Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

1 August 2016

Dongeng Tentang Waktu - Titi Sanaria | Book Review, Blog Tour

30653393

Judul Buku : Dongeng Tentang Waktu
Penulis : Titi Sanaria
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9786020329567

And the blurb..

Bram meninggalkanku saat upacara pernikahan kami sudah di depan mata. Begitu saja. Tanpa alasan jelas. Dan kuhabiskan ratusan hari hanya untuk berusaha melupakan laki-laki itu. Untunglah kesibukan sebagai dokter residen membantuku melangkah ke depan, apalagi kemudian aku bertemu Pram, pria yang membuatku tertarik. Aku berpikir, inilah saatnya aku melanjutkan hidup.

Namun Bram tahu-tahu kembali, justru ketika aku mulai mengisi hari-hariku dengan Pram. Hatiku bimbang. Yang menyesakkan, di tengah kegalauan itu, sekali lagi aku ditinggalkan. Bukan hanya oleh Bram… atau Pram. Melainkan oleh keduanya.

Sungguh, sesulit itukah mendapatkan cinta sejati?

 
Here we go..  

Orang tidak perlu punya sifat sama untuk bisa menjadi sahabat

Dongeng Tentang Waktu ini bercerita tentang seorang gadis bernama Mia dan kehidupan cintanya. Mia adalah seorang dokter residen. Namun, dia memiliki kisah asmara yang kurang baik. Dia ditinggalkan disaat hari bahagianya tinggal 2 minggu lagi. Bram, calon pengantin prianya, kekasih hatinya selama 4 tahun ini, tiba-tiba pergi meninggalkannya tanpa alasan apapun. Membatalkan niatnya untuk menjadikan Mia wanita satu-satunya dalam hidupnya.

Mia butuh waktu untuk bisa bangkit kembali, memulihkan dirinya sendiri. Satu per satu kenangan tentang Bram hadir dan menari-nari di dalam ingatannya. 4 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk tak mengenal baik pribadi pasangan masing-masing. Itu juga yang terjadi pada Mia, sebaik apa dia mengenal Bram sehingga rasanya sangat sulit untuk membuat Mia dapat melupakan Bram. Banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan Mia pada Bram. Dan dari semua hal tentang Bram, membuat Mia agak sulit untuk move on.

Sulit? Bila kata sulit mencakup berember-ember air mata, rasa sakit yang mengimpit jiwa, dan rasa penasaran yang tak pernah berujung, ya itu memang sulit. Tapi sepertinya kata sulit terlalu sederhana untuk menggambarkan apa yang kurasakan dulu

Banyak lelaki yang datang dalam kehidupan Mia selepas kepergian Bram. Ada dokter bedah yang tampan, Harso. Kemudian ada anak teman dari Mamanya, Ridho. Namun, dari beberapa lelaki tersebut, Mia seperti tak dapat menemukan getaran pada hatinya dan keyakinan jika lelaki ini adalah the one.

Saat teman Mia yang sesama dokter di sebuah Rumah Sakit Umum Daerah Pasarwajo di Sulawesi Tenggara, meminta bantuannya untuk menjemput seseorang yang bernama Pram, entah mengapa, binar itu muncul di mata dan hati Mia. Walaupun awalnya menyebalkan, namun Mia tak memungkiri jika ia tertarik pada seseorang yang selalu ada di dekatnya. Bukankah beda antara benci, sebal dengan cinta itu tipis?

Namun, kebahagiaan sepertinya belum ingin menghampiri kehidupan Mia. Baru memulai kisah baru dengan Pram, Bram kembali datang. Mia terombang-ambing akan perasaannya sendiri. Dan di tengah segala macam permasalahan yang datang di dalam hidupnya, sekali lagi, Mia ditinggalkan tak hanya oleh Bram namun juga Pram.

Peraturan pertama saat menjajaki pria adalah mengetahui pekerjaannya. Kita boleh saja tidak materialistis, tapi harus memastikan dia bisa membiayai semua kebutuhan dan hobi kita setelah menikah

Membaca Dongeng Tentang Waktu ini bikin perasaanku campur aduk. Feelnya dapat banget. Bagaimana Mia berjuang untuk bisa bangkit dan menata kembali hidup juga hatinya setelah ditinggalkan oleh Bram. Rasanya gregetan, gemes, pingin nimpuk Bram, pingin bilang sama Mia buat cepat move on. Jadi, kebayang kan gimana rasanya kalau saat baca cerita ini kemudian meletakkan novel ini sebentar aja. 

Gimana rasanya saat kamu ditinggalkan sama mantan pacar kamu eh bukan, mantan calon suami kamu beberapa minggu sebelum kamu menikah? Kemudian saat kamu bisa berhasil bangkit dan bertemu dengan orang baru, tiba-tiba mantan calon suami kamu kembali lagi dan dengan santainya mengacaukan segala macam bentuk pertahanan kamu selama ini dalam rangkan move on. Sebenarnya bukan tema yang baru dalam dunia pernovelan, sudah sering dan sudah banyak diceritakan. Namun, kalau tokoh utama yang diceritakan patah hati adalah seorang wanita bergelar dokter residen? Kemudian setting tempatnya ada di sebuah tempat yang sangat cantik yang bernama Baubau, ibu kota kabupaten Buton? 

Saat Tuhan menentukan jodohmu, Dia tidak perlu bertanya lebih dulu padamu apakah pria itu tipemu atau bukan

Jangan terlalu cepat menghakimi seseorang. Terkadang apa yang tertangkap mata tak lantas membuat kita tahu kenyataan sebenarnya. Kita cenderung membenarkan pesan yang disampaikan mata kita ke kepala. Pesan yang sering menyesatkan 

Lalu ada rahasia apakah di balik kepergian Bram? Lalu bagaimana jadinya dengan kekasih baru Mia, Pram, juga memiliki rahasia yang luar biasa hebat?

Wait! Jika kamu berpikir kisah cinta di novel ini sama dengan kisah cinta yang lain, kamu salah. Novel ini tidak hanya bercerita tentang kisah cinta segitiga saja, namun juga bercerita tentang rasa cinta yang sulit untuk dilupakan, pengorbanan, keinginan dan usaha untuk bangkit dari sakitnya patah hati, berani menerima kenyataan dan juga tentang keikhlasan. Jangan lupakan juga tentang persahabatan, mau memaafkan dan kejujuran. 

Mengikhlaskannya adalah pilihan paling bijaksana yang dapat ku ambil. Bohong jika aku tidak sedih. Kehilangan itu bahkan terasa hingga ke sumsum tulang. Tapi kesedihan yang berkepanjangan tidak akan membuatnya kembali 

Kalau tanya siapa tokoh yang aku suka, susah nih milihnya. Suka dengan Mia yang mampu bangkit, mampu menerima kenyataan dan mau memaafkan. Terlebih lagi interaksi antara Mia dengan sahabat-sahabatnya, benar-benar menarik buat diikuti. Tapi, sebenarnya sih lebih suka dengan Bram. Dia berani untuk datang lagi, menjelaskan dan meminta maaf. Kenapa bukan Pram? Sebenarnya suka sama Pram, tapi kalau dibandingin sama Bram, entah kenapa aku merasa masih ada yang kurang.

