Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

22 August 2016

A Good Relationship - Ainun Nufus | Book Review, Giveaway

http://diandracreative.com/books/a%20good%20(2).jpg
Judul Buku : A Good Relationship
Penulis : Ainun Nufus
Penerbit : Diandra Creative
ISBN : 9786023362530

And the blurb..

Nazhifa gadis yang selalu setia melihat ke arah halte dekat sekolah. Melihat sosok cowok yang mampu menarik perhatiannya. Berharap bisa berkenalan dan berbagi earphone mendengarkan musik berdua dengan cowok itu.
Namun, berbagi earphone dengan cowok halte tak semudah pemikirannya. Bersama cowok halte tak semudah membalikkan telapak tangan. Bersama cowok yang tak peka haruslah memiliki stok sabar bergudang-gudang.

From: Little Princess

Hai Ghazy yang terhormat, terima kasih buat tumpangannya. Ini yang terakhir kali dan setelah ini anggap saja kita nggak pernah kenal. Ingat tuh!! Ya walaupun aku tahu kamu nggak pernah nganggep orang lain ada. Bye maksimal!!!!

Here we go..

Semoga kalau jodoh, Tuhan mempertemukanku lagi dengannya

A Good Relationship ini bercerita mengenai kisah seorang gadis bernama Zhifa dan dua orang lelaki kembar, Ghany dan Ghazy. Dimulai dari seringnya Zhifa memperhatikan seorang cowok yang selalu duduk di halte dekat sekolahnya. Ingin berkenalan tapi tak berani. Karena cowok itu juga diam saja. Saat kelulusan sekolah, Zhifa tak menyangka jika akhirnya dia mendapatkan kado terindah.

Saat memasuki perkuliahan, lagi-lagi Zhifa kaget, karena bertemu dengan cowok yang sama dia lihat di halte. Bedanya cowok ini mengenalinya bahkan mengajaknya berkenalan serta mengobrol. Di lain kesempatan, Zhifa kaget saat bertemu kembali dengan cowok yang sama. Bedanya, cowok itu hanya diam, berbeda dengan awal mereka bertemu. Namun, setelah bertemu kembali dengan cowok yang sama, akhirnya Zhifa tahu, jika cowok yang ditemuinya kemarin dan hari ini berbeda. Zhifa tak menyangka jika dia akan bertemu cowok kembar bernama Ghany dan Ghazy.

Jangan pernah kasih kesempatan orang lain buat deketin orang yang kamu suka kalau nggak ingin nyesel dan berakhir sakit hati

Ghany yang ceria, supel, ramah berbeda 180 derajat dengan Ghazy yang pendiam, kaku, dan seperti robot. Zhifa sebenarnya merasa nyaman dengan Ghany, karena sifat dan sikap Ghany. Namun, Zhifa juga gemas setengah mati dengan Ghazy. Sampai-sampai rasanya ingin mengacak-acak rambut Ghazy saking gemasnya.

Lalu bagaimana dengan kisah mereka bertiga selanjutnya? Siapakah yang akan dipilih oleh Zhifa? Ghany atau Ghazy? Atau akan ada tokoh lain yang mampu membuat Zhifa jatuh cinta?

Tuhan, beri aku kesempatan kedua untuk menjaga Zhifa

Membaca cerita ini benar-benar susah buat move on sama keseruan 3 tokoh ini. Ada saja ulah mereka yang membuat gemas setengah mati. Rasanya pingin jedotin kepala tokoh-tokohnya saking gemasnya *kejam banget yaaa*. Sifat yang ditampilkan di masing-masing tokoh pun cukup berimbang. Dimana ada yang ekstrovert, introvert, ambivert.

Ghany dengan segala sifatnya yang pastinya membuat cewek-cewek terkagum-kagum, berbeda dengan sifat Ghazy yang pelan tapi pasti membuat banyak cewek mundur teratur karena tak tahan dengan sifat dan sikapnya yang dingin. Zhifa yang ceria, feminim, namun tak sedikitpun sifatnya yang feminim. Hampir sama dengan Ghany sebenarnya.

