Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

15 November 2016

Unpredictable Marriage - Aiu Ahra | Blog Tour, Giveaway


32325429Judul : Unpredictable Marriage
Penulis : Aiu Ahra
Penerbit : Grasindo
ISBN : 9786023756919

And the blurb..

Apa jadinya kalau ada lelaki yang tak kau kenal tiba-tiba menawarkan pernikahan denganmu?

Gilda, pada usianya yang ke-29 tahun dan tuntutan menikah dari ibunya, dihadapkan pada tawaran menikah oleh Darrel. Lelaki yang lebih muda tiga tahun darinya. Lelaki bergaya slengean yang adalah pemain band. Keduanya menikah tanpa cinta. Hanya mengandalkan komitmen untuk membentuk sebuah keluarga.

Darrel bukanlah tipe ideal Gilda. Namun, perlahan ia sadar cinta memang bisa hadir tanpa rencana. Di balik sikap Darrel yang semaunya, lelaki itu selalu punya kejutan.

Namun ketika keduanya mulai sadar dengan perasaan cinta masing-masing, masalah besar justru hadir. Pernikahan mereka terancam! Mampukah Darrel dan Gilda melewatinya?
  
Here we go..

Kamu kira pernikahan itu permainan? Pernikahan itu sakral. Gimana mungkin seseorang asal memilih pasangan yang bakal menemani sampai tua?

Unpredictable Marriage, menceritakan kisah tentang seorang gadis bernama Gilda dan cerita tentang kesuksesannya dalam membangun karirnya hingga ke permasalahan cintanya yang pada akhirnya mempertemukannya dengan seorang lelaki yang penuh tawa, ceria dan semangat, Darrel. Profesi Gilda sebagai manajer pemasaran dengan segala mimpi dan cita-cita, di usianya yang di akhir dua puluh tahun, dengan kesibukannya, membuatnya lupa untuk mencari pasangan hidup. Bersama dengan sahabatnya, Nindi sekaligus sekretarisnya di kantor, Gilda banyak bercerita mengenai kehidupannya. Tapi alih-alih mendapat masukan yang luar biasa membuat Gilda melakukan saran Nindi, yang ada malahan saran Nindi terkadang tidak masuk di akal Gilda. Walaupun sebenarnya saran tersebut baik.

Gilda memiliki kisah masa lalu bersama dengan Fandi. Sebelum akhirnya Gilda menjadi gila dan sibuk bekerja, Gilda memang pernah menjalin hubungan bersama dengan Fandi. Namun, karena ada sesuatu hal yang memang dirasa oleh Gilda kurang pas untuknya, mau tak mau hubungan tersebut pun berakhir. Hingga pada akhirnya, pertemuan mereka setelah sekian lama, kembali terjadi.

Cinta mungkin datang secara tiba-tiba, tapi ingat cinta juga bisa tumbuh kalau ditanam

Lalu, Gilda yang saat sedang berkunjung ke satu cafe, akhirnya bertemu kembali dengan Darrel yang pernah ditemuinya di resepsi pernikahan temannya. Disana, dia melihat penampilan Darrel, hingga saat satu kejadian, dimana Gilda bertemu dengan seseorang yang akan dijodohkannya, hal tersebut malah membawanya ke satu takdir yang tak pernah dia pikirkan sebelumnya. Gilda bimbang akan tawaran yang diajukan Darrel, namun pada akhirnya dia mengiyakannya. Rasa penasaran akhirnya membawa Gilda mengetahui dan mengenal Darrel lebih dekat, begitu pun dengan Darrel. Rahasia kehidupan Darrel, bagaimana Gilda di mata Ibunya, semuanya terbuka tanpa pernah mereka ingin tutupi.

Saat Gilda kesusahan mencari makna tentang arti pernikahan itu sendiri, Darrel membuat perasaannya naik turun. Hingga satu kejadian dimana band Darrel lolos audisi dan mengharuskan Darrel membuat pilihan yang teramat sulit. Band Cleine yang tadinya tak lolos audisi, membuat rasa penasaran bagi teman-temannya tatkala Cleine akhirnya berhasil mencapai kata sepakat untuk masuk dapur rekaman. Rahasia yang tadinya disimpan sendiri oleh Darrel akhirnya terbuka. Namun, saat semua rahasia tersebut terbuka, disaat yang bersamaan, sang ayah masuk Rumah Sakit. Darrel kehilangan pegangan. Hingga membawanya pada satu keputusan.

Apa yang sebenarnya terjadi pada Darrel dan Gilda? Lalu bagaimana akhir kisah mereka?

Pada akhirnya setiap manusia punya gerbang kehidupan baru buat mereka jalani

Membaca novel ini seriusan, nggak hanya bikin baper tapi bikin nangis dan pingin rasanya mukul guling buat dijadiin pelampiasan. Bener-bener gemes-gemes manja, ketawa, sedih, sebel, semuanya campur jadi satu. Penulisnya mampu merangkai kata demi kata menjadi kalimat yang bikin pembacanya menjadi kesulitan buat berpaling sejenak saja dari novel ini. Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Tak hanya tentang hubungan suami istri, persahabatan, kecemburuan, masa lalu, keluarga, dan penyelesaian masalah.

Sosok Gilda sendiri yang diceritakan disini, benar-benar serasa berkaca dengan diriku sendiri. Dikejar keinginan menikah oleh keluarga namun karena keasyikan bekerja menjadi sedikit melupakan untuk mencari pasangan hidup. Sekalinya bertemu dengan seseorang malah bukan seperti tipe yang diinginkannya. Kemudian bimbang datang saat masa lalu akhirnya datang kembali. Hampir meluluhlantakkan perasaan yang sudah hilang tak berbekas. Perjuangan Gilda pun tak mudah, dan itu bikin aku salut banget sama karakternya. Walaupun dia tertutup, berusaha terlihat tegar, itu hanyalah salah satu upayanya dalam melindungi dirinya sendiri.

Cara mudah untuk jatuh cinta adalah dengan menghabiskan banyak waktu dengan pasangan agar bisa saling menyesuaikan diri

Dari Gilda, aku belajar banyak hal. Jika memiliki keinginan, dan kesempatan sudah ada di depan mata, letakkan gengsi dan coba untuk memulainya terlebih dahulu. Terkadang rasa gengsi membuat segala hal yang diinginkan malah terlepas. Kemudian berdamailah dengan diri sendiri dan masa lalu. Tetap menjadi diri sendiri tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita dan seorang istri. Setidaknya kemampuan Gilda dalam menghadapi Darrel, orang tuanya dan orang tua Darrel serta masalah yang datang dalam hidupnya juga patut diacungi jempol.

Dari Darrel, aku belajar untuk bisa menerima pendapat orang lain, menerima kesalahan orang lain, mau memaafkan, dan tentunya berdamai dengan dirinya sendiri. Belajar bagaimana mewujudkan mimpinya menjadi nyata. Mencoba untuk berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu. Mencoba untuk memahami jika keinginan terkadang tak sesuai kenyataan. Terlebih lagi jika kesalahan tersebut dibuat oleh orang yang selama ini diinginkan kehadirannya. Mengikhlaskan lebih baik, membuat hati menjadi lebih lega dan hidup pun kembali berwarna.

