Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

7 December 2016

Unforgettable Chemistry - Mala Shantii | Blog Tour, Giveaway

32601713Judul : Unforgettable Chemistry
Penulis : Mala Shantii
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 9786020294674

And the blurb..

Cinta. 

Jadi, bagaimana sebenarnya perasaannya pada Frans? 

Ia sendiri tak tahu. Karena alasan mereka menikah, bukanlah semata karena cinta. 

Anna dan Frans – sepasang suami istri yang hidup terpisah antara Bandung – Surabaya – berjuang untuk menata kehidupan rumah tangganya sebaik mungkin meskipun terpisah oleh jarak. Apalagi, alasan mereka menikah bukan karena cinta. 

Namun tanpa disangka, masa lalu keduanya kembali membayangi bahtera pernikahan mereka. Sanggupkah mereka mempertahankan satu sama lain, atau justru berusaha mendapatkan mereka yang tak pernah terlupakan?
  
Here we go..

Hati manusia sering kali bisa berubah kapan pun tanpa mampu dikendalikan. Kebersamaan mereka mulai mengguratkan rasa lain di hatinya. Dari kekaguman seorang siswa, menjadi pemujaan seorang wanita.

Unforgettable Chemistry ini menceritakan tentang kisah seorang wanita bernama Anna yang berprofesi sebagai dosen. Anna menjalani pernikahannya dengan Frans, seorang dokter bedah secara Long Distance Marriage. Itu semua dikarenakan tuntutan pekerjaan diantara mereka berdua. Frans di Bandung, sedangkan Anna di Surabaya. Hanya di akhir pekan saja, keduanya bisa bertemu dan menghabiskan waktu bersama-sama.

Kenapa mereka memilih untuk menjalani pernikahan jarak jauh? Karena keduanya masih menikmati karir masing-masing. Terlebih karir Frans sebagai dokter bedah sedang bagus-bagusnya. Begitu juga dengan Anna. Jadi, untuk meninggalkan karir mereka masih sedikit sulit. Terlebih untuk saat ini mereka nyaman menjalani hubungan pernikahan seperti ini.

Pernikahan mereka berdua awalnya tanpa cinta. Bisa dibilang perkenalan mereka sangat singkat. Hingga detik ini pun, mereka masih mencoba untuk saling mengenal dan mencoba untuk saling menumbuhkan rasa. Tapi, tanpa mereka sadar ada bayangan masa lalu yang datang kembali di dalam kehidupan mereka. Masa lalu yang masih terekam jelas jejaknya di dalam ingatan. Apakah masa lalu itu hadir untuk kemudian membawa permasalahan baru di dalam kehidupan pernikahan Frans dan Anna? Ataukah hanya datang sejenak kemudian pergi kembali? Mampukah Anna dan Frans mempertahankan rumah tangga mereka?

Masa lalu kalian bukan sesuatu yang bisa diubah, aku tahu Frans.

Membaca novel ini seriusan, penulisnya ngajakkin aku buat baper, gemes, pinginnya nyubitin tokoh utamanya. Gimana nggak gemes kalau tingkah mereka seperti anak remaja, ABG-ABG gitu. Bikin gemes nggak sih. Ini kali kedua aku membaca cerita dari mbak Mala, dalam bentuk buku. Sedangkan untuk yang di wattpad, ini cerita favorit kedua setelah babang Al. Ini sebenarnya semacam kode sih, siapa tahu babang Al diterbitin juga. Disini aku diajak untuk menyelami cerita dengan profesi berbeda dari beberapa novel yang selama ini aku baca. Disini, aku diajak untuk berkenalan dengan profesi dosen dan dokter bedah. Dua profesi yang sedikit bisa dibilang profesi yang agak berat yaa.

Di dalam novel ini aku diajak untuk mengenal karakter tokoh-tokoh utamanya. Selain itu, aku diajak untuk menyelami ceritanya. Bikin baper, gemes, sebel, pingin marah, pingin nangis, semuanya campur jadi satu. Penulisnya mampu merangkai kata demi kata menjadi kalimat yang bikin pembacanya menjadi kesulitan buat berpaling sejenak saja dari novel ini. Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Tak hanya tentang cinta, masa lalu, kehidupan rumah tangga, penyelesaian masalah, kehidupan dosen dan dokter bedah, memaafkan, menerima permasalahan, menghadapi permasalahan, keluarga.

Sosok Anna sendiri yang diceritakan disini, bikin aku gemes, sebel, pingin ngomong kencenggg banget, kalau dia nggak perlu jaim, gengsi jadi orang. Tapi, aku paham. Mengakui sesuatu hal itu sulit banget apalagi menyangkut perasaan. Terlebih menghadapi seseorang yang penting dalam hidup kita. Sama seperti aku yang terkadang gengsi buat ngomong sama seseorang yang penting karena malu dan jaim buat ngomog dan ngaku. Ahay!

Dia tak bisa berbohong, getar rindu itu masih terasa saat tatapan mata mereka beradu. Juga, letupan rasa bahagia di hatinya melihat lelaki itu kembali. Tapi untuk pertanyaan, masih adakah cinta di sana, tak dirabanya lagi hatinya lebih dalam. Dia takut dengan jawaban yang hatinya akan berikan


Untuk pemilihan profesinya dan latar belakang kehidupan tokoh utama, dosen dan dokter. Sebenarnya hal yang baru tapi bukan hal yang baru juga buatku. Almarhum budeku, beliau seorang dokter. Jadi, sedikit tahu bagaimana kehidupan dokter itu. Dari jam kerjanya sampai bagaimana di kehidupan sehari-hari. Kemudian dosen. Sama seperti dokter. Hal baru namun bukan hal baru buatku. Kakak sepupu ipar seorang dosen, jadi sudah ada pandangan sedikit buat tahu kehidupan dosen itu seperti apa. Bagaimana membagi waktunya untuk keluarga dan tugasnya sebagai dosen. Disini sedikit banyak dibahas bagaimana kehidupan dosen dan dokter tersebut. Bagaimana lingkungan kerjanya, ritme kerjanya. Dipadu padankan dengan ceritanya. Terasa pas.

Dari Anna, aku belajar banyak hal. Jika kamu tak suka, katakan, tapi jika kamu suka, katakan juga. Jangan dipendam atau kemudian gengsi, berpura-pura nggak apa-apa, tapi nyatanya kenapa-kenapa. Kemudian, memilih untuk melepaskan yang pernah digenggam dan mengikhlaskannya benar-benar membutuhkan nyali yang tak sedikit. Berdamai dengan masa lalu juga dengan diri sendiri, menerima kenyataan yang ada, menjadikan segalanya terasa melegakan dan lebih nyaman serta indah untuk dijalani. Selain itu, memaafkan kesalahan sesakit apapun kita, setidaknya bukan demi siapa-siapa tapi demi diri kita sendiri, demi hati kita.

Kepercayaan itu memang bukan sesuatu yang bisa dipaksakan

Bisa dibilang alur yang digunakan di Unforgettable Chemistry ini, alur maju mundur cantik. Jadi, kita juga bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu Anna sebelum bertemu Frans. Dan bagaimana dulu Frans di masa lalu. Selain itu, tokoh masa lalu yang datang dalam kehidupan Anna dan Frans benar-benar tak terduga. Terlebih konflik serta penyelesaiannya benar-benar ciamik banget. Membuat penasaran kalau tak membaca sampai akhir. Karena ada kejutan di akhir. Kurang lebih tak ada yang berbeda dari yang pernah aku baca di wattpad. Hampir sama. Mungkin bedanya dengan pemilihan kalimatnya dibuat lebih cantik lagi.

Novel romance ini benar-benar membuatku jatuh cinta. Apalagi covernya yang menampilkan seperti siluet. Benar-benar merepresentasikan apa yang tertuang di dalam ceritanya itu sendiri.

