Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

23 December 2016

Rewrite - Dirsta Alifia | Blog Tour, Giveaway



Judul : Rewrite
Penulis : Dirsta Alifia
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 978-602-02-9546-6

And the blurb..

Sejauh apa pun aku menghindar, ternyata, langkah-langkahku selalu terarah padamu.

Saras Widjaya, seorang perempuan yang harga dirinya lebih tinggi dari langit ke tujuh, berusaha menepis segala rindu yang ia punya pada sang mantan kekasih.

Gilang Ranggala, yang pandai menerbangkan pesawat dan juga harapan Saras, tak pernah tidak menyesali perbuatannya satu tahun lalu. Emosi yang begitu meledak, juga kata-kata yang tak seharusnya ada, membuat hubungan yang sudah mereka bangun tiga tahun runtuh begitu saja.

Namun, sekuat apa pun Saras menyangkal, ia tetap tak bisa menghindari bayang-bayang Gilang. Sedalam apa pun Gilang menyesal, ia sudah kehabisan cara meyakinkan Saras.

Dalam diam, mereka berharap.
Semoga kisah ini dapat ditulis ulang dengan akhir yang paling baik untuk mereka berdua. 
  
Here we go..

Ketika kita jatuh cinta dengan seseorang, tanpa kita sadari, kita melihat sesuatu dari  orang itu yang tidak dimiliki oleh kita, yang tanpa sadar membuat kita berpikir bahwa orang tersebut dapat memberikan kualitas dari apa yang ia miliki dan tidak dimiliki oleh kita

Saras dan Gilang telah memutuskan untuk berpisah lebih dari satu tahun yang lalu. Namun, perasaan tak bisa dibohongi. Ketika Saras akhirnya dipertemukan kembali dengan Gilang di acara yang mempertemukan mereka pada awalnya dulu, status mereka telah berbeda, hanya saja perasaan itu masih ada. Saras dan Gilang memang bertemu saat Saras menjadi panitia pernikahan sahabatnya, Gita. Dan Gilang saat itu datang menemani ibunya. Tak saling mengenal dan akhirnya mengobrol apa pun hingga membuat Gilang memberanikan dirinya untuk meminta nomer HP Saras. Singkat cerita, mereka memutuskan untuk berpacaran, dan terbukti hubungan tersebut berjalan selama tiga tahun.

Hingga saat di London, Gilang terpikir untuk melakukan hal yang mungkin bisa membuat Saras bahagia. Namun, tak disangka, ternyata ada satu kejadian yang membuat semua rencana Gilang hancur berantakan. Saras memilih menghindari Gilang dan Gilang tak henti-hentinya meminta maaf kepada Saras.

Ketika pada akhirnya hal yang sama terulang kembali dalam kehidupan Saras dan Gilang. Akankah niat baik Gilang akan disambut baik oleh Saras? Ataukah sebaliknya?

Satu lagi yang bisa bikin aku tenang. Senyum kamu. Because it feels like home, Saras. Senyum kamu selalu bikin aku ingat, di mana pun aku berada, aku selalu punya tempat untuk istirahat. Tempat untuk pulang

Membaca novel ini seriusan, bikin aku baper akut. Gimana nggak baper akut kalau ceritanya bikin dag dig dug serrr gini. Rewrite adalah novel karya pertama Dirsta setelah sebelumnya tayang di aplikasi wattpad. Rewtite ini sendiri bercerita mengenai dua orang yang masih sama-sama memiliki perasaan cinta, namun ada penghalang yang membuat mereka kemudian meragu untuk kembali bersama. Sampai-sampai Gilang memilih untuk memperjuangkan perasaannya dan memperbaiki segala kesalahannya dan berharap bisa menjalin kembali hubungan yang sudah lama putus.

Perpisahan yang terjadi diantara keduanya terjadi dalam ketidak stabilan emosi mereka. Terpancing amarah, ego sehingga kalimat tersebut terucap. Dan itu semua baru mereka rasakan setelah jalan itu mereka pilih. Saras yang baik-baik saja, Gilang yang masih berharap.

Tema cerita ini sebenarnya sederhana banget. Dan jarang dipilih oleh para penulis. Kisah cinta antara pilot dan gadis biasa. Temanya pun mungkin sudah banyak yang mengalami yaa. Bagaimana sih rasanya move on dari mantan kamu, tapi ternyata kita masih memiliki perasaan kepada dia. Kalau balikan, dikira susah move on. Nggak balikan kok nggak rela dia dimiliki orang lain.

Bahwa hal terburuk dari suatu pengharapan yang tinggi adalah, ketika harapan itu tidak tercapai, sang pemimpi hanya akan bisa terjatuh tanpa bisa kembali utuh

Tapi, aku salut sama penulisnya yang mampu membuat cerita ini dengan sangat apik. Bisa membuatku baper, galon, gegana, dan susah move on dari cerita ini. Penasaran dari awal kenapa mereka bisa putus, dan saat tahu jawabannya hanya bisa bilang, “Haduhhh, itu Gilang single, sama aku aja gimana?”. Angkat jempol buat Saras yang mempertahankan harga dirinya saat Gilang mengucapkan kalimat yang bikin hati langsung cenat cenut nggak karuan.

Hanya saja, Saras terlampau sulit melupakan Gilang. Tak ada lelaki yang seperti Gilang. Dan itu merupakan hal wajar sih, karena tiga tahun kebersamaan itu nggak mudah lho untuk nggak bergantung pada orang tersebut.

Kisah ini diceritakan dari sudut pandang kedua tokoh utamanya. Sehingga sebagai pembaca, aku jadi tahu nih, apa sih yang mereka rasakan. Setidaknya dengan membaca novel ini, kita harus memahami arti perjuangan cinta dan lebih baik jujurlah kepada diri sendiri dan juga orang lain. Sekalipun kejujuranmu tersebut menyakitkan. Bagaimana caranya kita memaafkan kesalahan dari orang tersebut dan mengikhlaskannya.

Ternyata, bagi orang yang sedang jatuh cinta, cara membahagiakan diri itu sangat mudah. Cukup dengan melihat dia tersenyum, cukup dengan meilhat dia tertawa

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Saras dan Gilang serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua tokohnya saat bertemu kembali yang awalnya kaku, lembut, kaku, canggung, lembut. Bikin gemes sendiri. Tapi, jujur aja yaa. Aku suka gaya Gilang yang tengil tapi gentle. Tipe badboy idaman. Ahay!

Tokoh favoritku disini adalah Gilang. Bagaimana Gilang berjuang kembali untuk cintanya, dengan gentlenya mengaku salah, bahkan meminta maaf, kemudian dengan penuh jiwa kelelakiannya meminta ijin kepada kedua orangtua dan keluarga Saras. Aku terharu banget. Jadi pingin ada lelaki yang seperti itu datang ke rumah, ngajakkin nikah. Baper mode on.

Aku juga suka dengan Gita. Yang selalu mengerti Saras, sabar menghadapi Saras dan selalu ada untuk Sava. Berusaha menjadi seseorang yang berarti dalam hidup Saras. Selalu memberikan nasihat yang terbaik untuk Saras.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai indahnya setting tempatnya, profesinya, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah kehangatan keluarga, persahabatan, cinta, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan camilan yaa.

