Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

22 April 2017

Mahardikans - Resti Dahlan | Blog Tour, Giveaway


34750986


Judul : Mahardikans
Penulis : Resti Dahlan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-3704-3

And the blurb..

"Pertama, nggak ada yang boleh tau tentang hubungan kita. Kedua, jangan ajak gue ngobrol di sekolah. Dan ketiga, terserah lo mau berteman sama siapa aja di sekolah. Asalkan... dia bukan anak IIS." 

Kekey sudah menduga kehidupannya akan semakin suram karena terpaksa satu sekolah dengan Elgo, musuh bebuyutannya. Tapi dia tidak menyangka rasanya akan seneraka ini. Apalagi setelah ia bertemu Arky, seniornya yang super ramah dan Zammar, artis idolanya sejak kecil yang ternyata anak IIS. 

Ditambah lagi permusuhan dua kubu SMA Mahardika. Elgo, Derrick, Endru, dan Abim dari kubu MIA. Sedangkan Arky, Zammar, Kevin dari kubu IIS. Kekey yang tidak tahu apa-apa mendadak terseret ke dalam pusaran pelik itu. Apa yang harus Kekey lakukan?
  
Here we go..

Kalau lo nggak bisa beres-beres, ya jangan ngeberantakin. Kalau nggak bisa memperbaiki, ya jangan lo pecahin. Dan kalau lo nggak bisa ngebahagiain, minimal lo jangan nyakitin

Mahardikans bercerita tentang kehidupan seorang gadis remaja bernama Kekey yang bersekolah di SMA Mahardika. SMA Mahardika termasuk sekolah terkenal karena hanya yang berprestasi saja dan sudah melalui serangkaian tes yang rumit yang bisa bersekolah di Mahardikans. Kekey memiliki kehidupan yang cukup tak mengenakkan hati saat SMP. Dan itu terjadi karena ulah seseorang. Sayang seribu sayang, orang tersebut saat ini sudah lulus dan bersekolah di SMA Mahardika. Papanya Kekey sangat berharap jika Kekey bisa masuk ke Mahardika, tapi, Kekey bimbang karena keberadaan Elgo.

Di hari pertama Kekey bersekolah, dia sudah mendapat masalah yang cukup besar. Karena rasa pedulinya untuk membantu sesama murid baru, membuat Kekey menjadi pusat perhatian. Terlebih lagi saat itu ada 2 kubu yang tak pernah absen buat berantem di SMA Mahardika. 2 kubu tersebut adalah MIA dan IIS. Anggota dari MIA adalah Elgo, Derrick, Abim dan Endru sedangkan anggota dari IIS adalah Arky, Zammar dan Kevin. Arky dan Zammar yang tergabung dalam satu kubu sebenarnya sudah lama ada masalah. Terlebih Elgo sudah memberi tahu Kekey untuk tidak dekat dengan kubu IIS. Karena Kekey memilih terlibat, maka dengan terpaksanya Kekey mengalami hari-hari yang cukup lumayan berat karena berada di konflik antara 2 kubu tersebut.

Apa sebenarnya yang terjadi dalam hidup Kekey? Permasalahan apa yang membuat IIS dan MIA bertikai? Bagaimana akhir cerita ini?

Sekeras apa pun dicari, walau di depan mata, nggak akan ketemu kalau memang bukan kehendak Tuhan. Sekecil apa pun, walau di tempat terpencil, bakal terlihat kalau memang kehendak Tuhan.

Membaca novel ini berasa kayak balik ke jaman-jaman SMA dan SMP dimana dulu ada sih kubu-kubuan gitu. Tapi, kubu-kubuannya positif sih energinya, negatifnya palingan cuma ngerjain guru aja. Novel ini bikin aku langsung jatuh cinta saat membacanya pertama kali. Begitu buka beberapa halaman aja udah bikin aku penasaran sama akhir kisahnya. Terlebih lagi aku sempat berpikir jika kisah ini hanya kisah kehidupan jaman SMA dan maklum gitu ada kubu-kubuan, tapi penulis mampu menuliskan kisahnya dengan penuh kejutan. Banyak hal yang sayang banget untuk sekedar dilewatkan dalam membaca novel ini. Susah berhentinya.

Aku suka dengan cara penulis membuat hubungan antar tokohnya menjadi lebih sulit, rumit dan bikin mumet kepala sampai minum es teh 1 gelas langsung habis. Hubungan antara Elgo dan Kekey benar-benar unik. Dekat tapi kayak merasa jauh aja. Bikin penasaran karena memang banyak kejutan di dalamnya. Konfliknya sudah banyak terjadi di kehidupan kita, mungkin. Berawal dari kebohongan yang terjadi dalam hidup Kekey, akhirnya menumpuk menjadi banyak dan membuat banyak pihak merasa sakit hati.

Kalian pikir white lie itu eksis? Dalam kebohonhan pasti ada yang disakitin! Entah yang ngebohongin, dibohongin, atau dua-duanya! Because white lie does not exist!

Aku bisa memahami perasaan Kekey. Siapa sih yang suka mendapatkan jawaban dari segala pertanyaan itu tahunya paling akhir dan tak sengaja pula. Siapa juga sekarang yang mau dibohongi terus menerus, dan sekalinya ketahuan langsung meledak. Setiap orang pasti nggak mau kan yaa dibohongi berkali-kali. Walaupun alasannya demi kebaikan. Kekey memiliki banyak alasan untuk bisa membenci mereka yang membuat dia harus mengalami masa-masa yang menyenangkan. Namun, entah mengapa itu terasa sulit.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai persahabatan, juga belajar mengenai kejujuran. Lebih baik jujur walaupun menyakitkan daripada bohong tapi bikin orang sakit hati pada akhirnya jika ketahuan. Overall, aku menikmati saat membaca novel ini sambil nyari makanan lho. Dan rasanya tangan gatel banget pingin tahu endingnya. Walaupun ada sedikit kekecewaan karena masih menurutku cerita ini masih menggantung dan belum ada penyelesaian bagi next relationship Kekey. Aku merekomendasikan novel ini buat kalian semua. Percayalah, kalian juga akan mengalami jatuh cinta saat membaca novel ini.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa, kak.

Kalian pikir white lie itu eksis? Dalam kebohonhan pasti ada yang disakitin! Entah yang ngebohongin, dibohongin, atau dua-duanya! Because white lie does not exist!

 

 === GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel Mahardikans  dari kak Resti Dahlan dan Penerbit Gramedia Pustaka Utama? Caranya gampang banget lhooo :

1.   Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2.   Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
3.   Follow akun sosmed di bawah ini (boleh pilih salah satu)
- twitter @restidahlan dan @princessashr
- instagram @restidahlannn dan @peekthebook
4.   Share info giveaway ini di twitter atau instagram kamu yaa
- twitter : sertakan link blogspot ini, mention @restidahlan dan @princessashr, sertakan hashtag #Mahardikans
- instagram : repost/reshare/regram banner blogtour ini beserta caption yang ada di akun @peekthebook, sertakan hashtag #GAMahardikans
5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter/instagram, domisili, link share, akun goodreads (jika punya), dan jawabanmu yaa..
  
Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 22 – 25 April April 2017 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

29 comments:

  1. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: Surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/855704558932066304

    Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?

    Masa-masa yang susah dilupakan adalah masa-masa ketika mengerjakan tugas seni. Waktu kelas 2, di semester 1, tugas seniku adalah menggambar proyeksi. Tugas seni ini benar-benar melatih kesabaran dan ketelitian. Salah sedikit harus mengulang dari awal padahal prosesnya panjang. Mulai dari penggambaran yang juga lumayan ribet, lalu pewarnaan dengan cat air dan harus nunggu sampai kering, lalu dilanjutkan dengan pemberian warna untuk setiap garisnya dengan tinta. Nah pembagian tinta ini sendiri dibedakan menjadi dua, warna hitam dan merah. Merah untuk gadis penghubung dan yang tidak terlihat, sedangkan hitam untuk garis nyata. Di babak inilah kesabaran, kehati-hatian, ketelitian, kecermatan, semuanya diuji. Salah pemberian warna tinta, salah semua sudah. Harus ulang dari awal. Pernah waktu pengerjaan gambar pertama, aku harus mengulang sampai empat kali, padahal itu yang paling mudah. Untungnya, ketiga pengerjaan gambar kedua sampai ke kelima lancar, kalaupun mengulang hanya sekali ulang.
    Lalu di semester 2, hal serupa terjadi lagi. Tugasnya adalah perspektif. Tugas ini jauh lebih sulit. Kalau yang ini lebih ketelitian. Sebab, isinya hanya garis-garis, bayangan, arsiran, dan tarikan sudut. Yang susah adalah menentukan tarikan garis pertama. Hitungannya harus benar, karena kalau tidak titiknya tidak akan bertemu dan bangunan atau benda yang ingin di gambar tidak akan terbentuk.

