Home         Who Am I         Corner         RC 2017         Book Sale         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

27 May 2017

No Place Like Home - Alma Aridatha | Blog Tour, Giveaway




Judul : No Place Like Home
Penulis : Alma Aridatha
Penerbit : Ikon

ISBN : 978-602-74653-7-4


And the blurb..

Ganda tahu, kehidupan yang disebut sempurna tak sepenuhnya ada. Dia baru tahu siapa ayah kandungnya di usia sepuluh tahun. Sosok itu datang, mencoba mendekat, membuat ayah tiri yang juga disayanginya sedari kecil menjauh tanpa alasan yang pasti.

Ada banyak anak lain yang harus tumbuh tanpa orangtua di luar sana, tapi Ganda memiliki dua pasang orang tua sekaligus. Di saat anak-anak lain bisa berdamai sekaligus menikmati ‘keberuntungan’ yang ada dalam hidup mereka, Ganda justru merasa kosong di antara semua yang seharusnya pantas disebut ‘keberuntungan.’

Keinginan Ganda sederhana. Dia mencoba mengisi hal-hal yang hampa itu dengan mencari tempat berteduh—yang memang tersedia untuknya. Yang kelak bisa dia sebut rumah. Meskipun, dia sendiri tidak sepenuhnya yakin.

Here we go..

Ganda tidak menginginkan sepeda gunung mahal atau motor sport terbaru atau rekening yang penuh dengan nominal angka. Dia hanyaa ingin lebih diperhatikan. Apakah keinginannya terlalu berlebihan?

No Place Like Home menceritakan kisah tentang seorang anak laki-laki bernama Ganda dengan kehidupannya. Kehidupannya sebagai seorang anak yang memimpikan memiliki keluarga yang bahagia, normal dan harmonis. Selain itu, menceritakan tentang kisah Ganda yang tentu saja berharap terlahir dalam kondisi yang diinginkan oleh kedua belah pihak.

Semenjak kecil, Ganda sudah terbiasa menerima segala cibiran, perlakuan tak adil dari lingkungan sekitar tentang statusnya selama ini. Namun, Ganda seolah tak peduli akan itu semua. Dia berusaha menerima kehidupannya selama ini. Dia juga tak bisa memilih mau lahir dari siapa. Yang dia tahu dia lahir dan dibesarkan dengan penuh cinta.

Kedua orang tua Ganda memang pernah melakukan sebuah kesalahan. Tapi, sekarang mereka sudah menikah dengan pasangan masing-masing dan hidup bahagia. Ganda bahagia dengan kehidupannya yang sekarang. Dimana Mama dan ayah tirinya menyayanginya seperti layaknya anak kandung. Kemudian sama juga dengan Papa dan ibu tirinya yang menyayangi dan tak membedakan statusnya sama sekali.

Walaupun Ganda baru mengetahui keberadaan ayah kandungnya disaat dia berusia 10 tahun, itu semua tak menghilangkan rasa sayangnya kepada Mama dan Ayah tirinya. Namun, semua itu kemudian secara perlahan berubah. Ganda dan Ayah tirinya, Dhimas, terlibat konflik yang kemudian menyebabkan hubungan mereka menjauh. Ganda pun akhirnya memilih untuk tinggal bersama dengan ayah kandungnya, Gio, dan keluarga kecilnya. Ganda merasakan ada yang kurang di dalam kehidupannya. Meskipun seharusnya dia merasa bahagia karena memiliki 2 ayah dan 2 ibu, namun, Ganda merasa dia butuh perhatian dan juga kasih sayang.

Semuanya makin terasa tatkala ada pihak ketiga yang hadir di tengah-tengah keluarga ini. Membuat Ganda makin merasa jika dia sendirian. Di saat dia mengatakan jika dia baik-baik saja, sejujurnya ada yang terluka hatinya melihat keadaan Ganda yang tak baik-baik saja.

Siapa yang tiba-tiba hadir dalam kehidupan Ganda dan keluarga kedua orang tuanya? Konflik apa yang terjadi antara Ganda dan Ayah tirinya, Dhimas? Bagaimana akhir dari kisah Ganda ini? Penasaran? Jangan lupa buat beli bukunya di toko buku terdekat atau bisa juga kamu dapatkan di toko buku online.

Meminta maaf itu gampang. Memberi maaf itu sedikit lebih sulit, tapi masih bisa dilakukan. Namun, melupakan semua kejadian itu yang mustahil

Membaca kisah ini seriusan bikin semua rasa bercampur menjadi satu. Ada sedih, senang, bahagia, tangis, asem, manis, pahit. Dan membaca kisah ini membuat kita sadar jika setiap tindakan yang kita lakukan di dunia ini sudah pasti ada resikonya. Seperti saat sedang menjalin sebuah hubungan dengan lawan jenis, bagaimana caranya agar kita bisa menjaga diri untuk tidak berhubungan terlalu jauh jika memang kita tak ingin menanggung resiko yang lebih besar lagi.

Dan juga disini kita bisa belajar bagaimana menjadi orang tua yang baik, yang memberi contoh baik kepada anak-anaknya. Bagaimana cara mengasuh dan membesarkan seorang anak. Anak juga butuh perhatian, kasih sayang, tak hanya materi saja yang bisa kita berikan.

Selain itu, kita juga bisa belajar cara menyelesaikan sebuah permasalahan. Tak hanya dengan kekerasan, namun dengan penjelasan juga kasih sayang. Jangan malah lari, yang ada masalah nggak selesai-selesai.

Permasalahan keluarga yang dihadapi oleh Ganda sudah cukup rumit, tapi jangan lupakan juga, jika Ganda masih sekolah SMA. Tentunya ada kisah remaja yang bener-bener menggemaskan. Kisah antara Ganda dan Nadya. Ganda yang datar, bertemu dengan Nadya yang berisik. Jadinya kayak apa itu? Bakal lebih bikin suasana jadi cair atau malah bikin jantung berdegup kencang?

Di novel ini intinya adalah kasih sayang. Rasa sayang antara anak kepada orang tua, keluarga, teman, sahabat, lawan jenis. Semua dimulai dari rasa sayang. Banyak kejutan yang terjadi di novel ini. jujur aja, cerita ini adalah favorit aku di aplikasi wattpad. Selain itu, aku juga salah satu penggemar tulisan kak Alma. Kisah kedua orang tua Ganda favoritku juga lho. Seru abis.

Dari Ganda, aku belajar banyak hal. Lebih ikhlas untuk memaafkan dan menerima daripada menyimpan kemarahan yang tak akan ada habisnya. Walaupun sakit, lebih baik dikatakan, daripada disimpan dan suatu hari nanti malah jadi penyesalan yang teramat dalam. Selain itu, dari Ganda aku juga belajar bagaimana menjadi seorang sahabat yang selalu ada. Tak hanya saat sedih namun juga saat bahagia.

Aku beneran sedih banget saat tahu bagaimana perjuangan Ganda dalam menjalani kehidupannya sendiri. Menerima segala caci maki, cibiran, sindiran dari orang-orang yang tak tahu kisah sebenarnya. Tapi langsung memberikan penghakiman akan status Ganda. Bagaimana Ganda bisa menerima itu semua dengan ikhlas. Benar-benar salut banget. Aku aja difitnah udah langsung laper bawaannya, pinginnya makan ini itu.

Novel remaja dan keluarga ini benar-benar membuatku jatuh cinta, gemes-gemes menggigit. Apalagi covernya yang simpel, malah bikin penasaran pingin baca. Keren banget.

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Ganda serta orang-orang di sekitarnya. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara Ganda dan orang-orang di sekitarnya bener-bener dapat banget chemistrynya. Bikin gemes sendiri.

Tokoh favoritku disini adalah Ganda. Bagaimana perjuangan Ganda dalam menjalani kehidupannya sedari kecil yang sudah banyak mendapat sindiran akan statusnya, tapi tak menjadikannya sebagai anak yang berantakan, berusaha untuk membahagiakan kedua orang tuanya dan keluarganya. Selalu sabar karena dia percaya sabar pasti akan mendapat hasil yang memuaskan.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai kisah remajanya ada juga kisah tentang kehangatan keluarga, konflik keluarga, konflik antar teman, persahabatan, salah paham, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan makanan yaa.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa. Good luck for you, kak Alma. Dan jangan lupa juga buat kamu yang ingin membaca novel ini, bisa didapatkan di toko buku terdekat yaa. Jangan sampai kamu kehabisan yaa.

Dendam-dendam terus nggak akan kelar. Kayak lingkaran setan nanti


=== GIVEAWAY TIME ===


Kalian mau mendapatkan 1 novel No Place Like Home yang dikirim langsung sama Penerbit Ikon dan kak Alma? Caranya gampang banget lhooo :

1.   Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2.   Follow blog ini bebas, bisa via Google + atau follow Instagram atau follow fanpage Peek A Book juga boleh *boleh salah satu, boleh ketiganya*
3.   Follow akun sosmed di bawah ini (boleh pilih salah satu)
- twitter @kinky_geek, @penerbit_ikon dan @princessashr
- instagram @almaridatha, @penerbitikon dan @peekthebook
4.   Share info giveaway ini di twitter atau instagram kamu yaa
- twitter : sertakan link blogspot ini, mention @kinky_geek, @penerbit_ikon dan @princessashr, sertakan hashtag #NoPlaceLikeHome
- instagram : repost/reshare/regram banner blogtour ini beserta caption yang ada di akun @peekthebook, sertakan hashtag #NoPlaceLikeHome
5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter/instagram, domisili, link share, akun goodreads (jika punya), dan jawabanmu yaa..

