Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

30 October 2016

Melipat Origami bareng Rezza Dwi





Holaaa... 

Setelah kemarin kita Jalan-jalan di Bandung sambil ngelist Playlist bareng Erlin Natawiria, and now it's time for Melipat Origami bareng Rezza Dwi.

Udah kenal belum nih sama kak Echa? Udah tau kan buku karya kak Echa? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama kak Echa. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng kak Echa.. 
  
Hallo, kak Echa, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, kak?

Alhamdulillah sehat, Kak =)
Kesibukanku sejauh ini sih kayak sehari-hari biasanya. Banyaknya buat kerja. Sisanya palingan curi-curi les, nulis, terus berkutat sama hobi lainnya xD
Makasih banyak, Kakak! Alhamdulillah ehehehe. Doakan lancar ya!

Ehm, kak Echa, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, kak? Ehm, kak Echa, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, kak?

Iya silakaaan =)

Untuk hobi nulis sendiri ... nah, ini mungkin agak berbeda dari penulis kebanyakan.

Kalau penulis lain, setahu aku, biasanya hobi dari kecil. Minimal sejak SMA. Banyak juga yang udah sejak SD. Iya, nggak? Iya aja deh ya! xD
Sedangkan aku masih muda banget umur hobinya. Aku baru mulai menulis sejak tahun 2014, itu pun akhir bulan Juli. Awalnya sih iseng. Aku punya jatah libur tiga bulan dari kampus setiap akhir tingkat.

Waktu itu aku udah ngelakuin banyak hal tapi rasanya kayak nggak habis-habis liburnya. Ngapain lagi ya enaknya? pikirku waktu itu.
Karena aku sering baca-baca termasuk baca cerita di Wattpad, tiba-tiba, entah datang dari mana, ada ide-ide kecil di kepalaku. Eh kayaknya lucu deh kalau nulis tentang ini. Eh kayaknya lucu deh kalau nulis tentang itu. Begitulah. Agak random memang.

Akhirnya aku mulai coba-coba nulis di Wattpad. Dulu diem-diem nulisnya(itulah kenapa nama akun Wattpad-ku just-anny, bukan nama asli. Aku iseng cari nama yang jauh dari nama asliku dengan niat awal untuk menyembunyikan diri xD eeeh taunya kesebar juga). Malu. Aku sadar diri kalau awal aku menulis seolah tanpa ilmu sama sekali. Aku dulu belum ngerti kalau nulis tuh ada hal-hal yang harus diperhatikan semacam plotnya, alurnya, karakterisasi, EyD, atau apalah itu. Aku nulis yaaa nulis aja. Niatnya juga sekadar menuangkan ide di pikiran.

Kebetulan aku emang seneng merangkai kata, meskipun sekadar celotehan atau mengarang bebas pas ngejawab soal ujian. Aku menulis untuk kesenangan diri sendiri. Dulu sih niatnya untuk memanfaatkan waktu luang. Baru sekarang-sekarang ini jadinya niat meluangkan waktu. xD

Eh, kok panjang? Nah, ketahuan kan kalau aku emang suka nyerita? Ehehehe.

Kalau cerita tentang naskah bisa diterbitkan penerbit mayor, nah, ini lebih random lagi. Aku ada bahas ini sih di Ucapan Terima Kasih novel pertamaku. Intinya, kalau kata orang lain mimpi setiap penulis yaitu melihat karyanya ada di toko buku, itu pernah tidak berlaku bagiku. Sama halnya dengan alasan aku sembunyi-sembunyi nulis di Wattpad, aku sadar diri kalau umurku di dunia kepenulisan belum seberapa.
Ah tulisan aku mah masih cetek. Rasanya kayak terlalu jauh untuk sekadar bermimpi bisa menerbitkan buku.

Aku sih mikirnya yaa nulis aja dulu yang banyak. Tingkatkan dulu ilmu nulisnya, latihan nulis sesering mungkin, pelajari banyak hal tentang kepenulisan. Pengalaman itu nggak akan bohong. Kalau udah sering nulis, barulah mungkin aku akan merasa cukup percaya diri untuk “menjualnya”.