    Itu hanya di kelas 2 SMA. Kalau di kelas 3 yang paling tidak bias dilupakan adalah ketika satu kelas menyiapkan teater untuk tugas akhir seni. Lagi-lagi seni. Saat itu aku yang menjadi penulis naskah sekaligus sutradaranya. Yang membuatku tidak lupa adalah, karena guru dan teman satu kelas menyetujui ceritaku untuk dibawakan. Lalu pertengkaran antara bagian pemain dan perlengkapan. Belum lagi aku yang sempat beberapa kali marah-marah sampai membuat anak satu kelas diam. Namun, di hari H semua berjalan lancar. Seolah terbayarkan. Kata kelas lain, kelasku seperti berpesta. Namun, satu yang kurang menurut guruku tersebut yaitu aku membuat Srikandi menjadi seorang perempuan, padahal menurut guruku dan pakem aslinya, Srikandi adalah seorang pria yang seperti wanita.

    Dari semua kejadian, masa-masa mengerjakan tugas seni itulah yang paling tidak bisa aku lupakan. Sebab, antara menyenangkan tapi juga ada menyebalkannya. Benar-benar penuh emosi. ^^

    ReplyDelete
  2. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Domisili : Depok, Jawa Barat
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/855784520255119365

    Hal yang paling sulit dilupakan semasa sekolah :

    Jatuh bangun untuk ngedapetin universitas negeri abis kelar UN.

    Aku lulusan SMK Teknik Komputer dan waktu itu dengan idealisnya aku netapin target untuk masuk UI, padahal sekolahku cuma ngasih materi dasar tentang IPA & dgn congkaknya aku pilih jalur IPA dgn alasan aku suka Kimia & Fisika. Aku nggak ikut lembaga kursus tertentu karena (lagi) kupikir dgn latihan2 dari soal2 di buku2 yg bisa kubeli di Gramedia itu cukup.

    Dan ternyata nggak pernah cukup. Ujian Mandiri yg udh didepan mata dan persiapanku yg cuma segitu-segitunya. Akhirnya aku nyerah berusaha sendiri lalu aku mengemis bantuan ke guru-guru IPA ku di sekolah, beberapa menolak (iya lah waktu nya terlalu mepet dan mereka rata2 juga nyambil jadi guru privat, akunya ajah yg gak tahu diri πŸ˜”) sampe akhirnya yang menyanggupi kasih aku privat guru kimia kesayanganku 😊.

    Beliau kasih aku waktu 2 hari untuk bisa nyerap semua materi yg biasa muncul di soal ujian dan beliau juga bersedia menampungku di rumahnya (menginap, beliau tinggal sendirian) memfasilitasi segalanya (Ahhh aku besyukur sekali guru seperti dirimu pernah ada 😘).

    Dengan tekad kuat, bermodalkan semuanya aku melewati Ujian Mandiri dengan kepayahan, banyak soal yang kukosongkan, sebagian besar bahkan kuragu dengan jawabannya. Dan akhirnya aku gagal. Sesungguhnya aku malu memberitahu perihal hasil ujianku itu ke guruku, jadi kuputuskan utk kembali mengikuti Ujian Masuk Bersama yang pelaksanaannya tak jauh dari Ujian Mandiri yg pertama itu.

    Aku kembali berusaha sendirian, berkutat dengan tumpukan buku. Latihan soal2 tiap hari tanpa absen sekalipun. Saat ujian berlangsung jujur aku lebih percaya diri, soal yg kukerjakan lebih banyak dan aku menaruh harapan besar untuk hasilnya. Ada harga diriku yg tergadai disana.

    Dan hasilnya ? Aku kembali gagal, hatiku hancur tak percaya. Ku bahkan tak mau berbicara kepada siapapun untuk beberapa waktu, bahkan kepada orangtuaku sendiri.

    Hingga akhirnya aku harus masuk universitas swasta yg bahkan tidak ternama karena keterbatasan biaya. Hal ini merupakan hal yg bahkan hingga sekarang gak bisa aku lupain sama sekali.

    Yang kuingat adalah, betapa sombongnya dan angkuhnya seorang Hamdatun Nupus ini. Idealismu menyedihkan sekali πŸ˜”. Meremehkan orang lain yg mungkin kerja kerasnya berpuluh2 kali lipat darimu. Mengecewakan orang2 yg sudah mendukungmu dan yg lebih parah kau membiarkan dirimu terjerumus didalam kesombongan & keangkuhanmu sendiri πŸ˜₯.

    Tapi dengan menerima dan mengakui kebodohanku itu, setelahnya aku lebih lapang dalam menjalani segalanya. Contoh, meski awalnya aku menempuh pendidikan di universitas yg tak ku suka. Aku berhasil lulus dgn baik bahkan dapet prdikat cumlaude, aku dapat pekerjaan berkatnya dan bisa mandiri hingga sekarang.

    Karena masa lalu yg tak menyenangkan itu juga jadi mengajarkan banyak hal dalam hidupku. Tak kan ku lupakan agar terus mengingatkanku untuk tidak sombong & angkuh lagi 😊

    ReplyDelete
  3. Nama: Cahyati Rizky H
    Akun twitter: @crhkiki
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/crhkiki/status/855858491516370945
    Jawaban: Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang?
    Pas SMA beberapa bulan menjelang UN, aku pernah marahan sama sahabat-sahabatku, karena keegoisanku. Dan dulu aku diaekolah, kemana-mana main cuma sama mereka-mereka aja. Jadi pas marahan itu, aku merasa sendirian, kesepian disekolah. Terus dulu juga sempet jauh sama keluarga. Karena kalo ngelakuin apa-apa selalu kata temen. Jadi mama ngerasa aku jauh dari dia dan keluarga. Semenjak marahan itu, aku jadi sering cerita sama mama, jadi deket lagi sama keluarga. Jadi kalo dirumah, apa-apa cerita ke mama, nanya ke ayah. Terus disekolah, aku jadi belajar deket sama temen yang lain, walaupun sebelum itu kadang main juga sama yang lain, tapi pas ada masalah itu, aku mencoba akrab sama temen yang lain, ga menutup diri. Mencoba cerita sesuatu ke temen yang lain. Istilahnya sih, mencari teman dekat yang lain. Belajar bergaul dan ga menutup diri sih. Semenjak saat itu aku belajar banyak, buat ga mentingin ego, membaur sama yang lain, dan dekat sama keluarga lagi. Tapi pas kelar UN, aku udah baikan lagi sama sahabat-sahabatku, walaupun awalnya canggung sih. Itu pengalaman smaku yang sampe sekarang masih keinget jelas diotak. Kadang lagi apa, terus keinget cerita itu, kadang nyesel sih kenapa bisa berantem gitu, tapi aku bersyukur, kalo ga berantem gitu, mungkin aku masih orang yang sama atau lebih parah dari pas aku sma dulu. Pengalaman adalah pelajaran yang berharga😊

    ReplyDelete
  4. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Domisili: semarang-jawa tengah
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/855970600426250240
    Jawaban:
    Masa SMA paling susah lupa? Kalo aku si saat dihukum bareng satu kelas karena ngegodain guru yg menurut kita berbeda wkwkwkw, dan juga setiap guru itu lewat mesti salah satu dari kami ada yg ngegodain. Dan pastinya, bakal kangen sama masa-masa ini, karena sebentar lagi pada kuliah di universitas idaman masing" :)

    ReplyDelete
  5. Nama: Nurwahidah

    Twitter: @wawha_cuza

    Domisili: Medan

    Link share: https://twitter.com/wawha_Cuza/status/855973730261938177

    Jawaban:

    Salah satu momen paling diingat dan berkesan selama SMA, adalah 3 bulan sebelum UN dilaksanakan. Sepulang sekolah kami mengikuti les UN, nah,sebelum kami mulai les, aku jual es lilin dan susu kedelai buatan sendiri ke kelas-kelas.
    Rumahku sangat dekat dari sekolah, jadi, saat pulang sekolah, aku pulang ke rumah untuk makan siang, lalu balik ke sekolah dengan plastik besar berisi puluhan es dan teman-teman satu sekolah udah nungguin aku di kelasnya. Pas lihat mereka berebut memilih es kesukaan mereka, rasanya sangat senang, padahal aku jualan karena iseng2 aja. Dalam waktu 10 menit, es tersebut ludes dan aku mulai les UN dengan serius.