Apa arti rumah untuk kamu?
(Mau jawabannya lucu, nyleneh, baper, serius, boleh semua)

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 27 – 31 Mei 2017 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan 1 - 2 hari dari deadline. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

68 comments:

  1. Nama: Ella
    Akun Twitter: @ellaverina_
    Domisili: Bangkalan
    Link share: https://twitter.com/ellaverina_/status/868368893617635328
    Akun GR: https://www.goodreads.com/user/show/20782983-ella-oktaverina

    Buat aku, rumah itu tempat paling nyaman sedunia. Persetan seperti apa bentuk fisik rumah tersebut, karena yang paling penting itu apa yang ada di dalamnya. Rumah itu tempat penuh kenangan, di mana ketika kembali ke sana setelah sekian lama saya selalu merasa overwhelmed, yang kadang saya sendiri bingung kenapa harus merasa demikian. Lebih-lebih ketika melihat anggota keluarga lengkap dan sehat wal afiat, rasanya seperti benar-benar 'pulang' dan kembali ke masa lampau di mana saya hanyalah anak kecil yang nggak mengenal masalah-masalah seperti sekarang :"")))

    ReplyDelete
  2. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/868371595898650624
    Domisili: Banda Aceh
    Jawaban:

    Rumah adalah tempat ternyaman walaupun hanya saling diam tanpa ada kata yg diucapkan, tempat paling membuat tenang disaat emosi menguasai diri dan tempat kita bebas berekspresi tanpa perlu takut dihakimi.

    ReplyDelete
  3. Nama : Melati Setiyaning Prakerti
    twitter : @melatist
    domisli : Pemalang jawa tengah
    link share : https://mobile.twitter.com/melatist/status/868374602308648960?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C4594146657


    Apa arti rumah untuk kamu?

    Rumah itu tempat kita untuk berteduh, rumah juga tempat kita untuk berkumpul dengan keluarga.
    bagaimana kalau rumah tidak ada penghuninya? otomatis rumah itu akan terkesan serem, berhantu , dan juga tidak terawat.
    jadi arti rumah bagiku adalah tempat dimana bertemunya keluarga lengkap setelah mereka pulang dari rutinitas masing-masing. Rumah adalah keluh kesah kita, kita bisa curhat dengan nyaman dengan orang2 yg kita kenal, dengan orang2 yg menyayangi kita.
    rumah bagaikan surga jika semuanya serba lengkap.
    rumah adalah tempatku kembali jika suatu saat aku mencapai kesuksesan. karena didalam rumah aku selalu bertemu dengan penyemangat hidupku. ibu bapaku mereka sellau menjadi contoh untukku.
    di rumah selalu ada hal2 konyol yg bisa kita bua suasana yang nyaman dan kehangatan yang keluargaku pancarkan.
    karena rumah adalah surga ke duaku :-)

    ReplyDelete
  4. Nama : erlina nurochman
    Twitter : @erlinanurochman
    Domisili : Yogyakarta
    Link share : https://twitter.com/erlinanurochman/status/868393814754344961

    Arti rumah buat aku adalah everything.
    Dimana disana terdapat kenangan indah bersama keluarga, dimana aku dan seperangkat adikku dilahirkan. Dimana nenekku selalu menjewerku saat aku menumpahkan tepung di dapur. Dimana aku selalu berlarian dan memecahkan pigura di meja. Terkadang aku mencoret coret lantai yang dulunya belum berkeramik. Aku menggambar gunung, pohon kelapa, lautan, dan ayah ibu serta aku dan adikku didepannya. Kata ibuku, aku selalu membunyikan kakiku saat aku berjalan. Dan berpura-pura menjadi raksasa yang akan menginjak injak gunung dan lautan yang ku gambar. Wkwk. Lucu memang. Rumah adalah tempat yang segalanya bagi anak rumahan sepertiku. Dimana teman teman berkumpul, bersenda gurau, bermain, makan bersama. Hingga akhirnya suatu hari rumahku yang notabenenya peninggalan nenek, yang merupakan rumah tua khas Jawa roboh digoncang gempa 2006, kami sekeluarga pindah di rumah nenek yang baru. Memang hanya beberapa langkah, namun terasa berbeda. Huh. Intinya aku rindu kenangan itu semua 💟

    ReplyDelete
  5. Nama : Gita Ayu Pratiwi
    Akun twitter : @gitiup
    Link share : Lihat Tweet @gitiup: https://twitter.com/gitiup/status/868454525832617984?s=09
    Domisili : Beji, Depok - Jawa Barat


    Family isn't always blood. It's the people in your life who want you in theirs. The ones who accept you for who you are. The ones who would do anything to see you smile and who love you no metter what.

    Keluarga bagiku adalah tempat dimana aku akan selalu pulang dan menyenderkan kepalaku disaat aku senang ataupun sedih, tempat yang selalu hangat, tempat dimana aku dibesarkan dengan kasih sayang kedua orangtuaku, tempat dimana akan selalu banyak cerita, tempat dimana aku belajar banyak hal, tempat dimana aku selalu merasa nyaman tanpa perlu takut tersakiti, dan tempat dimana aku akan selalu kucari hingga tua nanti.

    Meskipun dalam kekurangan, asalkan kita jalani dengan berasama semuanya akan terasa indah. Di ibaratkan meski harus makan walaupun sepiring dimakan bersama, akan terasa lebih nikmat karena dimakan dengan penuh kasih sayang. Tidur walaupun dilantai hanya berlapis kardus, akan terasa hangat jika kita bersama. Kasih sayang sebuah keluarga adalah sumber kehangatan yang tidak ternilai harganya dan tidak akan ada yang bisa menggantikannya.

    Entah kenapa, buat nulis jawaban ini aku sampai nangis. Keingetan keluarga. Sayang bgt sama mereka, mau bikin mereka bangga dan ikut nikmati hadil jerih payahku nanti. Dan cita-cita aku itu mau buatin orang tua rumah. Walaupun ga besar, asalkan layak huni. Lelah merantau dikota orang.

    ReplyDelete
  6. Nama : Nur Azizah
    Domisili : Indramayu
    Twitter : @azizah_0271
    Link share :https://twitter.com/azizah_0271/status/868440113855873024

    Rumah menurutku tempat ternyaman dari seluruh tempat yang megah diseluruh dunia. Tempat mencurahkan semua rasa. Lelah, sedih, bahagia, mengantuk, lapar semuanya ketika berada dalam rumah akan terobati.

    ReplyDelete
  7. Nama : Nita Cintia Mulya Sari
    Twitter : nitacintia1
    Domisili : Jombang, Jawa Timur
    Link Share : https://mobile.twitter.com/nitacintia1/status/868461756825391105?p=p

    Rumah itu, tempat dan keadaan dimana kita bisa merasa nyaman berada diantara orang orang yang kita sayang dan sayang sama kita

    ReplyDelete
  8. Nama: Zahra Firdausy
    Domisili: Jakarta
    Twitter: @zahra_firdausy1
    Link share: https://twitter.com/zahra_firdausy1/status/868468236219629568

    Rumah itu suatu tempat yang seharusnya menjadi tempat paling nyaman dan aman ketika kita berada di dalamnya. Tempat untuk berteduh dan tempat untuk melepas rasa lelah sehabis beraktivitas. Tempat terciptanya memori-memori indah sampai yang buruk sekalipun. Bisa dibilang, saksi bisu perjalan hidup.

    ReplyDelete
  9. Nama : Zakia Ainun
    Domisili : Bandung
    Twitter : @zakiaai_
    Link Share : https://twitter.com/zakiaai_/status/868482261829656576

    Arti rumah untukku adalah tempat ternyaman yang ada di muka bumi. Kenapa? Karena cuma di rumahlah aku merasa nyaman membuang hasil metabolisme tubuh yang sudah tidak terpakai (defekasi)������ karena cuma di rumahlah aku mendapat ceramah panjang lebar dari bapak negara secara gratis, bisa makan enak sepuasnya sampai kapasitas perut penuh, dan bisa bertukar pikiran sama mas-ku yang baik hati mendistribusikan pengalaman-pengalaman menariknya. Rumah adalah satu-satunya tempat aku kembali dari hiruk pikuk dunia luar dan tempat aku mengevaluasi diri.

    ReplyDelete
  10. Nama : Siti Fatimah
    Twitter : @st_fatimah1004
    Link : https://twitter.com/st_fatimah1004/status/868493573578031106
    Domisili : Bogor


    A : Rumah bagi saya bukan hanya sekedar tempat tinggal, tempat untuk pulang dan beristirahat. Bagi saya rumah bukan bangunan 2 tingkat yang megah lengkap dengan ac, garasi atau rumah dengan dinding bambu, ranjang reyot, dan kursi tua.

    Bagi saya rumah bukan bangunan megah dengan kelengkapan atau rumah sederhana dengan perabotnya, bagi saya rumah adalah tempat dimana orang-orang yang saya cintai dan saya sayangi berada. Rumah bagi saya bukan harus bangunan, tapi keberadaan orang-orang tersebut, bisa saja di pasar, di rumah sakit, di jalan, tapi selama saya berada di tengah-tengah orang-orang yang saya cintai, saya sudah sampai di rumah. Saat ini rumah berarti jika saya berada di dekat ibu, ayah dan kakak-kakak saya..karena mereka adalah orang-orang yang saya cintai, dimana pun mereka, kapan pun, selama saya dekat dengan mereka saya merasa aman dan nyaman karena saya telah sampai di rumah.

    Mungkin yang saya rasakan juga dirasakan teman-teman yang berbondong-bondong melaksanakan mudik, bukan karena tradisi saat lebaran, tapi saya rasa teman-teman kangen akan rasa aman dan nyaman selama berada di rumah di tengah-tengah orang yang dicintai.

    ReplyDelete
  11. Nama : Tyara puspita
    Twitter : @tyarap98
    Link share : https://twitter.com/Tyarap98/status/868492254859501568?s=09
    Domisili : Tasikmalaya, jawa barat

    Apa arti rumah untuk kamu?

    Arti rumah buat aku, sebenernya sama sih sama orang lain, mainstream gtu jawabannya, rumah itu tempat berteduh, tempat berlindung. Memang tak bisa di pungkiri rumah itu memang tempat tenyaman bagi kebanyakan orang. Tapi entah kenapa ya kalo buat aku rumah itu bisa jadi berbeda artian nya kalo isi dari rumah itu gak utuh, it mean kalo ya anggota keluarganya berantakan, dan saat itu aku merasakan kalo rumah itu bukan lah satu² nya tempat ternyaman, teraman, dan ter² lah. terkadang rumah itu bisa berubah jadi tempat semenyeramkan kuburan, atau bahkan seperti neraka. cuma karena masalah sepele yg sebenernya gak penting. dan buat aku rumah itu tempat dimana di situ ada nyokap, ya cuma nyokap alias emak gue tercinta. kemana bapak sama abang gue? entahlah. sejujurnya gue pengen banget punya rumah senyaman orang lain, seharmonis orang lain, sehangat orang lain, dimana rumah itu tempat dimana kita bisa melepas penat dari segala kegiatan yang menyita waktu kita seharian, tempat dimana kita bisa berlindung dari segala masalah, tempat dimana bisa menerima dan di terima, ya tempat kembali pulang. Tapi ternyata buat aku pribadi rumah yang seperti itu gak ada, yang ada cuma bangunan yang sama kek orang lain dengan isinya keluarga kecil nyokap yang baru. terkadang saya ingin berkata kasar.

