Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

27 March 2017

Seruni - Almas Sufeeya | Blog Tour, Giveaway




34363999Judul : Seruni
Penulis : Almas Sufeeya
Penerbit : Penerbit Republika
ISBN : 9786020822396

And the blurb..

Seruni datang ke Indonesia setelah tujuh tahun tinggal di Jepang. Tujuannya kembali ke Indonesia untuk menemukan seseorang dan untuk mengungkapkan misteri di masa lalu.

Di awal-awal  tiba di Indonesia, Seruni bertemu dengan orang-orang baik seperti Ana dan Rifat. Keduanya adalah pemilik resto Ramsu yang mempekerjakan Seruni jadi koki dan memberikan kamar di resto untuk ditinggali. Ia merasa terbantu sekali oleh bantuan mereka.

Seruni mendapatkan kejutan luar biasa ketika Ana memperkenalkan kakaknya, Kak Aster. Kerinduan itu membuncah dan diikuti ketidaksiapan mental, membuat Seruni nelangsa.

Misteri apakah yang terjadi di masa lalu? Dan berhasilkah Seruni menemukan seseorang itu?
  
Here we go..

Seruni bercerita tentang kisah dari Seruni. Seruni yang baru saja datang di Indonesia merasa bingung akan tinggal dimanakah dia. Bertahun-tahun tinggal di Jepang dan sekarang kembali lagi ke Indonesia hanya untuk misi yang bisa dibilang besar. Tapi, memang di setiap kebingungan pasti akan ada penolong. Seruni berkenalan dengan Ana, seorang gadis muslim yang kemudian menawarkannya sebuah pekerjaan menjadi Koki di Restoran Ramsu miliknya. Beruntunglah Seruni, karena dengan pertolongan yang diberikan Ana kepadanya, dia bisa menjalankan misinya untuk mencari orang yang dirindukannya.

Saat Seruni datang, Ana langsung memperkenalkan Seruni kepada Rifat, partner bisnis sekaligus Koki di Restoran tersebut. Dan akhirnya setelah lama tutup, Restoran tersebut buka kembali. Ana memiliki dua adik kembar dan seorang Kakak. Kedua adiknya, Cantik dan Jelita tak pernah menyukai sikap Ana yang terlalu perhatian kepada Aster, kakaknya. Ana memberikan Aster perhatian lebih tanpa alasan, kondisi Aster yang depresi, tak pernah berbicara, selalu sedih, dan tatapan matanya kosong. Semua itu terjadi karena Aster kehilangan adiknya, Krisan, 7 tahun lalu karena bunuh diri. Dia seperti kehilangan semangat dalam hidupnya semenjak Krisan meninggal dunia. Ana selalu berusaha untuk menemani Aster, memberikannya semangat, mengajaknya berbicara, walaupun Aster tak pernah memberikan ekspresi apapun. Hubungan Aster dan Ana adalah saudara tiri. Aster lahir dari Mama yang berbeda dengan adik-adiknya. Dan Mama tiri Aster tak pernah memperlakukan Aster dan Krisan adiknya dengan baik.

Lalu pada satu waktu, Ana mengajak Aster ke restoran untuk mengenalkan dan mempertemukannya dengan Seruni. Tanpa disangka, Seruni terkejut melihat kondisi Ater. Seruni tak menyangka jika Aster bisa sedepresi itu. Seruni benar-benar terpukul melihat kondisi Aster. Seruni pun belum sanggup mengutarakan rahasia yang sudah disimpannya selama 7 tahun ini. Di tempat lain, Taro akhirnya mencari Seruni yang pergi dari Jepang. Tanpa sengaja, Taro bertemu dengan Aster yang memiliki wajah mirip dengan Seruni. Hingga akhirnya Taro mengetahui apa penyebab depresi Aster. Nama Krisan yang menjadi penyebab depresi Aster mengingatkan Taro akan peristiwa yang sudah dipendamnya bertahun-tahun.

Apa yang terjadi selanjutnya dalam hidup Seruni? Akankah Seruni mengungkapkan apa misinya? Apa hubungan Taro dengan Seruni? Peristiwa apakah yang dipendam Taro selama ini? Temukan jawabannya di novel Seruni.

Membaca novel ini benar-benar bikin aku gemas, baper, nangis terhari akan kelembutan hati Ana, perjuangan Seruni dan kesedihan Aster. Ana yang tetap menyayangi Aster meskipun sang Mama tak menyukai Aster membuatku terharu. Aku suka dengan ide ceritanya. Jarang membaca sebuah novel yang bertemakan tentang anak-anak yang menjadi korban perceraian orang tua. Yang ternyata berimbas saat anak-anak tersebut menjadi dewasa, mereka seperti takut melangkah menuju pernikahan akibat efek dari perceraian tersebut.