Jika kamu percaya dengan perjuangan akan satu hubungan, bacalah novel ini. Karena apa? tema ceritanya menarik dan ada di dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi akan lebih mudah untuk kita dapat masuk, meresapi inti dari cerita tersebut. So, kamu termasuk dalam tim mana nih? #TimBalikan atau #PantangBalikan?

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa..

Because every second I spent with her is like my beautiful dreams come true


=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel Rewrite yang dikirim langsung sama Penerbit Elex Media Komputindo dan kak Dirsta Alifia? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @dirstalifia , @elexmedia dan @princessashr, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita bertiga dan jangan lupa sertakan hashtag #GARewrite
3. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
4. Tinggalkan komentar di Bincang Santai "Mengenang Mantan bareng Dirsta"
5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, akun goodreads (jika punya) dan jawabanmu yaa..

1.   Menurut kamu, apa yang menyebabkan hubungan itu bisa putus? Apa alasannya?
2.   Kenapa kamu harus baca Rewrite?
3.   Kamu masuk ke dalam #TimBalikan atau #PantangBalikan?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 23 – 25 Desember 2016 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan tanggal 26 Desember 2016 yaa. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

29 comments:

  1. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/812125316567023617

    1. Menurut saya, banyak faktor-faktor yang menyebabkan terputusnya sebuah hubungan asmara. Diantaranya yaitu sifat egois yang mendominasi, hubungan tidak akan berjalan dengan baik jika satu sama lain lebih mementingkan ego.

    Yang kedua yaitu kurangnya komunikasi. apabila kita kurang menjaga komunikasi dengan pasangan, itu menandakan bahwa ada rasa kurang peduli atau ‘cuek’ terhadap dia, baik tentang keadaan atau bahkan masalah yang sedang dihadapinya. Jadi kurangnya komunikasi bisa menyebabkan putusnya suatu hubungan.

    Yang paling utama dan paling sering terjadi adalah minimnya rasa kepercayaan terhadap pasangan. Selalu berpikiran negatif tentang pasangannya, tidak pernah percaya jika pasangannya berkata jujur. Ini menandakan kamu tidak mempercayai pasanganmu, kalau sudah begini maka hubungan yang sudah terjalin perlahan lahan akan memburuk dan berakhir dengan kata putus.
    Tidak akan ada yang mau bertahan jika didalam sebuag hubungan hanya diisi dengan keegoisan, ketidakpedulian dan ketidak percayaan satu sama lain.


    2. Karena dari awal baca diwattpad ketika judulnya masih immortal saya sudah jatuh cinta dengan bahasa tulisannya ka dirsta yang ringan tapi menarik. Saya suka karakter gilang yang pantang menyerah untuk mendapatkan kesempatan kedua dari saras, tapi sempet dibuat kesel juga sama gilang pas tau alasan putusnya hubungan mereka. Didalam cerita ini juga bukan cuma dibikin baper sama kisahnya gilang dan saras, ada salah satu bagian yang benar benar membuat saya menangis. Bagian ketika adiknya saras meninggal dunia dan posisinya saras sedang berada diluar negeri karena suatu pekerjaan. Saya suka bagian dimana gilang menenangkan dan selalu berada disamping saras ketika adiknya meninggal, menurut saya itu benar-benar manis. Pas baca versi wattpad di awal awalnya itu kebanyakan tentang flashback ketika gilang sama saras pendekatan hingga jadian dan akhirnya putus. Awal awalnya di bikin gemes sama ka dirsta, pertengahan di bikin baper dan greget, dan akhirnya di bikin deg degan sampai bahagia karena usaha gilang buat dapetin kesempatan kedua tidak sia sia. I love rewrite so much!!


    3. #TimBalikan gara gara baca kisahnya saras-gilang entah kenapa saya jadi setuju dengan yang namanya balikan haha. selama masih cinta dan kesempatan kedua masih ada, apa salahnya balikan?

    ReplyDelete
  2. Nama : Mifta Rizky W
    Twitter : @keyminoz
    Domisili : Gresik
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/812138803238354945

    1. Menurut kamu, apa yang menyebabkan hubungan itu bisa putus? Apa alasannya?
    Menurut saya hubungan bisa putus karena terlalu berpikiran negatif terhadap pasangan. Kebiasaan berpikiran negatif terhadap pasangan harus kita hindari. Apabila kita memiliki sifat tersebut, itu tandanya kita tidak memiliki rasa percaya terhadap pasangan kita. Hubungan cinta yang dipenuhi rasa curiga dan cemas yang berlebihan akan terasa terlalu melelahkan untuk dijalani. Pasalnya, pertengkaran dan perselisihan pasti jadi lebih sering terjadi ketika kita terlalu fokus pada hal-hal negatif. Jadi, bukankah lebih baik mulai belajar mengubah pola pikir, daripada akhirnya kita harus benar-benar merasakan kehilangan yang sesungguhnya.

    2. Kenapa kamu harus baca Rewrite?
    Udah ngikutin cerita ini di wattpad sampe baper berkepanjangan, ceritanya juga bagus, dari yg judulnya Immortal diganti Rewrite, sampe ikutan stalking di IG cari pilot cogan yg mirip dgn karakter Gilang wkwkwk.

    3. Kamu masuk ke dalam #TimBalikan atau #PantangBalikan?
    #TimBalikan kalo memang masih bisa dipertahankan kenapa enggak bersatu lagi.

    ReplyDelete
  3. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter:@san_fairydevil
    domisili: surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/812145334633648128

    1. Menurut kamu, apa yang menyebabkan hubungan itu bisa putus? Apa alasannya?
    Kesalahpahaman, tidak saling jujur, ego yang tinggi. Kenapa? Ketika sudah tidak saling jujur maka hubungan akan dilandasi dengan kebohongan terus menerus. Ketika akhirnya saling jatuh pada kesalahpahaman dan tidak dibicarakan baik-baik, hanya dengan ego. Selesai sudah. Karena batu tidak boleh dilawan dengan batu, yang ada hanyalah percikan api.

    2. Kenapa kamu harus baca Rewrite?
    Karena ada tokoh Gilangnya yang tengil, gentle, badboy kece. Dan karena penulisnya sama-sama mahasiswa UNS.