    ReplyDelete
  12. Nama : Mukhammad Maimun
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    domisili : Sleman
    link share https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/868500286603640832

    Apa arti rumah untuk kamu?

    Rumah adalah tempat kembali.
    Kembali setelah menghadapi kasarnya dunia, berlindung setelah terkena badai masalah, Memberi solusi tanpa menghakimi.
    Tempat kembali stelah pergi
    Tempat kembali setelah penat mencari
    Tempat kembali dari hampa
    Tempat kembali menyendiri

    ReplyDelete
  13. Nama: Astriana Setia M
    Instagram: @AstrianaSM
    Domisili: Cikampek, Karawang
    Link share: https://www.instagram.com/p/BUmnIcEFpO7/

    "Rumahku, Surgaku"

    Rumahku, surgaku. Sangat-sangat aku alami!
    Tidak peduli bentuk rumahku seperti apa, isinya apa saja, dan mewah atau sederhana. Rumahku, tetap akan menjadi surgaku.
    Alhamdulillah sekali aku dan keluarga masih diberi rizky yg luar biasa oleh Sang Pencipta, yakni Rumah.
    Tempat aku dan keluargaku berteduh. Menumpah semua lelah. Berbagi canda & tawa. Berbagi cinta & bahagia.
    Tempat beribadah demi mengharap berkah, tempat aku dirawat orangtua--dan akan datang saatnya aku merawat orang tua, tempat terakhir semua tujuanku.

    ReplyDelete
  14. nama : nurul insaniyah
    ig : gooflay
    domisili : depok
    link share : https://www.instagram.com/p/BUmnS5qgMmL/

    Apa arti rumah untuk kamu?

    arti rumah untukku adalah tempat tinggal, tempat dimana aku bisa aman dari dunia luar. rumah bentuknya kotak kadang ada yg lancip dan bulat. rumah biasanya dihuni oleh keluarga, entah itu keluarga kecil atau besar. arti rumah untukku juga adalah tempat yg nyaman untuk tidur dan makan, karena hanya di dalam rumah kita bisa tidur dan makan dalam gaya bebas. rumah juga adalah tempat berekspresi untuk orang pemalu sepertiku. pokoknya itulah. aku juga gangerti nulis apa.

    ReplyDelete
  15. nama : nurul insaniyah
    ig : gooflay
    domisili : depok
    link share : https://www.instagram.com/p/BUmnS5qgMmL/

    Apa arti rumah untuk kamu?

    arti rumah untukku adalah tempat tinggal, tempat dimana aku bisa aman dari dunia luar. rumah bentuknya kotak kadang ada yg lancip dan bulat. rumah biasanya dihuni oleh keluarga, entah itu keluarga kecil atau besar. arti rumah untukku juga adalah tempat yg nyaman untuk tidur dan makan, karena hanya di dalam rumah kita bisa tidur dan makan dalam gaya bebas. rumah juga adalah tempat berekspresi untuk orang pemalu sepertiku. pokoknya itulah. aku juga gangerti nulis apa.

    ReplyDelete
  16. Nama : Dian Miranti
    Ig : dianmiranti
    Domisili : Jakarta Barat
    Link share : https://www.instagram.com/p/BUm_CyhFASm/

    Apa arti rumah untuk kamu?

    Bagiku, rumah adalah tempat untuk pulang. Tempatnya berkumpul dengan orang tersayang. Tempat yang dimana ada orang yang mengakui kita, yang mendukung kita, yang merangkul kita kala susah. Rumah juga tempat untuk beristirahat setelah kita capek diluar. Rumah tempatnya kita bisa berekspresi tanpa banyak yang komentar.

    ReplyDelete
  17. Nama : Fara Astryani
    Akun Twitter: @Fara_Astryani
    Domisili: Bogor
    Link Share: https://twitter.com/FaraAstryani/status/868601946692648960

    Rumah bagi saya adalah tempat dimana saya mendapatkan cinta di tengah keluarga, cinta tanpa syarat, cinta yang menerima saya apa adanya. Rumah tempat dimana cinta yang berasal dari keluarga tak terbatas, cinta itulah yang memberikan semangat seseorang di tengah sulitnya kehidupan.

    ReplyDelete
  18. Nama: Fuada Nisaa'
    Akun Instagram: fuanisaa_
    Domisili: Bandung
    Link share: https://www.instagram.com/p/BUnT1AWAbgX/

    Bagiku, rumah adalah surga dunia. Tempat aku bisa benar-benar hidup, menjadi diri sendiri tanpa perlu ada yang ditutup-tutupi. Tidak mesti rumah orangtua, tapi rumah siapa saja yang dihuni oleh orang-orang yang bisa membuat aku nyaman berlama-lama menetap di sana, yang bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan aku. Nyatanya, aku bisa merasa nyaman di rumah sahabatku. Orangtua dan adik-adiknya sangat welcome setiap kali aku berkunjung ke rumahnya. Bahkan, saya tidak sungkan saat menginap di rumahnya, bangun kesiangan, dan nambah jatah makan. *ngelunjak hahahaa tapi memang begitulah kenyataannya, rumah adalah tempat yang membuat kita merasa ada di surga.

    ReplyDelete
  19. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang
    Link Share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/868629682144419840
    Goodreads: goodreads.com/linaern

    Rumah. Satu kata penuh akan makna yang memiliki berjuta keajaiban.
    Bukan hanya sekadar tempat tinggal atau tempat berteduh. Tapi di sanalah cerita perjalanan hidup akan dimulai, dan di sana pula kelak cerita itu akan menemui titik akhirnya.

    Bicara soal rumah membuat pikiran saya terbang pada bangunan sederhana yang penuh kehangatan. Tempat saya tumbuh dan menerima cinta yang besar dari setiap anggota keluarga.

    Rumah lah yang menyimpan berjuta kenangan tentang cerita masa kecil saya hingga dewasa. Tembok yang penuh coretan tangan-tangan mungil hingga lantai yang menjadi saksi langkah kaki kecil saya untuk pertama kalinya.

    Rumah pula yang menjadi saksi gejolak masa remaja saya. Bertengkar dengan orangtua, menangis karena patah hati, bertengkar dengan kakak, mempercantik diri, bahkan bermanja-manja ketika menginginkan sesuatu.

    Hidup sendiri jauh dari rumah membuat saya sadar, bahwa hari buruk di rumah tetap terasa jauh lebih hangat dan menyenangkan daripada kesendirian dalam kebebasan di tanah orang lain.

    Mungkin ketika saya jauh dari rumah dan memiliki banyak teman, saya merasa tidak pernah sendirian. Tapi hanya pada rumah dan keluarga lah saya bisa menemukan balasan cinta kasih yang benar-benar tulus.

    Sejauh apapun kaki ringkih saya melangkah, rumah dan keluarga akan tetap menjadi tujuan utama saya untuk kembali pulang. Segala kejadian dan kenangan di dalamnya, selalu bisa membuat kerinduan saya membuncah dan terkadang hati saya meraung-raung menginginkan kembali ke bangunan sederhana yang penuh kehangatan itu.

    ReplyDelete
  20. Nama : Khairunnisa Istiyana
    Twitter/Instagram : Khaisti_11/Khaisti_11
    Domisili : Bekasi
    Link Share :
    https://twitter.com/Khaisti_11/status/868631831893090305

    Jawabku adalah :

    Arti rumah untukku adalah ketika ... :
    • Aku kentut sambil bersin dan jungkir balik di kamar, gak masalah.
    • Aku ngupil ngorek sana sini dengan bebas, tanpa harus dikaitkan dengan kata 'Ilfeel'
    • Ketika bisa nonton kartun yang disekolah kubilang gak suka, padahal suka.
    • Ketika aku tidur berapa jampun, bebas.
    • Ketika aku ngorok, paling cuman di sumpel kain pel 😂
    • Ketika aku nyanyi gak ada yang comentar.
    • Ketika aku baca buku novel gak ada yang ganggu.
    • Ketika aku bisa menjadi diriku sendiri.
    • Ketika yang disebut rumah itu selalu sangat "Nyaman" untukku 😳

    ReplyDelete
  21. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/868637815973625856
    Domisili : Depok, Jawabarat

    Jawaban :

    Dulu sebelum memiliki rumah sendiri, entah sudah berapa kali kami sekeluarga pindah dari satu kontrakan ke kontrakan yang lain dan untungnya sebagian besar hidupku dihabiskan di satu tempat yang bisa kusebut sebagai rumah. Dimana aku bisa menghabiskan masa sekolahku dengan tenang, memiliki banyak teman dan pengalaman-pengalaman ajaib yang tak terhitung jumlahnya.

    Enam tahun lalu kami kembali pindah rumah, meninggalkan semua kenangan masa kecilku di rumah sebelumnya. Jujur itu masa-masa tersulit karena di usiaku yang sudah tidak remaja lagi entah kenapa beradaptasi menjadi hal yang sangat rikuh ku lakukan. Aku jadi lebih sering keluar rumah, apalagi setelah ditinggal ketiga kakakku ketika mereka menikah dan akhirnya aku tidak lagi mencintai rumah. Hingga puncaknya dua tahun kemudian di tahun 2013 Bapak berpulang, menyisakan aku, adik bungsuku dan ibu di Rumah. Dan Rumah akhirnya hanya menjadi sebuah bentuk dimana secara kasat dia ada tapi tidak lagi bernyawa. Suasana rumah yang tak lagi hangat karena hanya menjadi tempat untuk menutup lelah.