Selain itu, aku jatuh cinta dengan setting tempat yang dipilih. Novel ini memang menganut kisah cinta, kehidupan pernikahan, keluarga, rahasia, dunia pendidikan di universitas, kehidupan di dalam dunia kedokteran. Dan itu mampu disampaikan dengan baik oleh penulis. Sebenarnya, ekspektasiku sedikit banyak sudah tersampaikan di cerita ini. Hanya saja ada part yang memang sedikit berbeda dari yang kubaca di wattpad.

Seperti prinsip yang dia pegang selama ini, penanganan terbaik akan diperoleh dari pengetahuan menyeluruh dan terperinci akan permasalahan

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Anna dan Frans serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua tokohnya yang awalnya lembut, kaku, lembut, kaku, canggung, lembut. Bikin gemes sendiri.

Tokoh favoritku disini adalah Anna. Kenapa bukan Frans? Karena Frans masuk ke dalam daftar menjadi dokter pribadiku kelak. Fix, pembaca posesif. Bagaimana Anna bisa begitu tegar, sabar, berbesar hati, dan tegas.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai kehidupan profesi kedua tokoh utamanya yang diramu dengan cerita kehidupan rumah tangga mereka, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah cinta, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa.. Can’t wait. Aku request babang Al dong. Okay yaa, mbak Mala..

Rasa cemburu adalah manifestasi paling nyata dari rasa memiliki, rasa cinta yang dimiliki seorang. Jika itu cemburu, mungkinkah ....


=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel Unforgettable Chemistry yang dikirim langsung sama Penerbit Elex Media dan mbak Mala Shantii? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @malashantii, @elexmedia dan @princessashr, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita bertiga dan jangan lupa sertakan hashtag #UnforgetabbleChemistry
3. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, akun Goodreads (jika punya) dan jawabanmu yaa..

Kenangan apa yang susah kalian lupakan sampai saat ini? Kenapa?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 7 – 13 Desember 2016 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

46 comments:

  1. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang
    Link shaee
    https://twitter.com/Linaernaw/status/806509935106277376

    Kenangan main roleplayer korea beberapa tahun yang lalu. Saya tidak akan pernah melupakan kenangan itu, kenangan dimana saya punya banyak temen tanpa tau gimana bentuk dan rupanya. Kenangan dimana saya punya couple yang tidak tau asal, bentuk dan rupanya. Punya temen dari berbagai wilayah, berasa jadi artis dan lain lain. Kenangan ketika saya bener bener menyukai korea. Sekarang saya sudah tidak lagi bermain roleplayer sudah lumayan lama, jujur saya kangen temen temen di rp tapi apa daya saya masih punya dunia nyata yang harus saya hadapi. Banyak sekali kenangan didalamnya yang akan selalu saya ingat dan mungkin akan saya ceritakan kepada anak anak saya nanti.

    ReplyDelete
  2. Nama : Vadia Rahman Salsabila
    Domisili :Sukabumi
    Link : https://twitter.com/Vadiamendes98/status/806584259007770624
    Twitter : @vadiamendes98

    Kenangan apa yang susah kalian lupakan sampai saat ini? Kenapa?

    Tentang kehilangan seseorangan yang dulu menjadi penopang terakhirku dalam berdiri untuk hidup. Kehilangan karena kematian seseorang memang menyakitkan, tapi kehilangan karena kepergian seseorang yang entah ke belahan bumi mana juga sangat menyakitkan, karena otak kita terus berusaha mencari-cari satu tempat yang mungkin dia datangi agar kita bisa bertemu lagi dengannya.
    Sangat sulit dilupakan karena rasanya.. setelah semua orang pergi meninggalkan aku sendirian, lalu satu-satunya yang menjadi penopang terkahirku pergi.. itu menjadi snagat menyakitkan dan membingungkan.
    Dia meninggalkan aku tepat saat aku ada di titik tergelap dalam hidup aku. Dia yang menjadi satu-satunya harapan aku untuk terus berjalan meski dalam kegelapan, malah menjatuhkan aku tiba-tiba melepaskan dirinya untuk tidak lagi aku jadikan 'penopang hidupku'. Rasanya menyakitkan tentunya, dan juga bingung.. seperti di hadapkan pada sebuah jalan buntu dengan dinding yang kokoh tinggi menjulang menghalangi jalan itu, sulit untuk dihancurkan, sedangkan di satu sisi lain dinding berduri terus berjalan mendekati aku dan siap menghimpitku bersama dinding buntu ini untuk merasakan sakitnya. Aku tidak bisa berjalan maju, apalagi mundur.
    Dan itu adalah masa-masa dimana aku merasa sangat takut, sakit dan bingung dirasakan sekaligus.

    ReplyDelete
  3. Nama : Siti Nurhasanah
    Domisili : Sukabumi
    Twitter : @nde_NRH
    Link share : https://mobile.twitter.com/nde_NRH/status/806606110845083649

    Jawaban :
    Kenangan yang sampai saat ini sulit dilupakan adalah kenangan masa kecil. Siapapun itu, kenangan masa kecil pasti sulit untuk dilupakan. Dimana waktu itu aku yang anak cewek suka main layangan bareng teman cowokku, main lompat karet dirumah tetangga, main kucing-kucingan sampai menjelang maghrib, dan main kelereng yang gak pernah mau main beneran karena takut kalah karena kalo kalah nanti kelerengnya abis tapi kalo akunya yang menang aku suka bilang 'mainnya beneran' dan kalo kalah 'mainnya boongan'(licik ya?)
    Pokoknya gak ada yang lebih indah dari masa kecil. Dan kalau saja waktu bisa berbalik dan mengulang kenangan, aku bakal minta kenangan masa kecil ku terulang.

    ReplyDelete
  4. Nama: Neti Mandasari
    Domisili: Bojonegoro
    Twitter: Netty_manda
    link share: https://twitter.com/MandaNetty/status/806716837874368512

    Kenangan yang sulit dilupakan adalah kenangan saat bersama orang terkasih dengan banyaknya hal manis. kebersamaan yang selalu bisa membuat kita saling menguatkan itu semua tinggal kenangan karena orang yang merajut kenangan bersama telah dipanggil sang pencipta. Orang yang selalu bisa menenangkan hati dan memberikan nasehat-nasehat bijak kini telah tiada. Kini beliau terkubur bersama derasnya hujan kala itu.
    Terkadang saya ingin kembali kemasa-masa dimana saya dan kakek saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk duduk bersama atau sekedar jalan-jalan sore.
    Kenangan tidak akan pernah hilang,dia hanya terselip disalah satu tempat tersendiri tergeser dengan cerita-cerita baru yang siap menjadi kenangan baru.

    ReplyDelete
  5. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/806732831141396481
    Jawaban: kenangan yg tak terlupakan diantaranya kebersamaan dengan seseorang yg sangat kusukai waktu dulu. Dia, temen sekolah dari SD sampai SMP. Tak ada kata cinta terucap tapi kita selalu ada untuk satu sama lain. Bahkan sampai sekarang pun aku masih salalu terngiang satu ucapannya "kita adalah sahabat, apa yg terjadi kemudian biarkan mengalir seperti air". Kenapa dia berkata begitu karena kita ngga mau memaksakan keadaan sampai harus berujung pada status doang. Untungnya meskipun sekarang kita udah ngga bersama tapi ada saat2 kita bisa bertemu karena kita berasal dari daeeah yg sama.

