Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

11 September 2016

Ngebajak Komikus yang Menulis Novel, Olin





Holaaa... 

Setelah kemarin kita Ngemil tanpa Cogan bersama Merry Maeta Sari, and now it's time for Ngebajak Komikus yang Menulis Novel, Olin.

Udah kenal belum nih sama mbak Meta? Udah tau kan buku karya kak Olin? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama kak Olin. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng kak Olin.. 

Hallo, kak Olin, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, kak?

Hai asri. Baik baik aja. Makasi sudah sudi memilih aku yang penulis baru ini untuk diwawancarai dan terpampang di blogmu yah.

Sekarang sibuk menghadiri acara meet and greet sama pembaca buku pertamaku di beberapa Gramedia di Jakarta sih.

Ehm, kak Olin, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, kak Olin, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, kak?

Hobi menulis sebenarnya baru awal tahun ini.
Sebelumnya hobi membaca novel dan membuat komik manga tapi masih amatir. Cita-citanya jadi komikus sebenarnya haha. Tapi nggak nyangka juga yang pertama kubuat malah novel.

Bisa diceritain nggak, kak, kenapa kak Olin, memilih genre romance dalam setiap karya kakak? Tertarik untuk mengambil genre lain, kak, mungkin?

Karena suka banget baca novel romance sejak masih remaja sih. Komik yang dibaca juga kebanyakan romance.
Genre lain mungkin fantasy, tapi tetap ada unsur romancenya.

Adakah cerita di balik penulisan semua karya kak Olin tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, kak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, kak?

Ada ceritanya. Waktu itu saya mendaftar di akun wattpad February 2016. Saya cuma jadi pembaca karena memang suka baca novel. Nah, karya pertama yang saya baca di wattpad itu Cinta Pangeran Es karangan Dhinni83. Ceritanya bagusss.
Setelah baca saya jadi ngeh ternyata wattpad bisa ya bikin cerita dewasa model novel terjemahan gitu. Akhirnya Maret 2016 mencoba menulis pertama kali ya Sean and Valeria ini.

Yang baca langsung banyak? Nggak juga haha. Pengikut cuma 135 orang. Sedikitttt banget yang baca bahkan juga ada yg mencemooh gitu. Maklum pertama kali menulis. Kata-kata amburadul banget. Tapi tetap kulanjutkan menulis cerita hingga tamat.

Pas tamat yang baca di wattpad juga masih sedikit, jangankan 6 juta seperti sekarang, 100 ribu aja gak sampai. Pengikut bertambah cuma sampai 800 orang aja selama 2 bulan menulis.

Tapi waktu itu aku berpikir yahh mungkin ceritaku jelek. Lumrahlah awal nulis.

Entah kenapa di bulan ketiga ceritaku seakan kayak bom. Meledak gitu. Yang baca melonjak sampai 3M. Hp nggak pernah berhenti bunyi dari notif wattpad sampai menghabiskan kuota 16gb sebulan.

Dan otomatis pengikutku melonjak juga. Sampai saat ini sudah mencapai angka 111 ribu pengikut. Amazing bangettt rasanya nggak percaya (saya curhat nih karena seneng banget). Saya yang baru menulis di wattpad selama 5 bulan bisa jadi pemilik akun wattpad dengan pengikut terbanyak no 4 seIndonesia setelah NaomiOcta, Angelxs_ dan Aurora Tan. Dan yang paling mengesankan tentunya tawaran dari penerbit untuk dibukukan. Rasanya seperti menuai panen bertubi-tubi nih.

Kesulitan di balik kesenangannya ada juga hehe. Kalau untuk cerita saya jarang kesulitan, karena sudah buat perencanaan dulu garis besar cerita dari awal hingga akhir. Paling cuma merangkai kata-kata per part yang perlu waktu lama. Saya juga bekerja di siang hari dan mengurus rumah tangga. Jadinya sering begadang untuk nulis. Paling sulit menulis ending, karena pingin hasilnya berkesan. Bahkan untuk pembuatan ending Sean and Valeria saya nggak bisa tidur 3 hari karena gelisah.

Pas di bulan ketiga saat cerita lagi booming di wattpad, ada yang report cerita saya juga ke wattpad karena mengandung unsur dewasa. Tapi secara unsur dewasa yang saya buat hanya 20% saja dari keseluruhan. Sisanya 80% adalah murni cerita. Bahkan scene dewasanya juga nggak terlalu vulgar dibanding cerita wattpad yang beredar. Entah kenapa malah ceritaku yang kena nih haha. Untung saja wattpad nggak menghapus cerita saya.

