Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

6 August 2016

Nge-Galauin Cogan bareng Nima





Holaaa... 

Setelah kemarin kita Menikmati Secangkir Kopi sambil Ngewager bareng Aqessa Aninda, and now it's time for Nge-Galauin Cogan bareng Nima.
  
Udah kenal belum nih sama mbak Nima? Udah tau kan buku karya mbak Nima? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama mbak Nima. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Nima.. 


Hallo, mbak Nima, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?

Hai Asri, alhamdulillah kabarnya baik :D
Sekarang lagi sibuk sesuatu yang belum boleh dibocorkan
*sok-sok misterius padahal sibuk namatin novel yang masih numpuk di lemari.

Ehm, mbak Nima, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbakNima, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak? Ceritain dong, mbak, awal mula naskahnya diterbitin sama penerbit mayor di Indonesia, mbak? *semoga nantinya di dunia juga ya, mbak* Penasaran banget hehe..

Boleh ... boleh, satu pertanyaan goceng, ya?
*kebiasaan emak-emak banget semua diitung duit, wkwkwkk.

Sebenernya dari awal nggak pernah kepikiran mau nulis. Lebih seneng baca. Dulu dari buku pelajaran sampai koran bungkus cabe mesti dilahap saking kurangnya bacaan.

Nah, makin nambah usia, selera baca makin ketauan kemana. Ternyata aku demen banget baca fiksi roman, novel-novel gitulah, yang ringan-ringan aja dan nggak bikin stres.

Awal tahun 2013 nemu situs wattpad dimana banyak banget novel lokal di sana. Sudahlah, kayak nemu surga.

Tiap hari baca terus, sampai semua cerita yang kuikuti habis. Dari situ lah aku berusaha nulis juga karena nunggu update penulis bosen juga lama-lama.
Cerita pertama judulnya 'cinta masa lalu' ditulis Mei 2013. Dipertengahan novel itu berjalan di Wattpad, ada editor dari salah satu penerbit menghubungi dan meminta naskahnya.

Itulah awal gimana naskahku bisa terbit.

 Bisa diceritain nggak, mbak, kenapa mbak Nima, memilih genre romance dalam setiap karya mbak? Tertarik untuk mengambil genre lain, mbak, mungkin?

Karena pada dasarnya manusia butuh cinta *tsaahhh.
Karena apa ya, mungkin karena aku nggak suka mikir yang berat-berat jadinya lebih memilih romance sebagai genre utama.

Sementara ini genre lain belum ingin nyoba. Tetap ingin di romance walau mungkin nanti ditambahin nuansa lain. Tahun lalu aku nyoba romance-religi. Alhamdulillah bisa diterima pembaca.

Pengen nyoba Historical romance sih, cuma belum tau kapan, risetnya susah, hehehhee

Adakah cerita di balik penulisan semua karya mbak Nima tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mbak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, mbak?

Tantangannya apa ya, mungkin karena aku selalu mengambil sudut pandang orang pertama dalam bercerita, jadi harus bisa merasa apa yang si tokoh rasa dalam kisah itu.

Nah bagian ini yang susah.

Apalagi kalau pov cowok. Haduh, susyah. Sering mentok di bagian ini.
Terus apa lagi ya, pemilihan kata. Sepertinya aku harus lebih giat baca lagi untuk menambah wawasan dan memperkaya perbendaharaan kata. Soalnya kalau baca ulang naskah sendiri, baru dah ketahuan, suka ngulang-ngulang kata.

Mbak Nima, apakah setiap kali mbak Nima menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berapa lama, mbak?

Riset tentu ada. Tapi nggak laju yang detail banget sampai harus terjun langsung ke sumbernya karena memang terkendala satu dan lain hal.

Jadi senjata utama sudah pasti Mbah Google, dan nanya-nanya orang-orang yang dekat dengan hal yang ingin aku tahu.

Berapa lamanya nggak dipatok juga. Seselesainya aja. Sepahamnya aku dengan apa yang mau ditulis.

Ada rencana nggak, mbak Nima, setelah Cinta Masa Lalu dan Akulah Arjuna yang dicetak ulang, akan ada karya terbaru mbak Nima yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan mbak Nima?

Rencana lain belum ada. Mengalir ajalah. Nggak suka ngoyo, hehehe
Karena apa ya, nulis awalnya memang cuma iseng, ilmu belum cukup, jadi harus upgrade diri lebih banyak baru berani nargetin ini-itu. So, sementara ini, banyak baca aja dulu.

Yah, kecuali tetiba ada penerbit yang nanyain naskah yang udah hampir jadi, ya terima aja kalau sempet ngedit

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya mbak Nima,
 bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya-karya mbak secara singkat?

Hai sahabat-sahabat Asri dimanapun berada, yang suka baca novel roman, mungkin mau coba intip-intip karyaku.

Ada Cinta Masa Lalu dan Akulah Arjuna yang merupakan novel serial, ada juga Jodoh Untuk Naina yang sedikit berbau religi.

Bisa cari di toko buku ya :D

 Menurut mbak Nima sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mbak, dalam karir kepenulisan mbak Nima saat ini?

Penting banget.

Bloger banyak membantu promosi semua novelku.
Baik itu yang menjadi host promo ataupun yang mereview secara mandiri.
Dari review mereka, aku banyak belajar kekurangan dan kelemahan yang sebelumnya nggak nyadar sama sekali.


Yang terakhir ya, mbak Nima. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel mbak Nima? Dan juga untuk para blogger buku, mbak?

Untuk semua yang sudah baca karyaku dan suka, makasih ya, makasih banget. Apresiasi teman-teman sangat berarti buatku.

Makasih udah suka, makasih udah baca, makasih udah beli, makasih udah sering nanyain "kapan ada novel baru lagi?" :p

Apalah aku tanpa teman-teman semuaaa :D

Buat para bloger buku, terimakasih sudah memajukan dunia literasi dengan banyak share dan mereview buku.

Terimakasih sudah mengangkat novel lokal hingga terdengar gaungnya dimana-mana hingga menarik minat baca banyak orang.

Semangat buat semua bloger buku!
***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Nima? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang mbak Nima cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  

Makasih banyak, mbak Nima, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

Untuk karya dari Nima yang sudah terbit adalah :

20640775  25424393  23007439       23645348



Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Nima. Sudah punya karya Nima di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Nima tersebut. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Nima :


Mulai menulis di situs Wattpad sejak 2013 dan menghasilkan novel pertama, ‘Cinta Masa Lalu’ yang terbit melalui PT Elex Media Komputindo, Januari 2014. Disusul sekuelnya ‘Akulah Arjuna’ medio 2014.

Menjadi kontributor dalam ‘Phobia’ sebuah kumpulan cerpen romance sebelum menulis novel ketiga bertajuk ‘Jodoh Untuk Naina’ yang terbit April 2015.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Goodreads

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...