Oh ya, karena profesi sang tokoh utama adalah dokter, jangan lupakan juga ada berbagai istilah kedokteran lho. Kemudian ada cerita tentang seputar ikatan emosional antara dokter dan pasien juga lho. Kalau ini, aku udah pernah membuktikan sendiri, saat almarhum kakek dan nenekku meninggal dunia. Dokternya sewaktu menangani kakek dan nenekku hingga saat beliau berdua meninggal, benar-benar ikut sedih karena memang menganggap kakek dan nenekku itu seperti orangtuanya sendiri. Gimana aku nggak tambah baper saat itu. Tissue mana tissue? Duh, jadi kangen kan sama kakek, nenekku. 

Orang harus berteriak saat harus berteriak, menangis saat ingin menangis. Bukan karena lemah tapi untuk merasa lega. Jangan bersembunyi di balik ketegaran padahal hatimu memborok di dalam
  
Suka dengan setting tempat yang diceritakan secara detail oleh penulis. Bikin penasaran pakai banget kan. Kira-kira ada yang mau kasih sponsor nggak sama aku buat kesana? Jadi, kalau Mia move on-nya lama, wajar kan yaa, kalau dia ditengah tempat yang luar biasa indah ditambah kenangan-kenangan antara Mia dan Bram. 

Entah kenapa aku selalu suka dengan cerita yang temanya patah hati, pengorbanan, keikhlasan kemudian bertemu dengan yang akan memberikan kebahagiaan yang baru. Baca cerita ini jadi keingat sama quotes sewaktu aku pernah mengalami hal yang sama, "Melepaskan lebih baik daripada menahan disisi namun itu tak membuat bahagia". Dan dari penulis, kita dikasih pesan super asyik, "Nikmatilah waktumu dengan seseorang yang sekaran ada disisimu, karena nanti disaat dia tak lagi disisi, kamu akan merasakan apa itu yang namanya kehilangan. Manfaatkanlah waktumu sebaik-baiknya".

Overall, aku menyukai novel ini dan kalau kamu suka dengan kisah cinta, aku merekomendasikan novel ini untuk kamu baca. Kaget banget sewaktu tahu kalau novel ini adalah karya perdana penulisnya. Dan yang lebih kerennya lagi, seluruh royalti penjualan novel ini akan disumbangkan ke Rumah Baca Rebung Cendani lho. By the way, aku baca novel ini ditemeni sama lagunya HiVi - Siapkah Kau Jatuh Cinta Lagi. 

Untuk mendapatkan kebahagiaan, terkadang kita memang harus mengorbankan perasaan orang lain. Itu manusiawi

   

 ==== GIVEAWAY TIME ====
 


Kalian mau mendapatkan 1 novel Dongeng Tentang Waktu yang dikirim langsung sama penulisnya? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @TSanaria dan @princessashr, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita berdua dan jangan lupa sertakan hashtag #DongengTentangWaktu
3. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau GFC atau email atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *salah satu aja yaa*
4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, dan jawabanmu yaa..

Kasih tau aku dan mbak Titi cara menyembuhkan patah hati. Apa alasan kalian memilih cara tersebut.


Giveaway ini berlangsung dari tanggal 1 Agustus - 7 Agustus 2016. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

32 comments:

  1. choi siena aqila15:24

    Nama : dyana
    Twitter : @prstyo_dyanaeka
    Link share : https://twitter.com/prstyo_dyanae…/status/759944008982343681

    Menyembuhkan? Berarti lagi sakit. Oleh karenanya perlu obat. Selama ini rasa obat semuanya ngak enak, biarpun dikasih perasa manis2 tetep aja rasanya 'aneh' khas obat.

    Jd menurutku ngak perlu di sebuhkan, tetapi digantikan dengan hati yang lain. Yang patah, kubur saja bersama kenangannya Sambut hati yang baru, yg siap diisi dngn kenanga baru pula.

    Alasannya knp patah hati ngak perlu disembuhkan, tetapi digantikan. Krn selama ini penyakit apa pun itu disembuhkan dngn obat. Obat yg tak kalah pahit dr rasa sakit itu sendiri :'(. Jadi gantikan saja dngn hati yang baru.

    ReplyDelete
  2. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/760030550669221892

    Cara menyembuhkan patah hati? Caranya dengan merasa berterima kasih karena kita suda pernah merasakan patah hati tersebut.
    Bersyukur karena kita sudah diberi kesempatan untuk merasakan patah hati. Karena berani suka, menyukai, mencintai, harus berani yang namanya merasakan patah hati untuk bisa mengerti arti mencintai yang sebenarnya.

    Kenapa aku memilih cara itu? Karena aku pernah merasakannya sendiri. Awalnya aku sama dengan orang lain karena aku juga manusia biasa. Aku menangis, aku marah, merasa terluka dan sejenisnya. Tapi asetelah itu aku tidak mendapatkan apa-apa. Semuanya sama saja. Terus aku teringat pesan ayahku, beliau bilang hidup akan terasa jauh lebih menyenangkan kalau kita bersyukur untuk setiap hal yang terjadi.
    Karena aku, aku mencoba berterima kasih. Aku bersyukur karena aku sudah pernah merasakan yang namanya patah hati. Dengan begitu, suatu saat nanti ketika aku mulai menyukai seseorang, aku bisa berhati-hati. Aku bisa menggunakan cara yang lain agar aku tidak akan merasakan patah hati lagi. Dengan begitu aku akan belajar untuk lebih menghargai yang namanya 'cinta'.

    ReplyDelete
  3. Nama : Indiana Josephine
    Twitter : @indianajos
    Link : https://twitter.com/indianaJOS/status/760310945201610753

    Cara menyembuhkan patah hati :
    Percaya, sadari dan yakini bahwa si pembuat patah hatimu itu memang bukan orang yang tepat untuk menjadi pendampingmu. Dia mungkin orang yang terbaik atau terganteng atau tersempurna di matamu saat itu tapi kalau orang itu melepasmu berarti dia tidak pantas untuk kamu.

    Simpel aja sebenarnya, kalau kamu bisa begitu sayang sama si pembuat patah hatimu, kenapa kamu ga mau lebih sayang sama diri kamu sendiri untuk mencari yang tidak akan membuat hatimu patah?

    Ingat sekali lagi, percaya, sadari dan yakini ada orang diluar sana yang tepat untukmu. Jadi daripada berlama-lama ria menangisi kejadian patah hati ini, lebih baik kamu move on dan memulai hidup baru. Dijamin hari-harimu makin indah dibanding yang sebelumnya :)

    ReplyDelete
  4. Nama : Anna
    Twitter : @rozannamaria91
    Link :https://twitter.com/rozannamaria91/status/760524535892357120?s=09

    Cara menyembuhkan patah hati ala saya sih ya, buang semua barang2 yg mengingatkan pada si dia, trus refreshing sejenak dengan jalan2 dan melihat alam, merenungkan sejenak kenapa bisa seperti ini dan ambil sisi positifnya, "mungkin dia bukan jodoh saya dan saya yakin Tuhan pasti menyiapkan yg terbaik untuk saya" lalu kembali dan mulai menyibukkan diri dengan hal2 yg menyenangkan seperti jalan2, nonton film, kuliner, baca buku, dan meninggalkan masa lalu di belakang, karena masa lalu hanya untuk di kenang, ambil sisi positif dan sekarang jalani masa depan dengan harapan positif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Domisili lupa, saya dari semarang

      Delete
  5. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/760466636843290625?p=v


    Kasih tau aku dan mbak Titi cara menyembuhkan patah hati. Apa alasan kalian memilih cara tersebut.



