Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

26 February 2017

Some Kind Of Wonderful - Winna Efendi | Blog Tour, Giveaway



33543616Judul : Some Kind Of Wonderful
Penulis : Winna Efendi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-3555-1 

And the blurb..

Liam Kendrick dan Rory Handitama memahami arti kehilangan. Liam pergi ke Sydney dengan dalih menggapai impian sebagai koki, walau alasan sebenarnya untuk menghindari cinta pertama yang bertepuk sebelah tangan. Di lain pihak, Rory sedang berusaha menata kehidupannya setelah suatu insiden membuatnya kehilangan orang-orang yang disayanginya, dan melepaskan impiannya sendiri sebagai pemusik.

Keduanya paham arti berduka, meski belum mengerti caranya. Kesedihan dan kesepian mendekatkan Liam dan Rory, sampai akhirnya ada rasa lain yang menyusup. Saat perasaan sudah tak terelakkan, Liam dan Rory terjebak keraguan, dan rasa lama masih terlalu kuat untuk dilupakan. Dapakah dua orang yang pernah mencintai orang lain dengan segenap hati menyisakan ruang bagi satu sama lain? 
  
Here we go..

And when you’re lonely, you especially miss the people you no longer have

Some Kind Of Wonderful menceritakan kisah tentang Liam dan Rory yang hidup dalam bayang-bayang masa lalunya. Hanya saja bedanya, mereka mengambil cara yang tak biasa. Jika Liam lebih memilih untuk menjadi koki di sebuah acara yang terkenal demi melupakan bayangan masa lalunya, lain halnya dengan Rory yang lebih memilih untuk menyibukkan dirinya di berbagai pekerjaan dan memutuskan untuk tidak menyentuh musik lagi demi melupakan masa lalunya dan tak mengingat dua orang penting dalam hidupnya, Jay dan Ruben.

Kisah ini dimulai ketika Liam pergi tujuh tahun lalu ke Sydney meninggalkan keluarganya di Jakarta. Namun, Liam tak bisa membohongi dirinya sendiri. Hati Liam masih terikat pada Wendy. Namun kini Wendy yang merupakan teman masa kecilnya, harus dia relakan untuk menikah dengan adiknya.

Liam tanpa sengaja melihat Rory yang menjadi pengisi di sebuah acara anak-anak. Rory begitu ceria saat memainkan lagu yang dinyanyikan untuk program tersebut. Matanya selalu berbinar terang. Namun, berbanding terbalik ketika Rory selesai melakukan syuting. Dia berubah menjadi gadis yang pemurung. Tanpa sadar hal tersebut membuat Liam penasaran. Tanpa sengaja, Liam bertemu dengan Rory tatkala dia mendatangi cafe tempat Rory bekerja.

Rory memang berubah banyak setelah kepergian dua orang paling penting dalam hidupnya. Suami dan anaknya dibunuh oleh orang yang tak dikenal tatkala ia akan tampil untuk pementasan. Hal tersebut membuat Rory meninggalkan dunia musik yang amat dicintainya. Rory menjalani hidupnya penuh dengan rasa penyesalan.

Liam tak sadar jika ternyata dirinya mulai jatuh cinta pada Rory. Bahkan Liam mengenalkan Rori pada Stan dan Julie, pemilik Homey. Mereka berdua adalah orang yang berjasa mengenalkan dunia memasak dan bersedia menampung Liam saat pertama kali datang ke Sydney. Liam penasaran dengan Rory, hingga Liam ingin menjadi orang yang berarti untuk Rory.

Akankah bayang-bayang masa lalu itu masih tetap ada di kehidupan Liam dan Rory? Akankah takdir membawa Liam dan Rory pada kehidupan yang berbeda dengan masa lalu mereka? Akankah Rory dan Liam bisa menerima masa lalu mereka masing-masing? Penasaran? Temukan jawabannya di Some Kind Of Wonderful karya Winna Efendi. Bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat di kotamu atau ada di toko buku online juga lho.

Home is where the heart is. Terkadang, rumah adalah sebuah tempat. Bisa juga dalam bentuk sosok seseorang. Atau tempat di mana kenangan-kenangan bernaung

Membaca novel ini benar-benar bikin saya gemes, baper, sedih, pingin banget kalau boleh nyubitin tokoh utamanya. Namun, tak hanya itu saja. Ada rasa sebal, sedih, pingin ketawa, pingin nangis, semuanya bercampur jadi satu. Penulisnya mampu merangkai kata demi kata menjadi kalimat yang bikin pembacanya menjadi kesulitan buat berpaling sejenak saja dari novel ini. Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Tak hanya tentang masa lalu, tapi juga tentang memaafkan, ikhlas dan sabar serta bagaimana caranya agar bisa terlepas dari bayang-bayang ketakutan akan masa lalu yang sedikit tak menyenangkan.

Sosok Liam disini diceritakan sebagai sosok yang penuh dengan semangat dan cinta terhadap dunia memasak. Namun, ada sisi negatif dalam diri Liam disini, dimana dia begitu membenci dirinya sendiri.

Sosok Rory disini bisa dibilang sebagai sosok yang susah move on dari masa lalu. Dia hanya terpaku pada kejadian lalu tanpa mau melihat masa depan. Bahkan dari sekian banyak orang yang ingin membantu Rory lepas dari bayang masa lalunya, tak sedikit pun yang Rory ambil. Agak sebel sih sebenarnya. Tapi, jadi tahu kenapa dia bersikap seperti ini. Semuanya diceritakan dengan baik.

What-ifs ruin you. Mereka nggak membuat segala sesuatunya jadi lebih baik

Ditulis dengan sudut pandang orang pertama, membuat aku lebih mudah memahami setiap karakter yang ada di novel ini. Jalan ceritanya bisa dibilang sederhana, namun aku suka dengan penyampaian yang dituliskan oleh penulis di novel ini. Terlebih saat konflik yang menimpa masing-masing tokoh, itu bikin aku udah hanyut ke dalam perasaan mereka masing-masing.

Aku paling suka kalau baca novel, karakter utamanya pekerjaannya berhubungan sama dunia memasak. Kenapa? Karena aku suka makan dan suka bereksperimen di dapur (kalau nggak malas tentu saja). Risetnya aku yakin nggak mungkin kalau cuma setengah-setengah saja. Novel ini makin kece karena latar belakang tempatnya, Sydney, dengan suasana yang kebanyakan laut.

Alurnya pun jelas banget. Nggak banyak drama, benar-benar realistis. Karakternya pun berkembang dari awal cerita hingga akhir cerita. Untuk alur flashbacknya juga ditandai dengan font italic. Bikin nggak bingung tentu saja.

Mulai hari ini, aku akan menjalani hidupku, dan kamu menjalani hidup kamu. Sesekali, aku akan teringat sama kamu – hal-hal yang baik, juga yang buruk, dan tersenyum. Nggak akan ada lagi penyesalan. Aku berharap kamu bahagia. Sungguh

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Liam dan Rory serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua benar-benar bikin gemes sendiri.

Novel ini benar-benar komplit banget. Ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah cinta, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa..

