Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

20 December 2016

Dilwale - Vivie Hardika



Judul : Dilwale
Penulis : Vivie Hardika
Penerbit : Universal Nikko
ISBN : 978-602-9458-22-0

And the blurb..

Dear Papa...

Sejak kecil kau telah memilihkan banyak hal untukku.
Nama, mainan, teman, sekolah bahkan pekerjaan.
Tidak bisakah kali ini aku memilih teman hidupku sendiri, Papa?
Aku hanya ingin hidup dengan laki-laki yang kucintai, bukan dengan lelaki yang akan kucintai.
Lelaki yang akan membuatku bersedia meninggalkan duniaku dan berbagi dunianya.
Aku hanya akan memulai permainan kehidupan ini dengan orang yang tepat. Sebab aku tidak ingin melihat air matamu suatu saat nanti jika aku tidak berhasil mengakhiri permainan dengan kemenangan.
Aku hanya akan menikah dengan Raj-ku, Papa.

Your baby girl as always, Sanjana.
  
Here we go..

Semua orang pasti ingin menikah dengan orang yang dicintainya

Dilwale menceritakan kisah dari kehidupan Sanju. Sanju yang lari dari perjodohan yang diatur oleh ayahnya, Sudesh. Karena Sanju yakin jika pernikahan itu dilaksanakan oleh kedua belah pihak yang saling mencintai. Oleh karena itu, Sanju pun seketika memutuskan untuk melarikan diri dari pernikahannya sendiri dan tak kembali lagi ke rumahnya. Selain rasa kecewa yang timbul dari dalam diri Sudesh, mereka juga malu kepada para undangan yang sudah hadir.

Sanju memutuskan untuk tinggal di rumah Shradda, sahabatnya. Tanpa disangka, Sanju bertemu dengan Raja. Mereka tertarik satu sama lain. Namun, mau tak mau kebersamaan mereka harus terpisahkan, karena Raja harus segera pergi ke Mumbai untuk pertandingan kriket. Tanpa diduga oleh Sanju, sang ayah hadir dalam pesta pernikahan kakak Shradda. Karena panik, tanpa berpikir panjang, Sanju akhirnya melarikan diri kembali dan malah mengikuti kemana pun Raja pergi. Di Mumbai, benih cinta mereka semakin tumbuh.

Ketika Raja dan Sanju sudah meyakinkan diri untuk menikah, mereka menemui permasalahan klasik. Sang ayah tak merestui hubungan mereka. Sang ayah tetap bersikeras menginginkan Sanju menikah dengan pria pilihannya. Sanju menjadi galau. Apakah tetap pada pilihan sang ayah atau menuruti kata hatinya?

Membaca novel ini seriusan, nggak hanya bikin baper akut, pingin nari-nari India yang sudah sangat lama tak kulakukan (padahal nggak pernah nari India), pingin nyanyi-nyanyi, tapi juga bikin gemes manja, sebel sedih, semuanya campur jadi satu. Penulisnya mampu merangkai kata demi kata menjadi kalimat yang bikin pembacanya menjadi kesulitan buat berpaling sejenak saja dari novel ini. Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Tak hanya soal cinta, tapi juga kasih sayang antara ayah dan anak, harga diri, kehormatan, perjuangan, keikhlasan.

Sosok Sanju juga diceritakan sebagai seorang gadis yang keras kepala, suka mencoba dan berpendapat sendiri. Aku sebenarnya seperti de ja vu membaca cerita Dilwale ini. Seperti menonton film India yang dibintangi SRK dan Deephika, lupa sih judulnya, kalau nggak salah pakai ekspress gitu. Hampir sama jalan ceritanya dan udah bisa tahu sih endingnya, cuma memang sama penulisnya kita diajak berpetualang dulu. Jadi, kita bisa tahu keindahan India bukan hanya di Taj Mahal aja, tapi juga di Darjeeling.

Dari Sanju, aku belajar banyak hal. Jika ingin menyampaikan pendapat, sampaikanlah dengan cara baik-baik, jangan memutuskan semuanya sendiri. Bicarakan semuanya dengan orang tua, karena apa yang diarahkan orang tua biasanya demi kebaikan walaupun terkadang nggak benar juga sih caranya.

Dari Raja, aku belajar untuk menjadi lelaki yang sejati. Lelaki sejati itu nggak mengajak pacaran wanita yang disukainya, tapi langsung diajak nikah. Baper seketika.

Aku beneran baper, sedih banget saat Sanju dan Raja berjuang demi cinta mereka berdua. Namun, jangan lupakan keindahan setting tempat yang luar biasa cantiknya. Bikin mupeng pingin kesana. Ada sponsor?

Novel romance ini benar-benar membuatku jatuh cinta, baper, pingin nyanyi, pingin joget. Apalagi covernya yang menampilkan wanita India dengan pakaian tradisionalnya, bikin makin mupeng kesana kan. Kece abis iniiii.

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Sanju dan Raja serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua tokohnya yang awalnya kaku, lembut, kaku, canggung, lembut. Bikin gemes sendiri.

Tokoh favoritku disini adalah Raja. Bagaimana Raja menjadi lelaki gentle dan menghadapi ayah dari wanita yang disukainya.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai indahnya setting tempat di India, tentang perjuangan cinta itu sendiri, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah persahabatan, cinta, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan camilan yaa.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa..

Pernikahan itu bukan lotre, hanya keberuntungan yang akan membuatmu memenangkannya. Dalam pernikahan, kau harus yakin, bukan berpikir kau akan beruntung. Dan keyakinan itu hanya bisa ditumbuhkan oleh cinta saja

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...