Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

22 October 2016

The Playlist - Erlin Natawiria



31828353 Judul : The Playlist
Penulis : Erlin Natawiria
Penerbit : Grasindo
ISBN : 9786023756728

And the blurb..

Musik latar bukan sekadar aksesori bagi Winona.

Ketika food writer lain memusatkan perhatian pada rasa dan tampilan, Winona akan menajamkan telinganya untuk menilai pilihan lagu di sebuah tempat makan. Baginya, lantunan melodi memberi pengaruh besar terhadap suasana hati pengunjung. Semakin sesuai musik latar dengan hidangan, semakin tinggi penilaian yang akan Winona berikan.

Hingga kehidupan Winona berubah saat mengunjungi No. 46. Absennya musik latar dan kemisteriusan Aries mengusik benak hingga hatinya. Jerat yang coba dia lepaskan justru menariknya semakin dekat dengan pria yang menyimpan duka dan sepi yang terasa familier baginya. Belum cukup di situ, Winona pun harus berhadapan dengan Ethan—pesona dari masa lalu yang mengisi hidupnya dengan kenangan-kenangan manis.

Di antara iringan musik latar dan hidangan-hidangan lezat, Winona harus memilih: menghadapi rasa takut yang terus dia hindari atau kembali ke tempat ternyaman yang melengahkan?

Here we go..

Aku enggak percaya kalau ada sepasang mantan yang bisa berteman

The Playlist, menceritakan kisah tentang seorang gadis bernama Winona dan profesinya yang akhirnya mempertemukannya dengan seorang lelaki yang misterius, Aries. Profesi Winona sebagai food writer atau lebih dikenal dengan orang yang suka mereview makanan. Bersama dengan sahabatnya Ghina, Winona menuliskan reviewnya pada laman YummyFood. Tapi alih-alih menuliskan mengenai review makanannya, Winona menambahkan review mengenai playlist di tempat makan tersebut. Percaya atau tidak, terkadang playlist juga amat sangat mempengaruhi review atau rate tempat makan lho.

Winona memiliki kisah masa lalu bersama dengan Ethan. Sebelum bekerja menjadi food writer, Winona memang bekerja bersama dengan Ethan menjadi penulis review musik di Sound&Beat. Namun, karena satu dan lain hal, hubungan tersebut berakhir. Namun, masalah di antara mereka berdua belumlah selesai. Ada rahasia yang disimpan Ethan pada Winona. Rahasia yang membuat Ethan amat sangat bersalah pada Winona.

Aku suka kemeja cowok. You know, it has no curves. Bisa menyembunyikan bentuk tubuhku yang enggak keruan

Lalu, Winona yang saat sedang menuliskan review makanan, akhirnya berkunjung ke satu tempat bernama No.46. Disana, dia bertemu dengan sang pemilik tempat makan, Aries. Winona semakin bingung karena terbiasa mendengarkan musik sebagai latar dari tempat makannya, namun, kali ini tak ada musik apapun yang mengiringi sebuah tempat makan. Dan itu terjadi di No.46. Winona semakin penasaran kenapa sang pemilik tak memasang lagu di tempat makannya. Rasa penasaran Winona yang membuatnya menjadi semakin penasaran tak hanya dengan tempat makannya, namun juga dengan sang pemiliknya.

Saat Winona kesusahan mencari tempat tinggal, Aries akhirnya menawarkan tempat tinggalnya. Dan hal tersebut membuat Winona dan Aries semakin dekat. Berbagi rahasia, berbagi masalah membuat keduanya semakin dekat. Namun, ada satu hal yang disimpan Aries dan akhirnya saat Aries memilih mengatakannya pada Winona, membuat Winona terjebak dalam masalah Aries dan pekerjaannya.

Apa yang sebenarnya terjadi pada Aries dan Winona? Lalu bagaimana akhir kisah mereka?

Pernikahan bagiku seperti tes level kehidupan, Ino. Atas nama Tuhan pula. Bukan untuk sekedar seks legal atau meneruskan keturunan

Membaca novel ini seriusan, nggak hanya bikin lapar dan pingin jalan-jalan serta nyanyi, tapi juga bikin gemes-gemes manja, baper, ketawa, sebel, sedih, semuanya bercampur jadi satu. Penulisnya mampu merangkai kata demi kata menjadi kalimat yang bikin pembacanya menjadi kesulitan buat berpaling sejenak saja dari novel ini. Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Tak hanya tentang makanan, musik, persahabatan, hubungan antara mantan, tentang cinta dan kasih, tapi juga tentang arti keluarga, dan penyelesaian masalah. Ahh, ikhlas juga.