Dia sadar tak akan mungkin bisa membuat orang yang sudah mencintai seseorang sepenuh hati untuk berpaling mencintainya

Alur yang digunakan di novel ini adalah maju.. maju.. cantik.. cantik.. Dimulai dari kisah semasa awal bertemu hingga ke kisah setelah kuliah. Hanya saja, ada sedikit yang mengganjal, dimana diceritakan Zhifa mempunyai trauma. Tapi, tak dijelaskan mengapa dia trauma, bagaimana kejadiannya. Diceritakan hanya sekilas saja. Ada 1 beberapa part yang membuat hati langsung jleb.. jleb.. dalem bangettt, brooo. Itu kalau ngalamin di dunia nyata, palingan juga udah ngehabisin tissue sampai banyak.

Genrenya masih romantis, tapi ini masuk ke teenlit namun mengarah ke dewasa, jadinya apa yaa? Young Adult yaa? Jangan harapkan kisah romantisnya bakalan bikin pingin, yang ada bikin emosi, gemes, dan speechless.

Yang setiap wanita butuhkan dari pasangannya adalah waktu

Bukankah yang mirip bisa membuat orang lain nyaman jika sering bersama?

Tokoh yang aku suka disini adalah Ghany. Ada satu part yang membuat aku menjatuhkan pilihanku pada Ghany. Sikapnya yang dewasa dan jalan pemikirannya yang benar-benar ajaib. Diluar sifat dan perilakunya yaa. Awalnya sih memang sebel setengah menahan lapar tahu Ghany seperti apa. Tapi, 1 part ini yang membuat aku langsung jatuh cinta dengan Ghany. Penasaran kan?

Dari sebuah waktu bisa memberikan kenyamanan, rasa diperhatikan, rasa sayang lebih dari sebuah kekayaan. Hanya dengan waktu semua seolah tercukupi

Mungkin kisah antara Ghany – Zhifa – Ghazy bisa terjadi pada siapa saja, namun kita tak pernah tahu bagaimana akhir kisahnya. No one know. Tapi, di sini, kita diajak untuk mengetahui perasaan Zhifa, Ghany dan Ghazy. Setidaknya kita diminta untuk belajar peka terhadap orang lain. Mengalah boleh saja, tapi itu bukan untuk kalah, hanya berhenti atau mundur sejenak sebelum kembali melangkah lagi.

Semoga aku bisa kembali segera membaca karya-karya Ainun Nufus yaa. Baik yang ditulis di Wattpad atau yang masih ada di laptop. Udah nggak sabar plus penasaran banget sama cerita-ceritanya.

Kalau cinta, ajaklah dia ke  rumah, bukan cuma membuatnya cemburu


==== GIVEAWAY TIME ====


Kalian mau mendapatkan 2 novel A Good Relationship yang dikirim langsung sama penulisnya? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @nufus_ dan @princessashr, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita berdua dan jangan lupa sertakan hashtag #AdaAGR
3. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau GFC atau email atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *salah satu aja yaa*
4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, dan jawabanmu yaa..

Kasih tau aku dan Ainun dong, menurut kalian, A Good Relationship itu gimana sih?


Giveaway ini berlangsung dari tanggal 22 Agustus - 28 Agustus 2016. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

14 comments:

  1. Nama: Luluatul Khodijah
    Akun twitter: @lulukhodijah
    Domisili: Semarang, Jawa Tengah
    Link share: https://twitter.com/lulukhodijah/status/767546057429438464
    A good relationship itu: yg meskipun berbeda tapi bisa membuat nyaman satu sama lain. Nggak memaksakan kehendak buat menyamakan hal yang berbeda. Saling terbuka satu sama lain, terutama kalo ada hal yg nggak disuka dengan pasangan. Bukan malah curhat kesana sini yg bikin hubungan jadi renggang. Intinya: respect each other :D

