Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

1 July 2016

The Stolen Years - Ba Yue Chang An | Book Review

28255536 Judul Buku : The Stolen Years
Penulis :



Manusia memang hidup mengandalkan ingatannya

Saat sedang asyik menikmati bulan madu bersama dengan suaminya, Xie Yu, He Man mengalami kecelakaan saat perjalanan pulang. Motor yang mereka tumpangi menabrak pohon. Mereka berdua selamat hanya saja He Man mengalami amnesia. Hampir selama lima tahun, kehidupannya berubah.
 
He Man tak percaya tatkala sang kakak, He Qi, memberitahunya jika He Man dan Xie Yu sudah bercerai selama kurang lebih setengah tahun. He Man tak mempercayai begitu saja, dia yakin kalau mereka berdua masih saling mencintai.
 
Seberapa besarkah kemampuan manusia untuk dapat menerima suatu kenyataan hidup? Hanya orang yang pernah terluka begitu parahnya yang akan bisa mengerti. Asalkan masih hidup, kita pasti bisa melalui apa pun yang akan terjadi selanjutnya.
 
Xie Yu menjadi serba salah saat mendengar mantan istrinya mengalami kecelakaan. Dia bahkan terpaksa meninggalkan kekasihnya, Lily, demi menjaga He Man. Xie Yu bahkan mengizinkan He Man untuk tinggal bersamanya sementara. 
 
Dokter memang mengatakan jika He Man mengalami amnesia. Namun, dokter juga tidak bisa memastikan kapan ingatan He Man akan kembali lagi. Dokter menyarankan He Man untuk kembali berhubungan dekat dengan orang-orang terdekatnya, siapa tau cara tersebut mampu memulihkan kembali ingatannya. Cara satu-satunya adalah bertanya langsung kepada Xie Yu dan sahabatnya, Xiao Huan, yang sekarang malah memusuhinya.
 
Terkadang aku berharap ingatanku tidak akan kembali selamanya. Aku takut tidak akan mencintaimu lagi saat aku kembali bisa mengingatnya. Dan terkadang, sebaliknya. Aku malah berharap ingatanku bisa cepat pulih. Dengan begitu, aku tidak akan mencintamu lagi, dan posisi kita berdua akan sama sekarang
 
Membaca novel ini membuat perasaanku campur aduk. Cerita mengenai kisah amnesia mungkin sudah banyak sekali ada, entah di televisi atau melalui sebuah cerita. Namun, cara mengemasnya benar-benar berbeda. Kenapa? Karena cerita ini mampu membuat aku kehabisan stok coklat dan tissue. Mengharukan banget, air mataku susah berhenti.
 
Disini kita juga diajak untuk memahami dan mempelajari serta bersyukur jika ingatan adalah salah satu hal yang penting di dalam diri kita. Terutama dalam hubungan sesama manusia.
 
Saat kita baru saja menjalin hubungan, rasanya begitu menyegarkan. Kemudian, perlahan mulai timbul bau tidak sedap, tapi tidak tega membuangnya. Meski sudah mencoba membuang jauh-jauh hubungan yang sudah kadaluwarsa itu, He Man yang pelupa tetap akan memungutnya kembali dan mencoba memakannya
 
Sebenarnya, agak kurang nyaman saat penyebab retaknya hubungan He Man dan Xie Yu tidak diungkit sama sekali, namun itu tak menjadi masalah. Karena aku sudah terlanjur terhanyut di dalam ceritanya. Gaya penulisannya juga asyik, mudah dipahami dan sangat enak dibaca. Foot notenya juga udah oke. Terlebih konflik antara He Man dengan orang-orang terdekatnya, dibahas pelan-pelan, tidak tergesa-gesa. Penulis menuliskan dengan sudut pandang dari kedua belah pihak. Jadi, pembaca lebih memahami masing-masing tokoh. Alasan mereka bercerai pun, sebenarnya sudah nggak bikin jadi surprise buat aku. Aku lebih tersentuh dan menghayati kisah pernikahan mereka yang lambat laun berubah menjadi perpisahan. Jadi teringat quote bikinan sendiri, "Melepaskan lebih baik daripada menahannya disisi namun terasa menyakitkan".
 
Sangat suka sama ceritanya. Apalagi di bagian ending yang membuat aku sempat terkecoh. Kirain bener-bener udah ending, ehhh, ternyata masih ada ending yang asli yang bikin nyesek banget. MJJ banget dah. Tapi, aku sama sekali nggak keberatan. Tetap suka pakai banget.
  
Cinta kalah melawan sakit, juga kalah melawan kematian. Namun, cinta akan selamanya hidup di dalam ingatan manusia, akan menancapkan akarnya dengan kuat di dalam otak manusia 
 
 

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...