    1. Memulai kegiatan yang tak berhubungan atau mengingatkannya dengan si dia.
    »» Melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan dia bukan untuk menghilangkannya, tapi membiasakan diri dengan ketidak hadirannya. "Bisa karena biasa". Terbiasa dengan kehadirannya membuat hidup jadi ketergantungan. Setelah dia pergi, maka yang harus dilakukan adalah "terbiasa hidup tanpanya". Awalnya akan terasa sulit dan berat. Aku bukan hanya berbagi perasaan dengan dia, tapi kami berbagi waktu, kasih sayang, perhatian dan kami membuat kenangan juga kisah bersama. Semuanya berat untuk diubah secepat hari berganti.

    2. Tidak menggunakan waktu untuk merenung atau melamun, karena bayangan si dia akan berseliweran dipikiran.
    »» Menyibukkan diri dengan kegiatan dan tidak memberikan waktu kosong untuk dimasuki kenangan. Karena saat sendiri dan tak memiliki kegiatan, kenangan dan perasaan rindu akan menyusup perlahan-lahan, membuatku semakin berat dan susah untuk sembuh dari patah hati.

    3. Ingat orang-orang di sekitar yang menyayangiku.
    »» Saat patah hati biasanya orang cenderung dengan kesedihan, berlarut-larut dengan rasa kehilangan dan melupakan orang yang tulus sayang pada kita. Saat dia memutuskan untuk meninggalkan dan pergi dari hidupku, bukan berarti aku harus pergi dari hidup orang yang menyayangiku (menyendiri, sedih berkepanjangan dan lupa akan sekitar). Justru disaat seperti ini pun, mereka selalu ada untuk menghibur (dengan cara selalu mendampingi kita) dan menyemangatiku untuk bangkit dan menghadapi hari baru. Karena hanya orang yang tulus menyayangi yang akan selalu ada dalam keadaan apapun, saat bahagia dan saat terendah diriku sekalipun.

    Ingat kata-kata di novel ini "Nikmatilah waktumu dengan seseorang yang sekarang ada disisimu, karena nanti disaat dia tak lagi disisi, kamu akan merasakan apa itu yang namanya kehilangan. Manfaatkanlah waktumu sebaik-baiknya".

    -continue-

    ReplyDelete
    Replies
    1. -continue-

      4. Introspeksi Diri
      »» Aku menempatkan introspeksi diri bukan di urutan pertama karena bagaimanapun itu, orang yang sedang patah hati akan menyanggah segala keburukan yang ada pada dirinya demi menempatkan ia di posisi yang paling terluka. Bercermin pada sifat dan perilaku diri sendiri, melihat setitik kekurangan yang ternyata berperan penting dalam berjalannya sebuah hubungan. Satu hal yang biasanya diabaikan, tapi berpengaruh merenggangkan hubungan yang sedang dijalani.

      5. Percaya bahwa akan ada seseorang yang datang menggantikan tempat si dia.
      »» Semua orang tidak akan bisa mencari cinta baru saat patah hati, begitu pula aku. Belajar untuk percaya bahwa dia bukan orang yang cocok yang ditakdirkan untuk bersamaku dalam menjalani hidup. Percaya jika kami dipaksakan bersama, perbedaan itu akan semakin menganga dan terlihat nyata. Percaya bahwa akan datang seseorang yang akan melengkapi hidupku, yang tulus menerimaku dalam keadaan apapun. Percaya bahwa perpisahan ini memang sudah jalannya dan itu yang terbaik.

      6. Ikhlas.
      »» Tanpa keikhlasan, 5 cara pertama tadi tidak akan berjalan sempurna. Belajar merelakan dan melepas sesuatu yang memang bukan untukku adalah cara memulai segala hal baru dari awal. Berlapang dada untuk menerima diri sendiri dan semua yang terjadi.

      Seperti kutipan dalam novel diatas "Mengikhlaskannya adalah pilihan paling bijaksana yang dapat ku ambil. Bohong jika aku tidak sedih. Kehilangan itu bahkan terasa hingga ke sumsum tulang. Tapi kesedihan yang berkepanjangan tidak akan membuatnya kembali."



      Itu adalah 6 cara yang akan aku lakukan untuk menyembuhkan patah hati menurutku. Mengobati patah hati tidak bisa secepat kita jatuh cinta yang bisa dilakukan hanya dengan sekejap mata berkedip. Bagaimanapun orang tersebut sudah berbagi kebahagiaan, mengukir senyum, membuat kenangan dan menambah warna di hidupku. Dia seperti album foto yang bisa ditutup secepat tangan bergerak, tapi dapat dibuka dan dilihat satu persatu dengan sepenuh hati.

      Delete
  6. Nama : Syintia Devi
    Akun Twitter : @syintiadevi
    Domisili : Tangerang, Banten
    Link Share : https://twitter.com/syintiadevi/status/760681101417287680
    Jawaban :
    sedikit curhat nih tentang patah hati, aku pernah suka sama seseorang waktu SMA, tapi ya gak pernah ngungkapin langsung keorangnya. Pas kelas 2 aku kebetulan sekelas sama dia dan akibat ulah keran siapa yg bocor dia jdi tau aku suka sama dia, dia yg tadinya lumayan deket sama aku malah jadi menjauh, adalagi kejadian ditolak bahkan sebelum aku nyatakan cinta :'). Ditambah pas aku tau ternyata dia suka sama sahabat aku, rasanya... nyiiiit gitu:')

    Aku lampiaskan rasa sakit hati dan patah hati bukan cara benci orang itu dan menemukan cinta baru, aku biarkan saja berlalu dengan menuliskan kisahku sendiri disebuah karangan cerita, ya semacam mini novel lah, karena kebetulan aku senang nulis novel2 ala kadar dan alhamdulillah teman2 yg baca juga sukak(lah malah promosi:D ). Yah karena move on ga segampang buka pintu rumah dan nyuruh tamu masuk, jadi aku cara yg lebih menyenangkan untuk sembuh dri penyakit patah hati. Menulis adalah sebuah passion yg menyenangkan buat aku, memang sih dengan menulis cerita tentang patah hati itu malah membangkitkan kenangan yg menyakitkan, tapi dengan itu pula aku jdi bisa mengenang kalau sebelum patah hati pun aku pernah merasakan perasaan cinta yg menyenangkan. Dan nantinya akan memotivasi diriku sendiri untuk menerima cinta baru dan sembuh dari patah hati.

