Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

26 September 2016

Frankfurt - Ninna Rosmina | Blog Tour, Giveaway



31839700Judul Buku : Frankfurt
Penulis : Ninna Rosmina
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9786023756544

And the blurb..

Radiant David pernah kehilangan orang-orang yang paling dicintainya. Kedukaan menyelimuti hidupnya, sampai ketika dia bertemu dengan Calibri Serena. Tanpa mereka sadari, takdir pernah mempertemukan mereka sebelumnya, di pinggir Sungai Main, Frankfurt. Takdir pula yang membawa mereka melalui jalan berliku untuk akhirnya bertemu kembali.

Namun hidup tidak berjalan mudah seperti dalam cerita-cerita dongeng. Radiant harus berjuang menyusul Calibri ke Frankfurt, ketika wanita itu tanpa pemberitahuan sebelumnya, pergi begitu saja meninggalkan dirinya. Sedangkan Calibri, ada kengerian yang selalu membayangi hidupnya. Membuatnya ragu-ragu untuk mengungkapkan perasaannya sendiri. Calibri hanya menginginkan hidup yang tenang, meski itu berarti dia tidak akan bisa bersama orang yang dia cintai.
Sedangkan Radiant, setelah pernah kehilangan, dia hanya ingin mempertahankan dan memperjuangkan apa yang mungkin akan dia miliki, selama sisa hidupnya nanti.
  
Here we go..


Aku melihat seseorang, dan aku melihat kisah orang tersebut. Kalau menarik, aku tulis, kalau tidak... ya tidak kutulis

Frankfurt bercerita mengenai kehidupan seorang gadis bernama Calibri Serena. Calibri Serena adalah seorang penulis novel yang cukup terkenal. Tapi, tak banyak orang mengetahui jika Calibri memiliki bakat yang cukup menakutkan bagi orang-orang yang tak mempercayainya. Bahkan mungkin jika mengetahuinya akan mengatakan jika hal tersebut bohong.

Bakat Calibri sudah diketahuinya semenjak dia berusia empat atau lima tahun. Di saat orang-orang di sekitarnya mengatakan dia pembohong, justru kedua orang tuanya mempercayainya. Terlebih Mamanya. Mamanya berhasil menghipnotisnya untuk selalu memandang wajah Mamanya jika berada di tempat yang ramai. Namun, tatkala sang Mama meninggalkannya, Calibri tak tahu harus menatap siapa. Oleh karena itu, dia tumbuh menjadi pribadi yang tertutup dan terkesan sombong dikarenakan kebiasaannya yang selalu melihat ke bawah. Atau saat dia berada di tempat yang ramai dia menggunakan kacamata. Padahal bukan itu alasannya, dia memiliki alasan tertentu.

Kamu kan tahu aku nggak bisa berada di muka umum dengan perasaan nyaman dan santai. Aku selalu merasa gelisah kalau ada orang yang nggak aku kenal menatap diriku

Bertemu dengan seorang pria sepertinya tak masuk dalam rencana hidup Calibri. Terlebih lelaki itu bertemu dengannya hanya karena masalah novel terbarunya. Dimana novel terbarunya menggunakan nama almarhumah istrinya dan namanya sendiri, Radiant David. Tertulis dengan jelas bagaimana peristiwa yang menimpa almarhumah istrinya dan anaknya tertulis dengan cukup detail di novel terbarunya. Hal ini mengundang rasa penasaran Radiant. Tanpa disadarinya, itu adalah awal petualangan hidupnya yang baru bersama Calibri.

Calibri pergi tatkala dia mengetahui sesuatu mengenai novel yang sedang ditulisnya. Kilasan bayangan masa lalunya kembali datang. Terlebih kilasan bayangan masa depannya. Hingga dia memutuskan untuk mengikuti Emil kembali ke Frankfurt. Radiant merasa kehilangan dan memiliki banyak pertanyaan untuk Calibri. Dengan modal nekat dan banyak hal yang sudah dia siapkan, dia akhirnya pergi menyusul Calibri ke Frankfurt, tentu saja setelah dia mendapatkan alamat Calibri dari editornya, mbak Novi. Lalu bagaimanakah petualangan Radiant di Frankfurt? Berhasilkah ia menemui Calibri? Apakah yang akan terjadi pada mereka berdua?

Banyak kenangan yang datang dalam otakku, membuatku hampir melupakan semua kenangan yang merupakan milikku sendiri. Membuatku nyaris tidak mengenali diriku sendiri. Tuhan, kalau memang hal ini akan terus menempel pada diriku, tolongg… beri petunjuk padaku bagaimana cara mengatasinya. Oh God… please let me have a normal life like others. I don’t want this thing in my life. Just take it aay from me!

Membaca novel ini benar-benar bikin merinding. Sempat teringat satu peristiwa yang pernah terjadi dalam hidupku sendiri. Dimana aku pernah mengalami hal yang sama dengan apa yang dialami oleh Calibri. Tak perlu dijelaskan dengan detail dan panjang lebar, karena itu sama saja membuka ingatan lama *tsaahhh, bahasku sok kekinian banget*.

Novel Frankfurt ini merupakan salah satu dari beberapa judul novel lain yang tergabung dalam seri City ‘A Love Story’ dari penerbit Grasindo. Dan jangan salah, novel ini tak hanya bercerita mengenai romansa cinta dua anak manusia, namun juga pada sebuah cerita misteri juga. Wuhuyyy, paling demen misteri. Walaupun awalnya agak sedikit pesimis bisa langsung nyaman saat membaca novel ini, karena bingung sih, genre romance sama misteri disatukan terus jadinya kayak apa ya. Mungkin karena aku keseringan baca detektif Conan, jadi mikirnya misteri yaa mecahin kasus gitu. Maafkan princess, mbak Ninna.

