Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

29 June 2016

Love In London - Silvarani | Book Review

30302050 Judul Buku : Love In London
Penulis : Silvarani
Penerbit : Gramedia pustaka utama
ISBN : 9786020329673

And the synopsis..

Apa yang kamu suka dari London? Kota dimana masa lalu dapat beriringan dengan masa depan. Bangunan-bangunan kono zaman Victoria bersejajar indah dengan gedung-gedung futuristik pencakar langit. Bukannya ketinggalan zaman, justru memperanggun.

Itulah alasan Bintang, seorang jurnalis muda untuk mengikuti program beasiswa S2 di kota Ratu Elizabeth ini. Ia merasa London serupa dengan kepribadiannya yang menghargai masa lalu sebagai pembelajaran masa kini. Masa lalu harus selalu beriringan dengan masa kini agar manusia tak lagi jatuh di lubang yang sama.

Namun ternyata, London menguji Bintang. Dua cangkir Earl Grey Tea, minuman khas Inggris tersaji di atas meja. Satu cangkir dari masa lalu dan satu cangkir dari masa kini. Kali ini, Bintang tak bisa meminum keduanya, seperti London yang memilih masa lalu dan masa kini untuk sama-sama mempercantik kota.



Here we go.. 

Kalau memang tak harus mengejar, janganlah mengejar!  

Love In London ini bercerita mengenai kisah hidup dari Bintang Ilham Prayoga. Bintang yang melanjutkan pendidikannya di Inggris. Di sana dia bertemu kembali dengan wanita masa lalunya. Mantan kekasihnya yang seorang lulusan desain interior. Mimpi untuk kembali melanjutkan pendidikannya ke Inggris pun sebenarnya berawal dari ide sang mantan kekasihnya. Sejak saat itu, di dalam otak Bintang, sudah terpatri untuk melanjutkan pendidikan ke Inggris.

Yang penting kamu berdoa teris sama Gusti Allah

Mantan kekasihnya pun sudah menikah dua tahun lalu dan sudah dikaruniai seorang anak yang lucu. Tak disangka-sangka, mungkin juga ini sudah kehendak Gusti Allah untuk mempertemukan mereka kembali namun dengan kondisi yang berbeda. Dan mungkin juga karena kehendak Gusti Allah mereka memang tidak dipertemukan untuk berjodoh, namun untuk dipertemukan demi memotivasi Bintang agar memiliki mimpi melanjutkan pendidikannya ke Inggris.

Di Inggris, Bintang tinggal satu flat dengan Udjo dan Zain. Mereka bertiga saling melengkapi satu sama lain walaupun mereka tak sempurna. Jika Udjo dan Zain tak akur, maka Bintang yang akan menjadi penengah mereka. Zain yang memang menganggap hidupnya itu santai, tanpa beban, bahkan berani melakukan pergaulan dengan adat kebarat-baratan pun tak ayal sering menjadikan Udjo tak senang. 

Temuilah Diva yang bagaikan penyejuk di tengah oase dahaga para lelaki. Sering menghabiskan waktu dengan Bintang, Udjo dan Zain membuat Diva mengenal karakter masing-masing. Tapi, itu juga yang membawa Diva kemudian sering terlibat diskusi yang panjang dan berujung curcol dengan Bintang. 

Ukuran kebahagiaan itu bukanlah uang, karier atau jabatan. Semua itu kembali lagi ke hati 

Ini adalah buku kedua dari serial Around the World with Love batch 2. Masih sama dengan yang serial pertama, novel ini masih berbalut Islami. Eits, tak hanya Islami tapi Romancenya pun juga ada. Banyak yang bisa dipelajari disini, apalagi di saat Diva yang tersinggung saat Rozak tak ingin berjabat tangan dengannya, hingga mengeluarkan beberapa argumen atau lebih tepatnya menanyakannya kepada Bintang. Atau saat suami dari mantan kekasihnya Bintang, Heru, yang menanyakan sesuatu hal kepada Bintang. Membuat Bintang memang akhirnya mengeluarkan jawaban yang aduhai banget. Jadi tambah suka sama Kakak Bintang deh. 

Disini kita juga akan diajarkan mengenai tak ada hal yang tak mungkin di dunia ini. Mimpi sekecil apapun pasti bisa tercapai asalkan kita benar-benar berusaha untuk mewujudkan walaupun pemicu dari mimpi tersebut berasal dari orang lain. Lalu, jangan lupakan ada Gusti Allah yang tau apa yang kita inginkan. Kalau kita bilang mustahil, Allah bilang nggak mustahil. Kita nggak akan tau kan apa yang akan terjadi ke depan. 

Selain hal-hal tersebut, kita juga diajak untuk menyelami persahabatn unik antara Bintang, Udjo dan Zain. Walaupun terkadang mereka tak saling akur, tapi mereka saling tolong menolong. Jika bersalah, dan memang kita harus meminta maaf. Kita juga diajak untuk memahami hubungan antara Bintang dan keluarganya, Ayahnya dan Kakak Perempuannya. Bagaimana kedekatan mereka. Bintang yang selalu mencoba berkomunikasi dengan Ayahnya. Bintang yang merelakan keinginannya untuk tidak berkumpul bersama keluarganya di Semarang saat Lebaran demi membuat Ayah dan kakaknya bangga padanya.

Siapa bilang laki-laki dewasa tidak pernah menitikkan air mata jika mengingat ia sedang berjauhan dengan keluarganya?

Kemudian ajaran sang Ayah yang sering sekali mengingatkan Bintang untuk tak lupa sholat. Lalu masalah wanita pun, Ayahnya juga sudah memberikan nasihat cukup panjang kepada Bintang. Ahh, jadi kangen sama wafer. Jadi pingin wager.

Setting tempatnya pun benar-benar bagus banget. Jadi mupeng banget pingin kesana. Penggambaran setting tempatnya pun benar-benar oke. Bikin pembaca pensaran dan pingin kesana. 

http://europeantrips.org/wp-content/uploads/2015/12/Florence-Nightingale-Museum.jpg
sumber gambar
 
https://www.dreamhouseapartments.com/wp-content/uploads/2014/09/Big-Ben-and-The-Palace-of-Westminster.jpg
sumber gambar

http://us.images.detik.com/content/2014/11/12/859/123219_poppy1ok.jpg?w=500
sumber gambar

Banyak pesan yang disampaikan di novel ini. Penasaran dengan pesannya apa aja? Baca yuk Love In London - Silvarani. Ilmu agama yang diberikan di novel ini pun tidak terkesan menggurui jadi lebih bisa memahami. 

Oh yaa, untuk tokoh Bintang dan Diva yaa? Hmm.. Ada nih..

http://www.wowkeren.com/images/news/00076673.jpg
Add caption
Janganlah serakah dengan menamai nikmat orang lain sebagai nikmat diri sendiri

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...