    Maaf yah curhatnya malah kepanjangan, hihihihi^^
    Wish Me Luck~

    ReplyDelete
  7. fatimah
    @Imah_Fatma29
    Yogyakarta
    https://twitter.com/Imah_Fatma29/status/760704476156162048
    1. Niat untuk menyembuhkan luka patah hati itu, misalnya enggak mau nyimpen barang pemberian mantan apapun itu dan walau kita sayang menyukainya.
    2. Isi hari-harimu dengan kegiatan dan pikiran yang positif, misalnya bergabung dengan komunitas yang mendukung hobi kita.
    3. berusaha untuk tidak berfikiran tentang mantan
    Menghindari petemuan dengan mantan, atau berhenti menghubungi mantan lewat sosmed atau apapun.
    4. menyibukan diri
    Menyusun agenda dengan kegiatan positif bersama keluarga atau teman-teman, travelling atau jalan-jalan ke suatu tempat juga boleh dilakukan
    5. jika masih teringat mantan, cobalah untuk meluapkan uneg-unegmu kepada orang lain,*kalo aku mah suka curhat dengan tulisan. hehe. Curhat kepada orang tua atau kepada sahabat dan ingat jangan sampai bocor.
    6. jangan lupa berdoa meminta petunjuk agar dimudahkan dalam menyelesaikan masalah. Karena kalau kita mengingat Allah dalam kondisi apapun pasti Allah akan mengingat kita dan diberikan jalan keluar pada masalah yang kita hadapi. Di dunia ini tidak ada yang mudah dan tidak ada yang mungkin.

    ReplyDelete
  8. Nama : Heni Susanti
    Akun : @hensus91
    Domisili :Pati - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/760701658686976000

    Pertanyaannya mirip sama pertanyaan di #FreeCareDay dan Alhamdulillah aku tidak pernah patah hati :), jadi maaf kalau mungkin kurang kreatif dengan memberikan jawaban yang sama. Alasannya sih karena setelah otak-atik sana sini memang cara-cara berikut bisa memberikan dampak positif walaupun kita sedang patah hati dan walaupun dalam artikelnya cara move on, tapi nyambung lah ya. Mana bisa kita move on kalau patah hati belum terselesaikan...hehe

    Caranya yaitu:
    1. Mencoba Intropeksi Diri
    Awali dengan menilai diri sendiri secara objektif. Koreksi kekurangan yang kita punya. Belajar menjadi lebih baik agar kita lebih mudah berpikir positif bahwa hanya orang yang baik pula yang pantas menjadi pendamping kita.

    2. Membiasakan Diri dengan Kondisi Baru
    Setelah putus kita mesti membiasakan diri sebagai seseorang dengan status single. Tidak ada lagi seseorang yang mengingatkan waktu makan, mengucapkan selamat tidur, atau hal-hal lain yang bisa dilakukan saat masih bersama. Untuk awal-awal mungkin benar akan merasa kaget dan ada yang hilang. Akan tetapi, tidak boleh terlalu lama meratapinya.

    3. Mencoba Menyibukkan Diri
    Tidak ada cara paling ampuh untuk mengalihkan pikiran dari kesedihan patah hati dengan mantan kecuali menyibukkan diri sendiri. Coba sibukkan diri dengan melakukan beberapa kegiatan. Sebagai contoh bisa melakukan kegiatan yang menjadi hobi. Dengan membiasakan diri untuk terus aktif dan sibuk, pelan tapi pasti akan mulai terbiasa dengan status single dan lebih mudah untuk move on.

    4. Jalin Sosialisasi
    Pasca putus mulailah kembali berkumpul dan bersosialisasi dengan teman dan orang-orang di sekitar. Dengan menjalin sosialisasi bisa juga mendapat dukungan dari orang-orang yang peduli sehingga akan membantu untuk cepat move on.

    5. Curhat
    Putus dengan pacar seringkali memang membuat seseorang menjadi sedih. Dalam kondisi ini perasaan dan pikiran negatif cenderung mendominasi. Guna meminimalisir efek negatif itu bisa mencoba curhat dengan sahabat terdekat yang bisa dipercaya. Curahkan semua isi perasaan karena cara ini dapat membantu memahami apa yang sedang rasakan.

    6. Hindari Stalking dan Mengontak Mantan
    Satu tahapan yang cukup susah dilakukan yaitu mencoba untuk cuek atau tidak mencari tahu apa yang dilakukan mantan dan tidak mengontak mantan. Oleh karena itu, mesti menjauhkan hp atau gadget dari jangkauan pada jam-jam rawan. Hal ini cukup efektif memberi waktu untuk berpikir ulang. Alihkan waktu untuk menghubungi sahabat.

    7. Mandi Shower
    Diketahui bahwa mandi shower ampuh mengubah mood menjadi lebih baik. Tidak ada salahnya jika menghabiskan waktu sedikit lebih lama saat mandi shower agar pikiran pun bisa lebih fresh dan dapat berpikir lebih jernih.

    8. Makan Cokelat
    Cokelat memiliki kandungan yang ampuh menstimulasi produksi hormon endoprin dalam tubuh. Hormon inilah yang dapat membuat merasa lebih bahagia dan nyaman. Mood atau suasana hati yang tidak baik pun bisa menjadi lebih baik.

    9. Menulis Jurnal Harian
    Menulis dapat membantu melepaskan perasaan sedih, terutama saat sedang aktif memikirkan mantan kekasih. Saat merasakan rindu, marah atau kehilangan, maka tulislah semua ungkapan perasaan tersebut dalam jurnal harian. Dari jurnal harian yang sudah ditulis bisa mendapatkan manfaat rasa lega karena sudah menuliskan luapan perasaan. Selain itu, bisa mengetahui apa yang menjadi titik lemah diri sendiri.

    10. Belajar Membuka Hati
    Jangan biarkan hati sakit terlalu lama. Belajarlah membuka hati terlebih dulu. Persiapkan diri dan hati untuk memulai berkenalan dengan sosok baru.

    Sumber : http://www.ngegosip.com/tips-agar-bisa-cepat-move-on-dari-mantan

    Demikian dan terima kasih :)

    ReplyDelete
  9. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Domisili: Serang
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/760723764996956160

    Kasih tau aku dan mbak Titi cara menyembuhkan patah hati. Apa alasan kalian memilih cara tersebut.