Nggak ada satu pun yang bisa berubah tanpa proses dan usaha

Aku beneran baper, sedih banget saat Gilda mendengarkan kisah pilu Darrel semasa kecil hingga peristiwa itu terjadi dan merubah semua hal yang pernah ada. Kemudian saat Ibunya Gilda menceritakan bagaimana Gilda kepada Darrel, membuat Darrel lebih menghormati dan menghargai Gilda. Gimana aku nggak mupeng, nggak baper, dan nggak mungkin nggak nangis kalau kayak gini. Ceritanya beneran deh bikin aku terinat kisah cintaku sendiri. Asik. Bahasanya kenapa agak ngeri yaaa? Ha.. ha.. Dan membaca novel ini bikin referensi tentang kehidupan pernikahan jadi bertambah banyak. Ternyata memang tak semudah yang dibicarakan banyak orang yaaa. Ada up and downnya.

Novel romance ini benar-benar membuatku jatuh cinta, baper, pingin nyanyi, gemes sendiri. Apalagi covernya yang menampilkan kesan misterius. Baru kali ini lhoo, novel dengan cover yang bikin penasaran abis. Sesuai dengan judulnya juga,unpredictabble banget kisahnya. Kece abis iniiii.

Memulai sesuatu dari awal tidak selalu mudah, Gilda. Beginilah realitasnya. Ada hal-hal yang tidak bisa dipaksakan. Ibarat keramik pecah yang disatukan kembali dengan lem, tetap ada bagian yang hilang. Dan bagian yang hilang itu tidak bisa digantikan dengan apa pun

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Gilda dan Darrel serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua tokohnya yang awalnya kaku, lembut, kaku, canggung, lembut. Bikin gemes sendiri.

Tokoh favoritku disini adalah Gilda. Kenapa bukan Darrel? Karena Darrel termasuk ke dalam kriteria cowok yang harus di keep dan tak boleh dishare ke yang lainnya. Fix, pembaca posesif. Bagaimana Gilda bisa  menjadi sosok yang dewasa dalam menghadapi sikap Darrel, bagaimana Gilda berusaha menyelesaikan permasalahan yang terjadi, menjadi seorang pendengar yang baik, memberikan masukan dan nasihat kepada seseorang dengan bahasa yang lugas, tegas tapi menyentuh.

Dalam hidup ini, ada saatnya melawan prinsip kita sendiri, Gil. Melawan diri kita sendiri. Menurut kamu untuk apa cobaan-cobaan diberikan Tuhan? Itu untuk membuat kita menjadi manusia yang lebih baik

Takdir nggak pernah membawa kita ke arah yang salah. Ini cuma cobaan, jalani dengan positif. Percayain semuanya pada Tuhan

Aku juga suka dengan Nindi, sahabat Gilda. Sahabat yang selalu ada tatkala Gilda membutuhkan saran. Walaupun saran yang diberikannya terkesan tak benar, tapi sebenarnya saran tersebut akan benar terasa pas dilakukan oleh Gilda.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai hubungan antara dua tokoh utamanya, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah persahabatan, mimpi, cinta, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan makaroni yaa.

Hati yang kecewa selalu menimbulkan luka. Luka di hati memang tidak terlihat, tapi justru yang tidak terlihat itulah yang paling sulit untuk disembuhkan

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa, kali ini aku pingin baca kisahnya Nindi atau Fandi atau Deby. Please..

Terkadang impian itu bukan tentang apa yang kita inginkan, melainkan apa yang paling kita butuhin


=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel Unpredictable Marriage yang dikirim langsung sama Penerbit Grasindo dan kak Aiu Ahra? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @aiu_ahra03 , @grasindo_id dan @princessashr, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita bertiga dan jangan lupa sertakan hashtag #UnpredictableMarriage
3. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, dan jawabanmu yaa..

Apa arti pernikahan menurut kamu?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 15 - 21 November 2016 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa.. 

52 comments:

  1. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: tangerang
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/798380566726877184

    Saya sendiri belum menikah jadi saya tidak tau arti pernikahan yang sesungguhnya karena belum ada pengalaman. Tapi arti pernikahan menurut saya yaitu menghalalkan hubungan dengan mengikat janji untuk hidup bersama dan mencapai keluarga yang sakinah mawadah dan rahmah. Menikah juga mengartikan bahwa saya telah menjalankan kewajiban saya sebagai seorang muslim . Pernikahan juga berarti saya sudah siap berkomitmen untuk saling bersama sampai maut memisahkan.

    ReplyDelete
  2. nama: mariyam
    twitter; @mariyam_elf
    domisili: surabaya, jatim
    link share: https://twitter.com/mariyam_elf/status/798380820255735808

    arti pernikahan?
    wah pertanyaan yg berat ini,, arti pernikahan menurutku adalah suatu ikatan yang tdk main-main. ikatan yg harus dijaga, dibangun, dan dipertahankan. dlm membina rumah tangga, sepasang suami istri wajib utk sling menjaga aib masing", membangun rumah tangga yg samawa, dan mempertahankan pernikahan smpai maut yg memisahkan. pokoknya buatku pernikahan itu sesuatu yg sangat penting dan tdk mudah menjalaninya.

    ReplyDelete
  3. Nama : Khaerunnisa
    twitter: NhisaMinoz75
    link share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/798430931765825537?p=v
    Domisili : Kolaka, Sulawesi Tenggara
    Jawaban: arti pernikahan? Penrnikahan yaitu Penyatuan dua insan yang saling mempercayai dan saling menerima kekurangan dan kelebihan dari pasangannya.

    ReplyDelete
  4. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Link share: https://twitter.com/adindilla/status/798355105107980288
    Domisili: Cirebon
    Jawaban:
    Pernikahan itu menyatukan dua perbedaan dengan cara menghargai dan menghormati. Pernikahan juga pemenuhan kewajiban dan hak sebagai manusia yang dipasangkan. Pernikahan adalah proses mengukur kedewasaan sebagai manusia dengan mengutamakan tanggung jawab. Sebab, menikah bukan menyatukan 'aku' dan 'kamu', tapi menyatukan dua keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Syafira Rofita Riski
    Akun Twitter : @rofita_syafira
    Domisili : Kediri, Jawa Timur
    Link Share : https://twitter.com/rofita_syafira/status/798362086002880512

    Pertanyaan : Apa arti pernikahan menurut kamu?

    Jawaban :

    Bismillah,
    Menurutku, pernihakan itu sebuah ikatan yang menghalalkan sebuah hubungan antara laki-laki dan perempuan secara resmi (sah) dihadapan Agama dan Negara. Aku juga pernah baca, pernikahan itu termasuk ibadah yang sacral bagi umat islam, jadi dalam memilih pasangan ngak boleh “sembrono” dalam bahasa jawa atau indonesianya sembarangan.

    Didalam pernikahan suami maupun istri juga memiliki kewajiban dan hak masing-masing yang harus dilaksanakan dengan ikhlas dan bertanggung jawab. Misalnya suami, suami berkewajiban mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan istri / rumah tangganya. Misalnya istri, istri berkewajiban memenuhi hak-haknya suaminya dengan ikhlas. Dan misalnya lagi, suami istri berkewajiban menjaga aib masing-masing.

