Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

26 July 2016

Menikmati Secangkir Kopi sambil Ngewager bareng Aqessa Aninda

 

Holaaa... 
Setelah kemarin kita Learn Friendship and Family with Orizuka, and now it's time for Menikmati Secangkir Kopi sambil Ngewager bareng Aqessa Aninda.
  
Udah kenal belum nih sama mbak Aqessa Aninda? Udah tau kan buku karya mbak Aqessa Aninda? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama mbak Aqessa Aninda. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..
Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Aqessa Aninda.. 


Hallo, mbak Echa.. Apa kabarnya? Lagi sibuk apa nih sekarang? Nanya dikit boleh dong yaa?

Kabar baik.. kesibukan masih sama, sibuk dengan rutinitas hehehe. Kerja dari pagi sampai malam :P

Boleh diceritain nggak nih awal mula tercetusnya ide buat nulis SKdPL ini? Bermula dari manakah? Kemudian ceritanya bisa diterbitin di Elex itu gimana, mbak? Penasaran akutttt.

Awal ide nulis SKdPL ini bisa dibilang buat lucu-lucuan dan karena nggak bisa move on sama tokoh yang dibuat sendiri hehehe. Jadi, aku lagi nggak bisa move on dari tokoh yang aku buat di cerita pertamaku di wattpad judulnya Runaway From You. Disitu tokohnya resek banget cuma dia high responsible gitu. Jadi kepikiran bikin tokoh itu versi dewasa. Jadilah si Ghilman. Terus tokoh Satrya itu muncul udah lama, sebelumnya aku punya cerpen yang di publish secara self-publish tentang cowok yang nggak bisa move on. Jadilah aku gambarin mereka sesuai tipe doyanan aku. Yang satu emang kakak-kakak kantoran idola aku yang rapi, necis, kacamataan (duh cowok kacamataan gak kuku! hahaha) dan yang satu tipe cowok doyanan aku juga yang nggak ganteng banget sih cuma kayak charming gitu.

Pengen ceritain tentang dunia IT, abis jarang diangkat di novel-novel (apalagi di cerita wattpad). Sekalinya ada pasti selalu tentang benerin komputer atau tentang hacker yang jago abis. Terus katanya IT itu isinya cowok-cowok semua. Aku pengen menceritakan dunia nyata sebagai orang yang berprofesi di dunia teknologi komputer. Pengen mematahkan persepsi bahwa: cewek IT boring dan nerds. Nggak, kami nggak selalu begitu. Di kantorku ada 3 programmer IT (termasuk aku) dan 1 IT business analyst. We do make up like the other girls do, we are not computer geek. Juga pengen mematahkan persepsi bahwa... orang IT pasti bisa benerin komputer, orang IT bisa hacking. NO. BIG NO. Nggak selalu! Aku pengen nunjukin seperti apa sih kerjaan orang-orang IT, ya kita ini bikin aplikasi yang kalian lihat cantik, mempermudah pekerjaan kalian mendapatkan laporan yang sudah diolah, memastikan seluruh sistem komputer terintegrasi. That's what actually we do.

Juga, pengen cerita lucu-lucuan kantor. Gimana kalo punya gebetan satu kantor (soalnya kantorku gak ada kakak-kakak lucuk cem Ghilman atau Satrya gitu sih jadi ngayal hahahaha). Dan karena lingkungan sekitarku (baik teman main sehari-hari dan temen-temen kantor) itu emang gesrek semua, jadilah ceritanya ada bumbu-bumbu humor. Eh, pas chapter... 7 apa 8 ya, yang Taya ke Jerman sama Ghilman dan Lasha, langsung nemu plot serius sampe akhir.

Sebenernya aku awalnya nggak pernah ngebayangin tulisanku bakal lolos major. Karena kebayang susah banget tembusnya dan kayaknya karyaku nggak ada apa-apanya dibanding yang lain. Sampai akhirnya aku nggak tau kenapa SKdPL bisa banyak banget pembacanya, mereka cerita gimana mereka ikutan baper, gimana cerita ini katanya beda sama cerita-cerita wattpad yang lain, sampai mangkal di What's Hot Chicklit nomor 1 selama beberapa hari. Jadi dulu impianku sederhana: self publish aja lah, buat kenang-kenangan sendiri hahaha. Tapi mulai percaya diri sejak banyak yang bilang "kalo dicetak aku pasti beli" dan ada yang bilang "jangan sampe SP. sayang". Sampai suatu hari (ciee suatu hari, kek dongeng aja) Mbak Asri Tahir baca ceritaku. Aku lihat dia pernah publish di Elex, jadi aku tanya-tanya syarat apply naskah ke Elex gimana. Mbak Asri pun kasih kontak redaksi Elex ke aku. Dan dalam waktu yang bersamaan, sepupuku ngasih info kalo seniornya dia yang editor Elex sedang cari naskah dan bilang ke aku untuk coba apply kesana. Jadi aku mulailah apply kesana. Thanks to Mbak Asri yang udah bantuin sounding-sounding SKdPL ke editor-editor Elex karena dia juga ikutan baper Ghilman hihihi :P.
Apakah penulisan SKdPL ini ada risetnya kah?  Untuk risetnya sendiri, memakan waktu berapa lama?

