Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

27 January 2017

After Wedding - Pradnya Paramitha | Blog Tour, Giveaway



33614065 Judul : After Wedding
Penulis : Pradnya Paramitha
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 9786020298603

And the blurb..

“Jadi, saya mencari perempuan yang bersedia saya nikahi,” Rad memberi jeda satu tarikan napas, “tanpa cinta.”

Reya Gayatri tak pernah menduga bahwa keputusannya menikah dengan celebrity chef Radina Alief Pramoedya merupakan keputusan paling gila dalam hidupnya. Selama 30 tahun, Reya terbiasa dengan hidup yang tertata. Tetapi, kini, hidup dosen muda di jurusan Ilmu Politik itu terasa seperti roller coaster. 

Sebagai public figure, Rad terbiasa bertemu dengan berbagai macam orang dan tahu bagaimana cara berhadapan dengan mereka. Tetapi, tidak untuk Reya. Rad jadi sering kewalahan dan menghela napas frustrasi bahkan sejak malam pertamanya. Rad juga tidak menyangka, perlahan-lahan, kehadiran Reya mengancam segenap benteng pertahanan diri atas cinta juga menggoyahkan janji pada masa lalu yang ia ikrarkan sendiri.

Jangan jatuh cinta pada saya. Maka, kamu akan baik-baik saja. (Rad)

Mereka tidak menikah karena dipaksa. Ini adalah keputusan bersama. Tetapi, ternyata pernikahan bukan hanya soal menggelar resepsi dan perubahan status suami istri saja. Sanggupkah Rad dan Reya mempertahankan keputusannya?
  
Here we go..

Cinta bisa datang belakangan. Lagipula, cinta bisa menghilang

After Wedding menceritakan kisah antara Rad dan Reya. Kisah dua orang asing yang tiba-tiba bertemu dan memutuskan untuk menikah. Pernikahan mereka berjalan tanpa ada rasa di dalamnya.

Ketika akhirnya perjanjian terpaksa diikrarkan demi keutuhan rumah tangga antara Rad dan Reya, kehidupan mereka tak lagi sama. Di dalam mereka seperti orang asing. Namun di luar mereka benar-benar terlihat sebagai pasangan yang harmonis.

Hingga tiba-tiba pengakuan dari Reya akan perasaannya membuat kisah masa lalu Rad terbuka. Bagaimana Rad berusaha menepati janjinya pada seseorang. Dan Reya hanya bisa terdiam tak menyangka jika kisah masa lalu Rad benar-benar membuatnya tak berkutik.

Ketika akhirnya seseorang dari masa lalu Rad datang kembali, tak ada yang bisa dilakukan Reya. Permohonan sang sahabat Rad, Tommy pun membuat Reya semakin gundah gulana. Hingga sang mama mertua serta Jessy mengultimatum Rad untuk membawa akibat dari kecerobohannya di masa lalu ke rumah. Joshua.

Saat Kinanthi menagih janjinya, Rad panik. Terlebih Reya melihat apa yang terjadi antara dirinya dan Kinanthi. Dari sana, badai itu bermula. Rad yang berusaha keras untuk mendapatkan Reya kembali dan Reya yang memasang tembok terlalu tinggi. Terlebih saat itu, Kinanthi sedang dalam ada masalah dengan Hans, suaminya.

Apa yang terjadi selanjutnya antara Reya - Rad - Kinanthi? Bagaimana dengan akhir kisah Reya dan Rad? Temukan jawabannya di After Wedding.

Dengan komitmen, seseorang bisa menghargai pernikahan. Dengan komitmen, orang mengerti batasan-batasan yang harus dia lakukan di luar. Hormati apa yang sudah kamu janjikan pada pasanganmu, hormati makna pernikahan yang kalian sepakati. Dan kalian nggak memerlukan cinta untuk menjaga pernikahan tersebut

Membaca novel ini, bikin baper akut. Gemes cantik dan bikin susah lepas dari baca novel ini. Temanya memang sudah umum. Tapi eksekusi ceritanya yang bikin jatuh hati. Dari dua orang tak mengenal, memutuskan menikah dan kemudian ada yang terjadi di dalam kehidupan pernikahan mereka.

Rad yang dewasa, tegas, namun terkadang labil diimbangi dengan Reya yang tegas, berprinsip, namun rapuh. Dua orang yang saling memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saling melengkapi.

Saat Reya mengetahui masa lalu Rad, hatiku tercabik-cabik. Rad kamu tega banget sih sama Reya (baca : aku). Tapi, aku kaget juga, awalnya bingung, gimana nih tanggapan Reya. Ternyata Reya luar biasa memiliki kebesaran hati dalam menerima masa lalu Rad. Jarang lho ada wanita yang mampu menerima masa lalu pasangan hidupnya *self reminder*.

Aku paham dengan perasaan Reya. Karena aku juga pernah mengalami hal yang sama. Nggak hanya sekali, tapi berkali-kali *nangis sambil makan wafer*. Jadi, wajar kalau Reya menuntut sebuah janji. Rad yang galau akut pun tahu jika kesalahannya kali ini fatal. Sukanya aku sama Rad, dia tipe pria yang nggak gampang menyerah gitu aja. Sekali nggak berhasil, dia coba lagi sampai berhasil. Tipe pejuang cinta banget ini. Reya yang berbalik menjadi galau akhirnya menuruti kata hatinya. Ahh, aku suka eksekusi akhirnya.

Tokoh favoritku disini Reya. Dia tipe wanita yang memiliki prinsip, berkepribadian kuat dan tegas namun rapuh. Dikit banyak mirip sama aku. Reya yang langsung memberikan keputusan kepada Rad saat rumah tangga mereka dihampiri badai. Membuat aku salut dan mengacungkan empat jempol, 2 kaki - 2 tangan. Jarang lhoo, ada wanita yang seperti Reya. Biasanya malah meminta waktu seminggu lamanya bahkan lebih.

Untuk Rad sendiri, dia tipe pria yang berprinsip, tegas, nggak gampang menyerah namun labil tatkala masa lalunya kembali datang. Susah memutuskan seusatu hal yang terkait dalam hidupnya. Selalu memikirkan kebahagiaan orang lain tanpa mau melihat dan berusaha menciptakan kebahagiaan untuk dirinya sendiri.

Banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari novel ini. Ada kisah cinta, persahabatan, persaudaraan, kekeluargaan, tradisi. Selain itu disini kita juga bisa belajar bagaimana mengatasi masalah dalam rumah tangga. Dalam menghadapi lawan jenis.

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Rad dan Reya serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua tokohnya yang awalnya kaku, lembut, kaku, canggung, lembut. Bikin gemes sendiri.