    ReplyDelete
  2. Nama: Agus Miftah
    Akun Twitter: @rahman_files
    Domisili : Paiton-Probolinggo
    Link Share: https://twitter.com/Rahman_Files/status/767641906939564032
    A good relation itu menurut saya adalah suatu hubungan dimana kedua nya tidak terbebani, mengerti satu sama lain, memang manusia tidak sempurna. oleh karena itu ketidak sempurnaan tercipta agar dapat saling mengisi kealfaan yang ada. (klise ya! tapi itu lah prinsip yang saya pegang teguh) dimana orang yang memiliki relation memiliki keterbukaan hingga semua transparan dan tak ada salah paham.
    salam hangat

    ReplyDelete
  3. nama: emma
    twitter: @emmanoer22
    domisili: indragiri hulu, riau
    link:
    https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/767675355041628160?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7556855213

    jawaban: A Good Relationship itu menurutku ketika sebuah hubungan yang dijalin tanpa kebohongan, jujur dengan keadaan dan jujur dengan isi hati. Hubungan yang di bangun dengan menjaga nama baik masing-masing, bukan mengumbar atau menjual, hubungan yang dilandasi ketulusan juga kejujuran. Bagiku ketika kita tulus pada seseorang suatu saat orang tersebut akan menyadarinya. Untuk hubungan baik itu bukan saat kita saling melengkapi atau saling membahagiakan, tapi hubungan yang baik itu saat kita memberi ketulusan dalam sebuah hubungan yang sedang kita jalani.

    ReplyDelete
  4. Nama : Della Salsabila
    Twitter : @dellasalsbl
    Domisili : jakarta
    Link share :
    https://twitter.com/dellasalsbl/status/767717438888615936

    A Good relationship itu menurut aku pertama yang paling penting yaitu dilandasi sama sama cinta, kalau terpaksa menjalani sebuah hubungan lantas hubungan itu dilandaskan oleh apa? Rasa empati kah? Atau rasa terobsesi yg sudah mendalam? Yaa, menurut aku cinta itu faktor utama dari sebuah hubungan. Jika tanpa cinta, hubungan itu bagaikan bangunan tanpa tiang kerangka yg kuat, bakalan roboh. Begitupun sebuah hubungan mau dipaksakan bagaimana pun juga jika tanpa cinta didalamnya, lambat laun pasti akan hancur.
    Yang kedua adalah saling terbuka satu sama lainnya. Dengan saling terbuka, akan memicu terjadinya kejujuran didalam nya. Tidak ada rahasia, tidak ada kebohongan, dan tidak ada kesalahan pahaman. Dengan begitu, hubungan pun akan rukun2 saja:)
    Yang ketiga saling mengerti diri/sifat pasangannya. Seperti pasangannya sukanya apa, hobinya apa, kebiasaannya apa, dll. Jadi kamu udah ngerti klo misalnya dia kaya gini tuh kenapa, gara2 apa, trs lagi mau apa. Hahahaha kalo bisa sih peka yaa terhadap pasangannya:D (kalo bisa) karna kan kita bukan dukun ya yg bisa baca pikiran pasangan kita :D
    Yang ke empat yaitu yg selalu ada. Gak harus selalu ada disamping kita jg maksudnya wkwk. Minimal yg selalu ada kabar lah eaa haha. Kalo didalam hubungan tidak terjalin komunikasi yg baik, apa itu bisa disebut sebuah hubungan??
    Terus yang tidak terlalu agresif/posessif. Biasanya jika kita selalu melarang pasangan kita ga boleh ini itu dia akan merasa terkekang dan malah jika sudah bosan mendengar omelan&larangan kita, pasangan kita justru akan merasa ingin melanggarnya dan ujung2nya akan bertengkar. Boleh sih posessif sama pasangan kita, itu wajar malah. Tapi yang standar aja jangan berlebihan.