Sosok Winona sendiri yang diceritakan disini, benar-benar serasa berkaca dengan diriku sendiri. Aku pernah mengalami seperti yang Winona alami, maksudnya disini bukan profesinya yaa, tapi kehidupan percintaannya. Baper mode on dimulai. Masih merindukan mantan, tapi males memulai. Kemudian bimbang datang saat bertemu dengan yang the one. Perjuangan Winona pun tak mudah, dan itu bikin aku salut banget sama karakternya. Walaupun dia tertutup atau menutupi dirinya dari orang luar, itu salah satu upayanya dalam melindungi dirinya sendiri.

Karena, kamu tahu, pernikahan hanya awal dari fase lain. Ini bukan tentang pestanya yang meriah, tetapi bagaimana kami mempertahankannya sampai maut memisahkan

Dari Winona, aku belajar banyak hal. Jika ingin terlepas dari masa lalu, selesaikanlah terlebih dahulu agar kehidupan barumu tak lagi terbayang-bayang akan masa lalu. Begitu juga dengan perasaan bersalah. Berdamai dengan diri sendiri akan menjadikan kita bisa menerima segala hal. Setidaknya kemampuan Winona juga patut diacungi jempol. Bikin pingin makan kalau kayak gini. Enaknya sambil dengerin lagu siapa ya.

Dari Aries, aku belajar untuk bisa menerima pendapat orang lain, menerima kesalahan orang lain, mau memaafkan, dan tentunya berdamai dengan dirinya sendiri. Terlebih lagi jika kesalahan tersebut dibuat oleh orang yang selama ini diinginkan kehadirannya. Mengikhlaskan lebih baik, membuat hati menjadi lebih lega dan hidup pun kembali berwarna.

Ciri khas juga penting mengingat tempat makan di Bandung sekarang makin banyak, tapi menunya juga masih tipe kebanyakan

Aku beneran baper, sedih banget saat Winona dan Aries sama-sama menceritakan kisah kelam mereka berdua. Namun, berbarengan dengan kelaparan saat membaca bagian dimana Winona pergi makan di tempat dengan setting yang luar biasa indahnya ditambah dengan makanan yang luar biasa enaknya. Gimana aku nggak mupeng, nggak lapar, dan nggak mungkin nggak makan tengah malam kalau kayak gini. Senangnya aku, kalau yang lain sedih, aku malah seneng. Soalnya makannnnnn. Dan membaca novel ini bikin referensi musikku jadi bertambah banyak. Baru dengar Copeland juga. Duh, kemana aja sih aku selama ini. Setelah sekian lama mendengarkan lagu korea, saatnya kembali mendengarkan lagu barat.

Novel romance ini benar-benar membuatku jatuh cinta, lapar, pingin nyanyi. Apalagi covernya yang menampilkan mie atau pasta yaa itu, bikin makin lapar kan. Kece abis iniiii. Terlebih pasta merupakan salah satu kesukaanku sih. Eh mie juga. Kemarin habis makan mie ayam goreng. Enak banget. Sebenarnya sih itu lebih ke merealisasikan keinginan teman yang ngidam mie ayam goreng. Dan habis dalam waktu 10 menit, hebat kan? Ketahuan lapar dan pinginnya sih kalau kaya gitu. Ahay!

Seandainya bisa, aku ingin mengambil kembalo sebagian hidupku yang sudah hilang

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Winona dan Aries serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua tokohnya yang awalnya kaku, lembut, kaku, canggung, lembut. Bikin gemes sendiri.

Tokoh favoritku disini adalah Winona. Kenapa bukan Aries? Karena Aries masuk ke dalam salah satu cogan yang harus disimpan rapat-rapat dan tidak boleh buat orang lain. Fix, pembaca posesif. Bagaimana Winona bisa menutupi masalah , menerima masalah, menjadi pendengar yang baik, sahabat yang baik, memberikan masukan dan nasihat kepada seseorang dengan bahasa yang lugas, tegas tapi menyentuh.

Mungkin kita dipertemukan untuk belajar memperbaiki kesalahan, supaya tidak terulang lagi nanti.. saat bersama orang baru

Aku juga suka dengan Ghina, sahabat Winona. Yang mau bersabar menghadapi sikap Winona saat sedang kumat errornya. Menerima segala review makanan yang diterima oleh Winona, yang lebih mengutamakan musiknya. Namun perlahan menjadi seimbang.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai indahnya setting tempat makan di seputaran kota Bandung, tentang makanan yang direview, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah persahabatan, cinta, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan camilan yaa.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa, kali ini aku pingin baca kisahnya Ghina dan Leo atau Ethan dengan Rusianya. Please..

Aku tidak bisa menjanjikan apa pun selain kembali lagi kepadamu

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...