Tidak pernah ada yang salah kalau kita selalu bisa menikmatinya. Dan aku menikmatinya, karena saat ini ada kamu bersamaku

Saat pertama membaca novel ini, aku langsung jatuh cinta. Dengan penjabarannya mengenai Frankfurt itu sendiri. Kemudian kilasan masa lalu yang diceritakan cukup detail. Kemudian penjabaran tokoh-tokoh itu sendiri. Semuanya bikin aku jatuh cinta. Apalagi tokoh utamanya adalah penulis. Duh, makin cinta.

Awalnya sih mikirnya, novel ini akan bercerita tentang kisah dua anak manusia yang bertemu di Frankfurt kemudian merajut kasih and then happily ever after. Tapi, aku akui, aku keliru *langsung ambil mic, nyanyi lagunya Ruth Sahanaya*.

Sebenarnya, aku udah penasaran sama yang namanya Calibri. Bertanya-tanya dalam hati sebenarnya Calibri ini kenapa sih. Kok seringnya melihat ke bawah, apa ada koin jatuh terus dia mau ambil, atau dia takut jatuh sehingga melihat ke bawah terus. Terus, kalau ketemu orang dia langsung menundukkan kepalanya. Dan dia terlihat tidak nyaman berada di tempat ramai.

Lalu, datanglah sosok Radiant. Seorang pria kesepian, duda keren dan memendam rasa kehilangan yang teramat sangat di lubuk hatinya. Seolah memang takdir. Mereka bertemu dan timbullah satu kenyamanan antara satu sama lain. Walaupun mereka tak tahu kenapa rasa itu timbul di dalam hati mereka.

Jujur, aku makin lama makin penasaran sama sosok Calibri. Jangan lupakan Emil yaa, kakak sepupu Calibri. Aku kan suka kalau ada cowok ganteng alias cogan di novel. Ha.. ha.. ha.. Pasti nggak mudah buat Calibri buat hidup dengan bakat seperti itu. Like a nightmare?

Calibri sampai harus pergi menjauh karena dirinya tahu jika kehadirannya akan membahayakan orang-orang yang dicintainya. Tapi, bagaimana dengan orang-orang disekitarnya?

Aku senang banget membaca novel ini itu kayak diajak jalan-jalan keliling Frankfurt. Serasa kayak jadi asistennya Calibri sama Radiant yang lagi jalan-jalan keliling Frankfurt. Apalagi saat ada momen bersepeda bersama. Duh, jadi kangen sepedaan sambil menikmati keindahan alam Frankfurt.

Setidaknya dengan membaca novel ini, kita diajak untuk bisa selalu waspada, berhati-hati, dan menerima dengan lapang dada serta kenyataan apabila kita memiliki keistimewaan yang diberikan Tuhan kepada kita. Walau itu semua butuh proses dan tidaklah mudah, tapi, percayalah, Tuhan selalu memiliki rencana yang indah kepada orang yang diberikan anugerah istimewa olehNya.

Jika kamu mencari kisah cinta berlatar belakang sebuah kota yang indah, dan bisa membuatmu jatuh cinta dengan tokoh, setting tempatnya dan ceritanya, novel Frankfurt ini cocok untuk kamu baca.

Tokoh favorit aku disini adalah Calibri. Dia gadis yang kuat diluar, namun kesepian di dalam. Dia berusaha menutup dirinya sendiri sebagai bentuk pertahanan dirinya. Namun sebenarnya dia membutuhkan cahaya agar dia tak merasa kegelapan.

Calibri, cinta tidak pernah melihat ketidaksempurnaan pada pasangannya. Justru dia menyempurnakan ketidaksempurnaan itu


==== GIVEAWAY TIME ====


Kalian mau mendapatkan 1 novel Frankfurt yang dikirim langsung sama penulis Frankfurt? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @NinnaKrisna dan @princessashr, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita berdua dan jangan lupa sertakan hashtag #novelFrankfurt
3. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, dan jawabanmu yaa..

Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?



Giveaway ini berlangsung dari tanggal 26 September – 2 Oktober 2016 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

37 comments:

  1. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/780215435648053248

    Kalau jadi penulis - yang sebenarnya sudha kucoba dan saat ini mentok :D, dan berhubung aku pecinta romance, aku ingin menuliskan tentang kisah dua orang yang berada di lingkungan pergaulan yang sama tapi tidak pernah bersinggungan secara langsung. Mereka sering bersama dalam kelompok pertemanan, tapi tidak pernah berintraksi secara individu, bahkan sejak perkenalan pertama mereka selalu canggung satu sama lain. Seakan-akan ada dinding tak kasat mata yang menghalangi mereka, tapi tanpa sadar mereka justru paling memahami satu sama lain.

    Intinya, sejak awal mereka sudah sama-sama tertarik, tapi dinding entah apa itu menjadi penghalang mereka. Walaupun nyatanya dinding itu hanya ilusi yang mereka ciptakan untuk menolak perasaan yang sebenarnya mereka rasakan.

    Ide ini sudah ada sejak aku mengalami sendiri bagaimana ada dalam satu lingkup pergaulan dengan seseorang tapi bahkan jarang sekali bicara secara langsung dengan orang itu. Sampai sekarang. Dan sepertinya kalau didramatisir menjadi sebuah kisah cinta akan sangat seru. Setidaknya begitu yang kupikirkan :D

    ReplyDelete
  2. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/780251688586186752
    jawabanmu yaa..