Sebagai orang dewasa, kita harus siap menerima risiko atas setiap pilihan yang kita ambil

Penulis mampu menuliskan cerita yang membuat pembaca sulit meletakkan novel ino sejenak. Walaupun ada yang sedikit mengganggu mengenai berapa tahun kelulusan seorang S3. Setidaknya tercover dengan adanya cerita yang bikin kebat kebit gemes perasaannya.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai indahnya setting tempatnya, yang kebetulan ada di tempat aku lahir, Jogja, walau hanya sedikit, tapi aku suka dengan penggambarannya, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah cinta, kehangatan keluarga, persahabatan, tradisi, saling memaafkan, berdamai dengan masa lalu, berdamai dengan diri sendiri, bagaimana menghadapi masa lalu dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan camilan yaa.

Kalau kamu mencari novel karya Pradnya. Aku rekomendasikan cerita ini. Jadi pingin cepat-cepat nikah *baper mode on*

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa..

Cinta adalah momentum yang bisa terjadi berulang-ulang. Jangan menyamakan cinta dengan kehendak untuk bersama seseorang. Karena, pada akhirnya, bukan cinta yang membuat kita bersama atau nggak bersama dengan seseorang

 
 
=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel After Wedding karya Pradnya Paramitha dan diterbitkan Elex Media Komputindo? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun sosmed kami berikut ini ya :

- twitter @elexmedia dan @princessashr

- instagram @pramyths, @elexmedia, @peekthebook

3. Share info GA ini yaa :

- twitter : mention ke akun @elexmedia dan @princessashr sertakan hashtag #AfterWedding

- instagram : repost/reshare/regram info giveaway ini yang sudah saya publish di instagram @peekthebook di akun instagram kamu, jangan lupa hashtagnya #GAAfterWedding. Tag aku dan kak @pramyths yaa.

4. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, akun goodreads (jika punya), danjawabanmu yaa..

  1. Menurutmu cinta itu apa sih?
  2. Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?
Giveaway ini berlangsung dari tanggal 27 – 31 Januari 2017 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

40 comments:

  1. Nama : Eka Riana
    Domisili : Barito Kuala, Kalimantan Selatan
    Twitter : @rianaismyname
    Link Share : https://twitter.com/rianaismyname/status/824868708925399040
    Goodreads : https://www.goodreads.com/user/show/63210463-eka-riana

    1.Menurutmu cinta itu apa sih?

    Cinta itu adalah sesuatu yg sakral, yg harus dijaga bukan dimanfaatkan. Cinta itu sebuah rasa keinginan yg sangat untuk menjaga seseorang. Jika kita mencintai seseorang maka kita harus menjaganya.

    2.Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa

    Masa depan.
    Karena yg namanya masa lalu itu letaknya dibelakang, hanya untuk dikenang. Sementara masa depan letaknya di depan, untuk dijalani.
    Dan kalau diingat-ingat masa laluku jelek semua 😂. Tapi aku selalu percaya bahwa kita bisa mengubah masa lalu yang buruk dengan masa depan yang baik.

    ReplyDelete
  2. Nama : Riza Putri Cahyani
    Akun twitter : @Zhaa_Riza23
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/824888344542748672
    Domisili : Bogor
    Btw, aku gak punya twitter

    Jawaban :
    1. Cinta itu adalah sebuah fitrah bagi seseorang sehingga seseorang itu bisa saling mengasihi. Cinta membuat seseorang menjadi dirinya sendiri. Cinta juga mengajarkan seseorang untuk ikhlas, menerima seseorang yang dikasihinya baik atau buruknya.
    2. Aku akan memilih masa depan. Masa lalu hanyalah kenangan dan pelajaran. Lagipula kalau sesuatu itu masih bersama kita kenapa pula itu di sebut masa lalu. Karena hal itu sudah tidak berjalan beriringan lagi dengan kitalah makanya di sebut sebagai masa lalu. Jadi kenapa kita harus memeilih sesuatu yang sudah berlalu padahal ada sesuatu yang kini bersama kita.

    ReplyDelete
  3. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/824944822767136768
    Jawaban: 1.cinta adalah rasa yang sayang pada seseorang yang tak terduga dan datang tanpa dapat direncanakan. Kalo diumpamakan cinta itu seperti angin, bisa dirasakan tapi tak bisa digenggam. Kita bisa merasakan hembusannya dari lembut sampai kencang tapi tak dapat dipegang wujudnya. Karena itulah cibta bisa datang kapan saja, dan bisa pergi kapanpunjua. Kaya jelangkung, datang tak diundang,pulang tak diantar.
    2.kalo dihadapkan pada 2 pilihan, tentu saja aku akan memilih masa depan, karena inilah yang kita jalani saat ini. Masa lalu biarlah berlalu dan tempatkan sebagai kenangan di satu sudut hati,jangan biarkan masa lalu membayangi.
    Masa depan adalah sesuatu yang akan kita raih dan kita perjuangkan untuk kebahagiaan.

    ReplyDelete
  4. Nama : siti nihlatul fuadah
    Twiter : @nihlafuadah09
    Link share :Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/824970218258599937?s=09
    Instagram : @nihlafuadah
    Link share ig :https://www.instagram.com/p/BPxPdZ8A3e8/

    Jawaban :
    1. Menurut aku pribadi sebenarnya cinta itu tak terdefinisi. Cinta sebuah rasa yg mendalam tak terlihat, terlalu banyak perumpamaan keindahan juga kesedihan sebelum mendapatkannya. Seperti syurga. Gak nyata, juga tak terlihat. Tapi sungguh terasa.
    2. Setiap pilihan yg kita ambil menyangkut resiko beserta konsekuensinya. Dan aku pilih masa depan dalam sebuah hubungan. Karna, sebagai manusia kehidupan kita berjalan. Mau sampe kapan stuck dimasa lalu yg seharusnya cuma jadi bahan pelajaran untuk meneruskan masa depan. Jika kita memilih masa lalu laju hidup kita gak akan maju. Aku percaya itu, karna dr itu jika dalam hubungan aku pilih masa depan. Karna bagaimana pun juga dalam hubungan masa depan di prioritaskan.