Awalnya memang dari perceraian, kemudian timbul konflik yang lain. Tentang Seruni dan keputusannya di masa lalu, tentang Aster yang menjadi pemurung, kemudian Ana yang terbelit masalah antara keluarga Papa tirinya dan Mamanya. Taro yang menjadi pribadi penuh dengan obsesi demi membalaskan dendam pada orang yang melukai Papanya.

Kalau boleh dibilang, aku sekilas seperti melihat Cinderella disini. Dimana ada cerita tentang ibu tiri yang jahat. Hampir sama dengan Cinderella. Jahatnya ibu tiri disini bukan dalam hal fisik tapi lebih kepada pilih kasih. Sama seperti Cinderella yang terasing di rumahnya sendiri, karena Ibu tirinya lebih menyayangi kedua anaknya.

Awalnya sewaktu melihat covernya, aku udah nebak kalau novel Seruni ini akan ada unsur Jepangnya. Bisa dilihat dari kimono yang dipakai oleh sesosok perempuan. Sebenarnya kalau ada setting Jepang di setiap novel, aku pasti iri, karena pingin kesana, habis itu ke Korea. Setting Jepang sendiri bisa dilihat di Restoran Ramsu. Restoran yang didesain dengan interior khas Jepang dan ada koleksi manga. Bikin betah nongcan nih, susah pergi.

Aku suka bagaimana penulis mengaduk-aduk perasaan pembacanya. Kesedihan mulai terasa disaat misteri kilasan masa lalu terungkap. Alur ceritanya sendiri ada kilasan masa lalu, dan masa sekarang. Jadi nggak susah untuk tahu antara masa kini dan masa lalu.

Tokoh favoritku disini adalah Rifat. Rifat adalah sosok yang dewasa dan selalu memikirkan segala sesuatunya dengan matang. Dan dia bukan orang yang spontan berbicara mengenai apa yang dia rasakan.

Banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari novel Seruni ini. Mengenai kasih sayang dalam keluarga, kehilangan, kesedihan, dendam masa lalu, keluarga dan cinta. Penulis meramu semua rasa tersebut menjadi satu dan membuatku susah move on dari novel ini.

So, kalau kamu mencari novel dengan tema keluarga, cinta dan masa lalu, jangan lupa untuk membaca Seruni yaa. Aku rekomendasikan buat kamu semua.

Can’t wait to read your next story, kak Almas ^^


=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel Seruni  karya kak Almas Sufeeya ini? Caranya gampang banget lhooo :

1.   Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2.   Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
3.   Follow salah satu akun sosmed di bawah ini

- twitter @bukurepublika dan @princessashr

- instagram  @bukurepublika, @almas_sufeeya dan @peekthebook

4.   Share info giveaway ini di twitter atau instagram kamu yaa (salah satu aja, kalau kamu punya twitter – share di twitter kamu, kalau kamu punya instagram – share di instagram kamu)
- twitter : sertakan link blogspot ini, mention @bukurepublika dan @princessashr, sertakan hashtag #Seruni
- instagram : repost/reshare/regram banner blogtour ini beserta caption yang ada di akun @peekthebook, tag / mention akun @bukurepublika, @almas_sufeeya dan @peekthebook sertakan hashtag #GASeruni
5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter/instagram, domisili, link share, akun goodreads (jika punya), dan jawabanmu yaa..

Apa yang kalian pikirkan ketika kalian mendengar kalimat “Jepang”?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 27 - 30 Maret 2017 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

38 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Tary Wilujeng
    Twitter : @taryhirata
    Domisili : Malang
    Link share : https://twitter.com/taryhirata/status/846208074335637504
    Jawaban :
    Kalau aku dengar kata Jepang, pasti pikirannya bunga sakura/cherryblossom. Waktu lagi berbunga bikin jalan taman jadi berwarna pink. Manis banget. Lalu pasti kepikiran sama semua manga-nya dan anime-nya Sailormoon, Wedding Peach, Chibi Maruko Chan, Shinchan, Doraemon, Hamtaro aaahh banyak deh. Lalu makanannya dan festival2nya. Rangkaian hiragana-katakana yang lumayan aku bisa baca dan tulis dan kanji yang aku nggak bisa baca maupun tulisnya. Lalu, aku suka matcha-nya, iya matcha apalagi matcha latte nemenin sore-ku waktu baca novel/buku kesayangan apalagi ditambah dengerin instrument dari Yiruma (waaah nikmatnya dunia deh). Lalu aku kepikiran sama budaya pendidikan dan kerjanya (budaya membaca dan teamworknya yg solid). Semua seni dan adatnya misal nih sadou,origami, ikebana dll.