    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?

    Kisah sepanjang masa. Kisah cinta antara aku dan dirinya.

    Tapi yg aku maksud dgn 'aku dan dirinya' adalah bapak dan ibuku. Aku pingin banget nulis cerita perjalanan hidup keduanya sampai akhirnya menikah. Berjuang menjalani kehidupan sulit ketika aku dilahirkan.
    Aku ingin menulis semangat dan cinta mereka hingga aku bisa tumbuh seperti saat ini. Aku ingin membagi kisah cinta mereka.

    Kenapa? Karena buat aku kisah cinta kedua orang tuaku itu hanyalah kisah cinta sederhana. Tapi itulah yang namanya cinta.

    ReplyDelete
  3. mariyam
    @mariyam_elf
    surabaya
    https://twitter.com/mariyam_elf/status/780257873934757889

    kalau aku jadi penulis, pengennya nulis ttg aku dan dia. mulai dari awal kenal smpai nanti tua. sbnernya udh aku ceritain pas ikut lomba nulis novelet, tp baru smpai pacaran aja. nantinya kalau diijinkan nulis lgi, insya allah nulis novel lanjutan novelet itu.
    sbnernya bnyak sih yg pengen aku jadikan novel, tp yg pling utama ya itu kisahku sma dia. alasannya, nulis kisah pribadi itu insya allah lebih mudah dibandingkan nulis kisah yg lain yg butuh riset lebih mendalam. kalau kisah pribadi kan, tinggal nambahin bumbu-bumbu dkit aja.

    ReplyDelete
  4. Dian Haerani11:59

    Nama: Dian Haerani
    Twitter: @saimamzahra
    domisili: Bandung
    Link Share: https://twitter.com/dhaerani781/status/780268991436566528

    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?


    jawab: ingin menulis kisah cinta dengan sad ending atau ending yang gantung. Alasannya karena buatku novel dengan sad ending atau ending gantung gitu selalu berkesan dalam di hati para pembaca, bikin gemes2 baper gimmanaaa gitu.

    ReplyDelete
  5. Aisyah Revina Annisa
    @Reput_Annisa
    Kisah tentang kekuatan islam dan cinta yang memadu menjadi satu, di mana para pembaca semakin tersadar tentang Allah, Islam, pahala, neraka, dan surga. berisi sindiran para orang pelupa dengan Allah dan membuktikan bahwa Islam agama yang sempurna dalam semua aspek kehidupan masyarakat.

    ReplyDelete
  6. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta - Jawa Barat
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/780400296371433472?p=v


    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?


    Aku ada beberapa ide yang pengen banget aku tuangin, tapi susahnya ampuuun, ga ketulungan, susah banget buat mulai dan menjabarkannya. Tapi dari beberapa itu ada kisah pribadi yang pengen aku buat cerita.

    Kalo ka Nina membuat sosok Calibri bisa melihat semua masa lalu dan seseorang hanya dengan tatapan mata, aku ingin membuat cerita tentang seseorang perempuan yang bermimpi dan mimpinya selalu jadi kenyataan. Ini bukan kemampuan sejak lahir, tapi hanya dari keisengan mulut semata saat berbicara. "Gimana ya rasanya kalo mimpi, terus mimpinya jadi kenyataan, apalagi kalo terus nyambung tiap harinya". Sekali terwujud ia merasa beruntung dan kebetulan. Dua kali, tiga kali mimpi itu jadi kenyataan ia merasa bahagia dan penasaran akan mimpi selanjutnya. Meski bukan diri sendiri yang menjadi lakonnya, tapi mimpi yang didapat selalu tersirat dan jelas, beberapa hari kemudian mimpi itu terwujud, jalan ceritanya persis seperti mimpi yang didapat. Seperti bisa melihat apa yang terjadi selanjutnya, tapi yang hanya ada di sekitar dia. Lalu saat mimpi-mimpi selanjutnya melibatkan orang-orang yang ia sayangi juga dirinya sendiri terancam kehidupannya, ia mulai ketakutan. Ia takut jika mimpi tersebut akan jadi kenyataan dan ia mulai kehilangan orang-orang yang ia sayangi. Awalnya ia hanya menginginkan mimpi-mimpi menyenangkan yang jadi kenyataan, tapi ia melupakan mimpi buruk yang kerap kali menghantui. Dan ia butuh bantuan untuk lepas dari itu semua.


    Ka Asri, sebenernya ini pengalaman pribadi, aku sampe deg-degan dan ketakutan sendiri saat merasakannya. Meski ga semua yang dimimpiin jadi kenyataan, tapi hal itu kerap terjadi dengan ciri-ciri serupa mimpi yang aku alami. Aku jadi sering dihantui sama mimpi yang aku dapat, karena takut terwujud. Syukur kalo itu mimpi baik, kalo burukk? Astaghfirullah hal adzim, aduuuh jangan sampeee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw kejadian yang mb alami sama persis dengan temanku

      Delete
  7. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @dreravios
    domisili: Tangerang
    link share:https://twitter.com/dreravios/status/780598481622736896



    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?


    aku juga binggung mau membuat apa dalam tulisanku nanti, tapi aku ingin menulis tentang seorang perempuan yang mencintai--sangat-- seorang laki-laki yang ternyata juga mencintainya tanpa ia sadari. tapi bukan disana konflik dalam sebuah tulisan karyaku melainkan nanti ada seseorang dari masa lalu laki-laki itu datang membawa warna lagi ke dalam kehidupan sang laki-laki. dan karna laki-laki itu yang tidak peka dengan sekitar--yang aku bilang tadi, pada akhirnya dia kembali lagi bersama masa lalunya tersebut.

    bukan tanpa alasan aku mengambil tema yang seperti ini dakam kisahku karena aku pernah merasakannya. disaat aku terbang dibawa olehnya, seseorang mengambilnya dari hidupku, aku ingin membencinya tapi tidak bisa karena kebencian itu hilang karena aku juga mencintainya.

    setelah dia memilih untuk kembali dengan masa lalunya aku menjauh. lebih baik seperti itu kan.