    ReplyDelete
  5. Nama : siti nihlatul fuadah
    Twiter : @nihlafuadah09
    Link share :Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/824970218258599937?s=09
    Instagram : @nihlafuadah
    Link share ig :https://www.instagram.com/p/BPxPdZ8A3e8/

    Jawaban :
    1. Menurut aku pribadi sebenarnya cinta itu tak terdefinisi. Cinta sebuah rasa yg mendalam tak terlihat, terlalu banyak perumpamaan keindahan juga kesedihan sebelum mendapatkannya. Seperti syurga. Gak nyata, juga tak terlihat. Tapi sungguh terasa.
    2. Setiap pilihan yg kita ambil menyangkut resiko beserta konsekuensinya. Dan aku pilih masa depan dalam sebuah hubungan. Karna, sebagai manusia kehidupan kita berjalan. Mau sampe kapan stuck dimasa lalu yg seharusnya cuma jadi bahan pelajaran untuk meneruskan masa depan. Jika kita memilih masa lalu laju hidup kita gak akan maju. Aku percaya itu, karna dr itu jika dalam hubungan aku pilih masa depan. Karna bagaimana pun juga dalam hubungan masa depan di prioritaskan.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Nama : Fitratun Ramadhany
    Twitter : fitratun_rmdn
    Domisili: Surabaya
    Ig : pelangi.senjaa
    Link: https://twitter.com/fitratun_rmdn/status/824986898372272128

    1. Cinta itu rasa ketertarikan antara dua manusia, cinta membuat seseorang berani membangun sebuah hubungan atas dasar cinta. Cinta juga sebuah bentuk kepercayaan, mempercayakan hati kita, cinta kita pada seseorang yg dirasa tepat.

    2. Jika di hadapkan antara masa lalu dan masa depan, tentu saja aku akan memilih masa depan, membangun hubungan yang lebih baik lagi dengan masa depan ku, mempercayakan hati dan cintaku sepenuhnya padanya.

    ReplyDelete
  8. Nama : Gabriella Halim
    Twitter : gabyhalim_
    Ig : gabshv_
    Goodreads : Gabriella Halim
    Link share :
    twitter : https://twitter.com/gabyhalim_/status/824988560243580928
    ig : https://www.instagram.com/p/BPxXqzlB-Xh/

    Jawaban :
    1. Cinta menurut aku itu sebuah kkomitmen yang dijalani oleh 2 pihak atas dasar suka sama suka. Tanpa paksaan, tanpa kekerasan dan yang pasti dengan senang hati. Menurut aku cinta itu suci, nggak salah. Karena yang salah kebanyakan adalah manusianya, bukan cintanya.

    2. Masa depan. Karena dalam hidup kita pasti terus melangkah maju. Nggak mungkin terus-terusan kita terpuruk di masa lalu, sekalipun itu menyakitkan. Masa lalu itu cukup dijadikan pelajaran berharga yang bisa jadi menyakitkan, agar kita tidak salah langkah atau bahkan mungkin mengulang kesalahan yang sama lagi.

    ReplyDelete
  9. nama: Bety Kusumawardhani
    akun twitter: @bety_19930114
    linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/825104723061698564?p=v
    domisili: Surakarta

    1. Cinta itu suatu naluri yg dirasakan oleh manusia dari alam bawah sadar saat merasa tertarik dan menyukai seseorang maupun sesuatu hingga timbul keinginan untuk memiliki. Cinta bisa bersifat sementara dan bisa juga abadi tergantung komitmen masing-masing. Seperti tanaman yg akan tumbuh dengan subur ketika dirawat, namun dia akan kering dan mati secara perlahan jika tidak dirawat.

    2. Aku akan memilih masa depan karena waktu tidak bisa diputar/diulang lagi. Jadi, mustahil aku kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan. Aku lebih memilih fokus pada tujuan hidupku di masa depan. Ingat! Jika terus memikirkan masa yg sudah terlewati maka akan sulit untuk melangkah ke depan dalam mencapai tujuan hidup yg sudah direncanakan dan diimpikan. Contohnya saja: saat sedang mengendarai motor, kita tidak dianjurkan sering menengok kaca spion karena bisa kehilangan fokus ke depan yg menyebabkan lama nya mencapai tempat tujuan dan justru kemungkinan mengalami kecelakaan.

    ReplyDelete
  10. Nama:Icha Aisyah
    Akun twiter: @Icha_arn02
    Linkshare:https: //twitter.com/icha_arn02/status/825122594055598080
    Domisili: D.I. Yogyakarta

    Jawab:
    1. Cinta itu apa? Aku juga ngga tau min hehe 😂,tapi setelah bertapa didepan TV 30 menit lamanya, aku jadi agak tau tentang Cinta, walaupun mungkin jawaban aku ini bakal keluar jalur, ngaco, dan gaje.
    Cinta itu adalah kekuatan yang berasal dari hati, kekuatan yang membuat kita rela melakukan apapun demi orang yang kita cintai. Contohnya: orang gendut rela diet dan tiap minggu datang ke fitnesan biar bisa dapet badan yang Bagus supaya doi suka, atau orang yang jarang ibadah tiba- tiba dia ibadah dan do'a ke tuhan minta supaya doi bisa suka ke dia (bahkan temenku yang islam sampai ada yang puasa senin kamis, cuman ya akhirnya dia deket sama doinya dia). Atau, cinta itu adalah perantara tuhan untuk membuat kita menjadi sempurna. Kenapa aku ngomong gitu? Karena dalam agama aku menikah itu untuk menyempurnakan agama, menikah kan karena cinta tapi kalau menikah bukan karena cinta ntar lama- lama benih- benih cinta juga bakal bertebaran dek (kayanya). Cerita After Wedding sendiri diceritakan 'sifat Rad yang dewasa, tegas, namun terkadang labil diimbangi dengan Reya yang tegas, berprinsip, namun rapuh. Dua orang yang saling memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saling melengkapi.' nah jadi dari situ kayanya cinta itu adalah cara tuhan untuk membuat kita sempurna dengan cara saling melengkapi antara pasangan.

    2.masa lalu atau masa depan daam hubungan? Masa lalu itu ada yang Indah ada yang enggak, mungkin yang masa lalunya dia dengan pasangannya Indah bakal memilih masa lalu, tapi kalau yang masa lalunya kurang beruntung dengan pasangannya bakal memilih masa depan dengan harapan akan menjadi lebih baik dari masa lalu. Aku sendiri pastinya milih masa depan, kenapa? Ya itu tadi, dengan harapan bisa lebih baik dari masa lalu, yang baik jadi lebih baik dan yang belum beruntung bisa semakin membaik. Hidup juga kan terus berjalan, semakin kedepan, jadi kalau udah ada masa depan dan pas itu masa lalu kembali kalau saya sendiri lebih memilih masa depan dan meninggalkan masa lalu, biarlah masa lalu bahagia dengan kenangan- kenangan Indah dan masa depan dengan planning- planning yang akan kita jalani nantinya.