    ReplyDelete
  6. Nama : Rizky Tria Octasiana
    twitter : @Octannow_
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/806786613137133568?p=v
    Gdreads : rizky triaa
    Kenangan? Bagi aku sih kenangan terindah itu pas masa SMK (The power of putih abu-abu). Iya serius loh -,- Banyak orang menganggap masa putih abu-abu adalah masa keemasan, dimana di masa ini orang akan menjalani transisi dari remaja menuju ke dewasa yang banyak meninggalkan kesan dan kenangan, baik, buruk maupun menyenangkan.
    Dan bukan hanya kata om Chrisye saja -tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah- Tapi menurutku juga begitu. Karna apayah, 3 taun bareng-bareng bahkan sampai pernah 1 kelas dihukum gara-gara sengaja gak berangkat wkwk. Selama itu banyak bangettt kenangan yang menurut aku "kapan lagi beginii? Kapan lagi gila kayak gini?".
    Di masa itu pula aku menemukan kehangatan keluarga baru, teman terkasih, lalu seseorang yang istimewa. Apalagi pas detik-detik mau ujian, Yaampun kesan kekeluargaan sama temen kelas itu terasa. Dan alasan terakhir adalah, kenangan di masa SMK itu kenangan yang 'komplit'. Ada seneng, sedih, nangis bareng, do'a bareng, stres bareng, nekat bareng. Bagian tersedihnya adalah 2 hari sebelum ujian, salah 1 temen kelas ada yang meninggal. Kejadian yang gak bakal bisa dilupa. Hampir 3 taun bareng, ngobrol ngalor ngidul, curhat bareng, dan tiba-tiba pergi. Masih inget masa terakhir bersamanya, kalimat yg terlontar dr dia "jan tinggalin aku ya", ternyata dia yg ninggalin aku :') Pokoknya detik-detik akhir tahun Ah sangat byk kenangannya. Apalagi kalo liat video/photo temen kelas yagitu, lgsg flashback ke masa bahagia.  

    ReplyDelete
  7. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @dreravios
    domisili: Tangerang
    link share: https://twitter.com/dreravios/status/806829582603014149?s=09

    Kenangan yang tak terlupakan ialah saat masih anak-anak. Serius deh, waktu kecil apapun bebas, kita seperti tidak tau malu apapun yang kita lakukan.

    Dan masa kanak-kanak adalah masa-masa terindah menurutku.

    Kenangan saat bermain petak umpat, tak benteng, Galaksi, Main kelereng, main gasing, cari yuyu sama keong di sawah. Aduh pokoknya banyak banget kenangan saat kita masih kecil yang sangat menyenangkan dan polosnya. Kita pasti akan tersenyum-senyum saat mengenang kenangan saat masih kecil, ya kan?

    Aku gak bisa menjabarkan satu persatu tentang kenangan aku tentang masa anak-anak. Terlalu banyak dan terlalu membahagiakan.

    Wish me luck:)

    ReplyDelete
  8. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/806826768967438336?p=v

    Kenangan yg susah aku lupakan adalah empat minggu berturut-turut bertemu penulis favoritku yaitu mbak Trinity, mbak Orizuka, mbak Risa Saraswati dan mas Bernard Batubara. Aku nggak nyangka bisa bertemu mereka karena kota ku jarang ada acara launching buku. Selama ini aku hanya bisa menikmati tulisan mereka dan membaca nama-nama terkenal itu di bagian cover. Namun ahkirnya, aku bisa bertatap muka, bahkan bisa berbincang. Aku bertanya seputar kepenulisan dan karya-karya mereka, foto bersama dan nggak lupa book-signing. Aku mendapatkan banyak tips maupun ilmu agar bisa menghasilkan karya-karya yg disukai para pembaca dan cerita bagaimana perjuangan mereka yg begitu keras untuk menghasilkan karya agar tidak mengecewakan pembaca. Bagi seorang bookworm/nerd, bertemu penulis favorit adalah hal yg sangat berkesan dan sulit dilupakan apalagi bertemu empat penulis favorit di waktu yg berdekatan. Semoga next, mbak Mala Shantii mampir ke kotaku dan kita bisa bertemuπŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  9. Nama: Khaerunnisa
    Twitter: NhisaMinoz75
    Alamat : Kolaka, Sulawesi Tenggara
    Link Share.
    https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/806840142950346752?p=v

    kenangan yang gak bisa dilupa adalah kenangan saat bersama Ayah. Kenapa gak bisa dilupa? Karena saat merindukan sosok Ayah maka kenangan itu lah yang akan saya ingat selalu sebagai pelepas rindu saya kepadanya.

    ReplyDelete
  10. Nama: Kristi Wulandari
    Domisili: Gunungkidul, Yogyakarta
    Twitter: @KristiWuRi
    Link share: https://twitter.com/KristiWuRi/status/806838358550818817?s=09

    Kenangan yang tak terlupakan adalah saat salah mengenali seseorang. Kenapa? Karena itu kejadian waktu masih tk dan jadi unforgetabble sampai hari ini. Jadi waktu itu musim tanam padi, karena mungkin kasihan kalau diajak ke sawah nggak ada temennya, aku dititipin di tempat sepupu. Saat lagi asyiknya main di depan rumah, Pakdheku nyapa kakek tua yg lewat. Eh pikiran bodohku waktu kecilku, pakdheku cuma kenal sama kakekku. Baju yang dikenakan hari itu pun persis sama kakekku dan kakek yg lewat itu. Baju kuning partai. Eh dengan serunya manggil kakek yang lewat "Kakung". Si kakek nggak terima aku panggil "Kakung". Jadi gerutulah si kakek tadi. Entah karena malu sama pakdhe atau kesel sama kakek tadi aku jadi nangis pengen ketemu sama kakekku yang asli. Eh waktu sepupu cerita ke keluarga mlh jadi bahan ketawaan aku hehee.

    ReplyDelete
  11. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/807021838119206912

    Kenangan yang tak terlupakan adalah kenangan masa kecil dan masa-masa sekolah.

    Masa kecil di mana aku bisa bebas bersikap manja, dongeng ala Ayah setiap malam dan pelukan hangat Ibu menjelang tidur.

    Masa sekolah dengan bandel dan ribetnya remaja. Tawa, tangis, ejekan, ledekan, candaan, marah, nyontek, dicontekin, hukuman karena terlambat, dan pelukan menjelang perpisahan.

    Saat ini kenangan-kenangan itulah yang paling teringat. Mungkin karena pada masa-masa itulah duniaku masih terasa begitu ringan untuk melangkahkan kaki. :D

    Demikian dan terima kasih :)

    ReplyDelete
  12. Nama : Chaerawati
    Twitter : @chaeraawati
    Domisili : Makassar
    Link share : https://twitter.com/chaeraawati/status/807051676469235712
    Jawaban :
    Kenangan yang susah untuk saya lupakan sampai saat ini yaitu pada waktu kelulusan UN SMP saya, hari itu saya bersyukur karena saya lulus, akan tetapi begitu saya melihat nilai, di depan nilai itu, saya seakan membatu, dan perlahan cairan bening keluar dari mata yang semakin lama semakin banyak. Nilai UN IPA, Matematika, dan Bhs.Inggris saya cukup memuaskan, tapi Nilai Bahasa Indonesia yang saya sangat yakin dengan jawaban yang saya pilih malah sangat rendah. Padahal saya ingat betul setelah ujian itu sayadan teman-teman mendiskusikan jawaban, dan jawaban kami hampir semuanya sama, tapi nilai mereka sangat memuaskan dan hanya nilai saya yang rendah :( Tapi untungnya ada sahabat saya berusaha menenagkan dan menghibur saya saat itu. Dan mungkin kejadian itulah yang membuat saya sekarang bisa menyukai ha-hal berbau sastra dan bahasa karena termotivasi oleh hal itu. Walaupun sampai sekarang kejadian itu masih melekat di pikiran saya terutama ketika belajar Bahasa Indonesia :)

    ReplyDelete
  13. Nama :Dini Auliana
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Domisili :lampung tengah
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/807149975872208896

    jawaban :kenangan yang susah untuk dilupakan hingga saat ini adalah kenangan saat di pondok pesantren. dimana saat itu aku belum mengenal siapa-siapa. harus siap bersosialisasi dengan orang dari berbagai pelosok. dengan kehidupan yang serba ngantri. ingin mandi harus ngantri, mencuci ngantri, dan makan pun harus ngantri. sampai kadang ingin menangis ketika sudah lapar tapi harus mengantri dulu, padahal ketika dirumah disuruh makan sudah dimasakin malah ogah-ogahan. hingga aku dipertemukan dengan 3 orang yang benar-benar kuanggap saudaraku saat dipondok. kami melakukan hal bersama. saling membantu dalam kesulitan. berangkat kemasjid bersama dan mencuci baju bersama. 3 orang yang selalu menjagaku saat dipondok, saat aku sakit mereka juga yang merawatku dengan penuh kasih. setelah beberapa bulan bersama, kami berpisah dan kembali ke asal masing-masing. tapi besyukurnya, kami masih bisa berhubungan baik hingga sekarang.