    ReplyDelete
  3. Nama: devira belin
    Twitter : @virscnd
    Domisili : Semarang
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/846359638194847744
    Jawaban:
    yg aku pikirkan saat denger "jepang"? Yg pertama pasti iklan air mineral (aqua)wkwk. Setelah itu, kartun" yg menemaniku dari dulu sih. Kaya naruto, dragonball, doraemon sm ninja hatori wkwk

    ReplyDelete
  4. Nama: Ahmad Azwar Avisin A.
    Twitter: @azwaravisin
    Domisili: Sidoarjo
    Link Share: https://twitter.com/azwaravisin/status/846364955569926149

    Mendengar kata Jepang pasti banyak yang diingat. Tapi yang melekat jelas bunga sakura,kejadian Hiroshima Nagasaki, Hiragana Katakana, sama Kyoto.gak tahu kenapa muncul empat jawaban itu.
    Sakura sudah pasti ikon negeri Jepang itu sendiri, yakni bunga sakura.
    Hiroshima Nagasaki, soalnya dari zaman masih Sd sampai sekarang ngajar selalu baca sejarah itu. Dulu belajar untuk diri sendiri dan kini menceritakan orang lain tentang peristiwa itu.
    Kalau hiragana katakana adalah aksara Jepang yang dulu saya pelajari waktu sma, masih ingat dikit dikit tapi kalau dites saya pasti kebingungan. Heheh dan yang terakhir Kyoto, kota indah di jepang yang menjadi setting banyak film dan destinasi wisata para turis.
    Sebenarnya masih banyak sih yang terlintas soal Jepang, seperti Nippon macan asia,ksatria baja hitam, naruto, cosplay, gunung fuji, doraemon. Hemmh.. Jadi pengen ke Jepang nih saya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Erlina Dwi Novitasari
    Twitter : @erliynaDN
    Domisili : Mojokerto
    Link Share : https://twitter.com/erliynaDN/status/846496825590743041

    Apa yang kalian pikirkan ketika kalian mendengar kalimat “Jepang”?

    Jepang...
    Jepang itu suatu negara yang memiliki sejuta keindahan yang tak bisa terlupakan oleh setiap orang yang mengunjunginya. Mulai dari pakaian adatnya yang bagus banget, bunga sakura yang indah, pemandangan yang indah apalagi saat musim semi. Gunung Fuji yang indah banget dengan adanya salju di gunungnya, Terus selain itu ada film cartoon seperti doraemon yang lucu, serta komik" yang bikin balikin mood.

    ReplyDelete
  6. Mendengar kata Jepang selalu mengingatkan saya kalau warganya itu disiplin, pekerja keras, dan terkenal dengan teamwork bila dibanding western country people yang cenderung individualis. Selain itu tentu saja bunga sakura dan gempa bumi turut menambah kesan bahwa negara ini indah sekaligus tangguh menghadapi ragam geografis yang ada. Tak lupa beragam karya mangaka yang khas menjadikan Jepang memiliki bentuk kartun yang khas bila dibandingkan dengan comic dari Amerika. Singkat kata, Jepang adalah negara Asia yang sangat diperhitungkan apabila negara adidaya yang sekarang terancam tumbang.

    nama: Alfath
    twitter: @alfari_12
    domisili: sidoarjo jatim
    Link share: https://mobile.twitter.com/alfari_12/status/846512045960790016
    Follow blog ini dg akun google 'Alfath Bookreader'

    ReplyDelete
  7. Nama:Nadia nazwa mohamad
    Instagram:Nadianzwa
    Domisili: gorontalo
    Link shqre :www.instagram.com

    Jawaban saya ketika mendengar jepang adalah suatu negara yang indah,negara yang mempunyai banyak ciri khas tersendiri,negara yang terkenal dengan bunga sakura,negara yang harus di kunjungi,karena dengan berkunjung di negara tersebut kalian bisa memperoleh kenangan yang tak akan pernah terlupakan

    ReplyDelete
  8. Nama : Hanum Bella Ardya Garini
    Twitter : @Hanumbellaa
    Domisili :Sragen, Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/Hanumbellaa/status/846549368329068546

    Jepang?
    Yang langsung terlintas di pikiran saya ketika mendengar kata itu adalah dorayaki! Makanan kesukaan doraemon yang berbentuk bundar sedikit tembam. Kata mbah gugel, dorayaki ini termasuk kue tradisional khas Jepang. Dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Hm, jadi pengin nyoba :")

    ReplyDelete
  9. Nama : Utami
    IG : @zellmhyzz
    Domisili : Jawa Tengah
    Link Share : http://instagram.com/p/BSK89b5Bul5/
    Jawaban :

