Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

2 January 2017

Menikmati Hujan sambil Bercerita bersama Jee




Baca juga yaa.. (Mengenang Mantan bareng Dirsta)

Holaaa... 

Setelah kemarin kita Mengenang Mantan bareng Dirsta, and now it's time for Menikmati Hujan sambil Bercerita bersama Jee.

Udah kenal belum nih sama kak Jee? Udah tau kan buku karya kak Jee? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama kak Jee. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng kak Jee.. 
  
Hallo, kak Jee, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, kak?

Halo! Kabar baik dan luar biasa. Saya berharap kamu juga sama. Sekarang lagi sibuk sama pekerjaan dan menulis untuk projek selanjutnya aja.

Ehm, kak Jee, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, kak? Ehm, kak Jee, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, kak?

Diterbitin dunia? Amin! Hahaha.

Untuk hobi menulis sudah sejak kecil. Dimulai dari kesukaan membaca. Kemudian, saya mencoba menulis puisi, cerpen dan ketika kuliah semester awal baru mencoba menulis novel.

Semangat menulis saya semakin tinggi ketika menjadi salah satu pemenang kompetisi menulis cerpen yang diadakan Penerbit Diva Press. Di sana, cerpen saya yang berjudul Sunflower, dibukukan. Dicetak menjadi novel antalogi My Handsome Devil bersama para pemenang lainnya.

Waktu itu saya sangat senang dan merasa bangga atas diri saya. Saya berpikir, kalau saya akan terus menulis. Dan harus terus menulis.

Sampai buku keenam yang sudah terbit saat ini, saya masih sangat menyukai perasaan  ketika menerima email dari penerbit yang mengabarkan tulisan saya akan menjadi sebuah buku.

Ketika memegang buku saya, membaca ulang, ada banyak sekali rasa syukur yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata.

Jadi, kalau kamu mau merasakan perasaan bangga, bahagia dan syukur seperti yang saya rasakan, menulislah.

Bisa diceritain nggak, kak, kenapa kak Jee, memilih genre romance dalam setiap karya kakak? Tertarik untuk mengambil genre lain, kak, mungkin?

Hahaha. Gimana, ya? Mungkin karena menurut saya, romance adalah genre yang paling universal. Karena di sekitar kita selalu ada cinta. Kita hidup dengan cerita-cerita yang tidak lepas dari perasaan cinta. Sejak kecil ada cinta yang dimulai dari keluarga. Kemudian sahabat dan pasangan. Entah itu cinta dengan rasa bahagia atau luka. Setiap orang memiliki cerita cintanya masing-masing yang tentu saja dengan arti yang sangat besar.

Untuk ketertarikan mencoba genre lain sudah pasti ada. Genre fantasi. Menurut saya, orang-orang yang menulis novel bergenre fantasi itu sangat luar biasa. Mereka benar-benar menciptakan sebuah dunia di mana itu berasal dari seluruh pikiran mereka. Keren!

Adakah cerita di balik penulisan semua karya kak Jee tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, kak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, kak?

Cerita di balik penulisan karya saya selama ini seringnya terinspirasi dari lagu, hal-hal di sekitar, pengalaman pribadi dan curhatan teman. Hahaha. Jadi, kalau kamu punya teman seorang penulis, coba periksa. Barang kali curhatanmu dijadikan sebuah novel!
Untuk tantangan selama ini pasti berkutat dengan hal-hal yang bikin stuck di suatu part. Dan tiba-tiba aja ngehang, tidak bisa melanjutkan tulisan. Kalau sudah seperti ini, biasanya saya diamkan dulu. Saya mencari hal-hal di sekitar yang bisa mengembalikan mood dan nuansa dalam tulisan yang sedang saya tulis.
 Kak Jee, apakah setiap kali kak Jee menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berapa lama, kak?

Pasti. Research is a must.
Karena dengan riset, saya bisa membangun suasana latar, tokoh, bahkan detail-detail kecil dalam tulisan.
Untuk waktu yang diperlukan tergantung konten tulisan yang sedang dikerjakan tentunya.

Ada rencana nggak, kak Jee, setelah Love Cake,  akan ada karya terbaru kak Jee yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan kak Jee?