    ReplyDelete
  6. nama: Widya wati
    Instagram : Widya_fernandez
    domisili : Sulawesi tenggara
    link share : https://www.instagram.com/p/BTNd556DjRy/

    masa SMA yang paling susah di lupakan sampai sekarang? mungkin jawabanku ini kurang menarik karena Aku Baru kelas 1 SMA jadi Aku bingung Mau tulis apa...
    yaitu masa-masa di Mana Aku baru mengenal teman-teman Aku. Kami dekat karena suatu acara yang di adakan oleh bupati Kami Saat itu acaranya mengharuskan peserta berpasangan karena acara itulah Kami saling mengenal sifat masing-masing padahal Kami Baru akrab mengenal mereka membuat hidupku berubah awalnya Aku pendiam jadi cerewet karena mereka. mereka tidak pernah marah akan Hal sepele karena mereka berpikir secara dewasa bukan childish itu yang Aku senang dari mereka. pernah suatu Hari sekolah ngadain Lomba kebersihan kelas Kami yang belum ada persiapan apapun bingung karena keesokannya itu adalah Hari dimana penilaian di lakukan tapi karena entah kerja Sama yang tinggi atau rasa tanggung Jawab dari kami semua, Kami gunakan waktu yang mungkin hanya 13 jam itu untuk mencari segala keperluan yang sudah di tentukan sekolah yang membuat Aku mengingat Hari itu adalah dimana mereka yang tidak mengeluh karena di suruh ke sekolah padahal Hari sudah menjelang malam mereka malah menerima dengan senang hati, Dan juga kerja Sama yang Kami lakukan Sama-Sama yang alhamdulilah memberikan hasil yang memuaskan.

    Hal yang paling di ingat yaitu awal bertemu,kesamaan dalam jengkel terhadap guru yang suka pilih kasih, kebersamaan, canda tawa walaupun tidak ada Hal yang lucu sekalipun, kerja Sama, Dan bagaimana mereka membantu teman yang kesusahan atau membutuhkan bantuan, punya nama panggilan masing-masing walaupun namanya sedikit tidak bagus tapi mereka tidak pernah marah malah fine-fine aja akan itu semua Hal itu yang akan menjadi kenangan yang mungkin sulit di lupakan. alasan itulah kenapa masa-masa SMA penuh dengan kenangan karena lika liku anak sekolahan akan sangat terasa ketika berada di bangku SMA

    ReplyDelete
  7. Nama: Nurul Lathifah
    Akun Twitter & Instagram: @nurullathifah96
    Domisili: Sidoarjo
    Link Share: https://twitter.com/nurullathifah96/status/855983373277290496
    Masa SMA yang bener-bener paling susah lupa adalah aku naik angkot pulang-pergi yang sekali jalan ngabisin waktu 1 jam bahkan lebih selama 3 tahun SMA. Rumahku di Sidoarjo dan SMA-ku di Surabaya. Orang tuaku ngga ijinin aku naik motor sendiri ke sekolah karena aku belum punya SIM. Umurku diantara temen-temen sepantaran atau seangkatanku lebih muda setahun. Jadi, ketika kebanyakan anak SMA berumur 17 tahun di kelas 11, aku ulang tahun ke 17 di kelas 12. Selain Ujian Nasional, yang di angkatanku adalah pertama kalinya diadain Ujian Nasional dengan 20 tipe soal, ditambah persiapan SNMPTN & SBMPTN, jelas aku ngga sempat urus SIM. Jadilah selama SMA aku belum punya SIM, sehingga ke sekolah dengan naik angkot.
    Tapi ngga seru rasanya kalo ngga ada cerita cinta, kisah kasih di SMA yang susah lupa. Nyatanya emang ngga ada cerita cinta atau kisah kasih di masa SMA-ku, karena aku ngga pernah pacaran. Tapi aku ada cerita pengalaman suka sama cowok, teman sekelasku. Dan dia sama kayak aku, rumahnya di Sidoarjo. Bedanya, terkadang dia naik motor ke sekolah. Terkadang dia naik angkot, yang jelas angkotnya sama seperti angkot yang aku naiki, karena rumah kita sama-sama di Sidoaarjo. Pertama kali aku tahu rumahnya di Sidoarjo, rasanya seneng banget, ada yang seperjuangan sama aku, rumahnya di Sidoarjo dan pulang-pergi Surabaya-Sidaorjo. Beberapa kali aku & dia naik satu angkot yang sama. Aku bukan anak supel yang gampang akrab sama orang, apalagi cowok + yang aku suka. Dia juga ngga terlalu banyak ngobrol sama aku di sekolah, cuma sekedar kenal aja. Dan selama di perjalanan waktu kita satu angkot, aku ngga berani ajak ngobrol dia. Kita lebih sering tidur di angkot, saking jauhnya perjalanan pulang kita. Hahaha. Aku suka dia sejak kelas 10. Kelas 11 aku sekelas juga sama dia. Tapi di pertengahan kelas 11, teman duduk sebangku di kelas diatur wali kelasku. Aku duduk sama temenku cewek, dia cantik, tinggi, ada keturunan bule juga, dan dia model. Sebelum aku duduk sama dia, temen-temen di kelasku suka jodoh-jodohin temen sebangkuku itu sama cowok yang aku suka. Mungkin karena mereka ganteng & cantik. Tapi mereka berdua ogah-ogahan, tapi ya tetep temenan biasa, ngga jauh-jauhan gitu. Sebelum aku duduk sama temen cewek sebangkuku itu aku ngga begitu sering ngobrol sama dia meski sekelas, cuma ngobrol seperlunya aja. Setelah beberapa hari duduk sebangku, aku & dia nyambung banget ngobrolnya. Dan I don't know how, beberapa minggu setelahnya berhembuslah kabar temen sebangkuku ini jadian sama cowok yang aku suka. Tapi aku masih temenan baik sama temen sebangkuku ini, malah dia sering curhat tentang si doi. Sedih ngga tuh? Hahaha tapi sekarang untungnya aku udah move on dan aku masih temenan baik sama temen sebangkuku itu.

    ReplyDelete
  8. Nama : Karia Utari
    akun twitter : @Karinaautari
    Akun Instagram : @Kyliin_
    Domisili : Bandung
    Share Link : https://twitter.com/karinaautari/status/856131196400451588
    https://www.instagram.com/p/BTOqjuLAeJ5/?taken-by=kyliin_


    Masa Sma yang ga pernah kelupaain buat gue ya itu pasti lah gajauh jauh dari yang namanya "Cinta" hemm cinta pertama waktu jaman SMA dari kelas satu sampe kelas tiga. sama kebanyakan orang, mula mulanya kita sekelas terus kenal jadi temen segeng (?) maklum masih jaman alay hehehe, terus kita masuk sama osis sama sama tapi dia juga lebih aktif eksul paskib, gatau apa yang bikin jadi suka sama dia tapi yang jelas dia itu baik, dan kayanya bukan ke gue aja dan guenya yang geer kkkkkkk, ada satu kejadian yang bikin gabisa lupa waktu jaman masa masa open recrutemt osis gue yang gabawa topi waktu itu bingung, dan taraa penyelamat datang dia sebut saja jongki dateng abis selesai latihan paskib (yang bakal mau lomba dan mutusin buat ngga ikut osis dan fokus ke paskib) nyerahin topinya buat gue padahal besok dia lomba. jujur gue itu tipe orang yang gampang jatuh cinta, semenjak itu gue suka gitu kan, nah kita iru sekelas dari kelas satu sampe kelas 3 bareng terus, seneng dong wkwk. tapi sayangnya dia udah punya pacar dan sialnya gue baru tau mereka jadian itu pas kelas 3, iyah pacarnya anak paskb juga.. dan sialnya lagi si cewenya juga sekelas bareng gue dan si jongki itu dari kelas 2 sampe kelas 3. jongki tau gue suka sama dia bahkan hal ini selalu jadi bahan bullian kalo anak anak pas kelas satu lg pada ngumpul. yang gabisa dilupain gue sekelas sama kecengan gue dan pacarnya kalo dipikir pikir itu bodo tapi lucu

    ReplyDelete
  9. Nama: Hanaa Fauziyyah
    Akun twitter: @hanaafzyha
    Domisili: Bandung
    Link share: https://mobile.twitter.com/hanaafzyha/status/856174640883834880?p=v

    Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?