Semasa muda, kita punya kebebasan untuk memimpikan apa pun yang kita inginkan, tanpa batasan, tanpa alasan, tanpa macam-macam pertimbangan. Makanya, kadang impian di masa kecil justru lebih jujur dibanding ambisi-ambisi kita setelah dewasa. Mereka merefleksikan apa yang benar-benar kita inginkan, dari lubuk hati yang paling dalam


=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel Some Kind Of Wonderful yang dikirim langsung sama Penerbit Gramedia Pustaka Utama dan kak Winna Efendi? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @WinnaEfendi, @Gramedia, @Fiksigpu, dan @princessashr, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita berempat dan jangan lupa sertakan hashtag #SomeKindOfWonderful
3. Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
4. Tinggalkan komentar di Bincang Santai bersama Winna Efendi
5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, akun goodreads (jika punya), domisili, link share, dan jawabanmu yaa..

Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 26 Februari – 3 Maret 2017 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

46 comments:

  1. Nama: Rosi Eksa
    Akun twitter: @arthms12
    Domisili: Bandung, Jawa Barat
    Link share: https://mobile.twitter.com/Arthms12/status/835854580558655488

    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan

    Jawaban: Pertanyaannya berat, karena udah pasti masa lalu yang ingin dilupakan adalah hal menyedihkan, atau mengerikan dsb yang nggak enak juga kalau harus diumbar-umbar. Dan sayangnya, aku juga udah lupa sama 'masa lalu yang ingin kulupakan'. Sebenernya pertanyaannya ngejebak nih, jadi 'masa lalu apa'jenisnya atau ceritanya Kak Asri?
    Yang pasti masa lalu yang ingin kulupakan adalah masa lalu yang menyedihkan.
    Masa lalu itu adalah: aku ingin melupakan masa lalu di mana aku sering diejek sama temen-temen jahatku di sekolah dulu.

    ReplyDelete
  2. Nama: Sakina Tunissa Anarki
    Akun twitter: @issakina
    Domisili: Solo, Jawa Tengah
    Link share: https://twitter.com/issakina/status/835878257631191040

    Jawaban:
    Sejujurnya, tidak ada masa lalu yang ingin saya lupakan. Memilih untuk lupa berarti menolak untuk berdamai dengan diri sendiri. Bagi saya, masa lalu tetap menjadi salah satu proses dalam kehidupan yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Saya lebih memilih untuk mengikhlaskan sebuah masa lalu sepahit apapun itu. Mengikhlaskan berarti mengembalikan segala sesuatunya kepada Sang Pemilik Takdir, Sang Sutradara dan Pembuat Skenario Terbaik. Yang menurut kita baik, belum tentu baik menurutNya. Dan akan ada saatnya ketika saya menengok ke belakang, akan muncul sebuah senyuman, yang melebar menjadi sebuah tawa. Ternyata saya mampu melewati semua ini dengan lapang dada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link share yang benar Kak: https://twitter.com/issakina/status/837199204778856453

      Delete
  3. Nama: haidaroh sholeh
    Akun twitter: @haidarohsholeh
    Domisili: sidoarjo
    Link share: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/835892410471215104

    Jawaban:
    Menurut saya sepahit apapun masa lalu adalah episode yang telah dilewati dalam hidup, dan yang pasti hal itu adalah sebagai episode yang harus dilewati. Mungkin ada cobaan - cobaan atau kedukaan yang datang dalam taraf wajar dan bahkan kadang ada yang datang dalam taraf saya hampir menyerah. Namun saya berusaha yakin dan bertawakkal.

    Saya rasa Tuhan amat Maha baik dan Maha pengasih terhadap saya dengan setiap ujian - ujian yang Dia berikan. Saya rasakan betapa dampak berpositif pada Tuhan menyebabkan kebaikan yang tak terkira.

    Bohong sekali saya jika tak memiliki masa lalu yang menyakitkan, jika diurut mungkin saat saya harus kehilangan suami, ibu kandung saya (neneknya anak anak), dan pembantu rumah tangga yang sejak tahun 1980 ikut almarhum suami saya. Itulah episode - episode yang membuat kami sekeluarga merasakan kesedihan dan kepedihan. Tapi jujur saya tidak berniat melupakan. Saya ingin mengingat semua itu sebagai kenangan dan hikmah bahwa semua yang bernyawa akan meninggal, semua akan kembali pada Tuhan YME.
    Saya akan menjalani hidup saya dengan sebaik baiknya untuk membesarkan dan menyayangi kedua putra saya. Saya akan mengantarkan mereka pada kehidupan yang baik dan berkecukupan.
    By the way, saya tak akan melupakan masa lalu saya. Sebagaimanapun keadaannya. Sebab saya tahu masa lalu adalah sejarah hidup saya yang bisa menjadi batu pijakan untuk saya hidup lebih baik. Semoga di masa kini dan masa deoan saya bisa menghadapi ujian hidup yang Tuhan berikan dengan modal bersungguh sungguh, bersabar, dan bersyukur.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link share baru: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/836936000051896320

      Delete
  4. Nama: Rizky Tris Sella M
    Akun twitter: trissella
    Domisili: Tangerang
    https://twitter.com/trissella/status/835990724889845760

    Masa lalu yang paling ingin kulupakan datang dari sebuah pengkhianatan. Banyak orang bilang bahwa orang yang paling kau cintai adalah yang paling berpotensi membuatmu bersedih. Usaha berdamai dengan masa lalu itu sangat tidak mudah. Hatiku butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa kembali ke bentuk semula. Selama itu pula aku mati rasa. Semuanya hilang. Sayang, perhatian, benar-benar tidak ada.
    Usaha berdamai dengan masa lalu itu akan berjalan lancar jika kita ikhlas, ya, kan? Tapi sulit, jelas :)

    ReplyDelete
  5. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/836024386977067008

    Pertanyaannya membuatku berpikir kembali ke 25 tahun yang sudah terlewati. Memilah mana kisah yang cukup mengerikan sehingga ingin aku lupakan, dan ternyata tidak ada kisah yang benar-benar ingin kulupakan. Bagaimana pun saat kembali diingat dan dipikirkan sepahit apa pun salah satu kisah masa laluku, selalu ada hal baik, pelajaran berharga dan kenangan yang tidak akan bisa tergantikan. Melupakan salah satu masa lalu berarti merobek salah satu lembar buku hidupku, dan yang namanya buku yang sudah pernah tersobek, maka buku itu tidak akan lengkap lagi. Sudah tidak sempurna. Maka aku memilih untuk tidak merobek satu lembar pun meski banyak sekali coretan jelek dan bahkan tinta melebur di atasnya.

    ReplyDelete
  6. Nama:Melani I.S
    Twitter: @aii_vitri
    Link share: https://mobile.twitter.com/aii_vitri/status/836046921349259265
    Domisili: Situbondo, Jatim
    Jawaban: Saya ingin melupakan momen-momen perselisihan antara ayah dan ibu saya bertahun-tahun lalu, yang kerap terjadi selama masa pernikahan mereka. Saya ingin hanya mengingat masa-masa indah dan kebaikan ayah, meski beliau jauh dari sempurna. Sehingga kini saya akan dengan mudah ikhlas dengan perpisahan orangtua dan menerima bahwa ayah sudah tidak bersama kami lagi. Saya ingin masa-masa pahit itu terkubur oleh masa-masa indah di depan, meskipun hidup tak pernah lekang dari pasang surut dan tak ada hidup seseorang yang sempurna.

