Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

6 March 2017

Autumn Kiss - Christina Juzwar | Blog Tour, Giveaway




Judul : Autumn Kiss
Penulis : Christina Juzwar
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-3535-3

And the blurb..

Kabar duka datang menghampiri Bianca. Sahabatnya, Zie, meninggal dunia. Kenyataan itu membuat Bianca harus terbang ke New Zealand. Tetapi, bukan hanya duka yang harus Bianca hadapi. Dia dihadapkan pada fakta bahwa dia kembali bertemu Levy Welsh, mantan suaminya. Tentu saja Bianca tidak bisa menghindar. Masa lalunya bersama Levy cukup buruk.Tapi sebuah ciuman yang tak disengaja mengubah keteguhan hati dan meluluhkan benteng tinggi yang telah dibangun Bianca. Hatinya semakin bimbang ketika dia mengetahui perasaan Levy kepadanya masih sama. Namun, bagaimana Bianca bisa memutuskan ketika di Jakarta ada Ian, kekasih barunya, yang sedang menunggu dia kembali?
  
Here we go..

Sembuhkan hatimu dulu. Aku tahu akan butuh waktu. Tapi bagaimanapun, kamu harus bisa menerima keadaan. Dia nggak benar-benar pergi. Dia akan tetap jadi bagian dirimu. Di dalam hati dan kenanganmu

Autumn Kiss bercerita mengenai kehidupan seorang Bianca Soedibyo. Bianca yang berprofesi sebagai corporate lawyer menerima kabar jika sahabatnya semenjak kecil, Zivana, meninggal dunia karena sakit kanker, akhirnya memutuskan untuk mengambil cuti dan pergi ke New Zealand, Arrowtown, karena takut jika Zie keburu dimakamkan. Kenapa di New Zealand? Karena Zie beserta Lee, suaminya dan anak semata wayang mereka, Grace, tinggal di New Zealand. Bianca dan Zie sudah bersahabat selama 25 tahun. Dan kabar tersebut membuat Bianca shock teramat sangat.

Seharusnya kedatangannya ke Arrowtown akan banyak membuatnya bersedih, namun ternyata ada rasa sebal juga yang harus dihadapinya. Bertemu dengan Levy, suami Zie, memang tak bisa dihindari begitu saja oleh Bianca. Karena bagaimana pun juga Levy bersahabat erat dengan Lee, suami Zie. Seperti Bianca yang bersahabat dekat dengan Zie. Bianca memang mencoba untuk bersikap datar dan dingin saat berinteraksi dengan Levy, tapi justru Levy lebih banyak memberikan perhatian dan itu membuat Bianca risih.

Satu ketika, disaat Bianca mabuk, dirinya berciuman dengan Levy. Ada banyak rasa saat mereka berciuman. Ada rindu disana. Bianca bingung dengan perasaannya sendiri. Padahal Levy memang mengakui jika dirinya masih mencintai Bianca. Namun, Bianca tak ingin lagi melihat ke belakang. Karena di Jakarta, sudah ada kekasih hatinya, Ian, yang setia menunggunya.

Bianca bercerai dengan Levi dengan tidak baik-baik saja. Jadi sampai sekarang pun mereka berdua seperti musuh. Namun, sikap Levy yang terlalu manis membuat sikap dan hati Bianca menjadi sulit.

Apa yang harus Bianca lakukan? Kepada siapakah akhirnya hatinya berlabuh?

Penasaran? Novel ini bisa juga lho kalian dapatkan di toko buku terdekat di kota kalian.

Selama kita terus bergerak maju dan mau berubah. Hidup mengubah kita. mengubahku

Pertama kali membaca novel kak Christina Juzwar dan langsung jatuh cinta. Kisah tentang Bianca yang galau dalam melabuhkan hatinya membuat aku dag dig dug rasanya. Bukan karena pernah mengalami, eh pernah sih galau karena cowok tapi habis itu udah deh nggak lanjut galau. Terlebih lagi kisah Bianca ini benar-benar menguras emosiku banget. Suasana kesedihan Bianca saat Zie, sahabat dekatnya meninggal dunia, bikin aku nangis. Ikatan mereka erat banget. Apalagi Zie meninggalkan anak gadisnya, Grace. Duh, bikin mendadak melow.

