Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

6 January 2017

Buat Google Form di Peek A Book untuk Kerjasama?




Holaa..

Tahun 2017, yeayyy!! Sudahkah kamu membuat rencana di tahun 2017? Wishlist bukumu di tahun lalu, sudahkah tercapai semua? Aku beluuuumm.. Haha..

Okay! Kali ini mau sedikit membahas mengenai google form di blog dan akun twitterku. Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya, ada yang bingung, ada yang merasa kalau aku (mungkin) sok-sokan bikin google form. Buat apa sih. Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya seperti itu. Aku mau jelasin sedikit sama kalian semua. Semoga penjelasanku yang sedikit nanti, mewakili pertanyaan sobat Peek A Book semua yaa.

Alhamdulillah, ada amanah yang dipercayakan sama aku oleh penerbit-penerbit dan penulis-penulis kesayangan. Nah, kebetulan event yang seringkali diminta adalah blog tour dan giveaway. Udah tahu kan yaa, kalau blog tour itu minimal ada 2 blogger kan yaa? Nah, terkadang ada beberapa yang meminta hingga 3 blogger, 4 blogger, 5 blogger. Disitu aku mulai kebingungan. Mau ajak siapa nih. Akhirnya, curcol sama kak Rizky Mirgawati. Dan kita berdua akhirnya kepikiran buat bikin google form. 
  
Tujuannya sih buat berbagi kebahagiaan sama teman-teman blogger buku. Nggak ada niatan mau pamer “Ini lho, aku ada event blog tour”, nggak seperti itu. Nggak mau pamer soal sedikit banyaknya job review atau host blog tour yang didapat. Benar-benar ingin saling berbagi satu sama lain. Nggak ada salahnya kan kami berdua sama-sama berbagi kebahagiaan, berbagi rejeki sama teman-teman blogger buku.

Nah, sempat kemarin ada yang bertanya macam-macam sama aku dan mungkin kak Rizky Mirgawati. Aku rangkum aja yaa, berbagai pertanyaan yang ada di benak kalian semua.

Q : Kalau blognya isinya bukan review buku gimana, kak?
A : Silahkan, bebas kok, kalian mau daftarin blog kalian yang isinya soal apapun. Tapi, nanti saat ada event blog tour atau giveaway, kami pun akan melihat blog kalian. Menyamakan dengan buku yang akan diblog tourkan.

Q : Cara tahunya udah diajakkin blog tour gimana, kak? Kok nggak ada pengumumannya?
A : Langsung kita hubungi via email. Dan setelah deal dengan teman blogger yang akan kami ajak blog tour atau giveaway, nama mereka akan ada di banner

Q : Kok aku nggak pernah diajakkin sih, kak?
A : Jawabannya hanya satu. Sabar. Kita gantian kok. Nggak harus dengan orang yang sama. Dan yang jelas, kita nggak mau setelah diajakkin, terus setelah itu nggak diajakkin lagi kemudian malah nyinyir di sosmed. Itu malah bikin kita nggak suka. Tunjukkan kalau kalian itu profesional. Sekali diajak, bukan berarti terus nggak gantian sama temannya. Ganti-gantian yaa.

Q : Kak, kok aku nggak nemu google formnya yaa, kak?
A : Udah aku pasang bannernya dan linknya di sidebar blog aku di sebelah kanan kok. Coba dicari, kemudian klik, dan isi

Q : Kak, aku nggak punya akun goodreads. Masih boleh daftar nggak, kak?
A : Silahkan, bebas kok. Dibawa santai aja. Ini bukan pendaftaran buat aneh-aneh kok.

Ada lagikah pertanyaan dari kalian?

So, buat sobat Peek A Book, aku mengundang kalian buat mengisi google form yang sudah aku buat. Siapa tahu, next event, kalian yang bakalan aku ajakkin lho. Who knows, right?

Dan kuharapkan siapapun kalian yang kuajak, patuhi rules yang sudah diberikan. Dan setelah selesai blog tour atau giveaway, apabila di kemudian hari ada event lain, dan kalian belum diajak kembali, jangan nyinyir yaa. Apa sih bahasa yang baik dan benar dengan kalimat nyinyir? Jangan kemudian kalian ngomong di belakangku atau di sosmed, kalau aku pilih kasih atau nggak diajakkin blog tour atau giveaway lagi. Gantian yaaa sama yang lain. Kan biar adil.

Kuucapkan beribu rasa terima kasih buat yang sudah ikutan mengisi google form. Semoga segera ada email berupa ajakan ke email kalian yaa. Buat yang mau bertanya-tanya boleh silahkan komentar di kolom komentar atau via sosmed atau via LINE juga boleh. Bebas aja.

Karena tujuannya mau berbagi bahagia, berbagi rejeki, semoga niat baik ini direstui oleh semua orang. Buat aku, kalian yang baru saja menjadi blogger buku, udah aku acungi jempol. Salut. Keinginan kalian untuk menyebarkan virus membaca benar-benar patut diacungi jempol. Semoga niatan kalian memang benar-benar menyebarkan virus membaca yaa. Bukan semata-mata untuk niatan yang lain yaa. Karena kalau niatan kalian udah salah, ke depannya juga akan salah. Jadi blogger buku itu kuncinya sabar, rajin membaca, sharing, rajin review. Sekali kalian udah kecemplung jadi blogger buku, akan mengasyikkan. Jadikan blog kamu itu rumah kamu. Ibarat tanaman, pastinya ada proses penanaman, pemupukan, kemudian panen. Nah, blog pun juga begitu. Apa niat dan tujuan kalian membuat blog? Lalu setelah itu, jangan lupa buat diisi, jangan dibiarin berdebu. Kalau kalian rajin, insya allah, kalian akan memanen sendiri hasilnya. Jangan lelah berusaha yaa.

Tetap sebarkan virus membaca. Tularkan semangat membaca kalian kepada teman, keluarga, sahabat, pacar, suami, istri, anak, siapapun itu. Jangan lupa untuk membaginya juga yaa.

2 comments:

  1. weeh, pengen ikut tp aku bukan blogger yg rajin, dan masih amatir dlm mereview novel.
    buat yg ikutan semangat yaa.. juga buat kak Asri dan kak Iky, semoga menemukan host blogtour yv tepat

    ReplyDelete
  2. pengin ikut ngisi sih, tapi gak rajin isi blog juga. baca sering, tapi review jarang. kan yg dicari yg gemar review kan? :'))

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...