    ReplyDelete
  8. Nama: Sarah Aisyah
    Twitter: @aisyarah03
    Domisili: Tasikmalaya
    Link : https://twitter.com/aisyarah03/status/780648745809563648


    Kalau aku jadi penulis, aku ingin menuliskan sebuah kisah tentang fobia. Meskipun ya harus pake riset, moga aja bisa kesampaian.

    Tentang macam-macam fobia, kayak fobia ketinggian, fobia kebersihan, fobia sosial atau semacam trauma dan semacamnya. Mungkin temanya terbilang berat, tapi mudah-mudahan bisa menambah wawasan si pembacanya juga. Kalau kisah romance sudah terlalu banyak yang buat, meskipun ya novel ini juga akan ada sedikit romance nya hehe

    Ini ceritanya si pemeran utama prianya adalah psikolog, ada banyak pasien dengan tingkat masalah yang berbeda. Dia mencoba untuk menyembuhkan pasien, dan mencoba untuk masuk dalam masalahnya. Jadi, setiap babnya ada pasien yang berhasil ia sembuhkan *ngga kebayang bukunya bakal setebal apa hihihi Padahal nyatanya si pemeran utamanya juga punya traumanya sendiri (?)

    Semoga lucky aamiin...

    ReplyDelete
  9. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://mobile.twitter.com/rohaenah1
    Jawaban: ingin menulis kisah perjalanan ke tempat-tempat wisata yg unik diseluruh dunia. Karena saya suka travelling tapi ngga punya modal,he..he...
    Kalo jadi penulis kan bisa riset secara mendalam jadi bisa mengetahui seluk beluk suatu tempat tanpa pergi ke tempatnya. Siapa tau dengan begitu bisa menuntunku ke arah sana. Jadi suatu saat mungkin bisa pergi betulan dan mengunjungi tempat-tempat tersebut. Amiinn.

    ReplyDelete
  10. Nama : Silvy Rianingrum
    Akun Twitter : @berryfledge
    Domisili : Bekasi
    Link Share : https://twitter.com/berryfledge/status/780744597769113602
    Jawaban :

    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?

    Jika aku adalah seorang penulis, aku ingin menulis kisah tentang self-harm, self-injury, depresi dan broken home. Alasan aku ingin menceritakan kisah seperti ini adalah untuk membuka mata dan pemahaman para pembaca bahwa kata mampu membunuh, bahwa depresi itu benar adanya dan mereka bukan harus dijauhi dan dibully, mereka yang mengalaminya pantas mendapatkan bantuan dan pertolongan. Aku ingin membuat mereka yang mengalaminya sadar, bahwa sesuatu yang indah akan selalu hadir pada akhirnya. Mereka hanya harus percaya dan membuka diri untuk membiarkan seseorang masuk kedalam kehidupan mereka dan menjadi segilintir cahaya:) Aku ingin menginspirasi banyak orang melalui tulisanku.

    ReplyDelete
  11. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAsuna
    Domisili: Makassar
    Link share:https://mobile.twitter.com/PrinceesAsuna/status/780826124343320576

    Jawaban:

    Aku selalu memimpikan ini. Saat menjadi penulis, aku bertekad utuk menulis kisah-kisah inspiratif dari pengalaman hidup seseorang. Baik itu pengalamanku sendiri maupun pengalaman orang lain. Aku nggak berpatok sama satu genre, apapun itu selagi menurutku memiliki pesan yang baik, maka aku ingin menuangkannya dalam tulisan.
    Seperti kisah guru-guruku, bagaimana mereka berjuang mengajar di pelosok dengan gaji yang minim, kisah sahabat-sahabatku, kisah cinta juga masuk dalam wish list ku saat jadi penulis.
    semoga menjadi kenyataan :) makasih kak sekian :)

    ReplyDelete
  12. Hani Kartika Sari
    @haniktsr
    Sragen, Jawa Tengah
    https://twitter.com/haniktsr/status/780950779364421632


    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?

    Kalau aku jadi penulis —yang memang keinginanku dari dulu— aku ingin menulis kisah tentang penulis. Bukan percintaan tentang seorang penulis, tapi bagaimana serunya menulis.

    Aku ingin menceritakan bagaimana pentingnya menulis, sebuah ide yang ada dikepala jika tidak dituangkan, malah akan menguap dan hilang, padahal menulis bisa sangat bermanfaat, seperti ketika mengirim karya sastra di koran/majalah, menjadi blogger, menjadi penulis skenario, menjadi novelis dan masih banyak lagi.

    Aku juga ingin menceritakan pengalamanku sebagai penulis yang nggak terkenal di socmed, sampai sempat mau berhenti menulis karena nggak ada yang apresiasi, aku memang amatir tapi aku cuma ingin berbagi imajinasi dengan orang lain, salahkah?