    Pengalamanku ketika patah hati atau kecewa karena cinta, aku selalu berpikir kalau dia bukan jodohku, bukan orang terbaik yg dipilihkan Tuhan untukku. Itu saja!
    Dengan berpikiran seperti itu aku akan menjadi lebih ikhlas dalam menerimanya, karena kalau semua sudah ditentukan oleh Tuhan, tidak akan ada yg bisa merubahnya, juga tentang jodoh/cinta. Yakin saja akan tiba kelak waktunya aku akan dipertemukan oleh Tuhan dengan jodohku yg sebenarnya, jodoh terbaik pilihanNya dan tentunya terbaik untukku. :)

    ReplyDelete
  10. Nama: Alyani Shabrina
    Akun Twitter: @alyaniistt
    Domisili: Bali
    Link Share: https://twitter.com/alyanishab/status/760758255324758017
    Jawaban:
    Cara menyembuhkan patah hati versi aku itu, dengan benar-benar mengabaikan penyebab patah hati tersebut. semisal kita sedang patah hati dengan cowok, hanya dengan benar-benar mengabaikan apapun yang berkaitan dengan dia maka proses penyembuhan akan hati yang sakit akan lebih cepat tersembuhkan. semisal kita masih sekolah, caranya adalah dengan lebih fokus pada pelajaran yang kita dapatkan, punya planning meningkatkan nilai di sekolah. atau mengikuti komunitas atau extrakulikuler yang ada di sekolah. karena itulah cara yang aku lakukan saat sedang patah hati *loh curhat. cara menyembuhkan patah hati yang lain, adalah ketika saat itu bertepatan dengan kelulusan sekolah, kamu bisa pergi jauh-jauh dari kota mu ke tempat yang lebih baik, untuk melanjutkan sekolah, tentunya itu dengan pertimbangan yang benar-benar matang, bukan hanya karena ingin cepat-cepat melupakan. karena itu adalah tindakan yang sangat beresiko. dengan adanya network yang baru itu bisa melupakan patah hati yang menyakitkan. cara lainnya adalah kamu harus memperluas jaringan pertemanan km dengan lawan jenis, tapi bukan sebagai pelampiasan, melainkan untuk meyakinkan dirimu masih banyak cowok di luar sana yang lebih baik dari si penyebab sakit hati. perbanyak juga interaksi mu dengan sahabat-sahabat dan teman-teman baikmu. juga jangan ragu ceritakan kegundahanmu kepada orang-orang yang bisa kamu percayai, semisal ibu, ayah, atau saudara, ataupun teman-temanmu. mengeluarkan keluh kesah juga bisa menjadi cara menyembuhkan patah hati, apalagi jika mereka bisa mencarikan solusi dan memberikan tambahan semangat untukmu. Dan yang terpenting adalah dekatkan diri pada Sang Pencipta dan percayalah bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik untuk kita meskipun sebelumnya badai telah menerpa. *maaf pakai perumpamaan* hihi. itulah cara menyembuhkan hati versi aku :)

    ReplyDelete
  11. Nama: Andi Atmayanti
    Uname Twitter: Andieeeeer
    Domisili : Makassar
    Link Share: https://twitter.com/andieeeeer/status/760864773890187265

    Kalo patah hati sih alhamdulillah belum pernah, dan semoga g bakalan terjadi. Tapi biasanya kalo lagi sakit hati sayanya nangis sampe capek kalo perlu sampe g bisa nangis lagi dan mengeluarkan segala unek-unek yang ada di hati. Biasanya kalo abis nangis gitu bakalan capek terus ketiduran. Besoknya beban berasa berkurang. Atau saya curhat ke seseorang yang benar-benar saya yakin bisa mendengarkan cerita saya dengan baik. Curhat bisa membuat hati kita lebih lega. Karena gak menanggung beban itu sendiri. Bisa juga dengan menyibukkan diri dengan hal-hal yang saya suka. Membaca atau menulis misalnya. Setidaknya itu bisa membuat kita melupakan sakit itu secara perlahan. Saya termasuk orang yang yakin jika patah hati itu gak ada obatnya. Kita cuma bisa sedikit demi sedikit melupakan dan mengikhlaskan apa yang terjadi.

    Berharap banget bisa menang sebagai hadiah ultah wkwk

    ReplyDelete
  12. Nama: Ana Bahtera
    Akun: @anabahtera
    Domisili: Aceh
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/761039678539649029

    Sembuh dari patah hati??
    Gampang-gampang susah sih.
    Ajak teman terdekat untuk mendatangi semua tempat yang pernah dilalui bersama mantan, melakukan hal yang biasa dilakukan dengan dia, lakukan semuanya namun tak lebih dari 2 bulan, terus berusaha merangkum hal yang telah kita lalui bersama dia. karena sebenarnya kita bukan harus melupakan dia tapi berusaha menerima kenyataan kalau kita tak bisa lagi bersama 

    ReplyDelete
  13. Nama : Septi Retno Wulansari
    Akun : @septi_iku_saya
    Domisili: Solo, Jawa Tengah

    Link share:https://twitter.com/septi_iku_saya/status/761065894063726594

    Cara menyembuhkan patah hati ala septi dengan nangis sepuasnya karena terkadang air matalah yang akan bercerita saking nggak bisanya kita nahan semua sesak di dada. Setelah puas nangis rasa"sakit"nya bisa diluapkan lewat tulisan di diary , di blog atau mungkin dijadikan novel. Ketika patah hati melanda ya udah saatnya kita mengikhlaskannya , ikhlaskan pelan - pelan sambil berdoa agar diberikan yang terbaik untuk kita.
    Sepatah - patahnya hati kita seremuk - remuknya hati kita jangan sampai kita terpuruk oleh keadaan , kita harus punya semangat baru untuk menjalani hidup, masih ada Allah , keluarga , sahabat - sahabat terdekat.
    Traveling dan nonton film favorit juga bisa jadi cara paling ampuh buat ngebunuh rasa sakit setelah patah hati ,
    Ingat kata pepatah yang pergi itu cinta , yang datang itu jodoh #eh
    You maybe broken right now but it well get better
    You maybe broken right now but you're not weak.
    Patah hati dahulu bahagia kemudian :)

    ReplyDelete
  14. Nama: tika
    Domisisli: cibubur
    Twitter: @cho_ales
    Link share: https://twitter.com/cho_Alee/status/760701544916475904

    Cara menyembuhkan patah hati ala aku yaitu membayangkan dalam imajinasi aku kalo mantan aku itu jelek,banyak tompelnya,suaranya kaya donal bebek,pendek,item,dekil,pokoknya yang bikin aku ilfil seketika,itu biasanya sih ampuh buat aku,jadi udah gak mikirin mantan lagi dan siap move on.
    Ada lagi aku biasanya melakukan kegiatan yang aku sukai dan fokus pada kegiatan itu jadi gak ada tempat buat mikirin mantan,dan lambat laun bisa benar-benar melupakan.
    Dan yang terakhir sih ikhlas,karena jodoh sudah ada yang mengatur,entah suatu saat balikan lagi ya berarti itu sudah takdir dari tuhan.

    Itu aja sih yang biasanya ampuh bikin aku gak patah hati lagi.....


    Thank you GAnya,semoga beruntung.....

    ReplyDelete
  15. Nama: Rini
    Akun twitter: @RinitAvyy
    Domisili: Kediri
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/761442102089699328?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9286681433

    Cara nyembuhin Patah hati yang paling mudah adalah makan cokelat sebanyak mungkin. Katanya mbah 'Dokter Google' cokelat bisa menghilangkan stress dan banyak pikiran lho!! asalkan jangan takut gemuk karena kebanyakan makan cokelat oke? itu malah menambah beban pikiran aja namanya. Di sugestiin aja pas lagi mengunyah cokelatnya, sambil komat-kamit: 'makan cokelat gak bikin gemuk' terus-menerus minimal 10x atau 20x, yang penting sensasi cokelatnya yg manis-manis di lidah ampuh menghilangkan sakitnya patah hati.
    Cara yang lainnya, cepat2 cari pengganti yang baru alias move on. Hidup tidak sekedar melihat masa lalu kawan! karena di depan masih ada yang mau menunggu kok.