    Sekian, semoga dapet amin, btw mimin dari jogja ya? Kebetulan aku juga dari jogja min, bolehlah kirim camilannya 😂

    ReplyDelete
  11. Nama : Ervan Setiawan
    Akun twitter : @saidrha
    Akun IG : @ervanedge
    Domisili : Bogor, Jawa Barat
    Goodreads : Ervan
    Link share :

    Twitter :
    https://mobile.twitter.com/Saidrha/status/825169915569057792?p=v

    instagram :
    instagram.com/p/BPyo4KsjoL3


    Jawaban :

    1. Cinta itu tidak selalu dgn ucapan
    Aku Cinta Kamu, Cinta itu pembuktian dari isi hatinya melalui tindakanya yang jika orang yang dicintai itu akan Dia jaga, Rela nyawanya untuk di pertaruhkan, melakukan apa saja untuknya,
    Seperti halnya para Sahabat Nabi Muhammad SAW, kisah pada saat di Perang Uhud saat itu Abu 'Ubaidah yg tetap bertahan & mencabut rantai pelindung kepalanya & Memberikanya kepada Rasulullah SAW , yg menyebabkan dua giginya yg depan tanggal, namun Rasulullah SAW bersabda : "kalian yg bergigi lengkap tidak ada yang lebih baik dari pada
    Abu 'Ubaidah"
    dan inilah yg di sebut cinta yg sebenarnya dan cinta itu hanya di miliki orang yg tulus segala raga jiwanya.


    2. Aku lebih memilih Masa sekarang berpengaruh signifikan di masa depan, masa lalu hanyalah kepingan lembaran
    Penuh pengalaman berarti takkan terulang kembali, alasanku lebih milih masa sekarang bukan masa lalu dan bukan masa depan karna
    Masa kini atau Masa sekarang yg kita torehkan ,apa yg kita pilih,
    Apa yg kita lakukan untuk cinta yg sekarang itu adalah cabang dari beberapa jalur yg menuju Masa depan penuh pilihan yg kita buktikan dgn pilihan kita yg tepat, cinta yg mengantarkan kita menyelami ketentraman mata dan hati, lakukanlah itu kesempatan hanya kali ini demi kebahagian bersama.

    “Love what you do and do what you love" - Quote by Ray Bradbury

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Nama : Aminatuzzahra
    Twitter : @aminatuzzahra21
    Domisili : Bogor
    Link Share : https://twitter.com/aminatuzzahra21/status/824861317202731008

    1.Menurutmu cinta itu apa sih?
    Menurut aku cinta itu : Love is not just You or Me, but Us. Cinta bukan hanya Aku atau Kamu, tapi Kita. Cinta itu sebuah rasa, di mana rasa itu muncul akibat adanya rasa saling ketertarikan antar manusia. Cinta itu saling, saling menjaga saling menyayangi. Saling suka dan saling tertarik. Saling percaya dan saling memahami. Dan saling membutuhkan. Cinta itu indah, cinta bisa datang dan pergi dengan cara yang tak terduga. Cinta juga bisa membutakan mata hati kita. Cinta itu adalah anugerah yang terindah yang semua orang dapat merasakan sendiri apa itu cinta. Cinta tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Hanya lewat hati dan perasaan. Cinta itu perasaan yang timbul dari hati manusia yang mempunyai makna suka, dan juga cinta adalah sebuah rasa yang bisa dirasakan dari hati ke hati.

    2.Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?
    Aku akan pilih masa depan, Karena yang lalu biarlah berlalu, jangan stuck disitu-situ aja. Kita harus cari yg baru lagi, ya walaupun terbebani dengan perasaan takut, khawatir yang berlebihan, penyesalan, rasa bersalah, dan semua rasa yang tidak menyenangkan. Tapi kita perlu menjalani kehidupan dengan penuh semangat, disiplin, rasa cinta, dan bekal pengalaman agar di masa depan bisa lebih berbahagia lagi.

    ReplyDelete
  14. Ig : aminatuzzahra255

    ReplyDelete
  15. Nama : Arshida Rafah
    Akun Twitter : @RShida_GL
    Akun Instagram : @shidarafah
    Domisili : Tangerang
    Link share : https://mobile.twitter.com/RShida_GL
    Akun goodreads : Arshida

    Cinta adalah fitrah yang diberikan Allah SWT. kepada umat manusia. Saling melengkapi, mendukung dan berbagi tanpa meminta imbalan. Ibarat langit yang tidak pernah meninggalkan bumi. Jika aku harus memilih, aku akan memilih masa depan dalam hubunganku, karena masa lalu adalah kisah yang hanya dapat kita kenang bukan untuk dijadikan kehidupan di masa depan dan kita dapat mengambil hikmah dari masa lalu tersebut. Hiduplah di masa depan yang akan membuatmu mengetahui hal-hal yang belum kamu ketahui dan menjadikan kamu menjadi pribadi yang tangguh.

    ReplyDelete
  16. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/825230671484317696

    Menurutmu cinta itu apa sih?
    Cinta itu seonggok rasa yang enggak perlu dibesar-besarin karena bisa jadi manja. Cinta bisa hilang tanpa mengucapkan salam perpisahan sama seperti kehadirannya yang tanpa permisi. Cinta hanyalah penonton dalam kisah cinta, apa yang terjadi dalam kisah cinta murni karena orang yang terlibat. Jadi tidak perlu menunggu kehadiran cinta untuk memutuskan kepada siapa kita hendak bersama menghabiskan hidup. Penonton (dalam hal ini ‘cinta’) selalu hadir jika ada pertunjukan (interaksi orang yang memutuskan untuk menjadi pasangan).

    Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?

    Masa depan. Tapi bukan berarti orang dari masa lalu tidak memiliki kemungkinan, karena bisa saja ia kembali hadir di masa depan. Bukan berarti mengharapkan, ini semata-mata atas dasar interaksi suatu hubungan di masa sekarang. Masa depan mengacu pada masa sekarang, jadi aku lebih memilih hubungan yang terjalin pada saat ini. terlepas dari permasalahan apakah orang itu adalah orang yang aku temui saat ini atau orang yang pernah aku temui di masa lalu.
    Masa lalu hanya sepenting sebuah kenangan, dan masa sekarang lambat laun akan berubah menjadi masa lalu. Jadi aku cukup menjalani dan menikmati hubungan saat ini tanpa perlu memikirkan apakah kisah ini hanya akan menjadi masa lalu atau justru menjelma menjadi masa depan.

