Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

22 May 2016

To Be With You - Indah Hanaco | Book Review

29435314 Judul Buku : To Be With You
Penulis : Indah hanaco
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 9786020282442

And the synopsis..

Ini cerita tentang Milla dan Declan, si pemilik toko kue dan aktivis lingkungan hidup. Mereka mengira sudah menemukan cinta. Saat nyaris kehilangan, Milla dan Declan berjuang memenangkan hati orang-orang terkasih.

Tapi, mereka berdua akhirnya berdiri berhadapan. Milla dan Declan menyadari, mereka saling menginginkan. Entah sejak kapan, cinta lama tak lagi punya arti. Keduanya terpukau begitu rupa, tidak mampu mengalihkan tatapan.

Sayangnya, perjalanan Declan ke Pantai Gading berakhir dengan tragedi yang mengubah hidupnya. Lelaki itu kembali ke Indonesia dan menjadi orang yang berbeda. Setelah Declan menolak Milla dan menyakitinya demikian rupa, apakah masa depan memang ada untuk mereka?
  


Here we go..

Kehangatan sebuah keluarga adalah hal yang kerap dirindukan ketika seseorang berada di kejauhan

To Be With You bercerita mengenai sosok Declan yang seorang aktivis lingkungan hidup. Dimana dia akan jarang sekali berada di rumah, dan lebih banyak menghabiskan harinya untuk berkampanye mengenai isu-isu lingkungan hidup yang memang harus diperjuangkan.

Di mata Declan, cinta semestinya tidak menuntut untuk melakukan seleksi. Cinta itu membebaskan

Adalah seorang Milla yang memiliki sebuah toko bernama Cinta Cokelat. Toko milik almarhumah Ibunya. Satu-satunya peninggalan yang paling dicintai Milla setelah kepergian Ibunya. Dia senang sekali bereksperimen di dapur dan kemudian menaruhnya di etalase agar pengunjung Cinta Cokelat tertarik membelinya.

Patah hati itu ternyata tidak menyakitkan

Mereka berdua dipertemukan oleh sebuah kejadian yang tak terduga. Keinginan Declan berbuah manis akan adanya kehadiran Milla dalam hidupnya. Declan yang mengira hatinya masih berada pada Ruth, tak menyangka mendapat bantuan dari seseorang yang dikenalnya tak kurang dari satu jam. Milla menyetujuinya, dan selain itu, sebenarnya Milla juga tengah memiliki misi tersendiri akan kenyataan yang menghampiri dirinya tentang kekasihnya, Hardy. 

Pengkhianatan Hardy berbuntut akan kesetiaan seorang kakak kepada sang adik. Tanpa bantuan Sean dan Declan, Milla tak akan pernah tahu apa yang bisa dilakukannya demi sang kakak yang berada di kantor polisi. Stanley berusaha mencari tahu apa yang terjadi pada hubungan Milla dan Hardy, tapi sia-sia, karena Milla tak mau membuka mulutnya sama sekali. Malam itu datang dan Milla akhirnya mendapatkan jawaban atas segala pertanyaannya mengenai hubungannya dengan Hardy. Declan tahu tapi berusaha untuk tidak mencari tahu apa yang sedang terjadi.

Kadang hal-hal yang sulit untuk didapat itu memang sangat berharga. Setimpal dengan perjuangannya

Hubungan Milla dan Declan semakin dekat. Saling merasakan kenyamanan satu sama lain. Namun, misi Declan tetap berjalan. Milla banyak membantu. Stanley yang curiga akan hubungan mereka berdua kembali mencari tahu, sehingga membuat Milla marah dan mengancam Stanley. Sedangkan Edmund, memilih diam. Dari Declan, Milla belajar bagaimana cara meluapkan emosi, dan berbagi keceriaan. Dari Milla, Declan belajar artinya patah hati dan cinta. Ketenangan Declan dalam menghadapi Milla membuat Milla tak mampu membalas setiap perkataan Declan. 

Adalah Bernard, seorang duda satu orang anak yang getol banget mendekati Milla. Dengan berbagai cara, berbagai alasan, dan berbagai gaya. Namun, Bernard jarang mendapat teguran positif dari Milla.

Lalu, bagaimana hubungan Declan dan Milla selanjutnya? Bagaimana nasib Hardy dan Ruth? Temukan jawabannya di To Be With You.

Tidak perlu membenci, cuma akan membuatmu merasa lelah. Lepaskan saja. Ikhlaskan

Dua kali membaca novel karya mbak Indah Hanaco ini, boleh jujur, bingung mau bilang apalagi selain speechless. 

Novel ini benar-benar luar biasa indahnya. Padu padan antar kalimat satu dan kalimat lainnya terasa ringan, mudah dimengerti, dan terasa mengalir apa adanya. Pilihan yang cukup bertolak belakang sebenarnya memilih tokoh seorang aktivis lingkungan hidup dan pecinta cokelat. Tapi, mbak Indah berhasil menggabungkan dua karakter dengan latar belakang berbeda ini menjadi tokoh yang berhasil membuat aku jatuh cinta.

