Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

16 March 2017

Une Personne Au Bout De La Rue - Yayan D | Book Tour




Di setiap kehidupan seseorang, pasti akan ada masa lalu dan masa depan. Tergantung akan kemana langkah kaki kita membawa. Apakah ke masa lalu atau masa depan. Tapi, banyak juga orang yang melangkah menuju masa depan namun masih dibayangi oleh kejadian di masa lalu. Entah masa lalu itu pahit atau pun manis. Ada juga masa lalu yang sekedar ingin diingat atau ingin dilupakan. Terkadang diri rasanya tergelitik ingin kembali ke masa lalu, walaupun sebenarnya kita tahu jika masa lalu tersebut sangatlah pahit.

Di setiap ingatan, hati tiap orang, sepahit atau semanis apapun masa lalu tersebut, pasti akan meninggalkan kenangan tersendiri. Hanya tinggal bagaimana diri kita memaintance masa lalu kita. Mau tetap berhenti di masa lalu atau maju ke depan dan menjadikan masa lalu sebagai pelajaran berharga untuk diri kita.

Setiap luka dan sakit pasti ada obatnya. Tergantung kita mau memilih untuk diobati atau meratapi. Jika memilih diobati pasti akan menyembuhkan walaupun jalannya terjal dan berliku. Namun, apabila memilih untuk meratapi, selamat menikmati ratapan hati tanpa ingin beranjak untuk maju. Jangan sampai kita terjebak dalam pusaran masa lalu hingga kita tak lagi memiliki keberanian untuk dapat maju ke depan. Masa lalu biarlah menjadi masa lalu yang hanya perlu dikenang, diambil pelajaran atau hikmah agar ke depan tak salah lagi melangkah.  
  
Tak baik sebenarnya terus menerus mengingat masa lalu di dalam kehidupanmu sekarang ini atau dalam masa depanmu. Selain akan membuat kamu tak maju-maju, juga membuat kamu susah move on, menghambat mimpi dan langkah hidupmu. Terlebih jika kamu sedang menjalin hubungan dengan seseorang sekarang ini. Jangan biarkan masa lalumu menjadi batu sandungan dalam hubunganmu dengan pasanganmu saat ini. Tentunya kamu juga tak menginginkan pasanganmu teringat akan kenangan masa lalunya bukan?

Seperti halnya kisah Daiva dan Tristan yang ditulis oleh kak Yayan D di dalam Une Personne Au Bout De La Rue. Daiva dan Tristan masing-masing menyimpan masa lalunya sendiri-sendiri. Dimana masa lalu mereka berdua berujung pada hal yang sama, yaitu kisah cinta masing-masing yang tak berjalan baik.

Di usianya yang matang, Daiva belum menemukan pendamping hidupnya. Setelah kegagalannya di cinta pertamanya hingga kekasih terakhirnya, membuat Daiva lama kelamaan sulit untu membuka diri serta hatinya kepada orang lain. Dan itu membuat Daiva sulit untuk menjalin hubungan baru. Hal tersebut membuat prihatin keluarganya. Akhirnya mereka turun tangan, berusaha untuk menjodohkan serta mendesak Daiva agar segera memperkenalkan calon suaminya. Belum tentu lho jodoh itu bisa ditemukan dengan mudah. Apalagi jodoh yang akan menjadi pasangan hidup kita sampai akhir hayat. Nggak mudah kan?

Tristan dan Daiva memiliki masa lalu yang berbeda namun hampir sama. Tristan memiliki cinta pertama yang akhirnya kandas ditengah jalan karena pada kenyataannya Tiara, sahabatnya sekaligus cinta pertamanya lebih memilih Christian, kakak Tristan. Sampai kemudian dia bertemu dengan Karin, wanita yang akhirnya membuat Tristan jatuh cinta lagi dan lagi. Namun, sayang seribu sayang, hubungan mereka tak berjalan baik-baik saja. Pertunangan mereka batal karena rahasia Karin terbuka dan akhirnya menghancurkan semua hal.

Lalu bagaimana jika Daiva dan Tristan, dimana keduanya memiliki masa lalu yang pahit dipertemukan? Mampukah mereka berdamai dengan masa lalu mereka dan melangkah maju ke depan? Dapatkah mereka melepaskan bayang masa lalu, mengikhlaskan masa lalu dan membuka hati untuk cinta baru?

Bagaimana jika ternyata bayangan masa lalu tersebut sulit untuk dilepaskan? Bagaimana jika ternyata masa lalu itu hadir kembali demi mendapatkan jawaban atas segala persoalan yang ada? Menyelesaikan segalanya?

Kamu pasti penasaran pakai banget kan? Yuk, baca kisah Daiva dan Tristan alias DaiTris ini. Kamu pasti bakal jatuh cinta dan terhanyut di dalam kisah keduanya. Sama seperti aku yang sudah jatuh cinta sedalam-dalamnya hingga susah untuk berpaling dari kisah cinta mereka yang sederhana ini.