    ReplyDelete
  14. Nama: A'imatul Latifah
    akun twitter: @Aim_La27
    Domisili: Tuban
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/807056849337884672?p=v

    Kenangan yang tak terlupakan ya? Hemm, bagiku kenangan yang sampai saat ini tidak terlupakan adalah kenangan masa kecil. Kenapa? Bagiku masa kecil itu selalu terasa istimewa kalau diingat, dan sangat sulit untuk dilupakan. Kenangan baik atau kenangan buruk sekalipun. Bahkan ketika kita sudah beranjak dewasa sekalipun masa kecil itu tetap tidak akan pernah bisa terganti. Karena sampai kapanpun aku yakin masa itu tidak bisa kita rasakan atau kita temukan dikehidupan saat kita dewasa. Masa dimana kebahagiaan kita masih karena hal-hal yang sederhana. Karna boneka baru, buku baru, atau yang paling sederhana hanya karena bermain hujan. Walaupun kehidupan itu akan terus berjalan tetapi masa kecil itu masih tetap istimewa.

    ReplyDelete
  15. Kyaknya bagus bukunya mbak..

    Kenangan terbaik sya adalah hujan2an di alun-alun sama seseorang.. ������

    ReplyDelete
  16. Nama : Farida Endah
    Akun twitter ; @farida271
    Link share ://twitter.com/farida271/status/807461040942260224
    domisili ; Pacitan_jawa timur

    Jawaban : Kenangan yang tidak terlupakan,
    pernah dengar kalimat kalau masa masa yang paling indah adalah masa SMA. yuyp semua hal yang terjadi pada masa masa tidak akan ada yang bisa aku lupakan. karena kita mengetahui banyak hal dalam masa itu dan belajar banyak juga. belajar untuk menjadi dewasa bukan menjadi seorang remaja lagi.

    ReplyDelete
  17. Nama : Ananda Dwi
    Twitter : @AnandaDwi354
    Link Shared : https://mobile.twitter.com/AnandaDwi354/status/807803742372274176?p=v
    Domisili : Sragen

    Kenangan apa yang susah kalian lupakan sampai saat ini? Kenapa?

    Jawaban: Kenangan yang gak akan aku lupain itu banyak. Banget. Entah itu kenangan baik, atau kenangan buruk. Semuanya tersimpan dalam memori otak. Mungkin aku gak bisa nyebutin satu-satu. Tapi semisal ketika aku kecil. Ketika aku mendapat peringkat 1 pas SD. Orang tua ku maju. dan tersenyum sambil berkata. "aku bangga padamu,Nda" .
    Ya, itu salah satunya. Selain itu ada pula ketika aku diejek teman saat salah melakukan sesuatu. Tak akan pernah dilupakan.


    Baik-buruknya suatu kejadian, memang seharusnya di kenang. Di simpan dan dijadikan sebuah pelajaran. Untuk apa? untuk kita kedepannya.
    Jika baik dan indah pertahankan dan tingkatkan.
    Jika buruk, tetap disimpan. Jangan dibuang, jadikan pelajaran, berusaha agar kedepan tak terulang.

    Kenangan itu suatu bentuk anugrah tuhan yang indah. Dan aku sangat bersyukur bisa memilikinya.

    *ps. Aku menulis komentar inipun nanti akan jadi sebuah kenangan yang indah.
    Yang tak akan terlupakan.

    Trimakasih kak.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Nama: Dwita Andhara
    Akun twitter: @dwitaandhara
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/807948801373663232
    Domisili: Makassar
    Jawaban:

    Kenangan yang paling susah di lupakan pasti banyak. Tapi ada satu kenangan yang gak akan mungkin bisa saya lupa karena saat itu untuk pertama kalinya saya tau yang namanya suka dengan lawan jenis dan itu terjadi pas SD. Entah ini dikategorikan cinta monyet atau cinta anaknya si monyet mungkin haha. Tapi kalau bercermin dari saya sendiri, saya gak heran kalau anak Sd sudah mulai suka-sukaan wkwkwk. Jadi ceritanya saat Sd saya cukup akrab sama semua siswa cowok di kelas saya kecuali dengan satu orang. Entahlah, hubungan saya dan orang tersebut aneh, kadang kompak tapi lebih banyak adu mulutnya. Anehnya, lama-kelamaan saya mulai suka sama dia tapi tetap gak mau mengurangi frekuensi berantem dengan dia. Gak tau kenapa, mungkin karena udah terlalu nyaman dengan kondisi saya dan dia yang kadang gak akur.

    Sampai suatu hari pas saya pergi sekolah paginya, saya kaget kelas sudah pada ramai dan di papan tulis tertulis nama panggilan saya dan teman saya kayak dipasang-pasangin gitu. Yassalam, di situ saya panas dingin, gak tau mau lakuin apa. Anehnya si dia justru anteng-anteng aja gak niat hapus padahal ada deket papan tulis. Mau marah yah mana bisa karena pada dasarnya saya juga seneng saat itu. Sampai tiba-tiba teman saya kalau gak salah ingat itu Ulil (almarhum) langsung lari keluar kelas di ikutin dengan yang lain termasuk si dia. Saya jelas bertanya-tanya ada apa lalu ngikutin mereka juga. Ternyata mereka pada lihatin adek kelas yang masuk malu-malu kucing menuju kelasnya. Dan pas kami masuk lagi, teman saya yang lain malah koreksi tulisan di papan tulis dengan nambahin 2 garis di bawah huruf D.

    JLEB! Ternyata orang yang di maksud itu adek kelas barusan yang kebetulan namanya hampir mirip sama saya. Cuma beda satu huruf bagian depan. Sumpah, itu adalah kenangan yang paling gak bisa saya lupakan sampai saat ini. Kenapa? Ya wajar karena itu pertama kalinya saya suka sama orang tapi kalau ke inget lagi rasanya malu dan miris banget. Baru pertama juga kok udah ngenes gitu yah haha. Di sisi lain saya merasa lucu, masih kecil udah patah hati wkwkwk

    Tapi dari kenangan tersebut setidaknya saya merasa hidup saya cukup berwarna juga rupanya. Ada yang bisa di kenang, pastinya juga bisa di ambil sebagai pelajaran. Dan hikmah yang bisa saya ambil dari kejadian itu jangan terlalu mengumbar kebencian pada seseorang pokoknya. Sok-sok'an bilang gak suka padahal di hati lain lagi kebenarannya. Ya walaupun untuk mengakui perasaan saya akui gak segampang yang di kira,
    namun gak ada salahnya juga sih memulai komunikasi yang baik terlebih dahulu. Toh siapa yang bisa nebak nantinya akan seperti apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  20. Nama : afifah khoiriyah
    akun twitter : @Afifah_1412
    domisili: Yogyakarta
    link share : https://twitter.com/Afifah_1412/status/808199041120993280


    Kenangan apa yang susah kalian lupakan sampai saat ini? Kenapa?

    Pulang sore bareng 'dia'. Saat itu, Utk pertama kalinya dalam hidupku, pulang sore hmpir maghrib dg bersepeda sejauh 10 km. Saat itu pertama kali juga plng bareng 'dia'. Aku yg tadinya berngkat les dg bersepeda ternyata denger kabar guru lesnya sakit dan ya gak jdi les, tpi tmnku ngjak bljr bareng. Aku tak tau ternyata tmnku ngajak 'dia' dan ya kmi belajar tentunya. Tak terasa sampai sore dan akhirnya aku dan 'dia'pulang...ya itu sepenggal kenangan manis. Alasan knp gak bisa dilupain ya karna itu pertama kalinya bagiku. Dan pertama memiliki hal yang spesial utk dikenang

    ReplyDelete
  21. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/808225722913329152
    jawabanmu yaa..