    And the most important dari semua yg udah aku tulis diatas adalah udah halal hehehe alias udah nikah. Iya lah ini baru namanya pacaran sehat. Ini sih udh goals relationship ya namanya wkwk:D percuma klo pacaran bertahun2 tp ujung2nya gagal nikah haha. Yaa menurut aku, Good relationship itu hubungan yg sudah dijenjang yg serius+sama semua yg udh aku tulis diatas. Beuh itu sih udh goals relationship banget!!! 😍😍😍

    *maaf panjang bgt haha:D*
    Nb: jujur aku blm pernah ngerasain yg namanya 'a good relationship' itu sendiri. Jd itu menurut pengamatanku aja ya hehehe. Semoga kak @nufus_ dan kak @princessashr akan merasakan 'a Good relationship' itu yaa atau sekarang lagi ngerasain? Hihi And of course aku juga pgn bgt!! 😍 hehehe salam hangat:)

    ReplyDelete
  5. Nama: Alyani Shabrina
    Akun Twitter: @alyanishab
    Domisili: Semarang
    Link Share: https://twitter.com/alyanishab/status/767758749452820483
    Jawaban:


    menurut aku A Good Relationship itu, hmm ini maksudnya buku atau hubungan itu sendiri ya? aku bahas dua-duanya deh <3
    1. menurut aku a good relationship itu adalah hubungan yang terbuka satu sama lain, jadi mereka bisa bercerita apa saja tanpa harus ditutupi. mereka yang bisa berbagi apapun, baik saat suka maupun duka, yang mendukung cita-cita masing-masing, yang mengerti kesibukan satu sama lain, yang nggak pernah lelah mendukung satu sama lain. yang selalu memberikan semangat. dan pastinya disaat ada masalah mereka sama-sama bisa menyelesaikannya dengan kepala dingin, dan dengan cara yang dewasa. bertanggung jawab apa tugas masing-masing namun tetap berkomitmen terhadap hubungan mereka.

    2. kalau yang dimaksud adalah cerita dalam buku A Good Relationshop ini, menurutku bukunya sangat amat layak untuk aku baca, karena dari cara kak asri me-review buku ini saya aku juga ikutan gemas dibuatnya. penasaran banget sama kelanjutan kisah mereka bertiga, dan yang bikin aku tertarik untuk punya dan baca buku ini adalah karena salah satu tokoh utamanya kembar <3 aku selalu suka dengan hal-hal yang berbau anak kembar. malah sampai punya keinginan kalau sudah berumah tangga punya anak kembar *masih jauh al* *jangan curhat*. hehehe. pokoknya ceritanya sukses bikin aku penasaran dan nggak sabar diumumin jadi pemenang give away ini. hahaha. Amin ya rabbal alamin. aku juga pengen baca buku ini karena aku punya target harus baca minimal 25 buku dari semua genre yang ada. kedengarannya cupu ya kk? cuma 25 buku, hihi baru pemula sih, pengenny di tahun selanjutnya aku bisa baca lebih dr 50, 100, bahkan 200 buku setiap tahunnya. doakan ya kk, semoga impian aku terkabul. hehe.

    terakhir, aku mau ngucapin terimakasih buat semua pihak yang mengadakan review dan give away ini, karena aku jadi tahu judul buku baru yang bisa ak tambahkan di wishlist aku hehehe. sukses terus buat kak asri dan penulis buku ini <3

    ReplyDelete
  6. Nama : Silvy Rianingrum
    Twitter : @berryfledge
    Domisili : Bekasi<3
    Link Share : https://twitter.com/berryfledge/status/767759630835421184

    A Good Relationship menurut aku adalah ketika sepasang wanita dan laki-laki yang menjalani hubungan karena landasan cinta dan juga mencari ridho Allah. Relationship yang meskipun mencintai dalam diam, tapi hati saling berdegup untuk satu sama lain. Relationship yang meskipun jarang bertatap muka, tapi saling bertemu dalam doa. Relationship yang berisikan dua insan yang saling menghargai, tanpa ingin merusak diri keduanya. Relationship yang tidak basa-basi, tanpa embel-embel ini dan itu. Tapi, langsung berhujung pada pelaminan untuk menghalalkan. A good relationship adalah yang berisikan rasa saling pengertian dan mendukung, yang tak ragu menyisihkan waktu disela-sela kesibukan. A good relationship adalah yang keduanya jatuh cinta bukan hanya pada fisik, karena cinta bukan sekedar memuji. Melaiinkan, keduanya akan mencintai jiwa dan raga secara apa adanya. A good relationship adalah yang tidak diumbar-umbar, melainkan manisnya hanya dirasakan oleh kedua insan yang terlibat didalamnya. A good relationship adalah ketika menikah, keduanya hanya pernah jatuh cinta satu kali, yaitu pada satu sama lain. A good relationship adalah relationship yang hadir karena ridho Allah, yang berjalan atas bimbingan-Nya dan yang bertujuan pada nikmat akhirat. A good relationship adalah berjuang bersama-sama di jalan Allah untuk mencapai Jannah-Nya. A good relationship is a relationship which consists of you and me, of us who try our best to be better than before, to reach on the same goals and those are; to get through this world well and end up in Jannah together^^

