Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

14 March 2016

Guest Post | 5 Buku Favorit Sepanjang Masanya Hidayah

 





Holaa..




Setelah kemarin guest post menuliskan 7 Classic Books Rekomendasi Bzee, kali ini Peek A Book guest post lagi dari sobat Peek A Book. Tentu aja yang dibahas mengenai buku.. Yeay.. 




Guest post kali ini dari mbak Hidayah. Apa aja yang mau beliau tulis? Cekidot yukz..  
***  


 http://4.bp.blogspot.com/-jd0v-_oYLO8/VUv1RCAzu7I/AAAAAAAADDA/_nR-4ULTOKY/s400/IMG_2295.JPG

Saat berkunjung ke blog @PrinchessaR, aku udah tertarik dengan satu tema khusus tiap hari Senin *terima kasih, rubrik ini sudah dinantikan*. Ada guest post tentang buku favorit sepanjang masa. Waaah, menarik nih tema yang diangkat. Trus jadi ingat-ingat, buku apa sih yang jadi favoritku sepanjang masa?

Aku sebenarnya suka buku genre apa aja, kecuali fiction fantasy. Makanya aku punya bukunya Harpot juga karena anak sulungku yang minta beli. Ada juga buku fiksi karena memang aku suka baca untuk referensi nulis. Penulis kan emang kudu banyak baca, garing ntar tulisannya kalo malas baca.

Nah, saya senang tuh waktu Asri ngasih kesempatan jadi guest post di blog. Widiiiih, emang siapa dakuw, sampai bisa jadi guest post. Padahal pengen banget emang, hahaha.

Dan waktu diminta nulis buku favorit sepanjang masa, terus terang aku bingung *bingung saking banyaknya yaa, mbak? hihi*. Semua buku yang aku beli memang udah melalui proses seleksi, jadi pasti semua suka *buset, pake seleksi juga*. Namun, ada beberapa buku yang sering banget aku baca. Alasannya karena suka, ceritanya sangat bagus, menarik, menginspirasi atau mungkin cukup menghibur.

Terpaksa, saya hanya memilih lima buku berikut. Pengennya yang lain juga bisa aku masukin dalam daftar, tapi ntar kebanyakan, ehehehe.

Ini nih lima buku favorit sepanjang masa pilihanku :

The Wedding - Danielle Steel

 59842

Allegra, pengacara bagi para bintang yang kesibukannya menyamai aktris yang diwakilinya. Dia bisa menjadi apa saja, meski deskripsi pekerjaannya sih sebatas pengacara. Kadang dia menjadi sopir aktris yang diwakilinya, kadang beralih peran menjadi ibu ketika kliennya butuh bahu untuk curhat. Dia memang sukses dan dicintai kliennya yang sangat membutuhkan jasanya.

Namun kehidupan cintanya tak semulus karirnya. Kekasihnya main hati dengan banyak wanita. Belum bercerai, menggantung hubungannya dengan Allegra, hingga berhubungan dengan entah berapa banyak wanita di belakangnya. Tiba-tiba tanpa sengaja dia bertemu dan menjalin hubungan baru dengan Jeff saat bertemu klien di New York. Jeff adalah penulis buku best seller dan sedang beruntung dipinang oleh produser film. Kisah cinta keduanya sangat direstui oleh Simon Steinberg dan Blaire Scott. Simon adalah ayah tiri Allegra, yang menikah dengan Blaire usai bercerai dari suami dan ayah Allegra serta Scott.

Buku ini mengisahkan tentang ketakutan Allegra atas hubungan pernikahan. Ketakutan yang muncul karena kegagalam rumah tangga orang tua kandungnya. Juga perselingkuhan kekasihnya dari istri yang tak bisa digugat cerai entah sampai kapan.

Danielle Steel selalu mengajak pembaca bukunya dengan menuturkan kisah romantis yang dibalut dengan perjuangan mencapai impian kebahagiaan. Alur kisahnya tidak rumit, dan jadi buku romance yang banyak disukai penggemarnya.