Chemistry antara Daiva dan Tristan ini bikin aku senyum-senyum sendiri. Kocak abis. Overall, kalau kamu mencari kisah cinta, keluarga, persahabatan, sakit hati, masa lalu, aku rekomendasikan kamu untuk membaca novel ini. Terlebih jika kamu belum bertemu dengan pasangan hidup kamu. Percaya dan yakini, jika ada seseorang yang menunggumu di ujung jalan sana untuk bersama dengan kamu melakukan perjalanan, mengarungi kehidupan ini bersama kamu. Sabar yaaa, semoga segera dipertemukan di waktu yang tepat. *self reminder banget, jangan bilan Princess galau*

=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel Une Personne Au Bout De La Rue yang dikirim langsung sama penerbit KataDepan? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun instagram @peekthebook, @princessashr, @penerbitkatadepan dan @yzacx
3. Repost/reshare/regram banner blogtour ini beserta caption yang ada di akun @peekthebook, jangan lupa mention @peekthebook, @princessashr, @penerbitkatadepan dan @yzacx, sertakan hashtag #BookTourKataDepan #CeritaMasaLalu
4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun instagram, domisili, link share, akun goodreads (jika punya), dan jawabanmu yaa..

Masa lalu yang paling kamu ingat sepanjang hidupmu apa?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 16 – 19 Maret 2017 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

22 comments:

  1. Nama: Lina Ernawati
    Instagram: @linaern
    Domisili: Tangerang
    Link share:
    https://www.instagram.com/p/BRrzk0EliyM/

    Saya punya masa lalu yang cukup buruk. bukan dalam hal percintaan, tapi dalam hal pertemanan.
    Kejadian ini sudah cukup lama, tapi sampai saat ini masih membekas dihati.
    Dulu saya punya teman main, teman belajar, bahkan teman nyontek. Ada sekitar 8 orang lah, saya sangat dekat dengan mereka karena kami juga sekelas. Pertemanan kami hampir berjalan 3 tahun, tapi ditahun ketiga semuanya rusak hanya karena satu orang. Saya tidak tahu dia punya dendam sama saya atau tidak, yang pasti teman saya yang lainnya jadi ikut memandang saya jelek.
    Permasalahan awalnya itu ketika saya tidak masuk sekolah berminggu-minggu karena sakit, dan ternyata banyak sekali presentasi. Saya mencoba bertanya pada mereka, tapi responnya nihil. Dan saya baru tahu kalau ada satu teman saya (sangat dekat dengan saya) yang memprovokasi teman-teman yang lainnya. Saya sedih karena nilai saya tertinggal banyak sekali, sedangkan tidak ada kelompok yang ingin menampung saya. Saya sudah putus asa karena pasti nilai saya kosong, ditambah banyak ulangan yang terlewat. Saya selalu pulang kerumah dalam keadaan menangis karena bingung dan stress, jurusan akuntansi itu tidak gampang dengan tugas dan ulangan yang banyak sekali. Sempat berpikir untuk berhenti sekolah, tapi orang tua saya meminta untuk tetap melanjutkan dan saya pun tahu, keluar itu bukan jalan terbaik. Akhirnya saya memutuskan untuk tetap sekolah ditengah banyaknya beban dan tekanan.
    Saya sangat menyayangkan perlakuan teman-teman kepada saya, mereka memfitnah bahwa saya itu pemalas dan tidak bertanggung jawab.
    Tapi pada akhirnya semua terbongkar, dan teman saya yang menjadi provokator bahkan sempat dipanggil guru BK dan kepala sekolah. Saya senang sekaligus kecewa, senang karena masalahnya selesai dan kecewa karena teman saya ini tidak mau minta maaf.
    dari kejadian masa lalu diatas, akhirnya saya bisa menjadikan kehidupan dimasa sekarang lebih baik lagi. Saya akan lebih berhati-hati lagi dalam mempercayai seseorang. Dan saya juga banyak belajar dari kejadian diatas, bahwa menjaga kesehatan itu sangatlah penting untuk kelangsungan hidup dalam segi apapun.

    ReplyDelete
  2. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun instagram: @callmeinsan
    domisili: surakarta
    link share: https://www.instagram.com/p/BRr-7U0g8nb/

    Masa lalu yang paling kamu ingat sepanjang hidupmu apa?

    Masa lalu ketika masih kecil dan sangat amat sulit untuk senyum. Jadi dulu setiap disuruh senyum pasti yg keluar malah senyuman sinis. Jadi akhirnya bapak yg ngira kalo aku itu sombong, jutek, cuek, dan sebangsanya. Padahal bukan karena apa, karena aku enggak bisa senyum. Setiap foto-fotoku jatuhnya pasti berwajah flat, terus tatapannya kayak orang mau ngajak berantem. Dulu pernah waktu sma, temen kakakku bilang gini, "Itu adikmu Tis? Kok wajahnya kayak mau ngajak beramtem gitu?"
    😭😭
    Baru, waktu kuliah ini aku mulai bisa senyum. Awal mulanya, aku lupa. Yang jelas, kalo bandingin foto yg dulu sama sekarang agak gimana gitu. Malu sendiri. Kadang mikir, astaga aku senyum gitu amat.
    Jadi sekarang kalo ketemu orang baru dan kelihatan jutek, aku langsung mikir mungkin dia kayak aku dulu, tipe orang yang gak bisa senyum. Heheh 😆😆

    ReplyDelete
  3. Nama : Putri Adika Lestari
    Instagram : @putriofficialb
    Domisili : Makassar
    Link Share : https://www.instagram.com/p/BRsSo4rhbhB/
    Jawaban :