    Didalam pernikahan, keegoisan, kedewasaan, keikhlasan, kepercayaan dan kesabaran akan diuji dengan berbagai macam bentuk. Bukannya tidak mungkin permasalahan atau perselisahan paham di dalam pernikahan akan terjadi. Sebagian besar manusia, menghendaki menikah hanya sekali seumur hidup, termasuk aku juga. Jadi, kita tidak boleh gegabah dalam menanggapi suatu permasalahan dalam pernikahan. Dan berusaha menjadikan pernikahan / rumah tangga kita menjadi sakinah mawardah dan warahmah.

    Sebenarnya aku juga ngak terlalu faham, berhubung minggu-minggu kemarin ada pelajaran tentang bab pernikahan di mapel agamaku, jadi aku paduin aja sama pendapatku 

    Sekian 

    ReplyDelete
  6. Nama: Alfath F.R.
    Twitter:@alfari_12
    Link share: https://twitter.com/alfari_12/status/798701516194332672
    Domisili: Sidoarjo, Jawa timur
    Jawaban:
    Pernikahan itu salah satu fase kehidupan manusia yang memerlukan restu keluarga dan ridlo sang pencipta bagi kedua pihak yang ingin bersama dalam satu ikatan. Itulah mengapa pernikahan bukan hanya sekedar rasa suka semata tapi juga kesadaran untuk mau bekerjasama mengarungi hidup bersama. Rasa suka bisa memudar seiring terbukanya sikap buruk dan hal-hal diluar harapan, tapi dengan adanya sikap mau bahu-membahu menghadapi masalah, berbahagia apapun yang terjadi, maka pernikahan akan kuat sampai kapan pun. Jadi menurut saya, kita perlu menemukan orang yang mau kita ajak untuk bekerjasama mengarungi hidup ini, siap melalui duka dan senang, hingga akhirnya mampu menunjukkan bahwa pernikahan kita selalu didukung, direstui orang tua/keluarga, dan mendapat ridlo dari sang pencipta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat Link share: https://twitter.com/alfari_12/status/798715881626812416

      Delete
  7. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/798726508424626176

    Pernikahan bagiku adalah penyempurnaan agama, iman dan hidupku. Saat ini menikah juga bisa menjadi cara mewujudkan mimpi dan harapan Ibu yang ingin sekali melihatku memiliki pendamping.

    Demikian dan terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/798439302258565120?p=v

    Sebuah gerbang menuju tangga kedewasaan dengan siap berbagi tanggung jawab bersama orang asing yg mulai masuk ke dalam hidup masing-masing. Siap berjalan melanjutkan hidup tanpa tergantung orang tua. Setelah proses sakral tersebut, nama belakang seorang wanita atau bisa juga namanya sendiri akan jarang atau bahkan tidak disebut karena berganti dengan nama suami. Yang jelas, pernikahan itu gabungan antara kamu dan aku menjadi kita.

    ReplyDelete
  9. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: san_fairydevil
    domisili: surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/798731686649266176

    Apa arti pernikahan menurut kamu?

    Walaupun aku belum menikah, menurutku pernikahan itu sebuah komitmen. Komitmen untuk saling setia, untuk berjuang bersama, komitmen untuk saling percaya, komitmen untuk mengendalikan ego masing-masing. Jadi intinya pernikahan adalah sebuah komitmen yang dibuat oleh dua orang dan harus dipertanggung jawabkan. Dijaga dan dijalankan baik-baik.

    ReplyDelete
  10. ailina
    @ailina
    probolinggo
    https://twitter.com/ailina85/status/798736936110358529

    Pernikahan itu menurut saya adalah suatu ikatan sah atau halal yang menjadikan 2 orang yang berbeda sifat, karakter dan kebiasaan diharuskan menjadi satu. Menjadi saling mengerti, saling mengalah, tidak ada yang merasa "paling". Pernikahan ini adalah sesuatu yang sangat sakral, tidak main-main karena melibatkan agama, keluarga, dan tidak bisa seenaknya saja kita hentikan. Pernikahan ini bukan hanya cinta saja yang dibutuhkan, tapi juga membutuhkan tanggung jawab, kedewasaan dan kesabaran karena pernikahan tidak hanya mengikat hubungan aku dan kamu saja, tapi juga hubungan dua keluarga serta menyatukan dua isi kepala manusia menjadi satu misi menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah.

    ReplyDelete
  11. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/798757378602647552
    Jawaban: pernikahan itu ibarat sepatu bentuknya tak persis sama tapi serasi. Manusia diciptakan berpasangan, ada yg tinggi ada yg pendek, ada yg tampan, kaya miskin semua ada jodohnya.
    Saat berjalan tak pernah ganti posisi namun satu tujuan. Di pernikahan suami atau istri mempunyai porsi masing-masing,keduanya saling melengkapi denagn satu tujuan yaitu membentuk rumah tangga yg samawa.
    Sama tinggi atau sederajat. Antara suami dan istri kalau sudah bersama tidak saling merendahkan tapi saling mendukung. Disini diperlukan komunikasi dan menekan ego masing-masing bila terjadi perbedaan keinginan atau pendapat.
    Yg terakhir, keduanya tak terpisahkan dan jika salah satu hilang/meninggal ada hal yg berbeda di kehidupan yg dijalaninya. Ada kedukaan atau rasa hampa yg dirasakan karena keduanya terbiasa bersama.

    ReplyDelete
  12. nama : Ifah
    twitter : @zhiigo
    domisili : bekasi
    link share :https://twitter.com/zhiigo/status/798788003380404224

    Pernikahan menurut aku adalah tentang bagaimana menyatukan 2 pemikiran yang berbeda menjadi 1 bernama keluarga. Juga menjadikan 2 sifat yang kadang tak sama untuk bisa saling melengkapi tanpa merendahkan satu sama lain.

    Pernikahan juga bukan hanya tentang 2 orang, tetapi tentang penyatuan 2 keluarga menjadi sebentuk keluarga kecil yang harus saling menjaga dan saling melindungi.

    Ibarat kopi dan gula, jika disatukan dengan proporsi yang pas, maka akan terbentuk rasa yang mantap. Begitu pun pernikahan. Pernikahan adalah bagaimana mengatur hubungan suami istri menjadi seimbang antara hak dan kewajiban untuk seumur hidup.

    ReplyDelete
  13. Nama : Seffi Soffi
    Twitter : @seffiii
    Domisili : Bandung
    Linkshare : https://twitter.com/seffiii/status/798839759443345409

    Apa arti pernikahan menurut kamu?
    Jawaban : pernikahan adalah penyatuan dua hati, dua tujuan, dua hasrat, dua impian, menjadi satu untuk berjalan bersama dalam satu jalan. Bagaimana berusaha saling melengkapi, saling menjaga, saling mengingatkan melalui akad ijab qobul.