    3.Kamu masuk ke dalam #TimBalikan atau #PantangBalikan? Kalo buat Gilang aku #TimBalikan

    ReplyDelete
  4. Nama: Khuznul Hatimah
    Domisili: Makassar
    Twitter: @khuznul_nhunu
    link shared:
    https://twitter.com/Khuznul_Nhunu/status/812117817780600832

    1. Menurut kamu, apa yang menyebabkan hubungan itu bisa putus? Apa alasannya?
    2. Kenapa kamu harus baca Rewrite?
    3. Kamu masuk ke dalam #TimBalikan atau #PantangBalikan

    Jawaban:
    1. Kesibukan dan Kurangnya komunikasi. Gilang yang seorang pilot dan Saras yang juga wanita karir jelas menyebabkan kurangnya waktu untuk bertemu, kalaupun libur dan bertemu Gilang dan Saras hanya bertegur sapa dan jalan sehari bukan full time sehingga muncul kecanggungan dan rasa jenuh apalagi saat hubungan sudah masuk 3 tahun. Komunikasi juga mempengaruhi keduanya yang terkadang sama-sama lelah dan jarang bertemu sehingga muncullah emosi sesaat dan mereka putus.
    2. Baca rewrite jujur aja buat aku banyak sadar akan beberapa hal. Seperti Jodoh mau kita cari kemanapun kalau kita tidak bisa berdamai dengan masa lalu maka jodohpun tak akan datang, kedua hati gak pernah bohong jelas dia tahu mana tempatnya dia pulang dan ketiga setiap kejadian pasti ada hikmahnya sama halx Saras selepas hubungannya dengan Gilang maka dia perbaiki diri, lebih mendekatkan diri pada sang pencipta dan berserah diri.
    3. Kalau dia bisa berubah menjadi lebih baik kenapa tidak diberi kesempatan kedua?? ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š yess, I'm #TimBalikan

    ReplyDelete
  5. Nama: Angelina Arum Wulandari
    Twitter: @angeliaaw249
    Domisili: Surabaya
    Link share: https://twitter.com/angeliaaw249/status/812164865783570436
    Goodreads: Angelina Wulandari

    1. Karena gak ada 4 aspek yang paling penting (menurutku), yaitu: harapan, kepastian, kepercayaan, sama komunikasi. Menurutku hal itu penting karena kalau misalnya gak ada harapan dalam sebuah hubungan, apa yang mau diperjuangin kan? Kalau misalnya dalam suatu hubungan dua-duanya pada diem-dieman gak ada yang mau inisiatif ngomongin masalah yang ada kan sama aja hubungan itu bakal terombang-ambing. Kepercayaan, nah ini yang ldr pasti sering ngomongin ini, tapi gk ldr aja pasti juga butuh ini. Kalau kita gak bisa percaya sama pasangan kita sendiri dan akhirnya jadi pacar yang protektif, marah-marah terus, dll, pasangan kita pasti bakal males sama kita. Dan yang terakhir yang paling penting pastinya komunikasi, kalau harapan ada, kepastian udah dapet, udah saling percaya, tapi ngobrol aja enggak bisa, lah situ pacaran sama manusia atau sama benda? Mau nyelesein masalah jadi susah pastinya.

    2. Aku harus baca rewrite karena aku suka konsep ceritanya. Terus aku pingin tau gimana perasaannya kedua tokoh tersebut terutama Saras, secara aku pernah ada di posisinya (lah jadi curcol hehehe). Aku juga pengen matahin persepsiku tentang novel yang diangkat dari cerita wattpad itu biasa-biasa aja, aku bisa mastiin kalau novel ini bakal bisa matahin persepsiku itu.

    3. Gak bisa milih dua-duanya ya(cry). Hmm, kalau bener-bener harus milih satu, aku sih milih #TimBalikan , karena menurutku semua orang berhak buat dapet kesempatan (lagi) entah kesempatan kedua, ketiga, keempat, ataupun kesekian. Secara kita ini manusia, meskipun kita udah bilang gak akan ngelakuin kesalahan yang sama, kita bakal ngelakuin hal tersebut di luar kemauan kita. Lagian kalau orang tersebut udah bener-bener nyesel, kita harus bisa buka mata kita buat sadar, habis itu baru buka hati kita lagi deh buat nerima dia lagi. Enggak ada yang salah dari memaafkan dan menerima lagi. Enggak ada yang salah dari "lagi".

    Ihh banyak ya Kak, hehehe, semoga gak bosen bacanya. Makasih buat kesempatan ikut GA blog tour-nya ya Kak.

    ReplyDelete
  6. Nama : Ega Dwiyanti Putri
    Domisili : Palembang
    Twitter : @egadyptr
    Goodreads : Ega Dyp
    Link share : https://mobile.twitter.com/egadyptr/status/812178737420640256?p=v

    Jawaban:

    1. Kurangnya komunikasi. Kalau menurut aku sih itu salah satu penyebab utama putusnya hubungan. Karena kurangnya komunikasi, maka pikiran negatif akan sering menguasai kita. Kalau itu udah terjadi, maka timbullah kesalahpahaman. Biasanya kan ego cowok itu segede hulk, sedangkan harga diri cewek setinggi langit. Jadi kalau udah ada kesalahpahaman sama aja mempertarungkan ego cowok dan harga diri cewek. Kalau udah gitu, kelar dah hubungan. Say goodbye.

    2. Aku harus baca Rewrite (versi buku) karena aku sempat baca yang versi wattpad (waktu itu judulnya masih Immortal). Dari awal aku udah fall in love sama cerita ini dan gemaaasss sama hubungan Gilang-Saras. Aku juga suka banget sama quote Gilang yang tentang 'cewek-murah-cowok-kaya' itu (aku lupa haha). Makanya kalau aku dapet novel ini aku pengin post quote Gilang itu di Instagram. Quote-nya 'nampar' banget sih. Suerrr.

    3. #TimBalikan. Kalau masih ada perasaan cinta dan bisa menganggap perpisahan yang lalu sebagai suatu pembelajaran. Why not?

    ReplyDelete
  7. Nama: Ratna Komalasari
    twitter: @dreravios
    domisili: Tangerang
    link share: https://mobile.twitter.com/dreravios/status/812207277319094272


    1. Suatu hubungan bisa putus karena mereka sudah tidak lagi saling percaya, tidak saling cinta ataupun tidak saling menghargai lagi.
    Setiap hubungan memiliki kapasitasnya masing-masing, jadi gak semua kata "Putus" Berasal dari tidak mencintai lagi ataupun tidak saling mempercayai lagi. Itu semua tergantung pada kita yang mempunyai hubungan tersebut.

    Tapi ada salah satu survey, aku lupa survey darimana kalau gak salah dari peneliti di London, mengatakan bahwa Cinta tak selamanya identik dengan sesuatu hubungan abadi, karena kalau cinta itu sudah menghilang berarti cinta itu tak akan ada lagi di hati kita. Namun hubungan yang abadi itu ada ketika kita saling mempercayai pasangan masing-masing.

    2. Karena aku suka banget sama cerita ini, yang pas di wattpad juga aku suka banget sama cerita ini. Covernya imut banget lagi. Ceritanya juga menarik banget buat dibaca, aku udah falling in love with abang Gilangku sayang *di pelototin saras* wkwk๐Ÿ˜‚

    3. #TimBalikan dong. Kalau masih cinta dan mau di berik kesempatan kedua kenapa enggak? Allah aja maha pemaaf, masa kaumnya enggak?
    Lagipula manusia itu tempatnya salah dan dosa, kalau pasangan kita mau berubah menjadi lebih baik dan mau menerima segala kekurangan kita, yaa kenapa enggak?

    ReplyDelete
  8. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/812135514723618816?p=v

    ��Faktor yg menyebabkan putusnya hubungan seseorang yaitu:

    1. Faktor internal
    Faktor ini muncul dari dalam diri masing-masing pasangan. misalnya saja: bosan/tidak ada chemistry lagi; masih ingat mantan kekasih; tidak satu visi; tidak ada komitmen yg jelas dalam menjalani hubungan; ketidakcocokan karena perbedaan prinsip, gaya hidup, kesukaan atau kebiasaan yg sulit diterima.

