Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

22 May 2016

Love In Adelaide - Arumi E | Book Review

28767602 Judul Buku : Love In Adelaide
Penulis : Arumi E
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9786020325453

*Buntelan Baca Bareng dari Penulis*

And the synopsis..

Aleska tak punya pilihan selain mengikuti ibunya memulai hidup baru di Adelaide, tinggal serumah bersama dua saudara tiri dengan karakter berbeda. Zach Mayers yang overprotective dan Sarah Mayers yang tak pernah bersikap manis.

Hidup yang sulit di negeri baru terasa lebih ringan sejak Aleska mengenal Neil Wilkins, pemuda Australia berdarah Inggris-Aborigin. Rekan sekerja yang menyelamatkannya dari pemuda-pemuda mabuk ini sudah terbiasa menghadapi kerasnya hidup sebagai keturunan Aborigin. Dari kebersamaan, perlahan tumbuh perasaan yang sulit dicegah. Keduanya tak mampu berpisah walau ada jurang perbedaan besar di antara mereka. Kerumitan bertambah ketika Sarah secara terang-terangan menggoda Neil dan Zach tak bosan-bosannya mengingatkan Aleska tentang rambu-rambu agama yang tak boleh dilanggar.

Ketika masa tinggal Aleska di kota itu berakhir dan dia harus pulang ke Bandung, ada tanya yang menggelayuti hatinya: Haruskah dia kembali ke Adelaide untuk memperjuangkan hubungannya dengan Neil? Apa pula misi Zach yang tanpa terduga menyusulnya ke Bandung?

Here we go..

Jodoh memang nggak bisa ditebak

Love In Adelaide menceritakan kehidupan seorang gadis bernama Aleska. Aleska yang shock mendapati kenyataan jika ibunya, Marinata, menikah lagi dengan seorang duda asal negeri Kanguru, Australia, tepatnya Adelaide. Masih belum menerima kenyataan, kecewa, karena ibunya baru memberi tahukannya menjelang pernikahan. Ibunya memutuskan menikah dengan Abraham Mayers tanpa persetujuannya, dan itu membuat Aleska kecewa.
 
Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung?

Marinata memutuskan untuk pindah ke Adelaide, mengikuti suaminya, Abraham. Abraham Mayers, atau yang biasa disapa Pak Abe oleh Aleska, memiliki 2 orang anak dari pernikahannya terdahulu, Zach dan Sarah. Aleska tak memiliki alasan lain selain mengikuti keinginan ibunya. Dia akan ikut pindah ke Adelaide selama kurang lebih 1 tahun. 

sumber
Jangan terlalu memikirkan omongan orang. Mereka nggak tahu yang sebenarnya terjadi dan kita nggak punya kewajiban untuk menjelaskan

Kehadiran Aleska ke dalam keluarga Pak Abe, tentu saja disambut baik oleh Zach yang kemudian memutuskan pindah dari rumah Pak Abe demi menghormati Aleska. Tapi, adiknya, Sarah, tak bersikap demikian. Sarah seakan menjaga jarak dan bersikap tak baik pada Aleska. Itu semua dilakukannya karena menyembunyikan sesuatu hal yang penting.

Jangan meremehkan imajinasi. Terkadang tanpa kita sadari apa yang kita khayalkan bisa menjadi doa yang suatu saat nanti bisa terkabul

Di Adelaide, Aleska bertemu dan berkenalan dengan Neil Wiskin, selain itu, Aleska juga mendapatkan pekerjaan di Asian Taste. Dari hubungan kedekatan keduanya, mereka menemukan kenyamanan satu sama lain hingga menumbuhkan satu rasa yang tak biasa dalam hati mereka. Walaupun banyak sekali perbedaan dan halangan yang menghadang.

sumber
Zach yang mengetahui kedekatan antara Aleska dan Neil menjadi was-was. Semakin bersikap protektif dan berujung akan pertengkaran. Neil dan Sarah menyembunyikan suatu rahasia penting. Dan rahasia itulah yang menjadikan sikap Zach semakin menjadi terhadap Aleska, Neil bahkan Sarah. 