Mencintai seseorang itu berarti menerima kelebihan dan kekurangannya dalam satu paket utuh

Cinta itu pemakluman, bukan adu kuat siapa yang paling diprioritaskan 

Dua kali membaca novel ini, membuat aku hanyut akan ceritanya. Dari novel ini aku belajar mengenai sikap seorang Milla dalam menyikapi rasa patah hatinya akan seorang Hardy. Milla yang cenderung cerewet dan terkadang bertindak tanpa berpikir panjang terlebih dahulu menjadi tokoh yang unik jika disandingkan dengan Declan yang pendiam, tenang dan sabar. 

Jujur, aku jatuh cinta dengan karakter Sean tapi entah mengapa aku lebih suka dengan karakter Edmund dan Stanley. Dua karakter ini sebenarnya menyebalkan tapi membuat aku jatuh cinta. Di balik sikap mereka yang menyebalkan sebenarnya mereka memiliki rasa khawatir yang teramat sangat akan adik mereka, Milla. 

Dunia yang matrealitis ini selalu menilai keberhasilan seseorang dengan pencapaian di bidang karier dan keuangan, bukan?

Membaca To Be With You ini seperti kita diajak untuk memahami mengenai aktivitas para aktivis lingkungan hidup di luar sana. Jika mereka memiliki kegiatan yang benar-benar mereka lakukan demi keselamatan lingkungan hidup di bumi ini. Banyak ilmu yang bisa diambil dari sini. Terlebih disini kita juga belajar istilah-istilah tentang cara membuat cokelat. Dimana bikin aku lapar seketika dan langsung request minta cokelat sama Bapak. Ha.. ha.. ha.. Ada rasa tak rela setiap mau meletakkan novelnya sebentar saja walaupun cuma mau pergi ke toilet atau mau makan. Feelnya ngena banget di hati aku. Dapettt.

Bisa memahami kegalauan hati Milla menghadapi patah hati yang teramat patah. Susah memang menerima satu alasan untuk memutuskan sesuatu jika akhirnya alasan itu dipakai untuk menutupi kenyataan yang sebenarnya. Teramat sakit. Aku bisa merasakan itu. Karena aku pernah mengalami hal yang sama *lho kok malah curcol*.

Kenangan itu tidak selalu harus diwujudkan dalam bentuk monumen, bangunan, atau hal-hal fisik lainnya. Kenangan itu adanya di hati, Milla. Di dalam memorimu

Uang tidak bisa menghadirkan segalanya yang dibutuhkan manusia dalam nampan perak. Memudahkan, mungkin. Tapi takkan pernah bisa memuaskan 

Pertemuannya dengan Declan membawa perubahan positif pada diri Milla. Ditambah segudang ide yang keluar begitu saja setelah patah hati. Kesibukannya mengurus Cinta Cokelat kemudian berhadapan dengan pelanggan yang genit seperti Bernard membuat hidup Milla penuh warna. Hanya saja, Milla susah mengendalikan emosinya. Terlalu berlebihan dalam menghadapi sesuatu hal. Bukan aku bangetttt..

Aku benar-benar kagum dan salut akan cerita yang ditulis oleh mbak Indah ini. Nggak menyangka isu yang berkembang di luar sana bisa diceritakan dan menambah wawasan bagi pembacanya. Muatan nilai sosial, nilai kehidupan, arti rasa cinta, bagaimana patah hati itu sendiri digambarkan dengan sangat apik di novel ini. Nggak ada kesan menggurui pembaca sama sekali.

Sebenarnya ada yang kurang sedikit sih di cerita ini, hubungan Milla dan tante Renny. Diceritakan sekilas lalu. Feelnya kurang dapat pas awalnya, tapi kesininya dapat banget. Nendang banget. 

Patah hati, kekejaman yang melanggar perikemanusiaan dan hati nurani

Overall, jika kamu mencari kisah cinta yang bisa membawa kamu sambil belajar mengenai lingkungan hidup, novel ini wajib kamu baca. Selain itu, rasa persaudaraan, kekeluargaan, persahabatan, dan cinta tergambar semuanya disini. Selamat membaca dan selamat jatuh cinta yaa. Kasih tau aku, siapa tokoh favoritmu disini :)

Kadang kemewahan itu berasal dari hal-hal simpel yang sering terlupakan 

2 comments:

  1. Haduh jadi pengen beli dan baca... asyik juga tuh bisa mengetahui kehidupan seorang aktivis lingkungan hidup.

    ReplyDelete
  2. Haduh jadi pengen beli dan baca... asyik juga tuh bisa mengetahui kehidupan seorang aktivis lingkungan hidup.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...