    2. Faktor eksternal
    Faktor ini muncul dari luar, bisa dari keluarga, orang lain dan kondisi. Misal: munculnya orang ketiga yg lebih menarik hingga berujung pada perselingkuhan, perbedaan jarak maupun waktu yg menyebabkan minimnya komunikasi, tidak adanya restu dari kedua orangtua.

    ��Rewrite memiliki cerita yg ringan namun sarat akan makna dan covernya yg kekinian banget karena sekarang ini banyak pengguna media sosial terutama IG yg sering atau suka memfoto kaki bersepatu mereka ��

    ��#PantangBalikan
    Kembali bersama mantan, tidak menutup kemungkinan masalah dan kesalahan yang sama akan terulang lagi. Kamu bisa dilukai berkali-kali oleh orang yang sama. Kamu tidak perlu menyakiti diri sendiri. Ingatlah bahwa memaafkan dan berbaikan dengan mantan tidak harus ditandai dengan baliknya hubungan kalian berdua. Kamu dan dia bisa saling memaafkan cuma dengan menjalin pertemanan untuk menjaga hatimu agar tidak remuk kembali. Memang sih sulit untuk melupakan dia yg pernah menetap di hatimu. Namun kamu harus percaya bahwa di luar sana masih banyak orang lain yang juga memiliki kesempatan untuk menjadi tokoh utama dalam kisah cintamu. Jadi, kamu harus mulai membuka hatimu untuk segera menemukan cinta terakhir dan abadimu.

    ReplyDelete
  9. Nama: Nurul Astri
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/812276604579655680

    1. Hubungan berakhir bisa karena banyak hal, tapi yang paling sering dijadikan alasan, adalah; 1) Orang ketiga. Ada seseorang yang masuk dalam hubungan tersebut, berperan sebagai badai yang mengguncangkan suatu hubungan. Yang menentukan hubungan itu bisa bertahan atau tidak adalah kepercayaan pasangan itu sendiri. 2) Jenuh, atau sudah tidak ada rasa. Kadang kali kita merasa lelah dengan perasaan kita sendiri karena seringnya waktu yang dihabiskan bersama. Hingga rasa cinta mulai tak terasa lagi. Alasan yang menurutku sangatlah konyol.

    2. Mungkin karena aku menggemari novel yang lebih ke nyesek kali ya. Ditambah dengan teman dekatku yang kerapkali menceritakan masalah hubungannya dengan kekasihnya, yang kurang lebih seperti Saras dan Gilang, namun dalam konteks yang lebih rumit.

    3. Kalau memang masih sayang, aku berada di #TimBalikan. Nggak peduli meskipun banyak orang yang mengatakan pantang balikan sama mantan, tapi kalau sama-sama ada rasa, kenapa enggak? Itu kesempatan, yang kalau nggak diambil siapa tahu suatu saat akan disesali.

    ReplyDelete
  10. Nama : Rahma Liasa Zaini
    Twitter :@rachmaliasa
    Domisili : Pekan Baru
    Link Share :https://twitter.com/rachmaliasa

    1.Suatu hubungan bisa putus,bisa jadi karena salah satu dari pasangan sudah tidak cinta lagi misalnya karena LDR .Sering gak jumpa dan dekat dengan orang yang sering jumpa lambat laun kesetian bisa memudar.Lalu suatu hubungan juga bisa putus karena mungkin salah satu pasangan tidak bisa saling menerima kekurangan.Padahal cinta itu bukan tentang seberapa sempurna pasanganmu tetapi sebaik apa,sesayang apa kamu ke dia sehingga dunia menjadi bahagia dan sempurna.

    2. Aku harus baca rewrite karena aku suka sama judul cerita nya yang menarik.Karena jatuh cinta itu bukan dihadapi oleh siswa SMA saja.Mahasiswa kadang juga galaunya luar biasa lo,seperti Saras.Bagaimanapun aku menyukai tipikel perempuan seperti saras yang memiliki gengsi melebihi langit ketujuh.Aku setuju seorang perempuan memang harus memiliki gengsi dan mampu merahasiakan rindunya walaupun tak bisa di tepis.Aku juga suka tokoh Gilang yang berusaha mati-matian untuk mengajak saras balikan karena memang lelaki seperti Gilang lah yang di butuhkan banyak peempuan.

    Aku mungkin lebih memilih #Timbalikan mbak,karena apapun itu jika memang dia yang tertulis dilauh mahfuz pasti bakalan tau jalan pulang mbak.Jika memng ia merpati terbaik pasti akan tau jalan pulang mbak.Seperti Gilang yang kembali kepada Saras

    ReplyDelete
  11. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/812281395431100416
    Jawaban:
    1.Menurut aku yg paling berpengaruh menyebabkan putus hubungan adalah masalah komunikasi. Bisa jadi karena kurang intensitas pertemuan atau karena keduanya tipe orang yg pendiam. Kalo komunikasi tidak lancar maka akan banyak kesalahpahaman yg akan terjadi sehingga menimbulkan bisa kecurigaan antara satu sama lain. Dan dalam komunikasi ini pentingnya kejujuran. Hal ini terjadi karena hal intern. Kalo masalah extern adalah adanya pihak ketiga atau keempat *halah banyak amat๐Ÿ’”
    2. Kenapa harus baca Rewrite? Aku paling suka novel romance, karena ceritanya ringan, bisa jadi obat galau. Ngga perlu mikir yg jelimet dan pusing mencerna isi ceritanya. Dan karena ini masuk blog ka Asri tentunya recomended banget untuk dibaca.
    3. #PantangBalikan
    Aku rasa setiap orang pasti pernah ngelakuin kesalahan,manusiawi. Tapi sekali orang berbuat salah, apalagi sampai tidak bisa menekan ego hingga menyakiti orang yg disayang maka akan ada yg kedua, ketiga, sampai kesekian.
    Kalo kata Juve "ngga jaman balikan sama mantan"
    Jadi daripada Gilang balikan ama Saras, mending ama aku๐Ÿ˜†๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  12. Nama : Veni Nur Agustin
    Domisili : Pangandaran,Jawa Barat
    Goodreads : Veni Agustin
    Twitter : @VeniNurA

    https://mobile.twitter.com/VeniNurA/status/812303716925587457?p=v

    1. Komunikasi itu faktor utama. Nah klo komunikasinya bagus lancar pasti feedback nya juga bagus dong. Sebaliknya klo komunikasinya buruk, hubungan juga hambar dan bakal banyak kesalah pahaman satu sama lain. Akibatnya? Hubungan hancur kan,PUTUS DEH. *komunikasi bukan berarti setiap 5menit sekali harus kasih kabar ya guys ^^

    2. Karena pas baca review nya udah jd penasaran cerita lengkapnya gimana plus alur nya juga kaya kehidupan sehari-hari gitu kan. Gokil lah keren iam so excited to get this book ^^

    3. Kalau aku sih tim #PantangBalikan toh kita udah pernah di bikin kecewa atau mengecewakan seseorang. Kenapa harus mengulanginya lagi? Ya mending looking for something better than before gitu intinya ^^

    ReplyDelete
  13. Nama : Arum Okta S
    Domisili : Mojokerto
    Twitter : @okta_s3233pm
    Link : https://mobile.twitter.com/Okta_S3233PM/status/812274158352683009?p=v

    1 Menurutku ada banyak faktor yaa tapi menurutku ada beberapa hal yang bisa jadi pondasi sebuah hubungan misalnya nih :
    ° Rasa Percaya karena rasa percaya berkaitan dengan kesetiaan dan harapan
    Akar dari kesetiaan adalah adanya rasa saling
    percaya. Kepercayaan yang kita berikan pada
    seseorang menandakan kalau kita menaruh
    harapan untuk bisa selalu dijaga. Dan apabila
    harapan itu bisa dijaga, nggak mustahil bukan
    kalau kita akan kembali menaruh harapan-
    harapan lain pada orang yang sama?
    Mempercayakan sesuatu yang berarti pada
    seseorang memang nggak mudah, tapi dalam
    sebuah hubungan, menjadi pasangan yang
    setia tanpa diikuti rasa percaya adalah hal
    yang percuma. Kamu di sisinya, tapi hati dan
    pikiranmu menuduhkan banyak hal padanya.