The Appeal - John Grisham

 1248179

Kisah perjuangan pasangan suami istri pengacara, Wes Payton dan Mary Grace membantu hidup seorang wanita melawan perusahaan raksasa, Krane Chemical. Suami dan putra satu-satunya Jennette Baker meninggal karean limbah Krane Chemicar Corporation mencemari lingkungan tempat tinggal mereka.

Tuntutan jaksa yang diajukan oleh pasangan pengacara sebanyak 6 jenis, dikabulkan oleh dewan juri yang terdiri dari 12 orang. Hasil voting adalah 10 yang setuju untuk meluluskan tuntutan ganti rugi melawan 2 orang juri yang tidak setuju.

Tuntutan ganti rugi yang sangat fantastis total sejumlah 41 juta dollar, membuat Wes Payton dan Mary Grace terlepas dari himpitan hutang. Rumah, mobil impor dan semua hartanya ludes untuk membiayai proses persidangan. Namun, ganti rugi tak semudah itu meluncur mulus ke rekening mereka dan Mrs. Jeannnette Baker. Pihak pengacara pembela mengajukan banding dan melakukan segala upaya untuk menggugurkan vonis yang merugikan Krane Chemical.

Berita kemenangan pasangan pengacara itu menjadi headline news di semua surat kabar. Makin banyak korban Krane Chemical yang mengajukan tuntutan dan menjadi booming gugatan masal. Kesuksesan Wes dan Mary Payton mengundang biro hukum elite negeri itu berdatangan dan mengajak kerja sama menangani seluruh gugatan.

Sejak lama aku sudah sangat menyukai karya John Grisham. Pertama membaca bukunya, yaitu A Time To Kill, The Firm dan berturut-turut buku lainnya, bikin aku jatuh cinta berat dan tak mampu move on. Grisham selalu mengangkat karir pengacara dengan segala intriknya. Ada keculasan, sikap keras kepala hakim, dewan juri yang unik dan beragam, membingkai cerita rumit yang dirangkum dengan cermat. Proses persidangan tak pernah membuat aku bosan menuntaskan isi bukunya. Bagi penyuka cerita yang tak sekedar mencari hiburan, buku karya penulis best seller ini sangat layak dijadikan pilihan bacaan bags.

Rindu - Tere Liye

23288914

Buku ini mengisahkan perjalanan beberapa anak manusia menggapai impiannya ke tanah suci. Berbagai rintangan, kisah masa silam dan godaan hidup menghadang. Cerita tentang kehilangan kekasih hati, tentang cinta sejati, tentang kemunafikan yang sering menjerat manusia.

Ada lima kisah dan lima pertanyaan yang bikin aku penasaran. Kisah masa lalu Bonda Upe yang tragis dan mengikatnya hingga rasanya ingin bersembunyi dari pandangan orang. Gurutta, ulama termasyur yang mampu menjawab setiap pertanyaan orang lain, namun tak mampu menjawab pertanyaannya sendiri. Kisah Mbah Slamet yang pupus harapannya ingin bergandengan tangan dengan mbah putri di depan Masjidil Haram, lantaran sang istri meninggal saat dalam perjalanan. Dan dua kisah lain yang tak kalah menarik dan bikin penasaran.

Bang Tere memang pintar mengemas sebuat catatan perjalanan dalam satu ruang terbatas di tengah pelayaran samudera, dengan sangat indah. Yang bikin aku terpesona dan gemas, dari mana sih idenya, Bang?

Sabtu Bersama Bapak - Adhitya Mulya

22544789

Buku ini mengisahkan tentang seorang bapak tetap hadir dalam tumbuh kembang dua putranya, meski sosoknya tak ada lagi di dunia. Setiap pesannya dikemas dalam bentuk VHS, dan diputar untuk ditonton oleh Satya dan Saka setiap sabtu sore.

Terbukti, meski tak ada sosok bapak dalam keluarga mereka, Satya dan Saka tumbuh menjadi laki-laki dewasa yang bertanggung jawab. Seperti salah satu pesan bapak dalam video, bahwa attitude memang penting. Tapi perusahaan tidak bisa melihat attitude kita dalam satu kali pertemuan wawancara. Mereka lebih melihat IPK yang tercantum di atas selembar kertas. Dan pesan itu sangat dimengerti oleh keduanya hingga mereka mampu meraih sukses dalam karir.