    Pertama kali yang aku pikirkan ketika mendengar kata "Jepang" adalah cewek-cewek sipit yang memakai Kimono. Dan pikiranku langsung melayang ke drama Oshin jaman aku kecil dulu. Setelah pertama akan ada kedua, ketiga dan seterusnya. Seperti halnya yang aku pikirkan ketika mendengar kata "Jepang". Ada Samurai yang menjadi senjata tradisional Jepang. Ada juga tradisi Harakiri yang melegenda.
    Dan kata "Jepang" membuat aku rindu masa-masa kecil. Pikiranku tertuju tentang kartun Jepang. Dulu sering berhayal jadi salah satu tokoh cewek dalam kartun Sailor Moon sambil berkata, "Dengan kekuatan Bulan". Keinget juga dulu waktu kecil seneng banget punya boneka tiup plastik Doraemon yang saat itu serial Doraemon lagi booming. Ada Ultraman dan Power Rangers jaman pertengahan tahun 90an yang dulu ngena banget sebagai tokoh superhero. Duh pikiranku jadi melayang kemana-mana kalau menyangkut serial Jepang. Out of topic nggak sih? πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Nama : Ade Lisna
    Twitter : @adelisna_
    Domisilli : Bandung, Jawa Barat
    Link share : https://twitter.com/adelisna_/status/846577551841513472


    Apa yang kalian pikirkan ketika kalian mendengar kalimat “Jepang”? yang terbesit dalam pikiranku adalah anime. karena anime adalah kartunnya jepang yang menurutku sangat apik dan menarik. juga mempunyai ciri khas tersendiri. selain itu teknologi robotnya, jepang selalu menjadi inovator pertama di dunia yang menjadi gebrakan pertama dalam teknologi robot. negara dengan julukan bunga sakura itu mempunyai kultur budaya yang sangat unik, mulai dari kimono, cosplay dan acara tahunan yang sering diadakan pada tiap musim . makanan jepang sangat unik sperti sushi yang di gulung di baluti rumput laut dan daging atau sayur

    ReplyDelete
  12. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    Domislii : Bogor
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/846624718056652804

    Jawaban
    Yang terlintas pertama kali di benak aku saat mendengar kata jepang adalah "aokigahara". Gak tau kenapa setiap kali ada kata jepang hal yg pertama kali aku bayangin adalah hutan tempat orang bunuh diri ini. Aku penasaran bgt dgn hutan aokigahara, pengen bgt datang kesana langsung dan ngeliat seperti apa hutan yg melegenda ini. Selain itu, pasti terbayang detektif conan, yuhuu detektif terfavorit dari aku kecil dulu bahkan aku punya serinya dari yg pertama dan terbaru adalah ke 89. Conan selalu jadi pelampiasaan saat aku sudah mulai lelah dgn semua tugas-tugas.

    ReplyDelete
  13. Mia saputri14:57

    Nama : Mia Saputri
    via share : instagram
    e-mail : miasaputri20@gmail.com
    Domisili : Lampung

    Q : apa yang kamu pikirkan ketika mendengar nama jepang??
    A : pertama kali yang aku pikirikan ketika denger nama jepang itu udah pasti bunga sakura yang bagus banget kalo lagi gugur dan semi. Terus udah pasti Sushi dan Sashimi terus mata sipit penduduknya dan yang terakhir sudah pasti kimono nya wkwk. Dari dulu pengen banget kejepang dan setiap sakura bersemi itu buhh indahnya ngalahin apapun dehh
    gituuaja hehe wish me luck����

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Nama :Herawati
    Via share :instagram hera.wati17
    Email :herawati.hw251@gmail.com
    Domisili :bogor

    Q :apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata jepang?
    A :jepang yg ada dipikiran aku itu,jepang negri yg indah karna jepang yg memiliki bunga sakura yg cantik, jepang juga adalah tempat yg banyak dikunjungi untuk berwisata/berlibur. Kata jepang juga sangat otentik dengan kartun contoh kartun kesukaan aku yaitu doraemon,naruto dan anime jepang oh iya dari kebanyakan anime jepang itu sangay romantis sekali. Makanan has jepanh juga yg membuat wisatawan menjelajahi kulinernya contohnya sushi dan sashimi,itu si yg aku tau. Satu lagi jepang juga mempunyai baju khasnya yaitu baju kimono. Bismillah dan wish me luck.

    ReplyDelete
  16. Nama : yasmiyanti
    twitter : @yaz_1090
    Domisili : Purworejo Jawa Tengah
    link : https://mobile.twitter.com/yaz_1090/status/846669542239748096?p=v

    Pertama kali dengar kata JEPANG aku teringat seorang penyanyi Jepang yang bernama YUI. Gara-garanya waktu SMA kesengsem sama lagunya yang berjudul "goodbye days". Saat itu belum awam orang pakai internet jadi aku rekam lagunya pakai kaset tape. Baru setelah kuliah tau kalau itu lagu ada filmnya hehehe. Dari situ makin penasaran terus sama negara Jepang.Selain negaranya penuh dengan orang-orang kreatif, banyak hal-hal positif yang patut kita tiru misalnya kebiasaan membaca, kebiasaan on time dalam melakukan segala aktivitas, budaya hidup sehat seperti berjalan ketika pergi ke kantor

    ReplyDelete
  17. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/846709597201022977
    Jawaban: yang pertama kali terpikir kalo denger kata Jepang itu bunga Sakura, Hiroshima & Nagasaki, 2 kota yang dulu di bom, sama Fujiyama(gunung Fuji).

