Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

30 April 2017

What A Surprise - Ullan Prahilanta



35011766 Judul : What A Surprise
Penulis : Ullan Prahilanta
Penerbit : Grasindo
ISBN : 9786023758456

And the blurb..

Di masa remaja, Lily kerap mengatakan masa depan Ivy suram karena wajah dan penampilannya serba pas-pasan. Kariernya susah melejit. Pun, paling-paling hanya laki-laki dengan standar ketampanan di bawah rata-rata yang kelak menyukainya.

Karena itu Lily sengaja menjodohkan Ivy dengan Ruby, si pemuda yang, nggak banget, dan mendapat julukan, Kingkong Metropolitan. Lily menilai, keduanya punya kesamaan: sama-sama nggak menarik!

Kendati heboh dijodoh-jodohkan, perasaan Ivy dan Ruby tetap datar. Andai boleh memilih, Ivy lebih menyukai Topaz. Berhubung sadar diri duluan, Ivy berusaha keras membunuh perasaannya pada si laki-laki blasteran Arab itu.

Tapi siapa sangka, beberapa tahun kemudian Ivy justru menjadi pusat perhatian. Akankah Topaz terpikat pada pesona baru Ivy? Atau, Ruby yang mulai jatuh hati?
  
Here we go..

What A Surprise bercerita tentang kisah persahabatan yang terjalin antara Lily dan Ivy. Mereka bersahabat sejak mereka SMA. Bisa dibilang ada perbedaan yang cukup signifikan yang terjadi dalam hubungan persahabatan keduanya. Dan itu terlihat dengan sangat nyata, dilihat dari fisik mereka berdua. Lily sangat cantik dan dia benar-benar bisa dibilang merawat kulitnya. Sedangkan Ivy, dia kebalikan dari Lily. Ivy jarang sekali merawat tubuhnya. Wajahnya yang penuh dengan jerawat dan kulitnya yang tak terawat bisa dibilang adalah hasil dari ketidak pedulian Ivy akan kecantikan dirinya sendiri.

Terkadang Ivy merasakan ketidak percayaan diri yang teramat sangat apabila berdua dengan Lily. Terlebih lagi Lily suka banget menjahili Ivy dengan mengatakan jika nantinya Ivy akan susah mendapat jodoh dan kariernya akan terhenti jika dia tak merawat dan menyayangi dirinya sendiri.

Selain Ivy dan Lily, ada juga Topaz. Topaz adalah lelaki yang disukai oleh Ivy, namun ternyata Topaz malah menyukai Lily dan berpacaran dengan Lily. Ivy sedih luar biasa. Sama seperti Lily dan Ivy, Topaz juga memiliki sahabat bernama Ruby. Penampilan Ruby bisa dibilang jauh berbeda dengan Topaz. Ruby yang gemuk dan tak seperti Topaz. Alhasil saat berkumpul berempat, muncullah keisengan dalam diri Lily untuk menjodohkan Ruby dan Ivy. Karena sama-sama jomblo. Siapa tahu, Ruby adalah jodohnya Ivy. Ivy yang paham akan keisengan Lily, berusaha untuk tak menggubrisnya. Namun, Ruby malah menjadikan keisengan Lily sebagai suatu hal yang serius. Padahal Ivy menganggap Ruby sama seperti Topaz dan teman-temannya yang lain. Ivy merasa tak mungkin ada yang menyukai dirinya yang pendek, berkulit gelap, berambut ikal dan penuh jerawat di wajahnya. Ivy merasa jika Ruby bukanlah tipenya dan entah kenapa Ruby juga seperti maju mundur untuk dijodohkan dengan Ivy.

Ivy memiliki mimpi untuk bisa mendesign gaun pengantin. Dan perlahan mimpinya dimulai. Di Rosella Nathalie’s Studio, Ivy belajar merancang gaun pengantin dari seorang desainer yang terkenal. Sayang seribu sayang, Ivy hanya dapat bertatap muka dengan Rosella beberapa kali. Karena di studio ini, Rosella tak mengajarkan langsung melainkan ada beberapa asisten yang membantunya. Ivy memiliki keyakinan yang cukup kuat untuk bisa seperti Rosella. Dia tak ingin terbelenggu dalam ketidak percayaan dirinya yang akan membuat dia tak bisa sukses.

Lalu apa yang selanjutnya terjadi pada kisah Ivy – Ruby – Lily – Topaz? Bagaimanakah dengan kisah cinta Ivy? Lalu mampukah Ivy meraih mimpinya? Penasaran? Jangan lupa buat membaca novel Running Romance yang bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat di kota kamu atau di toko buku online atau bisa juga kamu beli via digitalnya di Scoop.

Membaca novel ini benar-benar bikin aku penasaran setengah mati sama kisahnya karena aku merasa seperti mengalami kisah ini secara langsung. Mungkin karena kejadian di novel ini banyak dijumpai di lingkungan sekitar kita, jadi langsung berasa kayak mengalami kisah ini langsung. Awalnya membaca judul novel ini mikirnya langsung ke sebuah kejutan untuk orang yang disayang, melihat covernya juga sih sebenarnya. Tapi, ternyata berbeda setelah aku membaca isi dari novel ini.

Aku belajar banyak hal dari novel ini. Bagaimana cara mengungkapkan sesuatu hal tanpa bermaksud menyindir orang tersebut. Yaitu lewat sindiran atau teguran secara halus. Seperti Lily yang gemes dengan Ivy yang seakan tak peduli dengan dirinya sendiri. Jadi, bagaimana cara menyampaikan hal yang bisa membuat Ivy termotivasi tanpa menyinggung perasaan Ivy. Sering kan di dalam kehidupan nyata kita mengalami hal seperti ini. Dan biasanya dari banyak orang, beberapa ada yang paham dan beberapa ada yang cuek.

Dari awal aku suka dengan persahabatan antara Ivy dan Lily, juga Ruby dan Topaz. Aku juga salut dengan Ivy yang memiliki keyakinan kuat untuk berusaha membuktikan kemampuan dirinya sendiri. Semangatnya, perjuangannya benar-benar bikin aku teringat akan perjalananku menuju sidang pendadaran. Di setiap keberhasilan pasti dilalui dengan sebuah proses yang tentu tidak mudah. Disini Ivy membuktikannya.

Bisa dibilang kisah ini selain ringan, ngegemesin, baper, juga bisa bikin ketawa dan sedih secara bersamaan. Ide ceritanya sederhana, namun cara mengeksekusinya benar-benar luar biasa. Selain itu, di novel ini juga ada pesan tersembunyi. Pentingnya sebuah kejujuran, kepercayaan diri, kesabaran, persahabatan yang tulus, dan cinta kasih. 

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...