    Aku disibukan dengan bekerja, dan hobi baru yaitu traveling ke berbagai kota di Indonesia, dan rindu itu akhirnya kembali. Rindu Senyuman hangat ibu yang hanya bisa kulihat jika aku berada di rumah, dekapan nya yang selalu menenangkan yang hanya bisa kurasakan jika aku berada di rumah juga tutur katanya yang tak sekeras dulu yang hanya bisa kudengar jika aku berada di rumah, tempat dimana kepadanya aku selalu bisa berpulang dan melepaskan penat.

    Rumah bagiku sudah berganti objek secara nyata, yaitu dimanapun tempatnya asal ada Ibu disana, itulah rumah.

    Wish me luc ({})

    ReplyDelete
  22. Nama : Siti Nurhasanah
    Twitter : @nde_NRH
    Goodreads : @ndenrh
    Domisili : Sukabumi
    Link share : https://twitter.com/nde_NRH/status/868647989052559361

    Rumah adalah tempat ternyaman dari segala tempat yang ada. Tempat yang dengan senantiasa menerima aku dengan berbagai aksi konyolku dan tingkah gilaku, dimana jika aku melakukan hal yang konyol bahkan rempong sekalipun, hanya terlontar kata 'itu si dede' Tempat yang bisa membuat aku merasa bebas.

    ReplyDelete
  23. Nama: Mega Anggraeni
    Domisili: Bandung
    Ig :megaanggraeni16
    Link share ig :https://www.instagram.com/p/BUnqiRQgjAK/


    Ehm kebetulan aku tidak bisa membuat tulisan yang kocak, jadi serius saja tetapi semoga bisa berkesan di hati pembaca terutama kak asri 🙏

    Rumah bagiku bukan hanya sekedar sebuah bangunan untuk berteduh. Tetapi rumah bagiku adalah sebuah keluarga dimana kita "berpulang".
    Berpulang dari kejamnya dunia
    Berpulang dari derasnya Masalah
    Berpulang dari dinginnya ketidakpedulian
    Berpulang dari panasnya kata kasar
    Berpulang dari kehampaan hati
    Berpulang untuk menemukan kedamaian yang abadi di dunia.
    kemanapun,sejauh apapun kita pergi. Ke rumah lah kita kembali, kepada keluargalah kita kembali. Karena senyaman nyamannya tempat adalah keluarga.

    Wish me luck 😃

    ReplyDelete
  24. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Linkshare:https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/868665251780100096?p=v

    Rumah adalah tempat terindah dan ternyamanku untuk pulang meskipun aku pergi ke tempat yg sangat jauh sekalipun. Rumah juga ibarat sebuah kotak pandora yang berisi jutaan kenangan masa lalu serta sebuah mesin waktu yg mampu melemparku kembali ke masa tertentu untuk mengenang suatu peristiwa dalam hidupku.

    ReplyDelete
  25. Nama : Tina Alfiani
    Twitter : @AfianiTina
    Domisili : Cirebon, Jawa Barat
    Link share : https://twitter.com/AfianiTina/status/868689015582498817

    Rumah adalah tempat untuk berlindung dari teriknya panas matahari dan lebatnya hujan yang mengguyur bumi. Sebuah tempat yang dihuni malaikat-malaikat tanpa tanda jasa. Ibuku, bapakku, dan adikku.

    Rumah, dimana setiap moment sedih maupun senang tercipta bersama keluarga. Tempat berbincang, mengadu keluh, bersantai ria, berkumpul bersama, ataupun sekedar menjahili adikku. Terciptanya banyak moment dengan keluarga tersayang.

    Rumah, tempat paling nyaman dari segala tempat.

    ReplyDelete
  26. Nama: Veronika Septi Rahayu
    Twitter: @ayu_vero29
    Domisili: Yogyakarta
    Link Share: https://twitter.com/ayu_vero29/status/868589676910616576

    Jawaban:

    Apa arti rumah untuk kamu?

    Bagiku rumah adalah tempat yang paling nyaman di mana kita bisa kumpul bareng orang terdekat kita yang paling kita sayangi. Tempat berbagi kasih sayang, menjalani hari-hari yang selalu dihadapkan dengan suka dan duka. Tempat di mana kita bertemu dengan orang yang bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan kita dengan tulus, yaitu keluarga kita....yang tidak kita dapatkan di luar sana.

    ReplyDelete
  27. Nama ; Farida Endah
    Twitter ; @farida_271
    Domisili : Pacitan_Jawa Timur
    Link Share : https://twitter.com/farida_271/status/868723592611086339
    Jawaban :

    Arti rumah untuk ku adalah :
    Rumah adalah tempat aku kembali, sejauh manapun kaki ini melangkah aku akan tetap kembali. Rumah tempat aku menemukan kenyamanan yang sesungguhnya, kenyamanan yang abadi, kenyamanan yang murni tanpa pamrih.
    Rumah adalah dimana aku bisa menjadi diriku sendiri, tanpa ada beban, tanpa ada rasa takut.
    Rumahku adalah sumber kebahagian ku.

    semua berawal dari rumah dan kembali lagi ke rumah.

    ReplyDelete
  28. nama : rizky tria
    twitter : @Anaao98
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    link share : https://twitter.com/Anaao98/status/868725295909445632

    Arti rumah?
    Tempat ternyaman, terutama kamar kesayangan *eh.
    Home sweet home 😁 pernah dengar kan kalimat itu? Yup, rumah itu layaknya istana. Gak peduli bagaimana bentuknya, bagaimana isinya, bagaimana kondisinya, yang terpenting adalah penghuninya. Jujur, ketika aku berada dirumah aku merasa sangat sangat nyaman dan aman. Bayangkan saja, setelah lelah bekerja pulang disambut mama bapa. Bagaimana tidak bahagia?
    Rumah itu tempat paling yahud buat malas-malasan :v
    Tempat dimana banyak perhatian juga kasih sayang. Ibarat, semenarik apapun rumah tetangga, tetap saja rumah sendiri terbaik, teraman, ternyaman.
    Rumah tak ubahnya album foto atau catatan harian yang menyimpan banyak kenangan atas berbagai peristiwa yang terjadi di dalamnya. Right?

    ReplyDelete
  29. Nama: Tiara Rey
    Akun Twitter: @kireyara
    Domisili: Lampung
    Link share :https://twitter.com/kireyara/status/868810081256693760

    Rumah adalah....
    hmm.. tempat berteduh dari hujan, sinar matahari, dan segala macam kejahatan diluar sana. ahig.
    rumah itu tempat dimana kita bisa makan dan minum apapun sepuasnya secara gratis tanpa bayar. dari sisi yang itu aja udh jelas kan kalau rumah itu pasti tempat ternyaman yang pernah kita semua punya. dimana ada orang-orang yang kita sayang, ada kamar pribadi tempat dimana kita bisa tidur di kasur busa yang empuk. kita juga gabakal diusir walaupun gabayar tempat tinggal kayak kalo kita ngekost. pokoknya rumah adalah tempat senyaman nyamannya orang hidup!!! selesai.xixixi

    ReplyDelete
  30. Nama : Gita Ayu Pratiwi
    Akun twitter : @gitiup
    Link share Twitter : https://twitter.com/gitiup/status/868823476345294849
    Domisili : Beji, Depok - Jawa Barat


    Family isn't always blood. It's the people in your life who want you in theirs. The ones who accept you for who you are. The ones who would do anything to see you smile and who love you no metter what.

    Keluarga bagiku adalah tempat dimana aku akan selalu pulang dan menyenderkan kepalaku disaat aku senang ataupun sedih, tempat yang selalu hangat, tempat dimana aku dibesarkan dengan kasih sayang kedua orangtuaku, tempat dimana akan selalu banyak cerita, tempat dimana aku belajar banyak hal, tempat dimana aku selalu merasa nyaman tanpa perlu takut tersakiti, dan tempat dimana aku akan selalu kucari hingga tua nanti.

    Meskipun dalam kekurangan, asalkan kita jalani dengan berasama semuanya akan terasa indah. Di ibaratkan meski harus makan walaupun sepiring dimakan bersama, akan terasa lebih nikmat karena dimakan dengan penuh kasih sayang. Tidur walaupun dilantai hanya berlapis kardus, akan terasa hangat jika kita bersama. Kasih sayang sebuah keluarga adalah sumber kehangatan yang tidak ternilai harganya dan tidak akan ada yang bisa menggantikannya.

    Entah kenapa, buat nulis jawaban ini aku sampai nangis. Keingetan keluarga. Sayang bgt sama mereka, mau bikin mereka bangga dan ikut nikmati hasil jerih payahku nanti. Dan cita-cita aku itu mau buatin orang tua rumah. Walaupun ga besar, asalkan layak huni. Lelah merantau dikota orang.

    ReplyDelete
  31. Nama : Retno
    Twitter: @retnomauli08
    Link share: https://twitter.com/retnomauli08/status/869054050746028033

    Jawaban:
    Arti rumah buatku yaitu, tempat dimana orang tua ku membesarkanku dan kakak"ku, kenangan di dalamnya sangat banyak, tangis dan tawa pun menghiasinya, tempat paling nyaman dan dirindukan kemanapun kita pergi, dan asalkan didalamnya bersama keluarga tercinta bagaimanapun bentuk rumah itu akan tetap terasa nyaman, aman dan dirindukan.

    ReplyDelete
  32. Nama: Ratna Komalasari
    Akun twitter: @imratnasr
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://mobile.twitter.com/imratnasr/status/869091803642830848
    Akun Goodreads: www.goodreads.com/imratnasr


    Rumah bagiku adalah tempat kembali setelah pergi untuk mencari hal duniawi.
    Rumah bagiku adalah tempat jati diri berada, dimana aku bisa tertawa, menangis, teriak-teriak nggak jelas, marah tanpa beban dan malu di perhatikan orang lain.
    Rumah bagiku adalah tempat berkeluh kesah yang paling jujur.
    Rumah bagiku adalah satu kata penuh makna.