    Kenangan apa yang susah kalian lupakan sampai saat ini? Kenapa?

    Kenangan ketika berjalan-jalan di malam hari bareng Bapak sambil gandengan. Terus cerita kesana kemari tentang hal yang penting sampe yang enggak penting. Kenapa? Karena sekarang, yang aku lakuin itu memang hanya tinggal kenangan. Sekeras apapun aku ingin bergandengan tangan lagi, hal itu enggak akan pernah terjadi. :)

    ReplyDelete
  22. Nama:kristi A
    Domisili: bekasi
    Twitter: @_aaaprili
    Link share:

    https://twitter.com/_aaaprili/status/808229708349329409


    Kenangan yg sulit dilupain yaitu pada saat aku menikah πŸ’‘
    Aku nikah karena dijodohin,cuma kenal selama 4 bulan saja abis itu langsung nikah,gak pake pacaran segala,jadi pada saat malem sebelum besoknya akad nikah aku jujur aja masih nangis karena ngerasa ini bukan yang aku pengen,disitu aku ngobrol lama sekali sama ibu kita bicarain apa yang masih ngeganjel di aku,sampe kita berdua nangis bareng huhuhu...
    Nah pas resepsi bener2 perasaanku campur aduk banget yah,antara gak siap dan pengen ngebahagiain orangtua,akhirnya aku pasrah aja deh,tapi pas ijab qobul jujur aja yaampun pengen ngilang banget pas waktu itu,coba bayangin kita akan hidup bareng sama cowok yang baru kita kenal dan gak tau dia sebenarnya seperti apa,pasti kita gak mau kan yah,selama kita pdkt dia memang baik,lebih suka nawarin kalau aku mau apa pokoknya dia nurut aja lah,nah pas abis selesai semuanya nih kita tinggal berdua doang wkwkwk yah jangan mikir aneh2 yah hehehe
    Pas malem pengantin itu pertama kalinya kita ngobrolin tentang pernikahan,aku udah degdegan banget yah apalagi dr awal kita kenal kita gak pernah ngomongin tentang itu,dia cuma sekali bilang pas pdkt,katanya kita jalanin aja dulu,ya aku yang emang masih sedikit ngeblank ya ikutin aja,balik lagi ke itu tadi,pas malem itu kita ngobrol banyak,dia yg pertama bilang, "aku emang bukan laki2 yg baik,tapi aku akan berusaha untuk bikin kamu nyaman sama aku,jadi kita sama2 enak buat ngejalanin pernikahan ini,aku tau kamu belum siap tapi apa salahnya kita mencoba,seenggaknya kamu liat orangtua kita seneng karena kita nikah" yaampun aku pas itu langsung nangis yah,aku langsung sadar mungkin dia memang jodohku,apa salahnya dicoba dulu hehe..
    Dan sekarang kita udah setengah tahun nikah dan alhamdulillah masih baik-baik aja dan sedang nunggu dedek bayi hehee πŸ‘Ά
    Itu kenangan aku yg gak bakal aku lupain 😊

    Thankyou.....

    ReplyDelete
  23. Nama:kristi A
    Domisili: bekasi
    Twitter: @_aaaprili
    Link share:

    https://twitter.com/_aaaprili/status/808229708349329409


    Kenangan yg sulit dilupain yaitu pada saat aku menikah πŸ’‘
    Aku nikah karena dijodohin,cuma kenal selama 4 bulan saja abis itu langsung nikah,gak pake pacaran segala,jadi pada saat malem sebelum besoknya akad nikah aku jujur aja masih nangis karena ngerasa ini bukan yang aku pengen,disitu aku ngobrol lama sekali sama ibu kita bicarain apa yang masih ngeganjel di aku,sampe kita berdua nangis bareng huhuhu...
    Nah pas resepsi bener2 perasaanku campur aduk banget yah,antara gak siap dan pengen ngebahagiain orangtua,akhirnya aku pasrah aja deh,tapi pas ijab qobul jujur aja yaampun pengen ngilang banget pas waktu itu,coba bayangin kita akan hidup bareng sama cowok yang baru kita kenal dan gak tau dia sebenarnya seperti apa,pasti kita gak mau kan yah,selama kita pdkt dia memang baik,lebih suka nawarin kalau aku mau apa pokoknya dia nurut aja lah,nah pas abis selesai semuanya nih kita tinggal berdua doang wkwkwk yah jangan mikir aneh2 yah hehehe
    Pas malem pengantin itu pertama kalinya kita ngobrolin tentang pernikahan,aku udah degdegan banget yah apalagi dr awal kita kenal kita gak pernah ngomongin tentang itu,dia cuma sekali bilang pas pdkt,katanya kita jalanin aja dulu,ya aku yang emang masih sedikit ngeblank ya ikutin aja,balik lagi ke itu tadi,pas malem itu kita ngobrol banyak,dia yg pertama bilang, "aku emang bukan laki2 yg baik,tapi aku akan berusaha untuk bikin kamu nyaman sama aku,jadi kita sama2 enak buat ngejalanin pernikahan ini,aku tau kamu belum siap tapi apa salahnya kita mencoba,seenggaknya kamu liat orangtua kita seneng karena kita nikah" yaampun aku pas itu langsung nangis yah,aku langsung sadar mungkin dia memang jodohku,apa salahnya dicoba dulu hehe..
    Dan sekarang kita udah setengah tahun nikah dan alhamdulillah masih baik-baik aja dan sedang nunggu dedek bayi hehee πŸ‘Ά
    Itu kenangan aku yg gak bakal aku lupain 😊

    Thankyou.....

    ReplyDelete
  24. Nama : Rani W
    Twitter : @raniwidiyansyah
    Domisili : Bandung
    Link share : https://mobile.twitter.com/raniwidiyansyah/status/808241576061190144?p=v

    Jawabannya:
    Kenangan tentang cinta pertama. Soalnya, waktu cinta pertama itu, aku pertama kalinya ngerasain yang namanya tertarik sama lawan jenis, hati dibuat berdebar-debar nggak karuan, pikiranku dipenuhin sama dia. Pokoknya, perasaan itu masih asing banget, secara pertama kan. Sampai suatu saat, cowok itu ngedektin aku. Wakakaka, aku langsung baper berat. Setelah sekian lama pdkt, dia nembak, terus aku terima. Nah, itu juga pertama kalinya aku pacaran, begitu juga dengan dia. Sampai akhirnya, aku sakit hati juga untuk pertama kalinya gara-gara dia. Dia mutusin aku gara-gara ada cewek yang lebih cantik, biasalah anak muda. Dan sekarang, aku sama cinta pertama itu malah jadi sahabat paling deket. Pokoknya, nggak terlupakan banget deh.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Nama : fatma
    Twitter : @fatma9526
    Domisili : Makassar
    Link share https://twitter.com/Fatma9526/status/808286450827468800


    Kenangan yang sulit aku lupain?
    ☺ jadinya flashback di masa SMA dulu. Aku pernah dinobatkan sebagai penulis cerper terbaik Kedua disekolah ku. Rasanya deg deg serr.... Pas namaku di panggil untuk menerima piala dan sertifikat didepan umum. Jangan ditanya lagi bagaimana raut wajah sumringahku saat itu. Senyumku berkibar tak berhenti diwajah culunku hahahha. Aku membayangkan ada karpet merah yang menjemput tiap ayunan langkahku. Sambil membayangkan ada kamera wartawan yang mengkilat disertai suara cekrak cekrek. Lalu aku melambaikan tangan bak ratu Elizabet. Ngayal yah yauu heheh. Bahagianya double karena menulis adalah hobbyku ditambah menangin cerpen, untungnya waktu itu saya bukan tipe siswa alay. Setidaknya masih bisa Tahan diri supaya nggak jingkrak jingkrak maksimal.