Sampai kemudian malah banyak dorongan dari orang-orang terdekat dan pendukungku kalau aku sebaiknya coba untuk menerbitkan buku. Akhirnya, saat salah satu editor menawarkan aku untuk kirim naskah, aku mulai memikirkannya. Kayaknya editor tersebut dituntun Allah buat “menemukan” aku. Oh, mungkin inilah saatnya aku berani coba, pikirku waktu itu. Ternyata, editor mau menerima naskahku. Beliau pun menjadi editorku sekarang. Alhamdulillah. Doa-doa orang yang berharap lihat tulisanku di buku cetak ternyata dikabulkan. Ehehehe.

Namun, ada proses dulu di balik jadinya bukuku itu. Dibantu dengan arahan editor tersebut, Origamiara lama bermetamorfosis menjadi Origamiara baru. Aku merevisi banyak hal agar jauh lebih layak untuk dibeli orang. Sekian bulan habis hanya untuk merevisi naskah itu. Doakan usahaku nggak sia-sia ya! Ehehe.

Bisa diceritain nggak, kak, kenapa kak Echa, memilih genre romance dalam setiap karya kakak? Tertarik untuk mengambil genre lain, kak, mungkin?

Aku biasanya pakai romance dan slice of life kalau nulis. Cepenku banyak di dua hal itu. Aku pernah loh coba nulis genre lain. Misteri, thriller, humor, parodi, sci fic, dan fantasi ada di Wattpad-ku. Tapi masih pendek-pendek karena ternyata aku merasa nggak cocok. Jadinya cerpen atau cerbung aja xD

Mungkin memang karena belum ngerasa seneng. Niatku menulis kan awalnya untuk menyenangkan diri sendiri. Aku pernah coba yang lain tapi rasa senangnya beda. Alasan lain juga karena aku mau coba perkuat dulu apa yang aku andalkan. Aku bisanya genre ini, ya sudah, perkuat ini dulu. Ehehehe.

Adakah cerita di balik penulisan semua karya kak Echa tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, kak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, kak?

Kesulitanku setiap menulis biasanya hampir-hampir sama. Aku kesulitan “memberatkan” konflik. Mungkin karena aku pribadi lebih suka cerita realistis. Aku selalu takut ceritaku terlalu drama kalau aku memilih konflik berat. Aku tiap nulis selalu mikir, ini terlalu drama nggak ya? Sampai nggak sadar sendiri kalau
akhirnya ceritaku malah jadi terlalu ringan (nah loh). Revisianku sejauh ini selalu bagian penambahan konflik. Bagiku itu tantangannya.

 Kak Echa, apakah setiap kali kak Echa menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berapa lama, kak?
Dulu nggak. Apalagi pas awal-awal nulis, pas aku belum tahu kalau nulis itu nggak bisa asal ngarang. Kalau sekarang iya. Aku riset. Sejauh ini belum terlalu banyak sih soalnya karyaku sendiri masih diambil dari hal-hal yang aku udah tahu sebelumnya. Kurasa ada banyak hal yang kuketahui yang bisa aku manfaatkan jadi tulisan. Kalau pengetahuan kita bisa kita pakai, kenapa nggak? Ehehehe. Kalau ditanya sering riset tentang apa saja, biasanya aku riset tentang matakuliah tertentu. Atau tentang
hal-hal lain untuk memastikan dan cek ulang. Siapa tahu kan pengetahuanku salah ya? xD

Ada rencana nggak, kak Echa, setelah Origamiara,  akan ada karya terbaru kak Echa yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan kak Echa?

Iya, insyaAllah ada. Ehehe. Ada karyaku yang akan terbit juga setelah Origamiara. Revisi dulu memang. Proses dulu. Tapi, Alhamdulillah sudah ada penerbit yang berniat menerbitkan karyaku itu. Mari kita tunggu sembari mendoakan prosesnya lancar! xD

Untuk rencana lain, aku masih akan terus menulis. Aku masih ingin menjadi diri aku yang belajar kepenulisan sebanyak-banyaknya, latihan nulis sesering mungkin, dan nggak berhenti cari ilmu. Karena ya itu dia, aku masih merasa ilmuku belum seberapa ehehe.