    ReplyDelete
  7. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: Surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/836106207395880960

    Jawaban: Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan?
    Sebenarnya tidak ada masa lalu yang benar-benar ingin aku lupakan, karena masa lalu terkadang mengajarkan sesuatu yang berharga untuk kedepannya. Banyak hal yang akhirnya aku tahu apa artinya setelah kejadian itu berlalu. Namun, jika diharuskan melupakan satu kejadian di masa lalu, aku ingin melupakan kejadian ketika aku memilih menjauh disaat bapak lagi sakit. Saat itu aku merasa sangat takut dan seakan tidak siap melihat kondisi bapak yang semula sehat dan dalam sekejap berubah jatuh tak berdaya karena penyakit kankernya. Ketika akhirnya aku sadar, aku merasa saat itu aku adalah anak paling durhaka. Bagaimana bisa saat itu aku justru memilih menjauh dan bahkan berniat kabur dari rumah.
    Aku ingin melupakan kenangan akan diriku yang itu, diriku yang bodoh dan tidak punya pikiran. Aku ingin melupakan masa laluku saat itu. Karena setiap aku mengingat akan hal itu, akan kejadian itu, sekali lagi aku diingatkan betapa jahatnya aku dan betapa sayangnya bapak terhadap aku.

    ReplyDelete
  8. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: Surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/836106207395880960

    Jawaban: Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan?
    Sebenarnya tidak ada masa lalu yang benar-benar ingin aku lupakan, karena masa lalu terkadang mengajarkan sesuatu yang berharga untuk kedepannya. Banyak hal yang akhirnya aku tahu apa artinya setelah kejadian itu berlalu. Namun, jika diharuskan melupakan satu kejadian di masa lalu, aku ingin melupakan kejadian ketika aku memilih menjauh disaat bapak lagi sakit. Saat itu aku merasa sangat takut dan seakan tidak siap melihat kondisi bapak yang semula sehat dan dalam sekejap berubah jatuh tak berdaya karena penyakit kankernya. Ketika akhirnya aku sadar, aku merasa saat itu aku adalah anak paling durhaka. Bagaimana bisa saat itu aku justru memilih menjauh dan bahkan berniat kabur dari rumah.
    Aku ingin melupakan kenangan akan diriku yang itu, diriku yang bodoh dan tidak punya pikiran. Aku ingin melupakan masa laluku saat itu. Karena setiap aku mengingat akan hal itu, akan kejadian itu, sekali lagi aku diingatkan betapa jahatnya aku dan betapa sayangnya bapak terhadap aku.

    ReplyDelete
  9. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Goodreads: Desita Itsmystyle
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/836012568489578497

    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan
    Kematian seorang teman. Aku ingin melupakan persepsi bahwa kehidupannya telah usai, aku ingin percaya dia masih hidup entah di dimensi apa, di dunia yang lebih baik dari apa yang pernah ia alami. Dengan begitu kita bisa bebas saling merindu tanpa kesedihan yang memancarka kehilangan. Aku ingin kerinduanku padanya memancarkan kasih yang tak henti, kasih yang hangat dan saling mengisi ruang kosong diantara rasa rindu itu.

    ReplyDelete
  10. Nama: Najwa Fadhilatunnisa
    Twitter: @najwafadh
    Goodreads: Najwa Fadhilatunnisa
    Domisili: Bandung
    Link Share:
    https://mobile.twitter.com/najwafadh/status/836094512602595328

    Masa lalu yang ingin kulupakan?
    Sebenarnya, masa lalu bagiku itu tidak perlu dilupakan. Cukup dijadikan pembelajaran ke depannya. Jangan sampai aku atau orang sekitarku terjerumus ke dalam kesalahan yang sama.
    Aku hanya ingin, tolong, berhenti menyebarkan aibku di masa lalu. Aku sendiri sedang dalam proses hijrah, berusaha berubah untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi. Jujur, banyak banget "kerikil-kerikil" yang membuat langkahku tersandung. Selalu ada aja orang yang mengumbar aib/kesalahanku di masa lalu. Terkadang hal itu membuatku seperti, "Halo teman. Bisakah kalian berhenti? Tolong, maafkan masa laluku. Bantu aku untuk berubah lebih baik lagi."
    Penghambat lain juga ada aja, seperti "meremehkan".
    Ada kalanya pengen nangis๐Ÿ˜ญ Namun, yang namanya hijrah, berubah dari masa lalu, itu nggak gampang kan?
    Jadi, aku hanya ingin meminta maaf kepada mereka atas kesalahanku di masa lalu. Maafkan aku yang dulu, kawan. Dan aku ingin memotivasi orang-orang sekitarku lewat pengalamanku dahulu. Tataplah masa depan, ubah yang bisa dilakukan hari ini, dan belajarlah dari masa lalu.
    Terima kasih untuk kesempatannya, Kak Asri ^^

    ReplyDelete
  11. Nama : Zakia Ainun
    Twitter : @zakiaai_
    Domisili : Bandung
    Link Share : https://twitter.com/zakiaai_/status/836173427786440704

    Jawaban :
    Masa lalu apa yang ingin dilupakan?

    Masa lalu memang tidak semuanya baik atau buruk. Masa lalu yang ingin aku lupakan adalah masa lalu buruk yang dilihat dari sudut pandang semua orang. Setiap masa pasti ada hikmah di dalamnya, walaupun kadang kita tidak menyadarinya. Jujur aku bingung masa lalu apa yang ingin aku lupakan. Tapi ada suatu masa yang ingin aku lupakan ketika aku tidak 'merangkul' erat temanku lagi sampai ia terjerumus ke lubang yang salah. Di sisi lain aku ingin banget ngelupain itu karena ngebuat aku ngerasa bersalah banget banget banget. Tapi di sisi lain aku pengen itu menjadi pembelajaran ke depannya bahwa aku harus ada di sisinya bagaimanapun keadaannya dan tetap merangkulnya seerat yang aku bisa.

    ReplyDelete
  12. Nama : Seffi Soffi
    Twitter : @seffiii
    Goodreads : Seffi Soffi
    Domisili : Bandung
    Linkshare : https://twitter.com/seffiii/status/836190266314805250


    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan??

    Jawabannya : kalau disuruh untuk melupakan masa lalu, aku bakalan melupakan yang buruk banget. Ditinggal nikah sama mantan pacar. Yaa itu sedikit bikin kenangan yang agak sakit ya, dan selalu bikin aku bertanya apa yang salah sih sama diri aku?
    Tega banget sih jelas nya, disaat kita punya tujuan yang sama kedepan nya. Eh ternyata emang bukan yang terbaik, apa boleh buat. Dan ternyata aku dapet jawaban, yang terbaik menurut kita. Belum tentu yang terbail menurut Allah swt.

    Tapi sejauh apapun ingin melupakan, masa lalu itu gak bisa dilupakan. Mungkin sedikit terlupa, kadang kala ada masa nya dia bangkit lagi. Jadi yaa, setidaknya masa lalu dijadikan pelajaran untuk mengambil hikmah nya.

    ReplyDelete
  13. yasmiyanti19:58

    yasmiyanti said...
    Nama : yasmiyanti
    Akun twitter : @yaz_1090
    Link : https://mobile.twitter.com/yaz_1090/status/836166169891479553?p=v
    Domisili : purworejo, jawa tengah

    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan?
    Sebenarnya banyak hikmah dari peristiwa di masa lalu, karena untuk perbaikan kita di masa mendatang, agar sampai terulang. Tapi terkadang masa lalu muncul dengan sendirinya dan tiba-tiba, membuat kita terpaksa harus memutar kembali memori yang lalu.
    Jika saya diminta untuk melupakan masa lalu, saya ingin melupakan pertemuan saya dengan seseorang . Karena dia mengajarkan saya kesetiaan dan pengorbanan. Hanya dia satu-satu orang yang selalu saya harapkan dalam hidup ini walau terpisah jarak dan waktu. Hingga saya tak menyadari arah tujuan kita tak sejalan lagi, dan dia mengakhiri dengan luka yang mendalam.