    *curhat detected, wkwk*

    Dan terakhir, aku juga ingin menunjukkan hubungan menulis dengan prinsip hidupku. Menurutku, menulislah kisah fiksi untuk menjadi Tuhan dalam dunia yang kau buat. Aku benar-benar ambil prinsip itu, aku nggak mungkin kasih cobaan buat para tokohku diluar batas kemampuan mereka (yang aku tetapkan), kalau nggak mampu ya pergi saja dari duniaku. Hal itu aku jadikan prinsip bahwa Tuhan melakukan hal yang sama kepada makhluknya.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Nama : Berlian Putri Fatiqah W.P

    Akun Twitter : @brlnp_29

    Domisili : Sragen, Jawa Tengah 

    Link Share : https://twitter.com/brlnp_29/status/780948901838753793


    


Jika aku adalah seorang penulis, aku ingin menulis kisah tentang bagaimana perjuangan seorang fans yang ingin bertemu dengan idolanya namun belum tersampaikan karena maut telah menjemputnya terlebih dahulu.

    Kisah ini menginspirasi saya untuk membuat novel. Saya mendapat inspirasi dari seorang yang yang telah meninggal dunia namun dia telah meninggalkan sebuah video kenangan menit menit terakhir yang dipersembahkan untuk idolanya.

    ReplyDelete
  15. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Domisili: Serang
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/780969863657377792

    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?

    Kalau jadi penulis aku ingin menulis kisah cinta dari kehidupan nyata orang-orang yg ada di sekitarku, terutama orang tua, yang memiliki kisah cinta sepanjang masa hingga menua bersama. Menurutku kisah seperti mereka itu penuh inspirasi, juga terdapat keajaiban cinta yang kadang membuat aku tidak menduga dan terkagum-kagum. Karena ini kisah nyata, akan membuat ceritanya juga lebih riil dan ada buktinya. Hasil dari tulisan ini pun akan menjadi kenangan sebagai kisah cinta abadi yang bisa diketahui dan diambil hikmah dan pelajaran buat para anak dan cucu kelak.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Nama : Rizky Tria Octasiana
    Twitter : @Octannow_
    Domisili : Brebes, Jawa Tengah
    Link : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/781003547886387201?p=v
    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?
    Jika aku jadi penulis- Aku mau menceritakan tentang perjalanan kisah cinta masa SMA yang lagi lugu-lugunya tapi terkesan manis. Apalagi kisah klasik masa SMA itu seringkali dirindukan. Mulai dari masa pendekatan yang masih malu-malu, suka sama orang yang sama, suka secara diam-diam, sampai akhirnya nilai sekolah naik turun, terus klimaksnya pas moment wisuda yang bikin greget. Dimana perpisahan mulai menakuti.
    Intinya, aku mau menceritakan berbagai suasana di masa putih abu-abu itu. Ada banyak sekali yang berperan dalam cerita sih.

    ReplyDelete
  18. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Gorontalo
    https://twitter.com/sitasiska95/status/781042844912017408

    Kalau aku jadi penulis kisah apa yang ingin aku tulis?
    Aku ingin menulis kisah inspiratif yang didasarkan dari lagu-lagu daerah Indonesia. Contohnya seperti, lagu O Ina Ni Keke dari daerah Minahasa. Bercerita ttg Ina ni Keke atau Ibunya Keke yang mencari2 Keke kemana-mana, Keke hilang. Dasar ceritanya diambil dari cerita lagu ini namun sedikit dieksplorasi, dikembangkan menjadi cerira yang berbeda dan punya karakter sendiri. Ada juga lagu Tano-tanobon dari Bolaang Mongondow, berisi nasihat orang tua kepada putrinya. Kalau kita perhatikan, lagu-lagu daerah yang ada di Indonesia sejatinya berisi pesan-pesan tersirat yang sangat bermakna, yang sayangnya kini jarang diperhatikan bahkan mgkn sedikit terlupakan. Oleh karena itu, lewat cerita dari lagu2 ini yang dimodifikasi sedemikian rupa agar sesuai dengan perkembangan zaman aku ingin agar pembaca dapat mengambil hal yang berharga dan juga tidak melupakan lagu-lagu daerah kita. Karena lagu-lagu daerah adalah jati diri, jangan sampai perkembanan zaman, teknologi dan genre musik membuat kita melupakannya.

    ReplyDelete
  19. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/781055796347936768
    Domisili : Aceh

    Jawaban>
    Aku ingin sekali menulis tentang Action tapi berbumbu romance. ntah kenapa aku paling suka dengan cerita2 yg menegangkan seperti action atau sebagainya. bisa menulis cerita actin saja sudah sangat bersyukur apalagi kalau ada romance nya juga.
    Menulis adegan2 nya saja butuh kosentrasi dan referensi yg banyak utk bs menjadi sempurna layaknya si pembaca nantinya ikut merasakan adengan2 perkelahian di tulisan ku nantinya. jadi menurut ku kalau ditambah dgn bumbu2 romance pasti bakalan seru.

    Sekian.
    Salam,
    Pida Alandrian

    ReplyDelete
  20. Nama : Mega Widyawati
    Akun twitter : @widy4_w
    Domisili : Nganjuk
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Widy4_W/status/781526243535618050?p=v

    Tentang kisah nyata dari kehidupan seseorang yg bisa memotivasi dan di teladani oleh masyarakat umum. Terutama kisah motivasi dalam menjalani kehidupan yg lebih baik, motivasi menjadi sukses atau motivasi menjadi orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa. Banyak banget sih kisah motivasi, yang akan panjang kalau aku sebut satu persatu. Intinya, Aku mau membuat sebuah alkisah yang bermanfaat bagi diriku sendiri dan banyak orang lainnya.

