Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

10 January 2017

Sebening Syahadat - Diva SR | Fun Giveaway



33824954Judul : Sebening Syahadat
Penulis : Diva SR
Penerbit : Best Media
ISBN : 9786026940346

And the blurb..

Sam, seorang lelaki remaja yang banyak diidami kaum Hawa, dengan kehidupan kelamnya. Kemudian semua itu berubah seratus delapan puluh derajat setelah ia bertemu dengan perempuan berkerudung panjang dari seberang sekolahnya. Dengan segala ketangguhan tekadnya, ia berusaha untuk mendapatkan hati perempuan itu. Tetapi ketika perbedaan terlalu sulit mereka terjang, akankah perbedaan dapat menyatukan mereka?
  
Here we go..

Aku yakin semua orang itu dasarnya baik, kadang kondisi dan lingkungan yang maksa mereka buat keluar dari lingkaran kebaikan

Sebening Syahadat, menceritakan kisah tentang seorang cowok bernama Sam. Sam yang baru saja kembali dari Amerika, akhirnya menjejakkan kakinya di kota Bandung. Karena permintaan ayahnya. Di sekolahnya yang baru, dia kembai bertemu dengan Andro, sahabat kecilnya. Disitu juga dia berteman dengan Deo, Febri, Dafa. Mereka juga berteman dengan Ali, yang notabenenya adalah murid SMA lain. Pertemuan mereka terjadi di arena balap liar. Walaupun Ali terlihat seperti anak nakal, namun, dia sangat religius. Dan itulah pertama kalinya Sam melihat seorang muslim melaksanakan ibadah sholat tahajud.

Di hari berikutnya, tanpa Sam tahu tentang takdir hidupnya yang sedang bekerja. Dia bertemu dengan Haba. Gadis muslimah dari SMA seberang. Haba yang dingin, membuat Sam penasaran. Berawal dari pertolongan Sam kepada Haba, akhirnya Sam berhasil mengetahui nama gadis muslimah tersebut. Dari situlah kedekatan mereka bermula. Dengan ikrar menjadi teman surga, Haba dan Sam berteman baik. Hingga pertemanan tersebut ternodai oleh sikap Haba yang memang kurang menyenangkan. Sandy, gadis satu sekolah dengan Sam, mulai melancarkan serangannya. Haba yang mengetahui hal tersebut dan Sam yang dipenuhi amarah, akhirnya membuat Sam mengiyakan permintaan Haba untuk bersama Sandy.

Cinta kan cuma butuh perasaan, Ndro. Lagian, nama nggak bikin perasaan gua ke dia ilang kok

Hubungan itu tak lama, karena lagi dan lagi garis takdir bekerja untuk mereka berdua. Lewat Sindy sang Mama, Sam bertemu kembali dengan Haba. Semakin kagum Sam oleh Haba yang benar-benar menjaga dirinya. Mengajarinya kebaikan disaat dia sendiri tak tahu arah. Sam mulai bertekad untuk mencari jati dirinya. Pertemuannya dengan guru agama Islam di sekolahnya, membawa Sam pada petualangan pencarian jati dirinya. Masa lalu sang Mama yang hadir kembali dalam kehidupan Sam dan keluarganya, membuat kenangan lama teringat kembali dalam benak Sindy.

Akankah pencarian jati diri Sam berhasil? Lalu bagaimana hubungannya dengan Haba?

Semua yang datang ke hidup kamu itu ada alasannya

Membaca cerita ini benar-benar berhasil membuatku menangis. Dan nggak tanggung-tanggung aku menangis di reservasi tiket kereta api. Cerita yang benar-benar menyentuh hati. Merinding banget dibuatnya. Nggak nyangka penulisnya begitu pandai merangkai kalimat demi kalimat.

Saat menceritakan pencarian jati diri Sam, kemudian pertengkaran Sam dengan Haba, perkelahiannya dengan sahabatnya sendiri, Deo. Kemudian tentang keluarga Sam dan Haba. Tentang agama masing-masing. Diceritakan dengan tanpa maksud menggurui. Selain belajar mengenai agama Islam itu sendiri, aku juga belajar banyak hal disini. Ketekadan Sam akan jati dirinya, penjagaan diri Haba benar-benar membuatku kagum. Indah banget, seolah-olah aku ada disana langsung menyaksikan kisah mereka berdua. Terlebih saat Sam meminta ijin kepada ayahnya akan jati dirinya yang baru, membuatku rasanya pingin jedotin kepala Sam ke bantal. Itu si Ayah jangan disakiti dong, Sam. Ngomongnya bisik-bisik aja, bikin shock, you know?

Saat kita merasa sulit untuk melepaskan seseorang, saat itulah saat yang tepat untuk benar-benar melepaskannya, Sam

Sosok Haba sendiri kurang lebih hampir sama dengan aku. Pemalu, nggak mau dicolek-colek. Berusaha menjaga dirinya sendiri dari lawan jenis. Setidaknya, kelembutan Haba membimbing Sam benar-benar warbiyasak.

Dari Sam aku belajar untuk bisa menjadi dirinya sendiri, menahan emosi, bertekad kuat. Berusaha membela kebaikan walaupun dengan cara yang kurang tepat. Belajar ikhlas melepaskan sesuatu yang diyakininya didatangkan Allah untuk tujuan lain.

Terlepas dari alur yang agak cepat di depan, namun, aku menikmati banget membaca novel ini. Agak sedikit mengganggu dengan beberapa surat yang langsung diterangkan nama suratnya disitu. Mungkin bisa dibuat seperti saat penulisan bahasa asing di novel tersebut, yang menggunakan nomer, dan dibuat footnotenya. Akan lebih enak membacanya. Tapi, secara keseluruhan cerita di novel ini benar-benar menggugah hatiku.

