Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

30 August 2016

Il Tiramisu - Dy Lunaly | Book Review

30293628 Judul Buku : Il Tiramisu
Penulis : Dy Lunaly
Penerbit : Bentang Pustaka
ISBN : 9786022911746

And the blurb..

Gytha terpaksa menerima tawaran kerja sebagai host chef di salah satu acara televisi. Ia memenuhi utang budi kepada teman lama meski sebenarnya tidak yakin bisa melakukannya. Ditambah lagi Gytha tidak sendiri. Executive Chef di Olive Garden itu akan menjadi host bersama Wisnu, seorang penyanyi yang sedang naik daun.

Meski rupawan dan mutlak digandrungi para wanita, pria itu memberi kesan pertama yang buruk kepada Gytha. Wisnu Kanigara, tidak lebih dari seorang selebritas yang angkuh dan menyebalkan. Lebih menyebalkan lagi karena mereka harus sering bersama dan terlihat akrab.

Sejak itu, kehidupan Gytha tidak lagi tenang. Ia menjadi incaran media gosip Tanah Air yang haus berita akan kedekatannya dengan Wisnu. Media terus berusaha mengorek apa pun tentangnya. sampai-sampai hal yang paling dirahasiakan Gytha, tentang masa lalu kelamnya, berhasil diungkap media. Gytha sungguh menyesali keputusannya mengambil pekerjaan ini. Ia menyesal mengenal Wisnu. Ia juga menyesal telah terjebak dalam rasa yang tak seharusnya ia simpan untuk pria itu.


Here we go..


Dia lupa bahwa tidak pernah ada yang benar-benar sederhana di dunia ini. Sesuatu yang terlihat sederhana pada awal pasti menyimpan kerumitan setelahnya



Il Tiramisu bercerita tentang kehidupan seorang Gytha. Karena hutang budi kepada teman sekolahnya dulu, Gytha pun terpaksa menerima tawaran untuk menjadi seorang host di satu acara televisi, yaitu acara masak yang bertajuk "Everybody Can Be a Chef". Gytha tahu pasti jika dirinya tak akan sendirian memandu acara tersebut. Akan ada seseorang yang membantunya menjadi co host, dan ternyata seseorang ini adalah seorang selebritas yang tak bisa memasak sama sekali *nangis*. Karena memang acara tersebut  mempunyai konsep jika semua orang bisa memasak makanan seenak chef. Dan ternyata selebritas yang dipilih adalah Wisnu Kanigara, seorang penyanyi yang sedang naik daun.

Sebenarnya Gytha menginginkan memiliki partner yang menyenangkan atau setidaknya mereka bisa saling mengenal satu sama lain. Namun, yang terjadi adalah sebaliknya. Gytha memang belum mengenal siapa Wisnu sebenarnya. Bisa dibilang kehidupan Wisnu sangat amat misterius. Terlebih lagi Wisnu sangat dingin, pendiam dan menyebalkan. Sehingga Gytha terlalu sulit untuk bisa mengenal pribadi Wisnu.

Tidak pernah ada yang benar-benar sederhana di dunia ini. Sesuatu yang terlihat sederhana pada awal pasti menyimpan kerumitan setelahnya

Perjuangan Gytha belum selesai. Saat mereka memulai syuting pertama mereka, Wisnu benar-benar meremehkan serta meragukan kemampuan Gytha. Bahkan Wisnu mempertanyakan tentang profesi Gytha sebagai chef. Gytha marah, sebal. Dan dia melampiaskan kemarahannya di Olive Garden, tempatnya bekerja sebagai executive chef. Berkat Arianne dan David, mereka menyadarkan Gytha agar tak menyerah, sebaliknya, Gytha harus menunjukkan kemampuannya kepada Wisnu jika apa yang dikatakannya selama ini tak benar.

Seringnya pertemuan mereka mensinyalir adanya cinta lokasi diantara mereka berdua. Terlebih lagi, Chandra, manajer Wisnu sudah menasihati Wisnu agar jangan sampai tersandung masalah lagi. Otomatis, karena acara tersebut, mau tak mau Wisnu pun menjadi sorotan para wartawan. Dan Gytha pun perlahan mulai diincar oleh ara wartawan, hingga kehidupan pribadi Gyhtha pun coba mereka usik. Lalu adakah rahasia yang selama ini Gytha dan Wisnu sembunyikan? Temukan jawabannya di Il Tiramisu.