    Gimana mbak Titi tips dariku? semoga ada yang nyangkut di hati Mbak Titi, hehe

    ReplyDelete
  16. Nama : Della Salsabila
    Twitter : @dellasalsbl
    Domisili : bintaro, jakarta selatan
    Link
    https://mobile.twitter.com/dellasalsbl/status/761556960378359808

    Menurut saya caranya mengatasi patah hati adalah dengan mencoba menghapus kenangan yg telah di lewatkan walaupun sedikit2 nanti juga hilang kok tunggu waktunya aja. Nah selagi nunggu waktu, mending kakak sibukin diri dengan sesuatu/hobi kakak. Pokoknya asal jangan ada waktu luang untuk melamun, bisa gawat nanti kalo kenangan terpendamnya muncul lagi hehehe yah diusahakan hapus semua barang2 yg berkaitan dengan penyebab kakak patah hati. Sering hang out sama temen, itu bisa buat kakak lupa sama someone yg membuat kakaak sakit hati. Kuncinya adalah niat. Kalo kakak emng niatnya ngga mau move on ya susah atuhh kak.. Aku doain ya semoga kakak2 bisa sembuh dari patah hatinya๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    ReplyDelete
  17. Nama: Lu'lu'atul Khodijah
    Twitter: @lulukhodijah
    Domisili: Semarang, Jawa Tengah
    Link: https://twitter.com/lulukhodijah/status/761574251614707714

    Cara menyembuhkan patah hati? Simpel.
    1. Nangis sebanyak-banyaknya. Sepuas-puasnya. Cukup satu kali aja setelah patah hati.
    2. Terima kenyataan. Nggak usah denial. Nggak perlu berusaha sekuat tenaga melupakan, because time will heals eventually.
    3. Tenggelamkan diri dengan kesibukan. Ciptakan rutinitas baru.
    4. Challenge yourself. To be the better one. So that you will shine! :D

    ReplyDelete
  18. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali
    https://twitter.com/RiniCipta/status/761579991486242817

    Aku memilih menyembuhkan patah hati dengan cara 'kabur'. Bukan kabur yang identik dengan melarikan diri, berusaha menghindari kenyataan dan tidak tanggung jawab. Aku memilih kabur dengan meninggalkan tempat yang memiliki banyak kenangan buruk yang membuatku patah hati untuk sementara waktu. Ekstrem memang, tapi inilah jalan yang ku pilih. Untuk sembuh perlu tekad kuat dan juga pengorbanan. Aku pergi sementara, untuk mengerjakan hal-hal yang positif, yang nantinya akan berguna bagi masa depanku. Aku memilih mengejar impianku daripada terus menerus jatuh terpuruk. Setelah tidak berada di tempat itu, aku juga tidak akan terus menerus mengenang dia karena terdistraksi dengan kegiatan lain. Kemungkinan untuk bertemu dan membangkitkan memori yang telah lalu, juga sangat berkurang. Ini baik untuk kemajuan progressku untuk tidak patah hati lagi.
    Yaah, aku sadar memang tempat itu adalah rumah yang tak bisa ku tinggalkan selamanya. Tapi aku yakin suatu saat, aku akan kembali ke tempat itu untuk membuat kenangan yang indah agar kenangan buruk bersamanya bisa terlupakan. Aku akan bahagia seperti sedia kala dan jauh lebih kuat dari sebelumnya :)

    ReplyDelete
  19. Nama: yunika anwar
    Twitter : @yunikaanwar1
    Domisili : Tangerang
    Link share : https://mobile.twitter.com/yunikaanwar1/status/761735647078019072?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9356901661

    Cara menyembuhkan patah hati versi aku itu dgn cara mengikhlaskan dan berserah diri sama Allah dan juga harus berfikir positif, pilih cara itu karena jodoh itu kuasa nya Allah jadi mungkin apa yg menurut kita baik blm tentu menurut Allah juga baik jadi kita hanya bisa mengikhlaskan dan berserah diri dan berfikir positif suatu saat nanti Allah bakal memberikan jodoh yg terbaik bagi kita

    ReplyDelete
  20. Nama: Irmawati
    Twitter: @irmaa_waati
    Domisili: Bandar Lampung
    Link Share: https://mobile.twitter.com/irmaa_waati/status/761776174598991873?p=v

    Cara menyembuhkan patah hati menurutku dengan cara menerima. Menerima bahwa dia bukan jodoh kita. Karena semakin kita mengingat luka dan sakit yang kita rasakan, rasa perih yang menyanyat makin terasa, luka kita makin menganga. Tidak ada cara lain selain menerima takdir dan mengikhlaskan dia bersama orang lain. Toh, kita akan mendapatkan yang baru, jodoh kita yang sesungguhnya. Lambat laun yakinlah, hati ini makin rapi dan tertata. Bahkan jika kita sudah benar-benar menerima dan melapangkan dada, tak ada lagi ruang untuk luka di hati kita. Yang kita perlu adalah menerima dan percaya. Menerima takdir dan percaya akan ada seseorang yang akan hadir dan menutup luka dengan sempurna. Dengan cara yang indah dan tak terduga.

    ReplyDelete
  21. Nama : Prisma Winda
    Twitter : @prisma_30
    Link Share : https://twitter.com/Prisma_30/status/761819223303659521
    Domisii : Pesanggrahan,Jakarta Selatan

    Jawaban :
    Sebenernya kalau menurutku patah hati itu susah untuk disembuhkan sih.Tapi kalo ditanya gimana caranya aku lebih milih untuk ngelupain dia dan cari penggantinya,karena kalau menurutku itu cara yang paling efektif.Susah sih memang,tapi kalau emang kita niat dari dalam hati mau ngobatin patah hati kita pelan pelan pasti bisa kok.Kan banyak orang yang lebih baik dari dia disekitar kita.Trus buktiin ke diri kita dan ke dia kalau tanpa dia kita masih bisa bertahan untuk hidup kok.
    Trus jangan lupa untuk curhat ke temen.Tp curhatnya ke temen yang emg bener bener kalian percaya.Gak perlu ke semua temen kok,cukup satu temen aja yang bener bener kita percaya(soalnya kadang ada temen yang suka nusuk dari belakang *hahaha).Karena kalau mereka memang bener bener care sama kita mereka pasti bakal bantuin kita,misalnya ngasih kita saran atau ngajak kita liburan,atau ngasih tau kita cara ngelupain dia.Kalaupun mereka enggak ngelakuin itu,seenggaknya kita bisa ngerasa lega dan gak ada beban yang berat lagi.
    Menurut gw itu cara ngobatin patah hati,emg gak gampang sih,tp klo emg niat ngelupain dia pasti bisa kok...