Waktu kita jatuh cita, saat itu juga Tuhan lagi menguji seberapa besar cinta kita kepada Tuhan. Bagaimana manusia memilih, memilih ciptaan-Nya atau penciptanya

Mungkin karena aku besar di dalam keluarga yang berbeda agama, antara keluarga satu dengan yang lainnya. Dan aku bangga akan hal ini. Kenapa? Karena dari keluargalah aku belajar untuk bertoleransi kepada umat beragama lainnya. Belajar untuk memahami perbedaan. Belajar untuk berpikiran terbuka tentang agama lain. Perbedaan itu indah bukan?

Aku beneran baper, sedih banget saat tahu kenyataan tentang sikap Haba, Sam dan janji Sam kepada Ayah Haba. Kemudian sikap Sandy saat memutuskan hubungan dengan Sam. Pengakuan Sam kepada Ayahnya. Kerelaan Sam kepada Ali. Bikin pingin nangis sambil makan sate. Hiks.. Ada tissue? Makanan, mungkin? Dan membaca novel ini bikin pengetahuan agamaku makin banyak. Membuat aku semakin mencintai agamaku dan tentunya semakin mencintai perbedaan itu sendiri.

Novel religi romance ini benar-benar membuatku jatuh cinta, gemes-gemes menggigit. Apalagi covernya yang simpel, bikin penasaran sebenarnya gadis berhijab di cover tersebut siapa. Jangan-jangan itu aku yaa. Dan ini pertama kalinya aku membaca novel karya Diva dan terbitan dari Penerbit Best Media. Suka dengan cara penulisan Diva yang membuatku senyum-senyum sendiri dan baper akut. Ahay!

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Sam - Haba serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua tokohnya bener-bener dapat banget chemistrynya. Bikin gemes sendiri.

Tokoh favoritku disini adalah Sam. Bagaimana Sam bisa melewati berbagai halangan dalam pencarian jati dirinya. Berusaha tetap menjadi dirinya sendiri, berusaha untuk mengungkapkan kebenaran walaupun itu menyakitkan, dan banyak hal.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai kisah cintanya juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu religinya yang tak menggurui, pas banget, kemudian kisah persahabatan, hubungan keluarga, cerita masa lalu, kegalauan hati, dan kejujuran. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan tissue, guling dan bantal yaa. Karena kalau kamu gemes, bisa tu guling dan bantal digigit-gigit manja gitu.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa. Good luck for you, Diva. Dan jangan lupa juga buat kamu yang ingin membaca novel ini, bisa didapatkan di toko buku terdekat yaa. Jangan sampai kamu kehabisan yaa.


Ketika kamu sangat-sangat menyukai seorang wanita. Ketika ada seseorang yang mengasihinya dan mencintainya, maka kamu akan benar-benar dari hati yang paling dalam mendoakan dia agar bahagia selamanya

 
=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel Sebening Syahadat karya Diva dari Penerbit Best Media? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @melvanamedia, Follow akun IG @dvaa1, akun IG @melvanamedia akun twitter @dvaaa1 dan akun twitter  @princessashr, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita bertiga dan jangan lupa sertakan hashtag #SebeningSyahadat
3. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
4. Tinggalkan komentar di Januari bersama Diva
4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, akun goodreads (jika punya) dan jawabanmu yaa..

Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 10 – 14 Januari 2017 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

32 comments:

  1. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/818635661578096640

    Bersikap dewasa, serta selalu rendah hati dan sadar bahwa selaku makhluk hidup saya tidak bisa hidup sendiri. Saya harus bisa menerima setiap perbedaan yang terjadi didalam kehidupan, selalu bersyukur karena melalui perbedaan-perbedaan itulah saya bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.
    Saya juga harus selalu menerapkan dalam diri bahwa toleransi itu penting, perbedaan itu adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  2. Nama:Rini Aprianti
    Akun twitter:@Rnaprti17
    Link share:https://twitter.com/Rnaprti17/status/818717326144991232
    Domisili:Jambi


    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?
    ๐Ÿ‘‰Tergantung sih,apa perbedaannya.Jika perbedaan tentang pendapat,sifat,maka aku akan bersikap dewasa.Kalau perbedaan tentang masalah agama sih tergantung juga,kalau masalah pertemanan pasti aku berteman sama yang beda agama karena berteman itu tidak melihat dari segi agama.Dan kalau pacar perbedaan agama itu saya pikirkan mateng2 dulu dengan cara sholat istikharah agar saya dapat petunjuk.Ya,sebenarnya pacaran beda agama itu susah tapi ya gimana lagi kita gak tau mau jatuh cinta sama siapa aja dan kalau kita berjodoh dengan yang beda agama,kita gak bisa apa-apa karena itu sudah takdir.

