Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

1 July 2016

My Bittersweet Marriage - Ika Vihara | Book Review

29474198 Judul Buku : My Bittersweet Marriage
Penulis : Ika Vihara
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 9786020282435

And the synopsis..

Aarhus. Tempat yang asing di telinga Hessa. Tidak pernah sekali pun terlintas di benaknya untuk mengunjungi tempat itu. Namun, pernikahannya dengan Afnan membawa Hessa untuk hidup di sana. Meninggalkan keluarga, teman-teman, dan pekerjaan yang dicintainya di Indonesia. Seolah pernikahan belum cukup mengubah hidupnya, Hessa juga harus berdamai dengan lingkungan barunya. Tubuhnya tidak bisa beradaptasi. Bahkan dia didiagnosis terkena Seasonal Affective Disorder. Keinginannya untuk punya anak terpaksa ditunda. Di tempat baru itu, Hessa benar-benar menggantungkan hidupnya pada Afnan. Afnan yang tampak tidak peduli dengan kondisi Hessa. afnan hanya mau tinggal dan bekerja di Denmark, meneruskan hidupnya yang sempurna di sana.

Kata orang, cinta harus berkorban. Tapi, mengapa hanya Hessa yang melakukannya? Apakah semua pengorbanannya sepadan dengan kebahagiaan yang pernah dijanjikan Afnan padanya?

Here we go..

Laki-laki yang baik itu walaupun tidak mencintaimu, dia tidak akan menyakitimu 

My Bittersweet Marriage ini bercerita mengenai kehidupan Hessa dan Afnan. Dimana Hessa yang sudah berusia 27 tahun dan belum memiliki seorang kekasih, terlihat pasrah saat mamanya menjodohkannya dengan anak temannya. Dan laki-laki tersebut adalah Afnan, seorang microbiologyst yang tampan dan cerdas berusia 30 tahun. Sejujurnya lelaki ini normal, hanya saja dia kurang beruntung dalam urusan asmara dikarenakan kesibukannya terhadap pekerjaannya.

Tuhan menciptakan pasangan untuk setiap manusia. Sekeras apapun manusia menolak, kalau memang sudah ditakdirkan pasangan itu akan bertemu 

Hessa sempat kaget saat Afnan melamarnya menjadi istri, terlebih mereka belum saling mengenal dekat. Afnan memang tidak menginginkan berhubungan layaknya orang berpacaran, namun menginginkan seorang istri. Afnan tak memaksa Hessa untuk menerima lamarannya langsung, dia siap menanti apapun jawaban Hessa.
Sesuatu yang mudah didapatkan, biasanya tidak terlalu berkesan dan mudah dilupakan

Berbekal restu dari kedua orangtuanya, Hessa pun akhirnya menerima lamaran Afnan. Afnan dan Hessa akhirnya menikah. Berhubung Afnan bekerja di Aarhus, Denmark, akhirnya Hessa pun mengikuti Afnan untuk tinggal disana. Kehidupan mereka berdua sebagai sepasang suami istri akhirnya dimulai. Tak mudah memang untuk saling menyesuaikan diri sebagai pasangan suami istri. Hessa tak hanya menyesuaikan diri sebagai seorang istri Afnan, tapi dia juga berusaha menyesuaikan diri terhadap lingkungan barunya di Aarhus. Terlebih Afnan terlalu sibuk dengan pekerjaannya, dan sedikit susah menghabiskan waktu bersama istrinya, Hessa.

Hessa akhirnya didiagnosis menderita Seasonal Affective Disorder dikarenakan kurang mendapat paparan sinar matahari. Selain itu, Hessa menjadi depresi dan tertekan dengan lingkungannya yang baru dan sering merindukan kehidupannya di Indonesia. Dikarenakan Hessa diharuskan mendapatkan terapi dan minum sejumlah obat anti depresan, keinginannya untuk memiliki anak pun kemudian tertunda.

Orang yang mencintai kita dan kita cintai. Idealnya menikah memang dengan orang yang seperti itu. Selalu ada sisi baik dan buruk dalam setiap orang, cinta yang membuat kita bisa menerima itu semua

Pertengkaran antara Hessa dan Afnan akhirnya seringkali terjadi, dikarenakan kurangnya komunikasi di antara mereka berdua. Afnan sedikit keras terhadap Hessa perihal keinginan Hessa yang ingin pulang ke Indonesia. Afnan tak memberikan izin Hessa untuk pulang tapa Afnan. 

Bagaimana selanjutnya kisah pernikahan antara Afnan dan Hessa? Berhasilkah mereka mempertahankan rumah tangganya?

Life is not about happily ever after. It's about finding happiness event in the darkest of times

My Bittersweet Marriage ini adalah karya debut Ika Vihara. Ika Vihara mencoba mengusung tema perjodohan beda bangsa. Kita diajak untuk memahami sosok Afnan dan Hessa yang menikah karena perjodohan. Melalui perkenalan yang singkat, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah kemudian memulai hidup baru di tempat yang baru tentu saja tak semudah yang dibayangkan. Apalagi, tempat tersebut jauh dari Negara tempat kelahirannya.

Penyesuaian Hessa dengan lingkungan barunya dan juga suaminya tentu saja tak mudah. Hessa yang baru pertama kali ini hidup jauh dari kedua orang tuanya, hanya bisa menggantungkan diri terhadap Afnan, suaminya. Saat dulu Hessa masih tinggal di Indonesia, Hessa tentu saja memiliki keluarga, sahabat serta pekerjaan yang menyenangkan. Namun, setelah menikah, status Hessa pun berubah menjadi istri dan ibu rumah tangga.

...cinta itu kalau kita rela melakukan apa pun untuk orang yang kita cintai. Meskipun itu bertentangan dengan keinginan kita

Secara perlahan, penulis menceritakan kisah ini secara detail. Bagaimana Afnan dan Hessa bertemu hingga mereka menjalani kehidupan mereka sebagai pasangan suami istri. Setting Aarhus pun cukup detail digambarkan oleh penulis. Kita diajak berkeliling Aarhus bersama Hessa. Jujur, aku baru dengar tentang Aarhus saat awal membaca cerita ini di wattpad, sempat terlupakan, namun kemudian saat membaca kembali kisah ini dalam bentuk novel, menjadi ingat dan kemudian mencari tahu tentang Aarhus. Indah banget yaa kotanya. Jadi pingin kesana. Ada yang mau jadi sponsor?

Karakter Afnan dan Hessa dibangun dengan sangat baik, sangat hidup. Membuat aku merasa sedang berada di dalam kisah mereka berdua. Afnan yang bukan seorang pria romantis mampu menunjukkan bahwa keromantisan itu tak hanya cukup dengan bunga atau hadiah dan kejutan, namun cukup dengan mencintai dengan caranya sendiri. Sosok Afnan buatku cukup menarik, kira-kira masih ada nggak yaa cowok kayak Afnan?

Overall, buat kamu yang suka banget dengan kisah pernikahan beda negara dan budaya, apalagi kisah perjodohan, novel ini sangat cocok untuk kamu. Selamat jatuh cinta dengan Aarhus, Hessa dan Afnan. 

Hidup ini bukan melulu tentang mendapatkan apa yang selalu mereka inginkan dan rencanakan. Hidup ini kadang-kadang menempatkan orang pada sesuatu yang dibencinya, agar menghargai apa yang dicintainya
 
 

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...