    ReplyDelete
  22. Agatha Vonilia M.
    @Agatha_AVM
    Jember
    https://twitter.com/Agatha_AVM/status/762071967771926528

    Cara menyembuhkan patah hati? Cari cogan ... #eh Heheehe Tapi termasuk juga sih.
    Kalau buatku yang pernah merasakan patah hati ntu, nyembuhinnya cari cinta baru lagi. Aku pikir dia bukanlah jodoh yang ditakdirkan untukku. Aku udah berusaha untuk menjalin hubungan yang baik dan memberikan kasih sayang yang tulus tapi dia menyakitiku. Hidup itu harus bahagia daripada aku larut dalam kesedihan dan kenyataan pahit, lebih baik aku menerima seseorang yang tulus mencintaiku apa adanya. Memang susah sih. Tidak ada salahnya memberikan kesempatan kepada orang yang menyayangi kita apa adanya. Dicintai rasanya jauh lebih membahagiakan daripada harus mencintai seseorang yang tidak pernah menganggap ku. So, move on!

    ReplyDelete
  23. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/762142133608255490

    Setuju banget dengan kutipan kata-kata ini.

    Mengikhlaskannya adalah pilihan paling bijaksana yang dapat ku ambil. Bohong jika aku tidak sedih. Kehilangan itu bahkan terasa hingga ke sumsum tulang. Tapi kesedihan yang berkepanjangan tidak akan membuatnya kembali
    ***

    Sebenarnya untuk menyembuhkan penyakit patah hati itu butuh waktu yang cukup lumayan lama. kalau bagi diri aku pribadi sih. Rasa kalau sedang patah hati itu tuh seperti terasa sesuatu yg menusuk di urat .

    Kalau cara menyembuhkan langsung jadi membaik gitu, aku belum pernah berhasil.
    Jadinya aku Cuma melampiaskan sesuatu yang aku kerjakan dengan membayangkan si doi. Konyol memang.. tapi itulah fakta yg aku lakuin.

    Aku keseringan sih, ngemil. Mood aku untuk nge-mil bertambah drastiss deh pokoknya kalau lagi patah hati. Aku ngebayangin si doi ketika sedang makan apapun. Jadi serasa si doi merasakan kesakitan yang derita seperti apa yg udah si doi lakukan ke aku.

    Menyibukkan diri sendiri dengan berbagai kesibukan lainnya. Ini juga merupakan salah satu hal yg membuat aku utk mengalihkan rasa sakit patah hati. Karena kalau menyembuhkan pasti nggak akan hilang, dan pasti ada bekasnya.

    Membuka diri untuk pertemanan dengan teman-teman yang baru. Siapa tau bisa menghilangkan patah hati dengan si mantan. Dan untuk solusi yg satu ini aku pribadi pernah mengalaminya. Dan Alhamdulillah berhasil. Walaupun nggak 100%, setidaknya sakit patah hati yang awalnya kita rasain sangat berat, dengan adanya teman-teman baru bisa membuat kita melupakan kejadian2 yang pahit.

    Sekian.
    Salam pida alandrian

    ReplyDelete
  24. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/762258005874343936

    Pertama tentu saja ikhlas dengan semua yang terjadi. Ketika sudah ikhlas, rasa sakit itu perlahan tidak akan terasa lagi. Setelah itu mulai membuka diri. Mengisi hari dengan hal-hal positif seperti membaca buku dan menulis.

    Alasan kenapa memilih cara itu adalah karena segala sakit itu berasal dari hati jika hati sudah ikhlas, insya Allah dengan sendiri sakit itu ikut memudar sendirinya. Menjadikan sakit itu sebagai pembelajaran.

    Lalu kenapa memilih membaca dan menulis, karena dari membaca dan menulis merupakan salah satu terapi jiwa terbaik yang bisa mengalihkan rasa sedih dan stres. Ketika sudah membaca kita akan larut dalam cerita dan ketika menulis kita bisa membuang sisi-sisi negatif dalam diri. Seperti sedih dan kecamuk lainnya.

    Terakhir tentang membuka diri. Dengan membuka diri, kita akan menambah kancah pertemanan, sehingga tidak stok pada satu orang. Dan teman-teman baru bisa berbagi energi positif pada kita.

    ReplyDelete
  25. Nama : Lely Nurvita Sari
    Akun twitter : @LelyNurvita
    Domisili : Medan
    Link share : https://twitter.com/LelyNurvita/status/762304440493715456

    Jawaban :
    Pertanyaan ini cukup rumit bagiku, karena sejujurnya aku gak punya cara untuk menyembuhkan patah hati. Tapi yang pasti, aku akan menjauhi orang dan segala hal yang mengingatkan aku dengan orang yang telah membuatku patah hati. Mungkin ini terkesan aku tak ingin berhubungan dengan orang itu lagi, tapi bukan itu tujuannya. Menurutku, menyembuhkan hati yang telah disakiti itu gak semudah membalikkan telapak tangan, butuh waktu dan proses. Karena hati itu seperti kertas, apabila diremukkan mungkin gak koyak tapi tentunya tak bisa kembali utuh seperti sedia kala.

    Butuh waktu untuk memulihkannya, butuh waktu untuk melupakan rasa sakit yang telah ditorehkan di hati, butuh waktu untuk memaklumi perbuatannya, butuh waktu untuk kembali memikirkan bahwa ada suatu alasan positif dibalik semua, butuh waktu untuk membiasa diri jika bertemu dengan orang yang telah melukai hati. Dan apalagi hati telah berkata sanggup mengikhlaskan semuanya, maka disaat itulah hati mulai belajar. Belajar untuk tak memasuki lubang yang sama.

    ReplyDelete
  26. Nama : Siti Maisyaroh
    Akun Twitter : @siti_maisyaroh
    Domisili : Bandung
    Link Share : https://twitter.com/Siti_Maisyaroh/status/762286992990179328

    Kasih tau aku dan mbak Titi cara menyembuhkan patah hati. Apa alasan kalian memilih cara tersebut.

    Kalau aku akan milih untuk move off dulu. Off dari rasa sakit, off dari penyesalan.

    Yang pertama aku lakuin yang pasti bersedih dulu, puas-puasin sama rasa sakitnya. Dengerin lagu-lagu patah hati, nangis semaleman sampai lupa rasanya sakit, inget kenangan sama dia (bisa buka chat, lihat barang pemberian dia, nulis cerita tentang dia atau ngebayangin semua kenangan yang pernah aku alamin sama dia). Mungkin kedengerannya aneh.... tapi saat patah hati, otak kadang gak bisa mikir. Jadi aku perlu nenangin diri, perlu merasa lega. biar bisa ngelangkah tanpa dia.. Biar dalam proses selanjutnya aku gak liat ke belakang. Sama kayak kutipan dalam bukunya "Orang harus berteriak saat harus berteriak, menangis saat ingin menangis. Bukan karena lemah tapi untuk merasa lega. Jangan bersembunyi di balik ketegaran padahal hatimu memborok di dalam"

    Coba buat menyibukkan diri. Nerusin semua hal yang sempat tertunda karena dia atau mencoba hal-hal baru yang dulu gak pernah kepikiran waktu sama dia. Aku biasanya pergi ke toko buku atau perpustakaan, cari buku baru, nulis blog atau kumpul bareng temen, nonton, jalan-jalan dan ikutan acara sosial. Alasannya, biar gak ada waktu buat inget tentang dia. Membiasakan diri buat kenangan baru tanpa dia dan ngehapus semua kenangan aku tentang dia.