Rahasia apa yang disembunyikan oleh Neil dan Sarah? Lalu bagaimana kelanjutan hubungan Aleska dan Neil? Mengapa Zach tiba-tiba datang ke Indonesia?

Idul Fitri itu hari penuh berkah, berlimpah kasih sayang. Sudah seharusnya kita berbagi kebahagiaan dengan siapa pun tak peduli apa agamanya

Membaca Love In Adelaide ini seperti diajak berkeliling dan mengenal akan keindahan kota Adelaide. Begitu amat menyenangkan. Ada rasa tak rela setiap meletakkan bukunya sebentar saja walaupun itu hanya untuk pergi mengambil makanan atau ke toilet. Feelnya dapat banget. Bisa memahami bagaimana perasaan seorang Aleska yang menghadapi dilema karena ibunya akan menikah lagi dengan sosok yang asing. Tak mudah memang menerima kehadiran lelaki lain dalam kehidupan mereka berdua, setelah selama ini Aleska sudah merasakan kenyamanan hidup hanya berdua saja dengan ibunya.

sumber
Kepindahannya ke Adelaide yang membuat Aleska harus menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ditambah dia harus mencari pekerjaan disana. Kemudian sikap Zach dan Sarah sebagai saudara tirinya yang sedikit berbeda dari yang lain. Beruntung, Aleska bertemu dengan Neil yang baik hati. Paham sih, kenapa kemudian Aleska merasa nyaman pada Neil, karena Neil ini tipe cowokable banget. Pesonanya susah buat ditolak. Tapi, sayangnya perbedaan diantara mereka berdua terlalu tajam dan berliku.

Seharusnya kamu bersyukur. Nggak usah mikirin kekuranganmu. Ada orang yang lebih sengsara daripada kamu

Aku kagum akan cerita yang ditulis oleh mbak Arumi ini. Nggak menyangka jika isu yang memang banyak sekali kerap terjadi di dalam kehidupan nyata, bisa diangkat dengan luar biasa indahnya di novel ini. Muatan nilai religi, nilai kehidupan, keindahan cinta itu sendiri bisa digambarkan dengan sangat apik dan tanpa terkesan menggurui pembaca. 

Sempat sebal bin pingin nenggelemin Sarah ke samudera Atlantik atau ngelempar Sarah ke luar angkasa. Tapi, setelah tahu kenyataannya, rasa sebal itu berganti menjadi rasa simpatik. Setidaknya kasus Sarah ini membuka mata Aleska akan rasa syukur itu sendiri.

Aku percaya pada proses. Kami biarkan Neil menjalani proses kehidupan yang penuh tantangan. Begitulah pemuda Australia dididik. Menjadi mandiri

Tokoh favorit aku di novel ini, jangan harap aku bakalan milih Aleska atau Neil. Karena aku terlanjur jatuh cinta pada sosok Zach. Zach yang memiliki jiwa ingin melindungi, memiliki rasa cinta dan kasih sayang kepada keluarganya. Belum lagi, dia bertanggung jawab juga. Bener-bener tipe suamiable banget. By the way, cerita Zach lanjutannya gimana yaa? Penasaran banget, sama seperti aku penasaran dengan ending dari kisah Aleska dan Neil. 

Overall, kalau kamu mau mencari kisah cinta yang mengandung muatan nilai religi dengan tema perbedaan, rasa cinta kasih kepada sesama, arti keluarga dan setting tempat yang aduhai cantiknya, kamu harus baca novel ini. Selamat membaca dan jatuh cinta yaa.. :)

Itu masa lalu. Lupakan masa lalu. Saatnya kamu melakukan hal baru yang lebih menyenangkan dan lebih baik

 

1 comment:

  1. Setiap baca novel yang latarnya luar negeri, pasti yang ditonjolkan keindahan kotanya. Saya sih berharap di novel ini ada spot rahasia yang belum pernah ada di internet. HAHA.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...