    Banyak banget kak. Saya ceritain satu persatu.
    Benar apa yang dibilang orang, masa-masa SMA itu masa-masa yang paling indah. Dan saya pun merasakan hal itu.
    Di tahun pertama SMA, jelas, saya dapet temen-temen baru, temen yang nggak pernah saya duga sebelumnya. Walaupun ada temen SMP juga, tapi kita udah nggak terlalu deket lagi. Saya sama temen di kelas itu awalnya pada jaim-jaim gitu, terus sifat-sifat polosnya masih kebawa.
    Banyak hal juga yang baru aku rasain waktu di SMA. Pulang malam karena habis buka bersama di rumah temen. Terus pulang malem karena habis ngerjain tugas berjamaah. Pulang dari sekolah malem karena sebelumnya saya dan temen-temen ngobrol ngalor-kidul.
    Di SMA juga saya pernah jadi korban pengejaran cowok yang saya kurang suka. Maksudnya, saya sering digangguin sama dia disaat saya nggak suka diganggu, apalagi kalau lagi badmood. Bawaanya kesel dan emosian terus kalau udah berhadepan sama dia. Eh, anehnya cowok itu nggak kapok-kapok gangguin saya. Temen-temen di kelas juga jadi suka 'ciye-ciyein' saya kalau dia udah beraksi. Jodoh-jodohin saya sama dia. Walaupun kesel dan nggak enak hati, ya saya cuma bisa senyum, ketawa-ketawa aja nanggepinnya, udah bingung habisnya harus gimana lagi.
    Di SMA juga saya main geng-gengan, hahaha. Kumpulan temen-temen cewek yang kalau kemana-mana suka kumpul bareng, pergi ke kantin bareng, atau bubaran sekolah suka ngobrol-ngobrol bareng. Seru pokoknya kalau udah kumpul.
    Saya juga dapet temen sebangku di tahun kedua SMA yang sejalan sama saya. Kalau ngecengin kakak kelas kita suka jadi heboh. Pernah juga karena kita nggak tau nama kakak kelasnya, kita cuma kasih nama panggilan buat mereka. Sering juga ceritain crush kita masing-masing. Disaat saya lagi galau-galaunya karena cowok, hal itu malah terbang jauh gara-gara sama banyolan kita berdua.
    Saya juga kangen sama keadaan di dalam kelas. Kangen sama suara-suara berisiknya anak cewek kalau lagi teriak-teriak. Kangen sama suaranya anak piket kalau lagi marah gara-gara nemuin sampah bekas makanan di kolong meja. Kangen sama suara anak-anak cowok yang suka ngeluh kepanasan kalau kipas di kelas nggak dinyalain. Kangen sama temen-temen yang langsung heboh begitu tiba pergantian pelajaran yang mana gurunya nggak kita semua kurang suka. Banyak banget trik dan tipu daya muslihat yang dilakuin biar gurunya nggak betah di dalem kelas.
    Kangen sama anak-anak cowok yang sering nyanyi lagu Iwan Fals, "Sayangku, owowowowow....". Kangen sama gimana kita semua nyelesain masalah yang dateng. Semua anak dikumpulin, kita semua duduk amperan, bikin lingkaran, terus ngungkapin semua unek-unek kita ke orangnya langsung.
    Kangen juga sama hari dimana untuk pertama kalinya kita semua trip naik motor rombongan. Gimana sebelum berangkat kita semua diwanti-wanti sama ketua kelas buat nggak mendahului satu sama lain. Harus berjejer bikin satu barisan.
    Kangen juga di tahun terakhir waktu saya ujikom. Semua anak-anak dikelas yang tadinya kompak, jadi nambah kompak karena saling bantu membantu nyelesain projek yang dibuat. Pulang malem dari sekolah karena ujikom itu.
    Terus waktu di masa itu juga, untuk pertama kalinya saya ngerasain gimana rasanya kerja. Jadi waktu itu saya PKL di kantor pajak. Total ada tujuh orang temen di kelas yang PKL di kantor itu. Dan disana juga aku ketemu sama Ice Prince aku. Kakak yang kebetulan juga lagi magang. Setiap kakak magang itu dateng ke lantain tempat aku, aku sama temen yang lain suka langsung ngomongin gimana pembawaan dia yang dingin tapi keren gitu. Udah macem tokoh cowok di novel-novel gitu deh pokoknya.
    Masih banyak sih masa-masa yang berkesan waktu SMA, atau bisa jadi setiap hari, minggu, bulan, tahun yang saya laluin di SMA itu berkesan. Sepertinya memang iya.
    Wonderfull memories deh pokoknya.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Nama: Harlianti Prasinta Dewi
    Akun IG: @harlianprasinta
    Domisili: Semarang
    Link: https://www.instagram.com/p/BTP4R8Mg6uT/


    Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?