    Wish me luck๐Ÿ˜‡๐Ÿ™

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Nama: Desta Ratih
    Twitter: @dedestata
    Domisili: Bekasi
    Link Share: https://twitter.com/dedestata/status/818759990026473472

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

    1. Toleransi, agar kita tidak merasa paling benar. Dan juga tergantung situasi dan kondisi yg ada. Dengan toleransi kita dapat menjalani kehidupan agar perbedaan menjadikan kita lebih dekat dan mawas diri.
    2. Bisa saling bekerja sama dan mengasihi satu sama lain meski paham keyakinan agama tidak sama.
    3. Bersosialisasi, setiap manusia harus menyadari bahwa kita tidak bisa hidup sendirian. Dengan bersosialisasi kita menyadari bahwa perbedaan adalah suatu hal yang perlu disyukuri, karena melalui perbedaan-perbedaan itu kita bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

    ReplyDelete
  5. Twitter: @iinnayatul
    Domisili: Pati, Jawa Tengah Indonesia
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Iinnayatul

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

    Menyikapi suatu perbedaan dalam hidup adalah dengan cara menerimanya dan menghargainya. Bagaimana tidak, kodratnya manusia diciptakan dengan banyak perbedaan. Terutama sifat, penampilan, status. Allah menciptakan kita berbeda adalah supaya saling menghargai satu sama lain. Karena perbedaan adalah suatu rahmat maka kita sebagai manusia harus berusaha sebaik mungkin menerimanya supaya hidup didunia dengan damai.
    Karena perbedaan itu indah, kita tak dapat menyelisihkannya dan menyalahkannya yang akan menjadi fatal jia kita melakukan hal tersebut. Contohnya saja para ulama yang berbeda pendapat akan hukum fiqih islam, tetapi apa yang terjadi? Mereka tidak menyalahkan satu sama lain dan mengangkap dirinya paling benar, karena hal tersebut tidalklah berguna. Dan mereka berpegangan dengan islam rahmatal lil alamin.
    Menghargai setiap perbedaan perlu kita junjung tinggi agar memperoleh kehidupan yang selaras. Seperti krayon yang berwarna warni akan menghasilkan warna yang indah membentuk pelangi:) itulah hakikat perbedaan yang indah
    Hendaklah juga bersikap jangan menganggap kita paling benar dan jangan menganggap bahwa perbedaan itu bencana terapi perbedaan itu sebuah keistimewaan. Lihat saja Indonesia. Negara kita memang beragam suku, agama, budaya tetapi dengan adanya perbedaan akan membuat negeri kita kaya akan budaya.
    Kita seharusnya bersyukur dengan adanya perbedaan, banyak hal positif yang berada disana.

    Jadi hargailah setiap perbedaan

    ReplyDelete
  6. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Link Share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/818814040310808576
    Domisili: Banda Aceh

    Q: Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?
    A: Pasti ada banyak sekali perbedaan dalam kehidupan. Dari mulai beda pendapat, beda pemahaman, dan berbeda pandangan dalam menyikapi suatu hal. Terkadang, aku malah hanya memendam pendapatku di dalam hati dan tidak mengungkapkannya. Kenapa? Karena sudut pandang yang aku miliki terlalu bersebrangan dengan mayoritas orang disekelilingku. Jadi daripada memicu keributan, aku hanya memendamnya. Tapi menjadi masalah jika pendapatku itu dimintai, aku harus mengarang jawaban yang sebisa mungkin selaras dengan pandangan mayoritas orang. Baru kemudian aku sadar bagaimana pentingnya kebebasan pers, karena pendapat yg ditahan itu membikin sesak pikiran dan perasaan

    ReplyDelete
  7. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/818822362967617537
    Domisili :Lampung Tengah
    Goodreads :Dini Putri

    Tuhan pada dasarnya menciptakan perbedaan pola pikir pada manusia. Itu semua agar manusia berpikir dengan menggunakan akal sehatnya.
    Cara menyikapi perbedaan bagiku adalah dengan tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum tertentu yang ingin memecah belah persaudaraan, entah itu antar teman ataupun antar-umat.
    Perbedaan ada agar kita saling bersosialisasi yaitu dengan cara bermusyawarah dengan tujuan mencapai mufakat. Jangan sampai ada yang merasa tersudut ataupun tidak didengar pendapatnya.
    Adapun yang bisa aku lakukan adalah saling membantu dalam kebaikan tanpa melihat SARA orang yang kita tolong. Saling menghormati. Bukan berarti ikut serta didalamnya.
    Yang pasti harus menerapkan sikap toleransi. Supaya hidup ini tetap aman dan damai dalam berteman, bertetangga, bersaudara dan bernegara.

    ReplyDelete
  8. Nama: Ainun Marhamah
    Twitter: @ainunmarhamah
    Link: https://twitter.com/ainunmarhamah/status/818828663386800131
    Kota: Palembang

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

    Aku yakin kita semua pas kecil pernah belajar pendidikan kewarganegaraan tentang saling menghormati meskipun berbeda agama, suku, ras dll. Yang pasti saling menghormati, itu yang paling penting. Mau dia kristen, buddha atau apapun, ya saling menghormati dong. Mau dia putih, hitam, kita sama-sama manusia kan? Tetap saling menghargai, toleransi, dan jangan saling ganggu. Lagipula, kalo di hidup ini gaada perbedaan ga seru dong? If you played with fire, youre gonna get burned. Ya intinya sih aku gamau menyinggung orang yang berbeda sama aku, hidup ini bakal damai banget kalo kita semua saling menghormati. Itu aja jawabanku ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  9. Nama: Alfath
    Twitter: @alfari_12
    Link: https://twitter.com/alfari_12/status/818852095864385536
    domisili: sidoarjo

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?
    Untuk menyikapi perbedaan di dalam kehidupan, saya perlu mengamalkan "solusi".
    Perbedaan rentan menimbulkan masalah, dengan demikian saya perlu berpikir "solusi" apa yang perlu diterapkan agar tidak terjadi gesekan/masalah. Misal, antara saya dengan saudara kandung dan kerabat, tidak jarang mengalami perbedaan pendapat mengenai sesuatu. Tentu saja ini akan memunculkan masalah bila tidak segera dirundingkan, entah itu sekedar sakit hati.. atau bahkan keengganag bertegur sapa satu sama lain. Maka musyawarah demi mencapai mufakat lah yang menjadi solusi perbedaan pendapat.