Aku ada keinginan bisa sekeren penulis lain yang tulisannya nggak seringan karyaku, yang lebih berisi, yang lebih bermanfaat. InsyaAllah. Doakan ya! Ehehehe.

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya kak Echa, bisa diceritain sedikit kakak, mengenai karya-karya kak secara singkat?

Kata pembacaku, tulisanku masuknya soft romance. Hobiku memainkan fakta /ceilah/, seneng ngasih kejutan sekecil apapun itu. Mungkin ini efek aku yang doyannya baca cerita detektif. Jadi, aku seneng aja sih memainkan plot gitu. Aku seneng seolah “nyuruh” pembacaku peka dan apik mengingat hal yang aku
selipkan di awal atau tengah karena siapa tahu itu yang akan jadi kunci di akhir cerita. Itu kataku sih ya.

Nggak tahu juga bagi orang yang membacanya ahahaha. Oh ada lagi. Aku belum bisa menjanjikan cerita berat. Aku nggak biasa nulis angst. Aku senengnya nulis
fluff. Lalu, aku juga terbiasa menyelipkan makna meski sederhana. =)

Menurut kak Echa sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, kak, dalam karir kepenulisan kak Echa saat ini?

Penting! Blogger, termasuk reviewer, menurutku sangat penting apalagi untuk penulisnya. Untukku sendiri, aku sadar ya kalau aku butuh sekali pendapat orang lain tentang tulisanku. Sekadar ulasan atau ada kritikan dan saran sangat membantu sekali. Hanya dari ulasan saja aku jadi bisa tahu bagaimana karyaku
di mata orang lain. Siapa tahu kan apa yang aku sampaikan ternyata berbeda dengan apa yang ditangkap orang.

Setidaknya, kalau ternyata hal yang ditangkap orang lain beda, aku jadi tahu celah mana yang kurang. Yah semacam respon-respon kecil juga itu akan jadi bahan kesimpulan. Misal blogger nggak bilang tulisanku manis, padahal niatku manis. Oh, mungkin aku memang kurang manis. Ahahaha. Itu contoh sih.

Yang terakhir ya, kak Echa. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel kak Echa? Dan juga untuk para blogger buku, kak?

Untuk para blogger, juga reviewer, tetap keluarkan pendapatnya ya! Tetaplah mengulas buku. Tanpa kalian, penulis akan kurang memahami bagaimana karyanya di mata orang lain. Penulis akan kurang belajar. Penulis ilmunya kurang bertambah. Semoga blogger terus aktif peduli agar karya Indonesia bisa lebih berkualitas.

Untuk pembacaku, terima kasih karena kalian telah ada. Seperti yang aku bilang di atas, berkat kalianlah aku berani bermimpi. Aku berdoa semoga karyaku tetap bisa memberikan manfaat sekecil apapun. Kalau menurut kalian karyaku bagus, beritahulah orang lain. Kalau ternyata karyaku kurang bagus, beritahulah
aku. Aku akan terus belajar untuk memperbaiki setiap hal.

Terima kasih juga untuk Kak Asri yang memberikan kesempatan ini. Maafkan aku ya kalau jawabanku ternyata puanjang banget. Ehehehe. Sukses selalu, Kak! Sukses selalu untuk kita semua.

***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng kak Echa? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang kak Echa cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  

Makasih banyak, kak Echa, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, kak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

Untuk karya dari Echa yang sudah terbit adalah :

 32325318
  
Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Echa. Sudah punya karya Echa di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Echa tersebut. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Echa :


Rezza Dwi kehaliran tahun 90an, lulusan S1 Matematika Institut Teknologi Bandung, dan tinggal pula di Bandung. Berkutat dengan pembuatan soal matematika realistis di siang hari, bersahabat dengan khayalan dan imajinasi di malam hari. Bekerja sebagai pengajar juga  di kota yang sama.  Saat ini, penulis aktif menulis di Wattpad dengan akun @just-anny.