Risetnya nggak banyak sih, karena kan kehidupannya emang sekitar aku banget. Kayak bahasa-bahasa IT atau kerjaan-kerjaan IT itu emang rutinitas aku banget. Paling kayak research berapa jam flight dari Jakarta ke Osaka waktu mau nulis chapter. Rata-rata research-research kecil lewat Google yang dilakukan sebelum nulis satu chapter sih.
Boleh diceritain dikit aja, garis besar dari SKdPL ini?

SKdPL ini tentang cinta segitiga di antara Athaya, Satrya, dan Ghilman. Satrya yang percaya kalo inner beauty for the first impression is bullshit, ketemu Athaya yang mungkin tergolong cewek biasa aja tapi manis. Dia mulai suka dengan Athaya ketika denger Athaya suka musik Coldplay dan cara Athaya menjelaskan tentang sistem teknologi komputer yang cas cis cus kelihatan 'hidup' banget. Tapi Athaya memang bukan cewek biasa, karena ketika semua cewek melirik ke Satrya, bagi Athaya dia mah apa buat cowok ganteng dan calon-calon mapan kayak Satrya. Dari dulu Athaya sukanya sama Ghilman, yang mungkin nggak ganteng-ganteng amat, tapi kelihatan charming banget. Masalahnya, Ghilman sudah punya pacar dan Athaya merasa nggak akan punya kesempatan. Juga akhirnya Athaya mencari jawaban ketika Satrya belajar mencintai dia, apakah dicintai memang benar menyenangkan? Ataukah lebih menyenangkan mencintai, seperti dia yang memang selalu memendam rasa pada Ghilman.
 Biasanya nih, apakah dalam setiap penulisan SKdPL ini ada pengalaman pribadi yang tertuangkan di dalam cerita tersebut? Atau pengalaman teman, saudara, mungkin?

 Pengalaman pribadinya seputar dunia profesinya aja sih dan lingkungan teman-teman main dan teman-teman sekantor. Yaaa 11-12 lah sama geng fogging hehe.

Ada rencana nggak dalam waktu dekat ini akan ada karya Mbak Echa yang terbit lagi? Kasih bocorannya donggg. Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan Mbak Echa?

Ada 2 naskah yang sudah rampung tapi masih banyak yang harus dirombak, paling akan rewrite dua naskah ini. Mungkin keduanya akan menyusul kakaknya si SKdPL, entah akan di major juga atau tidak sih.
 Menurut mbak, seorang blogger buku itu seberapa pentingkah di mata seorang penulis?

 Penting lah. Karena blogger buku tolak ukur apakah karya seorang penulis dipahami pembacanya atau nggak. Menulis itu kan menyampaikan ide, merapikannya dalam bentuk tulisan, bisa aja ada yang paham ada yang tidak dengan apa yang sudah ditulis. Jadi menurutku blogger buku sangat penting untuk membantu si penulis melihat respon pembaca juga untuk perbaikan nantinya.
 Pesan dan kesan kalian untuk para blogger buku dong.. Ada kritikan dan saran mungkin?

 Pesan dan kesannya, tetap produktif membaca dan menulis, karena selain membantu penulis melihat tolak ukur hasil karyanya, juga membantu pembaca-pembaca yang bimbang ketika akan membeli buku di toko buku. Karena aku sendiri sebagai pembaca juga suka cari hasil review orang dulu, ya nggak jadi tolak ukur banget sih (kalo udah kepalang cinta sih cinta aja kadang hahaha) tapi setidaknya biar dapat hint atau bocoran sebenarnya kisah apa sih di dalam buku tsb. Saranku, tetap objektif yaa.. Nggak ada buku yang sempurna, selain kekurangan, resensi buku yang baik juga menjabarkan kelebihan buku tsb. Sehingga bisa jadi bahan pelajaran untuk penulis dan tim redaksi penerbitnya. Penulis bisa tahu apa yang jadi kekuatan dari tulisannya, apa yang masih harus diperbaiki untuk cetakan selanjutnya


***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Aqessa Aninda? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang mbak Aqessa Aninda cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  
Makasih banyak, mbak Aqessa Aninda, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..
Untuk karya dari Aqessa Aninda yang sudah terbit adalah :
  
30335218 

Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Aqessa Aninda. Sudah punya karya Aqessa Aninda di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Aqessa Aninda tersebut. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Aqessa Aninda :

Aqessa Aninda is a writer. She writes computer code program on Mon-Fri from 8 to 5++ and writes young adult/romance fiction at night or early morning. Saat ini bekerja sebagai IT Programmer Analyst di salah satu perusahaan asuransi di Jakarta. Aktif menulis blog sejak SMA dan aktif menulis di platform Wattpad sejak 2015. Blogging mempertemukan kedua kesenangannya, yaitu dunia teknologi informasi dan menulis.
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Goodreads | Blog

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...