Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

20 December 2016

Ally - All These Lives - Arleen A



http://images.gr-assets.com/books/1420441523l/24301614.jpg Judul : Ally - All These Lives
Penulis : Arleen A
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-0884-5

And the blurb..

Apa yang akan kaulakukan jika satu menit yang lalu kau anak tunggal orangtuamu, lalu satu menit kemudian ada seseorang yang muncul entah dari mana dan duduk di sampingmu mengaku sebagai adikmu? Apa yang kau lakukan jika kau menemukan foto di meja, menampilkan dirimu dan seseorang yang belum pernah kaulihat? Apa yang kaulakukan jika kau pulang ke rumah dan menemukan bahwa di dalam rumah itu sudah ada dirimu yang lain?

Kehidupan Ally memang bukan kehidupan biasa. Kerap kali ia mendapati dirinya ditempatkan dalam kehidupan yang seolah miliknya, tapi ternyata bukan. Dan tiba-tiba kata "pulang" punya makna yang baru. Apakah Ally akan memiliki kesempatan untuk "pulang"? Akankah ia bisa kembali pada cinta yang ditinggalkannya di kehidupan yang lain?

Ini bukan kisah biasa. Ini kisah yang akan membuatmu berpikir kembali tentang arti hidup dan arti cinta yang sebenarnya.
  
Here we go..

Setiap kali Saat Ketidakberadaan-ku datang, aku jadi merasa bahwa dunia sedang memainkan sebuah permainan dan aku telah ditinggalkan

Ally - All These Lives, menceritakan kisah tentang seorang gadis bernama Ally dan keanehan yang terjadi di dalam hidupnya. Ally yang saat itu berusia 5 tahun, tiba-tiba mengalami kejadian aneh dan baru menyadari saat dirinya berusia 10 tahun. Dia sama sekali tak mengingat memiliki seorang adik laki-laki bernama Albert. Ally hanya mengingat kejadian selama 5 tahun terakhir saja, namun dia melupakan Albert ada di dalam kehidupannya selama 5 tahun terakhir ini.

Akhirnya Ally pun diajak ke psikiater hingga dokter saraf untuk melakukan berbagai macam tes yang berakhir sia-sia. Kehidupan Ally akhirnya kembali normal, dan dia pun menerima kenyataan jika dia ternyata memiliki seorang adik laki-laki. Namun, kejadian yang sama terulang lagi saat Ally SMA. Ally membuat ibunya menangis tatkala Ally menyinggung mengenai Albert yang menghilang dari kehidupan Ally, dan Ally lagi-lagi tak mengingat hal tersebut sama sekali.

Kejadian yang Ally alami ini baru dia dapatkan penjelasannya saat mengikuti kelas astronomi. Profesor Fraknoi menjelaskan mengenai beberapa alam semesta yang tumpang tindih. Awal mula Ally mengenal “Dunia yang Banyak”. Teori tersebut menjelaskan bahwa alam semesta ini terbelah dan terbagi setiap kali keputusan dibuat. Penasaran, Ally pun akhirnya memutuskan untuk menemui seorang ilmuwan di Universitas Oxford, Profesor David El Drone. Harapannya, professor tersebut dapat membantunya menemukan sesuatu yang dapat menghentikan perpindahannya. Tapi, hasil yang didapat Ally, nihil. Ally tetap mengalai Saat Ketidakberadaan.

Apa yang kemudian terjadi selanjutnya dalam hidup Ally? Bagaimana caranya agar Ally dapat tetap berada dekat dengan orang-orang yang dia cintai? Apakah Ally akan bertemu dengan seseorang yang istimewa dalam hidupnya?

Berarti ada banyak sekali alam semesta karena ada begitu banyak manusia dan masing-masing dari mereka membuat begitu banyak keputusan di dalam hidup mereka? Dan setiap kali keputusan dibuat, entah itu keputusan sederhana seperti menu makan pagi atau keputusan besar seperti pemilihan profesi dan pasangan hidup, maka alam semesta akan terbagi?

Membaca novel ini seriusan, bikin mengerutkan kening karena banyak ilmu pengetahuan yang awalnya sama sekali nggak aku ketahui. Tapi menyenangkan banget, karena jarang ada penulis yang menuliskan tema mengenai Banyaknya Alam Semesta. Dan alur kisahnya benar-benar menarik untuk diikuti. Begitu menyenangkan dan membuat aku seolah-olah berada disana dan ikut berpetualang bersama Ally.

Diceritakan dari sudut pandang tokoh utamanya, yaitu Ally. Aku diajak untuk mengarungi kehidupan Ally dalam berbagai versi. Jadi keingat film Back To Future deh. Ada yang tahu film ini? Nggak tahu? Gawat, jangan-jangan aku doang yang tahu.

Tapi kata siapa hidup ini adil? Paling tidak, orang harus menanggung risiko dan konsekuensi dari semua keputusan yang diperbuatnya

Aku kagum dengan karakter Ally yang kuat. Berjalan ke versi A kemudian ke versi B dalam kehidupannya, benar-benar luar biasa. Padahal kalau aku yang mengalami, pasti udah merinding disko, ditambah nggak mau membuka mata, maunya memejamkan mata, kecuali ada cogan dan makanan. Ally menghadapi perpindahannya dari versi A ke versi B dengan hati yang tabah. Selain itu, Ally tetap yakin jika dia akan bertemu dengan orang-orang yang disayanginya di kehidupan barunya.

Jujur aja, baru kali ini membaca novel tapi susah menebak endingnya bagaimana. Biasanya kalau nggak tepat menebak, meleset dikit. Tapi, tetap bisa ditebak endingnya. Kalau ini, susah ditebak. Bagaimana akhir kehidupan Ally. Saat dirasa kehidupan Ally udah baik-baik saja, ehh, ada kejutan yang mendebarkan hati.

Aku tidak bilang bahwa kau dapat mengendalikan hidupmu. Aku bilang kau dapat memutuskan untuk menerimanya. Jika kau menerimanya, kau akan lebih menghayati hidupmu yang sekarang. Tapi jika tidak, kau hanya akan menjadi seorang turis yang hidup dari sebuah koper, menantikan penerbanganmu selanjutnya

Novel ini benar-benar membuatku jatuh cinta, lapar akan ilmu pengetahuan, dan pingin balik nonton film Back To Future lagii. Apalagi covernya yang elegan dan menggambarkan banyaknya dunia dari seorang Ally.

Tuhan, tolong beri aku keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat kuubah, beri aku kedamaian untuk menerima hal-hal yang tidak dapat kuubah, dan beri aku kebijaksanaan untuk membedakan keduanya

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...