    °Dukungan dan Motivasi
    Dukungan dan motivasi yang saling diberikan
    oleh pasangan juga menjadi faktor penting
    dalam hubungan. Keduanya membuat kamu
    dan pasangan untuk maju bersama, menjadi
    pribadi yang lebih baik.
    Bukannya ingin meremehkan arti kesetiaan,
    namun bukankah dukungan dari pasangan juga
    selalu diperlukan? Buat apa dia setia bertahan
    di sisimu, kalau dia banyak mengekangmu
    untuk melakukan ini itu?
    ° Saling menerima
    Saling menerima ketidaksempurnaan dan memilih tetap bertahan. Karena cinta yang sebenar-
    benarnya adalah cinta yang
    tetap tumbuh, sekalipun kamu
    sudah sangat khatam dengan
    kekurangannya.
    °Komunikasi
    Komunikasi adalah pondasi paling kuat Seperti yang kita tahu bahwa salah satu
    kunci sukses dalam sebuah hubungan adalah
    komunikasi.Karena dengan komunikasi yang baik kita bisa segala masalah .Apapun kendala yang ada jika kita mampu berkomunikasi dengan baik dengan pasangan insyaAllah segala pasti ada jalannya
    °Komitmen
    Pondasi paling penting dalam hubungan yaitu komitmen , tanpa komitmen suatu hubungan tak kan layak lagi untuk dipertahankan

    Menurutku itu faktor** penting yang sangat diperlukan dalam membangun suatu hubungan , dan jika salah satu diantaranya nggak ada kamu yakin hubungan itu masih bisa dilanjutkan ?

    Faktor faktor tersebut saling berkaitan jadi kalo salah satu nya aja udah bikin pincang apalagi kalo semua gak ada ??

    2 Kenapa kamu harus baca Rewrite ?

    Pertama aku tertarik sama covernya yang unyu unyu gitu hhh udah kebiasaanku sih judge book from the cover dan aku langsung tertarik sama covernya rewrite . Dan setelah baca komen komen tentang novel omo
    Aku tuh nyesel udah ketinggalan cerita yang di watty jadi bisa gak bisa tapi harus bisa sih baca ini novel , soalnya novel ini itu bahasanya ringan trus kayak deket aja sama kehidupan sehari hari jadi gak bikin otak harus berpikir keras untuk bisa membangun imajinasi . Temanya juga gak ngedrama banget tuh . Pokoknya asyik banget kayaknya.

    3. #TimBalikan aku tuh gak pernah bisa berdamai sama yang namanya balikan , tapi pas baca bocorannya kok malah berharap dan mengharuskan mereka balikan :D

    ReplyDelete
  14. Nama : Lufi Mamudah
    Twitter : @LufiMamudah
    Domisili : Ngawi,Jawa Timur
    Linkshare : https://mobile.twitter.com/LufiMamudah/status/812324536410476544?p=v

    1. Menurut saya yang menyebabkan hubungan itu bisa putus adalah kurangnya komunikasi. Yang paling penting dalam suatu hubungan adalah komunikasi. Karena dari komunikasi akan terbangun keterbukaan, saling percaya, saling memahami, tidak terjadi salah paham, dan akhirnya timbul rasa setia dan saling menjaga.
    2. Kenapa kamu harus baca rewrite? Karena setelah membaca sinopsisnya saya merasa tertarik dan menurut pendapat saya novel tersebut akan bisa membuat kita lebih bisa menghargai suatu hubungan dengan orang lain khususnya kekasih kita. Karena seperti kata bang rhoma " kalau sudah tiada baru terasa".
    3. #PantangBalikan

    Pantang balikan karena saya tipe yg setia dan selalu berusaha menjaga dan mempertahankan suatu hubungan. Sehingga ketika saya sudah memutuskan untuk mengakhiri suatu hubungan itu berarti hubungan tersebut memang sudah tidak bisa dipertahankan dan diperjuangkan lagi jikapun terus dipertahankan maka akan ada hati yang terluka. Dan ketika sudah putus ketika akan memulai suatu hubungan lagi maka akan terasa canggung dan berbeda karena selalu dibayang2i oleh masa lalu yang pernah dialami. Sehingga lebih baik untuk melepaskan dan mencari kebahagiaan ditempat yang lain.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Nama : Khaerunnisa akun twitter: NhisaMinoz75
    domisili : Kolaka, Sulawesi Tenggara.
    link share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/812367793605619712?p=v
    1. Menurut kamu, apa yang menyebabkan hubungan itu bisa putus?Apa alasannya? Kurangnya atau tidak adanya kepercayaan terhadap pasangan bisa jadi penyebab hubungan itu putus. Pondasi kuat suatu hubungan adalah kepercayaan, tanpa kepercayaan suatu hubungan akan runtuh, karena dari kepercayaan. Kasih sayang, kepedulian, komitmen, dan saling menerima apa adanya. Bisa terbentuk. Ibarat suatu bangunan tanpa pondasi kuat, suatu saat akan runtuh. Sama seperti kepercayaan dalam suatu hubungan, jika rasa percaya dalam suatu hubungan, kurang atau tidak ada. Maka suatu saat hubungan itu akan runtuh dan hancur (Putus.)
    2. Kenapa kamu harus baca Rewrite? Karena cerita ini menceritakan tentang perjuangan akan satu hubungan. Saya selalu senang jika membaca Novel tentang perjuangan, apa lagi kalau dalam ceritanya, yang berjuang itu seorang cowok, itu kesannya manis banget, gregetnya dapet banget. Sampai sampai pengen ditarik buat di kenalin ke Ibu, wkwkwk *sayang banget cowok kek gini kebanyakan saya temukan di dunia fiksi bukan di dunia nyata* cewek mana sih yang gak mau di perjuangkan, semua cewek mau lah. Apa lagi kalau cowoknya seperti Gilang, beuhhh jadi pengen teriak PERJUANGIN AKU AJA BANG. Wkwkwk intinya pengen baca Rewrite karena pengen liat perjuangan Gilang seperti apa, dan pengen tau Endingnya perjuangan Gilang ke Saras dia di terima apa nggak.? Saya Sih berhara Saras nemu cowok baru dan Gilang lari ke aku, dan kembali berjuang, berjuang untuk mendapatkan restu dari Ibuku, wkwkwk *MIMPI*

    3.Kamu masuk ke dalam #TimBalikan atau #PantangBalikan? #TimBalikan. Kalau Allah aja ngasih kesempatan kedua buat hambanya kenapa kita tidak, walau gak tau rasanya balikan itu seperti apa *ketahuan banget gak pernah pacaran* tapi menurut saya di balik cowok yang minta balikan, dia sebenarnya udah berubah, dia belajar dari kesalahannya. Dan memperbaiki dirinya, mungkin dia merasa udah pantas jadi pasangan seperti yang cewek inginkan, jadi dia minta balikan, meski harus butuh perjuangan besar kalau memang dia udah berubah dia pasti akan berjuang. Dan dari perjuangan itulah kita sebagai wanita bisa melihat dia masih pantas di terima atau tidak. *GILANG AKU MENUNGGUMU MENGETUK PINTU RUMAH KU* KISS.