    ReplyDelete
  14. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Banda Aceh
    Link Share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/836201264975249408

    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan?
    Sekeras apapun aku mencoba melupakan, yang namanya masa lalu pasti tetap tidak bisa dilupakan, karena itu sudah menjadi bagian dari ingatan. Tetapi jika hal itu bisa, aku ingin melupakan masa laluku yang tidak menyenangkan ketika di SMA. Ketika aku mendapat perlakuan diskriminasi dari pergaulan. Aku ingin melupakan hal itu. Agar tidak ada kenangan yang buruk tentang masa SMAku,hanya tinggal kenangan yang indah. Sayang sekali ketika aku mengingat masa-masa SMAku, kenangan buruk itu selalu terselip. Bagaikan duri di dalam kulit. Jika bisa aku ingin mengeluarkan duri itu. Sekalipun menyakitkan, tapi akan lega pada akhirnya.

    Terima kasih pertanyaan dan kesempatannya mba Asri

    ReplyDelete
  15. Nama : Jacinda Nathania Aufi
    Twitter : @jacindanatha
    Link share : https://twitter.com/jacindanatha/status/836206895379537920
    Domisili : Bekasi, Jawa Barat
    Goodreads : jacindanath

    Jawaban :
    Masa lalu apa yang ingin aku lupakan?
    Sejujurnya, gak ada satu pun masa lalu yang ingin aku lupakan. Aku menganggap masa lalu itu bukan untuk dilupakan, dikenang dan di ambil pelajaran. Tapi kalo kak asri tanya, apa mungkin ada salah satu dari masa laluku yang ingin aku lupakan? Mungkin akan aku jawab, iya!

    Apa itu? Itu masa dimana aku merasa kalau aku benar benar bodoh. Bukan! Bukan bodoh dalam segi akademik atau pelajaran. Tetapi bodoh dalam segi kehidupan. Aku bodoh, pada saat itu aku sedang sangat dekat dengan salah satu teman sekolahku. Sebut saja "N" dan "R". Kita dekat, sangat dekat, sampai aku gak tau apa aku bisa setidaknya pergi ke kantin tanpa mereka. Setiap hari aku pasti selalu bareng mereka. Semua hal kita lakukan bersama. Tapi tanpa aku sadari, aku sebenarnya gak diikut sertakan di dalam mereka.

    Aku selalu berpikir kalau kita selalu bersama, dalam segala hal. Namun aku salah, walaupun kita lakukan semua hal bersama. Aku gak diikutsertakan. Mereka mempunyai dunia mereka sendiri, tanpa aku. Aku sama sekali gak sadar akan hal itu, gak sadar kalau sebenarnya mereka hanya memanfaatkanku, gak sadar kalau dibelakangku mereka ngomongin aku.

    Sampai saatnya, di akhir semester waktu mau perpisahan. Aku denger apa yang sebenarnya mereka katakan padaku, di depan mata kepalaku. Awalnya mereka kaget, namun sedetik kemudian mereka biasa biasa saja. Seolah merasa kalau, untuk apa mereka kaget? Toh mereka gak akan liat aku lagi kan? Kutanya ke mereka apa maksud dari perkataan mereka. Dan dengan santai nya mereka jawab, "Itu memang bener kok, lo itu bodoh. Pinter sih, tapi kok mau dibodoh-bodohin dan dimanfaatin orang lain?"

    Aku berusaha kuat di depan mereka. Aku tahan tangisanku sampai bel pulang. Aku langsung pulang ke rumah dan nangis sekencang kencangnya. Pada hari itu, bodohnya aku, aku gak cerita sama siapapun. Tapi hari ini, hari kemarin, masa lalu itu hal biasa, aku gak menganggap itu hal menakutkan atau semacamnya. Trauma? Tentu. Sejak hari itu, aku mulai menutup diri. Aku mulai mengurangi kepercayaanku kepada hal yang disebut "Sahabat sejati". Tapi aku tau, suatu saat nanti, aku akan bertemu dengan mereka, sahabat sejati. Karena aku tahu, sahabat sejati itu tidak dicari. Mereka datang dengan sendirinya, disaat kita sedih maupun senang.

    Apapun yang terjadi, aku tak pernah membenci masa lalu itu. Mungkin, aku ingin melupakannya. Tapi aku tau itu tak bisa. Tak apalah, anggap itu sebagai pelajaran, untuk menjadi orang yang lebih baik nantinya.

    ReplyDelete
  16. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/836223197473198080
    Jawaban: aku rasa tak ada dari masa lalu yang ingin aku lupakan. Alhamdulillah aku lahir dan besar di keluarga yang harmonis, meskipun kita bukan dari golongan orang berada tapi kita tidak kekurangan. Pastilah ada saat-saat sedih yanh membuat kita menangis atau penyesalan akan perbuatan yang telah lalu tapi itu tak membuatku ingin melupakannya, karena justru karena hal2 tsb aku menjadi kuat dan seperti sekarang.
    Kalo inget tentang masa lalu kenapa aku malah jadi keinget drama Goblin ya?*ngelantur. Darakor itu menunjukkan salah satu fakta dimana Goblin ingin sekali melupakan masa lalunya yang menyakitkan, tapi tak pernah bisa. Sedangkan disisi lain malaikat maut justru kehilangan ingatan masa lalunya, tapi justru itu suka membuat dia bertanya-tanya akan dirinya pada jaman dulu.
    Intinya sih, apapun masa lalu kita tak perlu dilupakan yg penting selalu ambil hikmah/nilai positif dari kejadian masa lalu seburuk apapun itu.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Nama: Sinta Legian
    Twitter:@sinta_legian
    Domisili:Bandung
    Link:https://mobile.twitter.com/sinta_legian/status/836351092078174210
    Jawaban:
    Tidak ada. Tidak ada masa lalu yang ingin saya lupakan. Kalaupun ada masa lalu atau kenangan yang buruk, tetap diingat dan jadikan pelajaran. Walaupun kita berusaha melupakan tetap akan sulit. Jadi lebih baik menerima kenangan-kenangan itu, mencoba berdamai dengan pikiran dan hati kita. As long as memory exist we know that we still live. Saat teringat kembali dengan kenangan masa lalu, bersyukur berarti kita masih hidup. Masa lalu yang buruk atau baik sudah kita tinggalkan di belakang walaupun tidak bisa dilupakan, tinggal jadikan pelajaran untuk masa kini dan masa depan. No regret. It's my live. Semangaaaaaat!! ^_^

    ReplyDelete
  19. Nama:Ulva Novitasari
    Akun twitter: @ulvanov
    Domisili:Blitar - Jawa Timur
    Link share:twitter.com/ulvanov/status/836442007765561344


    Ketika ditanya kenangan masa lalu apa yang ingin dilupakan. Aku akan menjawab tidak ada. Karena setiap kejadian yang kualami di masa lalu itu adalah pelajaran bekalku di masa sekarang. Ketika dulu aku pernah melakukan kesalahan dan sekarang aku hampir melakukan kesalahan itu lagi aku bisa mencoba memperbaikinya sebelum kesalahan di masa lalu itu terulang.