    Hal lain bisa terjadi pada perbedaan paham antar pemeluk ajaran Islam, maka solusi agar tidak terjadi gesekan/timbul masalah adalah saling menghargai paham masing-masing, selama tidak keluar dari 'koridor' Islam. Bila keluar, maka sudah kewajiban antar muslim untuk saling menasihati (karena ini perintah, bukan sekedar mendiamkan atas nama toleransi), dan bila mereka menolak nasihat..kita dapat turut mendoakan mereka.

    Terakhir, perbedaan keyakinan dengan pemeluk agama lain. Untuk mengatasi perbedaan keyakinan agar tidak terjadi masalah antar pemeluk, solusi nya hanya satu: menghargai tanpa melibatkan diri dalam keyakinan mereka. "Bagiku agamaku dan bagimu agamamu" :)

    ReplyDelete
  10. Puji Nur Aini
    @pujina__
    Banjarnegara
    https://twitter.com/Pujina__/status/818784907283419136

    Menyikapi perbedaan. Dengan cara memahami perbedaan itu sendiri, perbedaan yang beragam justru mengejarkan kita banyak hal. Menghargai tentu menjadi hal utamaku menyikapi sebuah perbedaan, walaupun tentu saja kadang merasa aku yang paling bener wkwk. Perbedaan itu indah, melalui perbedaan kita bisa melihat sesuatu yang belum kita tahu, sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, perbedaan tidak menjadi alasan untuk perpecahan, begitu menurutku. Kalo perbedaan agama, menurutku itu hal yang sensitif (Ih, inget Pak Ahok wkwk) menurutku hati-hati dalam berucap juga penting, kalau perbedaan dalam hubungan seperti Sam dan Haba, aku menyikapinya dengan bersikap dewasa dan berpikir positif, kalau Tuhan mau mempersatukan, tidak ada yang tidak mungkin kan? hehe. Seperti indonesia pula, berbeda-beda tetap satu. Eyaa.

    Semoga menang:)

    ReplyDelete
  11. Nama :fatma
    Twitter : @fatma9526
    domisili : Makassar
    Link share : https://twitter.com/Fatma9526/status/818784100702044160


    Kalau saya pribadi, cara menyikapi perbedaan itu dengan natural saja. Maksudnya harus dihadapi seideal mungkin tanpa menyalahkan atau menyusahkan salah satu pihak. Perbedaan itu dijalani dengan bersikap apa adanya tanpa memaksakan orang lain harus menjadi seperti yang kita jalani begitu juga sebaliknya. Menurut saya, perbadaan yang dipaksakan untuk berubah menjadi sama dengan yang diingini itu akan berujung tidak baik. Biarkan berjalan begitu saja agar tidak ada pihak yang dirugikan atau lebih untung nantinya. Harus balance seperti seharusnya.

    ReplyDelete
  12. Nama : Ervan Setiawan
    Twitter : @saidrha
    Domisili : Bogor, Jawa Barat
    Link : https://mobile.twitter.com/Saidrha/status/819002503496728576?p=v

    Jawaban :

    Different is beautiful !!

    Bukan hanya sikap tapi pola pikir kita yg tak membenci perbedaan yg membuat kebanyakan orang jatuh terhadap lubang kebencian,
    Cara menyikapinya ada beberapa hal yg harus kita ketahui dan di perhatikan :

    1. Kita mesti memilki hati sebening Mata air yg jernih,
    Maksudnya Dalam hati kita tidak boleh ada rasa noda benci yg mendalam menyebabkan kita menutup diri dari perbedaan tersebut !

    2. Dalam otak kita terdapat syaraf yg menghubungkan Rasa nyaman, Rasa sedih, gelisah, takut, bahkan benci,
    Terutama dari kita kecil jika otak kita di asupi hal yg sudah di benci karena emng perbedaan terutama dari lingkungan
    Maka kita butuh pencerahan dalam arti pengetahuan dalam hubungan sosial , dan butuh informasi yg cukup kuat untuk mengubah pola pikir yg sudah lama dalam pikiran kita.

    3. Kebiasaan !! karena perbedaan terlalu di besarkan jadi kita sudah biasa meremehkan perbedaan yg seharusnya menjadi pemersatu kita bukan hanya untuk kepentingan sendiri tapi kebaikan itu sendiri,
    Kita bisa mengubahnya minimal mencoba.

    ReplyDelete
  13. Nama: A'imatul Latifah
    Akun twitter: @Aim_La27
    Domisili: Tuban
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/819014433330626560?p=v

    Kita sama-sama tahu bahwa pada dasarnya manusia diciptakan dengan sifat, fisik, dan karakter yang berbeda-beda. Tidak akan sama dan tidak selalu bisa dirubah kemudian disamakan. Lalu, menghadapi perbedaan? Manusia itu makhluk sosial kan?! Butuh berbagi, gak bisa hidup sendiri dan selalu butuh orang lain. Nah, disini kita harus menjunjung tinggi TOLERANSI. Lebih sadar bahwa pada hakikatnya manusia memang diciptakan untuk saling melengkapi. Kita punya barang ini. Orang lain belum tentu punya. Begitupun sebaliknya.
    Pun dengan karakter atau sifat yang berbeda. Butuh MENGERTI DAN BANYAK TOLERANSI. Kalau orang lain bersikap agak aneh, sadari bahwa kita juga punya sikap aneh yang pernah kita lakukan dan dipahami oleh dirinya. Kalau orang lain butuh bantuan, sadari bahwa mereka juga pernah menolong diri kita walaupun tidak kita rasakan. Toh, hidup itu soal berbagi bukan?! So, toleransi dan menghargai perbedaan itu indah.