    ReplyDelete
  17. Nama:Feby Aulia Ayundita
    Akun twitter: @febyaulia316
    Link share:https://twitter.com/Febyaulia316/status/812417867706568704
    Akun goodreads: Feby Aulia
    Domisili: Bogor tengah
    Jawaban:
    1. Putusnya hubungan itu menurutku bisa banyak bgt penyebabnya. Bisa jadi putusnya hubungan karena miss communication, komunikasi antar pasangan itu penting, karena jika pasangan gaada komunikasi bakal terjadi adanya kesalah pahaman, dan juga bisa disebabkan karena kurangnya rasa percaya terhadap pasangan sendiri, karena kepercayaan itu penting untuk berlangsungnya suatu hubungan.
    2. Kenapa aku harus baca Rewrite? Karena aku nyesek bgt saat tau rewrite mau dibukuin, kenapa? Soalnya waktu novel ini masih ada di wattpad dan masih berjudul Immortal, aku baru baca setengahnya, dan saat proses terbit gaada notif di wattpad(tp kayanya wattpad alu yg lg eror๐Ÿ˜‚), dan di wattpad cerita ini blm selesai jadi aku gatau kelanjutan cerita Saras dan Gilang. Jadi aku harus baca ini banget buat membunuh rasa penasaran aku sama kisah saras dan gilang hehe.
    3. Aku team #pantangbalikan, kenapa? Karena menurutku kalau balikan sama mantan sama seperti baca buku untuk yg kesekian kalinya, dan kita pasti tau endingnya gaakan pernah berubah(kecuali Allah menghendaki ending yg beda)

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/812448081585152000

    Jawaban:
    1. Hubungan bisa putus terjadi karena beberapa faktor.
    Kesalapahaman adalah pokok permasalahan kenapa hubungan tsb bisa putus. Kesalapahaman lahir dari kurangnya intensitas komunikasi thd pasangan, yg menyebabkan rasa percaya perlahan terkikis, dan menimbulkan pikiran negatif kita thd pasangan. keterbukaan dalam komunikasi sangat diperlukan untuk menjalin sebuah hubungan, sekalipun keterbukaan menghadirkan kejujuran yg menyakitkan.

    Kesalahpahaman membuat orang kesulitan berpikir logis, memutuskan suatu hal tanpa menalar terlebih dahulu. membuat orang menjadi seperi “dipermainkan takdir” padahal yang bermain adalah diri kita sendiri.

    2. karena aku percaya dengan perjuangan akan suatu hubungan. dan cerita karangan Kak Dirsta seperti menjadi bukti ttg perasaan yg masih sama meskipun telah lama berpisah, perjuangan yg tidak pernah mengkhianati hasil. tema ceritanya menarik dan ada di dalam kehidupan kita sehari-hari. Ingin belajar kpd Gilang cara dan proses mempertahankan sebuah hubungan.
    Gilang yg Husband Goals dan Saras yg ingin kuganti posisinya, menjadikan saya kliyengan pengen baca novel ini><

    3. #PantangBalikan :D karena saya percaya masalalu hanyalah sejarah hidup kita yg dijadikan pelajaran untuk melangkah kedepan, dan sebuah cerita yg tidak bisa diulang namun masih terus terkenang. meskipun saya juga percaya kesempatan kedua memang ada namun saya memilih #PantangBalikan karena saya bahagia dengan pilihan saya sekarang, dan saya tidak menyesalinya.

    ReplyDelete
  20. Nama: Rinita
    Akun twitter: @Rinitavyy
    Domisili: Jatim
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/812501709557792774?p=v
    Akun goodreads: Rini Virgo https://www.goodreads.com/user/show/57040650-rinita-virgo


    Q: Menurut kamu, apa yang
    menyebabkan hubungan itu bisa
    putus? Apa alasannya?
    A: Visi & Misi diawal huhungan itu terbentuk. Maksudku, Saat suatu komitmen mulai dihuhungankan oleh adanya alasan di baliknya, lalu tiba-tiba alasan itu kehilangan fungsi. Bukan-kah berarti hubungan itu lambat laun akan putus dengan sendirinya. Akibat tidak ada lagi alasan untuk mempertahankannya.


    Q: Kenapa kamu harus baca Rewrite?
    A: Novel ini bagus sekali quotes-nya. "Because it feels like home, Saras. Senyum kamu selalu bikin aku ingat, di mana pun aku berada..." Tidak hanya itu, pun dengan tema dan pesan yg ingin di sampaikan penulis lewat kisah Saras & Gilang. Tentang kesempatan kedua, Meminta dan memberikan maaf, Sekaligus menyelesaikan masalah perasaan yg masih dalam tanda tanya kelanjutannya. Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari kisah seperti itu banyak dialami di kehidupan masyarakat. Nah, untuk itu aku berharap bisa membaca kisah mereka.


    Q: Kamu masuk ke dalam #TimBalikan atau #PantangBalikan ?
    A: Tergantung...tergantung apakah ketika ingin memulai hubungan itu, tidak ada alasan yg menyertainya. Karena bagiku, disaat aku sedang berbunga-bunga jatuh cinta padanya. Aku tdk punya alasan satu pun yg bisa aku ungkapkan. Intinya: aku suka dia. Dan nggak punya alasan lain mengapa aku bisa suka dia. Pokoknya kalau suka ya suka aja. Kalau cinta ya cinta aja, titik. Tidak tahu alasannya. Dengan begitu, bila hatiku masih stuck di situ otomatis aku menyetujui untuk memulai kisah kami dari nol. Karena aku yakin, InsyaAllah hubungan kami mampu bertahan lama. (bisa dibilang aku 100% setuju mengambil tindakan di #TeamBalikan)