    ReplyDelete
  33. Nama : Maleya
    Domisili : Jakarta
    IG : maleyaaldila
    Link Share : https://www.instagram.com/p/BUq66A8lpJH/


    Apa arti rumah untukmu?
    Rumah melindungiku dari panasnya matahari
    Rumah melindungiku dari binatang buas dan hujan
    *puisi buatanku waktu aku kelas 4* ����
    Rumah itu tempatku bernaung, tempatku merasakan hangatnya kebersamaan bersama keluarga, Rumah tempatku belajar, tempatku untuk pulang, tempat untuk melakukan banyak kegiatan bersama keluarga, tempatku untuk beristirahat.
    Ya, rumah segala2nya bagiku(makanana dan pakaian juga, ya, tentu��), jika perlu aku disuruh menulis apa arti rumah dalam Bentuk buku, ya, mungkin akan ada 1000 arti rumah bagiku, walau kata2 yang kugunakan sangat sederhana, tapi, ya itulah rumah, seperti pohon kelapa, terlihat sederhana namun sejuta manfaatnya.

    ReplyDelete
  34. Nama : Utami
    IG : @zellmhyzz
    Domisili : Jawa Tengah
    Link Share : http://instagram.com/p/BUrA7Agh7Vy/
    Jawaban :

    Buat aku rumah itu tempat pulang. Kemanapun kaki berpijak, raga nyaman enggan bergerak. Semuanya hanya tempat singgah. Rumah tetap jadi pelabuhan jiwaku.
    Rumah tempat ternyaman menumpahkan kesedihan saat bertemu mantan di pelaminan. Bayangkan kalau kita nangis kejer di sawah. Bukan lega yang kita dapat. Tapi timpukan orang-orangan sawah karna kita bikin kegaduhan. Rumah tempat ternyaman meluapkan kekecewaan saat nggak menang ikut GA novel impian. Di rumah mau marah-marah dan ngoceh sendiri bebas. Coba kalo nglakuinnya di jalan. Yang ada kita kena ciduk petugas RSJ. Rumah tempat ternyaman buat baca novel. Mau pake pose apapun bebas. Tiduran, duduk, berdiri tegak ataupun setengah berdiri nggak akan ada yang ngelarang. Yang pasti rumah adalah tempat ternyaman buat berekspresi.
    Berharap di rumah bisa menikmati novel No Place Like Home. Menikmati sikap coolnya Ganda, tingkah absurdnya papa Gio, maupun sikap juteknya mama Jess.

    ReplyDelete
  35. Nama:Revi
    Ig :@pieepow
    domisili: Bogor
    link share : https://www.instagram.com/p/BUrIoPrBObz/
    jawaban

    arti rumah buat aku itu tempat kembali, pulang, dan istirhat, plus tempat makan enak tanpa harus bayar hehehe. Rumah ini komplit banget sih didalamnya ada suka, duka, lucu dan bnyak hal lagi yang aku rasain kalo dirumah.ya selama ini sih mau sejauh apapun aku pergi aku bakal balik lagi ke rumah.seenak apapun makana yng dijual diluaran sana tetep aja makanan di rumah yang bikin kangen. senyaman apapun tempat yang aku singgahin tetep aja rumah adalah tempat yang enak plus nyaman kalo buat tidur dari pagi sampe pagi.

    ReplyDelete
  36. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Link share: https://twitter.com/Virscnd/status/869196092461600768
    Jawaban:
    Arti rumah untukku itu, adalah sebuah tempat dimana kita bs jadi diri sendiri tanpa perlu untuk menjadi orang lain agar bisa diterima kehadirannya :)

    ReplyDelete
  37. Nama : Monica Indah
    Twitter : @monicaindah5
    Link Share : https://twitter.com/MonicaIndah5/status/869224157577330688

    Pertanyaan : Apa arti rumah untuk kamu?

    Jawaban:
    Rumah itu, tempat dimana kita bebas berekspresi dan jadi diri sendiri. mau teriak, ketawa dan nangis ga tahu malu, biasa aja. karena rumah dan orang-orang yang ada di dalam rumah, udah tahu siapa kita dan jadi orang yang paling menerima kita apa adanya.

    Rumah itu, tempat kita kembali dan akan selalu menjadi tempat kita kembali. setelah semua kegiatan yang kita lakukan diluar rumah seharian. perjalanan yang memakan waktu berhari-hari, minggu, bulan atau bahkan tahun. rumah selalu menjadi tempat kita kembali. karena, di rumah ada berbagai macam orang yang selalu menunggu kehadiran kita.

    Rumah itu, ada ayah, ibu serta saudara-saudara yang selalu mendoakan kita, dimanapun kita berada. tanpa mereka, rumah tidak terasa seperti rumah. karena yang kita cari saat pulang ke rumah adalah suasana. dan mereka adalah pembentuk suasana yang selalu dirindukan.

    ReplyDelete
  38. Nama: insan gumelar ciptaninh gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/869285623248465920

    Apa arti rumah untuk kamu?
    (Mau jawabannya lucu, nyleneh, baper, serius, boleh semua)

    Rumah itu buku diari. Segalanya ada di sana. Mau curhatan yang lebay, seneng, hiperbola, nangis-nanhis, marah-marah, nyumpah, apapun lah itu ada di dalam buku diari. Bahkan tentang si dia yang bikin deg-deg-ser atau yang bikin pecah kepala juga ada. Nah, rumah tuh juga kayak gitu. Mau apa aja kalau di rumah sendiri mah bebas. Mau gelundung-gelundung, lompat-lompat, tidur di halaman, di dapur, atau bertapa di kamar mandi juga tenang. Selow aja. Enggk perlu khawatir dengan gedoran orang lain atau lirikan mata orang iri. Jadi buat aku rumah tuh diari. Tempat kita bisa mencurahkan isi hati yang enggak bisa dipublikasikan. Rumah pun gitu, tempat buat mengekspresikan kebebasan diri yang enggak bisa dilakukan di luar rumah.

    ReplyDelete
  39. Nama : Stefanny Lusiana Lukman
    twitter : @stefannylukman
    domislili :Karawang
    link share : https://twitter.com/stefannylukman/status/869368758124421120
    akun goodreads : https://www.goodreads.com/user/show/44599341-stefanny-lukman

    jawaban :
    bagi aku, ruumah bukan sekedar bangunan, melainkan orang-orang yang hidup didalamnya juga; keluarga. aku nggak peduli rumah ku megah atau sederhana, aku nggak peduli kalau misalnya aku hidup nomaden, asal pada akhirnya aku punya tujuan untuk pulang. pulang ke tempat semua orang tercinta ku berkumpul. aahh kalo kayak gini jadi ingin cepet lebaran yaa ketemu dan kumpul bareng keluarga. duh seneng banget.

    ReplyDelete
  40. Nama : Arum Wahyuningtyas
    Twitter : @nin9ty4z
    Link share : https://mobile.twitter.com/nin9ty4z/status/869369691482890240?p=v

    Arti rumah buat aku adalah :
    1. Bagiku, rumah adalah surga. Ada ungkapan yang mengatakan 'rumahku adalah surgaku'. Karena di rumah, aku bisa melakukan adapun yang kuinginkan. Seperti baca buku, nonton film, bermain, dan bertingkah nggak jelas layaknya orang gila. Juga bisa bercanda, mengobrol, dan menangis bersama kedua orangtua dan kedua adikku.

    2. Karena rumah merupakan tempat pertama manusia belajar. Belajar berbicara, berjalan, mengenal benda, sampai nilai-nilai kehidupan. Sebelum belajar di sekolah atau pesantren.

    3. Karena namaku ARUM -kata guruku singkatan dari Anak RUMahan- aku jarang keluyuran meski terkadang dilanda rasa bosan. Setiap aku pergi keluar rumah baik untuk sekolah, bekerja, ke rumah teman, ke rumah nenek, aku selalu ingat rumah dan segala suasananya. Seperti kasur yang empuk, omelan ibu bapakku, dan cerewetnya kedua adikku yang nggak kerukunan. Aku selalu senang dengan suasana itu yang mungkin tak pernah kudapatkan lagi setelah menikah.

    ReplyDelete
  41. Tary Wilujeng
    Twitter : @taryhirata
    Domisili : Malang
    Link share : https://twitter.com/taryhirata/status/866549388398575616
    Jawaban :
    Arti rumah bagi anak rantau sepertiku adalah tempat dimana tidur dan makan nggak bayar alias gratis (hahahahaha). Mau nyalain TV dan laptop nggak perlu bayar listrik. Nggak perlu bayar tagihan air juga jadi mandi dan nyuci sepuasnya. Dan yang paling drama banget adalah ketika hujan dan laper nggak perlu masak mie karena males keluar beli makan, dirumah masakan selalu ada, cemilanpun tersedia. Dan nggak perlu punggung sakit dan tangan pegel karena harus angkat galon air dari lantai 1 ke kamar di lantai 2 hahaha. Bangun tidur nggak perlu alarm, karena teriakan ibu sudah bisa memekakan telinga hahaha.

    ReplyDelete
  42. Nama : Indri Dwi
    Twitter/ IG : @indridwi_
    Domisili : Situbondo, Jawa Timur
    Link share : https://twitter.com/indridwi_/status/869481178813812737
    Jawaban :
    Rumah.
    Ketika membicarakan itu saya langsung teringat keluarga saya. Bagi saya mereka adalah rumah saya yang tersusun kokoh. Di susun dari kasih sayang Ayah, Ibu, ataupun kakak/adik. Diperindah dengan polesan kenangan pahit manis. Di jaga oleh jalinan tangan kami semua agar tak ada yang merusak ‘rumah’ kami.
    Rumah bagi saya adalah sekumpulan orang-orang yang saya sebut keluarga, berada di sebuah bangunan dengan ruang kasih sayang yang tak ada habisnya untuk kita.
    Tempat dimana kita mendapatkan pendidikan awal yang merupakan bekal untuk hidup. Tempat dimana kenangan-kenangan dan kehangatan terbentuk.Tempat dimana segala interaksi mulai dari tawa, tangis, marah, dan hal lainnya terjadi. Tempat dimana orang-orang akan selalu membuka lebar pintu untuk kita. Mendorong kita untuk melawan dunia. Tempat yang akan melindungi kita dari jahatnya dunia luar. Tempat kita untuk berteduh. Menumpahkan segara resah hidup.
    Keluarga adalah orang yang membantu kita yang dari merangkak hingga bisa bangkit berdiri sendiri di dunia ini.
    Rumah adalah tempat dimana keluarga saya berada, dan tempat yang akan menjadi tujuan utama saya untuk berpulang setelah menjelajahi kerasnya hidup
    Tanpa sebuah keluarga, rumah tak ada artinya. Rumah itu hanya akan dingin dan gelap. Siapa yang akan betah berada disana jika sebuah tempat yang kita sebut rumah hanya berisi sebuah ruang kosong dan tanpa ada interaksi berarti,bukan?