Seperti yang sudah saya bilang di atas, saya ingin terus menulis dan harus terus menulis. Jadi rencana sudah pasti ada. Ditunggu dan doakan semoga bisa lancar penulisannya ya, hehehe.

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya kak Jee, bisa diceritain sedikit kakak, mengenai karya-karya kak secara singkat?

Untuk yang belum tahu karya saya, saya ingin kalian membayangkan sebuah buku dengan tokoh-tokoh yang seolah mereka benar-benar ada. Hidup di dunia yang sama dengan kita di suatu tempat. Mereka memiliki cerita sama seperti kamu. Dengan rasa penuh kebahagiaan, kepedihan, penantian, penyesalan dan seluruh rasa yang bisa kamu rasakan dengan hati. Melalui saya--mereka ingin membagaikan ceritanya kepada kamu. Dan berharap, cerita-cerita itu bisa membuat kamu memahami sesuatu. Menemani di suatu waktu. Atau bahkan, sekedar menghibur kamu.

Menurut kak Jee sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, kak, dalam karir kepenulisan kak Jee saat ini?

Jelas penting sekali.
Misalnya, membantu saya mempromosikan buku seperti sekarang ini. Hihihi

Yang terakhir ya, kak Jee. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel kak Jee? Dan juga untuk para blogger buku, kak?

Pesan untuk para pembaca setia hanya tetap membaca. Membaca apa pun. Karena tidak ada membaca yang tidak berguna untuk kehidupan. Dan mohon support saya dengan menunggu karya saya selanjutnya. Saya sangat berterima kasih.

Kemudian untuk blogger buku, terima kasih banyak sudah mengadakan event seperti ini yang sangat membantu para pencinta dunia buku.

 ***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng kak Jee? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang kak Jee cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  

Makasih banyak, kak Jee, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, kak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

Untuk karya dari Jee yang sudah terbit adalah :

18114422 18131796 21802516 29200145 22296493 26112910  32939095
  
Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Jee. Sudah punya karya Jee di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Jee tersebut. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Jee :

Jee adalah penyuka kucing, kopi, aroma buku, dan panda. Menjadi salah seorang dari miliaran pecinta hujan dan lagu-lagu sendu. Jee bisa disapa melalui Twitternya @zichajee.

37 comments:

  1. Ah, jadi kangen Jee. Lama enggak kontak2an sama dia.

    ReplyDelete
  2. Hallo, Kak Jee.Woah ngerasa kuddet banget, nih. Udah buku ke 6 padahal ya? Keren, Kak. Aku kapan, ya? Satu pun nggak rampung-rampung. Hiks.
    Kalo boleh tanya nih Kak. Untuk satu novel biasanya rampung berapa lama? Ada motivasi nggak buat aku misalnya. hehe. supaya bisa jadi novelis kayak Kak Jee ini. :-)

    ReplyDelete
  3. Banyak ya karyanya Kak Jee. Baru punya beberapa aja. Semoga selanjutnya mau berbagi tips menulis di facebook atau twitter juga ya, Kak. Menginspirasi. :)

    ReplyDelete
  4. Makasih banget Kak princess udah posting ini. Aku selalu suka baca tulisan yang isinya kayak sharing session gini, biar nambah semangat. Dari dulu pengen jadi penulis, tapi ya gitu. Sering mentok di bayangan doang, pas mau ngetik suka bingung, ujungnya males. Novel-novel Kak Jee juga udah aku masukin wishlist, apalagi "Si Ungu". Ughhh.. Mau banget. Semoga bisa baca semua bukunya. Aamiin.
    Buat Kak Princess, aku mau jadi blogger kayak Kakak.. Semoga konsisten dan gak banyak mager.. :)))

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mbak Jee. Aku belum pernah baca bukunya mbak jee. Tapi, whistlist-ku ada The Girl Who Waits in the Bridge dan Love Cake.๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  6. Waaaah makasih kak Asri udah buat sharing bareng kak Jee. Menginspirasi banget buat aku yang masih pemula dalam dunia kepenulisan ini.
    sering-sering yaa kak asri buat kayak gini.
    Dan salam kenal buat kak Jee, semoga karya-karyanya selalu menginspirasi dan Banyak yg suka. Amiin๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  7. Sampul nya menarik, apalagi ceritanya pasti menarik. Soalnya aku paling suka dengan genre romance.

