Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

4 September 2016

Konsultasi Cantik sama Fala Amalina





Baca juga yaa.. (Sweet ChitChat with Fataya)

Holaaa... 

Setelah kemarin kita Sweet ChitChat with Fataya, and now it's time for Konsultasi Cantik sama Fala Amalina.

Udah kenal belum nih sama kak Fala? Udah tau kan buku karya kak Fala? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama kak Fala. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng kak Fala.. 


Hallo, kak Fala, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, kak?

Alhamdulillah baik… Sekarang lagi sibuk menjajaki pekerjaan baru, nih, sama ngurus-ngurus persiapan wisuda dan proyek-proyek novel selanjutnya yang akan diterbitkan. Doakan semuanya lancar, ya. Amiinn….
  
Ehm, kak Fala, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, kak? Ehm, kak Fala, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, kak?

Boleh dong. Tarif konsultasi sama aku per jamnya USD$20 ya :p. Bercanda.

Kalau hobi nulis itu sejak kecil, waktu jamannya tukar-tukaran kertas binder gemas lagi nge-hits banget. Kalau untuk kertas binder yang aku suka banget dan nggak rencana ditukar, biasanya aku pakai buat nulis cerita. Waktu itu, sih, cuma iseng aja nulis, dari mulai biodata tokohnya dulu, baru mulai nulis cerita. Ceritanya juga nggak panjang, dibilang cerpen juga nggak bisa karena isinya cuma dua pargraf xD

Lalu, lama setelahnya, baru mulai nulis lagi sejak nemu Wattpad (lagi) tahun 2013. Itu pun setelah setahun menjadi silent reader baru mulai berani nulis cerita sendiri. Dan nggak nyangka ternyata dapat respons positif dari para pembaca.

Bisa diceritain nggak, kak, kenapa kak Fala, memilih genre romance dalam setiap karya kak? Tertarik untuk mengambil genre lain, kak, mungkin?

Karena sejak dulu aku memang suka baca buku genre romance, dari mulai SD aku udah mulai baca buku pre-teenlit, lalu SMP mulai baca teenlit, dan SMA mulai baca chicklit juga. Mostly memang genre-nya romance, tapi aku juga suka baca novel dengan genre horror. Sempat kepikiran untuk bikin novel dengan genre horror, sih, tapi sampai sekarang idenya belum terealisasi.
  
Adakah cerita di balik penulisan semua karya kak Fala tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, kak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, kak?

Cerita dibalik penulisan yang paling berkesan sih menyangkut The Bridesmaids Tale yang memang terinspirasi dari persahabatanku dengan para sahabatku sejak SMA. Karakter yang ada di dalah tokoh TBT hampir seratus persen sama dengan karakter asli kami masing-masing. Dalam penulisannya aku juga selalu konsultasi dengan para sahabatku. Bahkan untuk pertanyaan dan hal remeh-temeh pun aku tanyakan ke mereka juga.
  
Tantangan untuk menulis sendiri yang hampir selalu dialami oleh setiap penulis, termasuk yang paling sering aku alami adalah writer’s block. Aku sempat ngalamin ini waktu nulis cerita “The Ugly Romance” yang memang sempat pending cukup lama, namun akhirnya bisa rampung, dan juga “Secret Love Recipe” yang sudah dihapus.

Kak Fala, apakah setiap kali kak Fala menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berapa lama, kak?
  
Iya, biasanya riset tapi nggak terlalu jauh sampai terjun langsung. Biasanya aku mengandalkan informasi dari internet ataupun tanya-tanya langsung ke orang lain yang memang memiliki pengetahuan atau pengalaman di bidang tersebut. Selain itu, karena biasanya aku terinspirasi dari pengalaman hidup sehari-hari ataupun dari kisah orang lain, waktu untuk melakukan riset pun nggak lama.
  
Ada rencana nggak, kak Fala, setelah The Bridesmaids Tales, akan ada karya terbaru kak Fala yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan kak Fala?
  
Iya, rencannya September atau Oktober tahun ini “The Great Teacher My Love” juga akan diterbitkan dan akan dijual di toko buku online dan offline. Selain itu, masih ada “The Ugly Romance” yang akan menyusul setelahnya (Siap-siap nabung, ya ;)). Untuk TUR aku belum ada jadwal perkiraan kapan terbitnya, mungkin sekitar akhir atau awal tahun.

Untuk proyek selanjutnya, doakan saja semoga akan ada lagi, ya. Semoga karierku sebagai penulis bisa langgeng. Amiinnn
  
Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya kak Fala, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya-karya kakak secara singkat?

Karya-karyaku lebih dulu popular di laman situs online “Wattpad” yang mana merupakan wadah bagi para penulis baru untuk mempublikasikan karya mereka. Karya-karyaku yang popular antara lain “The Great Teacher My Love”, “Arianda Margaretha”, “Countless Love”, “The Daddy’s Proposal”, “The Ugly Romance”, “The Bridesmaids Tale” (Sudah diterbitkan oleh GagasMedia), dll.

Menurut kak Fala sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, kak, dalam karir kepenulisan kak Fala saat ini?

Jujur, aku sendiri bukan tipe orang yang sering baca blog dan nggak tau gimana caranya nge-blog hahaha. Pernah coba-coba tapi nggak pernah dilanjutin. Sebenarnya peran blog juga bisa dimanfaatkan untuk media promosi, cuma mungkin akunya aja kali ya yang agak ndeso :”)

Yang terakhir ya, kak Fala. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel kak Fala? Dan juga untuk para blogger buku, kak?

Terima kasih banyak sudah mengapresiasi karya-karyaku karena kalau bukan karena para pembaca mungkin aku nggak akan pernah diundang wawancara di Peek a Book (loh?) hahaha… Semoga kalian selalu sabar menanti karya-karyaku selanjutnya dan tetap mendukung aku untuk tetap menulis. Sekali lagi, teirma kasih, ya.

Dan untuk para blogger buku, tetap kasih support untuk para penulis, kasih kritikan yang membangun dengan cara yang baik, dan terima kasih atas resensi-resensi kalian yang telah membantu aku memilih buku untuk dibaca J

Gimana bincang santai Peek A Book bareng kak Fala? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang kak Fala cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  

Makasih banyak, kak Fala, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, kak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

Untuk karya dari Fala yang sudah terbit adalah :

 
Sudah tidak dijual lagi karena putus kontrak
Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Fala. Sudah punya karya Fala di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Fala tersebut. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Fala :


Fala Amalina, lahir di Jakarta dua puluh satu tahun yang lalu. Mulai berkarya dengan menulis di Wattpad, kini Fala telah mempublikasikan lebih dari sepuluh karya dengan jutaan pembaca dalam akun Wattpad-nya. Perempuan yang memiliki hobi membaca buku ini sudah menerbitkan salah satu karyanya yang berjudul "The Bridesmaids Tale" sejak Juni lalu dan kini telah beredar di toko buku.
Fala bisa ditemukan di:

Wattpad: Kaleela
Twitter: falamalina
Instagram: falamalina
Ask.fm: Kaleelaa

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...