    ReplyDelete
  17. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_
    Domisili: Tangerang
    Link share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/825313667122024450?p=v

    1. Cinta itu sesuatu yang bila mengingatnya akan menghangatkan hati.

    2. Cinta masa depan. Karena gak mungkin aku terus berjalan mundur dan melihat ke belakang untuk sesuatu yang gak pasti, Mengharapkan cinta di masa lalu, Biarkan itu menjadi Kenangan. Jadi aku jelas akan memilih berjalan maju untuk menentukan pilihan pilihan di masa depan.

    ReplyDelete
  18. Nama: Rinita
    Akun twitter: @Rinitavyy Domisili: jatim
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/825360364825047041?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3330366325
    Akun goodreads: Rini Virgo

    Q1: Menurutmu cinta itu apa sih?
    A1: "Banyak jalan menuju roma", Begitulah caraku mengartikan kata cinta. Meskipun banyak orang di bumi ini mengartikan kata "Cinta" dalam sejuta istilah sekalipun, Sebetulnya Kata cinta itu hanya membutuhkan sepasang hati dengan satu tujuannya. Meski untuk mencapai tujuan itu tiap pasangan memiliki jalannya masing-masing. Dengan satu tujuan itu aku jadi berpikir bahwa sebenarnya Cinta itu sederhanaan. Cukup dengan merasakan dan merealisasikan kata cinta dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. Yang kemudian di perkuat lagi penjelasan itu oleh tindakan positif dan bukan sekedar mengatakan cinta tetapi lewat dibibir saja. Karena cinta itu mengandung unsur murni dan penuh kesakralan. Yang harus di perlakukan dengan "kata hati sama dengan kata di lisan". Cukup Sesederhana itu.

    Q2: Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?
    A2: Masa depan. Karena disanalah tempat aku memulai kehidupan baru dan menyambutnya dengan suka cita.

    ReplyDelete
  19. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Domisili: Semarang
    Link share:https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/825411386712821760

    Jawaban:
    1. Cinta itu apa? Menurutku cinta itu sebuah perasaan dimana dua orang saling menyayangi, tanpa kenapa, tanpa apa", tanpa lelah, tanpa bertanya sampai kapan. Dan menganggap 1 kelebihan lebih baik dari 1000 keburukan pasangannya. Selalu menemukan sebuah alasan untuk tetap tinggal saat menemukan 1000 alasan buat pergi. Dan cinta itu menurutku give and give, not take and give. Karena menurutku, saat memberi itu ada kenikmatan sendiri. Lebih bahagia rasanya saat mengeluarkan sesuatu demi orang yg kita cintai daripada buat diri sendiri

    2. Masa lalu atau masa depan?
    Kalo ini maksudnya tentang yg udah terjadi, jelas milih masa depan. Kenapa? Karena kalo masa lalu baik, pasti bukan masalalu, tapi masa sekarang. Terlebih lagi masa lalu itu baiknya dijadiin pelajaran. Karena sebaik"nya guru, pengalaman adalah guru terbaik, biar kita ga terjatuh di lubang yg sama. Ngerasain sakit yg sama. Lemah karena hal yg sama. Tanamkan prinsip "kita juga berhak bahagia" namum bahagia dalam konteks yg postif. Bukan bahagia karena hal yg negatif kaya miras dan yg lainnya. Jangan terkekang dengan hal yg menghambatmu. Kalo ada, tinggalkan atau lupakan jika perlu. Tapi kalo yg dimaksud orangnya, no one know. Karena org bisa berubah, yg dulu jahat bisa berubah baik dan sebaliknya. Kita gaboleh ngejudge seseorang karena masa lalunya. Belum tentu sekarang kita lebih baik dari dia. Dan kita jg boleh aja menjalin hubungan dengan orang di masa lalu, tp yakinkah kamu kalo masa lalu yg pahit itu gabakal terulang lagi? Please think again before make a choice. Jangan karena kata "terlanjur sayang" kamu melupakan semuanya. Saat km dibutakan oleh cinta, jangan sampai logikamu mati juga karna cinta. Boleh cinta tp jangan bodoh ok?

    ReplyDelete
  20. Nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    domisili : Sleman
    link share : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/825467528277209089

    1. Cinta itu sebuah keajaiban yang bisa membuat seseorang atau sesuatu menjadi tterlihat lebih indah dan sempurna meskipun hal tersebut yang dicintai menurut pandangan orang lain jauh dari kata sempurna/imdah.
    2. Aku akan memilih masa lalu karena aku ingin sekali memperbaiki beberapa hal yang kulakukan di masa lalu yang sampai saat ini masih kusessali karena pernah melakukannya.

    ReplyDelete
  21. Nama : Isro'in Tri Masruroh
    Twitter : @isro_in
    Domisili : Tulungagung, Jatim
    Link Share : https://mobile.twitter.com/isro_in/status/825520984501284865?p=v

    Jawaban :
    1. Cinta adalah kejujuran dan kepasrahan yang total. Cinta mengarus lembut, mesra, sangat dalam dan sekaligus intelek. Cinta ibarat mata air abadi yang senantiasa mengalirkan kesegaran bagi jiwa-jiwa dahaga
    Artinya :
    Kejujuran dan Kepasrahan dimaksudkan adalah Perasaan yang Tulus dan Rela Berkorban untuk orang di cintai.
    Mengarus lembut, mesra, sangat dalam dan sekaligus intelek adalah Cinta itu Murni dan Jernih mengalir apa adanya tanpa kenal waktu, dimana dan siapa pun itu.
    Mata Air Abadi bagi Jiwa-jiwa dahaga diartikan untuk lebih mencintai Allah daripada mencintai makhluk dan segala ciptaan-Nya. Karena hanya Allah yang sepatutnya kita paling cintai dan dariNya lah kita mendapatkan rasa cinta itu :)

    2. Masa Depan
    Karena Masa Depan yang cerah didasarkan pada masa lalu yang dilupakan. Kita tidak dapat melangkah dengan baik dalam kehidupan jika belum melupakan kegagalan dan rasa sakit hati. Jadi cukup ambil hikmahnya saja dari semua yang terjadi di masa lalu, agar dapat melakukan yang lebih baik lagi di masa depan :)

    ReplyDelete
  22. Novi Andriyani16:27

    Nama: Novi Andriyani
    Twitter: @kysmpnvii
    Link share: https://twitter.com/kysmpnvii/status/825622933389398016
    Domisili: Bandung

    1. Menurutmu cinta itu apa sih?
    Cinta itu sebuah perasaan yang tak kasat mata yang bisa muncul dan hilang kapan saja. Cinta itu perasaan yang tumbuh karena terbiasa.
    2. Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?
    Aku akan pilih masa depan. Karena kita hidup bukan untuk terus melihat kebelakang toh kita masih punya masa yang akan datang. Masa lalu itu hanya kenangan, entah itu kenangan manis atau buruk masa lalu akan tetap menjadi masa lalu. Jika kita terus berpaku pada masa lalu, kita akan sulit untuk melangkah. Masa lalu biarlah menjadi kenangan dan pelajaran untuk masa depan.