    ReplyDelete
  8. Wah, aku baru sadar kalau aku punya novel kak Jee yang Pain(t). Selama ini selalu tersimpan di rak buku dan belum punya waktu luang untuk baca๐Ÿ˜… Omong-omong, salam kenal buat kak Jee, sukses terus untuk karya-karya berikutnya๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  9. Wih salam kenal Kak Jee! ๐Ÿ˜
    Sepertinya aku familiar dengan karya Kak Jee... Ah, iya. Yang "Because It's You" aku pernah lihat salahsatu temenku bawa buku itu. Dan covernya ucul sekalii :33
    Sukses terus buat Kak Jee dan para blogger!

    ReplyDelete
  10. Jujur akau Baru kenal sama karnyanya kak jee...tapi kalau dilihat dari semua karya yang sudah ditoreh pasti tiap ceritanya menarik,karna dilihat dari judul dan covernya aja udah menarik.
    Ah iyaa...aku juga sedang berusaha memenangi beberapa lomba menulis cerpen, salah satunya biar seperti kak jee, bisa lebih percaya diri menggali potensi menjadi penulis sungguhan yang berbakat. Aaamiinn

    ReplyDelete
  11. Sepertinya aku sebagai pembaca susah mengikuti pesannya. Sampai sekarang masih stuck di novel roman :D
    btw, aku jatuh cinta sama cover Love Cake. Purple is my fave color ;)

    ReplyDelete
  12. Wah memang ya yang namanya inspirasi itu datangnya bisa dari mana saja, bahkan lingkungan sekitarpun bisa dijadikan inspirasi dalam menulis. Salam kenal yaa kak jee semoga sukses terus dan bisa menginspirasi banyak orang^^

    ReplyDelete
  13. semoga aku menang giveaway novel ka jee

    ReplyDelete
  14. Hallo Kak Jee. Bulan Nopember lalu aku beli novelmu yang The Girl Who Waits In The Bridge. Sumpah konfliknya dapet banget, sedihnya juga. jadi ikutan mewek hahahaha cinta antara Dong Hwa, Nara, dan Myung Seo.

    ReplyDelete
  15. wah,sudah banyak novel karya kak jee,mudah-mudahan aku bisa menulis suatu hari nanti,sekarang sich jadi pembaca aja dulu..hehehe

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen banget baca semua karangan Kak Jee. Dan penasaran banget sama buku "A Broken Marriage". Sama mau tanya, Kak Jee biasanya kalau riset langsung berinteraksi langsung sama orang yang sudah pernah mengalami atau lewat internet?

    Semangat terus untuk karya selanjutnya, Kak Jee!!

    ReplyDelete
  17. Pengen deh bisa mulai belajar untuk menulis sebuah novel dan bisa seperti kak Jee. Bercerita, kemudian menghasilkan sebuah novel karena inspirasi yang didapat dari sekitar kita. Idenya datang dari mana saja, hanya saja butuh kegigihan, kesabaran juga konsentrasi maksimal untuk menyelesaikan sebuah naskah. Ngiri deh, mudah-mudahan bisa menyusul seperti ka Jee yang udah menerbitkan karya-karya yang bagus dan menarik :) :)

    ReplyDelete
  18. Haha.. cinta itu universal. Kisah klise yang selalu hits sepanjang jaman.
    Itu juga kenapa aku suka cerita romance sama horror, enggak perlu takut hal ini itu. Cerita yang bisa dinikmati semua 'kalangan'.
    Ah, senengnya yang bisa lolos divapress. Dari dulu ikut lomba belum pernah lolos. Semoga bisa cepet ngikutin jejak kak dylunaly. Amin.

    ReplyDelete
  19. ternyata ngehang waktu nulis pun dialami oleh kak jee. Normal berarti ya? makasih banget, jadi terinspirasi dan termotivasi nih. :D tapi.......jadi pengen bukunya kaaan? gimana dong? nambah-nambahing list "buku yang harus dibeli" punyaku yang panjangnya udah sepanjang jalan kenangan *eh :'D

    ReplyDelete
  20. Pengen nanya kak Jee kaver novel-novel mbak terinspirasi dari mana? Saya seneng banget liat kavernya keren banget.