    Lihat cermin dan bilang "AKU PANTAS BAHAGIA DAN KEBAHAGIAAN AKU UNTUK SAAT INI BUKAN DIA". Aku juga pakai waktu ini buat lebih dekat sama sang pencipta, perbanyak istighfar, sholat, baca qur'an dan berdoa. Gak lupa buat introspeksi tentang hal yang jelek dari diri aku. Kenapa aku ngelakuin ini, karena hidup aku tetap berjalan tanpa dia. Jadi, aku perlu ikhlas, perlu untuk nyerahin semua masalah sama Allah dan bersyukur karena Allah masih sayang sama aku.

    Yang terakhir, bebenah diri, jadi pribadi yang lebih baik, lebih cantik jiwa dan raga... dan buka hati untuk cinta yang baru. Karena pada saat ini aku udah siap untuk mengganti hati yang terluka. Kalaupun aku mendapat cinta yang baru, di saat ini aku yakin.. cinta itu bukan untuk pelampiasan ataupun ajang pamer.

    ReplyDelete
  27. Widiyar Mayani
    @WidiyarMayani
    Bogor
    https://twitter.com/WidiyarMayani/status/761823941488840704

    Bagaimana caranya menyembuhkan patah hati??

    Menurut saya, dalam hidup ini kita pasti pernah merasakan yang namanya patah hati. Entah dalam level yang unyu, atau sampai level berat kaya ditinggal orang -kekasih- yang saya sayang. #Uhuuy

    Oh pleaseee,, kalau patah hati yang dimaksud ditinggal orang yang disayang, malahan saya ga bisa -mau- mikir bagaimana caranya menyembuhkan sakit tersebut. Masih mau makan sambil susah nelen aja masih syukur, ketimbang saya bakal kurus gegara kaga makan. ^^v

    Berdasar pengalaman waktu itu, begini ceritanya :
    Karena pas patah hati itu ngeblank, jadi hal pertama yang saya lakukan saat patah hati adalah nangis. Dari mulai air mata yang ga kerasa turun tiba-tiba, sampe lama-lama idung yang mampet banget. Masih tanya bentuk mata? Uhhh,, udah kaya apaan tau lah. Nangis emang gak berfungsi sebagai perekat yang menyatukan kembali apa yang telah retak, apa yang telah patah. Tapi buat saya nangis itu salah satu bentuk emosi, pertahanan diri. Kalau sakit kemudian nangis, itu wajar.

    Setelah ngerasa cukup waktu buat nangis, saya keluar kamar ambil sapu injuk terus nyapu. Saya butuh pengalihan dari rasa sakit. Hal kecil seperti beres-beres rumah menjadi pilihan karena saya belum mood buat mengerjakan hal lainnya. Jadi maksudnya, kita perlu mengalihkan rasa sakit. Terserah deh mau ngapain aja. Intinya ada sesuatu yang kita kerjakan selain cuma meratap seharian di kamar, nangis sesenggukan sambil nutupin muka pake bantal.

    Setelah merasa lebih tenang, saya merasa butuh teman buat mendengarkan cerita saya. Agak egois karena saat itu saya gak butuh nasihat semacam "udah ikhlasin aja", atau "udah, mungkin ada yang lebih baik" dan semacamnya, saya cuma ingin didengarkan. Sepanjang cerita, ibu saya memang cuma mendengarkan, dan pada akhirnya cuma bilang "ya udah gak apa-apa". Dan saya merasa setidaknya sakit saya berkurang, jadi lebih lega karena tahu ada yang lebih sayang dan peduli sama saya.

    Pengen banget menyingkirkan benda yang mengingatkan sama dia, ceritanya sih biar cepet move on. Tapi karena kenangan itu adanya di hati dan di otak, biar bendanya dibuang kalau tetep diinget-inget sih sama aja. Alhasil karena dibuang sayang, mendingan saya kasih orang lain, dan ada yang saya simpan sebagai kenang-kenangan. Lagi gak banyak ini kok. Hehe.

    Setelah keempat hal di atas saya lakukan, saya berusaha tuk tetap waras. Yes, beneran. Karena dampak patah hati pada setiap orang kan pasti beda-beda ya. Apalagi kalau patah hati nya buat pertama kali, rasanya gimanaaa gitu. Seiring berjalannya waktu, dengan sisa sakit yang kadang masih nyelekit, saya cuma bisa menyerahkan semuanya pada Allah. Yes, sisanya adalah penyerahan diri. Saya sadar mungkin ini lah jawaban dari doa saya "Jika memang dia yang terbaik, maka dekatkanlah mudahkan jalannya. Jika dia bukan yang terbaik, jauhkanlah mudahkan mengikhlaskannya". Bukan salah takdir dong kalau akhirnya doa saya dijawabnya gak happy ending?.

    Gak bener-bener ampuh, kaya sulap yang sekali bimsalabim langsung kejadian. Membiarkan, membaurkan hati dengan luka biar ngerasain sensasi sakitnya, mengidentifikasi apa obat yang dibutuhkan buat sembuh, biar gak membusuk melebur di dalamnya.

    Karena kadang ada luka yang cuma bisa disembuhkan dengan waktu. Jadi saya coba menikmati waktu tersebut. Beraktifitas lagi, melakukan rutinitas kerja, jalan-jalan sambil belanja kalau ada duit, nonton film, merajut dan klimaksnya mencari juga siap dengan orang baru lagi. Haha.. move forward bro siiiss..

    Cuma itu kali ya cara saya memulihkan diri dari patah hati. Semoga dengan patah bisa menumbuhkan tunas baru yang jauh lebih kokoh. Semoga dengan patah, kita jadi berpengalaman membebat dan menyembuhkan luka. Tuhan menyiapkan pengganti lain yang memang terbaik buat kita. Yang paling baik belum tentu jadi yang terbaik, tapi yang terbaik pasti lah baik. #oposiih. ^^v Peluk hangat tuk setiap hati yang masih merasa patah, terasa sakitnya. Semoga segera pulih.

    ReplyDelete
  28. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lynlainy17
    Domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    Link share: https://mobile.twitter.com/Lynlainy17/status/762320888595296256

    Cara menyembuhkan patah hati menurutku dengan cara melupakan dan buat hati kita menerima semuanya dengan ikhlas. Sulit memang, namun dengan mengikhlaskan semuanya hati kita akan menjadi lebih tenang. Melakukan hal-hal baru yang bisa membuat kita melupakan masalah tersebut, bisa dgn jalan2, liburan, atau baca buku. Pokoknya melakukan apa yang kita suka juga ampuh kok untuk menyembuhkan patah hati. Intinya sih lupakan dan ikhlaskan serta berusahalah menerima semua yang terjadi dengan hati yang ikhlas karena pasti ada hikmah dibalik semua ini.

    ReplyDelete
  29. bagus resensinya. terima kasih

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...