    ReplyDelete
  18. Nama : Khaerunnisa akun twitter: @NhisaMinoz75
    domisili : Kolaka, sulawesi tenggara
    link share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/846689843870601220?p=v
    akun goodreads : Nisa Minoz.
    apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata jepang? Si Abba dan Tokoh kartun SINCHAN, Sinchan dengan alis tebalnya, jadi ingat cerita Umi tentang Abba yang pernah, ngelukis alis saya waktu masih kecil dulu, persis kayak alis Sinchan dan manggil tukang foto keliling di kampung buat fotoin saya. Karena saya cerewet banget waktu kecil dulu, terus kalau ngomong hampir mirip sama Sinchan suaranya, ya jadi si Abba ngelukis alis saya mirip seperti sinchan, terus dipakaiin baju merah, sambil duduk di kursi dan cekrek difotoin, liat hasil fotonya jadi malu sendiri, sumpah itu konyol abis, pas ngeliat foto sendiri dgan alis tebal, gak kebayang kalau teman-teman pada tau pasti saya di ejekin habis-habisan wkwkwk. Seandainya Aba masih ada, gak kebayang hal konyol apa yang bakalan dia lakuin pada adik saya hehehe.

    ReplyDelete
  19. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97 domisili
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/846737822790774789

    Apa yang kalian pikirkan ketika kalian mendengar kalimat “Jepang”?
    Negeri dengan 2 wajah (konotasi yg positif BAGIKU [baca: maksudku]). Di satu sisi, mereka mampu mempertahankan budaya tradisional mereka dengan rasa bangga. Di sisi lain mereka juga mampu berkembang mengikuti arus modernisasi. Aku pikir itu sangat keren! Jarang ada negeri yang bisa meletakkan tradisi tradisional & modern secara berdampingan serta tidak saling menjatuhkan melainkan saling menopang dan membangun Jepang ke arah kemajuan yang positif.

    ReplyDelete
  20. Nama: Ayu Widyastuti
    Twitter: @widyayu15
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/846976631898017792

    Penjajah.
    Namun ia juga negeri yang sangat disiplin, berstruktur dan rapi. Orang-orangnya ulet dan pintar. Orang Jepang ngumpul bentar aja udah bisa bikin sesuatu jadi robot. Beda kayak di sini, disuruh ngumpul malah panjang dramanya. "aku ikut aja" "iya ayo" "ayo aja dah" "ya terserah" etc... :D

    ReplyDelete
  21. Nama : Raisa hanifa
    Twitter : raisahanifa_
    Domisili : Bandung
    Link share : https://mobile.twitter.com/raisahanifa_/status/847025449121198080?p=v

    Kata jepang? Yang langsung pertama aku pikirin itu iklan aquaπŸ˜‚πŸ˜‚ pertama liat iklan aqua yang teriak jepang itu ngakak banget sumpah. Terus 'katanya' di jepang itu prostitusi di legalkan loh. Jadi hati2 kalau misalnya si doi hunting ke jepang, lebih baik ikut aja dehh wkwkwk. Daripada nyesel kan yaa hhe. Terus apao lagi ya? Hhmmmm, bunga sakura nya, trs bangunan yang bentuk nya segitiga gitu,terus cogan cogan nya, dan yang paling diinget itu waktu aku nyobain pake baju kimono yang ala jepang gitu waktu pelajaran bahasa jepang disekolah. Bukannya kaya orang jepang, malah kaya yang aneh gitu ish. Zbl bgt pokonya.

    ReplyDelete
  22. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Aceh
    Link Share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/847011764877254657