    ReplyDelete
  28. Nama: Nela Norhela
    Akun twitter: @Nelahela
    Domisili: Sungai Tabuk, Banjarmasin, KalSel
    Link share: https://twitter.com/Nelahela/status/808333222044004352
    Akun Goodreads: Nela


    Ada banyak kenangan di hidupku yg susah dilupakan, seperti kehidupan masa kecil, yg emang selalu membekas, bikin ingin balik lg ke masa itu, masa2 dimana yg ada dipikiran cuma bermain sampai gak merasa lelah dan pernah daguku sobek, darahny banyak bgt karena mainny gak hati2, bekasny aja masih ada, juga kenangan waktu masih sekolah, yg bikin kangen sama temen2 pgn ngumpul2 dan seruseruan lg kayak dulu. Tapi.. ada sebuah kenangan yg terlalu sakit untuk diingat, tapi juga terlalu sulit utk dilupakan. *cailahT.T* Kenapa terlalu sulit? Karena, ini kenangan tentang dia, tentang dia yg kupikir dulu menyukaiku, tentang dia yg kurasa adalah cinta pertamaku, tentang dia yg memberikan kenangan2 manis jg lucu, dan tentang dia yg tiba2 mengabaikan, menatapku sinis, bahkan menghinaku yg masih aku ingat kata2 ny saat itu, membuatku sakit sekaligus bertanya2 apa salahku sampai dia terlihat begitu membenciku. Aku pikir ini dulu cuma cinta monyet, tp ternyata monyetny udah berubah jd gorilla :') yg sehrusny itu cuma cintacintaan anak kecil yg cepet hilang, tapi ternyata sampai saat ini rasa itu masih tetap ada, meskipun sudah bertahun-tahun berlalu. Malah jadi curcol ToT

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Nama: Alfath
    Twitter:@alfari_12
    domisili: sidoarjo
    link share: https://twitter.com/alfari_12/status/808482206595174400

    Kenangan yang susah dilupakan adalah kenangan saat saya tertidur di kursi panjang ruang tamu di rumah nenek saya.
    Kenapa?
    saat itu saya berkunjung ke rumah nenek saya. Maklum, ketika para cucu dan anak beliau mengunjungi beliau, hampir semua kamar tidur akan penuh untuk tempat istirahat. Untungnya saya bisa tidur dimana saja (yang jelas aman dan memungkinkan untuk tidur ya.. :D) dan tanpa keberatan saya pun leyeh-leyeh di kursi/sofa panjang ruang tamu. Di seberang saya duduk nenek saya di kursi berlengan. Karena nenek saya orang nya tidak banyak bicara dan selalu tenang, saya juga tidak merasa hal yang berbeda dengan beliau saat itu yang sebagian besar hanya terdiam, sesekali memandang saya, dan sisanya beliau duduk seperti hari-hari sebelumnya kala tidak ada ide untuk bercerita atau berpetuah. Apalagi selama saya bersekolah dasar, saya sempat tinggal dengan beliau sebelum pindah mengikut orang tua. Hingga hanya menganggap nenek saya yang tidak banyak cerita saat itu hanya ingin duduk-duduk manis karena kangen dengan cucunya. Namun seminggu kemudian, mungkin saya harus tersadarkan bahwa beliau sudah merasa bahwa akan tiba waktu 'kepulangan'nya itu tanpa bercerita (kecuali saat benar-benar di akhir ditemani kakek dan om saya waktu itu). Hari berganti dan saya tidak bisa berada di rumah nenek setelah nya. Yang jelas, saya harus mengikhlaskan beliau berpulang ke sang pencipta bertepatan saat saya harus mengantar adik berburu universitas di kota lain. Adik dan saya baru tahu ketika sampai di rumah beliau keesokannya. Tumpukan kursi sudah dirapihkan di pojok halaman dan ibu saya sudah menyalami para tamu yang masih berdatangan. Oh, sungguh kenangan ini sangat berarti. Kenangan yang semakin meyakinkan bahwa saya harus menghargai tiap detik bersama orang-orang di sekitar saya. Kenangan yang mendorong bertindak dengan segera, karena tak ada jaminan bahwa mereka atau bahkan mungkin saya sendiri bisa berpulang sewaktu-waktu.

    ReplyDelete
  31. Nama: Monika Pratiwi
    Twitter: @pratiwis_
    Domisili: Bogor
    Link share: https://twitter.com/pratiwis_/status/808507008718499843

    Kenangan yang tak terlupakan ketika saya menangisi cinta pertama saya, ketika waktu itu untuk pertama kalinya saya merasakan sedih dan senang dalam jangka waktu yang bersamaan, kenangan yang terpatri dengan jelas di dalam memori seorang anak yang baru menduduki sekolah menengah pertamanya, kenangan yang sampai sekarang masih diingat bahkan ketika dia sudah memasuki bangku kuliah.
    Mungkin kenangan itu mungkin akan tetap disana,masih menunjukan eksistensinya dihati sang gadis walau hanya setitik. Namun, kenangan itu perlahan mulai tergerus oleh kebahagian yang lain.

    ReplyDelete
  32. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @princeesAinhy
    Kota: Makassar
    Link share:https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/808551570962923520

    Jawaban:

    Kenangan bersama Ayah dan ibu saat aku masih kecil dulu, saat mereka masih ada bersamaku.

    Saat itu turun hujan lebat, aku menunggu ayah yg masih di kebun, ibu juga menunggu ayah dengan wajah yg tampak gusar. Hari sudah hmpir gelap, tapi ayah belum juga datang. Saat hujan masih turun, dan ibu mulai cemas, ayahku datang dalam keadaan basah kuyup. Kami sangat senang dan menyambut ayah. Aku berlari memeluk ayahku. Dia tersenyum, dan membawakan kami makanan dan buah2an. Ayah menghampiri ibu, dan mencium kening ibu.

    Aku belum tahu apa2 tentang romantis saat itu, namun melihat ekspresi ibu, dia menitikkan air mata, dan memelukku bersama ayah. Kenangan itu tak bisa kulupakan dan selalu kuingat smpai kapan pun. Bahwa selalu ada kehangatan kasih sayang antara ayah dan ibu, meskipun hanya sesaat sebelum mereka pergi.

    Mksh kak :)

    ReplyDelete
  33. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @princeesAinhy
    Kota: Makassar
    Link share:https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/808551570962923520

    Jawaban:

    Kenangan bersama Ayah dan ibu saat aku masih kecil dulu, saat mereka masih ada bersamaku.

    Saat itu turun hujan lebat, aku menunggu ayah yg masih di kebun, ibu juga menunggu ayah dengan wajah yg tampak gusar. Hari sudah hmpir gelap, tapi ayah belum juga datang. Saat hujan masih turun, dan ibu mulai cemas, ayahku datang dalam keadaan basah kuyup. Kami sangat senang dan menyambut ayah. Aku berlari memeluk ayahku. Dia tersenyum, dan membawakan kami makanan dan buah2an. Ayah menghampiri ibu, dan mencium kening ibu.

    Aku belum tahu apa2 tentang romantis saat itu, namun melihat ekspresi ibu, dia menitikkan air mata, dan memelukku bersama ayah. Kenangan itu tak bisa kulupakan dan selalu kuingat smpai kapan pun. Bahwa selalu ada kehangatan kasih sayang antara ayah dan ibu, meskipun hanya sesaat sebelum mereka pergi.