    ReplyDelete
  14. nama : dewi marini
    domisili : solo jawa tengah
    twitter : deverzstyle
    link share : https://mobile.twitter.com/deverzstyle/status/798849559241703424?p=v

    pernikahan menurutku itu suatu hal yg diharapkan oleh banyak orang, suatu hal yg sakral dan Kalimat sederhana yang dipercaya bisa mengikat sepasang anak manusia dalam ikatan suci yang diharapkan bisa membuat mereka bahagia, terutama bagi mereka yang saling mencintai. Berharap bisa mengarungi kehidupan rumah tangga dengan kebahagiaan yang melimpah, demi impian membangun keluarga bahagia.

    ReplyDelete
  15. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/798886199607726080
    Domisili : Aceh

    Arti pernikahan menurutku adalah penyatuan dua anak manusia yang terikat dlm sebuah perjanjian dan sumpah di depan Tuhannya untuk perjalanan hidup selanjutnya. Awal dari segala kehidupan yg sebenarnya. Awal dari sebuah kehidupan yg baru, dimana kita tidak berlindung di bawah naungan orang tua lagi, tapi di bawah naungan yg di sebut dengan seorang suami.

    Dan siap untuk menerima semua kondisi yg akan terjadi ke depannya, baik itu senang, sedih, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  16. Julia dwi | @juliakartika326 | https://twitter.com/juliakartika326/status/798885599516073986

    Apa arti pernikahan menurut kamu?

    Pernikahan menurutku adalah proses untuk mengawali belajar menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab, dan serius dalam berkomitmen.

    Dalam pernikahan kita harus bisa mandiri, tidak tergantung pada orang tua, baik dalam urusan keuangan, atau cara penyelesaian saat muncul masalah. Kita harus sebisa mungkin menyelesaikan masalah rumah tangga tanpa campur tangan orang tua.

    Bertanggung jawab. Saat kita memutuskan untuk menikah, kita harus bisa mulai bertanggung jawab atas status baru yang kita pakai. Menjalankan kewajiban sesuai status kita dan menekan ego saat kewajiban itu dirasa tidak sesuai dengan prinsip hidup kita.

    Untuk hal serius berkomitmen. Setiap orang yang menikah pasti akan membuat sebuah komitmen untuk kehidupan baru mereka. Komitmen itu harus dijaga dengan baik sebagai landasan mereka menikah. Dengan begitu mereka bisa menyelesaikan konflik-konflik yang akan terjadi setelah mereka menikah dengan mengingat komitmen awal yang mereka buat.

    Jadi menurutku, pernikahan itu adalah proses awal kita belajar mengenal dunia baru dengan orang baru yang akan menemani sisa hidup kita di dunia ini.

    ReplyDelete
  17. Nama:Ulva Novitasari
    Akun twitter:@ulvanov
    Domisili:Blitar - Jawa Timur
    Link share: https://twitter.com/ulvanov/status/798970981817597952

    Pernikahan itu proses penyatuan dan pembelajaran dua orang untuk saling berkomitmen agar mencapai tujuan pernikahan itu sendiri. Penyatuan ego, penyatuan hati, penyatuan pemikiran bahkan penyatuan dua keluarga juga pembelajaran untuk saling mencintai, saling berbagi, saling memiliki, saling menguatkan, saling menjaga antar dua orang dalam pernikahan tersebut.

    ReplyDelete
  18. Nama:Ulva Novitasari
    Akun twitter:@ulvanov
    Domisili:Blitar - Jawa Timur
    Link share: https://twitter.com/ulvanov/status/798970981817597952

    Pernikahan itu proses penyatuan dan pembelajaran dua orang untuk saling berkomitmen agar mencapai tujuan pernikahan itu sendiri. Penyatuan ego, penyatuan hati, penyatuan pemikiran bahkan penyatuan dua keluarga juga pembelajaran untuk saling mencintai, saling berbagi, saling memiliki, saling menguatkan, saling menjaga antar dua orang dalam pernikahan tersebut.

    ReplyDelete
  19. Nama: Deva Muhammad Yasin
    Akun twitter: @devayasinyahya
    Domisili: Surabaya, sekarang lagi pulkam di Kepri :)
    Link Share: https://twitter.com/devayasinyahya/status/799130573570617345
    Art pernikahan?

    Ceilee nikahh, saya belum nikah. tapi sudah dapat pertanyaan tentang menikah, hahaha
    baiklah saya akan mencoba menjawab. semoga Allah meridhoi,

    Bismillah,
    menurut saya arti pernikahan adalah penyatuan dua insan yang berlainan jenis dengan mengucapkan janji atas nama Allah untuk menyempurnakan sebagian agamanya dan menyatukan cinta yang berlandaskan lillahi ta'ala.

    Rasulullah SAW bersabda "Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 625)

    jika bicara tentang cinta dalam pernikahan, maka Cintai pasanganmu karena Allah, karena bila nanti pasangan sudah tidak ada disisi kita lagi maka kita masih memiliki Allah, tempat dimana Cinta dan sebenar-benarnya Cinta berasal.

    kata Ustadz Yusuf Mansyur, Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.
    In syaa Allah bila pernikahan dilandaskan atas nama Cinta Lillahi ta'ala, penyatuan sepasang dua insan yang berlaina jenis dan penyatuan dua hati akan diridhoi oleh Allah ta'ala.

    wallahu 'alam
    wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  20. Nama: Afiyatul Futhona
    Twitter: @afi_iput
    Domisili: Yogyakarta
    Link share:
    https://twitter.com/afi_iput/status/799174873981423617

    Hmmm.. Arti pernikahan ya..
    Menurutku, pernikahan itu adalah perpindahan tanggung jawab terhadap seorang perempuan, yang tadinya menjadi tanggungan orang tua berpindah menjadi tanggungan suami. Perpindahan tanggung jawab itu tentu saja ditandai dengan suatu ikrar penting antara wali (yang menyerahkan tanggungan) dengan calon suami (yang menerima tanggungan) dihadapan saksi, serta calon suami memberikan sesuatu sebagai mahar.

    Terlepas dari bagaimanapun hubungan di dalam pernikahan itu, baik lahir maupun batin, entah romantis atau tidak, entah dijodohkan atau atas dasar cinta, tapi yang pasti, setelah menikah, sepasang suami istri telah menjadi keluarga dan membangun rumah tangganya sendiri. Suami menjadi bertambah tanggungannya, selain harus tetap berbakti pada orang tua, juga harus memberi nafkah dan mampu menjadi pemimpin keluarga yang baik. Seorang istri yang status awalnya adalah seorang anak yang harus berbakti pada orang tua, setelah menikah kewajibannya berubah menjadi harus mendahulukan perintah suami.

    Dan sekompleks apa pun sebuah pernikahan, baik itu tujuan awalnya, atau masalah di dalamnya, semua orang pasti mendambakan kehidupan pernikahan yang langgeng dan bahagia..

    Terima kasih..

    ReplyDelete
  21. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAinhy
    Domisili: Makassar
    Link share: https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/799262916096593920

    Jawaban:

    arti sebuah pernikahan menurutku adalah menyatukan dua hati yang berbeda meskipun memiliki beberapa kesamaan. Menikah berarti rela menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan masing-masing.