    Hal pertama yang terlintas dalam pikiranku saat mendengar kata "Jepang" adalah iklan air mineral yang sekarang lagi booming-boomingnya. Terutama pas bagian manager hotelnya nanyak ke bagian staf, "ada yang bisa ngomong Jepang?" Dan dengan santainya si staf ngucapin "Jepang!", kan zonk bangetπŸ˜‚
    Selanjutnya jika aku memikirkan lagi kata "Jepang", maka aku teringat harakiri, budaya bunuh diri bagi orang Jepang yang bisa jadi disebabkan karena malu, tidak berhasil dalam ujian atau usaha, tidak kuat menghadapi masalah, dan sebagainya. Sepertinya dimanapun mereka berdomisili, budaya harakiri tetap melekat bagi orang Jepang, seperti yang terjadi pada manager JKT48. Karena tidak kuat menanggung beban pekerjaan, akhirnya ia memilih mengakhiri hidupnya.
    Satu hal lagi yang aku ingat tentang Jepang, Sadako. Ya ampun kenapa bayanganku mengerikan sekali ya? Dulu pas masih SD aku pernah baca novel "Ring" lo, dan saat itu aku tidak takut sama sekali, mungkin karena aku masih belum teralu memahaminya. Tapi ceritanya masih teringat sampai sekarang. Dan setelah tau bahwa Sadako itu terkenal mengerikan, barulah aku merasa takut. Apalagi aku pernah dengar dari salah satu siaran radio yang membahas tentang hal-hal berbau oriental, salah satu versi ceritanya menceritakan bahwa Sadako keluar dari benda2 plasma seperti Hp, laptop, Tv. So, kita akhiri saja ya membahas tentang itu. Mba Asri juga hati2 loh, jangan baca komen sendirian dari laptop atau hp, takutnya dia keluar😱

    ReplyDelete
  23. Nama : Raisa hanifa
    Twitter : raisahanifa_
    Domisili : Bandung
    Link share : https://mobile.twitter.com/raisahanifa_/status/847025449121198080?p=v

    Kata jepang? Yang langsung pertama aku pikirin itu iklan aquaπŸ˜‚πŸ˜‚ pertama liat iklan aqua yang teriak jepang itu ngakak banget sumpah. Terus 'katanya' di jepang itu prostitusi di legalkan loh. Jadi hati2 kalau misalnya si doi hunting ke jepang, lebih baik ikut aja dehh wkwkwk. Daripada nyesel kan yaa hhe. Terus apao lagi ya? Hhmmmm, bunga sakura nya, trs bangunan yang bentuk nya segitiga gitu,terus cogan cogan nya, dan yang paling diinget itu waktu aku nyobain pake baju kimono yang ala jepang gitu waktu pelajaran bahasa jepang disekolah. Bukannya kaya orang jepang, malah kaya yang aneh gitu ish. Zbl bgt pokonya.

    ReplyDelete
  24. Nama: Rizki Ayu Safitri
    Akun twitter: @ofckikik
    Domisili: Malang
    Link share: https://twitter.com/ofckikik/status/846949712796270592
    Jawaban:
    Ada dua hal yang selalu mengingatkan aku dengan negara Jepang, yaitu sushi dan anime. Setipa ingat sushi, ingatnya Jepang. Setial ingat Jepang, ingatnya sushi. Hehehe. Anime? Waaah udah pasti dong selalu merujuk ke Jepang. Gadis gadisnya yang imut imut, laki lakinya yang ketjeh ketjeh. Aduuuh idola sekali πŸ’•πŸ’•πŸ’•

    ReplyDelete
  25. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter: @bety_19930114
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/846295129031786496?p=v
    Domisili: Surakarta

    Apa yang kalian pikirkan ketika kalian mendengar kalimat “Jepang”?
    Negara kuat yg tercatat dalam sejarah karena pernah menjadi tokoh antagonis dalam kisah masa lalu Indonesia selama 3,5 tahun. Dia sekarang justru menjadi wishlist puncak sebagai tujuan traveling ku nanti. ��

    ReplyDelete
  26. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter @ainhy_edelweiss
    Link share: https://twitter.com/ainhy_edelweiss/status/847182915939082240

    Jawaban:

    Aku kepikiran anime dan impianku. Jepang sangat kaya akan anime, yg salah satunya menjadi favoritku, dari sana aq bxk tahu hal akan jepang dan pengin mengunjungi negeri ini.
    Karena Jepang terkenal dgn budaya dan disiplinnya, aq bermimpi untuk melanjutkan sekokah di sini. Just it :)

    ReplyDelete
  27. Nama : Siti Nurhasanah
    Domisili : Sukabumi
    Twitter : @nde_NRH
    Goodreads : ndenrh
    Link share : https://twitter.com/nde_NRH/status/847216463521783808

    Jawaban :
    Hal yang terlintas dibenakku saat mendengar kata jepang adalah sakura dan sepeda. Kebetulan aku punya mimpi pengen bersepeda di bawah sakura dan berlatarkan jepang. Sederhana sih, tapi nggak tau kapan bisa terwujudnya. Terus yang terlintas dipikiranku saat dengar kata jepang itu disiplin, bambu, sushi sama kimono.