    Masa lalu yang paling aku ingat, yang bahkan bekasnya masih terasa hingga saat ini adalah hari-hari sederhana di masa kecilku. Betapa dulu aku sangat mudah merasa bahagia; walau hanya berteman bianglala di pasar malam yang bahkan tidak bisa dibandingkan dengan maraknya Dufan; walau hanya makan malam bersama di warung pinggir jalan yang beratapkan tenda.
    Karena dulu masih ada sosok Mama yang menemani hingga aku terlelap tidur, dan masih ada sosok Ayah yang memberiku kejutan di setiap bertambahnya umurku.
    Namun, 6 tahun lalu. Aku ingat semuanya berawal dari sana. Pertengkaran mereka yang belum aku mengerti. Hingga berujung pada perpisahan yang hingga kini baru aku pahami. Mereka pergi dengan hanya menitipkanku seakan aku adalah sebuah barang. Mereka pergi tanpa tahu, bahwa kenangan akan masa lalu yang mereka toreh dalam hidupku masih membekas dan akan selalu memberi luka di saat aku mengingatnya ..

    ReplyDelete
  4. Nama: Nurul Astri
    Akun Instagram: @astri.ramadhan
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://www.instagram.com/p/BRs03AIh-YY/
    Akun Goodreads: Nurul Astri

    Masa lalu yang paling kuingat hingga sekarang adalah detik-detik terakhir sebelum Bapak meninggal. Padahal waktu itu aku masih kecil banget, sekitar tiga atau empat tahun. Bapak meninggal karena stroke dan aku masih ingat banget waktu Bapak lagi dingajiin sama keluarga-keluargaku, aku berbaring di sampingnya. Anak seumuran itu belum ngerti kalau sosok yang selama ini jadi panutannya udah pergi ke alam yang lain. Aku nggak nangis sama sekali, aku cuman diam, tiduran sambil tatap muka Bapak. Tapi justru hal itu yang paling menyedihkan yang sampai sekarang masih terus berbayang. Karena pada saat Bapak meninggal, aku belum sempat memeluknya, belum benar-benar mengucapkan selamat tinggal atas kepergiannya :")

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Nama: Rika Febriyanti
    Instagram: rikafbrynti
    Domisili: Bogor
    Link share:
    https://www.instagram.com/p/BRvO5goBuc3/

    Masa lalu yang paling aku ingat adalah bahkan sampai sekarang ada bekasnya adalah waktu itu aku masih kelas 4 SD, masih zamannya main sepeda bersama teman semasa kecil. Teman kecilku bernama Bedo, dia laki-laki dan sering memakai sepeda dewasa, yaitu besar dan jok untuk duduknya tinggi, tapi dia bisa mengendarainya. Waktu itu aku iseng-iseng meminjam sepedanya dan diizinkan oleh Bedo, berhubung dulu aku masih pendek dan tidak bisa menaikinya, aku menaikinya dibantu oleh Bedo. Tapi saat aku mencoba mengayuhnya lebih jauh, aku terjatuh dan darahku banyak mengalir, dan parahnya tangan aku terkilir. Aku pulang diantar oleh Bedo, aku menangis pada Mama, tangan kananku ternyata tidak bisa digerakkan sama sekali, bahkan untuk menekukkan tangan sedikit pun sama sekali tidak bisa, rasanya sakit dan akhirnya membengkak dan tanganku membesar sebelah. Sampai aku masuk sekolah pun, aku tidak bisa mencium tangan guruku, karena tanganku tidak bisa ditekuk sama sekali, dan waktu itu guruku menyarankan aku untuk diurut.
    Aku dibawa ke tetangga untuk diurut sampai 2 kali, tapi ternyata tanganku tidak sembuh sempurna, maksimal tangan kananku hanya mampu menekuk agak jauh dan tidak sampai mencapai ke bahu.
    Bahkan sampai sekarang, tangan kananku tidak bisa menekuk mencapai ke bahu, tulangku sudah permanen dan sudah tidak ada kemungkinan untuk memperbaikinya kembali karena takut lebih parah lagi dari ini. Jika pelajaran olahraga pun, jika pemanasan ada gerakan tangan ke bahu, aku sampai menarik baju daerah bahuku membuat kamuflasenya. Tapi, aku masih bersyukur karena tangan kananku masih bisa untuk ditekuk walaupun tidak sampai ke bahu seperti tangan kiriku. :')

    ReplyDelete
  7. Nama : alya trihartina
    IG : alyaaath
    Domisili: Sukabumi
    Link share : https://www.instagram.com/p/BRvVv55hHXW/


    Masa lalu yang paling kamu ingat sepanjang hidupmu apa?