Pembaca-pembaca tulisannya di dunia maya biasa memanggilnya Anny. Karya-karyanya  di Wattpad ada  Splash, Nira dan Dunia Kana, BassKiss, Theola, Rabu, Melodi Nada dan Rima, Analogi Rasa, dan banyak juga yang lainnya.

Rezza dapat dihubungi lewat:

Instagram: rezzadwiecha
Twitter: @rezzadwiecha
Wattpad: just-anny
E-mail: rezzadwi.maharani@gmail.com

53 comments:

  1. Wah jawabanku panjang sekali ternyataaaa hihihi makasih Kak Asriii <3

    ReplyDelete
  2. Uuu, mtk itb :o semoga versi novelnya lebih bagus ya kak :3

    ReplyDelete
  3. Sukses selalu untuk kak echa dan karya-karyanya :3

    ReplyDelete
  4. Sukses terus Kak Echa, ditunggu karya-karya selanjutnya

    ReplyDelete
  5. bincang santainya seru,apalagi baca jawaban kak echa yang supeerr panjaang hihi
    sukses selalu buat kak echa~

    ReplyDelete
  6. Wahh seruu, aku juga pernah chat sama kak ann via line, friendly banget kak ann itu. Sukses terus ya kak ann

    ReplyDelete
  7. Aku suka banget jawaban kak echa di bagian 'pengalaman itu gak akan bohong'. Beuuhh.. Ngena banget.
    Sukses terus pokoknya.

    Btw, Kak Asri, itu di bagian awal, yang ngelist Playlist, kok namanya Echa Natawiria, ya? Bukannya Erlin Natawiria?

    ReplyDelete
  8. Salut, padahal itu kesibukan didunia nyata sibuk bnget keknya, tapi menulis pun masih jalan!

    ReplyDelete
  9. Karen!! Salut sama Kak Echa!! Semangat terus ya kak semoga karya karya selanjutnya semakin lebih baik lagi dari karya karya sebelumnya. Karena hasil tidak pernah menghianati usaha. Buat Kak Asri juga makasih banget loh udah mau bagi bagi cerita manisnya bareng Kak Echa hehehe btw aku belum punya buku Origamiara nih siapa tau gitu mau bagi bagi gratis buat aku wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Karen!! Salut sama Kak Echa!! Semangat terus ya kak semoga karya karya selanjutnya semakin lebih baik lagi dari karya karya sebelumnya. Karena hasil tidak pernah menghianati usaha. Buat Kak Asri juga makasih banget loh udah mau bagi bagi cerita manisnya bareng Kak Echa hehehe btw aku belum punya buku Origamiara nih siapa tau gitu mau bagi bagi gratis buat aku wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Sukses selalu ka echa ���� aku selalu seneng baca analogi rasa karya ka echa, semua puisinya ngena banget. Dan di tunggu novel keduanya..

    ReplyDelete
  12. Sukses kak echa ☺ jan pernah puas yaa. Tingkatkan terus tulis menulisnya. Mari naikan virus baca :v ehya ditunggu karya selanjutnya yang lebih wow

    ReplyDelete
  13. Paling seneng baca wattpad karya kak Echa.. seru banget pokoknya. Nggak pernah nggak seru, selalu menyuguhkan karya yang asik dan menarik.

    Semoga karyanya kak Echa banyak yang di buat Novel! yeaaay!

    Semangat kak Echaaa!

    ReplyDelete
  14. Ah ternyata kita tetanggaan, tinggal di Bandung juga 😊😊😊

    ReplyDelete
  15. Semoga kak Echa bisa menjadi inspirasi buat calon penulis berbakat Indonesia. Salut buat kak EchaπŸ‘ teruslah berkarya😊

    ReplyDelete
  16. Eh aku baru tau kalo origamiara ini ternyata mulai dari waatpad juga. Jadi nyesel deh y belum pernah baca tulisannya mbak echa di wattpad. Yg aku salut sama mbak echa tu dia lulusan MTK ITB tapi pasion nulisnya bisa dituangkan dengan begitu baik πŸ˜„