    ReplyDelete
  14. Nama : Hazhwa
    Domisili : Madiun
    Akun Twitter/IG : @jingga962/@haz.139
    Link : https://twitter.com/jingga962/status/819043746918502400

    Menyikapi perbedaan itu menurut aku adalah dengan cara ikut berbaur dan ikut lebur menjadi satu dengan perbedaan itu sendiri. Karena sekali lagi menurut aku, perbedaan itu adalah warna, yang gak bisa untuk selalu kita hindari namun jika kita mampu menyatukannya akan menjadi sesuatu yang Indah. Hidup terasa lebih menantang dan terasa spesial dengan perbedaan itu. Perbedaan itu bukan untuk memecahkan, tapi sebuah tantangan untuk aku buat menaklukkannya. Dan dengan mempercayai itu semua, aku yakin perbedaan bukan sesuatu yang menakutkan saat kita menghadapinya. Bismillah, wish me luck.

    *nb: udah k'follow blum sih kak, gk paham main blog *sedih

    ReplyDelete
  15. Nama : Aenun Nasyifa Z.A.
    twitter : @AenunNasyifaZA
    domisili : Tegal,Jateng
    Link Share :https://twitter.com/AenunNasyifaZA/status/819146394011217920

    menyikapi perbedaan dengan memandang kedalam diri kita masing-masing, kita juga masih jauh dari kata sempurna tidak sepantasnya mencela perbedaan karena Allah pun menjadikan manusia berbeda-beda tidak lain adalah agar kita saling mengenal.

    ReplyDelete
  16. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: Surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/819283414016618496

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

    Kalau perbedaan itu ada pada diriku maka aku akan bersyukur. Kalau perbedaan itu ada pada diri orang lain maka aku akan menghargainya. Sebab, menurutku Tuhan menyiptakan perbedaan untuk memberikan keindahan, seperti pelangi atau taman bunga. Sesuatu yang berbeda itu baik. Jadi aku menyikapinya dengan bersyukur kalau walaupun aku berbeda dan aku menghargai adanya perbedaan. Kita semua unik dengan cara kita masing-masing.

    ReplyDelete
  17. Nama : Riza Putri Cahyani
    Akun twitter : @Zhaa_Riza23
    Domisili : Bogor
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/819339298180763649

    Jawaban
    Hidup di lingkungan asrama bersama teman-teman yang berasal dari latar belakang suku, agama, dan budaya yang berbeda-beda telah mengaajarkan aku bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang patut dipermasalahkan. Perbedaan itu justru hadir sebagai pelengkap kehidupan. Orang yang berbeda pasti mempunyai pemikiran yang berbeda dan disitulah letak tantangannya bagaimana kita harus menyikapinya. Aku berusaha memahami teman sekamar yang berbeda suku dan agama denganku. Kami saling membantu dan saling mengingatkan kewajiban agama kami masing-masing. Sudah selayaknya kita saling menghormati terutama dalam menjalankan perintah agama. Kalau ada hal yang memicu pertengkaran coba bicarakan baik-baik dan berikan sudut pandang masing-masing dengan bijaksana. Jangan sekali-kali menganggap kalau kamu lebih baik dari orang lain karena diatas langit masih ada langit.Oleh karena itu, aku belajar menyikapi perbedaan sebagai sesuatu hal yang indah karena pelangi tidak akan indah hanya dengan satu warna.

    ReplyDelete
  18. Nama: Anang Danik Alsyah
    akun twitter: @alsyah_anang
    domisili: Semarang
    link share: https://twitter.com/aLsYah_anang/status/819724703891759105

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

    Ditugaskan di daerah terpencil di ujung perbatasan Indonesia mengajarkanku banyak hal yang tidak aku dapatkan di Jawa. Ya, bertempat di salah satu daerah di provinsi NTT, tepatnya di Kab Ende, di kota ini Tuhan mengajariku tentang makna kehidupan bertoleransi. Sebagai guru SM3T, Aku ditempatkan di daerah terpencil dan dengan fasilitas yang serba kekurangan. Namun di daerah yang terpencil ini, di daerah yang serba kekurangan ini, Aku mendapatkan Lebih banyak kasih sayang dari keluarga asuhku dan masyarakat sekitar. Meski kami berbeda, mereka tak sedikitpun menganggap aku berbeda, bahkan aku sudah dianggapnya sebagai anak sendiri. Tak ada kecanggungan. Kehidupan toleransi memang tidak hanya diucapkan, namun di Ende aku dapat memaknai memaknai perbedaan dengan tindakan yang nyata.

    Terima kasih Mama dan Bapak atas sambutan hangatmu setahun silam dari Bumi Pancasila. Semoga kita kelak bertemu lagi. Berbeda bukan berarti saling membenci, namun dengan berbeda kita harus saling memaknai. Apakah dengan berbeda kita jadi membenci?

    ReplyDelete
  19. Nama : Eka Riana
    Domisili : Barito Kuala, Kalimantan Selatan
    Twitter : @rianaismyname
    Goodreads : https://www.goodreads.com/user/show/63210463-eka-riana
    Link share : https://mobile.twitter.com/rianaismyname/status/819753710368788480/photo/1?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3876906189

    Jawaban :

    Yang jelas saya akan mencoba menghormati dan menghargai perbedaan itu sendiri, juga bersikap toleransi. Tapi sekadarnya saja lah. Tidak toleransi yang berlebihan. Saya tipe orang yg sulit untuk menyukai orang yg berbeda pendapat dengan saya, tetapi saya berusaha untuk tidak menyuarakan dan memperjelas ketidaksukaan itu. Saya mencoba mengerti bahwa setiap orang itu beda-beda. Untuk menyikapinya saya hanya mencoba untuk tidak berteman terlalu dekat dan tidak membahas hal-hal yg sensitif kalau bertemu, untuk mencegah adu argumen.