    Masa lalu ya? Banyak sih.. Tapi salah satunya yg terlintas dikepalaku adalah.. Ketika aku dilecehkan oleh anak laki² waktu itu aku masih sd ya aku sangat ingat ituu bahkan sampai sekarang.. Tidak bukan silecehkan sampai jauh tidak tetapi hanya dipengang saja. Dan itu hampir membuat aku trauma akan lelaki, dan aku merasakannya perubahan pada diriku sendiri waktu itu, bahkan hampir berbulan-bulan aku tidak keluar rumah (kecuali untuk pergi sekolah) awalnya aku tidak pernah bilang ke orang tua ku.. Karna aku takut waktu itu, tetapi aku mencoba memberitahu kepada guru bersama temanku, tetapi yaa guru itu malah bilang 'bogoh mereun si g****) aku gk kuat apalagi si 'g' itu bilang² ke temen² lain kalo aku beginilah begitulah.. Aku udah gak kuat jadi aku bilang ke orang tuaku, orangtuaku bilang kpada pihak sekolah dan akhirnya setelah bermusywarah si 'g' itu diskors. Menurutku itu kurang!! Tetapi akhirnya akulah yg keluar dari sekolah itu dan pindah ke sekolah lain. Kejadian itu waktu aku kls 5 sd. 2thn kemudian aku masuk smp dan betapa terkejutnya aku bahwa si 'g' itu masuk sekolah yg sama denganku.. Beberapa bulan sudah aku sekolahdisana, dan betapa sangat terkejutnyaa si 'g' itu menghalangi aku waktu pulang, ku kira dia mau apa ternyata dia mau minta maaf dan yaa aku gk ngejawab aku langsung lari bareng temen aku.. Bsoknya aku gk sekolah.. Dan harusnya aku moveon dan belajar untuk memaafkannya. Dan lusanya aku masuk sekolah kembali si 'g' itu kembali menghalangiku ketika aku akan jajan.. Dan akhirnya akupun memaafkannya.

    "Ya masa lalu adalah masa lalu, masa lalu tidak bisa dihapus begitu saja dari hidup kita, masa lalu juga bukanlah untuk dilupakan, tetapi untuk menjadi pelajaran dimasa yg akan datang"

    ReplyDelete
  8. Nama : Erdina Yunianti
    Akun IG : @erdinayunianti_
    Link share : https://www.instagram.com/p/BRvpQvVDWBd/
    Domisili : Cilegon-Banten


    Masa lalu yang paling kamu ingat sepanjang hidupmu apa?

    Ini cerita dari mass lalu yang aku inget seumur hidupku dan bener2 aku alami. Jadi dulu waktu aku SD sekitar kelas 2an gitu lah, mamah baru beli kulkas baru kan.
    Aku tuh seneng gitu makanin es batu. Suka aku emut emut gitu.
    Jadi tiap mamah bikin es batu aku tuh suka banget nyemilin es batunya.
    Suatu hari aku bilang ke mamah :
    "Mah kok es batu ga ada?"
    "Iya mamah ga buat tadi lupa"
    "Yahh terus aku nyemil apaan dong mah?"
    (Kaya gak ada makanan lain aja di dunia ini 😵)
    Yaudah aku ngambek tuh ke mamah. Sampe akhirnya aku yang entah jenius atau saking polosnya ini mendapat ide cemerlang.
    Kan ada freezer,pasti dingin kan tuh. Terus dengan gagah beraninya aku jilat itu freeezer.
    Eh gak taunya lidah aku nempel. Iya nempel. Nempel ke freezer itu. Lahh panik tuh akunya. Udah minta tolong tapi gak ada yg denger. Iyalah gimana mau denger wong lidah aku aja nempel di frezeer.
    Ada kali sekitar tiga menitan aku disana diem,nangis sambil melet (karna lidah ketempel di freezer). Eh gak lama mamah datang tuh. Yaaa mamah sempet bingung juga sih kenapa aku bsa sampe kayak gitu. Yaudah deh mamah nolongin aku sambil ketawa-ketawa gitu dehh mungkin mamah seneng kali liat anaknya menderita. Akhirnya dipakein air anget deh freezernya, alhamdulillah finally lepas juga lidah aku dari freezer itu. Dan entah kenapa sampe sekarang umur aku yg lagi otw 19 thn ini, kalo buka kulkas terus liat freezer jadi keinget kejadian absurd itu. Dan kalo-kalo di inget-inget lucu juga yaa kejadian jaman sd ini hahahaha..
    Mudah-mudahan aku berjodoh dgn novel ini 🙏 soalnya pengen beeuutt punya novel ini 😆 Terima kasih kak untuk giveawaynya 😘😘

    ReplyDelete
  9. Nama: Indri Octa Safitry
    Akun ig: @Inosaftr
    Link share: https://www.instagram.com/p/BRw6J_ZD5O5/
    Domisili: Kota Cilegon
    Jawaban:
    Masa lalu yang selalu diingat mungkin salah satunya adalah dimana aku dan dhy pulang dari malam mingguan. Belum pacaran sih masih tahap PDKT, di mobil kita bercanda canda, ngobrol2 sampe akhirnya dhy bilang: coba deh tangan kamu sama tangan aku gedean siapa? *dhyngulurintanganmenengadahkeatas*
    Aku dengan polosnya pun ngulurin tangan menelungkup kebawah dan menaruh tangan diatas tangan dhy. Dhy dengan ledekannya menggenggam tangan aku sambil bilang: tangan kamu kecil yah, gedean tangan aku. Aku cuma bisa senyum senyum liat sikap dia. Dia orang nya cuek, gak bisa romantis. Alhasil buat megang tangan aku ajah modusnya pengen bandingin tangan aku sama dia. Ahhh sweet bener waktu itu. Belum lagi, tiap ketemu klo aku susah makan, dia pasti deh suapin aku. Dan yang selalu aku inget tiap ketemuan sama dia itu, dia gak suka aku duduk jauh2 sama dia pasti dia bakal bilang: ngapain duduk jauh jauh sih? Mau jodohnya jauh juga? Disini juga jodoh kamu nya. Ahhh sweet moment deh pokoknya klo inget semua itu. Sekalipun aku sama dia akhirnya gak bisa bersatu alias dia ujung2nya jadian sama cewek lain, tapi aku bersyukur pernah dicintai sama dia dan seneng pernah punya banyak kenangan bareng dia. Ahh jadi gamon deh bahas dia alias gagal move on 😭😭😭