    ReplyDelete
  20. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/836745010548625408?p=v
    Domisili: Surakarta

    Masa lalu yg ingin aku lupakan adalah masa lalu ketika ego ku sangat tinggi sehingga aku sering membantah atau tidak menuruti perkataan ibu ku yg tentu saja hal ini membuat beliau sedih. Jika aku mengingatnya kembali, aku akan merasa bersalah, menyesal dan berdosa. Entah kenapa jika aku tidak menuruti perkataan Ibu, beberapa saat kemudian aku selalu mendapatkan musibah atau kesialan.

    ReplyDelete
  21. Nama: Puja Sindia
    Akun ig: @blckaddck
    Domisili: Jakarta Selatan
    Link share: https://www.instagram.com/p/BRFk_etgBGG/

    Masa lalu itu sebenarnya gak mau saya lupain. Karena dari masa lalu, saya belajar banyak tentang hal yang sebelumnya saya tidak tahu, hal yang tidak saya inginkan, saya takutkan, saya hindari, bahkan yang saya benci sekalipun. Dan di masa yang akan datang, saya bisa menjadi lebih baik lagi karena dibekali oleh bayang-bayang masa lalu. Namun, jika bisa, jika boleh, saya ingin melupakan satu hal di masa lalu, yaitu ketika saya tanpa sadar telah merelakan harga diri saya jatuh terinjak oleh orang yang salah.

    ReplyDelete
  22. Nama : Fera Lestari
    Akun Twitter : @feralestari95
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/feralestari95/status/836866729313718274
    Jawaban :

    Masa lalu seburuk apapun itu, ada yang harus dilupakan dan ada juga yang tidak harus dilupakan. Masa lalu yang tidak harus dilupakan adalah masa lalu yang bisa kita jadikan pelajaran dan pengalaman agar kita berkaca darinya jika sewaktu-waktu hal serupa terjadi lagi. Akan tetapi ada juga masa lalu yang harus dilupakan agar kita bisa mantap dan tetap bisa menjalani hidup kita.

    Pernah ketika aku masih SMP seorang teman begitu baik denganku, padahal sebelumnya kami biasa aja, bahkan aku punya seorang sahabat yang sudah bersama dengan ku sejak ospek. Karena aku orangnya selalu positif thinking, ya udah aku terima aja kebaikannya. Akhirnya kami bertiga menjadi tiga makhluk yang tak terpisahkan. Tidak disangka-sangka menjelang kenaikan kelas, teman aku itu tiba-tiba ngejauhin aku dan menfitnahku. Bahkan sahabat aku pun termakan hasutannya. Semua teman-teman mulai ngejauhin dan mencaciku. Saat itu aku sempat berfikir untuk pindah sekolah, tetapi orangtuaku tidak memberi izin.

    Melalui pengalaman ini, aku sempat menjadi orang yang anti sosial. Tidak mau berteman dan sering menutup diri dengan orang lain. Akhirnya aku berfikir kalau aku tidak boleh begini terus. Untuk menghilangkan trauma anti sosialku, aku harus melupakan masa-masa saat sahabat aku menfitnah dan mencaciku dan belajar untuk memaafkan kesalahan mereka. Tidak lupa juga aku intropeksi diri dengan setiap kejadian yang telah terjadi dimasa lalu agar aku tidak menjadi penyebab kesulitan bagi orang lain.

    ReplyDelete
  23. Anonymous17:22

    Nama: ahmad azwar aa
    Twitter: @azwaravisin
    Link Share: https://twitter.com/azwaravisin/status/836859420927799298

    Saya memiliki masa lalu yang ingin saya lupakan yakni saat saya diusir dari rumah nenek saya sendiri saat saya masih kecil. Berusia sekitar empat atau lima tahun. Paman saya itu kejam. Sampai sekarang kalau ingat saya ingin nangis dan marah sama dia, bahkan ada saat dimana saya tidak berani ke rumah nenek saya sebab ada paman saya itu. Ketakutan itu berevolusi menjadi saya tidak respek sama dia alias saya jadi berani sama dia. Dewasa ini saya mulai mencari tahu alasan paman saya benci saya dan menyayangi keponakannya yang lain. Bahkan kakak kandungku itu disayangi sedangkan sama aku bencinya selangit. Ada yang mengatakan pamanku tak suka aku sebab pamanku tak suka sama ayahku tapi entahlah, mungkin itu hanya gosip belaka.
    Saya hanya jadi tahu bahwa efek bentakan dan usiran di masa kecil itu jadinya tidak baik. Dia sendiri bisa merasakan betapa saya tidak menaruh hormat dan respek sama dia, semakin dewasa saya semakin sadar sikap yang saya lakukan salah dan saya perlahan berusaha mengubah.
    Saya mohon maaf jika jawaban ini jadi berisi curhatan, namun inilah keadaannya, saya tak bisa lupakan bahkan sampai saya sudah lulus kuliah. Kejadian itu masih tertanam.
    Saya sendiri sudah memaafkan dan berharap semoga lekas bisa melupakan. Dan saya harap paman saya diberikan petunjuk serta kebaikan di usia senjanya. Demikian terima kasih

    ReplyDelete
  24. Link Share baru: https://twitter.com/azwaravisin/status/836938133845397505

    Thank You kak ^o^

    ReplyDelete
  25. Nama : alya trihartinatrihartina
    Twitter : @alyahartina_08
    Domisili : Sukabumi
    Link share : https://twitter.com/AlyaHartina_08/status/836936270462910464

    masalalu itu tidak semuanya buruk. tetapi jika ada masa lalu yg ingin dilupakan? jawabanku ya tidak ada, kalaupun ada, menurutku masalalu janganlah dilupakan. kenapa? karena dengan masalalu kita bisa mengambil hikmahnya, bisa menjadikan tumpuan untuk menyongsong masa depan dan jikalau ada masa lalu yg meninggalkan trauma, berdamai saja dengan masa lalu itu karena masalalu bukan untuk disesali tapi untuk menggapai yg lebih baik.

    ReplyDelete
  26. Eris andriyani
    @RizAnNie88
    Malang
    https://twitter.com/RizAnNie88/status/837143417813491714

    Jawaban:

    Tidak ada masa lalu yg ingin aku lupakan. Sepahit apapun masa lalu tetap akan selalu ku ingat, karena bisa aku jadikan pelajaran dan pengalaman hidup untuk lebih baik lagi di masa depan.