    Hmmm, banyak banget sih. Terutama ngumpul sama temen-temenku. Namanya cempaka sm fitri. Terus ada lagi dewi, deka, nini, olin, masih banyak lagi deh. Kita suka bahas dari yang gak penting sampe penting. Suka banget ngemodusin kakak kelas. Waktu itu kakak kelas yang tmn-ku suka itu suka jkt48, trs keliling muterin kelas dan anak basket juga, karena temen aku sok malu-malu kambing jadi aku teriakin aja "kak res**, dapet salam dari fitri" padahal disitu aku blm kenal sm kakak kelas itu, tapi pede aja teriak dan rombongan mereka cuma ngeliatin kita pada ketawa-ketawa. Ada lagi yang ngerjain pas temen ultah. Kita mah seru-seruan aja, kalo mau ngerjain bilang. Waktu itu olin yang ultah. Kita bahas mau ngerjain dia di depan orangnya langsung, eh dianya nanggepinnya kaya kita cuma bercandaan doang. Padahal mah... Gatau aja dia wkwk. Aku sama temen aku bilang kita mau iket dia di pohon kelapa yang ada di samping kelas, trs panggil adek kelas yang dia suka untuk ngebukain dan ngasih surprise, secara adek kelas itu dia udah suka dari SMP dan kebetulannya dia itu adek kelas aku juga dari SD-SMP-SMA (sampe bosen aku jadi kakak kelasnya, dia lagi dia lagi haha). Dan keesokan harinya, bener lah kita lakuin. Olin kita iket tuh di pohon, cuma ya dianya rada kelojotan sih, jd iketannya gak kenceng. Trs endingnya digebyur tp gak keiket, cuma dipegangin aja tangannya biar gak lari. Trs surprise yang paling waw-nya pas kita undang adek kelas itu, widih beneran dateng loh, trs lanjutnya olin tiup lilin yang susah mati dan akhirnya dia debus (nekat matiin apinya pake tangan dia yang basah soalnya ga mati2 tuh lilin wkwk) dan lagi-lagi kita ketawa jahat. Jaman-jaman aku SMA sih banyak banget cara kita ngebodor, sampe ujian disuruh bersihin wc gegara nilainya jelek, kejebak di kandang bu masri (ini guru kesayangan sebenernya, tp kalo telat, wah...) terus dibusuk-busukin kita. Pas ekskul juga, aku olin dan sipa kan ikut beladiri silat, karena malesnya kita sm pelatihnya sampe rela-relain tukeran tas biar gak ketauan, aku yang waktu itu boncengan sm olin sampe tukeran motor sama cempaka biar gak ketauan, nyamar-nyamar gitu jadi orang lain wkwk ngebodor pisan pokoknya.
    Terus pas hari atletik, kan jauh dan pagi banget tuh, kita jadinya gak sempet sarapan. Akhirnya aku sm anak-anak ngegerombol tuh di depan stadionnya ngedeprok di aspalan sambil makan nasi kuning terus diliatin orang. Apa emang dulu gapunya malu ato gmn, aku juga ga ngerti sih, kita cuma ketawa-ketawa aja sambil selfie. Pas dihari itu juga kalo gak salah mau ada kunjungan kenegaraan, tp lupa siapa ya yang mau dateng ke indo, jadi ada latihan terbang gitu. Ada pesawat lewat beriringan, kalo gak salah ada 4. Dari yang tadinya kita makan nasi kuning, selfie, eh akhirnya buru2 dapetin foto tuh pesawat latihan, trs akhirnya malah teriak "pak pilot, jemputnya nanti aja, kita lagi makan" dan itu kenceng. Astafirulloh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Gak cuma disitu, pas baliknya juga, kita ttp ga elit banget seriusan. Karena kita jauh, kita emg harus ngangkot gitu. Tp karena penuh, jadi suka lama2in dulu makanya kalo pulang sampe jam 12an padahal jam 8 atletik udah selesai. Buat nunggu dan karena panas, kita ngadem ke mcd (gaya banget mcd? Iyalah gaya, padahal aslinya cuma beli mcfloat sm numpang wifi sambil cekakakan gak jelas). Kadang kalo pas di mcd kebetulan ketemu kakak kelas yang lagi nge-date bisa tuh difoto2 dan digosipin besoknya. Selesainya muterin toko buku yang ada di dalem mall. Biasanya sih baca2 terus pulang. Dan gak beli wkwk. Tp kalo novel kadang aku beli, kadang juga lebih enak pinjem. Temen aku si cempaka dia hobi ngeborong komik. Dan pas ngerasa udah siang, kita pun balik. Tadinya sih niatnya mau nunggu angkutan sepi biar gak gempet2an sama sekolah lain, tapi setelah ke mcd dan mampir toko buku, suka lupa deh kalo gapunya uang (uang ngepas banget pokonya). Mana naik angkot kan 2x. Yaudah angkot yang sekali kita jalan tuh sampe terminal. Buat ngilangin capek suka nyanyi-nyanyi gak jelas sambil teriak-teriak padahal suara juga gak cakep pisan wkwk. Sampe2 pas keluar mall kan gerombol gitu lewat parkiran ada yang ngeliatin pas mereka keluar dari mobil. Kita mah cuek bebek aja. Di pinggir jalan juga gitu, pede aja, ga ada yang kenal ini. Kadang ada supir angkutan yang nawarin naik, alasannya "gak pak, udah deket" "gak pak, gak muat" "gak pak, nanggung kalo naik angkot" padahal mah gak ada duit lah gilak wkwk.

      Sama yang terakhir itu pas mau UN. Kelas aku itu kelas terkenal berisik, paling bikin ulah, paling rame, paling sering bikin guru marah, gada guru malah happy padahal ujian tgl ngitung hari. Waktu itu dikelasku gada guru kan, main lah aku ke kelas ipa sebelah, kelasnya cempaka. Pertama masuk... Beh, senyap! Padahal pas dikelas aku abis banget pada teriak-teriakan, main gitar, neriakin pupar tidur, neriakin bayar uang kas, lah pas ke kelas sebelah sunyi. Bukan gada orangnya sih, mereka ada di kelas semua, cuma ya pada megang buku semua. Aku kaget kan pas mau masuk, pada ngeliatin aku semua pula, kirain mah ada guru gitu, tp waktu itu gak ada. Aku masuk tuh nyamperin cempaka, seriusan aku canggung banget. Dan dari pada canggung akhirnya ngikutin belajar bareng di kelas sebelah, karena sama2 kelas ipa. Seperti dunia terbalik lah...

      Dan sekarang kalo dipikir-pikir, sumpah ya kok dulu aku sama temen-temenku gak malu pisan? Bisa ngelakuin hal memalukan macam itu? Kalo sekarang sih malu sendiri aku suka ngebodor kaya gitu wkwk. Tp kalo diinget-inget emang bikin ketawa sendiri sih, wkwkwk. Masa-masa SMA emang the best lah, kangen sama teman2 gilaku. Sukses terus deh pokonya buat kita, aamiin, terus nanti ketemu lagi udah pada jadi manusia hebat semua, gak kaya skrg masih jadi org gila kan wkwkw.

      Delete
    3. Gak cuma disitu, pas baliknya juga, kita ttp ga elit banget seriusan. Karena kita jauh, kita emg harus ngangkot gitu. Tp karena penuh, jadi suka lama2in dulu makanya kalo pulang sampe jam 12an padahal jam 8 atletik udah selesai. Buat nunggu dan karena panas, kita ngadem ke mcd (gaya banget mcd? Iyalah gaya, padahal aslinya cuma beli mcfloat sm numpang wifi sambil cekakakan gak jelas). Kadang kalo pas di mcd kebetulan ketemu kakak kelas yang lagi nge-date bisa tuh difoto2 dan digosipin besoknya. Selesainya muterin toko buku yang ada di dalem mall. Biasanya sih baca2 terus pulang. Dan gak beli wkwk. Tp kalo novel kadang aku beli, kadang juga lebih enak pinjem. Temen aku si cempaka dia hobi ngeborong komik. Dan pas ngerasa udah siang, kita pun balik. Tadinya sih niatnya mau nunggu angkutan sepi biar gak gempet2an sama sekolah lain, tapi setelah ke mcd dan mampir toko buku, suka lupa deh kalo gapunya uang (uang ngepas banget pokonya). Mana naik angkot kan 2x. Yaudah angkot yang sekali kita jalan tuh sampe terminal. Buat ngilangin capek suka nyanyi-nyanyi gak jelas sambil teriak-teriak padahal suara juga gak cakep pisan wkwk. Sampe2 pas keluar mall kan gerombol gitu lewat parkiran ada yang ngeliatin pas mereka keluar dari mobil. Kita mah cuek bebek aja. Di pinggir jalan juga gitu, pede aja, ga ada yang kenal ini. Kadang ada supir angkutan yang nawarin naik, alasannya "gak pak, udah deket" "gak pak, gak muat" "gak pak, nanggung kalo naik angkot" padahal mah gak ada duit lah gilak wkwk.

      Sama yang terakhir itu pas mau UN. Kelas aku itu kelas terkenal berisik, paling bikin ulah, paling rame, paling sering bikin guru marah, gada guru malah happy padahal ujian tgl ngitung hari. Waktu itu dikelasku gada guru kan, main lah aku ke kelas ipa sebelah, kelasnya cempaka. Pertama masuk... Beh, senyap! Padahal pas dikelas aku abis banget pada teriak-teriakan, main gitar, neriakin pupar tidur, neriakin bayar uang kas, lah pas ke kelas sebelah sunyi. Bukan gada orangnya sih, mereka ada di kelas semua, cuma ya pada megang buku semua. Aku kaget kan pas mau masuk, pada ngeliatin aku semua pula, kirain mah ada guru gitu, tp waktu itu gak ada. Aku masuk tuh nyamperin cempaka, seriusan aku canggung banget. Dan dari pada canggung akhirnya ngikutin belajar bareng di kelas sebelah, karena sama2 kelas ipa. Seperti dunia terbalik lah...