    ReplyDelete
  10. Nama : Betesda Conelly
    Akun Ig : cornelly.trg
    Link share : https://www.instagram.com/p/BRvGal6hW7o/
    Domisili : Medan

    Masa lalu yang palung saya ingat dan pasti akan terus dikenang adalah saat saya dan mama liburan ke Bali, tepatnya tahun lalu (tahun lalu termasuk masa lalu kan?)
    Kenapa begitu berkesan? Karena pada akhirnya saya dapat mewujudkan mimpi itu menjadi nyata, saya pernah membaca sebuah quote yang menyatakan "jangan mati sebelum melihat Bali" Bali meninggalkan kesan yg sangat mendalam untuk saya, dan membuat saya lebih bersyukur akan keindahan dunia yg telah Tuhan ciptakan di dunia dan beserta seluruh isinya

    ReplyDelete
  11. Nama: Siti Nihlatul Fuadah
    Domisili: Tangerang
    Instagram: @nihlafuadah
    Link Share: https://www.instagram.com/p/BRsBXuFgN3A/

    Ketika membicarakn masa lalu kita akan membicarakan kenangan juga bukan? Naj, kenangan yang paling berkesan sepanjang hidupku sampai umurku sekarang adalah ketika kelulusan SMA ku. Aku yang sudah biasa hidup jauh dari kelurga dan selalu bersekolah diasrama dari SD hingga SMA membuat naluri dan keinginanku sebagai anak mempunyai moment istimewa bersama keluarga. Terutama Ibu sebagai orang tua tunggalku. Tapi sayang, Ibu jarang sekali memiliki waktu luang untuk sekedar bercengkrama. Kadang atau lebih sering bahkan ketika disekolahku mengadakan agenda untuk pertemuan wali murid seperti untuk acara pengambilan rapot atau semacamnya, yang menjadi waliku lebih sering paman atau bibiku. Hingga ketika hampir setiap wisuda sekolahkupun yang menjadi wali adalah pamanku. Yang menatapku bangga ketika naik keatas panggung setiap wisuda untuk sekedar pengambilan piala karna rezeky dapet pringkat pertama adalah paman atau bibiku. Aku tidak pernah kecewa akan hal itu, karnasebagai anak, aku juga sadar diri Ibu seperti itu untukk kebaikanku. Hingga perayaan wisuda di SMA Ibu akhirnya yang menjadi waliku. Betapa senangnya aku, tapi sepertinya Ibu tidak senang dengan itu. Karna, diwisudaku kali ini aku tidak lagi menjadi peringkat pertama. Aku tahu Ibu kecewa. Karna di SMA nilai beljarku lumayan merosot jauh. Tapi Ibu tetap tersenyum, sambil menguatkanku dengan mengatakan, "Alhamdulillah rezeky teteh di SD sama SMP aja yah, rezeky tahun ini dengan kedatangan Ibu aja yah.. " Ya Allah jika aku boleh meminta dan mengulang waktu. Lebih baik aku tidak pernah mendapat peringkat setiap kelulusan, jika memang rezeky itu menghambat kebahagianku untuk dapat perhatian Ibu.
    Mungkin cuma ini kenangan kecil yang selalu membuatku haru dan tersenyum senang saat mengingatnya. Dan aku tidak akan pernah lupa dengan detai kejain dimna Ibu memelukku untuk mengucapkan selamat langsung padaku dihari kelulusan itu.

    ReplyDelete
  12. Nama : Utami
    IG : @zellmhyzz
    Domisili : Jawa Tengah
    Link Share : https://www.instagram.com/p/BRx4PJWhoyt/
    Jawaban :
    Masa kecil masih terpatri dalam ingatan. Masa dimana hidup tanpa beban. Tak ada persoalan yang bersemayam. Tak pernah merasa sendirian. Tangan-tangan mungil bergandengan. Jemari saling bertautan. Berlarian menikmati langkah yang di jejakkan. Berlomba berbagi kebahagiaan. Tawa canda beradu beriringan. Gelak riuh menggema bersahutan. Segalanya diselimuti senyuman. Kesedihan seperti enggan datang. Hidup hanya ditemani celoteh riang. Saat ada pinta, ulurkan tangan. Tak usah berjuang. Benar-benar masa yang menyenangkan. Tak pernah dipeluk kesepian. Tak pernah didekap kesenyapan. Tapi seiring detakan waktu, masa lalu tlah jadi kenangan. Berada jauh di belakang. Dan ketika rindu mencumbu, memori menjangkau masa lalu. Menghirup kembali kenangan. Merasai lagi waktu yang tlah terlewatkan.