    ReplyDelete
  21. Nama : Rizky Tria Octasiana
    twitter : @Octannow_
    link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/812642225515597824?p=v
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    1. Waa, sebenarnya byk faktor jg.
    Pertama, apa-apa yang 'berlebihan'. Dimana-mana orang juga gak suka sama yang berlebihan. Dikit-dikit cemburu, dikit-dikit curiga, dikit-dikit mewek. Pria / wanita lama-lama juga risih kan kalo pasangannya begitu. Yang ada malah terkekang, kesana kemari dicurigain. Ingat ya, semua orang butuh ruang. Laki-laki butuh ruang sendiri, jangan penuhi sisi-sisinya kecurigaan. Pun perempuan, butuh me time. Jgn sampe akhirnya dicap "mendramatisir" krn berlebihan.
    Kedua, komunikasi.
    Apaya, ini itu semacam energi dalam hubungan. Berhasil tidaknya hubungan biasanya di pengaruhi sama komunikasi.
    Ketiga, gak ada Toleransi. (Poin penting nih setelah komunikasi)
    Menyatukan dua kepala membutuhkan usaha dari kedua belah pihak juga. Saat ada masalah, jangan mau menang sendiri. Harus pinter cari jalan tengah. Salah satu pihak harus menurunkan egonya untuk mengalah.
    Terakhir, ketidakstabilan emosi.
    Emosi yang tidak stabil mengakibatkan amarah serta ego yang tak terkendali sehingga kalimat 'putus' terucap dengan mudahnya.
    2. Soalnya penulisnya seumuraaaann, kan bisa jadi motivator :v karyanya bisa menginspirasi aku. Kaliaja setelah baca, aku jd termotivasi bikin cerita juga. Nggak pernh baca versi watty sih, tapi dari reviewnya: wow dan keren banget. Quote-nya ngena, bahasanya ringan. Aku suka pemikiran dirsta yang apik, mengangkat cerita dari kehidupan sekitar.
    Temanya pun gak jauh-jauh dr kehidupan nyata. Tentang kesempatan kedua, harga diri, berdamai dg masalalu, perjuangan, dan sebuah rasa yang belum tuntas.
    Sehingga untuk aku yang masih newbi melahap kata demi kata dari novel akan mudah memahami konfliknya. Apalagi ini pasti banyak yg pernah ngalami, Yakan? Ohya, banyak pelajaran yg dirsta selipin lewat novel rewrite. Aku mau belajar lewat kisah saras ini, soalnya lagi di masa susah move on gitu :v
    3. Hmm? #TimBalikan tapi juga kadang jadi #PantangBalikan :3
    #TimBalikan ajadeh, kalo masih saling cinta & mau memperbaiki kesalahan mah gak apa-apa. 

    ReplyDelete
  22. Nama : Rani W
    Twitter : @raniwidiyansyah
    Link Share : https://mobile.twitter.com/raniwidiyansyah/status/812859009350803456?p=v
    Domisili : Bandung

    1. Alasan putusnya hubungan itu, kurangnya rasa percaya, kurang komunikasi, kurang perhatian, ada orang ketiga, nggak dapet restu orang tua dan yang terakhir, belum jodoh.

    2. Alasannya ingin buku ini karena dari review diatas sangat menarik, cerita seperti ini biasanya cerita favorit saya, tentang memperjuangkan seseorang dari masa lalu, selain itu, penulisnya seumuran sama saya, jadi penasaran bakal seperti apa tata bahasanya, bakal nyaman kah atau mungkin klop kah. Dan saya sangat penasaran dengan Gilang.

    3. Saya #TimBalikan soalnya kalau memang jodoh kan pasti siapa aja, mantan juga termasuk, jadi kalau jodoh pasti selalu ada jalan. Masa jodoh di tolak gara-gara status mantan?

    ReplyDelete
  23. Nama: Rina Fitri
    Twitter:@Rinafiitri
    Link Share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/812877056816005120
    Domisili: Banda Aceh

    1. Alasan putusnya suatu hubungan banyak sih, salah satunya kalo menurutku kurang komunikasi. Dimana komunikasi yang kurang menyebabkan seseorang berasumsi yang buruk kepada pasangannya sendiri, ditambah kurangnya rasa percaya maka putuslah suatu hubungn.

    2. Alasan menginginkan novel ini karena ter-persuasi sama review mbak asri๐Ÿ˜‚. Reviewnya mengundang banget buat dibeli, tapi lebih senang lagi kalo dapat dari GA ini๐Ÿ˜น

    3. Aku ikut #TimBalikan aja deh, soalnya gk tega kalo pasangan yang saling mencintai harus pisah๐Ÿ˜ข

    ReplyDelete
  24. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/812880266913906689
    Domisili: Gorontalo
    Goodreads: Elsita F

    1. Alasan putusnya sebuah hubungan menurutku ada dua: Perasaan yang sudah berubah dan karena bertahan sudah terasa sia-sia

    2. Ide menulis ulang kisah itu sangat menarik buatku. Setiap orang pasti punya penyesalan yang membuat mereka ingin mengulang atau menulis ulang sesuatu itu sehingga bisa menjadi lebih baik, di buku ini aku ingin tahu bagaimana cara Gilang dan Saras menulis ulang kisah mereka.

    3. Tim #PantangBalikan. Meski rasa masih ada tapi sesuatu yang sudah meninggalkan luka pasti akan terasa berbeda jika kita kembali mencobanya. Berdasarkan pengalaman saja, saya udah pernah balikan dengan mantan sekali, dan hasilnya sama saja. Kami end up putus oleh sebab cinta yang masih ada namun sudah terasa hambar.

    ReplyDelete
  25. Nama:Alfath
    twitter: @alfari_12
    domisili: sidoarjo
    link share:https://twitter.com/alfari_12/status/812925979064561664
    akun goodreads: Alfath R


    1. Menurut kamu, apa yang menyebabkan hubungan itu bisa putus?
    Ada dua hal: Pertama, putus saat kedua pasangan masih sama-sama hidup. Kedua, kondisi saat salah satu pasangan meninggal dunia. Ketika salah satu pasangan meninggal dunia maka mau tidak mau sang kekasih perlu melanjutkan hidup. Entah itu tetap sendirian, atau memilih menjalin hubungan baru. Namun bila ada sepasang manusia yang berhubungan dan memilih putus, itu dikarenakan tidak adanya lagi keinginan untuk mempertahankan hubungan. Misal ada salah paham/masalah, jika keduanya tidak cukup kuat untuk menjaga hubungan yang ada, serta merasa saling menjadi korban tanpa menyusuri kebenaran yang diperlukan maka tinggal tunggu waktu saja kata 'putus' itu terlontar. Demikian juga bila merasa tidak cocok. Banyak orang menikah merasa tidak cocok setelah sekian tahun berumah tangga dan menatap orang lain lebih menarik. Ini juga karena kedua belah pihak sudah enggan berupaya 'extra' untuk melanjutkan hubungan kembali.

    2. Kenapa kamu harus baca Rewrite?
    Karena dalam review di atas Mbak Asri menyebutkan "Selain cerita mengenai indahnya setting tempatnya, profesinya, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah kehangatan keluarga, persahabatan, cinta, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta" ---> saya ingin membaca kelengkapan cerita ini. Apalagi ada bagian 'berdamai dengan diri sendiri'. Di bagian review tertentu menyebutkan Gilang dengan gigih meyakinkan Sarah agar kembali padanya. Tentu saja pasti ada hal yang sangat melukai hati Sarah bila tokoh ini terkesan gamang untuk balian lagi. Jadi saya ingin melihat bagaimana proses Sarah berdamai dengan dirinya, dan tentu saja saya 'kepo' dengan upaya Gilang yang sepertinya beneran sungguh-sungguh ini.