    ReplyDelete
  7. dyana04:19

    Nama Dyana
    Twitter @prstyo_dyanaeka
    Link https://twitter.com/prstyo_dyanaeka/status/767939665840050176
    Domisili Samarinda

    A good relationship itu ketika komunikasi terjalin dengan baik, berusaha untuk saling memahami, walaupun perbedaan itu selalu ada tapi bisa menyikapi perbedaan itu bersama, mencari jalan keluar terbaik tanpa harus ada yang tersakiti. Keadaan bisa berubah, akan ada banyak halang rintang untuk sebuah hubungan dan saling menguatkan adalah sebuah keharusan. Semakin baik dan nyaman suatu hubungan akan ada banyak yg berusaha memisahkan entah dari keegoisan dalam diri sendiri atau keegoisan dari orang lain di luar hibungan itu. Intinya kembali lagi pada cara berkomunikasi yang baik dalam sebuah hubunga yang akan menguatkan.

    ReplyDelete
  8. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/767716285367013376?p=v


    Kasih tau aku dan Ainun dong, menurut kalian, A Good Relationship itu gimana sih?



    A Good Relationship menurutku itu saat hubungan suatu pasangan sehat (tidak ada kekerasan fisik maupun verbal), tetap saling berkomunikasi sejauh apapun mereka terppisah, bisa saling percaya, terbuka, tidak memaksa atau ada paksaan. Tau tapi tidak mengumbar kekurangan pasangan kepada orang lain apalagi saat ada masalah, jika ada masalah diselesaikan dengan kepala dingin, dibicarakan baik-baik dan tak saling menuduh. Dan yang pasti suatu hubungan dapat berjalan lancar jika kedua belah pihak memiliki pengertian dan rasa saling menghargai terhadap pasangannya.

    ReplyDelete
  9. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/768734560905375744

    Menurutku a good realitionship itu penerimaan terhadap pasangan. Baik-buruknya. Lebih-kurangnya. Jika rasa penerimaan seikhlas2nya kaya surat al-Ikhlas yg tidak mnyebutkan kata ikhlas itu tercipta, maka kecintaan tnpa pamrih pun muncul sendirina sehingga mmbuat hubungan mnjadi awet dan langgeng meski pun banyak sekali cobaan yg menimpa mereka.
    Begitulah kira2. Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang
    https://twitter.com/btgmr/status/768682738354360320

    A good realtionship menurut saya adalah ketika dua orang atau dalam satu kelompok dapat mengerti satu sama lain, saling percaya, serta dapat meredamkan ego masing-masing sehingga terhindari dari hal-hal yang dapat membuat keadaan jadi tidak nyaman. Karena menurut saya hal yang paling mahal yang bisa didapat dari seseorang adalah kepercayaannya. Sehingga kalau kita sudah mendapatkan hal itu, jangan sampai disia-siakan karena pasti bisa sangat mengecewakan orang tersebut, bisa merunyamkan relationship yang selama ini sudah dibangun dengan kokoh.