    ReplyDelete
  13. Nama: Ulva Novitasari
    Akun instagram: @ulvanov
    Domisili: Blitar - Jawa Timur
    Link share:https://www.instagram.com/p/BRyJ8zPlwZR/

    Masa lalu yang paling aku ingat adalah aku pernah operasi pengangkatan kista.
    Awalmulanya sih waktu semester akhir kelas 3 SMP, berat badanku naik, jadi lebih gemuk dari sebelum"nya. Awalnya seneng" aja karena dulu itu aku kurus banget. Tapi beberapa bulan berlalu mulai ada yang aneh sama tubuhku, perutku jadi lebih besar trus lebih keras kayak orang lagi kembung gitu. Apalagi kalau waktunya tamu dateng, itu sakit banget, sampai harus minum obat pereda nyeri dan dikompres. Karena makin hari makin besar juga perutnya, periksa ke dokter, waktu itu pertama k dokter penyakit dalam, sama dokternya dikasih rujukan untuk USG. Dari situlah ketauan kalau ternyata ada kista. Setelah tau penyakitnya, mulai cobalah berobat alternatif, dari mulai minum suplemen sampai pake minyak terapi. Dan tetep gak ada perubahan. Setelah cari info sana-sini, ada info tentang dr kandungan profesional yg dulu pernah nanganin tetangga. Dicobalah ke dokter itu, dan Allah ternyata gak ngijinin buat berobat ke dokter tersebut, karena pas disana dokternya baru meninggal siang harinya. Jadi pulang lagi ke rumah dan memutuskan buat ke dokter kandungan yg dikotaku saja. Waktu itu puasa hari ke-8 kalau gk salah, aku diperiksa, dan dokter langsung bilang "besok malem operasi y, biar cepet sembuh". Jujur syok banget waktu itu, anak kelas 1 SMA yg gak pernah kepikiran buat dioperasi bagian tubuhnya harus mau nggak mau gejalani prosedur operasi yg kata orang sakit. Takut juga gimana efeknya nanti, Alhamdulillah dokter bilang kalo kistanya di luar kandungan. Sebenernya yg paling menegangkan adalah waktu di meja operasi, yg kedengerak rasaya juga denting jarum jam. Setelah operasi dan masa pemulihan hampir sebulan, dokter selalu ngingetin buat jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan mengandung MSG, karena itu salah satu pemicu kista membesar.

    Ini jadi pelajaran buatku untuk jaga makanan, jangan cuma enak tapi harus sehat dan bergizi. Dulu hampir setiap hari pulang sekolah makan bakso, setelah sakit itu, hampir 3 bulang gak pernah lagi makan bakso. Kalo sekarang makan bakso atau mie instan maksimal seminggu sekali kalau bisa malah sebulan sekalim

    ReplyDelete
  14. Nama : Sofhy Haisyah
    Domisili : Makassar
    IG : @fhyhaisyah
    Link : https://www.instagram.com/p/BRyfasfjjuF/

    Aku pernah dikatain "Bodoh" sama guru Seni Rupa pas SMA. Karena, saat itu aku terlalu barbar mewarnai buku gambarku dengan kuas dan cat air. Tapi jujur sih, aku gak ngerasa bersalah sama sekali, soalnya teknik pewarnaan yang diajarkan saat itu benar-benar membosankan. Warna dan bentuknya gak jelas hasilnya apaan. Disuruh tuang cat air terus ditiup-tiup, bisa juga pake kuas, tapi giliran pake kuas dikatain "Bodoh". Alhasil, aku disuruh ngulang buat karya seninya, dan saat penilaian entah tuh guru merasa bersalah ataukah takjub dengan hasil tugasku diberi nilai A. Tapi dalam hati aku berkata, "percuma dikasih A, ini teknik pewarnaan pertama dan terakhir kali aku buat".

    Kisah diatas benar-benar (salah satu) masa lalu yang paling aku ingat, kelihatan kan dari satu kata yang paling menonjol, yaitu "Bodoh" >_<

    ReplyDelete
  15. Nama: Puja Sindia
    Akun ig: @blckaddck
    Domisili: Jakarta Selatan
    Link Share: https://www.instagram.com/p/BRzG5UQgzaJ/

    Masa lalu yang sampai sekarang selalu teringat dalam hidup saya? Ada dua hal di masa lalu. Ada tawa dan tangis. Namun, nyatanya hanya Sang tangis yang selalu terbayang ke mana pun saya berjalan. Nyatanya, hanya kesedihanlah yang terekam jelas di antara banyaknya tawa tawa kebahagiaan. Nyatanya, sebanyak apa pun tawa, maka tangis tetap diperlukan. Karena tawa dan tangis adalah dua sosok yang memiliki keterkaitan satu sama lain.

    ReplyDelete
  16. Nama: Fara Astryani
    Instagram: Faraast
    Domisili: Bogor
    Link Share: https://www.instagram.com/p/BRxEk6PjamL/

    Belum lama ini kakak dari bapak berpulang , salah satu orang yang sangat aku sayangi, salah satu orang yang banyak mengajari aku tentang kehidupan.
    Semalam aku mengingat bagaimana perjuangan beliau hingga bisa menyekolahkan ke empat anaknya di universitas negeri ternama di Indonesia banyak hinaan yang beliau terima sampai pernah bikin aku menangis ketika mendengar cerita dari sepupuku. Perjuangan beliau tidak siasia anak-anaknya mampu memberangkatkan haji sebelum beliau berpulang, mereka pada awalnya memang dari keluarga berada namun ketika terjadi krisis ekonomi tahun 98 , semua berubah beliau berjuang keras hingga akhir untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga sukses seperti sekarang. Aku memang bukan anaknya tapi dia selalu menganggap aku sebagai anaknya. Aku orang pertama di dalam keluarga yang tidak bisa masuk universitas negeri itu tapi beliau selalu menyemangatiku ketika waktu aku dalam keadaan terpuruk kala itu di saat aku tidak diterima di univeritas negeri beliau orang pertama yang memberikan saran kepada aku dan ayahku apa yang harus aku lakukan , saran-saran dari beliau aku terapkan dan motivasi yang diberikannya selalu membuat aku kembali bersemangat untuk mencapai cita-citaku walaupun tidak melalui universitas negeri itu setiap motivasi dan saran yang beliau berikan selalu aku ceritakan kepada teman-temanku yang terpuruk saat semangat kuliahnya menghilang karena belajar dari pengalaman beliau aku bisa menyemangati teman-temanku untuk menuju kesuksesan.