    ReplyDelete
  17. Eh aku baru tau kalo origamiara ini ternyata mulai dari waatpad juga. Jadi nyesel deh y belum pernah baca tulisannya mbak echa di wattpad. Yg aku salut sama mbak echa tu dia lulusan MTK ITB tapi pasion nulisnya bisa dituangkan dengan begitu baik πŸ˜„

    ReplyDelete
  18. Ada satu yg bikin saya penasaran, kak echa udah nerbitin berapa buku kak??
    Baru mulai tahun 2014 dan sudah banyak tulisan di wattpad juga nerbitin buku adalah hal yg luar biasa.
    Semangat terus buat kak Echa ditunggu selalu karyanya kak. Abis ini meluncur ah ke wattpad nyari @just-anny😊

    ReplyDelete
  19. Dari dulu memang sudah jatuh cinta sama tulisannya kak Echa. Diksinya simple tapi entah mengapa bisa jadi menarik. Sekarang pun, aku masih mantengin wattpad kak Echa. Penggemar beratnya BassKiss yang selalu nungguin updatean XD Btw, buat kak Echa, sukses terus yaa!😊

    ReplyDelete
  20. Keren baru nyoba nulis dan langsung diterbitin. Semoga hasil tulisanku yg bertahun-tahun juga bisa segera terbit. Amin.

    ReplyDelete
  21. Ternyata pemilik akun @just-anny di wattpad. Aku sering baca karyanya juga. waaaah, jadi penasaran..

    ReplyDelete
  22. Selama ini aku nyoba nulis biar bsok bisa diterbitun jd buku. Ambisi bgt gitu. Tp bca bincang santai diatas aku jd sadar ambisiku bener bener pemikiran dangkal yg egios

    ReplyDelete
  23. Keren. Suka bgt sm Mom Anny:* sukses terus kakk! Swmangat!! Ditunggu novel cetak selanjutnyaaaaaa!!

    ReplyDelete
  24. Waah, dua jempol deh buat kak Echa. Nulis novelnya cuma buat menuangkan ide aja bikin baper banget. Apalagi nulisnya seriusan ya? Apa gak bikin baper maksimal tuh!! :D

    ReplyDelete
  25. dari obroLan diatas satu haL yang aku suka yaitu kata kata dari kak Echa yaitu "Bahwa PengaLaman itu nggak akan bohong", itu memang benar sekaLi untuk menjadi penuLis hebat itu perLu banyak Latihan menuLis dan menuLis. sukses terus buat kak Echa dan Kak astri. semoga keLak aku juga bisa menuLis noveL seperti kakak dan bisa terampiL mereview buku seperti kak astri

    ReplyDelete
  26. sebuah tamparan buatku, aku kmren bru aja mau mengubur impianku jdi penulis. mau berhenti dri dunia kepenulisan. tp setelah baca bincang santai ini, aku jdi bersemangat lgi. mungkin aku akn berhenti sejenak bukan berhenti selamanya. semoga saja.. sukses terus buat Kak Echa :)

    ReplyDelete
  27. Kak Echa bilang Kakak masih amatir dalam hal kepenulisan tapi udah bisa bikin Kak Asri sukses menteskan air mata? Itu mah udah bukan amatir lagi kak :D
    Anyway, suka banget sama sifat Kakak yang friendly plus enak banget diajak ngomong kaya gitu, soalnya nggak semua penulis bisa se-humble Kakak :D

    ReplyDelete
  28. Hahaha... baca jawabannya ka echa dibincang santai ini seru... suka merendah yah ka... padahal asli tulisannya bagus... pokoknya sukses terus yah ka.... semoga aku bisa nyusul... hehehe....

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Sukses terus ya kak rezza dwi echa buat karyanya semoga makin gemilang😁 ganbate!!!

    ReplyDelete
  31. Salut banget sama komitmen nulisnya, tulisanku gak pernah selesai-selesai hehe....dan S1 Matematika? Wow...sugoi...!!! Aku gak begitu suka Matematika, jadi ngerasa salut banget sama Mbak Echa ini. Sukses selalu...