Kak Olin, apakah setiap kali kak Olin menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berapa lama, kak?

Riset pasti ada. Seperti contohnya tokohku ceritanya kan hamil. Aku sampai bertanya ke orang-orang yang ahli seperti dokter kandungan untuk mencari info seputar kehamilan dan persalinan. Untung ada teman sekolah yang jadi dokter kandungan sekarang.

Dan untuk setting juga cari info sampai jalan-jalan ke Jakarta dan Bogor. Meski salah juga sih akhirnya saya nulis karena salah catat. (Maklum bukan asli orang Jakarta) Di cerita saya buat di Bogor itu JICC padahal seharusnya SICC. Bagi yang baca harap maklum ya. Saya khilaf dan baru sadar setelah buku sudah tercetak. Tinggal nunggu dikritik aja dah ni. Hahahaha....pasrah.

Untuk cerita kedua saya di wattpad, Rayhan and Angela juga pakai riset. Dan sepertinya tingkat kesulitannya lebih tinggi dari karya pertamaku Sean and Valeria.
Risetnya nggak lama sih. Paling seminggu. Pertama lagi-lagi tentang kedokteran karena ceritanya bapak si tokoh ada yang terkena kanker. Sampai nanya teman dokter juga bagaimana fase metastase kanker stadium 4 dan pengaruhnya ke tubuh serta penanganan.

Satu lagi tentang masalah hukum seperti hukum Double Jeopardy yang saya angkat menjadi bagian dari cerita. Itu dari film luar sih risetnya.

Ada rencana nggak, kak Olin, setelah Sean & Valeria akan ada karya terbaru kak Olin yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan kak Olin?

Kemungkinan sih Rayhan and Angela. Itu juga masih satu seri dengan Sean and Valeria alias masih satu setting lingkungan begitu.

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya kak Olin, bisa diceritain sedikit kakak, mengenai karya-karya mbak secara singkat?

Sean and Valeria mengangkat tema tentang pernikahan antara 2 generasi berbeda. Sean berusia 31 tahun sedangkan Valeria masih 18 tahun. Karakter mereka juga berbeda 180 derajat tapi mereka memiliki kesamaan kok yakni sama sama gengsian alias jaim sehingga pada nggak mau mengakui satu sama lain kalau sudah saling suka. Ceritanya ringan. Lebih mengarah ke komedi rumah tangga. Bagaimana Sean yang workaholic menyesuaikan diri dengan istrinya yang kekinian, begitu pula sebaliknya.

Menurut kak Olin sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, kak, dalam karir kepenulisan kak Olin saat ini?

Tentu saja penting banget. Karena komunitas pembaca buku bukan hanya di wattpad saja. Pasti juga ada komunitasnya yang lebih suka media lain dan blog adalah salah satunya. Setidaknya jadi ikut terbantu karena otomatis karya saya dikenal juga di media blogger.

Yang terakhir ya, kak Olin. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel kak Olin? Dan juga untuk para blogger buku, kak?

Untuk pembaca di wattpad apalagi pembaca awal saya, saya ucapkan terimakasih banyak. Tanpa kalian mungkin aku nggak bisa jadi seperti ini.

Untuk para blogger buku, baca karyaku yah...hehe...
Karya pertamaku sudah diterbitkan dan bisa didapat di Gramedia, jadi di wattpad hanya ada sample 13 part awal.

Untuk karya kedua sekarang masih on going di wattpad.
Semoga bisa diterima.



***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng kak Olin? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang kak Olin cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  

Makasih banyak, kak Olin, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, kak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

Untuk karya dari Olin yang sudah terbit adalah :

  
Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Olin. Sudah punya karya Olin di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Olin tersebut. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Olin :

Penulis yang memiliki nama Dian Maulina ini akran disapa Olin. Kelahiran 16 Desember di Denpasar Bali ini dikenal dengan nama Matchamallow di akun Wattpad.

Olin bisa disapa di LINE : olin.linlinlin atau di IG : dian_oline_maulina

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Oh, jadi Olin ini penulis di wattpad. Ada keraguan sih baca karya yang embel-embel wattpad, soalnya kadang typonya parah, ceritanya suka asal-asalan. Padahal seharusnya tidak menghakimi karya itu berasal dari mana. Maaf ya. Mungkin kalau saya paksakan baca salah satu karya yang dari wattpad, bisa menerima juga dan mempertimbangkan untuk menyukainya. :)

    Baca juga ya: [Buku] Gravity by Rina Suryakusuma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kamu harus memperluas referensi bacaan kamu, Adin :)

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...