    Menikah berarti siap menjalani suka-duka kehidupan bersama pasangan. Otomatis dengan sendirinya, pernikahan akan membuat dua insan saling melengkapi.

    Menikah diartikan sebagai sesuatu yang sakral, karena itu tadi, bukan hanya hanya dua raga yang disatukan, tapi dua jiwa yang tadinya terpisah, atau bahkan belum mengenal satu sama lain. :)

    Dan yang terakhir, bagiku menikah adalah proses membangun cinta yang sesungguhnya :)

    Thanks

    ReplyDelete
  22. Nama:Rini Aprianti
    Akun twitter:@rnaprti17
    Link share:https://twitter.com/Rnaprti17/status/799331421185683457
    Domisili:Jambi

    Menurut saya pernikahan itu adalah disatukannya perempuan dan laki laki saat ijab kabul.Bagi saya pernikahan tidak boleh main main karena pada saat ijab kabuฤบ kita telah berjanji dihadapan tuhan kalian masing masing.Setiap orang bilang kalau nikah itu dua insan yang saling mencintai,tetapi tidak semuanya saling mencintai.Semua yang berawal dari tidak saling mencintai akan saling mencintai kalau mereka berusaha dan ada kemauan untuk mencintai.bagi saya pernikahan juga harus mempercayai pasangannya masing masing.Soal cemburu boleh,tapi jangan berlebihan.Kalau tidak ada kepercayaan pasti pernikahan akan hancur.

    ReplyDelete
  23. Nama: Rinita
    Akun twitter: @RinitAvyy
    Domisili: Jatim
    Link Share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/799430938136604674?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5575917089
    Jawabanku:

    Pernikahan itu...
    Sebuah ikatan suci yg dilakukan sekali seumur hidup. Dimana untuk menjaga sakinah mawarda dan warohmahnya, diperlukan satu kejujuran dan kesetiaan yg di wujudkan secara nyata bukan sekedar omongan belaka. Juga antar pasangan memiliki tugas penting yaitu saling ada di saat salah satu diantaranya merasakan suka dan duka. Pernikahan Seperti halnya, sepasang sepatu, meski berbeda kanan-kiri mereka akan tetap berjalan menentukan satutujuan (kebahagiaan). Jika hilang salah satu dari mereka, maka tak adalah arti dari ia yang tinggal sebelah (sendiri). Sesungguhnya murninya ikatan pernikahan ialah tidak memandang kekurangan pasangannya sebagai kelemahan, keburukan, tetapi sebagai sebuah keindahan. Yang saling melengkapi kekurangan pasangan, dan saling menutupi kekurangan itu dengan kelebihannya masing-masing.

    ReplyDelete
  24. nama ; Farida Endah
    Akun Twitter :@farida271
    Domisili : Pacitan-Jawa Timur
    Link Share : twitter.com/farida271/status/799442107173769216
    Jawaban :

    Pernikahan adaLah bersatunya dua umat manusia dengan segala perbedaan yang masing-masing mereka miliki untuk melebur menjadi satu dengan tujuan yang sama dan berjuang bersama -sama untuk mencapai tujuan tersbut.

    ReplyDelete
  25. Nama : Wahyuni Soewardji
    twitter : @SukigaHana
    link : https:/twitter.com/SukigaHana/status/799482260521095169
    domisili : malang
    Jika ada istilah puber kedua, maka pernikahan adalah proses kedewasaan yang kedua, setelah kita menjadi pribadi yang dikatakan dewasa dalam arti usia. Pernikahan mengharuskan kita untuk saling memahami, menghargai dan juga menyayangi. Bukan hanya karena pernikahan adalah ikatan yang sakral, tapi juga karena pernikahan adalah pilihan yang harus kita pertanggungjawabkan seperti pilihan lain dalam hidup kita. Disitulah proses kedewasaan itu berlangsung.

    ReplyDelete
  26. Nama : Wahyuni Soewardji
    twitter : @SukigaHana
    link : https:/twitter.com/SukigaHana/status/799482260521095169
    domisili : malang
    Jika ada istilah puber kedua, maka pernikahan adalah proses kedewasaan yang kedua, setelah kita menjadi pribadi yang dikatakan dewasa dalam arti usia. Pernikahan mengharuskan kita untuk saling memahami, menghargai dan juga menyayangi. Bukan hanya karena pernikahan adalah ikatan yang sakral, tapi juga karena pernikahan adalah pilihan yang harus kita pertanggungjawabkan seperti pilihan lain dalam hidup kita. Disitulah proses kedewasaan itu berlangsung.

    ReplyDelete
  27. Nama : Wahyuni Soewardji
    twitter : @SukigaHana
    link : https:/twitter.com/SukigaHana/status/799482260521095169
    domisili : malang
    Jika ada istilah puber kedua, maka pernikahan adalah proses kedewasaan yang kedua, setelah kita menjadi pribadi yang dikatakan dewasa dalam arti usia. Pernikahan mengharuskan kita untuk saling memahami, menghargai dan juga menyayangi. Bukan hanya karena pernikahan adalah ikatan yang sakral, tapi juga karena pernikahan adalah pilihan yang harus kita pertanggungjawabkan seperti pilihan lain dalam hidup kita. Disitulah proses kedewasaan itu berlangsung.

    ReplyDelete
  28. Nama: Haula Taqya
    Twitter: @Taqya1999
    Link share: https://twitter.com/Taqya1999/status/799517824280657920
    Domisili: Lampung

    Jawaban:
    Pernikahan adalah ketika tidak ada kata 'aku' dan 'kamu', melainkan hanya ada kata 'kita'.

    ReplyDelete
  29. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Domisili: Aceh
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/799544032737292288
    Jawaban:
    Aku belum menikah sih tapi boleh lah ya beri pendapat disini, siapa tau bisa langsung merit setelah ini..hahaha
    Arti pernikahan menurut aku adalah sebuah ikatan dan janji suci yang bukan hanya didasari oleh cinta, tapi lebih kepada tanggungjawab, setia dan kepercayaan yang akan dibangun. Sebuah hubungan yang sama-sama membangun pondasi kehidupan agar tetap kokoh dan tidak goyah dimakan usia. Sebuah hubungan yang sama-sama saling setia dan menjaga kepercayaan agar tidak rusak ketika kepada anak dan pekerjaan memperebutkan perhatian kita. Sebuah hubungan yang sama-sama dilandasi tanggungjawab akan keluarga agar terus tetap sejalan sampai akhir menutup mata.