    ReplyDelete
  43. Nama : Melsyana
    Twitter : @melsybumsso
    Domisili : Muara Bungo,Jambi
    Link share : https://twitter.com/melsybumsso/status/869491485414047745
    Jawaban :
    My home is everything. Tempat untuk berlindung dari panasnya terik matahari dan terpaan air hujan. Tempat untuk saling berbagi cerita dan pendapat. Tempat dimana surganya kebahagian anak-anak untuk saling mendapatkan kasih sayang yang berlimpah dari orang tua. Dan tempat dimana seorang Ibu dengan setianya menunggu anaknya pulang hingga larut.

    ReplyDelete
  44. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @thiamelia
    Domisili: Bogor
    Link share: https://mobile.twitter.com/thiamelia/status/869614243372335104

    Apa arti rumah untuk kamu?
    (Mau jawabannya lucu, nyleneh, baper, serius, boleh semua)

    Rumah? Tempat bernaung :D
    Dari panas, dari hujan, dari kesedihan, dari kegembiraan, dari kepaberan, dari ke-nggak kuatan menjalani hidup, dari ke-happy-happy nya menjalani hidup, pokoknya dari semuanya.
    Rumah itu tempat menyimpan rahasia, tempat menyimpan memori. Ga ada tempat selain rumah yang bisa bikin aman. Apalagi kalau didalamnya juga ada ayah dan ibu yang tambah bikin nyaman. Ditambah kasur tercinta yang selalu memanggil. Lengkap. Intinya, rumah adalah segalanya.

    ReplyDelete
  45. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/869693068433276929

    Apa arti rumah untuk kamu?
    Rumah itu tempat dimana aku bisa menjadi diri sendiri tanpa takut dinilai. Tempat dimana setiap anggota keluarga akan kembali dan akan selalu diterima. Meski begitu rumah tak bisa dikotak-kotakkan, diberi garis pembatas atau sejenisnya karena esensi rumah bukan kepada bangunannya tetapi keterikatan hati yang membuat para penghuninya terhubung.

    ReplyDelete
  46. Nama : Selma Rahmani
    Instagram : @dferywas
    Domisili : Pekanbaru
    Link : https://www.instagram.com/p/BUVNvZsB8f0/

    Jawabanku,

    Rumah adalah tempat saya pertama kali berkenalan dengan segala hal. Rumah adalah bangunan yang terbuat dari batu bata, dilanjut semen, batu kerikil, diatap, diberi jendela, diberi pintu. Rumah adalah tempat dimana seluruh tawa saya ditampung, seluruh tangis saya dikumpulkan, seluruh canda dijamakkan. Seluruh ibadah dilaksanakan. Bagi saya, rumah adalah penentu. Pengatur kehidupan. Mau bagaimanapun caranya, mau sesibuk apapun, rumah adalah faktor sesuatu yang membuat kita sadar bahwa setelah seluruh pekerjaan lelah di dunia, rumah satu-satunya sesuatu yang paling mengerti. Rumah itu sebuah unit organisasi yang menjalin kerja sama dengan kamar. Kamar adalah unit instansi yang menyediakan layanan kasur untuk tidur. ah rumah juga menjalin kerjasama dengan organisasi dapur, yang siap melayani kebutuhan pokok dan menyuplai energi berupa makanan. Rumah juga bekerjasama dengan kamar mandi, serius ini adalah bagian terpenting, tempat kita membersihkan segala sesuatu. Membaikkan yang buruk, membersihkan yang kotor, membenahi yang kusut. Rumah juga adalah organisasi yang menyediakan satu komunitas yang berjasa besar dalam kehidupan kita. Dalam komunitas itu, ada Ayah yang berjasa memberikan keuangan dan nafkah baik batin dan lahiriah untuk kita. Tidak ada orang yang bisa memberikan jasa dari komunitas ini selain rumah. Ada Ibu, yang senyumnya sehangat mentari, yang masakannya selezat pizza itali, yang pelukannya akan terus terpatri, yang nasehatnya melulu tentang jaga diri, yang hatinya bagai bongkahan batu permata dengan nilai tinggi. Tidak ada organisasi yant bisa memberikan pelayanan selain rumah, karena tidak ada yang menjual Ibu. Ibu adalah trandmark rumah. Ibu adalah pelopor adanya rumah. Ibu adalah alasan adanya rumah.
    Dan keluarga. Adik, Kakak, Abang, tidak ada sesuatu yang bisa memberikan mereka selain rumah. Tiga orang itu sifatnya melindungi, sama halnya sepetti dinding-dinding rumah. Mereka menyayangi, selayaknya tanah yang memberi izin kepada rumah untuk berdiri di atasnya. Mereka mewarnai kehidupan, selayaknya cat rumah yant melapisi seluruh hal. Mereka ada, selayaknya para semen pembungkus tiang pilar rumah. Mereka memperkuat, selayaknya pondasi rumah yang sengaja dibangun kokoh agar kita bisa mengerti bahwa akan ada tindak tanduk kehidupan. Rumah adalah tempat pertama kali saya belajar berjalan, tempat pertama kali saya membuka mata adalah rumah (sakit), tempat pertama kalis aya mendengar keagungan Tuhan saya (Adzan di rumah--sakit), tempat pertama kali saya melihat binar bahagia diantara seluruh saudara dan kerabat keluarga besar saya, tempat pertama kali saya mendapatkan cinta yang besar dari instansi pemerintah bernama ayah dan ibu. Rumah juga adalah perusahaan yang berbilik. Pada bilik pertama akan saya temui televisi. Rumah adalah tempat yang pertama kali mengenalkan saya pada benda persegi yang dulu sering menampilkan kartun favorit saya. Mulai dari Naruto, Doraemon, Sinchan, Upin Ipin, Boboiboy, Pada Zaman Dahulu. Rumah yang membawa saya untuk mengenal mereka semua. Rumah adalah peletak seluruh mainan masa kecil saya. Saksi bisu dari seluruh pertumbuhan kehidupan saya. Orang yang memantau secara keseluruhan apa yang menemani dan melengkapi hari-hari saya sewaktu kecil. Rumah juga adalah tempat bernaung, rumah juga adalah tempat bermain. Rumah adalah tempat berisi volume teriakan keras ibu ketika hendak membangunkan saya, tempat berisi aura dingin ayah, tempat berisi keberanteman saya dengan adik-adik saya.

    ReplyDelete
  47. -lanjutan 2-
    Nama : Selma Rahmani
    Akun ig : @dferywas
    Domisili : Pekanbaru
    Link Share : https://www.instagram.com/BUVNvZsB8f0/
    Rumah adalah tempat untuk saya pertama kali memakai baju sekolah, sarapan, siap siap ke sekolah. Tempat ayah, ibu, adik juga memulai aktivitasnya. Rumah adalah ruangan yang salah satu bagiannya memiliki gaya gravitasi tertinggi, a.k.a kamar. Serius, entah krnapa gaya gravitasi kamar terlebih di tempat tidur itu kerasa banget beratnya waktu pagi. Udah diteriakan Ibu, buat bangun dan siap-siap kayaknya malas banget. Kayaknya ini yang ngebuat saya malah susah banget bangun pagi. Kalau dibilang kasur itu ada juga di tempat lain, masalahnya beda. Saya cuman ngerasa susah bangun waktu tidur di rumah saya sendiri. Dan i feel, rumah itu kayak sesuatu yang berharga bangetm ngelindungin saya dari hujan, panas, angin, badai, debu, segala macamnya. Rumah itu udah kayak patriot, pahlawan, dibuat perumpamaan udah kayak Naruto di anime Naruto Shippuden, Doraemon di kartun Doraemon, Goku di anime Dragon Ball, Boboiboy di kartun boboiboy, terus Power Rangers yang lima itu. Rumah itu jasanya besar banget buat saya, nggak ada rumah, mungkin saya juga enggak ada. Rumah itu paling memgrrti. Dia mau ngelindungin saya, mau ngejaga saya, mau nutupin saya, mau ngenyamanin saya, mau ngenyejukin saya, padahal belum tentu saya baik ke dia, belum tentu saya mau balas semua yang dia lakuin ke saya, belum tentu saya juga mau bersihin dia kalau enggak disuruh Ibu. Terus rumah itu udah saya anggap kayak cermin besar kehidupan. Di sana saya bisa berkaca sebebas saya. Mau ngeliat gimana sih saya dulu, gimana kemajuan saya, gimana kemarin, hari ini, dan rumah bisa bikin saya intropeksi. Kayak kemarin misalkan saya mecahin vas bunga di ruang tamu, nanti besoknya atau minggu lusa waktu saya masuk ke ruang tamu dan ngeliat ke meja, saya jadi ingat pernah mecahin vas bunga di sini, akhirnta saya berusaha hati-hati. Dengan begitu, saya bisa belajar untuk lebih baik. Saya kemarin jatuh kepeleset di situ, karena ketumpahan air, jangan sampe numpah lagi sekarang. Nah, rumah itu jadi kayak media saya aja gitu buat berbenah diri. Rumah itu ruang lingkup imajinasi. Di dalam rumah saya belajar, mengamati, mempersiapkan bagaimana kehidupan keras di luar rumah. Jika di dalam rumah menyediakan tatapan hangat Ibu dan sorot khawatir Ayah, maka di luar sana tidak akan ada yang seperti itu. Rumah juga bagi saya adalah tempat beribadah. Karena saya perempuan, rasanya setiap kali ingin shalat dan menghadapkan wajah ke arah-Nya, rumah ikut mensterilkan suasana, membuat rileks dan mengkhusyukkan saya dalam shalat. Saya shalat di rumah, mengaji di rumah, berbakti kepada orangtua di rumah, berbuat baik kepada adik-adik di rumah, mencintai mereka di rumah, banyak tersenyum di rumah. Kenapa? Di rumah itu saya benar benar tidak ada batasan, mau saya jungkit balik, muter, kayang, segala macem juga bakalan tetap saya dan saya nggak malu. Saya mau cengengesan sampe gigi saya kering juga bukan masalah besar. Soalnya di rumah tempat saya baca novel, di rumah tempat saya nonton film atau drama, tempat saya ngeliat kelakuan adik-adik saya atau keromantisan orangtya saya, alhasil mereka semua, berhasil mengundang kebaperan dan membuat saya jadi semakin igngin tersenyum terus-terusan. Dan senyum itu sedekah. sedekah mendatangkan pahala, pahala datang artinya ibadah. Maka dari itu, rumah juga adalah perusahaan terbesar yang menangani seluruh aset berharga saya, termasuk urusan saya dengan Tuhan. Rumah itu titik temu, yang membuat saya sesak akan bahagia yang tak akan pernah berwujud semu, rumah itu hanya sekedar timpahan batu bata, tetapi filosofi yang bisa diambil dan antalogi di dalamnya benar benar bermakna untuk saya. Rumah itu punya 1001 arti bagi saya, bila say habiskan, maka akan menandingi lamanya waktu seorang pecinta dongeng seribu satu malam menamatkan serial Shehrazat.