    ReplyDelete
  21. Nama : Asep Nanang
    Akun twitter : @asepnanang59
    Domisili : Bungo, Jambi
    Link Share : https://twitter.com/asepnanang59/status/781603181419761664

    Jika menjadi penulis, saya ingin menulis tentang kisah romantis petani padi. Mengapa? Karena petani padi saat ini sudah sangat langka. Selain itu orang dengan profesi ini menurut saya sangat setia pada pasangan hidupnya. Saya jadi tertarik mengupas kisah cinta mereka :)

    ReplyDelete
  22. Nama : Didi Syaputra
    Akun twitter : @DiddySyaputra
    Domisili : Riau
    Link share : https://mobile.twitter.com/DiddySyaputra/status/781684249099284481?p=v

    Karna saya penyuka Romance plus Thriller maka jika saya jadi seorang penulis gak menutup kemungkinan saya akan menulis penggabungan dari kedua genre tersebut, Thriller Romance. Kisah yang diangkat gak jauh-jauh dari kekeluargaan, konfliknya juga ringan, agar pembaca mudah mencerna isi cerita. Saya ingin sekali menulis tentang autisme, karna terdapat unsur Thriller di dalam kisahnya bukan berarti menyudutkan penyandang autis, justru saya ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas khususnya pembaca kalau autis itu bukanlah keterbelakangan melainkan keistimewaan, sebab kita terlahir ke dunia membawa keistimewaan masing-masing. Thriller yang ingin saya 'godok' juga gak yang berporos pada pertikaian, pembunuhan de el el, saya ingin menyelipkan Thriller tanpa terkesan terdapat kekerasan di dalamnya, Thriller dibaluri Romance-lah istilanya agar lebih terasa halus.

    Terima kasih `_~

    ReplyDelete
  23. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/781766690577141760

    Walaupun saya suka dgn kisah yg tidak berakhir bahagia, tapi jika saya mnjadi penulis, saya ingin mmbuat kisah yg walaupun tidak berakhir bahagia, namun bisa menginspirasi pembaca. Saya ingin menulis kisah fiksi dgn inspirasi nyata tntg perjuangan apapun yg dilakukan seseorng dalam meraih citanya. Seperti perjuangan si miskin untuk menuntut ilmu setinggi2nya, perjuangan si jelek dalam mencari pendamping hidupnya, atau bagaimana prjuangan seorng penulis pemula yg karyanya berhasil dilirik penerbit dan dinikmati masyarakat dunia.
    Karena bagi saya pribadi, novel2 yg saya baca dgn genre seperti itu sungguh menginspirasi saya sehingga saya ad di posisi saya saat ini. Posisi yg saya idam2kan dan orang tua saya ridhoi, yg saya raih dgn perjuangan tangis brdarah2, yg entah brpa banyak liter keringat yg kluar untuk saya brdiri di sini, yg walaupun bukan pilihan yg saya inginkan, namun tetap berakhir penuh pelajaran dan membahagiakan bagi hidup saya kini.
    Bukan yg berakhir bahagia, namun bahagia sampai akhir. Seperti itu.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  24. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/781766690577141760

    Walaupun saya suka dgn kisah yg tidak berakhir bahagia, tapi jika saya mnjadi penulis, saya ingin mmbuat kisah yg walaupun tidak berakhir bahagia, namun bisa menginspirasi pembaca. Saya ingin menulis kisah fiksi dgn inspirasi nyata tntg perjuangan apapun yg dilakukan seseorng dalam meraih citanya. Seperti perjuangan si miskin untuk menuntut ilmu setinggi2nya, perjuangan si jelek dalam mencari pendamping hidupnya, atau bagaimana prjuangan seorng penulis pemula yg karyanya berhasil dilirik penerbit dan dinikmati masyarakat dunia.
    Karena bagi saya pribadi, novel2 yg saya baca dgn genre seperti itu sungguh menginspirasi saya sehingga saya ad di posisi saya saat ini. Posisi yg saya idam2kan dan orang tua saya ridhoi, yg saya raih dgn perjuangan tangis brdarah2, yg entah brpa banyak liter keringat yg kluar untuk saya brdiri di sini, yg walaupun bukan pilihan yg saya inginkan, namun tetap berakhir penuh pelajaran dan membahagiakan bagi hidup saya kini.
    Bukan yg berakhir bahagia, namun bahagia sampai akhir. Seperti itu.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  25. Nama : Jawahirul Arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Bogor
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/782101872655990784

    Jika aku berkesempatan jadi penulis novel, novel yang aku tulis bakal bercerita tentang novel inspiratif yang mengisahkan tentang inspiratif. Mengisahkan tentang seorang sarjana peternakan yg baru wisuda, sedang bergalau ria untuk mencari pekerjaan apa saja atau bikin usaha peternakan. Disisi lain, seorang sarjana peternakan tersebut juga sedang terombang ambing dengan pasangannya yg mana ke dua orang tuanya merupakan bos besar.
    Jadi, bagaimana kelanjutan kisah dr seorang sarjana peternakan fresh graduate tersebut ?

    Apakah akan memperjuangkan cintanya terlebih dahulu ?
    Atau ?
    Apakah akan meniti karir sesuai dengan yang dicita citakan terlebih dahulu?