    ReplyDelete
  23. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share twitter:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/825654556264509443
    Link share instagram:
    https://www.instagram.com/p/BP2GX1RFw5A/
    Domisili: Tangerang

    1. Cinta adalah anugerah dari tuhan berupa perasaan yang suci. Cinta tidak bisa dipaksakan kepada siapapun oleh siapapun atau apapun, dan bisa datang kapan saja sesukanya.

    2. Jika saya dihadapkan dengan 2 pilihan yaitu masa lalu dan masa depan, maka jelas saya akan memilih masa depan.
    Saya tidak akan kembali melihat masa lalu. Masa lalu itu sudah habis masa nya dan saya harus fokus menata masa depan dengan sosok yang baru.
    Ibaratnya seperti sekolah, lulus dari smp kita akan melanjutkan ke sma. Pasti kita tidak mau kan kembali ke masa smp lagi? Kita pasti akan memilih fokus pada masa sma. Jika disuruh kembali ke masa smp, rasanya pasti sudah berbeda dan rasanya juga sudah malas untuk mengulang keseharian di sana.
    Jadi selamat datang masa depan, selamat mengisi hari-hari bersama saya dan membuat cerita baru yang lebih indah.

    ReplyDelete
  24. Nama: Ainun Marhamah
    Twitter: @ainunmarhamah
    Kota: Palembang
    Link:https://twitter.com/ainunmarhamah/status/825702358898221057

    1. Menurutmu cinta itu apa sih?
    2. Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?

    Menurutku cinta itu suatu perasaan yang menyenangkan dan membuat kita buta&tidak bisa berpikir panjang. Namun cinta tidak selamanya membuat kita bahagia, karena sekali kita merasakan sakit karena cinta, sakitnya itu luar biasa 😭💔
    Masa depan. Menurutku masa lalu ya masa lalu, gapantas untuk kita beri harapan lagi. Tapi jangan lupakan masa lalu, karena itulah cerminan kita untuk masa depan. Di masa depan kita harus bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam suatu hubungan. Dan saling menjaga agar tidak terjadi kesalahan seperti dimasa lalu kita.

    Sekian 😁

    ReplyDelete
  25. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/825761497519251457

    1. Menurutmu cinta itu apa sih?
    Cinta itu perasaan. Kalau ditanya seperti apa dan bagaimana, mungkin itu seperti dimana hanya melihatnya saja sudah membuatmu senang. Tapi seperti kata Pooh, cinta itu tidak bisa dieja dan dijabarkan, melainkan dirasakan.

    2. Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?
    Aku tidak bisa memilih. Karena aku bergantung pada situasi dan kondisi yang terjadi. Aku tidak bisa memilih karena cinta masa lalu seperti apa yang pertama aku alami dan cinta masa depan seperti apa yang seseorang janjikan padaku. Mungkin, jika aku melihat ada kebahagiaan yang lebih pasti di masa lalu yang kembali, aku akan memilih cintaku di masa lalu. Namun, jika janji itu hanya sekedar janji, dan seseorang datang menawarkan sebuah kepastian maka tidak menutup kemungkinan cinta untuk masa depanlah yang aku pilih. Jadi jawabanku, aku belum bisa memilih karena aki belum tahu kepastian terbesar ditawarkan oleh waktu yang mana.

    ReplyDelete
  26. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/825869740174409728
    Akun goodreads : Heni Susanti

    1. Cinta bagiku adalah penerimaan, keikhlasan, dan kesetiaan.
    2. Aku memilih masa depan. Bagiku masa lalu kadang cukup dikenang saja, dijadikan pemebelajaran tak perlu dipaksakan bisa berulang atau kembali. Karena jika dia bisa menjadi masa depan, dia tidak akan pernah menjadi masa lalu, tapi selalu jadi masa kini. Sedangkan masa depan adalah janji yang lebih nyata dan lebih mudah diraih dengan doa dan ikhtiar.

    ReplyDelete
  27. NAMA: Ahmad Azwar AA
    Akun Twitter: @azwaravisin
    Domisili: Sidoarjo
    Link Share: https://twitter.com/azwaravisin/status/825882724128874496
    akun goodreads: azwaravisin


    jawab:

    1. cinta adalah anugerah Tuhan yang paling ajaib, yang mana ketika segalanya dalam cinta, segala yang menyakitkan berubah menjadi membahagiakan. segala pahit menjadi manis, segala yang dianggap menjadi derita berubah menjadi hal yang indah.

    2. masa lalu atau masa depan, aku lebih memilih masa kini. sebab life for today sih, ini pendapatku aja sih. kalau memang harus wajib memilih aku memilih masa depan, sebab masa depan adalah harapan sedangkan masa lalu ialah sebagai kenangan, hanya untuk kenangan, sesekali saja dikenang diintip, tak butuh waktu lama, hanya melihat sejenak dan berpikir guna dijadikan pelajaran.

    ReplyDelete
  28. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Twitter: @febyaulia316
    Link share: https://twitter.com/Febyaulia316/status/825900957506564096
    Domisili: Bogor tengah

    1. Cinta menurutku adalah suatu emosi yang pasti di rasakan oleh setiap manusia. Cinta juga menurutku adalah keikhlasan, ketulusan, dan juga kita ikut merasakan bahagia, saat lihat dia bahagia, ada rasa hangat yang menyelusup di dada saat melihat dia, ada aliran listrik saat bersentuhan dengan dia.
    2. Masa depan. Kenapa? Karena hidup itu terus berjalan. Jika kita masih stuck di masalalu kapan kita akan melangkah menyambut masa depan yang mungkin lebih indah. Tapi, janganlah lupakan masalalu, tapi jadikanlah masalalu itu untuk sebuah pembelajaran untuk masa depan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  29. Nama: Khuznul Hatimah
    domisili: Makassar
    twitter: @khuznul_nhunu
    link share: https://twitter.com/Khuznul_Nhunu/status/825945638986616832

    Jawaban:
    1. Menurutku Cinta adalah rasa nyaman, tulus Kasih tanpa balasan, rasa saling memahami, menjaga dan menghargai yang di satukan dalam sebuah komitmen.
    2. Masa depan. Karena biar bagaimanapun masa lalu telah berlalu memiliki masa yang berbeda. Cukup masa lalu adalah pelajaran untuk masa depan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  30. Nama : Aenun Nasyifa Z.A.
    twitter : @AenunNasyifaZA
    domisili : Solo,Jateng
    Link Share : https://twitter.com/AenunNasyifaZA/status/826074242349297664