    ReplyDelete
  28. Nama : Fridalia Septiarini H
    Twitter : @frdliash
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Link share : https://twitter.com/frdliash/status/847269886002733056
    Goodreads : Fridalia Septiarini

    Jawaban :
    Jika mendengar kata Jepang, hal yang terlintas dibenakku adalah iklan air mineral, disitu pemain iklannya bertanya 'ada yanh bisa ngomong jepang?' kalian pasti taulaah. Asli aku ketawa terus setiap liat iklan itu, hehe. Selain itu aku ingat Anne Sensei, yaitu guru bahasa Jepang aku di SMA, dia adalah guru terbaik. Persiapan belajarnya keren banget.Beliau selalu membawa media berupa gambar atau lagu, jadi kita dapat mudah memahami pelajaran bahasa jepang.

    ReplyDelete
  29. Nama : Erdina Yunianti
    Twitter : @Dinnaaa_27
    Domisili : Cilegon-Banten
    Link share : https://mobile.twitter.com/Dinnaaa_27/status/847282832158334983
    Jawaban :


    Yang terlintas dibenakku ya novel Seruni ini. Novel yang berlatar Jepang ini sukses membuat aku terpukau pada pandangan pertama. Karna aku sangat menyukai Jepang dan pencinta novel, jadi pastinya yang terlintas dibenakku adalah pencampuran dari hal-hal yang kusukai yaitu novel Seruni hehehe

    Lalu yang kedua yang terlintas dibenakku adalah bunga sakura dan Osaka Mint Bureau. Osaka Mint Bureau merupakan tempat terindah untuk melihat sakura-sakura yang tumbuh. Bunga sakura yang sedang bermekaran pada musimnya sangat indah untuk dilihat dari tempat ini

    Yang ketiga terlintas dibenakku adalah makanan sushi dan baju kimono. Makanan khas dan baju khas itu merupakan ciri khas dari negara Jepang dan pastinya seluruh dunia mengetahuinya.

    Hal-hal tersebutlah yang terlintas dibenak saya saat mendengar nama Jepang. Sebenarnya masih banyak,namun ketiga hal tersebutlah yang paling terlintas dibenak saya.

    ArigatouπŸ˜„

    ReplyDelete
  30. Nama: Siti Nihlatul Fuadah
    Twitter: @Nihlafuadah09
    Link share: Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/847302787104874498?s=09
    Instagram: @nihlafuadah
    Link share: https://www.instagram.com/p/ BSP8xwHA61X/

    Ketika mendengar kalimat Jepang yang aku fikirkan adalah: Kesetian, perjuangan, kekecewaan, juga kekuatan.
    Kesetian Indonesia yg merasa Jepang adalah saudara tua. Membuat Indonesia bodoh dan bertindak gegabah. Seperti kesetian hati pada seseorang yg tak pasti kejelasannya.
    Perjuangan Indonesia yg ternyta bukan nerakhir ketika Jepang datang mengunjungi, tapi justru ternyata disitu perjuangan dimulai. Seperti perjuangan hati pada seseorang yg baru saja mengetuk pintu hati, berharap terlalu banyak tapi ternyata malah tersakiti karna hati tak pernah memilih siapa yg akan dipersilahkan masuk dan duduk di dalamnya.
    Kekecewaan Indonesia terhadap Jepang yang ternyta tidak sesuai dengan janji yg pernah diucapkan. Seperti kekecewaan hati pada ketidak pastian.
    Kekuatan tempur Indonesia menjadi lebih baik ketika Jepang datang dengan beringasnya menyakiti kita. Seperti ketika hati telah tertoreh luka, aku yakin, bukan hanya derita yg tersisa dari luka, tapi ada kekuatan baru yg menemani perjalan hati sebagai bukti dia pernah belajar terluka.
    Mungkin terdengar seperti terlalu fanatik, tapi jujur itulah yang terlintas dalam benakku ketika mendengar kata 'Jepang'. Dan jika aku salah mengekspresikan tolong maafkan. 😊

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Nama : Siti Fatimah
    Ig : st.fatimah1004
    Link repost : https://www.instagram.com/p/BSP7xuZgDja/

    Apa yang kalian pikirkan ketika kalian mendengar kalimat “Jepang”?

    Yg pertama kali ada di pikiran saat mendengar kata 'Jepang' adalah negara yg pernah menjajah Indonesia selama 3,5 tahun. Aku masih ingat ini adalah pelajaran kelas 5 SD pelajaran IPS.

    Yg kedua, adalah Ramen. Makanan yang terdiri dari mie berkuah yang diberi topping bermacam-macam. Rasanya enak, terkadang cocok dengan lidah orang Indonesia.

    ReplyDelete
  33. Nama : Khairunnisa Istiyana
    Twitter : @Khaisti_11
    Link : https://twitter.com/Khaisti_11/status/847336757242626049

    Jepang?