    3. Kamu masuk ke dalam #TimBalikan atau #PantangBalikan?
    untuk cerita ini saya masuk #TimBalikan karena berharap mereka balikan di novel #Rewrite ini. Apalagi Sarah belum bisa melupakan Galang seutuhnya. Bukankah orang yang belum bisa memaafkan itu masih ada 'rasa' yang belum tuntas? Jadi saya masuk #TimBalikan

    ReplyDelete
  26. Nama: Larasati Dwika
    Twitter: @larasatidwikap
    Link Share: https://twitter.com/Larasatidwikap/status/812525477680148480?s=06
    Domisili: Bandar Lampung, Lampung





    1. Putusnya suatu hubungan itu pasti ada banyak faktornya. Pertama, mungkin karna keegoisan dan merasa tidak dihargai dalam hubungan mereka, kedua mungkin bisa saja salah satu dari mereka sudah merasa hambar dalam hubungannya sehingga memilih untuk mengakhiri, dan alasan lain mungkin jga karna adanya pihak lain yg mencoba merusak hubungan tersebut, bisa juga karna mereka udah gak cocok lagi karna adanya perbedaan prinsip, tidak saling jujur dan terbuka serta kurangnya komunikasi pun dapat memutuskan suatu hubungan dan masih banyak faktor lainnya.

    2. Kenapa pengen baca rewrite karna mau liat dan ngerasain bgt perjuangannya gilang yg ga pantang nyerah buat mulai kembali hubungannnya sama saras yg sayang bgt dilupain gitu aja. Karna kalo aku jadi saras sih aku akan ngasih gilang kesempatan keduanya dan bakalan nurunin ego aku buat berjuang lagi untuk ngebangun hubungan sama gilang, saras juga kan masih cinta sama gilang tuh. Karna setiap manusia pasti punya kesalahan dan sebagai manusia juga saras harus bisa maafin gilang dong sesakit apapun perasaan saras atas perbuatan gilang dulunya. Aku juga baru baca di wp part2 awalnya aja tapi sekarang udah diterbitin aja rewritenya jadi ga sempet baca lebih lanjut dan sampe sekarang masih penasaran banget gimana isi novelnya soalnya suka bgt sama ini novel bahasanya itu pas dan menarik bgt buat aku yang masih anak sekolahan yg suka banget drama2 romance gitu hehe.

    3. #TimBalikan atau #Pantang balikan itu tergantung ya kita putusnya karna apa dan gimananya. Kalo kita putus cuma karna keegoisan dan harga diri tapi masih cinta aku bakalan milih buat nurunin ego dan harga diri aku buat milih #TimBalikan dan berusaha buat memperbaiki hubungan serta saling intropeksi diri biar kedepannya gak mudah buat ngakhirin hubungan gitu aja. Tapi kalo misalkan aku putus gara2 masalah orang ketiga atau udah ga cocok lagi ya aku bakalan milih #PantangBalikan karna udah gak ada lagi yang pantes buat diperjuangin saat aku dan dia udah sama2 gak mau ada hubungan lagi.



    Wish me luck๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜Š
    Aamiin

    ReplyDelete
  27. Nama: Dwita Andhara
    Twitter: @dwitaandhara
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/813011130293440514
    Domisili: Makassar

    1. Penyebab hubungan bisa putus itu karena dalam menjalani hubungan itu tidak dinikmati. Alasannya kadang hanya karena salah paham, egois, ragu yang melanda, menipisnya kepercayaan, komunikasi yang kurang atau lebih mendengar apa kata tetangga saja sudah mulai renggang hubungan yang di jalani. Di awal-awal terlihat manis, tapi yah namanya hidup kan gak bisa terus mulus, begitupun juga suatu hubungan. Pasti akan ada masalah yang datang menghampiri. Nah menurutku masalah yang datang itu harusnya dinikmati, dalam artian jangan terlalu dijadikan beban dan jika bisa, di cari jalan keluarnya bersama-sama agar hubungan itu bisa bertahan.

    2. Kenapa saya harus baca rewrite karena sebelumnya saya belum baca cerita ini di wattpad. Anggaplah saya kudet alias kurang update dan karena itu saya menyesal. Dan jika dengar teman-teman lain baca pengalamannya setelah baca cerita ini di wattpad dulu buat saya merasa harus baca cerita ini.

    3. #TimBalikan. Alasannya jangan memutus tali silaturahmi jika masih bisa dijalin kembali ^^



    ReplyDelete
  28. Nama: Ayu Calista
    Akun twitter: @ayucalista18
    Domisili: Jakarta
    link share: https://twitter.com/ayucalista18/status/813018791323893761

    1. Hubungan bisa putus karena kedua belah pihak atau salah satunya tidak lagi memiliki alasan untuk bertahan.

    2. Aku harus baca Rewrite karena buku ini cocok untuk pencinta romance sepertiku. Apalagi rating buku ini 4/5, wah jadi makin suka. Terus aku juga suka karakter Saras yang berpendirian kuat sebagai cewek. Dan yang bikin pengin baca buku ini adalah kenapa mereka berantem? Kayaknya Gilang enggak ada celanya deh.

    3. #PantangBalikan Aku percaya sama kesempatan kedua tapi kalau untuk mencintai enggak akan percaya. Karena, dari awal udah sadar diri apa aja alasan putus. Udah nangis, nyesek dan galau berbulan-bulan. Terus tiba-tiba balikan gitu? wah, lemah. Aku enggak mau. hihi.


    ReplyDelete
  29. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/813036697529090048?p=v
    Akun Goodreads : Humaira


    1.   Menurut kamu, apa yang menyebabkan hubungan itu bisa putus? Apa alasannya?

    »» Kurangnya komunikasi, keterbukaan, rasa saling percaya dan ego yang tinggi. Karena menurutku, 4 dasar itu adalah hal utama pondasi dasar terbentuknya suatu hubungan.


    2.   Kenapa kamu harus baca Rewrite?

    »» Karena ini novel pertama penulis.
    »» Penasaran akan ide ceritanya yang kata ka Asri biasa tapi jarang diangkat.
    »» Aku belum pernah baca cerita ini di wattpad.
    »» Karena reviewnya bikin aku penasaran.
    »» Aku pengen tau apa penyebab Saras dan Gilang putus setelah 3 tahun pacaran.
    »» Aku juga ingin tau bagaimana hubungan mereka kedepannya. Usaha-usaha gilang untuk kembali bersama dan apa hasil dari perjuangannya untuk mendapatkan maaf dari Saras.
    »» Karena novel bisa dipakai sebagai contoh, bahan introspeksi diri dan pembenahan diri untuk aku kelak ketika menjalani suatu hubungan.


    3.   Kamu masuk ke dalam #TimBalikan atau #PantangBalikan?

    »» #TimBalikan
    Gilang-nya udah berjuang buat dapetin maaf dari Saras, menyadari kesalahannya dan berjuang untuk cinta, kasian banget kalo diabaikan. Gilang ga akan datang untuk yang ke-3 kalinya loh Saras, kalo ga mau bilang langsung, biar Gilangnya buat aku, wkwkwk. #uppss dilempar buku sama ka Asri, hehehe. Tapi ga apa-apa aku rela #peace

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...