    ReplyDelete
  17. Nama:kristi A
    Dom: bekasi
    Ig: @itsmemedusaa
    Link share: https://www.instagram.com/p/BR0DiQgDvWA/


    Masa lalu yang aku ingat sepanjang umurku yaitu pernah kecelakaan motor sama kakak laki-lakiku dan temennya kakak juga,jadi kita naik motor bertiga pada waktu aku kelas 3 SD.
    Ceritanya aku pulang sekolah hari jum'at,belum makan,belum ganti baju rumahan juga,masih inget juga kalo pake baju olah raga karena pas hari itu habis olah raga,aku dengar ibu minta tolong kakak beliin obat buat adekku masih bayi waktu itu di apotek karena lagi sakit,akhirnya aku minta ikut,karena kakakku ngajak temennya jadinya kita boncengan bertiga karena aku masih kecil jadi masih bisa boncengan bertiga,saat itu panas-panas lewat jalan raya pantura,tiba-tiba dari arah belakang ada pengendara sepeda motor lain nyenggol motor kita kenceng banget,posisi kita padahal udah di pinggir banget dan gak ngebut,entah kenapa bisa bapak itu nabrak kita padahal jalannya juga lagi sepi,akhirnya motor kita jatuh,kakakku ketindihan motor bagian yg ada knalpotnya jadi kaki,wajah,tangan pada melepuh semua,aku untungnya gak kenapa-kenapa soalnya aku di dorong sama temen kakakku biar aku gak terlempar ke tengah jalan,akhirnya dia sendiri yang kelempar ke tengah jalan,aku bener-bener bersyukur banget gak ada mobil/bis/truk lewat sama sekali,jadi untungnya temen kakakku cuma lecet-lecet aja kena aspal panas,aku gak bisa bayangin kalo sampe mobil atau kendaraan besar lewat pas kejadian bisa-bisa nyawa temen kakakku melayang mengingat itu jalan tol pantura.
    Aku sempet bingung tiba-tiba duduk dipinggir jalan,pas aku liat kakakku kesakitan karena masih ketindihan motor baru aku nangis kenceng banget,aku gak bisa bantu karena aku masih kecil jadi cuma bisa nangis sambil liatin kakak kesakitan,akhirnya bisa diangkat motornya dibantu sama temen kakakku dan orang-orang yang kebetulan lewat,dan tenyata tetangga sebelah rumahku juga pas itu lewat dan lihat kita akhirnya bantu bawa kakakku ke puskesmas terdekat,abis dari situ kita langaung pulang,pas itu aku diboncengin sama tetanggaku itu,jadi kakakku naik motor sendiri boncengan sama temennya kakak yang ikut jatuh juga,karena aku nyampe duluan,aku langsung manggil-manggil ibu sambil nangis,aku ditanyain cuma nangis doang,akhirnya tetanggaku itu yang ngomong,jadinya ibu ikutan nangis juga,saat itu bapak kerja merantau jadi gak dirumah,pas kakakku nyampe rumah ibu tambah histeris nangisnya liat sekujur badan dan wajah kakak melepuh,untungnya gak ada tulang patah jadi cuna memar aja sama melepuh juga. Aku masih inget ibu bilang sambil meluk aku "ya allah kalo sampe kalian kenapa-kenapa ibu bisa kehilangan dua anak sekaligus".
    sodara yang pada disitu ikut-ikutan nangis juga,dan aku gak bisa lupain gitu aja karena kejadian itu yang bikin aku trauma gak mau belajar motor,semua temen/saudara/bahkan adik aku (yg pas kecelakaan itu masih bayi) dan sekarang udah kelas 2 SMP udah bisa naik motor,walau semua sodara nyemangatin buat belajar motor tapi aku tetep gak mau,aku bener-bener trauma,ditambah lagi beberapa tahun yang lalu aku juga pernah jatuh pas lagi diajarin naik motor.

    Dan soal kecelakaan tadi itu tabrak lari,jadi bapak yang nabrak kita gak bertanggung jawab,tapi aku gak mau dendam,biarkan Allah membalas perbuatan yang tidak terpuji tersebut.