    ReplyDelete
  20. Nama : Yessy Risa Novela.
    Domisili : Subang, jawa barat.
    Twitter : @YessyRisaN
    Link share : https://twitter.com/YessyRisaN/status/819801038303526916

    Jawaban :
    Kalo aku pribadi sih ya, perbedaan itu bukan sesuatu yg harus dirutuki. Hanya karena apa yg aku pikir itu benar, bukan berarti harus adu argumen sama orang yg gak sepaham. Justru perbedaan itu menyadarkan kita bahwa kita harus memandang sesuatu dari berbagai sudut. Apa serunya hidup ini kalo gak ada perbedaan?
    Jadi intinya, perbedaan itu jangan dijadikan sebagai jurang pemisah. Jika orang lain tidak sepaham dengan kita, itu urusan mereka. Tak perlulah memaksakan apa yg kita yakini.
    Toh, pelangipun lebih indah karena adanya perbedaan warna kan?!

    ReplyDelete
  21. Nama : Rizky Mirgawati
    Twitter : @RizkyMirgawati
    Domisili : Depok
    Link Share : https://twitter.com/RizkyMirgawati/status/819809538182234112
    Goodreads : https://www.goodreads.com/user/show/12326310-rizky

    Jawaban :
    Kalau aku perbedaan bukan untuk diperdebatkan, tapi dengan menerima segala perbedaan yang ada. Terlahir di Papua, dimana agamaku hanyalah minoritas, menjadikanku lebih toleran dengan teman-temanku yang "berbeda". Selama ini alhamdulilah aku pun tidak pernah mendapatkan masalah dengan perbedaan itu, kami masih bisa bersahabat dan menjalin hubungan yang baik. Malah kadang-kadang aku sangat merindukan saat-saat lebaran atau natal/tahun baru dimana kami bisa saling berkunjung ke rumah masing-masing karena di Papua pasti ada open house selama hari raya dan semua berbahagia.

    Jadi, buatku perbedaan bukan masalah. Yang terpenting adalah saling menghormati, menghargai dan toleransi. Dalam kehidupan kita tak akan mungkin menghindarkan adanya perbedaan, mulai dari yang terkecil misalnya perbedaan pendapat, pola pikir, budaya, hingga masalah perbedaan agama.

    Jadi, kenapa harus diperdebatkan, jika kita bisa hidup saling beriringan bersama?

    Terima kasih kesempatannya, Princess sekali-kali mau ngerasain deg-degan jadi peserta ah :D

    ReplyDelete
  22. Nama: Bety Kusumawardhani
    Nama akun Twitter: @bety_19930114
    Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/819751196361510912?p=v
    Domisili: Surakarta

    Bagaimana kita menyikapi suatu perbedaan:
    1. Saling menghargai dan menghormati perbedaan
    Sebuah perbedaan itu indah. Bayangkan saja jika Tuhan menciptakan semua manusia dalam wujud yg sama persis maka, dunia ini pasti akan terlihat monoton. Tuhan menciptakan manusia dengan beragam supaya bisa saling menghargai kelebihan dan kekurangan. Meskipun banyak perbedaan namun semua manusia itu sama di hadapanNya. Bukankah semboyan negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika.

    2. Memandang perbedaan sebagai sesuatu yg memperkaya pengetahuan
    Perbedaan harus dilihat dari sisi positif. Semakin banyak perbedaan, justru semakin menarik. Misal: Negara Indonesia dengan berbagai suku, agama, ras, golongan, bahasa daerah, adat istiadat bisa menambah wawasan kita tentang keberagaman yg belum pernah ditemui sebelumnya dan belajar bisa banyak hal dari mereka.

    3. Melihat diri sendiri sebelum menilai orang lain
    Jangan menilai orang lain hanya dari luarnya saja dengan tiidak menganggap diri sendiri lebih baik dari orang lain. Jika kita meremehkan orang lain, suatu saat nanti kita pasti akan diremehkan juga. Lebih baik memperbaiki diri sendiri dahulu daripada sibuk mencari kesalahan orang lain hanya karena orang itu berbeda.

    ReplyDelete
  23. Nama : afifah khoiriyah
    akun twitter : @ Afifah_1412
    domisili : Yogyakarta
    link share: https://twitter.com/Afifah_1412/status/819881583435862016

    Hal yg wajib perlu dilakukan dalam menyikapi perbedaan adalah menghargainya. Kita di dunia ini berbeda-beda...kita hidup di dunia yang sama. Mau karna agama,ras, budaya, negara, kita harus menghargai dan toleransi kalo masih menganggap diri ini manusia di dunia ini... Kalo gak mau menghargai ya pindah aja ke dunia mana๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Apalagi di Indonesia ya udah jelas2 punya semboyan Bhineka Tunggal Ika. Ini hal yg harus dan perlu dipahami sejak dini agar tak ada ya namanya mengejek, bully, sok berkuasa. Perbedaan adalah sebuah anugerah yg telah Tuhan berikan kepada manusia. Janganlh kita menyikapi perbedaan dengan otot dan saling mencaci maki. Kalau kita berbeda dengannya lalu dia menyentil apa ya kita yakini jelaskan dong... Anggap dia gak tahu, tapi jangan menghina apa ya diyakininya juga... Pokoknya jangan mudah percaya hinaan dan cacian orang. Kita hanya perlu meyakini bahwa Toleransi terhadap sesama adalah hal paling mutlak menghadapi sebuah perbedaan