    ReplyDelete
  32. Kak Echa ceritanya keren.. Aku baca origamiara di watty tp baru dikit pas mau terbit kaget banget... Dan aku penasaran versi novelnya... Dan makasih akhirnya cover yg ku pilih kepilih dan covernya bagus banget... Pesan2nya sangat bermanfaat... πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘dan sekitarnya dulu aku suka matematika tapi habis SMA nilai matematika ya gitulah... Jadi kalo hubungan integral, kalkulus, fungsi... Pusinggg😭😭😭 maaf keun penggemar matematika.. #kenatimpuk... Pokoknya semangat buat kamu Echa... Aku jga menanti karya kakak selanjutnyaaa. πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ

    ReplyDelete
  33. Kak Echa ceritanya keren.. Aku baca origamiara di watty tp baru dikit pas mau terbit kaget banget... Dan aku penasaran versi novelnya... Dan makasih akhirnya cover yg ku pilih kepilih dan covernya bagus banget... Pesan2nya sangat bermanfaat... πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘dan sekitarnya dulu aku suka matematika tapi habis SMA nilai matematika ya gitulah... Jadi kalo hubungan integral, kalkulus, fungsi... Pusinggg😭😭😭 maaf keun penggemar matematika.. #kenatimpuk... Pokoknya semangat buat kamu Echa... Aku jga menanti karya kakak selanjutnyaaa. πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ

    ReplyDelete
  34. Kak Echa imut ya hehe
    Baby face #oups dan keren penggalan hidupnya. Semangat terus kak!

    ReplyDelete
  35. MTK di ITB? Wow, keren... Dari seorang analitikal angka2 menjdi seorang penulis cukup jauh melenceng tapi gak ada yg gak mungkin jika kita mau berusaha dan terus belajar. Semangat terus kk Anny ������ *BassKiss d tggu selalu hehehe

    ReplyDelete
  36. Uhuk, uhuk, ada karya lain yang mau dibukuin. Kira-kira cerita siapa, yaaa? My Bananakah? #eh Ahahaha, ada kesamaan sama Kak Echa di bagian pake nama 'samaran' biar nggak ketahuan kalo itu kita, eh tau-tau malah kesebar. Disyukurin ajalah, ya, ambil hikmahnya. :"D

    ReplyDelete
  37. Ternyata berawal dari keisengan dan kegemaran ditambah rasa bosan dan ingin mengisi waktu akhirnya bisa jadi seorang penulis. Yang pasti modalnya udah punya ya, karna seneng menulis jadi bisa melahirkan sebuah novel. Semoga bisa ketularan ya, aku seneng nulis tapi masih bingung :D

    Sukses selalu :) :)

    ReplyDelete
  38. Sukses terus...
    Ditunggu karya-karya selanjutnya...

    ReplyDelete
  39. mutia a21:01

    Waa btw sama banget nama akun wattpad nya di samarin kak, tapi bedanya gak ketahuan, atau mungkin belum. Ahahaa
    Bahkan buat IG samaran khusus give away novel wattpad wkwkwk
    Buat kak echa, sukses dengan karya lain yg mau di bukuin.
    Terus berkarya kak ^^

    ReplyDelete
  40. Dari perjalanan panjangnya menjadi penulis, aku sudah ngfans semua cerita just-anny di Wattpad. Terima kasih untuk semua kisahnya :)

    ReplyDelete
  41. Aduh ngelihat prosesnya jadi ingin jadi penulis kayak kakakπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  42. seru banget pengalaman proses menulisnya, bisa jd inspirasi ;)

    ReplyDelete
  43. Jadi penasaran banget sama novel origamiara nya kak Echa, dari dulu kepengyen beli tapi pengeluaran lagi banjir terus hehe..