    Thank you 😊

    ReplyDelete
  18. Nama: Rizki Fitriani
    ig: @keeptrianif
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://www.instagram.com/p/BR0iAMGgf-e/
    goodrd: Kikii Ryeo

    masa lalu yg selalu dan bakal selalu kuingat itu pas hari lahir ke enam belas. bukan pesta atau hiburan yg ku dapat justru hal yg gak pernah aku duga sebelumnya. aku punya catatan semacam diary gitu sejak aku duduk di bangku sekoalh dasar dan entah kenapa kok nyokap tau dan ngebaca catatan tsb, pdhal buku catatan aku banyak. yg mengejutkan aku bukan kue ataupun ucapan selamt di tengah malam. justru aku mendapati semacam pesan aneh dan gak jelas gitu. pagi harinya aku di kagetkan oleh ajakn nyokap, ku kira awalnya di ajak jalan buat hadiah ultah. eh gak taunya di ajak ke rumah sakit. kaget? tentu. heran? pasti.

    singkat cerita, aku di daftarin nyokap buat check up kesehatan. yang gak bakal aku lupa sekaligus hal yg paling mengagetkan itu waktu aku dikasih roti sama sekotak susu. bingung dong jelas. dan ternyataaaa aku udah jadi pasien yg bakal mendonorkan darah. impian yg menurutku hanya hayal semata. aku tuh takut sama yg namanya jarum suntik dan stetoskop. parno sendiri kalo ngelihat dua benda itu.. apalgi pas waktu jarumnya nancep utk pertama kalinya, lalu saat selang yg mengambil darah gak dilepas2 oleh susternya sempat bikin aku takut sendiri. sempat hampir nangis ketakutan kalo aku nanti kehabisan darah bagaimana, trus nanti kalo nanti darah aku gak bisa nambah juga gimana:D lucu aja kalo keinget jadian itu, kejadian yg gak bakal pernah aku lupain dan kejadian yg sangat aku syukuri hingga detik ini.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Nama : Betris nur afifah
    Akun instagram : @Ciraangelina
    Domisili : Surabaya
    Link share : https://www.instagram.com/p/BR0k7algvyp/?taken-by=ciraangelina
    Akun goodreads : Cira Angelina

    Masa lalu yang paling kamu ingat sepanjang hidupmu apa?
    dan jawabanku hanya satu yaitu masa SMA, karena masa SMA adalah masa yang memiliki seribu kenangan pahit manis yang berada dibawah ketidak stabilan emosi remaja.
    Kenangan yang paling ku ingat adalah kenangan yang pahit, walau awalnya sangatlah indah saat aku pertama bertemu dengannya. Cowok kharismatik yang berwibawa, dia adalah ketua kelasku saat aku berada di kelas 10. Aku dan dia akhirnya bersahabat hingga kls 12, tiga tahun lamanya kami bersahabat, tapi aku merasa persahabatan ini tidaklah murni. Ada benih-benih cinta yang terselip diantara persahabatan kami. Aku tahu cowok itu suka padaku karena dia pernah mengungkapkan isi hatinya,namun karena kita yang sama-sama ingin fokus belajar menyelesaikan SMA,sehingga kita tak samapai pada yang namanya pacaran. namun cowok itu berkata bahwa dia akan menungguku. Hingga aku tau ternyata teman sebangkuku (salma) juga memiliki rasa cinta kepada cowok itu.
    Salma teman sebangkuku yang juga sahabatku tahu bahwa aku juga memiliki rasa pada cowok itu, karena aku sering menceritakan isi hatiku pada salma. Tapi hal yang tak kuduga selama ini terjadi yaitu kira-kira beberapa minggu sebelum Ujian Nasional, aku mendengar kabar bahwa salma dan cowok itu sedang menjalin hubungan. Dan Cowok itu mulai mejauhiku, begitupun juga salma yang sudah tak menjadi sahabatku lagi. Akupun hanya bisa diam dan melanjutkan kehidupan SMA ku dalam bayang2 mereka yang sudah terang-terangan bergandengan tangan di depanku.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Nama : Laela Khikmawati
    Instagram : @astroella_
    Domisili : Pekalongan
    Link share :
    https://www.instagram.com/p/BR0zUguATdG/
    Goodreads : Laela Khikmawati

    Masa lalu yang paling kamu ingat sepanjang hidupmu apa?

    Ketika mendapatkan peringkat 1 kelulusan SD.
    Waktu itu aku ingat banget, teman2ku banyak yg ikut les, tp karena ekonomi keluargaku biasa2 saja, jadi aku tidak pernah ikut les pelajaran, bahkan sampai sekarang.
    Aku selalu belajar sendiri atau dibantu orang tuaku. Sebelum UN setiap pulang sekolah aku akan belajar, mengulang yg diajarkan bapak/ibu guru disekolah, malamnya aku selalu latihan mengerjakan soal detik2. Seminggu sebelum UN intensitas belajarku makin bertambah, aku selalu membawa detik2 UN ketika disuruh ibu menjaga warung, saat tidak ada pembeli aku akan mengerjakan soal2 latihan UN di warung.
    Ada satu tetanggaku yg mencibir, meremehkanku, meragukan kemampuan belajarku karena tidak ikut les seperti anaknya. Tapi aku cuek saja.
    Akhirnya saat wisuda kelulusan, aku dipanggil naik ke panggung dan mendapat peringkat 1, mendapat piala, beasiswa untuk melanjutkan ke SMP favorit di kotaku dan beberapa hadiah.
    Aku senang sekali. Aku melihat orangtuaku tersenyum terharu dibarisan tamu dan dari atas panggung aku melihat mereka yg meremehkanku terdiam sambil bertepuk tangan dengan senyum yang kurasa dipaksakan.
    Aku bangga karena bisa membahagiakan orangtua dengan prestasiku, dan aku bangga karena bisa menutup mulut mereka yang meremehkanku.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...