Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

19 July 2016

Learn Friendship and Family with Orizuka

 


Holaaa... 

Setelah kemarin kita Focus on Focus Webtoon with Lia Andriana, and now it's time for Learn Friendship and Family with Orizuka.
  

Udah kenal kan yaa sama mbak Orizuka? Udah tau kan buku karya mbak Orizuka? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama mbak Orizuka. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Orizuka.. 


Hallo, mbak Rizka, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?

Alhamdulillah baik. Sekarang sedang menulis naskah baru

Ehm, mbak Rizka, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm,mbak Rizka, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak? Ceritain dong, mbak, awal mula naskahnya diterbitin sama penerbit mayor di Indonesia, mbak? *semoga nantinya di dunia juga ya, mbak* Penasaran banget hehe..

Saya sudah hobi membaca dari kecil, demikian pula menulis (walaupun hanya sekadar isi diary atau karangan ‘Liburan ke Rumah Nenek’). Begitu SMA, saya mulai menulis novel dan memberanikan diri untuk mengirimkan di tahun pertama kuliah. Di akhir 2005, alhamdulillah naskah saya mendapatkan juara 2 lomba mengarang yang diadakan Puspa Swara. Naskah tersebut kemudian terbit dengan judul Me & My Prince Charming.

Kalau boleh tau nih, mbak, ada alasan khusus nggak, mbak, mbak Rizka memilih judul dari setiap novel mbak Rizka dalam 2 bahasa, Inggris dan Indonesia. Boleh tau alasannya, mbak? Kemudian bisa diceritain nggak, mbak, kenapa mbak Rizka, memilih genre romance dalam setiap karya mbak? Tertarik untuk mengambil genre lain, mbak, mungkin?

Saya dan redaksi memilih judul yang menarik dan mewakili isi naskah.
Saya ingin coba menulis genre lain, tapi kemungkinan tidak dalam waktu dekat.

Adakah cerita di balik penulisan semua karya mbak Rizka tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mbak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, mbak?

Pasti ada cerita di balik tiap karya, begitu pula tantangan dalam setiap penulisannya. Sebagai contoh, di seri Audy, saya harus bisa konsisten baik dari segi cerita maupun karakternya. Walaupun demikian, saya tetap menikmati setiap penulisannya

Mbak Rizka, apakah setiap kali mbak Rizka menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berapa lama, mbak?

Saya selalu melakukan riset setiap menulis, biasanya dalam bentuk pengamatan atau wawancara. Setiap naskah berbeda-beda durasi penyelesaiannya, tapi jika dirata-rata, mungkin 2-3 bulan. Namun, ada juga yang sampai bertahun-tahun karena satu dan lain hal

Ada rencana nggak, mbak Rizka, setelah The Chronicles of Audy O2, akan ada karya terbaru mbak Rizka yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan mbak Rizka?

Saya sedang menulis naskah yang mungkin akan terbit di akhir tahun, tapi saya belum bisa merilis infonya

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya mbak Rizka, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya-karya mbak secara singkat?

Kebanyakan tema yang saya angkat ke dalam karya saya adalah tentang keluarga, cinta, persahabatan, dan cita-cita, yang mana adalah tema yang banyak dialami remaja Indonesia. Saya harap, dengan mengangkat tema ini, lebih banyak remaja Indonesia yang membaca buku
 
Menurut mbak Rizka sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mbak, dalam karir kepenulisan mbak Rizka saat ini?

Tentu penting. Blogger buku adalah orang-orang yang mencintai dan menghargai buku dengan menulis resensinya. Saya merasa sangat tersanjung setiap kali ada blogger yang memberi apresiasi terhadap karya-karya saya melalui resensi
 
Yang terakhir ya, mbak Rizka. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel mbak Rizka? Dan juga untuk para blogger buku, mbak?

Kepada para pembaca, terima kasih banyak atas dukungan dan masukan-masukan yang sudah diberikan kepada saya selama ini. Semua itu berarti banyak bagi saya. Dan kepada para blogger buku, terima kasih banyak atas dedikasinya dalam berbagi dan menularkan virus membaca!

***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Orizuka? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang mbak Orizuka cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  

Makasih banyak, mbak Orizuka, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

Untuk karya dari Orizuka yang sudah terbit adalah :

13541019  3501554  3187852  10048887  18080500  13136388  8419454  22590893  8549098  8548700  17160792  15777324  12224527  17874253  15266211  19406095  6455907  20558037  22475984  13280445  4918114  13232798  30041396  30255107  15713938  24937661 
11187122

  



Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Orizuka. Sudah punya karya Orizuka di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Orizuka tersebut. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***

Tentang Orizuka

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Goodreads | Blog

2 comments:

  1. kyaa orizuka itu cewek to..kirain cowok

    ReplyDelete
  2. waahh akhir tahun bakal terbit novel baru. ga sabaarrr^^

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...