    ReplyDelete
  26. Nama: Tatyana
    Akun: @bluesky1319
    Domisili: sidoarjo
    Link: https://twitter.com/bluesky1319/status/782169257136103424

    Yang ingin aku tulis saat aku jadi penulis mungkin tentang peesahabatan walaupun aku yakin kisah seperti sudah sangat biasa dan tema yang bisa dibilang membosankan tapi sahabat begitu menarik dalam hidupku dan jika aku bisa aku akan membukukan kisah kami kawan ^^

    ReplyDelete
  27. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Domisili: Aceh
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/782222587686367232
    Jawaban:
    Kisah tentang Ama (Ayah). Dari dulu ingin sekali menuliskan kisah perjalanan yang berkaitan dengan Ama karena saya punya sosok Ama yang luar biasa yang ingin saya bagikan pada seluruh hak layak ramai bagaimana hebatnya sosok Ama dalam kehidupan saya, bagaimana perjalanan Ama dari masa kecil hingga bisa menjadi panutan seperti sekarang dan bagaiman cara Ama menularkan nilai-nilai kebaikan kepada anak, keluarga dan sekitarnya. Semuanya ingin saya tuangkan dalam sebuah novel sebagai rasa cinta dan bangga saya kepada Ama.

    ReplyDelete
  28. Nama : Jawahirul Arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Bogor
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/782101872655990784

    Jika aku berkesempatan jadi penulis novel, novel yang aku tulis bakal bercerita tentang novel inspiratif yang mengisahkan tentang inspiratif. Mengisahkan tentang seorang sarjana peternakan yg baru wisuda, sedang bergalau ria untuk mencari pekerjaan apa saja atau bikin usaha peternakan. Disisi lain, seorang sarjana peternakan tersebut juga sedang terombang ambing dengan pasangannya yg mana ke dua orang tuanya merupakan bos besar.
    Jadi, bagaimana kelanjutan kisah dr seorang sarjana peternakan fresh graduate tersebut ?

    Apakah akan memperjuangkan cintanya terlebih dahulu ?
    Atau ?
    Apakah akan meniti karir sesuai dengan yang dicita citakan terlebih dahulu?

    ReplyDelete
  29. Nama: Ririn S
    Twitter: @perinduaurora
    Domisili: Magetan, JawaTimur
    Link share;￿https://mobile.twitter.com/PerinduAurora/status/782183568915075072?p=v

    Jawabannya:
    Aku ingin menuliskan kisah remaja atau ABG yang salah pergaulan karena kurangnya perhatian dari orangtua dan kurangnya didikan orangtua.
    Alasannya, di dalam novel tersebut aku ingin para orangtua agar sadar bahwa kasihsayang itu lebih penting dari semuanya. Sebab kebahagiaan yang paling sederhana adalah melihat keluarganya utuh dan harmonis serta mempunyai anak yang bisa dibanggakan orangtua.
    Siapa sih yang tak suka dengan keluarga yang harmonis?

    ReplyDelete
  30. Nama : Awanda Rohma
    Akun twitter : @wandhapratiwi
    Domisili : Semarang
    Link share : https://mobile.twitter.com/wandhapratiwi/status/782454022217175040?p=v

    Kalo aku jadi penulis aku pengen nulis kisah tentang cinta kasih seorang ibu kepada anaknya. Dari mulai ibu mengandung sampai membesarkan anaknya. Tentang perjuangan seorang ibu untuk membuat anaknya bahagia bahkan ketika ia rela jatuh bangun demi membahagiakan anaknya, demi memenuhi kebutuhan anaknya agar tak merasa kekurangan. Yang menceritakan mengenai kegelisahan seorang ibu ketika anaknya merantau jauh darinya dan mungkin berbulan-bulan atau bahkan beberapa tahun tak kunjung kembali tuk berjumpa dengan surga yang ada di rumahnya yaitu IBU.

    ReplyDelete
  31. Nama : Anis Nur Laliyah
    Akun twitter : @lailiyah_anis
    Domisili : Gresik, Jawa Timur
    Link share : https://mobile.twitter.com/lailiyah_anis/status/782538099163271168?p=v

    Jika kamu menjadi seorang penulis, kisah apa yang ingin kamu tulis? Apa alasannya?

    Suka sekali dengan pertanyaan ini :) Jika saya menjadi penulis, saya ingin menulis sebuah novel dengan genre fiksi sejarah.

    Lebih spesifiknya sih, saya mau menulis kisah cinta antara Hayam Wuruk, seorang raja muda dari Kerajaan Majapahit dengan seorang putri dari Kerajaan Sunda Galuh, Dyah Pitaloka Citraresmi. Namun sayang, kisah cinta mereka harus berakhir tragis di tengah palagan Bubat. Ketika iring-iringan kemanten dari Sunda Galuh tiba di Majapahit dan di tempatkan di Lapangan Bubat, bukan upacara penyambutan yang mereka terima melainkan sebuah serangan bersenjata yang dipimpin oleh Mahapatih Gajah Mada yang menginginkan pernikahan ini sebagai tanda menyerah dari Sunda Galuh yang notabene pada saat itu adalah satu-satunya kerajaan yang tidak tunduk dibawah Majapahit. Rombongan kecil ini pun dengan mudah dibabat habis oleh pasukan Majapahit dan hanya menyisahkan Dyah Pitaloka. Raja Hayam Wuruk yang murka karena tindakan Mahapatih Gajah Mada yang tanpa sepengetahuannya pun terlambat datang ke Lapangan Bubat dan hanya menemukan tubuh kekasihnya tergolek tak bernyawa. Dyah Pitaloka lebih memilih membenamkan patrem ke dadanya demi membela kehormatannya, kehormatan orangtuanya, dan kehormatan Sunda Galuh.
    [Lanjut ke Bawah]

    ReplyDelete
  32. [Lanjutan dari Atas]
    Alasan saya memilih fiksi sejarah karena :
    Pertama, saya memang sangat mencintai sejarah, saya menyukai cerita-cerita silat karya S.H. Mintardja maupun novel-novel sejarah karya Pramoedya Ananta Toer dan Langit Kresna Hariadi. Jadi, saya ingin sekali menjadi the next nya beliau-beliau ini, wkwkwk (aamiin)

