penulis : Alies Patricia
Penerbit : LovRinz Publishing
ISBN : 978-602-6921-03-1

And the synopsis..

Kirana

Mencintai Arjuno adalah segalanya untukku. Tetapi, Tuhan menjodohkan aku dengan pria yang bukan ayah dari bayi yang kukandung.

Arjuno

Aku harus mengalah pergi untuk menyelamatkanmu, Rana. Tapi saat aku kembali kau sudah ada yang punya. Apakah Tuhan tidak mengizinkan kita bersama? 


Here we go..

Melunasi mimpi orang tua adalah kewajiban seorang anak, begitu kata Asma Nadia.

Kirana bercerita mengenai seorang gadis bernama Kirana, tentu saja, dengan seorang lelaki bernama Arjuno. Kirana yang bekerja di perusahaan bidang properti selama setahun, PT Sinar Mas Grup, Bumi Serpong Damai. Satu perusahaan dengan Arjuno yang notabene adalah Asisten Direktur. Kirana baru saja patah hati karena ditinggal menikah oleh Iman yang menikahi perempuan lain. Kirana yang memang berusaha menghindari Iman, mau tak mau akhirnya diharuskan bertemu kembali, dan ini membuat Kirana bersikap dingin terhadap Iman.

Dia membuatku nyaman, tapi belum yakin pada hati. Biarlah semua berjalan perlahan

Terdengar kabar jika ternyata Arjuno bukanlah kekasih dari Direktur perusahaan tempat Kirana bekerja, Mr. Jonson. Akan tetapi, Juno adalah anak haram dari Mr. Jonsons. Hubungan Kirana dan Juno pun akhirnya naik ke jenjang pacaran. Walaupun Kirana belum merasa yakin akan perasaannya terhadap Juno, namun Juno selalu berhasil membuat Kirana nyaman. Lambat laun, perasaan itu pun tumbuh di dalam hati Kirana.

Karena aku mencintaimu. Karena kebahagiaanmu dan keluargamu adalah taruhannya 

Hubungan keduanya akhirnya mencapai kata sepakat. Mereka berdua akan melangsungkan pernikahan, namun sesuatu terjadi sebelum hari pernikahan mereka tiba. Dimulai dari kepergian Juno ke Irlandia untuk mengatakan rencananya kepada keluarganya. Kemudian kebakaran di rumah Rana, hingga perbuatan mereka yang melanggar batas agama. Lalu seperti apa kisah perjalanan hati mereka?

Di mana pun berada, aku akan selalu dekat di hatimu  

Kirana hadir dengan kisahnya yang ringan dan konfliknya pas banget bikin baper. Sebenarnya cerita ini sudah banyak yang menuliskannya, namun, kali ini ditulis sedikit lebih rumit oleh mbak Alies Patricia. Adanya sedikit pengetahuan mengenai pekerjaan di bidang properti, setidaknya membuat pengetahuan bagi yang membaca bertambah.

Sudah agak sedikit lama sebenarnya, penasaran dengan orang-orang yang bekerja di bidang properti. Karena taunya selama ini hanya orang yang bekerja sebagai marketing, tanpa tau bagian dalam dari perusahaan itu sendiri, semisal mengenai pencetakan brosur, dan lain sebagainya. Sebenarnya sedikit kurang banyak sih. Tapi, mungkin nanti next story, bisa diperdalam lagi pekerjaan di bidang ini.

Agak sedikit surprise sih dengan penggambaran kedua tokoh utamanya. Walaupun tidak begitu terlalu detail, namun bisa menangkap seperti apa gambaran tokoh Arjuno dan Kirana beserta tokoh yang lainnya.

Teringat suatu hadist: “Dan aku ciptakan cinta kasih di antara keduanya sesudah pernikahan"  

Ya Allah, jika kehendakmu adalah kepastian, maka izinkan suamiku sembuh

Mbak Alies menceritakan setiap tokoh di dalam kisah ini dengan imbang. Ketika akhirnya Juno pergi, porsi tersebut kemudian digantikan oleh Khrisna. Dan porsi untuk Rana pun juga tak berkurang. Begitu juga dengan semua tokoh. Diceritakan dari sudut pandang orang pertama, dan sedikit adanya POV dari Arjuno kemudian Khrisna, sebenarnya agak sedikit mengganggu. Mungkin bisa ditempatkan sebagai extra part yang menceritakan mengenai kisah ini dari sudut pandang Juno maupun Khrisna. Tetapi, overall, penempatannya pas untuk setiap bagian POVnya. 

Sempat berhenti di bab kedua, karena kurang dapat feel saat membaca cerita ini, tapi akhirnya dengan sedikit memaksakan diri, bisa menyelesaikan cerita ini. Ada sedikit typo wajar sih, tapi ada sedikit yang mengganggu. Disitu disebutkan Juno ada di Amerika, namun ditulis London. Itu aja sih. Seharusnya bisa lebih diperjelas lagi Juno ada di Amerika atau di Inggris, atau mungkin bisa disebutkan ada di kota mana. Sehingga pembaca bisa lebih memahami dan mempunyai gambaran mengenai keberadaan Juno.

Peek A Book sendiri sebenarnya agak ilfeel sedikit dengan Bunda Ita dan Kirana, yang satu sedikit memaksa Kirana, yang satunya nggak punya pendirian dan kekuatan untuk menolak. Sedangkan untuk Khrisna, sebelnya setengah mati. Nggak bisa bedain antara cinta dan obsesi.

Rana, setiap bayi itu terlahir suci, yang berdosa adalah kedua orang tuanya. Jangan sesali hal itu. Anggap ini adalah penebus dosa kalian. Jadikan dia anak yang saleh
 
Overall, novel Kirana - Uncertain Marriage ini benar-benar sukses membuat Peek A Book kurang sih dapatin feelnya. Entah mungkin karena ceritanya yang hanya berputar pada permasalahan itu saja atau memang karena nggak dapat bayangan sama sekali mengenai cerita ini.

Dan kalau kalian tanya siapa tokoh favorit Peek A Book tentu saja haha.. Abinara.. Selain karena Abinara ini lucunya setengah mati, Peek A Book percaya besarnya pasti tampan.. Ha.. ha.. ha..

Tidak ada yang bisa membahagiakan hati seorang wanita selain imam yang dicintainya adalah orang yang saleh, begitu juga aku

1 comment:

  1. Ceritanya ringan....
    Sama ada typo London dan Amerika
    Lupa halaman berapa pas Krishna disebut Arjuna atau Sebaliknya (maklum suka lupa, novelnya Dah jalan2). Ketika pov arjuna dan Kirana, bahasanya sama dgn bab sebelumnya pd saat mereka ketemu (ada pengulangan) sehingga agak bosan bacanya.
    Baperrr, gregetan dgn karakter arjuna tdk ad perjuangan sedikitpun. Minimal mengecek kabar Kirana lewat kakaknya atau nyuruh detektif, Tau2 muncul Stlh 4 or 5 thn kemudian.
    Overall Lumayanlah buat Bacaan santai, komplik ga trll berat dan mba Alies menyisipkan bnyk pesan moral dr segi agama.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...