    ReplyDelete
  11. Nama : dewi marini
    akun twitter : deverzstyle
    domisili : solo
    link share : https://mobile.twitter.com/deverzstyle/status/768835117712277504?p=v

    menurutku a good relationship itu hubungan yg didasari kejujuran dan keterbukaan yg bakal ngebuat pasangan nyaman dan saling menyempurnakan satu sama lain dan akan membuat hubungan menjadi awet atau longlast. dan menurut aku a good relationship itu dimana pasangan bisa menerima kita apa adanya dan selalu mensuport kita disaat kita sedang terjatuh dan membutuhkan semangat. dan kunci dari a good relationship adalah komunikasi yg baik dan kejujuran dan jangan menyerah :)
    bagiku a good relationship seseorang yg membawamu dalam kebaikan dan kebahagiaan juga yg dpt melengkapi dirimu dan menerima masa lalumu :)

    ReplyDelete
  12. Nama : Heni Susanti
    Akun Twitter : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/768977201827975168

    Menurutku, a good relationship itu hubungan yang didasari kejujuran, keikhlasan dan penerimaan. Jujur tentang bagaimana pun perasaan kita baik antar pasangan maupun dengan lingkungan sekitar, jadi pasangan bisa saling memahami apa-apa saja yang disukai dan tidak disukai yang akhirnya bisa menempatkan diri untuk membuat nyaman satu sama lain.
    Sebuah hubungan juga harus didasari keikhlasan dan penerimaan. Ikhlas menerima kekurangan, perbedaan dan sifat-sifat yang tidak disukai bahkan juga masa lalu yang pastinya ada bagian dimana kita tidak termasuk di dalamnya, jadi bukan hanya melihat hal-hal positifnya saja yang kita terima.

    Demikian dan terima kasih :)

    ReplyDelete
  13. Nama : Widiyar Mayani
    Twitter : @widiyarmayani
    Domisili : Bogor
    Link share : https://mobile.twitter.com/WidiyarMayani/status/769891350128885761?p=v

    A good relationship? Versi buku nya mba Nufus mungkin mengajarkan sisi yang lain dari relationship antara 3 hati. Entah berakhir dengan siapa, kita bisa baca bukunya nanti. Hehe.

    Oke, back to the topic. Menurut saya, mungkin kita punya definisi yang hampir sama mengenai good relationship. Dimana dua orang saling mencintai, saling memahami, terbuka, dsb.

    Good relationship buat saya adalah kemampuan untuk tetap bertahan. Menemani saat suka, menghibur saat duka. Mengupayakan hal2 baik tuk kepentingan bersama. Hubungan yang baik belum tentu selalu mulus, pasti saja ada perselisihan yang terjadi. Namun dengan perselisihan itu, kita bisa sama2 belajar tuk lebih dewasa menghadapi masalah.

    Komunikasi yang baik juga menjadi salah satu kuncinya. Dimana bisa saling mendengarkan, bertukar pendapat, saling menasihati, tak segan menegur atau memperingatkan apabila pasangan melakukan hal yang mungkin di luar toleransi.

    Tidak perlu terlalu panjang angan mungkin, namun bisa mulai membangun dan mewujudkan mimpi bersama terdengar menyenangkan.

    Intinya, mencapai good relationship adalah proses panjang yang harus selalu diupayakan bersama. Menerima untuk sesuatu yang mungkin telah terlewatkan, bersyukur atas segala kepemilikan hari ini, berjuang tuk hal yang diingatkan terjadi, dan bersabar tuk hal2 manis yang tak pernah terjadi.

    ReplyDelete
  14. Nama: Dwita Andhara
    Domisili: Makassar
    Akun twitter: @dwitaandhara
    Link share:
    https://twitter.com/dwitaandhara/status/769928774368366592

    Bismillah, semoga saya belum telat ���� .. oke langsung saja menurut saya a good relationship itu adalah hubungan yang bisa menunjukkan bagaimana diri kita yang sebenarnya tanpa harus berusaha untuk menjadi orang lain. Dan secara tidak langsung dengan kita telah menjadi diri sendiri dengan saling terbuka dan orang lain bisa menerima itu dan begitupun sebaliknya, rasa nyaman akan tercipta dengan sendirinya karena kita telah bisa saling menerima kelebihan ataupun kekurangan masing-masing. Dan yang tidak kalah penting yakni tidak egois karena menurut saya memaksakan kehendak pada seseorang sama saja berpura-pura bahagia.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...