    Tentu saja Kimono!
    Aku suka banget sama kimono! Demi apapun.... Kimono adalah nomor 1!
    Bajunya unik yang membuat semua orang ingin memakainya!
    Sangat menyatu dengan sekitar! Apa lagi kalau festival tahun baru!
    Kimono jepang memang hangterbaik!

    ReplyDelete
  34. Nama : Mimi
    Twitter : @mimichinori
    Domisili : Bekasi
    Link share : https://twitter.com/mimichinori/status/847443811139674113
    Goodreads : goodreads.com/mimichinori

    Jawaban :

    Apa yang kalian pikirkan ketika kalian mendengar kalimat “Jepang”?

    1. Tohoshinki

    Tohoshinki adalah oppa oppa favorite saya yang debut di Jepang dengan nama Tohoshinki. Oleh karena itu, setiap mendengar kata Jepang, saya jadi memikirkan Tohoshinki πŸ˜‚ Tohoshinki yang memulai debut di Jepang dari 0, padahal waktu itu sebenarnya mereka sedang populer di negaranya. Semangat Tohoshinki untuk menaklukan Jepang, mempelajari budayanya dan bahasanya, membuat saya semakin tertarik dengan Jepang dan membuat saya terjerumus menjadi anak sasjep πŸ˜‚


    2. Kanji

    Meskipun kanji bukan huruf asli dari Jepang. Tetapi ada kalanya ketika 'Jepang' disebut, saya kepikiran huruf kanji ─yang lebih susah dibaca dari huruf gundul. Kanji itu menyebalkan! suka menjadi benalu tiap kali baca manga bahasa Jepang, karena cara bacanya yang sulit, bagi sayaπŸ˜‚


    3. Detektif Conan

    Anime yang tampaknya akan menjadi anime seumur hidup. Hihi. Anime pertama yang memperkenalkan Jepang pada saya adalah Detektif Conan ─yang waktu itu tayang di Indosiar. Meskipun bertema pembunuhan, tetapi latar anime ini kadang di tempat-tempat yang terkenal di Jepang dan tentu saja tampak real. Seperti tokyo sky tree, de el el. Jadi tiap kali ada kata jepang, saya teringat detektif cebol (?) ini.

    4. Bagaimana caranya bisa ke Jepang.

    Point terakhir ini berkaitan dengan point sebelumnya. Yah, setiap kata Jepang terdengar, saya kadang suka memikirkan bagaimana caranya bisa ke sana. Karena saya ingin sekali menonton konser Tohoshinki di Tokyo Dome. dan ingin bertemu Gosho sensei, πŸ˜‚ saya ingin meminta padanya untuk segera mengembalikan tubuh Shinichi menjadi dewasa lagi, dan segera menamatkan conan dengan ending yang indah untuk ShinRan. πŸ˜‚

    ReplyDelete
  35. Nama: Lenny AR.
    akun twitter: @justlynn23
    domisili: Banjarmasin
    link share: https://twitter.com/justlynn23/status/847455960037695491


    Apa yang kalian pikirkan ketika kalian mendengar kalimat “Jepang”?
    Ketika mendengar kalimat jepang aku langsung teringat pelajaran sejarah ketika aku SD dulu. karena aku pertama kali mengetahui tentang negara Jepang itu saat belajar sejarah tentang negara Indonesia yang pernah di jajah oleh Jepang.

    ReplyDelete
  36. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/847473601091588099
    akun goodreads: Kiki Ryeo

    Yakuza yg menyeramkan.
    Penjajah.
    Doraemon dan segala atribut dibalik kantong ajaibnya.
    Gyaru dan cosplay Animenya.
    Tingkat disiplin serta tingkat bunuh dirinya yang tinggi.
    gak tau kenapa kalo dengar Jepang, keingat sama hutan Aokigahara yg dijadikan tempat bunuh diri.
    salut sama jepang karena minimnya pengangguran, dan kompetisi disana sangatlah mengerikan. gak heran banyak orang bunuh diri hanya dikarenakan stress akibat pelajaran ataupun stres karena pekerjaan. bahkan pengangguran disana lebih memilih bunuh diri daripada menanggung malu akibat tidak memiliki pekerjaan. pekerja keras dan intelijen yg tinggi menuntut warga sana utk selalu aktif demi kemajuan negara.
    enggak mengherankan kenapa jepang menjadi negara maju terbesar diasia.

    ReplyDelete
  37. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/847468155429466113?p=v
    Akun Goodreads : Humaira

    Apa yang kalian pikirkan ketika
    kalian mendengar kalimat “Jepang”?


    Bunga Sakura.
    Duduk dibawah pohonnya sambil membaca buku dan menikmati suasananya yang indah dan menakjubkan. Juga menikmati riuhnya keadaan sekitar yang dipenuhi keluarga-keluarga yang akan piknik di bawah rindangnya pohon bunga sakura yang gugur. That's the best time and memorable moment.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...