    ReplyDelete
  24. Nama: Bety Kusumawardhani
    Nama akun Twitter: @bety_19930114
    Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/819751196361510912?p=v
    Domisili: Surakarta

    Bagaimana kita menyikapi suatu perbedaan:
    1. Saling menghargai dan menghormati perbedaan
    Sebuah perbedaan itu indah. Bayangkan saja jika Tuhan menciptakan semua manusia dalam wujud yg sama persis maka, dunia ini pasti akan terlihat monoton. Tuhan menciptakan manusia dengan beragam supaya bisa saling menghargai kelebihan dan kekurangan. Meskipun banyak perbedaan namun semua manusia itu sama di hadapanNya. Bukankah semboyan negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika.

    2. Memandang perbedaan sebagai sesuatu yg memperkaya pengetahuan
    Perbedaan harus dilihat dari sisi positif. Semakin banyak perbedaan, justru semakin menarik. Misal: Negara Indonesia dengan berbagai suku, agama, ras, golongan, bahasa daerah, adat istiadat bisa menambah wawasan kita tentang keberagaman yg belum pernah ditemui sebelumnya dan belajar bisa banyak hal dari mereka.

    3. Melihat diri sendiri sebelum menilai orang lain
    Jangan menilai orang lain hanya dari luarnya saja dengan tiidak menganggap diri sendiri lebih baik dari orang lain. Jika kita meremehkan orang lain, suatu saat nanti kita pasti akan diremehkan juga. Lebih baik memperbaiki diri sendiri dahulu daripada sibuk mencari kesalahan orang lain hanya karena orang itu berbeda.

    ReplyDelete
  25. Nama: Dwita Andhara
    Twitter: @dwitaandhara
    Domisili: Makassar
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/819922137905385472
    Jawaban:

    Bagaimana aku menyikapi perbedaan?

    Sikapi dengan bijak, jalani dengan nyaman, dan hargai dengan santun.

    Jujur, aku ini bukan orang yang tinggi ilmu agamanya. Dari cara berpakaian juga gak bisa di bilang alim-alim banget. Pakai sepatu tapi gak pakai kaus kakilah, jilbabnya masih disampirin kiri dan kanan-lah dan aku juga masih suka bergaul dengan teman-teman cowokku. Tapi jika pembahasan udah merembet ke masalah sensitif bernama 'perbedaan', aku selalu ingat satu surah yang sudah ku hafal pas masih bocah. "Untukmu agama mu dan untuk ku agama ku". Jelas, dari arti salah satu ayatnya saja nunjukin perbedaan itu ada, kebebasan menganut juga ada, dan toleransi dalam bermasyarakat tentunya dituntut ada. Dan dari situ aku pribadi menyikapi perbedaan tadi dengan 3 hal tadi.
    1. Sikapi perbedaan dengan bijak, jadi pribadi dewasa dan jangan goyah dengan sesuatu yang berujung perpecahan
    2. Jalani dengan nyaman karena damai itu indah.
    3. Hargai dengan santun seperti bertutur baik dan berperilaku santun walau dengan orang yang memiliki perbedaan dengan kita. Tapi untuk point ketiga aku mungkin akan tambah dengan bilang: "cukup berteman sewajarnya, tapi jika menyangkut hati tolong hargai."

    ReplyDelete
  26. Nama : Fikri Ghozali
    Akun Twitter : @Figho_20
    Domisili : Brebes, Jawa Tengah
    Link Share : https://twitter.com/Figho_20/status/819960920822730757
    Akun Goodreads : Fikri Ghozali Basalamah

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

    dalam kehidupan ini yang namanya perbedaan adalah hal biasa. cara menyikapi suatu perbedaan menurut saya dengan menghormati dan menghargai segala perbedaan yang ada. karena dengan menghormati dan menghargai setiap perbedaan kita bisa bersatu untuk menyelesaikan semua permasalahan.

    ReplyDelete
  27. Nama : Masruroh
    Akun Twitter : @mas_itururoh
    Domisili : Surabaya
    Link Share : https://twitter.com/Mas_ituRuroh/status/820127187483430912
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1320071634703257&set=a.573628039347624.1073741825.100001012993018&type=3&theater
    Akun Goodreads : gak punya

    "Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?"

    * dalam kehidupan kita, perbedaan bukan hal yang mengherankan, entah itu perbedaan pendapat,pandangan, atau bahkan keyakinan.semua perbedaan itu pasti kita hadapi. Perbedaan itu bukan untuk memecahbelah, tapi perbedaan itu bisa saling melengkapi satu sama lain, kalau semua orang satu suara gak bakal ada yang namanya demonstran hehee. bukankah perbedaan itu indah :).jikapun ada perbedaan yang tidak bisa disatukan seperti halnya sebuah keyakinan kita dalam menentukan agama yang kita anut,disitulah toleransi mulai berperan. banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyikapi sebuah perbedaan misalnya:
    -menghargai sebuah perbedaan, tidak memaksakan kehendak kita sendiri
    -menjadikan perbedaan sebagai bahan introspeksi diri
    -melakuakan musyawarah yang sehat berdasarkan argumentasi dan dengan hukum yang benar
    -tidak mengklaim bahwa pendapat kita merupakan yang mutlak kebenarannya
    -dalam hal agama, tidak menganggap kafir dan fasik orang yang berbeda pendapat dengan kita, karena keyakinan adalah dari diri kita masing-masing.
    -dll.
    menyikapi sebuah perbedaan dengan hal diatas mungkin mampu membuat perbedaan menjadi indah. bukankah hidup lebih indah jika penuh warna. pelangi begitu mengagumkan karena penyatuan berbagai warnanya. menakjubkan bukan ?;)