    ReplyDelete
  30. Nama : Jawahirul Arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Kudus
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/799221458643742720

    Jawaban : menurut kamu pernikahan itu apa ? Menurutku sendiri pernikahan adalah menghalalkan dua insan manusia laki laki dan perempuan untuk membentuk dan membangun ikatan rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warahmah. Bisa di latar belakang.i dengan saling cinta antar keduanya, pejodohan karena orang tua ataupun hal lainnya. Selain itu, pernikahan jua bersifat menyatukan. Menyatukan adat yg berbeda, bahasa yang berbeda, kebiasaan hidup yg berbeda dan bahkan bisa juga menyatukan antar dua negara yang berbeda. Setiap orang selalu punya harapan yang sama tentang pernikahan yaitu menikah sekali seumur hidup. Amin. Sama sih, aku pun juga punya keinginan kaya gitu. Kamu juga kan ? ๐Ÿ˜Š

    Sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
  31. Nama : Mifta Rizky
    Twitter : @keyminoz
    Domisili : Gresik
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/799596352988557313

    Jawaban : Menurutku pernikahan itu ibarat naik gunung, gunung itu kalau dilihat dari jauh nampak indah dan bisa bikin orang yg memandangnya kagum, saking mempesonanya kadang kita gak sabar tuk segera mendakinya namun jangan coba2 naik gunung tanpa persiapan dan peralatan yg memadai. Sama halnya dengan pernikahan, kita juga harus punya keyakinan, kuat mental, dan siap menghadapi ujian sebearat apapun. Pernikahan itu bukan hanya menyatukan dua hati tapi juga meraih ridha dari Allah dan jika kita sudah mendapat ridha Allah, Insya Allah kebahagiaan akan kita dapatkan.

    ReplyDelete
  32. Nama : Widia Arum Pratiwi
    Akun twitter : @widiaa_ap
    Domisili : Karanganyar, Surakarta
    Link Share : https://twitter.com/Widiaa_ap/status/799780797892816896?s=09

    Jawaban :

    Menurutku pernikahan bagiku adalah...
    Pernikahan adalah sesuatu hal yang sakral dan suci yang menyatukan dua buah hati dan dua buah keluarga menjadi satu,
    Pernikahan bukan hal yang main" ini bukan hanya janji terhadap orang tua untuk membahagiakan anak"nya tetapi ini janji kepada Allah SWT untuk saling membimbing menuju surga-Nya .

    Pernikahan bukan hanya tentang cinta yang dapat bersatu, tetapi sikap dan watak juga harus bisa bersatu. bagaimana cara kita berbagi satu sama lain, mengasihi, saling mengingatkan ketika salah, saling setia, saling menjaga, menghormati dll .
    Mungkin nanti banyak lika liku perjalanan pernikahan asam, asin, manis, pahit (pokoknya nano nano deh rasanya)akan dilewati bersama nanti, itu adalah cobaan bagi pernikahan, kita harus melewatinya dengan sabar dan ikhlas agar janji suci pernikahan yang telah disepakati diawal pernikahan dapat ditepati dan dapat bertahan lama sampai maut memisahkan..

    ReplyDelete
  33. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Solo
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/799797284154195969
    Jawaban:
    Pernikahan adalah Perjanjian untuk saling terikat satu sama lain dalam menjalani kehidupan. Mungkin bagi orang lain pernikahan harus dilandasi cinta, tp bagi diriku pribadi, pernikahanlah yang akan melandasi cinta. Karena aku meyakini aku belum tentu mampu menikah dengan orang yang aku cintai. Tapi aku sangat yakin aku akan mampu mencintai orang yang menikah denganku. Aku percaya Tuhan akan menaburkan cintaNya pada hubungan yang telah dilakukan dengan cara yang direstuinya yaitu 'pernikahan'.

    ReplyDelete
  34. Nama : afifah khoiriyah
    Akun twitter: @Afifah_1412
    domisili: Yogyakarta
    link share:https://twitter.com/Afifah_1412/status/799912986219462656

    Pernikahan adalah ikatana dua orang ya berlainan jenis dg mengucapkan janji suci dan sakral. Jadi nikah gak boleh buat main2. Dan sabarnya pernikahan gak boleh ada kata cerai(kecuali jika pernikahan malah membuat nyawa terancam). Karena mereka sudah terikat janji itu sling mendampingi. Dalam nikah pasti ada syarat 2. Hal itu agar pernikahan tetap suci. Ikatan dalam nikah bukann hanya ikatan tubuh, tetapi juga ikatan hati. Ya otomatis mereka harus saling menyayangi, mengasihi, dan memahami satubsama lain. Dalam janji itu pasangan harus saling mendukung dan setia mendampingi dalam keadaan apapun asal tidak membahayakan nyawanya.

    ReplyDelete
  35. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Domisili: Malang
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/799929751074836481

    Apa arti pernikahan menurut kamu?
    menurutku pernikahan adalah komitmen antara dua orang, yang dalam pelaksanaannya diatur oleh hukum agama dan negara. dalam perjalanannya, tiap pernikahan pasti ada ujiannya masing2. saat itulah siapapun yang terikat dalam tali pernikahan harus berusaha melepas ego, jangan mau menang sendiri, mencoba menghargai pasangan, dan tak lupa membahagiakan pasangannya lahir dan batin :)

    ReplyDelete
  36. nama: A'imatul Larifah
    akun twitter: @Aim_La27
    Domisili: Tuban
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/799552980827697156?p=v
    Jawaban:

    Menurut aku, pernikahan itu seperti sebuah magnet dan sebuah logam. Memiliki unsur yang berbeda, bentuk yang berbeda tetapi magnet dan logam tetap menyatu karena ada tarikan dari keduanya sehingga membuat mereka menyatu. Tak peduli seberapa beda mereka. Begitu juga pernikahan yang pada dasarnya memang menyatukan Dua orang juga dua hati dengan karakter, wajah, dan segalanya berbeda. Tetapi, seperti halnya magnet dan logam akan ada tarikan-tarikan sederhana entah takdir juga entah cinta sehingga ketika suatu saat sengaja di pertemuakan akan ada tarikan-tarikan yang suatu saat akan membuat keduanya bersama.

    ReplyDelete
  37. Nama: Dwita Andhara
    Akun twitter: @dwitaandhara
    Domisili: Makassar
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/800000997548380162

    Menurutku pernikahan itu adalah komitmen atau janji antara dua orang untuk hidup bersama. Janji ini mestinya tercermin dalam tindakan bukan hanya omong kosong doang apalagi kalau cuma diucapkan pas akad saja. Artinya kalau udah berumah tangga itu harus nepatin janji untuk menjadi suami atau istri yang baik yang bisa saling menghargai perbedaan masing-masing, saling menjaga, saling mendukung, saling melengkapi, saling percaya, setia, dan pastinya tujuan orang menikah kan untuk bahagia, jadi harus bisa saling membahagiakan. Dari janji-janji tersebut yah tentunya diharapkan bisa merubah seseorang menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Ingat, nikah itu bukan lagi bicara tentang satu orang saja tapi dua bahkan lebih jadi kalau masih mentingin diri sendiri itu artinya dia belum bisa merefleksikan makna penikahan itu seperti apa dan secara gak langsung belum bisa nepatin janjinya. Kalaupun ada masalah ke depannya kan bisa dihadapi bersama sesuai komitmen bersama sebelumnya. Intinya sih kalau sudah berani berkomitmen, harus berani tanggung jawab atas komitmennya itu dan tentunya harus siap juga menghadapi resikonya.



