Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

12 June 2016

Love In Sydney - Arumi E | Book Review

29953740
Judul Buku : Love In Sydney
Penulis : Arumi E
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9786020328577

And the synopsis..

Zach Mayers memutuskan memulai hidup baru di Sydney, meninggalkan keluarganya di Adelaide, membangun karier baru sambil menyembuhkan rasa kecewa. Maura Tafana melarikan diri ke Sydney, meninggalkan nama besar dan hidup mapannya di Indonesia, bersembunyi di balik topi lebar dan kacamata hitam. Keduanya bertemu dalam suatu perjalanan sehabis hujan. Meninggalkan kesan mendalam yang mengantarkan pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Maura yang aneh tampak ketakutan tiap kali bertemu orang dari Indonesia, membuat Zach curiga ada sesuatu yang dirahasiakan gadis itu. Keanehan ini juga yang membuat Zach terkena masalah. Lalu muncul gadis lain berwajah mirip Maura, Maghali Tifana, yang terlihat lebih masuk akal. Dua gadis kembar dengan penampilan dan sifat berbeda ini menjerat Zach dalam dilema cinta segitiga.

Pertanyaan besar pun menuntut jawab: mana yang patut Zach perjuangkan; Maura atau Maghali? Sanggupkah yang tak terpilih merelakan keadaan?

Here we go..

Selama ini aku kesepian tinggal di kota ini. Seolah Tuhan mengirimmu sebagai pelindung dan penolongku 

Bercerita mengenai kisah hidup dua manusia. Zach dan Maura yang sama-sama datang ke Sydney dengan tujuan yang hampir sama. Maura adalah seorang gadis asal Indonesia yang meninggalkan segalanya karena sesuatu hal yang mengancam karirnya, pergi meninggalkan Indonesia ke Sydney demi ketenangan hidupnya. Disini dia tinggal bersama dengan Tantenya, Mirna. Dia mendapat tugas untuk mengantar jemput Shanon, sepupunya, ke sekolahnya. Hal tersebut dilakukannya sebagai bentuk rasa terima kasihnya kepada keluarga Tantenya yang telah mengijinkannya untuk tinggal. 

Percayalah, aku bukan malaikat pelindungmu. Aku hanya manusia biasa. Aku tidak berniat berbuat kesalahan, tapi aku hanya manusia biasa, pasti tak akan lepas dari berbuat salah
 
Di dalam perjalanan menuju ke sekolahnya Shanon, Maura dan Shanon bertemu dengan Zach Mayers. Zach menyelamatkan Shanon atas tindakan Shanon sendiri. Mereka pun berkenalan dan saling berbincang-bincang hingga akhirnya Zach memberanikan diri mengajak Maura berbincang-bincang lebih akrab sambil menikmati makan siang di Heavenly Cafe. Tak disangka dan tak diduga, ada satu kejadian yang membuat Maura akhirnya pergi meninggalkan Zach dan membuat hari itu semuanya berubah.

Suatu saat keadaan bisa mengubah seseorang. Perubahan itu mungkin saja akan mengecewakan

Maura akhirnya memutuskan untuk tinggal di Apartemen dan mencoba mencari pekerjaan dengan bantuan dari Zach. Maura berhasil mendapatkan pekerjaan selama dua minggu, setidaknya untuk mengisi waktunya sehari-hari. Menjelang bulan puasa, saudari kembarnya, Maghali datang mengunjunginya dan karena dia memiliki urusan pekerjaan di Sydney. Maura pun sedikit banyak terbantu dengan kehadiran Maghali disisinya. Rasa kepercayaan dirinya kembali meningkat. Perlahan-lahan rasa trauma yang selama ini membayangi dirinya, hilang. Maura pun tak berkeberatan memperkenalkan Maghali kepada Zach. Zach terkejut, tak menyangka jika Maura memiliki saudara. 

Bersyukurlah kepada Tuhan. Dan tetaplah penuh harapan. Jangan lagi khawatir dengan masa depanmu. Jalani saja sebisamu sekarang ini

Maura merasa senang dengan pekerjaannya. Maghali pun begitu. Namun, hubungan di antara mereka bertiga tetap berjalan baik. Saat puasa, mereka menyempatkan diri berbuka puasa bersama. Atau saat Lebaran, Zach diajak bertemu dengan ide brilian dari Maghali sambil berjalan-jalan menikmati suasana di atas kapal. Hingga satu kejadian dalam diri Maura terjadi. 

Apa yang terjadi selanjutnya akan diri Maura? Bagaimana hubungan Maura, Zach, Maghali? Lalu apa ide brilian dari Maghali sat Lebaran datang? Semuanya bisa kamu temukan jawabannya di Love In Sydney. 

Setiap manusia punya ujiannya sendiri-sendiri

Love In Sydney ini menceritakan tentang kisah pencarian jati diri antara Zach dan Maura. Maura yang sedang melarikan diri karena terjadi sesuatu akan karirnya di Indonesia, kemudian memilih untuk tinggal sementara di Sydney. Zach pun begitu, dia melarikan diri dari kegagalan kisah cintanya di Adelaide. Patah hatinya membawanya ke Sydney. Tapi, mereka melarikan diri dan tidak melakukan hal yang negatif pada hidup mereka. Sebaliknya, banyak hal positif yang mereka alami dan dapatkan selama tinggal di Sydney. Maura menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Zach pun juga menjadi pribadi yang mandiri lepas dari bayang-bayang ayahnya.