    Kedua, tidak banyak penulis yang memilih genre fiksi sejarah, bahkan untuk saat ini yang saya tahu hanya Langit Kresna Hariadi yang masih produktif dan setia menulis dengan genre ini. Dan, hmmmm, saya belum menemukan perempuan di Indonesia yang menulis novel fiksi sejarah. Jadi, saya ingin menjadi perempuan yang pertama hahaha (aamiin)

    Ketiga, saya fikir novel adalah salah satu alternatif yang baik untuk menarik remaja seusia saya (18thn) untuk mencintai sejarah. Saya ingin membuktikan kepada mereka bahwa sejarah tidaklah membosankan, tidak melulu tentang perang, tentang tahun-tahun terjadinya peristiwa penting yang harus mereka hafalkan ketika pelajaran sejarah di sekolah (pengalaman pribadi :D ). Namun, sejarah juga mempunyai sisi romantis, indah, dan hangat. Bahkan, menurut saya kisah cinta pada zaman dahulu itu lebih mengharu biru loh. Memang, sudah ada beberapa penulis hebat yang mengangkat kisah cinta Hayam Wuruk dan Dyah Pitaloka ke dalam sebuah novel. Namun, tentunya saya ingin menulis kisah cinta mereka dengan versi saya sendiri (meskipun tetap tidak menyalahi sejarah yang ada), saya ingin mengemasnya dengan lebih hangat dan menyentuh karena memang sasaran utama saya adalah para remaja. Saya ingin mereka tahu bahwa Indonesia juga punya Rose and Jack atau Romeo and Juliette.

    Terimakasih.
    Maaf, saya curhat tentang mimpi saya terlalu banyak.

    ReplyDelete
  33. Bintang Maharani
    Palembang, SumSel
    @btgmr
    httpa://twitter.com/btgmr/status/782589530469695488

    Saya pengen nulis cerita tentang... konflik rumah tangga aja kali ya, tapi dibawain dengan nuansa yang cukup mudah dicerna oleh pembaca muda. Misalnya tentang seorang lelaki kaya raya yang punya aset tanah di mana-mana. Dia punya 3 rumah gedongan yang saling berdempetan. Rumah-rumah itu adalah rumah pemberiannya untuk 3 istrinya masing-masing. Lelaki ini tidak terlalu tua, tapi juga tidak terlalu muda. Sudah punya gelar haji, cukup alim dan selalu berusaha adil. Mereka hidup berdampingan dengan rumah yang juga saling bersebelahan. Tetapi tentu aja hal seperti ini nggak mungkin kalau tanpa konflik, baik dengan si suami mau pun dengan istri yang lain.

    Mungkin bagi pembaca muda, hal ini nggak related dengan kisah hidup mereka. Tetapi faktanya yang seperti ini juga banyak terjadi di luar sana. Saya ingin cerita yang seperti ini bisa mencakup pembaca muda bukan karena mereka related dengan kisahnya, tapi karena mereka bisa ambil pelajarannya dari lika-liku di cerita pernikahan itu sendiri sebagai cerminan di masa yang akan datang. Punya 1 istri aja sudah ruwet, apalagi kalau banyak istri. Ngurus 1 aja udah pusing, trus ngapain mau nambah lagi? Hehe :)

    ReplyDelete
  34. Nama :Afifah Khoiriyah
    akun twitter : @Afifah_1412
    domisili: Yogyakarta
    link share:
    https://twitter.com/Afifah_1412/status/782594589144133632

    Aku ingin membuat genre romance dengan latar musim atau luar negeri yang mendukung keromantisan cintanya, selain itu karakternya juga biar dapat. Pemainnya juga teman masa kecil jadi ya hak sadar aja jodohnya teman masa kecilnya setelah beberapa kali cinta sama orang lain . Tapi paling susahnya ya bikin orang yang masa kecil sudah dibenci dan ketemu lagi dan gak berubah tetap nyebelin. dIa hak lebih baik dari yang sama kayak kita tapi dia orang paling bikin kangen kalo kehilangan. mungkin mainstream tapi jika itu nya betapa lucunya hidup ini..
    Ini mungkin sumpek tapi berkesan dengan tema hujan,musim gugur, musim semi, musim dingin... 💖💖💖💖

    ReplyDelete
  35. Nama : Chintya Ririn
    Akun twitter : @RirinKGS
    Domisili : Malang, Jawa Timur
    Link share :https://twitter.com/RirinKGS/status/782599823262228480

    Jika aku seorang penulis, aku ingin menuliskan tentang kehidupan warna-warni masa SMA. Kisah manis dan pahit saat sedang jatuh cinta, persahabatan dan cita-cita yang akan dipilih. Menurutku masa SMA itu hal yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  36. nama: nurul astri
    akun twitter: nurulastrirmdn
    domisili: tangerang
    link share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/782603227107700736
    jawaban:
    kisah orangtuaku. dari awalnya ibu ga cinta sama ayah tapi gabisa nolak ketika nenenekku ngedukung niat ayah yang mau nikahin ibu. akhirnya ibu nerima walaupun saat itu belum cinta.

    meskipun aku tahu di luar sana ide ini sudah sering banget ditemukan. tapi bagaimanapun juga, aku tetap ingin menulis kisah ini, kisah real ibu dan ayahku. mereka yang menjadi sumber inspirasiku. mungkin dengan ini mereka bisa bangga sama aku. :")

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...