    1. Cinta adalah perasaan murni yang bersemayam di setiap hati. kemurnianyya itu seperti kertas putih yang bersih, kertas itu bisa saja diwarnai dengan indahnya tapi juga bisa ternoda, robek dan lusuh. seperti itu pula cinta, ia bisa terasa indah bahkan sangat indah dan sebaliknya bisa terasa menyakitkan. tergantung bagaimana kita mengolah emosi kita terhadap cinta itu sendiri,

    2. masa lalu atau masa depan, tentu saya akan memilih masa depan namun saya tidak mengabaikan masa lalu karena masa lalu itu dapat memberi kita pelajaran supaya hal yang sama tidak terjadi lagi di masa depan atau kita dapat mencegah hal bukuk terulang kembali di masa depan. jadi terus melangkah maju dengan bekal berharga dari masa lalu.

    ReplyDelete
  31. Nama : Rizky Tria Octasiana
    Twitter : @Anaao98
    Domisili : Brebes, Jawa Tengah
    Link share : https://mobile.twitter.com/Anaao98/status/826297822727196672?p=v

    1. Cinta?
    Cinta adalah keikhlasan. Cinta bukan hanya sebuah perasaan yang mudah datang dan pergi. Tapi, cinta menyisakan perih sekaligus kenangan. Tak ada yang tau, kapan datang maupun perginya sebuah cinta. Karena itu, cinta adalah wujud dari keikhlasan. Ikhlas, saat cinta yang kita miliki pergi begitu saja. Ikhlas, saat cinta yang kita miliki penuh dengan berbagai cobaan.
    Dan cinta adalah sebuah rasa yang dirasakan oleh kedua belah pihak, yang merupakan nikmat dari sang Maha Cinta. Nikmat ketika merasakan jatuh cinta, pun nikmat ketika merasa terluka.
    2. Masa depan. Karena menurutku, meski masa depan sifatnya masih misteri tetapi aku yakin masa depan akan banyak mempunyai letupan-letupan kejutan yang luar biasa.
    Aku rasa, masa lalu biarlah dijadikan pelajaran. Tidak baik pula jika harus stuck di situasi yang menengok ke belakang.
    Bukankah roda kehidupan terus saja berputar? Yakin tidak mau mencoba hal baru? Bukankah dari kecil kita disuruh mengejar masa depan dibanding masa lalu? Alasan terakhir, karena logikanya, akan lebih menyenangkan jika berjalan maju dibanding berjalan mundur.

    ReplyDelete
  32. Nama: Fasiha Fatmawati
    akun twitter: @fasiiha
    domisili: Yogyakarta
    link share: https://twitter.com/fasiiha/status/826298058304413696
    akun goodreads: fasiiha

    1. cinta itu ...
    Buatku cinta itu se-eneg-eneg-nya, se-bosen-bosen-nya, se-sebel-sebel-nya kamu sama dia, tapi kamu tetep yakin bahwa dia yang paling nggak bisa kamu tinggalin.

    2. Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan...
    Aku jelas memilih masa depan. Mengapa? Karena masa depan ada di tangan kita, kita bisa mengubahnya, kita bisa merencanakannya, apakah ingin menciptakan masa depan yang baik ataukah yang buruk. Sedangkan masa lalu, seburuk apapun masa lalu tidak akan berubah, maka bila belajar dari sejarah, masa sekarang adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  33. Nama :Nur Handayani
    Akun twitter :@nrhanda
    Domisili : Demak,Jawa Tengah
    Link Share :https://www.instagram.com/p/BP7NxyQg5PR/

    1.Menurutku Cinta itu tanggung jawab, setia selalu disampingnya dalam keadaan apappun, janji untuk menjadikan kebahagiaannya sesuatu hal yang selalu kita usahakan, pengorbanan untuk meluangkan waktumu untuk berbincang hal-hal yang penting hingga remeh sekalipun. Begitu Cinta menurutku

    2.Masa depan, karena menurutku masa lalu adalah tempat belajar tentang kesalahan, kekurangan yang kita punya untuk diterapkan di masa depan yang sudah ada depan kita.

    ReplyDelete
  34. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/825692971076968448?p=v
    Akun Goodreads : Humaira


    1. Menurutmu cinta itu apa sih?
    2. Jika kamu dihadapkan pada 2
    pilihan, antara masa lalu dan masa
    depan dalam satu hubungan, mana
    yang akan kamu pilih? Kenapa?


    1. Cinta itu adalah rasa sayang dan tulus yang besar diatas rata-rata yang mampu menimbulkan berbagai rasa di hati. Kamu sayang padanya, kamu suka padanya, peduli padanya, menginginkannya bahagia terutama karena kamu lah penyebabnya, kamu ingin melihatnya tersenyum ceria, kamu mengkhawatirkannya, kamu selalu ingat padanya, kamu rindu padanya, kamu tak ingin dia bersedih, kamu bahkan rela berkorban demi kebahagiaannya, dan mau menerima apa adanya.

    Karena cinta mampu menciptakan berbagai rasa nano-nano yang bergolak di hati seperti perasaan sedih, bahagia, tangis, tawa, marah, cemburu, sakit, rasa berbunga-bunga dan masih banyak perasaan lain yang hanya bisa dirasakan saat jatuh cinta.

    Karena cinta mampu menimbulkan kehangatan, membuatmu menghadapi yang namanya kehilangan dan belajar mengenai keikhlasan.


    2. Untuk sebuah hubungan aku lebih memilih masa depan. Bagiku apapun hubungan yang terjadi di masa lalu dan berakhir, tandanya itu sudah lewat. Yang harus aku lakukan hanya berjuang di masa kini dan masa depan. Hidup terus berjalan dan maju ke depan. Bukan untuk mengulang dan tenggelam dalam kenangan.

    Seperti apa yang Albert Einstein katakan "Hidup itu seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, kau harus terus bergerak."

    Sebaik-baik dan seburuk-buruknya masa lalu itu sudah terjadi, tak bisa diubah lagi digapai, sudah berlalu dan tutup buku. Tapi pasti ada hikmah yang bisa dipetik dari setiap kejadian. Itu gunanya masa lalu, karena bisa dipelajari di masa kini dan agar dapat meminimalisir hal yang tak diinginkan agar tak terjadi di masa depan.