      Dan sekarang kalo dipikir-pikir, sumpah ya kok dulu aku sama temen-temenku gak malu pisan? Bisa ngelakuin hal memalukan macam itu? Kalo sekarang sih malu sendiri aku suka ngebodor kaya gitu wkwk. Tp kalo diinget-inget emang bikin ketawa sendiri sih, wkwkwk. Masa-masa SMA emang the best lah, kangen sama teman2 gilaku. Sukses terus deh pokonya buat kita, aamiin, terus nanti ketemu lagi udah pada jadi manusia hebat semua, gak kaya skrg masih jadi org gila kan wkwkw.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies

    1. next, kejadian yang gabisa dilupain itu pas kelas 12, bosen sama makanan kantin yang itu itu aja. akhirnya dua orang nekat nyusup dari gerbang belakang buat ke parkiran dan jajanin pesenan emcidi sama pancong yang superb enaknya. lucunya, karena pesenannya banyak akhirnya anak2 yg lain terpaksa mamjat buat ambil makanannya. duh untung si babeh parkiran enggak mergokin pas kita lg pd manjat benteng takeshi. karena aturan disekolahku cukup ketat sebenernya. terlambat satu detik? gerbang ditutup. pake rok span? gunting. kaos kaki pendek? gunting. bawa headsetpun digunting! tp untungnya semenjak kelas 11 razia itu gampang bocor, jadi agak aman lah. keculi laki -laki yang rambutnya oanjang! wuih pitak sebelah:p sampai tibalah saatnya persiapan un. saat itu walaupun nongkrong tp bahan omongan utamanya pasti materi un. dan dengan soknya juga, kita ngubah istilah sehari2 dgn baahasa ilmiah yg baru kita tau. biar keliatan keren dan terpelajar. aslinya mah......
      faktanya, banyak banget kejadian dari mos sampai galau-galaunya masuk univ yang gabisa aku lupain sampe sekarang. masih suka kebayang, kenapa waktu cepet banget..... its'a been almost 3 years ago! masa sma-ku terbaik. rasa apapun ada. komplit. cheers!

      Delete
  13. Nama: Novika Puspita Sari
    Twitter : @novyjihyun
    Domisili: Medan, Sumatera Utara
    Link: https://twitter.com/novyjihyun/status/856329602418884608

    Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?

    Waktu itu aku sama temen sebangku aku cerita tentang lebih deketan mana jarak dari pulau batam ke malaysia atau batam ke singapore, di situ kami liat ATLAS buku. Situasi nya pas itu kami di dlm kelas lagi gk ada guru yg ngajar krn pergantian jam pelajaran jd gurunya blm dateng, suasananya agak ribut gtu Lh di kelas biasa, klau anak SMA gk ada gurunya kyk emak2 di pasar ributnya. Aku sama temen aku itu beda pendapat dia bilang lbh deket malaysia sedangkan aku blng deketan singapore lg klau dri batam. Kami sampai debat gtu sama2 gk mau kalah argumen, dengan cara bicara kami yang kuat krn kn kelas ribut ny minta ampun jd kami ngomong triak2 kyk di pasar. Kami sama2 keras kepala sampai merasa itu di kelas milik kami berdua aja gk liat sekitar klau Guru nya udh dateng. Kami sadarnya pas kawan di depan bangku kami itu liat ke arah kami trus ngasi kode buat diam, tp kami cuek aja krn kami pikir kelas msh blm ada guru. Kami trus liat itu atlas di meja, sampai tiba-tiba atlas yg kami liat di angkat keatas dan pas kami liat kearah nya ternyata yg ngambil atlas kami itu Bapak Guru. Bapak itu langsung pasang muka garang bnya kearah kami dan buku yg dipegang nya itu langsung melayang ke bahu kami (alis dia mukul) wkwkwk. emang kagak sakit tp malunya itu loh, diliatin satu kelas pas kami liatain mereka pada nahan ketawa semua krn kami cengo gtu kyk org bego.. hahaah.. :D Dan trkhr Bapak Guru ngusir kami keluar gak boleh ngikutin mata pelajaran dia.. haduh malunya, pas kami keluar Bapak itu juga kluar mau ke kantor guru, sdngkan kami nunggu di samping kelas.Pas kami liat ke dalam kelas temen2 kami pada ketawa ngakak semua dan mereka meragain gaya bapak itu pas ngusir kami di depan kelas dengan cara kocak mereka.. Iss itu kami keselnya minta ampun.. tp itu Lh yg menjadi kenangan yg takkn terlupakan, krn itu kesan yg paling Funny banget :D

    ReplyDelete
  14. Nama :mendra
    Domisili :padand
    Twiter :Mendra85370629
    Lingk share :https://mobile.twitter.com/Mendra85370629/status/856387440902152192
    Masa SMA yg susah dlupain hingga saat ini
    Jawaban: sebuah perasaan pada adek junior waktuSMA, saya dekat sama dia, bahkan sangat dekat, setiap hari pulang pergi sekolah jalan bareng berdua, y berdua aja, tp sayang dia sudah punya pacar, salah satu teman angkatan saya, itulh salah satu penghalang saya untuk ngungkapin perasaan pada waktu itu,, waktu berlalu, akhirnya saya minta cariin pacar sama dia, dan dia pun menyanggupi, dia perkenalkn tesalah seorang temannya kepadaku, dan akhirnya saya jlan sama temannx dan jadian, tp pada saat itu aku tak bisa berbohong pada persaanku, bahwa sebenarnx aku menginginkan dia, bukan temannx, tp apa mau dkata semua telah terlanjur, dan hubunganku sama temannx tak berjalan lama, sedangkan perasaanku padanx tak kunjung mampu ku ungkapkn....

    ReplyDelete
  15. Rini Cipta Rahayu
    Twitter @rinicipta
    Karangasem, Bali
    https://twitter.com/RiniCipta/status/856470243031474176
    GR : Rini Cipta Rahayu

    yang paling diinget sih perjuangannya. Masuknya nggak gampang karena banyak saingan dari sekolah-sekolah ternama karena SMAku termasuk yang berkualitas dan difavoritkan. Sempet pesimis sih, tapi ternyata diberikan jalan oleh Tuhan lulus lewat tes wawancara. Selanjutnya ya menjalaninya~
    Sekolahku jauh sekitar 30 menit dari rumah, sehari bisa bolak balik 4 kali, nggak perduli berbagai rintangan yang menghadang *halah*. Panas terik atau hujan badai tetap hajar! Belum lagi kalo ada les/pelajaran tambahan bisa pulang sore dan berangkat subuh kalo olahraga. Sampai sekarang suka ngerasa sungkan karena dulu keseringan numpang mandi di rumah atau kos temen abis olahraga karena nggak pulang lagi wkwkk..
    Senengnya sih karena banyak pengalaman baru, dapet banyak temen dan kenal lingkungan baru. Jadi selama SMA, aku cukup produktif ikut lomba di universitas. Di kelas juga nggak mengecewakan maupun bukan termasuk dalam jajaran yang bersinar dan terkenal. Masa SMA berkesan dan membentuk diriku menjadi seperti sekarang :)

    ReplyDelete
  16. Nama : rizky tria oct.
    Twitter : @Anaao98
    Domisili : brebes, jawa tengah
    Link share : https://twitter.com/Anaao98/status/856471250092347392

    Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?

    Sebenarnya, 3 tahun masa putih abu-abu itu hampir 70%nya punya kenangan yang dikategorikan susah dilupakan. Selebihnya ya lupa lupa ingat :v Mulai dari awal perjuangan masuk sekolah, tes ini-itu, dimusuhi teman, kegiatan Kunjungan Industri, hingga akhirnya keluar dari masanya a.k.a lulus semuanya memiliki kenangan tersendiri.
    Karena pertanyaannya ada kata "paling" dan otomatis hanya ada satu kejadian yang memang benar-benar susah di lupa.
    Oke, baiklah. Aku punya loh kak masa putih abu-abu yang susah dilupa. Dan itu ketika kurang lebih 1 mingguan menjelang UN. Jadi, di masa itu ada teman sekelas (cewek) yang tiba-tiba masuk rumah sakit lalu dinyatakan kritis selama 2 hari lebih lalu dinyatakan meninggal. Yah, mungkin bagi beberapa orang ini masa yang tidak mengenakkan. Ehm, memang benar. Selama dia dirumah sakit kita yang dikelas hanya bisa baca doa bareng2 tahlil sama yasin setiap paginya. Satu teman laki-laki memimpin jalannya do'a. Hampir tiga tahun bareng, dan ketika hampir keluar gerbang kelulusan malah pergi. Tidak, aku sama sekali tidak menyalahkan takdir tuhan :')
    sedih aja gitu pokoknya.
    Sebelum pergi pun dia bilang ke aku "kamu jangan tinggalin aku ya" dan ternyata dia yang ninggalin aku. Ya Allah πŸ™‡
    Kayaknya baru tahun lalu, tepatnya kelas 11 belajar materi sholat jenazah eh setahun kemudian malah praktek langsung ke temen sendiri.
    Tepat dua atau tiga hari sebelum UN, dia pergi. Tangis anak kelas pecah.. Dan hari itu pula kita kerumahnya untuk ikut bertakziyah. Iya, hari itu pula hari terakhir aku lihat dia. Tubuhnya yang sudah dibalut kain kafan, tak lupa senyum tipis yang terukir. Ah, rasanya begitu menyesakkan.
    kenapa susah lupa? Aku juga belum ngerti. Bahkan senyumnya masih sangat jelas diingatanku. Aku rasa ini satu-satunya kenangan sedih tapi malah paling membekas dihati.