    Thanks ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  27. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Domisili: semarang
    Link share:https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/837166797845508096
    Jawaban:
    Masa lalu apa yg mau aku lupakan? Gaada sih, karena semua masalalu yg melemahkan ku udah aku lupakan "rasanya" tapi tetap diingat "kejadiannya". Kenapa gitu? Karena jika kita terus mengingat rasanya, kita gaakan pernah bisa maju. Gaakan pernah bisa bangkit. Contohnya aja, misalnya kamu pernah bangkrut dalam usaha dan takut untuk mencoba lagi, kapan kamu bakal berhasil? Sebaliknya, jika kamu melupakan rasa takut bangkrut itu dan berusaha untuk memulai lagi, dengan catatan kamu mengingat hal apa yg pernah membuatmu bangkrut, aku yakin perlahan kamu pasti sukses :) . Menurutku ini berlaku untuk semua hal. Karena pada dasarnya, masa lalu itu bukan untuk diratapi tapi dijadikan guru untuk lebih baik dimasa depan :)

    ReplyDelete
  28. Nama : Tanya Fransisca
    Twitter : tanyafcsh_
    domisili : tangerang
    link : https://twitter.com/TanyaFcsh_/status/837171344026411008

    Masa lalu yang ingin saya lupakan adalah kenangan yang pernah membuat saya menjadi takut untuk berjalan - jalan di sore hari lagi
    jadi saya mempunyai hobi untuk berjalan jalan di sore hari, suatu saat ketika saya sedang berjalan jalan seseorang berbaju hitam dan topi hitam datang menghampiri saya
    awalnya ia hanya ingin bertanya mengenai alamat pasar
    saya memberitahunya dan siapa sangka dia malah semakin menanyakan hal pribadi
    seperti nama kelas agama
    merasa ada yang aneh saya pun langsung berjalan cepat dan ia mulai mengikuti karena makin merasa tidak aman saya langsung berlari ke tempat yang banyak orang.

    keesokannya saya kembali bertemu dengan dirinya bahkan sampai 9 kali saya bertemu dengan orang itu, seaakn orang itu sudah mengincar saya bahkan terakhir ketika saya bertemu dia sudah memakai sepeda dan itu akan sangat mempermudah mengejar saya.

    pengalaman itu membuat saya menjadi takut untuk berjalan jalan sore
    berjalan sendirian dan ketika ada orang yang berjalan di belakang saya
    seandainya saya bisa melupakan kejadian itu mungkin saya tidak akan menjadi sepengecut ini dan bisa kembali menikmati indahnya berjalan jalan sore

    ReplyDelete
  29. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @imratnasr
    link share: https://mobile.twitter.com/imratnasr/status/837218877763272704
    domisili: Tangerang
    akun goodreads: imratnasr


    Sebenarnya, masa lalu itu tidak perlu dilupakan, karena masa lalu akan selalu dikenang dalam ingatan kita. Sebaiknya ingatan kita itu, kita jadikan suatu pelajaran buat masa depan yang lebih baik.

    namun karena pertanyaan nya ialah ingatan apa yang ingin kulupakan ialah... Ingatan tentang aku melihat sahabatku meninggal di hadapaku sendiri.

    Masa-masa paling kelamku, dulu waktu SMP, aku sama beberapa temanku pergi buat kerja kelompok, kita janjian di suatu tempat. Dia datang paling akhir, yang pas mau nyebrang dia tertabrak sama angkot.

    Sumpah demi apapun, itu adalah kenangan paling buruk yang pernah terjadi selama hidupku, Sahabatku meninggal di depan mataku, dan aku tidak bisa menyelamatkannya.

    Dan bodohnya aku, aku gak bisa liat dia untuk terakhir kalinya, bukannya aku enggan tapi aku masih trauma, dan aku gak bisa datang melayat kerumahnya. Itu adalah hal yang paling aku sesali. Dan jika aku bisa memutar balikkan waktu, mungkin aku akan menyelamatkannya dan sekarang kita masih bisa bersahabat, tertawa bareng dan hunting ke gramedia bareng.

    Dan kata "seandainya" tidak mungkin terjadi disini.

    ReplyDelete
  30. Nama : rhaina annisa
    Akun twitter : @rainaanisa
    Domisili : purwakarta
    Link : https://mobile.twitter.com/Rainaanisa/status/837231543584083968

    Jawaban:
    Masa lalu? Masa lalu adalah suatu hal yang pernah terjadi atau dilalui. Kalau ditanya masa lalu yg ingin dilupakan sebenarnya ada, hanya saja seiring berjalannya waktu kenangan memori dimasa lalu terlupakan dengan sendirinya. Aku percaya bahwa masa lalu tidak dapat kita buang bahkan hilang dengan sendirinya kecuali orang itu mengalami amnesia. Tapi masa lalu dapat terlupakan dengan sendirinya ๐Ÿ˜Š


    ReplyDelete
  31. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Akun Goodreads : Humaira
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/837504704976306177?p=v

    Masa lalu apa yang ingin kalian
    lupakan

    Tentunya ada beberapa hal yang ingin aku lupakan dari masa lalu aku yang kurang menyenangkan. Mungkin lebih banyak apa yang aku lakukan kepada orang lain. Tapi rasanya ga etis jika seseorang hanya ingin hidup dengan masa lalu dan kenangan yang menyenangkan saja. Semua orang tak ada yang sempurna, begitu juga aku. Masa lalu ada sebagai bahan pelajaran yang berharga bagi kita. Karena masa lalu juga lah yang membentuk kita hingga jadi seperti sekarang ini. Seberat atau seburuk apapun masa lalu, aku lebih memilih untuk berdamai dan berteman dengannya.

    ReplyDelete
  32. Nama : R Tria Octasiana
    twitter : @Anaao98
    link share : https://mobile.twitter.com/Anaao98/status/837556835351552000?p=v
    domisili : Bekasi

    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan?
    Ehm, sebetulnya bukan dilupakan sih. Cuma lebih ke "dikesampingkan". Agar lebih ringan saja untuk kedepannya.
    Perempuan pasti memiliki memory yang sangat kuat, apalagi perihal sakit hati. Right?
    Apapun yang berhubungan dengan luka, pasti dengan gampangnya dicari disudut pikirannya.
    Jadi, aku pernah punya pengalaman yang..pahit, pahit banget melebihi putus cinta *eh. Ya, aku kehilangan teman seperjuangan didetik-detik mendekati hari Ujian Nasional. Kehilangan selalu menjadi momok menyeramkan bagi aku, apalagi kehilangan orang terdekat.
    Sampai sekarang aku bahkan masih ingat kronologi obrolan terakhir yang sempat ia curahkan, garis bibirnya yang ia tarik juga lesung pipinya, pelukannya yang hangat.
    Siang hari menjelang les, dia tiba-tiba duduk disampingku melingkarkan kedua tangannya ditubuhku juga kepalanya ia senderkan dibahuku. Ia mengeluh kesakitan, juga tetiba minta maaf. Pokoknya ngobrolin kenangan dari kelas 10 hingga kls 12, curhat sana-sini, cerita cita-cita. Dan yang terakhir dia bilang "jangan tinggalin aku ya" sambil memamerkan senyumnya yang manis. Sebetulnya aku rasa ada yg aneh, mukanya yang semakin pucat, juga auranya semakin hilang.
    Keesokan harinya aku dengar dia koma, aku lemas. Hingga 2 hari, akhirnya meninggal. Sontak seisi kelas menangisinya, juga membacakan yasin juga tahlil setiap pagi.
    Ya, secepat itu? Aku gak nyangka obrolan depan kelas itu jadi obrolan trakhir. Sampai setelah satu minggu kehilangannya aku selalu dihantui mimpi tentangnya, aku merindukannya. Sampai acara wisuda pas menampilkan rekaman kelas, kita semua malah nangis. Wisuda bukannya untuk berbahagia? Iya, tapi itu kenyataannya. Menangis disela kebahagiaan melepas masa SMK.
    Aku sama sekali tdk ingin melupakan dia, tapi aku cuma ingin menyampingkan kronologi interaksi terakhir dia saat bersamaku. Rasanya perih, menyayat. Ditinggal gitu aja, meskipun aku tahu itu adalah takdir. Tapi bagaimanapun juga, masa lalu tetap masa lalu. Tetap disitu, ditempatnya.
    Yah, jadi secara tidak langsung pertanyaan kak Asri mengungkit kejadian itu, dan aku sediiiihhh :'3