Terkadang hikmah suatu kejadian itu baru kita sadari setelah lama kemudian

Menggunakan POV orang ketiga, kita diajak menyelami berbagai karakter yang ada di cerita ini. Ada tante Mirna yang paranoid, sebenarnya bukan paranoid namun lebih berhati-hati akan adaya orang asing yang belum dikenalnya, terutama yang menyangkut keselamatan hidup keluarganya. Kemudian ada Maghali, pribadi yang ramah, hangat, dan dewasa. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asalkan berusaha, itu yang aku dapatkan dari sosok Maghali. 

Kita juga jadi lebih mengetahu sifat Maura dan Zach sebenarnya. Jika di novel sebelumnya, Zach diceritakan sebagai pribadi yang kurang menyenangkan karena selalu bertengkar dengan Aleska, disini Zach digambarkan sebagai pribadi yang menyenangkan, dewasa, bertanggung jawab, dan bijaksana. Bikin tambah jatuh cinta sama babang Zach aja.

Satu-satunya jalan nuntuk mampu bertahan hanya percaya bahwa Tuhan sudah menggariskan setiap kejadian. Manusia hanya perlu memupuk harapan dan bersiap andai kenyataan tak sesuai harapan

Selain diajak mengenali masing-masing tokoh, kita juga diajak berkeliling Sydney. Penggambaran dari setting tempatnya pun terbilang pas, tidak berlebihan. Risetnya benar-benar sesuai dengan gambaran selama mengetahui Sydney. Jadi penasaran ingin ke jalan-jalan ke Sydney, ada sponsorkah disini? Hehe.. 

Adegan favorit? Banyak banget. Jangan ditanya lagi kalau itu. Tapi, yang paling favorit adalah saat Zach bisa berbaur dengan keluarga Maura. Terlihat sangat akrab dan menyatu banget. Feelnya dapat banget. Jarang lho, lelaki yang bisa membaur menjadi satu dengan keluarga seorang wanita. Aku bisa dapat apa yang dirasakan Zach saat berkumpul bersama keluarga Maura. 

Menurutku, cinta itu sulit ditebak. Saat patah hati, kamu mengira hati sangat terluka dan akan sulit sembuh. Tapi, saat kamu belajar melepaskan dan merelakan masa lalu, tiba-tiba muncul yang lain yang mampu menyembuhkan luka-lukamu

Disini, banyak hal yang bisa dipelajari. Selain keikhlasan, kegigihan mencapai impian, melepaskan masa lalu, cinta kasih kepada sesama, keluarga. Kita juga bisa belajar tentang adanya toleransi, saling tolong menolong. Saat Maura mencari mushola untuk dirinya sholat dan dia mendapatkan di satu restoran Muslim, pemilik restoran mempersilahkan dia untuk sholat dan Maura pun membalasnya dengan membeli makanan di sana. Walaupun sebenarnya, hal tersebut tidak perlu dilakukan, namun Maura tetap melakukannya demi rasa terima kasih karena diijinkan untuk sholat.

Tidak ada yang pasti dalam hidup ini, Maura. Apalagi soal cinta. Tapi cinta sejati akan teruji dengan waktu. Siapa yang tetap bertahan berada di sampingmu sesulit apa pun hidupmu. Menerimamu walau mungkin kelak kamu berubah, itulah cinta sejatimu

Setiap orang akan bertemu ujian hidupnya. Bukan berarti kamu nggak bisa bahagia. Bahagia atau tidak, kamu sendiri yang memutuskan

Tokoh favoritku tentu saja Maura dan Zach. Maura yang gigih berjuang menghilangkan traumanya dan mencoba melepaskan diri dari masa lalu yang menghantuinya. Sebenarnya nggak jauh beda sama aku sih. Perlu diketahui sedikit, tokoh Maura hampir sama dengan aku. Bedanya dia bisa melarikan diri jauh dari negaranya, sedangkan aku susah pergi. Ha.. ha.. ha. Intinya kesamaannya, aku dan tokoh Maura sama-sama berjuang melepaskan masa lalu sesulit apa pun itu. Zach, tentu saja, dia tipe suamiable banget. Nggak menyerah dengan apa yang dia inginkan. Walaupun akhirnya harus melepaskan, namun keikhlasannya membuatnya mendapatkan hasil yang luar biasa indahnya.

Cinta kan datangnya nggak terduga, Ra. Siapa yang bisa memilih akan jatuh cinta pada siapa
 
So, kalau kamu mencari novel romance berbalut kisah religi, kamu harus baca novel ini. Tidak menggurui tapi memberikan banyak pelajaran serta ilmu positif dalam hidup kita ke depan.

http://media.glamour.com/photos/569581a65fff94d44eec44d5/master/pass/entertainment-2015-08-1-alison-brie-engaged-engagement-ring-dave-franco-0825-getty-main.jpg
Zach dan Maura versiku
Dia tak tahu kejutan apa yang akan Allah erikan padanya di sana. Dia berharap apa pun itu semoga kejutan yang menyenangkan


2 comments:

  1. Replies
    1. Yuk, ayuk.. dibaca yuk, bukunya :) Keren lhoooo..

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...