    ReplyDelete
  17. Nama: Veronika Septi Rahayu
    Akun Twitter: @ayu_vero29
    Domisili: Yogyakarta
    Link Share: https://twitter.com/ayu_vero29/status/856128654673190913

    Jawaban:
    Masa SMA yang paling susah lupa adalah ketika aku duduk di kelas XII semester 1 saat tengah menempuh ujian semester. Kelasku XII IPA terbagi menjadi 2 kelas saat ujian dan masing-masing dipasangkan dengan kelas XI. Hari itu jadwal ujian seni rupa,aku bisa mengerjakan soal-soal dengan lancar. Tapi apa yang terjadi? Hp ku disita oleh guru pengawas ujian karena beliau mengetahui aku membalas sms dan memberi kunci jawaban pada salah 1 teman yang berbeda ruang ujian. Kata beliau hp ku telah diserahkan kepada kepala sekolah dan jika hp ku ingin kembali maka orangtuaku harus datang menghadap bapak kepsek. Aku lemas dan yang ada dipikiranku hanyalah image negatif dari guru-guru atas perbuatanku itu padahal aku termasuk murid yang memiliki prestasi cukup baik dan tak pernah bermasalah. Akhirnya kuceritakan juga masalah itu pada orangtuaku, tapi ternyata orangtuaku tak ingin datang ke sekolah mungkin mereka sudah kecewa padaku, kata beliau hp yang sudah ada di tanganku itu sudah menjadi milikku dan aku harus bertanggungjawab atasnya. Aku semakin bingung apa yang harus kulakukan dan kuceritakan semua itu pada temanku yang meminta jawaban saat ujian. Ia semakin merasa bersalah karena ulahnya tsb, meskipun aku tahu ini tak sepenuhnya ia yang bersalah. Ya...seandainya saja waktu itu aku tak membalas smsnya dan memberikan ia jawaban mungkin semuanya akan baik-baik saja. Temanku ini mempunyai ide yang benar-benar di luar dugaanku, ia mengajak seseorang ke sekolah yang ternyata saudaranya hanya saja mereka terpaut usia yang begitu jauh karena saudaranya itu sudah bekerja. Temanku ini berniat membantuku dengan menyuruh saudaranya berpura-pura menjadi pamanku untuk menghadap bapak kepsek. Ya ampun,aku sudah bermasalah dan sekarang malah mau membuat masalah baru? bagaimana jika pak kepsek tahu ini rekayasa kami? Aku begitu bingung saat itu tapi mau bagaimana lagi...aku tetap tak bisa menolak ide dan niat baik darinya meski aku tahu itu ide yang beresiko tinggi. Kamipun menghadap bapak kepsek, beliau sama sekali tak curiga dan beliau maklum atas kesalahan yang kuperbuat bahkan beliau tak marah hanya saja beliau berpesan untuk tidak lagi memberi jawaban pada teman saat ujian. Begitu lega hatiku dan hp ku pun telah kembali, bahkan settingan kami tak sedikitpun dicurigai oleh kepsek. Aku tahu ini salah,tapi memang tak ada cara lain. Temanku melakukan ini juga karena ia begitu merasa bersalah padaku. Akupun berterimakasih padanya dan saudaranya itu karena berkat mereka aku terselamatkan dari masalahku. Benar-benar kejadian masa SMA yang tak bisa dilupakan sampai sekarang.

    ReplyDelete
  18. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/856647505903140864

    Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?
    Banyak banget kejadian2 yg susah dilupain. Mulai dari kebiasaan makan mie ayam di kantin selesai jam oleh raga bareng temen-temen. Itu saat paling leluasa karena kantin masih sepi (kelas lain masih pada materi di kelas) + dimana lagi coba biasa dapet seporsi mie ayam seharga 2.500 rupiah? ya aku tahunya cuma di SMA-ku, hehe. Sengaja joget-joget gaje pas jam kosong karena tahu guru-guru dikantor mantau pake sisi tv yg terpasang di ujung kelas. Panjat kursi demi nyabut dan nancepin lagi wifi di kelas (tiap kelas ada wifi, tapi biasanya yang bisa nyambung cuma separo siswa yang dateng lebih dulu. Jadi pas jam istirahat kabelnya sengaja dicabut dan ditancepin ulang biar yang nyambung wifi bisa gantian. Tapi kadang sistem rebutan kaya gini bikin kelas gaduh luar biasa). Ndedei (mengecap sesuatu sebagai miliknya untuk dimanfaatkan dikemudian hari) buah jambu atau mangga yang mulai matang. Biasa ini kerjaannya anak2 organisasi yang pulangnya sore. Karena kantin udah tutup, perut keroncongan dan males buat melewati gerbang depan nyari toko atau warung, akhirnya buah-buahan yang ditanam di area sekolah sering raib. Yah, pokoknya hal-hal konyol dan enggak bermartabat kaya gitu deh yang masih nyangkut di memori dengan jelas. Habis sekarang kan udah mulai tobat, gak banyak petingkah lagi kaya pas zaman SMA.

    ReplyDelete
  19. Tary Wilujeng
    Twitter : @taryhirata
    Domisili : Malang
    Link Share : https://twitter.com/taryhirata/status/856758805585158145
    Jawaban :
    Masa SMA yang paling susah lupa adalah ketika tepat di umur 17 tahun yang katanya adalah tahun dimana kita bisa dianggap dewasa, aku mendapatkan pacar (haha) tanpa harus backstreet dari orang tua karena memang aku kenalkan ke mereka. Dan ternyata mendapatkan pacar merupakan sebuah pintu awal yang namanya roman picisan beserta segala kebahagiaan dan kesedihannya. Bagaimana senengnya diantar jemput ke sekolah, senengnya setiap akhir pekan bisa nonton atau sekedar jalan saja. Begitupun sedihnya ketika mulai ada cemburu, kecewa karena beda pendapat, lalu pihak ketiga. Sikap dewasa diuji ketika itu. Kalau ingat kejadian itu batinku selalu berteriah ( Ya ampun, aku dulu itu benar-benar alay dan culun).

    ReplyDelete
  20. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Aceh
    Link Share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/856808079639412737
    Goodreads: Rina Fitri

    Hampir semua kenangan di SMA adalah kenangan tak terlupakan. Masa dimana banyak terjalin kisah persahabatan dan percintaan. Masa yang penuh kesenangan dan juga kesedihan.

    Satu hal yang tidak terlupakan adalah rutinitasku menunggu jemputan. Saat itu hanya tinggal aku sendirian tanpa seorang teman. Hanya ada pekerja sekolah yang sedang menyapu taman. Aku sudah biasa merasa kesepian. Tapi aku senang, karena hanya di saat itu aku bisa merasakan suasana yang begitu menenangkan.

    Masa SMAku tidak sepenuhnya diisi dengan kebahagiaan. Di pertengahan tahun pertama, masalah mulai berdatangan. Aku disisihkan dari pergaulan. Jajan, makan, salat, semuanya kulakukan sendirian. Tapi aku mencoba bersabar atas cobaan yang diberikan Tuhan. Mudah-mudahan kesabaranku akan mendapat balasan.

    Tapi seiring berlalunya waktu masalah itu terselesaikan. Aku tidak sendirian lagi ketika jajan dan makan. Aku bersyukur, akhir masa SMAku kuhabiskan dalam kebahagiaan. Terima kasih, Tuhan.