    Mksh kak :)

    ReplyDelete
  34. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/808532838307872768

    Kenangan apa yang susah kalian lupakan sampai saat ini? Kenapa?
    Ketika 'A' tiba-tiba udah jemput di depan kost ba'da isya. Menawarkan diri mengantarku ke rental alat-alat pendakian karena 1. Tas careerku rusak & 2. Aku belum nyiapin (punya maupun pinjam) sleeping bag sementara esok harinya aku ada pendakian ke Mahameru.
    Aku enggak bisa ngelupain kejadian itu karena aku sendiri bingung kenapa dia bisa tahu kalo persiapanku belum lengkap padahal aku enggak pernah bilang. Malem itu sebenernya aku udah kemas-kemas, mau nekat enggak usah bawa SB (cukup bawa jaket, sarung tangan dan penghangat lain) dan tetep pake tas careerku meski jadul karena pas aku ke tempat rental sore harinya ternyata rental itu lagi enggak beroprasi. Tapi, tanpa pemberitahuan terlebih dulu, dia tiba-tiba dateng.
    Dan yah, aku sebenernya sangat bersyukur dia dateng buat nganterin aku ke rental di kota sebelah (kebetulan kosku ada diperbatasan & saat itu rental peralatan pendakian masih jarang). Padahal beberapa minggu sebelumnya kita jarang ketemu karena dia emang udah selesai UN. Berkat dia aku enggak membeku di Ranukumbolo. Kedinginan? Tetep sih, hehe. Thanks Mas Bro!

    ReplyDelete
  35. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/808564326281842688?p=v
    Akun Goodreads : Humaira


    Kenangan apa yang susah kalian
    lupakan sampai saat ini? Kenapa?



    Kenangan saat jatuh cinta. Aku tau itu bukan yang pertama, tapi aku takut itu jadi cinta sejatiku. Takut karena aku tau aku gak bisa bersama dengannya, tapi aku ga bisa melupakannya, melupakan perasaan itu dan segala hal yang berhubungan dengannya.


    SMA, semuanya berawal dari sana. Aku menyukainya sejak pertama bertemu, hanya sekedar senyuman dan sapaan karena kami satu sekolah yang sama. Ramah dan pintar adalah ciri khasnya, aku yakin, bukan aku saja yang menyukainya. Sebenarnya kami berbeda kelas, tapi dia sering main ke kelasku. Yang membuat jantungku berdebar tak keruan karena dia seringkali menatap lama dan tersenyum ke arah mejaku.
    Baru kali ini aku merasakan perasaan seperti ini, aku merasa seperti orang lain, bukan seperti aku yang biasanya.
    Aku menyukainya diam-diam, mengaguminya diam-diam, memerhatikannya diam-diam, menangis diam-diam dan menanggung rasa sakit sendirian. Aku tau ini resikonya. Perasaan ini membengkak begitu saja, seiring tatapan kami bertemu dan berbagi senyuman. Kadang dia duduk dibangku belakangku saat ia main ke kelas sewaktu istirahat, kadang dia ada di luar melihat ke dalam ruangan ekskulku, kadang saat aku menatapnya, tiba-tiba ia menatapku dan tersenyum. Saat itu aku merasa terlalu percaya diri dengan menganggap dia merasakan hal yang sama. 1 tahun bukan waktu yang sebentar, tapi saat-saat itu rasanya berlalu begitu cepat. Hingga aku merasa sekarat dengan perasaanku sendiri, lalu tiba-tiba ia menghilang tanpa kabar. Setelah lama tenggelam dalam kehilangan aku dapat kabar ternyata dia pindah sekolah. Aku hanya bisa melepas rindu dengan melihat akun medsosnya, meski seringkali tersakiti saat melihat dia bersama kekasihnya. Dan yang membuatku lebih merasa sakit ternyata yang dia lirik adalah teman sebangkuku, sahabatku, orang yang selalu bersamaku kemana-mana.

    Aku ga bisa nyalahin perasaan ini, aku juga ga bisa nyalahin dia dengan perasaannya, meski itu udah berlalu hampir 10 tahun. Jujur saja, rasa yang aku miliki itu masih ada, bersembunyi di sudut hati yang terdalam. Yang satu waktu bisa saja menggeliat saat aku melihat sosoknya kembali.


    Mugkin ini bakal jadi kenangan tak terlupakan yang ingin aku coba lupakan, tapi sulit untuk dilupakan.

    ReplyDelete
  36. Nama : Laela Khikmawati
    Twitter : @elaaakk
    Domisili : Pekalongan
    Link : https://twitter.com/Elaaakk/status/808568198526181376

    Kalau berbicara tentang kenangan yang susah dilupakan, aku langsung teringat dengan kalimat dari Eka Kurniawan, "peristiwa yang menyakitkan selalu merupakan yang paling gampang untuk diingat".
    Tapi disini aku ngga akan membagi peristiwa yang menyakitkan, cukuplah aku berbagi dengan Tuhan saja 😊
    Kenangan yang susah untuk dilupakan yang akan aku bagi disini adalah tentang ketika aku pertama kali dicium lelaki yang bukan anggota keluarga. Bukan cium bibir, hanya cium pipi, tapi itu bikin aku ngga bisa lupa sampai sekarang.
    Kenapa kejadian itu menjadi susah dilupakan buatku? Karena kejadian itu terjadi saat aku masih berumur kurang lebih 5 tahun, dia teman sekelas waktu masih TK πŸ˜…
    Dan sekarang dia masih sekolah kedokteran. Dia calon dokter, tapi bukan dokter bedah seperti Frans. Sampai saat ini kami masih sering bersama dan saling menghubungi, bahkan dia sering melipirkan -aku bingung istilahnya- pembicaraan kami ke arah kejadian masa kecil itu. Bagaimana aku bisa melupakan kalau dia selalu mengingatkan?

    ReplyDelete
  37. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    https://mobile.twitter.com/sitasiska95/status/808584994083831812
    Gorontalo

    Kenangan membahas buku bersama orang dari masa lalu. Sebenarnya, seharusnya aku nggak lagi terpaku pada hal-hal yang sudah lewat, hanya saja sampai saat ini aku rasa baru dia sau-satunya orang yang tidak keberatan menjadi tempat berbagi dunia yang aku miliki (buku)

    ReplyDelete
  38. Nama: Nurul Astri
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/808586640851505152

    Kenangan saat aku masih SD dan menghabiskan waktu bersama nenekku. Dulu, ibuku bekerja di klinik sebagai kasir. Dan karena aku hanya memiliki satu adik yang masih kecil pula, jadilah kami dititipkan di rumah nenek yang hanya berjarak beberapa langkah dari rumah.

    Rumah nenek itu sudah seperti rumahku sendiri. Sedari jam empat sore sampai malam, aku beristirahat di sana. Karena waktu itu aku masih kecil, dan belum begitu tertarik dengan ponsel, jadilah aku hobi mengikuti setiap kegiatan nenekku. Ke sawah, ke manapun, nenek selalu mengajakku dan adikku. Bisa dibilang, waktu kebersamaanku lebih banyak bersama nenek ketimbang ibu. Bahkan kalau ditanya siapa yang paling mengerti diriku, aku akan menyebutkan nama nenek di urutan pertama. Memang itulah kenyataannya.

    Meskipun beliau sudah tidak ada, tapi kenangannya masih akan terus hadir. Itu benar. Kalau boleh jujur, aku tertekan banget ketika nenek meninggal. Aku selalu teringat masa-masa bersama beliau dulu. Saat beliau bertanya, "Kamu udah makan?" dalam kondisi lemas karena kanker ganas yang dideritanya. Kejadian itu kurang lebih seminggu sebelum beliau meninggal. Tapi tetap aku yang beliau pedulikan. Sampai kapanpun aku nggak akan melupakan kenangan ini, karena nenek sosok pahlawanku :")

    ReplyDelete
  39. Nama: Leila Rizki Niwanda
    Twitter: @LNiwanda
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/LNiwanda/status/808599988737429504

    Kenangan yang susah dilupakan yaitu saat dapat surat perintah pindah kerja yang mengharuskan berjauhan beda pulau dengan suami, padahal nikahnya aja baru seminggu. Rasanya sungguh campur aduk, meski sudah sepuluh tahun berlalu tapi masih membekas sekali, antara sedih, bingung mau ngapain, bimbang mau jaim atau lepasin shocknya, kebayang nanti gimana kalau jauhan dst dst. Yah alhamdulillah sekian bulan sudah terlewati dengan cukup baik dengan segala romantikanya waktu itu, jadi bekal berharga ketika kemudian ternyata masih ada episode-episode LDM-an berikutnya :).