    ReplyDelete
  48. -lanjutan 3-

    Lalu apalagi arti rumah buatku?

    Aku nonton anime Naruto Shippuden dan dapat sebuah quote yang sampai saat ini selalu jafi favoritku "Tempatmu untuk pulang adalah tempat dimana adaorang-orang yang memikirkanmu." Nah, bagiku pribadi tempat itu adalah rumah. Kalau ada yang menyatakan dia jatuh cinta padaku yang sedalam-dalamnya, dia menyayangiku yang sesayang-sayangnya, dia ingin membahagiakanku dengan sebahagia-bahagianya, maka aku tidak akan percaya. Selain Tuhanku sendiri, yang bisa melakukan hal itu hanyalah orangtuaku, orang yang memikirkanku, keluargaku, instansi pemerintah galak yang selalu menungguku di rumah untuk pulang. Jadi, rumah sangat berarti untukku. Selain menjagaku, rumah menjaga mereka. Home keep them, dan saya berterimakasih untuk itu. Bahagia saya adalah bahagianya mereka. Ah ya, kalau saya tidak salah ingat juga tahun lalu demi mendapatkan ponsel orangtua saya membuat sebuah penawaran. Saya harus bisa membuktikkan kepada mereka bahwa saya layak diberikan ponsel. Saya berpikir keras, tidak ada yang bisa saya lakukan saat itu. Akhirnya, waya memutuskan untuk membereskan rumah kapanpiu saat senggang. Membersihkan kamar, menyapu, membersihkan/, dan melakukan kerjaan yang berkesinambungan dengan rumah. Selama tiga bulan penuh saya berjuang, menyayangi rumah, dan akhirnya orangtua saya memberikan saya ponsel pada bulan keempat. Jujur, saya senang sekali. Selain berbakti kepada orangtua, saya juga bisa mendapatkan ponsel baru, nah semuanya berka rumah. Jadi tau sendiri sepenting dan seberharga apa rumah buatku. Kalau waktu itu aku nggak mau beberes rumah, yakin deh aku nggak bakalan bisa tahu kalau ada banyak kakak kakak reviewer, tidak akan kenal dengan aplikasi Wattpad dan mengenal karya kak Alma Aridatha, tidak akan tahu soal penerbit ikon dan tidak akan menjawab kolom komentar ini. Jelas itu sebuah kerugian. Nah, rumah berarti lagi untukku, adalah ajang keberuntungan. Serendipity-ku. Rumah juga adalah tempat pertama kali aku tau akun @peekthebook terpiluh menjadi host Blog tour dan Giveaway No Place Like Home ini. Rumah juga tempat aku berarbaring, bersitirahat dari drama dunia, menjauhkan diri dari kejahatan banyak orang, memyembunyikan diri dari peliknya dinia. Tempat untukku menyerondokkan seluruh hal yang seharusnya tidak aku tu jukkan ke orang lain. Rumah adalah titik, tidak koma, rumah adalah pemberuntungan, pemberarti, tidak akan ada kosakata yang bisa menandingi betapa pentingnya bangunan batu bata ini untukku. Rumah adslah segalanya, rumah adalah pelopor kehidupan, rumah adalah pemberhenti dan pereda kedinginan dan kepanasan, rumah adalah pahlawan, rumah adalah sebuah kepentingan. Rumah adalah segalanya. Rumh adalah antariksa, jagad raya, semesta untuk saya. Rumah adalahd emuanya, tempat saya ketika ingin bergegas menyaksikan seluruh drama kemunafikan orang-orang, penilaian sebelah mata orangh-orang, rantai dendam yang seolah tidak ada habisnya, gunjingan dunia, dan segala lainnya. Rumah adalah penjeda dan penyiap.

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Aceh
    Link Share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/869422507459096576
    Goodreads: Rina Fitri

    Keluarga bagiku bagaikan sebuah rumah. Atapnya terbuat dari kasih sayang, fondasinya adalah cinta. Dengan atap tersebut, aku terlindungi dari panasnya sinar mentari dan dinginnya musim penghujan. Kasih sayang yang diberikan membuatku hangat. Cinta yang ada memperkokoh ikatan, sebagaimana fungsi fondasi yang memperkokoh rumah. Rumah bagiku adalah tempat kembali, setelah aku berpetualang kesana kemari. Ketika aku lelah dengan kesibukan dunia ini, selalu ada tempat untukku berhenti. Sekejam apapun dunia dan orang-orang di dalamnya, masih ada satu tempat yang bisa menerimaku apa adanya, rumah.

    ReplyDelete
  51. Nama:Asni Listia
    Domisili: Jambi
    Ig:asnilistia
    Link share Ig :https://www.instagram.com/p/BUvX-lUAQcB/
    .
    .
    .
    Apa arti rumah untuk kamu?
    Its so simple,Baiti Jannati,Rumahku adalah surgaku.Tidak ada arti lain selain surga.Sedih, senang,susah semua akan terlewati jika sudah di rumah.Didalam rumah ada ibu, ayah, dan adik laki-laki.Rumah itu surga saat di dunia,Tak ada alasan untuk tak menyukai saat berada di rumah. Di rumah kita memilikk rasa aman, nyaman, bahagia, yang mungkin gak bakal bisa kita dapetin d tempat lain.Ibu akan jadi primadona di rumah, ayah akan jadi lentera, adik akan jadi pembahagia.Maaf ibu, anak mu sebagai penggemar mu tak selalu berada di rumah, Tapi kita harus bahagia kaan. Aku sangat mengagumimu. ��

    Anyeong chingudeul,,,,

    ReplyDelete
  52. Nama: Deva Muhammad Yasin
    Twitter: @devayasinyahya
    Domisili : Surabaya
    Link : https://twitter.com/devayasinyahya/status/869758556991610880

    Jawaban:
    Rumah adalah tempat aku kembali pulang. Tempat yang menyimpan sejuta rasa, baik bahagia ataupun sedih. Rumah adalah tempat aku kembali kepelukan orang-orang tersayangku.
    Rumahku adalah istanaku, dimana Ayahku adalah rajanya, ibuku adalah ratunya, kakak pertama ku adalah mentrinya, kakak keduaku adalah panglima nya, kakak perempuanku adalah putrinya, dan aku adalah dayangnya.
    Nasib anak bungsu yang selalu disuruh-suruh sama saudara perempuan dan laki-lakinya huhuhu. Jadi, pantas banget jika aku yang anak bungsu berada di posisi dayang bukannya putri raja, hihi.
    Walau diluar kelihatannya menyedihkan tapi sejatinya kebahagiaan berdiam menunggu dan siap meledak menjadi kebahagiaan sejati jika sabar menanti.

    ReplyDelete
  53. Anonymous10:43

    Nama: Nia Yasin Yahya
    Instagram : niayasinyahya
    Domisili : Surabaya
    Link : https://www.instagram.com/p/BUvaaYNDH1e/

    Jawaban:
    Rummah adalah tempat pertama sekaligus terakhir yang saya ingat, bila saya dalam keadaan bahagia, senang, sedih, letih, lemah, dan semua perasaan yang membumbung tinggi dan tak dapat terbendung lagi. Disanalah aku bebas mengekspresikan diriku, bergerak aktif maupun pasif tanpa takut dicela orang, disanalah aku berbagi kesedihan dan kebahagiaan dengan orang -orang tersayangku, dan disanalah aku mengumpulkan semangatku kembali bila aku sedang berduka, sedih dan terluka.
    Rumah adalah tempat aku kembali pulang, karena sejauh apapun aku pergi pasti aku kembali pulang ke rumah, dimana anak-anak dan papa anak-anak ku menanti. Bila dulu sebelum aku menikah, rumah adalah tempat aku kembali pulang dimana ayah dan ibuku serta kakak dan adik-adikku menunggu kedatanganku.
    Semua hanya ada satu jawaban, Rumahku adalah surga duniaku, dimana kebahagiaan dunia dapat kurasakan, walau kebahagiaan yang kurasakan sangat kecil sekalipun. Rumahku adalah istanaku, sekecil apapun rumahku pasti tetap akan terasa seperti istana dengan segala macam kebahagiaan yang tercipta didalamnya.

    ReplyDelete
  54. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Domisili: Tembilahan, Riau
    Link share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/869784017943445504
    Goodreads: Didi Syaputra

    Bagiku rumah adalah sandaran terakhir ketika tidak ada lagi yang berniat memapah segala keluh kesah, keputusasaan maupun amarahku, tanpa perlu ditahan-tahan, tanpa perlu disimpan-simpan, tempat kembali setelah lelah mencari. Meski sejelek apapun rumah yang kutinggali ia akan selalu siaga menyiapkan segalanya untuk aku bersandar. Rumah akan selalu menyambutku dengan penuh kasih, entah seburuk dan seterpuruk apapun keadaanku saat itu. Rumah juga merupakan titik awal terbentuknya impianku, tempat aku belajar merangkai keinginan, menyisipkan pencapaian yang terkadang lebih terkesan mustahil untuk aku gapai. Sederhananya rumah adalah segala-galanya. Dan benar kata kak Alma- No Place Like Home; tidak ada satu tempat pun yang fungsinya bisa menandingi rumah.

