Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

10 September 2016

Bismillah Cinta - Merry Maeta Sari | Book Review



31248045Judul : Bismillah Cinta
Penulis : Merry Maeta Sari
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9786020328157

And the blurb..


“Cinta itu fitrah, tapi dengan tipu daya setan, ia bisa jadi musibah.”

Jengah dengan pertanyaan, “Kapan nikah?”, Zee membulatkan tekad ikut taaruf dengan bantuan guru mengajinya. Tujuannya jelas: ingin menemukan calon suami dan membawanya bertemu orangtua di kota kelahiran. Seolah urusan
ini belum cukup membuat pusing, Zee harus menerima kenyataan bahwa Satya, pemuda yang mengingatkannya pada kejadian memalukan bertahun silam, adalah penghuni baru sebelah kamar kosnya. Secerdik apa pun Zee menghindar,
pertemuan dengan Satya tak terelakkan. Keduanya seolah terikat tali takdir tak kasatmata.

Situasi bertambah runyam saat biodata taaruf Zee tertukar, jatuh ke tangan Satya. Pemuda yang ternyata juga tengah menjalani proses taaruf itu malah mengajukan tawaran mengejutkan pada Zee. Rencana “mencapai kebahagiaan bersama” itu tampak sempurna, tapi cinta dan kepercayaan yang belum mekar sepenuhnya membuat keduanya terpuruk saat cobaan besar melanda. Lantas, jalan mana yang mereka pilih? Mencoba saling melupakan dan memulai hidup baru dengan pasangan baru, atau menggenggam harapan meresmikan cinta satu?




Here we go..

Kalau lo ngerasa hidup lo flat dan gini-gini aja, berarti bukan nikah yang lo butuhin

Bismillah Cinta ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Zee yang sedang galau-galaunya ingin segera menikah. Selain karena keinginan diri sendiri, terlebih juga karena keinginan kedua orang tuanya. Zee sebenarnya masih ingin melanjutkan pendidikan doktoralnya, namun terkendala izin dari kedua orang tuanya.

Pertemuannya dengan Satya, sang mantan kakak kelasnya di SMA Semarang, membuka ingatan lamanya. Ingatan akan kejadian bertahun-tahun silam karena satu kejadian yang akhirnya membuat Zee memblacklist Satya dalam hidupnya. Pertemuan mereka pun terjadi di salah satu kos tempat Zee tinggal disana.

Toh, jodoh tak lantas dekat datang hanya karena masalah senioritas dalam urusan usia maupun kedewasaan

Kan, memang niat menikah untuk DIA. Jadi... nggak harus dengan ‘dia’ dong, yang penting karena DIA dan untuk DIA

Bagaimana tidak, Zee benar-benar kaget saat mengetahui teman barunya di kos dan tidur di kamar sebelah kamarnya adalah Satya. Panik dan menghindar itu adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Zee dari Satya. Hingga pertemuan sebenarnya pun terjadi. Keduanya pun menjadi dekat, dan Zee mengira jika Satya tak mengingat masa lalu dulu.

Kedekatan keduanya pun akhirnya membuahkan sebuah hubungan yang benar dan direstui oleh kedua belah pihak keluarga. Namun, kedatangan Mayang, sang masa lalu Satya, hampir saja membuat hubungan Zee dan Satya hancur berantakan.

Lalu siapakah yang akan dipilih Satya? Zee atau Mayang? Atau bagaimanakah akhir hubungan keduanya?

Jodoh nggak akan datang terlambat

Allah itu scheduler paling top

Membaca cerita ini benar-benar membuat aku langsung buru-buru pingin segera menyempurnakan ibadah dengan menikah. Perasaan kebanyakan akhir-akhir ini buku yang dibaca semuanya mengarah ke pernikahan yaa. Apakah ini tanda-tandanya? Oke, skip curhatannya.. He.. he.. he..

Novel ini berisikan tentang cerita islami namun jangan salah, cerita tersebut tidak menggurui. Bahkan malah menambah ilmu lho mengenai taaruf, adab pergaulan antara laki-laki dan perempuan, kehidupan berumah tangga, dan lain-lain.


Satu hal yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri

Cinta itu fitrah, tapi dengan tipu daya setan, ia bisa menjadi musibah

Zee digambarkan sebagai wanita yang sebenarnya rapuh di dalam namun memiliki ketegasan terhadap laki-laki. Belum lagi kepandaiannya yang patut diacungi  jempol. Terlebih Zee juga sosok perempuan yang mandiri dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Satya digambarkan sebagai seorang lelaki yang awalnya susah memiliki ketegasan, cenderung plin plan. Hatinya tak kuat. Tapi, seiring berjalannya waktu, Satya pun semakin tegas dan semakin tahu apa yang harus dipilihnya dalam hidup. Satya juga dikenal sebagai orang yang tak pantang menyerah. Gagal sekali namun mampu bangkit kembali.

Jika kamu sudah tergelak akan tipu daya cinta, sedang kamu tahu itu akan berujung dosa, ingatlah Sat, bukan cinta jika ia membuat perasaan tersiksa

Istikharahlah, Zee. Saya akan senang sekali bila ternyata kalian memang berjodoh. Tapi yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah, kan? Shalatlah. Mintalah petunjuk padaNya dengan ilmuNya yang tak terjangkau manusia

Menggunakan sudut pandang orang ketiga, membuat cerita ini semakin berwarna dengan tingkah laku Zee dan Satya. Terlebih dengan kehadiran Mayang yang membuat konflik makin tajam. Ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti menambah nilai untuk novel ini. Simpel, ringan dan tak menggurui. Suka banget baca buku novel islami tapi tak menggurui sama sekali bahasa yang digunakan.

Jangan lupakan dengan tokoh pendamping seperti Laura yang memiliki caranya sendiri dalam membantu menyelesaikan masalah Zee. Kemudian Prabu yang ahli memasak namun masih takut berkomitmen. Kocak banget deh cerita Bismillah Cinta. Sukses bikin aku ngakak di plataran bioskop.

Overall, novel ini recomended banget buat kamu yang lagi nyari bacaan islami yang ringan. Sukses untukmu kak Meta, selalu menunggu karya-karyamu selanjutnya, kemudian ngintip rak, belum punya beberapa karyamu, kak.

Seolah pengenalan yang lama dan dalam bisa menentukan sebuah pernikahan

Nggak penting sama siapa kita kita di masa lalu, yang penting masa depan itu milik kita berdua


2 comments:

  1. Aaaahhh,, mba Asri. Baper banget nih. Jadi pengen ditaarufin juga. Hihihi. #kodekeras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa.. yang dikodein mbak Widiyar silahkan merapat hehe :)

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...