Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

21 June 2016

Kamu termasuk Tipe Pembaca Mana? | Selasa Bercerita

 

Baca disini juga yaa..

Intan Ketimpuk Buku | Putri La Distances



Holaa...








Selasa Semangat. Lagi banyak banget deadline pekerjaan yang mesti diselesaikan sebelum libur Lebaran. Semangat.. semangat..



Okay! Setelah minggu kemarin bahas Buntelan Pertama, sekarang gimana kalau kita bahas tentang jenis-jenis pembaca. Kira-kira, aku masuk ke jenis pembaca yang mana yaa? Hmm..


Lalu, kamu masuk ke jenis pembaca yang mana nih? Hmmm.. Intip yuks..

https://pbs.twimg.com/media/B8HDDqECUAAmRT9.jpg
sumber gambar

Oke, perlu dibahas satu per satu nggak nih? Dikit aja yaa.. Sedikit diartiin dalam bahasa Indonesia.. Ready?

1. Polygamist Reader
'Poly' itu berarti banyak. Jadi Polygamist Reader ini berarti bisa membaca buku lebih dari satu jenis genre dalam waktu yang sama. Atau simplenya gini, pagi baca romance, siang baca horror, malam baca history. Atau bisa juga disebut multitasking. Tapi, walaupun tipe ini suka membaca banyak jenis bacaan dalam satu waktu, tipe ini gampang banget lho mengerti bacaan yang sudah dia baca dan biasanya langsung kepo pingin tau lebih detail lagi. Hebat yaa..

2. Monogamist Reader

Kalau tipe ini sih kebalikannya dari Polygamist Reader. Jenis pembaca yang fokus akan satu bacaan yang biasanya sedang dia baca dan bakalan baca berulang kali. Atau bisa juga disebut loyal reader alias pembaca setia akan satu jenis bacaan.. Ceileh.. Dan biasanya tipe ini itu lebih memahami bacaan tersebut lebih dalam lagi dari yang lain.  

3. Extrovert Reader

Arti kata extrovert sendiri berarti open alias terbuka. Nggak tertutup. Tipe jenis ini biasanya suka banget membaca berbagai macam genre. Menurut tipe ini, membaca berbagai macam genre merupakan sebuah tantangan dan menambah pengalaman. Makanya tipe jenis ini senang banget kalau ada yang memberi rekomendasi buku baru di luar yang barusan dia baca.

4. Introvert Reader

Kalau tipe ini kebalikannya dari extrovert reader lho. Pembaca jenis ini biasanya lebih suka bertahan dengan satu atau dua jenis genre aja. Fokus akan genre yang dia baca. Jarang banget deh melirik genre lain dan biasanya nih berhati-hati banget kalau pilih buku. Dan terlebih lagi, biasanya tipe jenis ini itu merasa masuk dalam karakter cerita yang baru dia baca. Menghayati banget deh. 

5. Altruist Reader

Tipe jenis ini biasanya suka banget merekomendasikan buku yang barusan dia baca dan dia merasa kalau buku tersebut bagus kepada teman-temannya. Makanya dia bakalan jejingkrakan kalau ada teman-temannya yang minta rekomendasi buku bagus.. Ciee.. Nah, asyiknya lagi, tipe pembaca jenis ini itu biasanya nih, punya blog pribadi lhoo yang isinya tentu aja review buku-buku yang udah pernah dia baca. 

6. Neurotic Reader

Tipe jenis ini biasanya sering banget merasa ada gangguan saat dia lagi baca. Dan alasannya macam-macam. Dari suka menunda waktu baca, bosan, malas, beralih ke hal lain. Dan lagi, tipe jenis ini itu lebih mudah tergoda untuk membaca bacaan lain lho padahal buku yang dia baca sebelumnya belum selesai. Duh! Makanya tipe jenis ini selalu merasa membutuhkan perjuangan ekstra buat dia bisa menyelesaikan bacaan bukunya. 

Melihat jenis-jenis di atas, aku kayaknya masuk ke tipe yang kelima deh, Altruist Reader. Hehe.. Kalau menurut kamu, aku cocoknya masuk ke tipe mana nih?

Nah, kalau kamu sendiri, kamu masuk ke tipe pembaca mana nih? Share di kolom komentar yuk..

Apapun jenis bacaan kamu, jangan lupa untuk menyebarkannya ke lingkungan sekitar. Ajak teman-temanmu untuk membudayakan membaca yaa.. Karena membaca adalah jendela dunia kita. Selamat membaca..

3 comments:

  1. Polygamist, huhuhu T_T Banyak buku yg lama selesainya karena ini T_T

    ReplyDelete
  2. Extrovert Reader... Selama jalan ceritanya menarik menurut saya, apapun genrenya pasti saya baca sampai selesai kak... hehe... :D

    ReplyDelete
  3. Introvert reader, masih susah untuk pindah ke genre lain. ^^

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...