    Oya gara gara cerita kak echa nih aku jadi semangat pengen belajar nulis lagi. Dulu aku juga suka nulis cerita bergenre romance tapi nggak pernah sekalipun aku share diwattpad,  soalnya aku belum siap nerima komentar atau cacian yang situjukan ke aku. tapi sekarang aku jadi sadar kalo tanpa komentar dan cacian itu sendiri aku tidak akan pernah bisa maju dan tau dimana letak kelemahanku dalam menulis. Hehe thanks ya berkat kak echa aku jadi punya semangat lagi buat nulis cerita. Sukses dan semangat juga ya nulisnya, ditunggu karya karya selanjutnya kak Echaaaa :D Psssstt.. titip salam juga buat kang Bana, kapan ngajakin aku piknik ke KUA :'D

    ReplyDelete
  44. Keren lah, kak. Awalnya cuma mengisi waktu untuk nulis akhirnya malah meluangkan waktu untuk nulis. Keren juga sih, kalo nulis awalnya cuma buat iseng ajaa, tapi udah jadi novel gini.

    Kadang juga pengen sih, bisa nulis dengan konsisten sampe tamat gitu. Aku mah kalo nulis cuma baguan awalnya aja, abis itu males deh mau ngelanjutin. Lebih suka baca, hihi. /eh

    Makasih buat bincang2 santainya. Sukses selalu untuk kakak berdua ya!πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  45. Selalu salut sama orang-orang yang bisa nyelesaiin ceritanya di wattpad, soalnya aku juga penghuni wattpad sih walaupun lebih cenderung jadi silent reader. Terus, selalu penasaran gimana caranya utk tetap menjaga mood buat ngetik ceritanya, apalagi kalo tiba-tiba lagi kena writer block. Mungkin kak Asri mau bantu nanyain ke kak Echanya hehe

    ReplyDelete
  46. Hebat ka. Dalam waktu dua tahun uda nerbitin novel kece. Hihi
    Semangaaat terus ka !! 😁

    ReplyDelete
  47. Salut banget dengan proses menulisnya. Sukses selalu buat Kak Echa, duh jadi penasaran sama novelnya :)

    ReplyDelete
  48. Waw keren deh. Baru mulai nulis sejak pertengahan 2014 dan sekarang udah nerbitin novel ya. Salut salut salut. Wattpad memang sangat membantu bagi para penulis karena saya yakin di luar sana banyak penulis potensial hanya saja karya mereka lebih sering mereka simpan sendiri karena sudah takut duluan kalau naskah ditolak pas dikirim ke penerbit hehe. Kalau sekarang kan bisa di-post saja di wattpad, daripada nganggur di folder hihi. tinggal tunggu peminatnya banyak atau tidak. Kalau banyak dan direspon positif, maka opportunity untuk nerbitin novel terbuka lebar. Ya nggak sih? :D

    ReplyDelete
  49. MuthiaraRafli19:29

    gilssss, pengen banget baca novelnyaaaaaa
    aku suka banget sama kak Echa a.k.a Just-anny
    aku suka sam karya karyanya di wattpad solanya pas baru punya wattpad aku udah nge add cerita kak echa di wattpad dan akupun jatuh cinta

    ReplyDelete
  50. Sukses selalu kak. Ditunggu karya karya selanjutnya.

    ReplyDelete
  51. Salut banget sama kak Echa. Sukses selalu ya kak. Ceritanya sangat menginspirasi aku kak :)

    ReplyDelete
  52. Aku bukan termasuk anak penongkrong wattpad sih. Hanya beberapa yang ceritanya aku baca sampai habis, kadang kalau udah kehabisan stok bacaan suka minta rekomendasi dan banyak yang merekomendasikan ceritanya just-anny. Ternyata sosok dibalik nama itu adalah kak Echa ya hihii :D
    Seru nih awal menulisnya. Aku juga sering ngerasa liburan nggak produktif makanya juga suka nulis-nulis gitu tapi ya belum konsisten kayak kak Echa. Semoga kedepannya bisa makin fokus dan berkomitmen menyelesaikan tulisan dan menyingkar writers block ini *halah* terima kasih kak Echa udah menginspirasi ^^

    ReplyDelete
  53. Suka dengan pesan-pesan dari Kak Echa yang terakhir itu. Tapi sayangnya aku bukan blogger. Dan aku termasuk yang payah banget kalau nulis resensi hhihihi. Justru aku lebih mudah kalau nyampein secara omongan langsung daripada lewat tulisan >.<

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...