Nggak sulit untuk mengikuti kisah ini. Karena diceritakan menggunakan sudut pandang orang pertama. Bikin menyatu dengan karakternya. Aku bisa merasakan apa yang dirasakan sama Bianca. Ya sedihnya, gegananya, bimbangnya, bahagianya, semuanya. Konfliknya bikin aku salut sama penulisnya. Sebenarnya banyak yang menceritakan konflik seperti di Autumn Kiss ini, tapi eksekusinya yang berbeda. Disini diceritakan galaunya seorang Bianca memilih 1 orang diantara 2 orang. Yang satu sudah dikenal lama, yang satu baru saja dikenalnya. Terlebih sikap yang lama berubah menjadi baik. Sedangkan yang baru memang super duper baik. Apalagi pas Bianca menentukan pilihannya, eksekusi penulisnya ciamik banget. Bikin sayang banget kalau di-cut bacanya terus dilanjutin besoknya lagi. Yang ada malah bikin penasaran.

Hidup itu seperti bumi yang berputar. Kita akan merasakan matahari, dan kita akan merasakan bulan

Di kisah ini, perasaanku benar-benar hanyut dan masuk banget ke karakter Bianca. Jadi, aku seolah-olah mejadi Bianca dan mengalami kejadian di cerita ini secara langsung. Saat Bianca tak sengaja ciuman dengan Levy kembali setelah sekian lama, mau tak mau perasaan yang dulu pernah ada atau mungkin masih ada namun tertutup marah dan benci, kembali hadir. Perasaan rindu tapi gengsi buat bilang.

Cerita ini menggunakan alur maju mundur. Flashback dari kisah masa lalu antara Bianca dan Zie benar-benar membuatku suka. Pas banget rasanya. Apalagi persahabatan mereka seru abis. Kemudian kisahnya bersama dengan Levy diceritakan dengan porsi yang pas dan seimbang. Ada manisnya juga ada pahitnya. Semuanya menjadi satu rasa. Permasalahan mereka di masa lalu memang cukup rumit dan masih membekas hingga sekarang.

Bukan masalah mudah atau tidak, tetapi berani atau tidak. Ya, kan? Kamu terlalu terpaku pada masa lalu sampai kamu tidak berani mengambil keputusan

Dari dulu aku selalu jatuh cinta dengan New Zealand. Hanya tahu tentang New Zealand, tanpa tahu ada kota yang membuatku makin jatuh cinta, Arrowtown. Bikin aku langsung berencana pingin liburan kesana, nyari sponsor dulu ah. Siapa tahu ada yang mengadakan lomba gitu, hadiahnya liburan kesana. Wuih, pasti menyenangkan sekali. Melihat pemandangan alam disana. Setting tempat ini dipilih oleh penulis di cerita ini, dan aku merasa cocok banget dengan kisah yang penuh dengan rasa galau dan kesedihan juga full of happiness.

Eksekusi cerita ini terbilang apik dan aku suka banget. Rasanya gemes-gemes cantik nan manja tiap baca keputusan Bianca yang terkesan mendadak dan spontan. Tapi, memang sih keputusan Bianca berpengaruh banyak dengan Grace, anak Zie dan Lee, yang berarti adalah keponakannya juga. Rasanya pingin daftar jadi ibunya Grace. Ehh, bapaknya kan duda kan yaa sekarang. Ditabok rame-rame.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai indahnya setting tempatnya, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah kehangatan keluarga, persahabatan, cinta, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Aku membacanya sambil minum es krim lho.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa, kak..

Pernikahan itu seperti menaiki rollercoaster seumur hidup kamu. Pilihan kamu saat menaiki rollercoaster itu dua. Either kamu menutup mata atau mengangkat tangan kamu dan menikmatinya


=== GIVEAWAY TIME ===