    ReplyDelete
  38. Nama: Ana Shofiya
    Twitter: @anashofiya
    Kota: Bandung
    Link share: https://twitter.com/anashofiya/status/800241734659633152
    Jawaban: Pernikahan itu bukan tentang menyatukan dua hati, tetapi juga dua keluarga. Pernikaan itu tentang memberi dan menerima bukan meminta. Sebelum menikah saya memberikan bakti saya kepada orang tua. Setelah menikah, saya memberikan bakti saya kepada suami. Tidak hanya bakti, tapi juga masa depan. Saya rela menerima suami saya apa adanya. Saya menerima masa lalunya, masa sekarang dan masa depannya. Pernikahan itu perjalanan bersama. Tentu ada aral melintang, tapi itulah yang akan menunjukkan kekuatan cinta pernikahan.

    ReplyDelete
  39. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/798394862978662401?p=v


    Apa arti pernikahan menurut
    kamu?


    Menurutku pernikahan adalah menghalalkan sebuah hubungan antara laki-laki dan perempuan di mata Allah, agama dan negara. Menyatukan 2 keluarga, membentuk keluarga baru dan menyempurnakan agama. Berpindahnya tanggung jawab ayah si gadis kepada suaminya setelah kata ijab dan kabul terucap. Membangun biduk rumah tangga, tim solid yang dibangun oleh 2 orang dengan dasar kesiapan, kepercayaan, kesabaran, keterbukaan, kedewasaan, saling membutuhkan dan melengkapi juga harapan untuk mencapai masa depan yang diinginkan. Hubungan dua arah, hubungan timbal balik, hubungan yang bukan tentang kamu dan aku tapi kita.

    ReplyDelete
  40. Nama: Yoshiie Srinita
    Twitter: @yoshiecanikkaa
    Domisili: Pekanbaru, Riau
    Link: https://twitter.com/yoshiecanikkaa/status/800590913328148480

    Jawaban:
    Pernikahan adalah penyatuan dua hati, dua pemikiran, dua kebutuhan, dua keegoisan, dua keinginan dan dua keluarga.
    Selain itu, pernikahan adalah ikatan suci yg merupakan bukti komitmen dalam kehidupan utk saling menjaga dan mengasihi yang sesuai dengan pemahaman menurut kepercayaan masing - masing.Pernikahan bukan sekedar hubungan timbal balik memberi dan menerima, pernikahan juga merupakan hubungan sakral yg tetap bertahan utk saling melindungi dalam keadaan apapun itu.

    #seseorang yang belum menikah tetapi begitu mengagungkan pernikahan sekali seumur hidup ๐Ÿ™Œ✌๐Ÿ˜๐Ÿ˜‰

    Ps: Semoga saya menang...๐Ÿ™Š๐Ÿ˜น๐Ÿ˜ป

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Nama: Ayu Nita
    Twitter: @pg_aish
    Domisili: Malang, Jawa Timur
    Link:https://mobile.twitter.com/pg_aish/status/800636772631777280

    Jawaban:
    Pernikahan itu suci. Dimana dua insan yang sebelumnya tak berhubungan darah, yang sebelumnya orang lain, tidak saling mengenal, yang sebelumnya tak boleh bersentuhan. Dengan sakralnya hanya dalam hitungan menit, ketika akad nikah, ataupun pemberkatan mereka menjadi satu. Tanpa ada batasan. Bukan 'akhirnya.. i found you, tetapi inilah awal kita'. Yg mulanya seorang perempuan milik ayahnya kini tanggung jawab suaminya. Pernikahan bukan bicara soal hanya 'kita' tapi kita dan mereka. Menyatunya dua keluarga, menyatunya dua kultur dan pemikiran berbeda. Belajar, belajar dan belajar untuk lebih mengerti, memberi dan menerima. Bukan hanya persolan cinta kita saja, tapi soal cinta kita kepada buah hati kita, orangtua, hingga cucu dan cicit kita nanti. Bukan menyoal pesta pernikahan impian saja, tapi soal bagaimana setelahnya untuk membuat biduk kapal ini terarah. Tentang hal terkecil hingga gema perselisihan. Menyamakan visi dan misi. Satu tujuan. Menghadapi liku rumah tangga bersama.

    ReplyDelete
  43. Nama: Ayu Nita
    Twitter: @pg_aish
    Domisili: Malang, Jawa Timur
    Link:https://mobile.twitter.com/pg_aish/status/800636772631777280

    Jawaban:
    Pernikahan itu suci. Dimana dua insan yang sebelumnya tak berhubungan darah, yang sebelumnya orang lain, tidak saling mengenal, yang sebelumnya tak boleh bersentuhan. Dengan sakralnya hanya dalam hitungan menit, ketika akad nikah, ataupun pemberkatan mereka menjadi satu. Tanpa ada batasan. Bukan 'akhirnya.. i found you, tetapi inilah awal kita'. Yg mulanya seorang perempuan milik ayahnya kini tanggung jawab suaminya. Pernikahan bukan bicara soal hanya 'kita' tapi kita dan mereka. Menyatunya dua keluarga, menyatunya dua kultur dan pemikiran berbeda. Belajar, belajar dan belajar untuk lebih mengerti, memberi dan menerima. Bukan hanya persolan cinta kita saja, tapi soal cinta kita kepada buah hati kita, orangtua, hingga cucu dan cicit kita nanti. Bukan menyoal pesta pernikahan impian saja, tapi soal bagaimana setelahnya untuk membuat biduk kapal ini terarah. Tentang hal terkecil hingga gema perselisihan. Menyamakan visi dan misi. Satu tujuan. Menghadapi liku rumah tangga bersama.pernikahan itu tak semudah cinderella dan putri salju, happily ever after.. Tapi pernikahan itu perjuangan untik mencapai tujuan

    ReplyDelete
  44. Nama : Sitti Laylyatus Syarifah
    Twitter : @leelianlov
    Domisili : Jember
    linkshare : https://mobile.twitter.com/leelianlov/status/800649057152561152

    Menurut saya yang belum menikah, arti pernikahan itu bukan hanya penyatuan seorang lelaki dan perempuan, tapi juga penyatuan dua keluarga dari kedua belah pihak. Baik yang menikah karena cinta atau nggak, sebuah pernikahan menurut saya pernikahan merupakan awal untuk memulai perjalanan kehidupan agar lebih dewasa, berusaha mengerti satu sama lain dan memiliki tanggung jawab baru dari masing-masing pihak. Menyatukan dua karakter yang berbeda, dua tujuan yang berbeda agar menjadi satu.

    ReplyDelete
  45. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/800679247698272260

    jawaban:
    pernikahan bukan hanya status semata, melainkan ruang yg disediakan tuhan untuk menghabiskan sisa hidup dg orang yg tepat dg kita.
    Pernikahan merupakan hal sakral yg diinginkan setiap manusia. Jenjang yg lebih tinggi dan lebih serius dalam hal perasaan
    untuk mengikat seseorang dalam hidup kita.pernikahan bukan hanya dijadikan ajang pemersatu dua hati yang saling mencintai saja, banyak hal yg menjadikan alasan pernikahan itu berjalan. manfaat pernikahan dpt menjaga diri kita dari maksiat, membuat kita nyaman karena merasa terlindungi oleh pasangan dan tentunya membina rumah tangga yg bahagia dengan anak yg hadir diantaranya. membuat kita lebih bertanggung jawab.
    Pernikahan tak hanya melulu bicara ttg rasa bahagia, tetapi juga mengeja ttg resiko dan ujian yg siap menghadang. menghadapi pernikahan memerlukan kesiapan mental dan fisik karena pernikahantak sesederhana yg dikira.