    ReplyDelete
  21. Liat sampul bukunya Kak Jee, suka banget, terutama yang Pain(t), liat judulnya.. sepertinya buku-bukunya bagus nih baperable.. hihi.. dan setelah baca bincang-bincangnya... aah.. ternyata betul buku-bukunya tentang cinta ya kak.. duh. jadi pengen bacaaaaa.. kudet sekali diriku belum tau novel-novel ini..

    ReplyDelete
  22. Wah kak Jee, aku juga ngerasa kalo orang irang yang menulis novel fantasy itu keren banget:) dunia yang mereka buat dengan imajinasi mereka benar benar bisa tersampaikan melalui sebuah buku. Kak Jee semangat terus nulisnya ya..

    ReplyDelete
  23. ka jee mau nanya dong, kakak nulis novel ini pas dikasih penerbit langsung diterima atau engga?

    ReplyDelete
  24. Aku juga sempat kepikiran untuk menjadikan lagu sebagai ide cerita, Kak Incess. Tapi ya ituu .. tetep ya masalah klasik kalo nulis ..... ngadat di tengah jalan. Hohoo. Jadi semakin pengen nulis gegara ‘racun’ dari Kak Jee nih. Kira-kira gimana ya rasa senengnya pas buku kita diterbitin. Hummmm

    ReplyDelete
  25. Kak jeee, aku selalu nunggu karya karyamu selanjutnyaaa. Sukses terus yaww

    ReplyDelete
  26. Abis baca ini jadi ke pacu buat bikin cerita hehe. Siapa tahu nanti bisa seperti kak jee hehe amin

    ReplyDelete
  27. Cover ungu-nya unyu-unyu banget. Serius. hehe. (btw ungu masuk list warna favoritku sih). Ngomong-ngomong soal novel kak Jee, sebelumnya aku memang belum pernah baca buku kakak. Yummlit satu ini sepertinya bisa aku jadikan pembukaan yg baik. berharapnya sih begitu, semoga saja..

    ReplyDelete
  28. Suka banget sama seri yummylit dari bentang pustaka. Ceritanya ringan tapi asyik buat dibaca apalagi kalo ditemenin sama makanan sesuai judulnya mantap.
    Sekarang perlu dipikirkankan nih pernyataan ka Zi untuk meriksa cerita, siapa tau ternyata curhatan kita dibikin novel.
    Pasti ditunggu ka Zi karya selanjutnya.

    ReplyDelete
  29. Salam kenal kak Jee. Semoga aku bisa kayak kakak ๐Ÿ˜Š
    Wah, cover Pain(t) nya lucu banget, kapan yg itu jadi hadiah giveaway? *eh. ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  30. wah.. baru ngeh kalo My Handsome Devil, kak Jee turut berperan..
    semangat terus kak buat projek selanjutnyaa, apalagi mau mencoba genre fantasy ya? di tunggu karyamu yg yummy:D

    ReplyDelete
  31. "Karena di sekitar kita selalu ada cinta."

    Duhh.. Bisa dijadiin qoute nih hihi ^^

    ReplyDelete
  32. Huhu, kudet amat saya :3 belum pernah memeluk satupun bukunya. Btw, kak asriiiiiii tengkiuw postingannya. Aku selalu tergiur sma Yummylit series, itu covernya malah pengin kugigit

    ReplyDelete
  33. Wah..kak Jee keren banget, buku-bukunya kak Jee keren-keren dan menarik. Semoga aku bisa baca buku kak Jee. Apalagi yang Love Cake aku suka banget. Baca ini aku jadi ingin nulis juga deh. Makasih kak. :)

    ReplyDelete
  34. Wah..kak Jee keren banget, buku-bukunya kak Jee keren-keren dan menarik. Semoga aku bisa baca buku kak Jee. Apalagi yang Love Cake aku suka banget. Baca ini aku jadi ingin nulis juga deh. Makasih kak. :)

    ReplyDelete
  35. Trimakasih kak incess uda ngobrol bareng kak jee.
    Baru tahu kalau karya kak jee uda banyak...wahh.pengen baca yg judulnya Pain(t) unik banget covernya :D
    Ditunggu ya kak, karya-karyamu selanjutnya :)

    ReplyDelete
  36. Kak Jee punya blog personal?

    ReplyDelete
  37. Waah banyak juga ya novelnya kak Jee

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...