    ReplyDelete
  28. Nama : Ridha Hanindya
    Akun twitter : RidhaHanindya
    Domisili : Jember, Jawa Timur
    Link share : https://twitter.com/RidhaHanindya/status/819654619944992768
    Jawaban :

    Perbedaan itu bisa dari segi apa pun. Menurutku, hidup itu gak seru kalau gak ada perbedaan. Perbedaan itu justru jadi pemersatu. Jujur dulu aku orangnya itu keras kepala. Sampai sekarang sih. Aku sering ngerasa semua yang aku lakuin paling bener. Aku gak suka liat perilaku orang yang beda sama perilakuku dan aku juga paling gak suka liat orang yang nyalahin apa yang aku lakuin. Buat ngatasin keras kepalaku ini, aku sering ngomong sama diriku sendiri kalau Tuhan itu kan pasti punya tujuan dan alasan di setiap kejadian yang kita alami. Pasti selalu ada pesan dari setiap peristiwa. Lagian kan gak mungkin juga lah orang di dunia ini sama semua sifatnya. Akan selalu ada perbedaan. Mau gak mau. Nah,hal itu yang bikin aku jadi lebih ngehargai perbedaan. Aku berusaha menghormati apa pun yang orang lakuin dan omongin. Aku mulai belajar memandang sesuatu dari segi positifnya. Contohnya ada temen yang bandel, omongannya suka gak dipikir, suka kelayapan aku justru bisa belajar dari mereka. Setidaknya aku tau mereka itu jujur sama apa yang mereka rasain, mereka bisa ngurus diri mereka sendiri, dan mereka teguh sama pendirian. Walaupun cara mereka nerapinnya kurang tepat. Pokoknya nih, aku selalu yakin kalo semua hal pasti ada hikmah yang bisa diambil. Sekalipun itu perbedaan.

    ReplyDelete
  29. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/820188415341670402
    Jawaban: belum lama ini saya mengikuti ceramah Aa Gym di TVo**. Jadi aku sedikit mengambil kutipannya, ngga papa ya kak Asri.
    Namanya kita hidup sebagai makhluk sosial pastinya tak lepas dari perbedaan baik itu niat atau pendapat. Cuma sebenarnya karena rasa amarah lah makanya timbul perbedaan, dan harus disikapi dengan mengendalikan amarah itu, bukan dihilangkan karena manusia memang dilahirkan dengan nafsu syahwat. Yang namanya beda itu wajar, kalo marah jangan. Jangan karena perbedaan jadi penghalang kebahagiaan, hati yang bahagia akan menciptakan kerukunan. Itu pentingnya untuk menyikapi perbedaan yang terjadi. Karena itu usahakan mencari persamaan bukannya mencari-cari perbedaan.

    ReplyDelete
  30. Nama : Mimi

    Twitter : @mimichinori

    Domisili : Bekasi

    Link share : https://mobile.twitter.com/mimichinori/status/820295617528229892?p=v

    Goodreads : goodreads.com/mimichinori

    Jawaban :

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

    Saya akan menerima perbedaan itu dengan pikiran terbuka. Berusaha untuk tetap menghargai orang lain yang mungkin 'berbeda' dengan kita. Namun tetap be my self, meskipun misalnya saya yang 'paling berbeda'─dalam hal berpendapat contohnya, saya akan tetap jadi diri sendiri dan tak merubah mindset saya, apalagi hanya untuk sekedar menjadi 'terlihat' sama. Saya juga pernah mendengar kata-kata ustadz yang berkata, pelangi tak akan indah jika warnanya sama. Jadi nikmatilah perbedaan itu, dan tentu saja bhineka tunggal ika, berbeda-beda tapi tetap satu ๐Ÿ’ž

    ReplyDelete
  31. Nama: Leny
    akun twitter: @Lynlainy17
    domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    link share: https://mobile.twitter.com/Lynlainy17/status/820300163830857734

    Bagaimana kalian menyikapi suatu perbedaan di dalam kehidupan kalian?

    Caraku untuk menyikapi perbedaan yakni dengan cara berpikiran terbuka untuk saling menghargai dan saling peduli satu sama lain. Sikap saling menghargai dan saling peduli itu penting sekali. Tanpa kedua hal itu kita tidak akan bisa menghadapi perbedaan yang pasti kita selalu alami dalam hidup. Perbedaan itu pasti ada, entah itu perbedaan sudut pandang, pendapat, bahkan perbedaan agama. Dan kita perlu memiliki pikiran terbuka untuk melihat hal itu.

    ReplyDelete
  32. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Malang
    https://twitter.com/RiniCipta/status/820306718638776321
    GR : Rini Cipta Rahayu

    aku pernah menjadi mayoritas dan minoritas, jadi paham betul dengan yang namanya perbedaan. Aku menyikapinya dengan biasa saja. Aku tidak memaksakan kehendakku dan belajar bertoleransi juga. Satu hal yang terus aku terapkan adalah pada dasarnya manusia ingin diperlakukan dengan adil. Jadi aku menganggap orang lain adalah diriku, sehingga dari setiap ucapan, perbuatan dll tetap aku sesuaikan dengan diriku sendiri. Yang paling penting jaga kedamaian. Berbeda boleh tapi jangan sampai saling membenci. Kita mahluk sosial yang selalu butuh orang lain dalam hidup ini.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...