Buku ini tidak menggurui para pembaca dengan pesan gamblang. Namun cerita di dalamnya pasti banyak dialami keluarga di muka bumi ini. Kehilangan sosok bapak tak harus membuat rumah jadi roboh. Karena ada kehadiran ibu yang penuh kasih sayang, yang tak pernah merasa sendiri menjawab pertanyaan anak-anak.

Sabtu Bersama Bapak juga menuturkan perjuangan seorang ayah muda yang ingin anaknya bisa sempurna melebihi dirinya. Tentang perasaan terluka karena keluarganya malah menolak kehadirannya. Atau ketidakmampuan seorang pemuda yang sukses dalam karirnya, namun tak mampu berbicara lancar di hadapan gadis yang ditaksirnya.

Plot yang dipilih penulis maju mundur, namun tidak membingungkan pembaca karena simpel. Konflik yang dibangun antara tokoh menjadi pemanis cerita tentang keluarga Indonesia masa kini yang masih melekat nilai-nilai kekerabatan.


The Beloved Asiyah - Irfa Hudaya

http://3.bp.blogspot.com/-K2FG-VwwFDU/VLkqdceCwAI/AAAAAAAACdQ/RaDnW2nPmH4/s1600/cover%2Btba.jpg

Kisah hidup Aisyah sejak lahir hingga mendampingi Rasulullah Saw ini dikemas dalam bentuk novel oleh penulisnya dengan sangat manis. Saya langsung terpesona begitu membaca paragraf pembuka. Prolog yang menggambarkan akhir kisah kehidupan Rasulullah. Kisah yang dituturkan dengan begitu indah, hingga nyaris meruntuhkan air mataku.

Buku karya perdana penulis ini menggambarkan cerita kehidupan Aisyah yang penuh makna. Penulis juga mengisahkan kakak tiri Aisyah, yang selalu ada untuknya. Juga istri tua Rasulullah sepeninggal Shayidah Khadijah, yaitu Saudah. Perempuan yang menjadi sahabat, ibu dan kakak bagi Aisyah.

Memilih sudut pandang orang pertama dengan cara menuturkannya secara bergantian masing-masing tokoh dalam cerita.
  
Yesss... Susah menggambarkan satu buku dalam review yang singkat. Namun semoga aja tetap bisa menggambarkan isi cerita dalam kelima buku tersebut. Senang bisa berkontribusi dalam blogpost ini, semoga bermanfaat. See you :D

***

Oke, itu tadi adalah 5 Buku Favorit Sepanjang Masanya Hidayah. Dan ternyata, beberapa buku tersebut tidak atau mungkin belum termasuk di dalam wishlist Peek A Book. Semoga tahun ini, Peek A Book bisa memasukkan buku-buku tersebut ke dalam wishlist yaaa, siapa tau ada yang berminat untuk memberikannya. Buat yang ingin kenalan sama Mbak Hidayah, bisa dicolek di akun Twitter | Instagram | Blog.



Terima kasih, mbak Hidayah, sudah mampir ke Peek A Book. Untuk guest post selanjutnya, nantikan yaaa, only on Peek A Book.

7 comments:

  1. Kalau aku, buku favoritku apa ya?
    Fiksi, aku suka tale of two city. 7 habits juga suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next guest post mbak Ririe yaaa :)

      Delete
  2. Whuaaaa, senang senang senaaaaang, bisa berkontribusi dalam Peek A Book. Makasih untuk kesempatannya, Asri. Ayo diburu bukunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mbak Wati :))

      Ayooo, diburu bukunya :)

      Delete
  3. Dari kelima buku di atas yang pernah saya hanya hanya 2; Rindu - Tere Liye & Sabtu Bersama Bapak - Adhitya Mulya. Yang lainnya belum. Kalau favorit yang Sabtu Bersama Bapak. Penuh pengajaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang belum, mari silahkan diburuuu :)

      Delete
  4. Desain blog yg ini baguuusss, Mba Asri. Cocok sama keceriaan Mba Asri ^^

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...