Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

31 December 2016

Tips Mereview Ala Princess




Holaaa..

Princess datang lagi di hari Sabtu yang bikin happy. Happy karena malam mingguan sama si mpuss. Mpuss itu kucingku. Jadi, Princess lagi momong mpuss.

Berhubung ada yang minta buat bahas mengenai tips mereview buku ala Princess, so, kali ini mau bahas itu dulu kali ya.

By the way, sebelumnya mau tanya sama kalian. Kalau mereview buku itu yang paling penting apa sih? Ada yang tahu nggak?

Okay, kali ini Princess mau kasih tahu tips mereview buku ala Princess yaa. Ehm.. sebenarnya sih nggak ada tips ala Princess sih. Tips ini udah selalu digunain sama mereka yang suka mereview buku.
  

Cover Buku 
 
Paling suka sama yang namanya cover buku. Tahu sendiri kan cover buku sekarang keren-keren. Tapi yang paling penting adalah isi dari buku itu sendiri sih. Sometimes cover bagus nggak menjamin isinya juga oke. Ini kadang lhooo yaa. Kebanyakan mah sebanding lahhh. Pokoknya mah, jangan lupa buat selalu mencantumkan cover di setiap kita mereview buku. Boleh cover depannya aja, atau mau sama cover belakangnya juga boleh. Kebanyakan cover yang ada di Peek A Book, Princess ambil dari Goodreads. Thank you, goodreads.

Identitas Buku 
 
Jangan pernah melupakan buat selalu memberikan identitas buku setiap kali mau mereview buku. Kenapa? Karena itu sangat amat penting. Ini semacam informasi buat para pembaca. Terus yang mesti ditulis di sini apa aja dong? Up to you sih. Kalau Princess sendiri biasanya hanya Judul, Penulis, Penerbit, ISBN. Udah sih kalau Princess cuma itu aja. Kalau yang lainnya, biasanya lebih komplit dari Princess.

Blurb 

Ini penting banget lho. Karena dengan adanya blurb, pembaca jadi tahu, buku ini bercerita tentang apa. Biasanya sih Princess ngambil blurb dari Goodreads, tapi kalau nggak ada, kan tinggal menyalin dari sampul belakang buku. Make it simple yaa.

Review dan pendapat 

Disini kita diminta untuk mereview buku yang kita baca secara singkat. Kalau Princess biasanya nulisnya sih sesuai dengan tebal tipisnya buku sih. Dan Princess juga selalu berusaha menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Biasanya kebanyakan banyak yang menuliskannya komplit, ada pembahasan alur, tokoh, konflik, perbandingan antara buku yang memiliki tema sama. Atau perbandingan dengan semisal buku tersebut dirilis menjadi film. Kemudian pesan apa yang terkandung di dalam buku tersebut. Tapi ingat, jangan sampai spoiler yaa. Dilarang keras pakai banget. Nggak seru nanti jatuhnya.

Apabila kamu menemukan kalimat cantik alias quote di dalam buku tersebut, jangan lupa untuk dituliskan di review kamu yaa. Penting lho. Karena biasanya ada yang tertarik membaca bukunya bukan hanya dari reviewnya saja, blurbnya saja, tapi sewaktu membaca quote, mereka juga tertarik buat ikutan membaca.

Untuk pendapat Princess setelah mereview buku, Princess memberikan pendapat sesuai dengan apa yang Princess rasakan sewaktu membaca buku tersebut. Usahakan juga untuk memberikan cirri khas di setiap pendapat atau review yang kita tulis. Berikan pendapat secara jujur yaa. Kalau bukunya bagus, bilang bagus. Kalau nggak, bilang nggak. Jangan lupa untuk menuliskan kelebihan, kekurangan, dan berikan solusinya juga. Kebanyakan review yang Princess tulis jarang sih yaa ada kekurangan yang begitu berarti banget.

Tetap ingat hal ini. Jangan gunakan bahasa yang memancing SARA. Apabila pendapat kamu kira-kira akan menimbulkan perdebatan yang tak ada habisnya di dunia maya, lebih baik, sampaikan pendapat kamu mengenai buku tersebut, semisal kritikan secara langsung dengan penulisnya. Dan ingat satu lagi, kita mereview buku bukan mereview penulisnya.

Jangan lupa buat ikut mempromosikan buku tersebut kepada mereka yang membaca review kamu. Apabila buku tersebut cocok untuk usia 17 tahun ke atas, jangan lupa dituliskan juga yaa. Biar tepat sasaran dan nggak salah orang yang membeli dan membaca.

Berikan rating 

Nah, ini yang paling Princess suka. Thanks to ‘cumi’ yang udah bikini logo buat bisa kasih rating di blog. Jadi, Princess tiap kali selesai mereview, Princess kasih logo kepala princess gitu di blog. Biar pembaca tahu, buku tersebut berprincess berapa. Kemudian setelah itu, Princess tulis di Goodreads juga.

Share ke sosmed 

Kalau ini, lakukanlah setelah kamu selesai mereview. Share ke sosmed kamu, mention/tag penulis, penerbitnya. Gampang kok kalau mau membuat penulis, penerbit senang itu, hargai karya mereka. Dengan kamu mereview buku, memberikan pendapat entah itu baik atau kurang baik, dan kamu share kemudian kamu mention/tag penulis atau penerbit, itu udah bikin mereka senang kok. Tapi, tetap ingat rules yaa. Jangan SARA.

Balik ke Niat 

Jangan melihat berapa banyak pengunjung yang datang ke blog kamu, sosmed kamu buat membaca review kamu. Tapi, niat kamu untuk menebarkan manfaat, virus membaca, kebaikan, kebahagiaan kepada mereka.

Semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat buat kalian semua yaa, sobat Peek A Book.

Ahh iya, jangan lupa untuk tetap membaca, menuliskan review dengan bahasa sopan dan anti SARA, berikan kritikan yang membangun, bukan yang menjatuhkan. Tetap bahagia yaa. Sebarkan virus membaca dan bahagia kepada teman-teman yang lain.

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...