    Seperti 2 kata bijak ini yang pernah aku baca dan selalu aku ingat hingga sekarang :
    1. Anda tidak akan pernah bisa
    memiliki masa depan yang baik
    jika pikiran berada dalam bayang
    masa lalu. Dan
    2. Masa lalu adalah tempat yang baik untuk dikunjungi, namun ia
    bukan tempat yang cocok untuk
    ditinggali.


    Masa lalu bukan hambatan tapi sebuah pelajaran dan di masa depan ada harapan.

    ReplyDelete
  35. Nama: Rizka Dwi
    Twitter: @ricarizkaa
    Domisili: Probolinggo, Jawa Timur
    Link: https://mobile.twitter.com/ricarizkaa/status/826395884220846080
    Goodreads: Rizka

    1. Menurutmu cinta itu apa sih?
    Menurutku, cinta adalah suatu rasa (perasaan) yang sanggup kita bagikan kepada orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Cinta juga kasih sayang, kepercayaan, dan pengharapan. Tidak muluk, namun pas dengan porsinya masing-masing. Cinta juga bisa berarti hal lain, kembali pada pribadi masing-masing.

    2. Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?
    Masa depan, tentu saja. Karena aku percaya masa depan kita masih bersih walau tetap berjalinan dengan masa lalu. Aku (berharap) tidak akan melupakan masa lalu, seberapapun aku menyesalinya (nanti). Masa lalu cukuplah untuk dikenang. Apa yang kudapatkan dari masa lalu adalah pengalaman dan pelajaran untuk lebih baik esok hari. Jadi, aku memilih untuk melangkah menuju masa depan dan menjadikan masa laluku sebagai pelajaran berharga. Masa depan untuk dipilih dan dijalani serta masa lalu untuk dikenang dan dijadikan sebagai pelajaran. Ya, seperti itu.

    ReplyDelete
  36. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Malang
    https://mobile.twitter.com/RiniCipta/status/826441960147738625
    Rini Cipta Rahayu

    1. Cinta adalah kata yg digunakan untuk mendeskripsikan berbagai perasaan terkait dengan seseorang atau sesuatu. Cinta juga tentang kecanduan pada rasa nyaman dan kecenderungan untuk berkorban.

    2. Masa depan. Meskipun aku yang sekarang tidak bisa terlepas dari aku dan berbagai hal di masa lalu, tapi aku hanya menganggap masa lalu sebagai pembelajaran dan pedoman untuk melangkah ke masa depan. Tidak bagus juga kalau tetap diam, sementara dunia dan isinya bergerak terus menerus. Kalau masa lalu sudah diketahui, masa depan lebih tidak terprediksi. Masa depan menjanjikan berbagai pengalaman yang harapannya lebih baik dari masa lalu yang pernah dijalani.

    ReplyDelete
  37. Nama: Zahra Firdausy
    Twitter: @zhrntyyy
    Domisili: Cengkareng, Jakarta Barat
    Link Share: https://twitter.com/zhrntyyy/status/826446669130526720

    1. Menurutmu cinta itu apasih?
    Cinta adalah rasa. Rasa yang murni, tulus, dan suci tanpa adanya paksaan. Perasaan yang tidak bisa diduga dengan siapa, kapan, dan bagaimana datangnya. Perasaan yang tidak bisa kita cegah dan hindari. Cinta adalah anugerah kehidupan.

    2. Tentu saja Masa Depan. Karena waktu bergerak maju, bukan mundur. Masalalu hanyalah kejadian dimasa lampau yang bisa kita jadikan pelajaran. Kita bisa memperbaiki kesalahan di masalalu tanpa harus balik ke masa lalu. Gak perlu lagi menggali rasa penyesalan yang pernah ada. Walaupun masa depan masih menjadi sebuah misteri, tapi kita harus tetap berjalan ke depan.

    ReplyDelete
  38. Nama: Lenny AR.
    akun twitter: @justlynn23
    domisili: Banjarmasin
    link share: https://twitter.com/justlynn23/status/826445734991974401

    1.Menurutmu cinta itu apa sih?
    Cinta adalah perasaan hangat yang mampu membuat kita menyadari betapa berharganya kita, dan adanya seseorang yang begitu berharga untuk kita lindungi. Cinta tidaklah sebatas kata-kata saja, karena cinta jauh lebih berharga daripada harta karun termahal di dunia pun.
    2.Jika kamu dihadapkan pada 2 pilihan, antara masa lalu dan masa depan dalam satu hubungan, mana yang akan kamu pilih? Kenapa?
    Saya akan memilih masa depan. Karena masa depan itu sudah pasti ada dan akan kita jalani. Sedangkan masa lalu itu sudah terjadi dan kita sudah pernah merasakannya dalam hidup kita, dan itu akan lebih baik biarlah menjadi masa lalu saja, sesuatu yang sudah berlalu biarlah berlalu, apapun yang sudah terjadi dimasa lalu lupakan saja walaupun sulit sekalipun. Lebih baik memilih sesuatu yang sudah pasti ada untuk kita yakni masa depan.

    ReplyDelete
  39. Nama: Nela Norhela
    Akun Twitter: @Nelahela
    Domisili: Martapura, Kalimantan Selatan
    Link share: https://twitter.com/Nelahela/status/826462351696080897
    Akun Goodreads: Nela Hela

    1. Cinta adalah rasa sayang yg begitu dalam. Cinta juga bisa menjadi alasan untuk menempatkan seseorang di ruang hati kita, yg membuat seseorang tersebut menjadi prioritas di dalam hidup. Cinta juga berarti perasaan ingin melindungi, perasaan khawatir ketika seseorang itu tidak ada di sisi kita, perasaan tidak mau pergi, tidak ingin kehilangan seseorang tersebut di hidup kita. Dan Cinta adalah suatu keinginan besar untuk membuat seseorang itu bahagia.

    2. Kalau harus memilih antara masa lalu dan masa depan dalam suatu hubungan, saya tentu saja akan memilih masa depan. Karena, bagaimanapun juga, masa lalu itu hanya sebuah kenangan. Terlepas dari kenangan buruk ataupun indah, kenangan itu hanya untuk diingat serta diambil pelajarannya dan tidak akan terulang kembali. Sedangka, kita memang tidak bisa menebak apa yg akan terjadi di masa depan nanti, tapi kita bisa membuat suatu hubungan itu menjadi lebih indah atau bahkan malah lebih buruk, tergantung apa yg kita lakukan dalam hubungan saat ini. Kita tidak bisa berpatokan/mengingat-ingat masa lalu karena semua itu sudah terjadi. Walaupun masa lalunya buruk, tapi, kita bisa memperbaikinya, menjadikannya lebih indah di masa depan.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...