Kenangan adalah campuran dari berkah dan kutukan, tidak ada yang tahu apa yang kamu dapatkan ketika mengingatnya

Pertama kali membaca novel karya Dy Lunaly. Dan tersihirakan tulisannya. Apalagi saat menceritakan mengenai tokoh-tokohnya yang diceritakan dan dijelaskan secara detail. Bikin aku jadi gampang untuk memvisualisasikan tokoh-tokoh tersebut. Tak hanya tokoh-tokohnya yang diceritakan secara detail, namun juga tentang penggambaran suasana yang memang membutuhkan penjelasan yang cukup panjang.

Diceritakan dari sudut pandang ketiga dan itu mampu membuat aku terhanyut ke dalam ceritanya. Terlebih saat Dy Lunaly menceritakan tentang tokoh utamanya yang memiliki rahasia. Bagaimana saat seseorang menjelaskan mengenai rahasia tersebut tanpa lebih menitik beratkan pada salah satu tokoh. Bikin makin jleb banget deh.

Sebagian besar dolce atau dessert itu manis, kan? Beda dengan tiramisu. Tiramisu itu manis, tapi juga ada rasa pahitnya. sama kayak hidup, kan?

Penggambaran karakter tokoh-tokohnya pun oke banget. Wisnu yang digambarkan sebagai sosok dingin, angkuh, menyebalkan dan kemudian karakternya berkembang menjadi lebih baik lagi. Sedangkan sosok Gytha digambarkan sebagai sosok yang pantang menyerah, kuat, mandiri, pengertian. Jangan lupakan sosok Arianne dan David, mereka digambarkan sebagai sosok penyemangat sekaligus pengingat untuk Gytha saat Gytha tiba-tiba sudah keluar jalur dan mereka selalu mendukung apa yang selama ini diimpikan oleh Gytha. Kemudian Ernest, teman Gytha yang berada di Italia. Tipe seorang teman yang selalu mendengarkan curhatan teman. Kemudian Chandra, manajer Wisnu. Orangnya sangat disiplin jika itu menyangkut jadwal kerja Wisnu dan dia juga sangat sabar dalam menghadapi Wisnu.

http://portal.andina.com.pe/EDPfotografia/Thumbnail/2015/11/24/000326606W.jpg
Wisnu (diambil dari sini)

http://cdn.klimg.com/resized/476x/p/pevita-bbuu.jpg
Gytha (diambil dari sini)
Jadi, karakter yang aku suka di novel ini adalah Gytha. Walaupun dia kuat dan mandiri, namun dia sebenarnya rapuh di dalam. Tapi dia berusaha tak menunjukkan kerapuhannya kepada orang lain. Dia berusaha bersikap jika dia kuat, dia sanggup berdiri sendiri. Dan dia berhasil membuktikannya kepada orang lain.

Masa lalu memang tidak bisa mendefinisikan siapa kamu. Tapi, masa lalu itu nggak pernah bisa dibuang

Hanya saja, sedikit disayangkan mengenai terlalu terburu-burunya Wisnu jatuh cinta pada Gytha setelah sebelumnya mereka saling membenci satu sama lain. But, overall, novel ini amat sangat recomended buat kalian yang sedang mencari kisah cinta yang berhubungan dengan dunia kuliner. Buat yang doyan makan, novel ini asyik banget lho. Terlebih lagi banyak pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Seperti mimpi itu bisa diwujudkan dengan berbagai cara yang baik. Kemudian tentang persahabatan, ketulusan mencintai seseorang dengan menerima masa lalunya. Apalagi novel ini juga menyajikan mengenai berbagai tips di dunia kuliner. Secara aku sukanya bereksperimen memasak, jadinya novel ini amat sangat berguna sekali untukku.

So, what are you waiting for? Yakin nggak ingin membaca Il Tiramisu? Jangan lupa siapkan camilan saat kamu membaca Il Tiramisu yaa..

Nggak peduli sekuat apa pun berusaha, kita nggak mungkin kabur dari diri kita sendiri
 

 

3 comments:

  1. akkk lagi baca yg strawberry cheesecake nih hihihi yummylit juga

    ReplyDelete
  2. thankyou reviewnya yah :), selamat bereksperimen di dapur mba hihihi

    ReplyDelete
  3. Aku baru baca sepertiganya.
    Mendadak jatuh cinta sama Wisnu :')

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...