    Menjadi istri bukan hanya soal numpang hidup sama suami, bukan pula cuma urusan dapur sama kasur, tp banyak hal yg harus dibayar mahal seperti dedikasi, bukan karena kita harus tunduk tapi karena mereka pantas mendapatkannya. menikah bukan soal komitmen saja tapi juga soal kompromi dan proses dlam menjalani.

    ReplyDelete
  46. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali
    https://twitter.com/RiniCipta/status/800699346610049025

    Hmm.. jawab pertanyaan ini agak sulit sih, karena belum pernah menikah haha.. tapi menurutku, pernikahan itu adalah sebuah komitmen. Pernikahan itu nggak seserhana, sebelum memutuskan untuk menjalani hidup baru kita harus mempertimbangkan banyak hal. Visi dan misi dengan pasangan salah satunya. Dalam membangun rumah tangga, komitmen akan membuat kita berusaha untuk mewujudkan apa yang kita impikan bersama. Tanpa komitmen mungkin aja hubungan jadi nggak kuat dab kehilangan arah. Dengan saling mendukung dan bertoleransi, pernikahan akan membuat hidup bahagia tapi juga direstui oleh-Nya

    ReplyDelete
  47. Nama: Myke R. Biyanti
    twitter: @mykebianti
    domisili: Jatinangor, Jawa Barat
    link share:https://twitter.com/Mykebianti/status/800710135093964800


    Kak, sebenernya aku sendiri ngga yakin kalau aku tau apa ini pernikahan? Kalau ada yang aku ngga tau pasti apa di dunia ini, satu tentang cinta dan kedua tentang pernikahan. Huh, tapi yaaaa ini dia...

    Dulu sekali, aku selalu berpikir kalau pernikahan itu adalah akhir dari perjalanan cinta yang sudah di jalani oleh sepasang manusia, akhir dimana ikatan diantaranya akan terjalin selamanya. Which is, dalam pikiranku mereka akan menjalani hidup kayak di dongeng, hapily ever after dan cuma maut yang akan memisahkan mereka. Tapi, kemudian aku sadar walaupun sudah terikat dengan pernikahan, hubungan kasih yang orang-orang jalin itu ngga terjamin akan selamanya seperti itu. Ada banyak hal yang bisa menghancurkan hubungan semacem itu. Jadi, sekarang aku mikirnya pernikahan itu gambling, kayak main judi. Ngga ada jaminan kalau misalnya itu akan berjalan seperti yang kamu inginkan. Menurutku juga, kalo kamu mau nikah, yang kamu butuhin ngga cuma cinta, lebih dari itu kamu harus siap fisik dan mental, juga finansial tentunya hahaha. Terus, kepercayaan pada satu sama lain sama kepastian kalau kita siap terikat pada orang yang menikah dengan kita. Karena aku percaya setiap orang kepengen nikah cuma satu kali dalam hidup, jadi kalian harus siap buat menjalani pernikahan itu dan yakin menang pas kalian ngelakuin gambling ini. Sekian.

    ReplyDelete
  48. Nama : Bidayatul Khoiriyah
    Akun twitter : @iry3424
    Domisili: Tuban Jawa Timur
    Link Share : https://twitter.com/Iry3424/status/800718412083175424

    Jawaban :
    Arti pernikahan ya? Duh.. Aku belum nikah ini.
    Tapi menurutku dan temenku arti sebuah pernikahan adalah garis finish dari penantian 2 orang manusia. Yah.. Garis finish artinya mereka tak lagi berjuang tuk sampai dan meskipun suatu kemungkinan sesudahnya akan terjadi tapi bagiku ketika telah memutuskan untuk menikah tandanya kita sudah menginjak garis finish kita.
    Itu aja sih yang bisa kukemukaan๐Ÿ”ซ

    ReplyDelete
  49. Nama :Fatma
    Twitter:@Fatma9526
    Domisili:Makassar
    Link share :https://twitter.com/Fatma9526/status/800715439953190912


    Menurut saya pernikahan itu adalah sebua perjuangan panjang yg ditempuh untuk mendapat kata "SAH" . Pernikahan bukanlah ajang pamer atau sekedar ikut2Tan Krn yg Lain udah nikah jg. Pernikahan Itu garis takdir dari Allah yg harus dikala karena sudah terikat oleh komitmen untuk menjalaninya. Pernikahan memperlihatkan Bagaimana tingkat kesabaran, kesetiaan, pengorbanan kit terhadap pasangan. Dalam ikatan inilah, dua insan akan saling menopang untuk saling menegakkan. Lalu yg tak kala pentingnya pernikahan yg awet itu adalah yg didasari cinta karena Allah. Uda itu aja MinSya ( Mimin syantik ) ๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
  50. Nama: Ayu Widyastuti
    Twitter: @widyayu15
    Domisili: Palembang
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/800724981801811968

    Arti pernikahan bagiku itu sama seperti mendaki gunung. Kita ingin mencapai kepuasan dan kebahagiaan saat kita berhasil mencapai puncaknya. Begitu juga pernikahan, yaitu ada goal yang mau kita raih sebagai keluarga yang harmonis dan bahagia. Pernikahan itu artinya kita siap untuk serba berbagi dan menghabiskan sisa seumur hidup dengan orang yang kita sayangi dan tidak boleh egois, harus saling mendukung. Tentu akan ada banyak tantangan dalam pernikahan itu, sama seperti mendaki gunung yang banyak kerikil tajam, jurang yang curam, kabut tebal, serta berbagai kondisi lainnya. Tapi sebagai orang yang sudah punya pasangan, kita harus kuat bertahan, setia, dan percaya bahwa ada orang yang akan selalu mendukung di belakang kita dalam menggapai kebahagiaan itu layaknya ada teman seperjuangan yang saling bahu membahu demi mencapai tujuan hingga puncak.

    ReplyDelete
  51. Nama: Ayu Widyastuti
    Twitter: @widyayu15
    Domisili: Palembang
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/800724981801811968

    Arti pernikahan bagiku itu sama seperti mendaki gunung. Kita ingin mencapai kepuasan dan kebahagiaan saat kita berhasil mencapai puncaknya. Begitu juga pernikahan, yaitu ada goal yang mau kita raih sebagai keluarga yang harmonis dan bahagia. Pernikahan itu artinya kita siap untuk serba berbagi dan menghabiskan sisa seumur hidup dengan orang yang kita sayangi dan tidak boleh egois, harus saling mendukung. Tentu akan ada banyak tantangan dalam pernikahan itu, sama seperti mendaki gunung yang banyak kerikil tajam, jurang yang curam, kabut tebal, serta berbagai kondisi lainnya. Tapi sebagai orang yang sudah punya pasangan, kita harus kuat bertahan, setia, dan percaya bahwa ada orang yang akan selalu mendukung di belakang kita dalam menggapai kebahagiaan itu layaknya ada teman seperjuangan yang saling bahu membahu demi mencapai tujuan hingga puncak.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...