    ReplyDelete
  40. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Domisili: Serang, Banten
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/808598209731796992
    Goodreads: nunaalia

    Kenangan apa yang susah kalian lupakan sampai saat ini? Kenapa?

    Kenangan karena dikecewakan.
    Dulu aku pernah dikenalkan dengan seorang cowok. Kami sama-sama tahu kalau perkenalan kami dalam usaha mencari pasangan hidup. Kami berusaha menjalin komunikasi untuk saling mengenal. Tapi lama kelamaan aku merasa sepertinya hanya aku yg berusaha. Semua komunikasi selalu berawal dari aku, dia tidak pernah memulai. Hingga akhirnya aku bertanya apa dia sudah menemukan seseorang? Dan akhirnya dia pun mengaku, kalau sudah ada seseorang di hati dia. Aku tahu cinta memang tidak bisa dipaksakan, juga tidak bisa dihindari. Yang aku sesalkan adalah kenapa dia tidak mengatakannya sedari awal, atau saat dia merasakan cinta itu pada orang lain, sehingga aku tidak akan berharap lebih.
    Aku berusaha untuk melupakan kenangan itu, namun setiap kali melintasi jalan dimana rumahnya berada, pasti kenangan tidak menyenangkan itu selalu menyergap.

    ReplyDelete
  41. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/808271408551690244

    jawaban:
    kenangan adalah sebuah kata yg merujuk memori terkait hal hal yg pernah dialami dan dilakukan diwaktu sebelumnya. setiap orang memiliki kenangan masing masing. manusia hidup untuk membuat kenangan, dan tidak satupun disetiap detil kehidupan ini tidak menjadi kenangan.
    kenangan bisa menjadi hal menyenangkan untuk diingat kembali, namun dapat pula menjadi hal yg menyakitkan.

    Kenangan yg sulit dilupakan itu tercipta dari hal hal yg sederhana.
    Seperti bagaimana dulu kali pertama ngerasain yg namanya cinta ataupun setiap kali kita jatuh cinta. Sensasi yg ditimbulkan seperti salah tingkah, ingin tau segala hal tentang dia dan bagaimana interaksi kecil yg dulu sangatlah canggung, rasa kecewa dan bahagia, rasa sakit dari luka yg ditimbulkan akibat jatuh cinta, juga tak luput mempunyai ruang tersendiri dimemori utk bisa dikenang.

    seperti halnya ketika mendapat teman teruntuk dimasa awal remaja, kenangan yg masih sulit untuk dilupakan hingga saat ini.
    Banyak hal yg terjadi dan selalu membekas dihati dan ingatan. tentang bagaimana ketika saling berbagi, saling menerima, saling mengecewakan, saling menyakiti satu sama lain, saling mengkhianati dan saling membenarkan, menyalahkan hingga saling intropeksi diri, memahami dan mengalah pada keadaan.

    ibaratnya semua hal tersebut adalah buku, dengan membuka buku tsb kita akan melihat setiap lembar kejadian demi kejadian yg bisa dibilang random, ada yg menyenangkan dan ada yg menyedihkan.
    menjadikan kenangan sebagai pengalaman untuk bekal maupun pelajaran dimasa depan.
    kenangan dapat mengikis rasa gundah, kenangan juga mampu membangkitkan semangat juang, namun terkadang kenangan juga bisa menjerumuskan seseorang akan rasa trauma yg diakibatkan kenangan yg sangat amat menyakitkan.

    ReplyDelete
  42. Nama: Leny
    akun twitter: @Lynlainy17
    domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/808620922978598912

    Jawaban: Kenangan yang susah kulupakan sampai saat ini adalah kenangan saat dibonceng ayah naik sepeda sambil jalan-jalan. Jadi dulu ketika aku masih SD aku setiap pagi minggu selalu jalan-jalan sama ayahku sambil dibonceng naik sepeda sama ayah. Aku saat itu rasanya senang sekali. Kami jalan-jalan berkeliling pedesaan sambil menikmati indahnya alam pedesaan. Terus kami istirahat diwarung pinggir jalan sambil menikmati pemandangan hamparan sawah yang mulai menguning. Sesuatu yang sederhana namun bagiku itu sulit sekali untuk dilupakan karena suasana seperti itu tidak bisa lagi dilakukan sekarang mengingat aku sudah tumbuh dewasa dan ayahku juga semakin menua.

    ReplyDelete
  43. Nama : Mifta Rizky W
    Twitter : @keyminoz
    Domisili : Gresik
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/808630941933391872

    Kenangan apa yang susah kalian lupakan sampai saat ini? Kenapa?
    Kenangan ketika bertemu dan foto bareng idola, jadi waktu SMP saya tergila-gila sama salah satu penyiar radio di salah satu radio favorit di kota sebelah. Bisa dibilang radio itu media yang menemani pertumbuhan saya ketika remaja dan memperkenalkan saya dengan penyiar favorit saya, dia itu jago ngelucu dan selalu punya joke-joke yang membikin saya tertawa-tawa sendiri, apalagi punya suara renyah enak di dengar dan oragnya pun ganteng, matanya sipit-sipit gitu. Setiap program yang ia bawakan saya gak pernah absen. Puncak kebahagiaan saya ketika SMA, gimna engga? Ketemu langsung sama penyiar radio favorit yag selama ini hanya suaranya yang bisa saya dengar dari radio dan kesempatan itu aku manfaatin untuk foto bareng, sumpah deh rasanya kayak terbang ke langit lapis ke 100.

    ReplyDelete
  44. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Malang
    Lihat Tweet @RiniCipta: https://twitter.com/RiniCipta/status/808690812456353792
    Goodreads : Rini Cipta Rahayu

    Salah satu kenangan yang paling nggak terlupakan adalah saat daftar ulang di kampus. Saat itu aku ditemani bapak. Kami berdua pergi h-1 hari pendaftaran ulang. Dan yang terjadi diluar dugaan. Aku hampir terlambat dan tidak jadi diterima di kampus gara-gara kapal yang kami tumpangi nggak bisa merapat dan terpaksa mengapung selama 4 jam. Belum lagi harus mengejar waktu sebelum jam 12.
    Aku saat itu panik banget. Tapi hebatnya bapak masih bisa stay cool. Beliau membantu dengan pemikiran bukan malah emosional sepertiku. Aku disuruh berdoa, coba menghubungi temanku yang udah di kampus lebih dulu. Sementara beliau kiga berusaha menghubungi temannya yang anaknya juga daftar ulang saat itu.
    Inget banget, bapak sampai berani bayar mahal untuk sewa angkot biar kami cepat sampai, beliau rela berdiri sepanjang perjalanan karena tidak dapat tempat duduk di bus, bahkan tidak makan hingga jam 12 siang. Dengan wajah yang lelah beliau masih tetap bersemangat. Aku berhasil mendaftar di saat-saat terakhir entahlah kalau aku terlambat beberapa menit. Entah bagaimana aku jika tidak didampingin bapak saat itu. Beliau memang tak banyak bicara, tapi selalu membuktikan dengan tindakan nyata.
    Duuhh.. jadi kangen :')O

    ReplyDelete
  45. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Domisili: Palembang
    Link share: https://twitter.com/ccchhy/status/807069089365716992

    Kenangan waktu lomba yel-yel acara 17an di SMA pas udah kelas 3. Baru kali itu berasa banget chemistry sama temen2 sekelas yg kompak dan kreatif selama aku sekolah di SMA itu. Mereka semua pada nyumbang ide, konsep, lirik, lagu, blablabla. Nggak kayak pas kelas 1 & 2 itu nggak ada kompak2nya sama temen sekelas, nggak sama sekali. Yang lebih bikin seneng tentunya lomba yel-yel kami menang walau bukan juara pertama. But that means a lot for us, apalagi itu tahun terakhir di sekolah :)

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...