    ReplyDelete
  33. Nama: Fara Astryani
    Akun Twitter: @FaraAstryani
    Akun goodreads: Faraast
    Link Share: https://twitter.com/FaraAstryani/status/837472403018018816?s=09
    Domisili: Bogor
    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan?
    Buat aku sendiri masa lalu sangat berharga karena di setiap masa lalu tersimpan berbagai kenangan yang membentuk aku sehingga seperti saat ini. Masa lalu memberikan berbagai pelajaran untuk aku untuk bekal di masa depan jadi sangat sulit memisahkan aku dengan masa lalu karena saat ini aku masih menggunakan masa lalu untuk menjalani hidup. Aku belajar dari hal-hal yang buruk dan juga menyenangkan. Setiap masa baik yang buruk maupun yang menyenangkan memiliki pelajaran hidup dan hikmah jika bisa aku tidak akan melupakannya seumur hidupku karena aku masih bergantung pada masa lalu. Bukannya ingin terjebak dengan masa lalu namun aku mengambil hal positifnya untuk tidak mengulangi kesalahan yang menyebabkan aku kembali mengalami hal yang buruk dan menyakitkan.

    ReplyDelete
  34. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    goodreads: Kiki Ryeo
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/837589867819249664

    masa lalu yg ingin aku lupakan?
    hadirnya rasa khianat diantara keluarga.
    well, sebenarnya sudah ku lupakan sih ttg hal ini. tp tetap masa lalu udah menjadi bagian dari hidup kita. sekeras apapun mencoba melupakannya, masa lalu akan selalu hadir utk di kenang dan dijadikan sebuah pembelajaran.
    tanpa masa lalu, mungkin hidupku tidak akan seru. monoton.
    dengan adanya masa lalu, meskipunn menyakitkan, banyak membawa banyak hal yg sangat penting dan sangat berpengaruh dalam perubahan hidup yg kujalani. dengan masa lalu yg menorehkan luka tsb, aku bisa menjadi sosok kuat, bisa menjadi sosok yg berpegang teguh pada prinsip serta mandiri. seseorang yg meski terlihat tangguh namun memiliki sisi sensitif menyangkut rasa kepercayaan akan sebuah hubungan.

    masa lalu yg terkadang ingin ku lupakan, karena menghadirkan sebuah perpecahan yg cukup menyakitkan. masa lalu yg hadir membentuk pribadiku menjadi seorang yg penutup dan tidak mudah bersosilaisasi karena rasa kurang percaya diri.
    sebuah masa lalu yg meski mengukir luka, mampu membuatku terdorong dan bangkit dari sebuah keterpurukan yg pernah terjadi. masa lalu yg entah bagaimanapun sangat menyakitkan selalu membuatku bersyukur bahwa pernah ada momen dimana aku merasakan bermacam perasaan diusia dini. perasaan yg membawaku pada sosok seperi ini

    ReplyDelete
  35. Nama : Jeanecya
    Akun Twitter : @jeanecya
    Link Share : https://twitter.com/jeanecya/status/837607723843756033
    Domisili : Yogyakarta

    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan?

    Apa yang bikin masa lalu nggak bisa dilupain adalah karena membekas di ingatan kita. Aku sendiri lebih memilih untuk tidak melupakan setiap kepingan masa lalu yang masih membekas. Bukan karena tidak menyakitkan, tapi lebih baik disimpan untuk belajar dari kesalahan. Aku yakin, waktu akan menyembuhkan luka yang ada dalam kenangan.

    ReplyDelete
  36. Nama: Septi Rahayu
    Twitter: Septi_Tulen
    Goodreads: Lestahayu
    https://twitter.com/Septi_Tulen/status/837599860542971906
    Domisili: Magelang, Jawa Tengah
    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan? Masa lalu yang tak perlu diingat-ingat, terutama yang mengundang penyesalan.

    ReplyDelete
  37. nama: afifah khoiriyah
    akun twitter : @Afifah_1412
    domisili : Yogyakarta
    link share: https://twitter.com/Afifah_1412/status/837629177687728128
    Masa lalu yang ingin kulupakan adalah masa lalu yg menyakitkan. Aku madih bisa menerima masa lalu yg menyedihkan tapi aku sangat ingin melupakan masa lalu yang menyakitkan membuat luka dan tak bisa terobati begitu saja. Walau aku sudah memaafkan tapi tetap saja masih tertinggal kenangan yg buruk. Saat aku tak dianggap, dihina, diejek, dikata-katain. Masa lalu dimana aku pernah kehilangan dompet...ketinggalab bia dll...Aku ingin melupakan

    ReplyDelete
  38. Nama: Siti Nihlatul Fuadah
    Dimisili: Tangerang
    Twiter: @Nihlafuadah09
    Link share: Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/837650619959672833?s=09
    Instagram: @nihlafuadah
    Link Share: https://www.instagram.com/p/BRLUJo4ApGl/

    Jawaban:
    Pertanyaannya susah ye.. :-(
    Sebenarnya jujur, ga ada masa lalu yg mau aku lupain. Karna menurutku masa lalu terlalu berharga untuk sekedar mencoba melupakan. Bukan karna masalaluku selalu baik-baik aja dan mulus aja kayak jalan tol. Justru dari masalalu yg gak baik-baik aja. Dan dari masa lalu yg lumayan gak ngenakim pake bngt menurutku itu adalah yang masa lalu yg terbaik untuk menjadi pelajaran dan pengalaman. Karna guru berharga adalah pengalaman bukan. Dan aku selalu belajar dr penglaman, selalu belajar dr masalah-masalah. Juga selalu belajar dr masa lalu yg menyakitkan baik diriku sendri maupun orang lain. Terimakasih ka..

    ReplyDelete
  39. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang
    Link share:
    http://www.peekthebook.com/2017/02/some-kind-of-wonderful-winna-efendi.html?m=1

    Sejujurnya tidak ada masa lalu yang harus dilupakan, bahkan tidak ada masa lalu yang terlupakan. Semakin manusia mencoba untuk melupakan masa lalu, maka semakin kuat juga ingatannya terhadap masa lalu. Jadi tidak ada satu pun masa lalu yang ingin saya lupakan, karena masa lalu bagi saya itu adalah tempat belajar untuk menuju masa depan. Belajar dari semua kesalahan dan belajar dari semua keberhasilan. Jadi, saya tidak akan melupakan masa lalu, yang akan saya lakukan adalah berusaha mengontrol diri untuk tidak terpengaruh dengan hal-hal buruk yang berkemungkinan besar bisa menghambat saya untuk maju.