    ReplyDelete
  21. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/856820753638932480?p=v

    Masa SMA yg paling susah dilupakan hingga sekarang ini adalah cara super kreatif yg sebenarnya tidak pantas ditiru oleh siapapun yaitu menyontek. Ada dua tipe penyontek di sekolahku. Pertama yakni tipe kelompok yg menggantungkan nasib pada teman. Jika ada teman yg punya kunci jawaban, dia harus ke kamar mandi dulu 30 menit sebelum ulangan berakhir .. Dia akan menuliskan jawaban ditempat-tempat yg sudah disepakati, biasanya di tempat yg tersembunyi. Klo jawabannya panjang, kertas contekan rumus dan jawaban langsung ditempel di balik pot tanaman atau diselipkan ke celah-celah kecil agar tidak ketahuan. Tipe kedua adalah tipe mandiri. Temenku yg tergolong tipe ini berusaha mandiri untuk memyontek. Dia merangkum semua materi lalu memfotocopy dengan ukuran yg sudah diperkecil kemudian ditempel entah di paha, di balik alas sepatu, diselipin di dalam sepatu dan dibela-belain menjahitkan kantong kecil di sela-sela belahan rok untuk cewek dan celah antar kaki di celana panjang untuk cowok buat naruh contekan.. πŸ˜‚

    ReplyDelete
  22. Nama : Laela Khikmawati
    Twitter : @elaaakk
    Domisili : Pekalongan
    Link share :
    https://twitter.com/Elaaakk/status/856837313661345792
    Goodreads : Laela Khikmawati


    Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?


    Masa-masa menjelang UN. Waktu itu aku dan teman² rajin banget belajar bareng. Kita diskusi bareng², temen yg otaknya dianggap encer disatu mapel akan berperan sbg guru dadakan, nerangin didepan kelas, ngasih tau tips n triknya.
    Waktu istirahat kita sempetin buat belajar, klo ada yg mau jajan biasanya sekalian dititipin buat sekelas. Awal²nya pada keberatan dititipin jajan sekelas tp lama² malah nawarin "Ayo sapa yg mau titip jajan, sini sekalian."
    Sepulang sekolah kita sempetin belajar 1-2 jam, hari libur juga kita belajar bareng, dateng ke sekolah pinjem ruang kelas sama bapak penjaga sekolah, kalau bosen belajar dikelas kita bakal belajar diluar kelas di bawah pohon atau ngga ditaman sekolah. Kadang kita juga belajar kelompok di rumah temen biar ada yg ngasih asupan makanan gratis πŸ˜‚
    Semuanya kita lakukan bareng², ada waktunya buat serius belajar, ada juga waktu santai² bercandaan buat ngerefresh otak.

    ReplyDelete
  23. Nama: Lynn Melody
    Akun twitter: @justlynn23
    Domisili: Banjarmasin
    Link share: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/856704540803948544
    Akun goodreads: Lynn Melody
    Jawaban: Masa SMA yang paling susah ku lupakan hingga sekarang ini adalah saat aku menghadiri perpisahan sekolah. Saat itu aku salah kostum, teman-temanku semuanya pada pakai kebaya dan aku yang beda sendiri tidak memakai kebaya. Jadi aku waktu itu merasa malu banget karena aku tuh salah kostum. Mau balik ke rumah untuk ganti nggak bisa karena jarak antara rumah ke sekolahku cukup jauh dan pasti makan banyak waktu. Acaranya juga waktu itu udah mau mulai, setelah ku pikir-pikir aku memutuskan untuk tidak balik ke rumah. Jadilah selama acara aku beda kostum sendiri dan rasanya di liatin gitu sama orang-orang karena beda sendiri. Pas foto pun aku terpaksa berdiri di belakang saja karena aku nggak mau ngerusak pemandangan (dalam foto) orang-orang yang sudah berkebaya, sedangkan aku nggak.

    ReplyDelete
  24. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/856872995301847041
    goodreads: Kiki Ryeo

    masa SMA paling susah dilupain itu ya Drama nya anak sekolah..
    kisah percintaan yg naik turun, persahabtan yg erat kemudian meliuk dan tumbang hanya karena perasaan yg menyusup diantaranya. dan yg paling susah dilupain itu saat kenakalan terjadi.
    bukan kenakalan juga sih, lebih menjurus ke hal yg gila.

    Iyap, Gila.
    Pernah mengidolakan senior disekolah, aku mencari segala sesuatu menyangkut doi, enggak hanya hobi dan kebiasaan, bahkan rutinitas sehari hari dan silsilah keluarga pun ku tahu:D pernah dan hampir sering ngintilin doi sepulang ekskul, dan perihnya pernah mergokin doi lg pacaran. Stelah doi lulus, kebiasaan itu menghilang.

    pernah telat masuk sekolah, saking takutnya namaku tercoreng, waktu diabsen aku dg sengaja ngelepas nametagku dan malah nyebutin nomor absen temanku.

    Masih keinget tahun kemarin gimana gilanya aku mengidolakan sosok utuber asal kanada, dan waktu itu ngadain tour di Indonesia, aplg kotaku juga termasuk.
    Aku belain nabung, nunda bayar iuran kas, nyisihin uang jajan sampai2 aku pernah malakin teman sekelas seporsi siomay>_< uang udah kekumpul, tiket udah ditangan, tinggal izin ortu yg enggak dapet.
    Karena saking pengennya ketemu utk tatap muka sm Mac, dan gamau uang ratusan ribuku hilang karena tiket yg gak kepake akhirnya keluarlah ide gila dan nekatku.

    Gila ngerencanain bolos demi ketemu idola, Gila udah ngajak teman yg notabene anak baik2 buat bolos. Gila udah buat surat izin palsu, dan Gila karena udah nyogok ibu2 kantin biar bisa keluar gerbang sekolah dan Gila udah mengelabuhi pak satpam.

    Karena dasarnya gak ada izin ortu, surat izin pulang pun dibuat palsu. Karena gak ada izin ortu, kejadian tidak mengenakkan pun ku alami.
    Mungkin karena ridho Allah juga ridho ortu, mungkin karena gak dpt izin ortu, diperjalanan menuju tempat MnG kecelakaan terjadi. Motorku yg sedang membonceng teman bolosku pun oleng karena ditabrak pengemudi lain dan terjatuh. Untunglah nyawa kami berdua masih selamat. Meski harus merelakan kaki ku diperban dan gakbisa berjalan slm dua hari.

    Sejak saat itu, aku membuat prinsip, jika mengidolakan seseorang gak boleh melebihi batas yg bisa mengakibatkan obsesi.

    Dan sejak saat itu pula, aku mendapat pelajaran, jika bohong pasti berakibat fatal, apalg berbohong utk hal yg tidak terlalu bermanfaat, terlebih berbohong pada Guru disekolah dan Orangtua.

    ReplyDelete
  25. Nama :agnes margaretha
    Akun ig : margaretha_ag07
    Domisili :medan
    Link share :https://www.instagram.com/p/BTUL4O0lXfu/


    Masa SMA paling susah lupa hingga sekarang ini?

    Tentang persahabatan , cinta yang katanya sejati di SMA malahan berubah setelah putus gara2 beda keyakinan dan orang tua ngelarang ,nyesek ga tuhh ,, kangen sahabat sma dlu kalo sekarang mah elo gue , ga peduli lagi satu sama lain . Dulu kalo pr engga siap tinggal nyontek . Ini pas kuliah mau nyontek sama siapa :( egois semua . Jadi kangen sma ,, apa lagi pas engga siap pr rame2 . Wahh rasanya pengen ngulang . Memang benar masa2 paling indah tu di sma banyak dukanya banyak bahagianya . Miss banget . Sekarang ketemuan aja susah sibuk dengan cinta dan cita cita masing-masing . But thanks guys buat pacara , mantan pacar , teman , sahabat , teman yang jadi musuh , adek kelas, kakak kelas perebut pacarku , guru killer, guru yang ngaaih nilai pelit , wali kelas , ibu kantin yaa semuanya makasih untuk 3 tahun ini , karna jika kalian tak mewarnainya aku ga bakalan tau gmana itu semua . Thanks

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...