    ReplyDelete
  40. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Goodreads :Dini Putri
    Domisili :Lampung Tengah
    Link share : https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/837529081776222208

    Masa lalu ada yang sedih dan banyak sekali yang menyenangkan. Namun disini aku berusaha melupakan masa laluku yang memalukan. Well, sebenarnya nggak terlalu memalukan. Tapi tetap saja memalukan kalau dilihat dari sudut pandangku.
    Ini terjadi saat aku kelas 2 SD. Dulu waktu SD aku sudah punya geng (haha) yang terdiri dari 4 orang. Kami sering menghabiskan waktu bersama untuk main barbie-barbie-an atau sekedar ngobrol sambil nonton teletubbies. Nah, waktu lagi ngerumpi, salah satu dari mereka ada menyeletuk. "Ada yang berani nulis surat terus dikirimin ke si A?" (Berbicara dengan gaya yang masih anak-anak) Suasana hening seketika. Semua pada diem. Tanpa diduga, tanganku terangkat keatas. Semua mata terarah padaku dengan tatapan 'yakin?' Aku cuma tersenyum meremehkan. Aku terinspirasi dari telenovela yang diputar pada jamanku SD.
    Aku mulai menyusun kata demi kata diatas secarik kertas, dan digambar-gambar orang semenarik mungkin dengan background gunung dan kawan-kawan. Lalu kertas itu aku lipat dan masukin ke kotak pensil. Paginya, aku diem-diem masukin ke kolong meja si A. Setelahnya, kami berempat ber-tos ria.
    Voila! Besok paginya kelas sudah ramai, akibat kelakuanku yang kalo dipikir-pikir memang sinting. Si A besoknya datang sama mamanya sambil mingsek-mingsek. Alhasil, aku dipanggil sama wali kelasku. Jaman dulu nggak ada takut-takutnya, dipanggil ke ruang guru ya tetep santai aja. Sampai disana, kotak pensil yang kemarin, sudah ada diatas meja guru. "Jadi ini Dini yang nulis ya?" Aku cuma mengangguk.Mau ngelak juga nggak bisa, lha orang namaku tertera jelas-jelas disurat. Gurunya juga ikut ngangguk-ngangguk. "Bulan depan ada lomba calistung (baca-tulis-hitung), Dini ikut ya?" Aku mengangguk lagi dalam hati berpikir, "Kok nggak dikasih hukuman ya? Malah suruh ikut lomba."
    Setelah mengikuti les setiap pulang sekolah selama hampir sebulan, aku pun mengikuti lomba calistung antar sekolah (kalo nggak salah). Dan ya! Aku juara 2.
    Dan sekarang aku baru paham kenapa guru memilihku waktu itu, yaitu karena anak kelas dua SD sudah nulis surat dengan bahasa yang sedemikian rupa. Sebenarnya aku sudah melupakan masa lalu yang ini, tapi karena ada pertanyaan seperti diatas, aku mencoba menggali kenangan yang sudah terkubur lama. *Jadicurcol

    ReplyDelete
  41. Nama : Laela Khikmawati
    Twitter : @elaaakk
    Domisili : Pekalongan
    Link share : https://twitter.com/Elaaakk/status/837671940273811456

    Masa lalu apa yang ingin kalian lupakan?

    Jujur saja, aku ngga punya masa lalu yg kelam, menyedihkan, memalukan atau apalah itu yg membuatku ingin melupakannya. Karena aku sadar, semua itu adalah bagian dari perjalanan hidupku.
    Masa lalu hanya perlu dijadikan pengalaman, pelajaran untuk kedepannya.
    Seberapa besar kita berusaha melupakan, tidak akan bisa mengubah skenario hidup yg sudah terjadi.
    Seperti lagunya mbak Inul, ๐ŸŽถ masa lalu biarlah masa lalu, jangan kau ungkit jangan ingatkan aku ๐ŸŽถ bukankah dari lagu itu kita bisa tau, kalau lama kelamaan kita akan lupa dengan sendirinya tanpa harus berusaha melupakan.
    Lagi pula kalaupun kita lupa suatu saat kita pasti akan ingat lagi, karena lupa tidak bisa dijauhkan dari ingat. Lain halnya dengan hilang ataupun tak pernah terjadi. Ngga munafik sih, sebagai manusia biasa kadang aku jg berharap beberapa hal dimasa lalu itu ngga pernah terjadi. Tapi kalau hal tsb tidak pernah terjadi, aku tidak akan tau bagaimana caranya memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  42. Nama: Agniya Amaliya
    Twitter: @AgniyaHood_
    Domisili: Sukabumi, Jawa Barat
    Link share: https://mobile.twitter.com/AgniyaHood_/status/837683175895646208

    Masa lalu yang ingin aku lupakan adalah ketika aku salah berpikir. Andai dulu aku nggak begitu terpengaruh oleh ucapan orang lain yang selalu membuat aku cepat berubah pikiran ketika akan melakukan suatu hal. Padahal seharusnya saat itu aku bisa melakukan hal yang sesuai dengan pikiran dan hati, maksudnya ketika aku mau berteman dengan si A atau mau bergabung dengan organisasi B, harusnya aku tetap mengikuti pikiran dan hati aku sendiri, bukan ucapan orang lain yang merubah pikiranku, dan mungkin kehidupanku saat ini bisa terisi dengan suatu kegiatan yang aku senangi. Bukan seperti sekarang yang sangat membosankan sampai rasanya ingin cepat menuju akhir hidup karena sudah kebingungan untuk menentukan tujuan hidup.

    Mungkin itu salah satu masa lalu yang ingin aku lupakan supaya sekarang aku bisa menjalani hidup sesuai kehendak sendiri tanpa terlalu mengikuti ucapan orang lain yang ingin aku gagal, dan juga seharusnya aku bisa memilih teman yang benar-benar teman, bukan teman palsu.

    ReplyDelete
  43. Nama : Agatha Caesa Permatasari
    Akun twitter : @caesagatha
    Domisili : Tangerang
    Link share : https://twitter.com/caesagatha/status/837690304631209984

    Masa lalu yg mau aku lupain ada 2 hal tentang percintaan dan pertemanan yg sebenernya gak begitu penting buat kehidupan kita. Maksudnya, harus pintar2 memilih dan memilah. Pertama, pertemanan dulu. Boleh mereka meremehkan, boleh mereka menertawakan, boleh mereka meragukan, boleh mereka nethink terhadapku, semuanya boleh saja, asal kau tidak boleh merusak impianku. Kalopun mereka begitu, aku di sini tetap mengejar mimpi dengan menjadi anak yg baik dan tetap di jalan yg benar. Sekarang, aku bersyukur karena ada mereka justru aku jadi pribadi yg kuat. Aku berusaha melupakannya, tidak mengenang masa muda kelam yg dibaluti permusuhan. Ngapain urusin mereka toh urusin hidup kita sendri aja masih susah.

    Kedua, percintaan. Aku di sini jadi peran yg gak dianggap sama sekali oleh cowok yg aku suka karena ketidakpekaannya padahal aku udah berusaha ngasih berbagai macam kode2 tapi ya begitulah sepertinya dia gak ada rasa buatku. Aku harus lupain dia dengan tetap menjalani pendidikan dan karir sekarang, menyibukkan diri, menghidar darinya, dan terus menggapai impian walaupun berat dan sakit yg aku terima. Tapi aku bener2 mau lupain kok, lagi berusaha keras. Emang cowok cuma dia doang di dunia?

    Sekian curhat saya ya kak :')

    ReplyDelete
  44. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Domisili: Palembang
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/837696104946753536

    Masa lalu apa yang ingin dilupakan?

    Kalau diminta untuk dilupa, berarti hal yang jelek-jelek dong ya?

    Jawabanku... tidak ada. Kalau pun ada, aku juga nggak tahu harus pilih yang mana. Masa lalu toh sudah berlalu. Sepahit apa pun itu bagiku tak perlu harus dilupa, karena yang penting adalah itu semua sudah tetlewati sekarang. Lagipula, tanpa ada masa lalu itu mungkin aku tidak akan pernah bisa berkaca dan menjadi diriku yang sekarang untuk lebih dewasa.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...