    ReplyDelete
  55. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/869802719971758080?p=v
    Akun Goodreads : Humaira

    Apa arti rumah untuk kamu?
    (Mau jawabannya lucu, nyleneh,
    baper, serius, boleh semua)


    Keluarga adalah rumah bagiku. Tempat aku dilahirkan, dibesarkan, dididik, dilindungi, diperhatikan, dinasehati, dituntun, disayangi, dicintai, tidak dibenci dan dijauhi. Rumah adalah tempat aku pulang, tempat dimana aku kembali setelah tak ada satu pun tempat dan orang yang mau menerimaku.
    Di rumah aku dapat menemukan diriku yang sesungguhnya dan aku dapat mengekspresikan aku yang sebenarnya.

    Seperti lagu dalam sinetron sewaktu aku kecil -keluarga cemara-, harta yang paling berharga adalah keluarga.

    Bagiku rumah besar, mewah dan mahal tapi tanpa keluarga, tidak ada yang istimewa dan terasa hampa. Karena rumah yang sebenar-benarnya rumah adalah keluarga itu sendiri, keluarga yang utuh, rukun dan harmonis.

    ReplyDelete
  56. Nama: Erlita Novitania
    akun twitter: @erlitanovitani2
    domisili: DKI Jakarta
    link share: https://mobile.twitter.com/erlitanovitani2/status/869808406143549440?p=v

    akun goodreads: Erlita NovitaniaAwalian

    Apa arti rumah untuk kamu?


    Jawaban:

    Bagiku rumah adalah keluarga. Disaat aku terkena hujan deras pasti akan selalu berlindung di dalam rumah. Tempat ternyaman yang tak ada duanya. Maka hujan itu seperti masalah yang menimpaku dan rumah adalah keluargaku, yang selalu sedia melindungiku dari berbagai masalah. Yang selalu membuatku merasakan hal nyaman itu, yang bahkan sangat sulit untuk aku temui lagi. Rumah adalah keluarga, kebersamaan yang selalu tercipta, canda-tawa, sedih, dan apapun itu selalu terjadi bersama. Jika salah satu orang yang tinggal di rumah itu terkena musibah atau masalah yang sulit untuk dihadapi sendiri tapi jika ada keluarga semua yang dilalui akan terasa mudah untuk dihadapi

    ReplyDelete
  57. Nama : Selma Rahmani
    Akun ig : @dferywas
    Domisili : Pekanbaru
    Link Share : https://www.instagram.com/BUVNvZsB8f0/

    Rumah juga bagi saya adalah teman pendengar curhat terbaik, yang tidak akan pernah menanyakan saya kenapa. Temboknya diam, memperdengarkan seluruh curhatan saya apabila sakit hati sama temen-temen munafik, guru yang suka pilih kasih, dan si Dia yang ternyata suka sama orang lain. Jadi saya ingat waktu itu ngerasain semua duka dunia yg tadi saya sebutkan berbarengan dalam satu hari. Pulang dari sekolah langsung lari terbirit-birit karena udah nahan nangis selama sekolah. Bener bener ngunci diri di kamar dan nenangin diri sendirian. Bersandarnya ke pintu kamar, lantainya jadi bahan teraniaya karena saya lemparin tisu sembarangan, jendela kamar nggak ditutup-tutup dan saya bener bener kayak orang gilam tetapi, rumah berhasil menyembunyikan itu semua. saya kasih tau sekali lagi, rumah bagi saya adalah perusaah surel multiguna yang cakupannya seluruh dunia, yang isinya mencakup seluruh tugas dan jasa dari semesta, yang hadirnya menghapus seluruh duka nestapa, yang terbuat dari rencana susunan para batu bata, yang kadangkala ketika beban dunia menghimpit selalu bersedia menjadi tempat untuk pulang menghilangkan milimeter air mata.

    Rumah adalah segalanya. Rumah adalah perusahaan terpenting. dalam dunia komputer, rumah adalah hardware dan software, dalam dujia sastra, rumah adalah unsur instrinsik, dalam dunia perbukuan, rumah adalah kover, dalam sosiologi rumah adalah tempat dimana seluruh hal mengenai sosialisasi terjadi. Dalam geografi, rumah adalah sesuatu yang berdiri di atas tanah, menghindari bentuk permukaan relief bumi yang sering berubah. Dalam sejarah, rumah adalah bukti adanya kehidupan, yang membuay penguninya sadar betul akan sebuah peradaban. Dalam matematika, rumah adalah aljabar, yang melindungi dan membungkus segala hal dalam sin alfa, cos, cosec, dan x dan y. Dalam kimia, rumah adalah kulit atom yang melindungi 6 atau bahkan 8 kulit atom, rumah adalah besarnya proton, besarnya neutron, besarnya elektron, serta muatan massa yang berpengaruh besar ke muatan atom itu. Dalam biologi, rumah adalah kingdom, adalah kapsul, adalah antivirus, antibakteri, antihormon dan segala lainnya. Dalam fisika, rumah adalah hukum newton yang melandasi setiap gaya yang terjadi di kehidupan manusia. Dalam PKN, rumah adalah lembaga permusyawaratan paling awal. Dalam Agama, rumah adalah tempat dimana seluruh anggotanya berusaha membuat bangunan itu terasa nyaman. Jannati Baiti, ayah saya mengatakan bahwa tidak akan ada tempat yang nyamannya menyamai rumah. Rumah adalah tempat penilaian malaikat. Dalam bahasa inggris, rumah adalah home, house, and place who keep you. Dalam muatan lokal, (BMR) rumah adalah uma(rumah dalam bahasa Melayu), rumah berarti dalam segala hal.

    ReplyDelete
  58. +lanjutan 5+

    Rumah adalah buliran hujan yang menitikkan setiap kenangan untuk si penghuninya. Rumah adalah samsak kejahilan orang yang tanpa salah selalu dikatakan anker, apa salah rumah ya Allah. Rumah adalah samsak kekesalan, si om teroris kalau apa apa pasti ngeledakin rumah, entah itu rumah presiden, rumah kantor, atau apapun. Dear om teroris, salah rumah itu apa? Rumah selalu diubah, padahal dia masih belum siap. Dia masih belum terbiasa. Dia masih ingin ada di posisinya, dia tidak ingin ada perubahan, karena kalau udah berubah, semuanya nggak akan pernah sama, dan waktu kayaknya nggak bakalan bisa balik ke belakag lagi. Rumah itu kayak markas ribuan lembar kertas kehidupan yang setiap harinya kita setor. Jadi cerita hidup kita hari ini akan disetor ke rumah, disimpan dan diarsipkan di dalam rumah dan prosesnya selama kita tidur. Nanti waktu bangun, perusahaan itu (kayak uanh yang keluar dari mulut bank) nah rumah ngeluarin kertas tak kasat mata yang gunanya untuk mencatat hari hari yang kita lewati. Jadi, rumah juga adalah pelepas rindu tentang ingatan masa kecil, tentang luka yang ada waktu jatuh naik sepeda, tentang jeweran ibu waktu gak bisa bereson mainan, tentang suara tawa terbahak ngeliat kelakuan aneh spongebob dan nobita, tentang canda dan tawa, tentang bagaimana teduhnya pandangan ayah ketika mengenalkan kita kepada agama, tentang pelukan hangat ibu ketika kita dijahili teman, tentang teras yang dulu pernah dipakai buat main boneka-bonekaan. Tentang halaman yang dulu pernah dipakai buat main kelereng, lempar tongkat, cak bur, tongkat dingin, congklak, istatak, dan main lompat tali. Semuanya direkam jelas, dicatat jelas, diwarnai jelas oleh rumah. Karena sekali lagi, rumah multifungsi. Ada saj kebaikan rumah di setiap bidang.. Nggak percaya? Coba tolehkan ke belakang, balik mundur beberapa langkah lalu ketuk pintu rumah. Rasakan bagaimana sesuatu tak kasat mata membuatmu merasa bangga karena bisa ada di rumah, melengkapi kesempurnaan dengan keluarga, menyampuradukkan seluruh tawa dengan keluarga.

    Jadi, tuan Rumah tetap berdiri tegak, ya? Jaga atap dan seng baik-baik semoga jangan terbang dan ninggalin aku. Jaga dinding supaya nggak rapuh ya, karena aku masih butuh tempat untuk bersandar. Jaga lantai agar tetap bersatu ya, soalnya aku masih mau menunjukkan bahwa sendiri itu tidaklah benar. Tuan rumah, baik-baik selalu ya. Aku berjanji akan menjagamu sepenuh hati. Akan selalu membersihkanmu, menyapumu, mengepelmu, merawatmu, mengindahkanmu. Tuan rumah, tolong percaya padaku dan aku akan percaya padamu.

    Tuan rumah, aku minta satu hal, jaga seluruh keluargaku ketika mataku bersama retina tidak bisa menangkap bayangan mereka.

    Janji ya, Tuan Rumah?

    Terimakasih :)

    Kak Princess juga terimakasih atas kesempatannya, penerbitikon juga, kayaknya saya nggak pernah capek berharap ke NPLH, selalu ingin Ganda merasakan atmosfer rumah saya. Aa Ganda, mampir ke sini, ya? Janji deh bakalan jagain Aa Ganda baik-baik, bakalan nyimpan Aa Ganda baik-baik. Bakalan ngenalin Aa Ganda sama Tuan Rumah yang udah ngejaga seluruh keluarga saya. Aa Ganda, mau sama saya ya? Rumah saya butuh Aa. Nanti saya obrolin AA di instagram saya. Mau ya, Aa? Kakak Princess? Penerbit Ikon? Saya dan tuan rumah kebelet punya Aa Ganda

    ReplyDelete
  59. Nama : Dewinta Angelica
    Akun IG : @dw.lica
    Domisili : Bekasi Utara
    Link Share : https://www.instagram.com/p/BUwT58NDDz6/

    Arti rumah buat saya..
    Ketika orang berkata terntang rumah, pikiran saya langsung tertuju pada satu kata yaitu pulang. Rumah bagi saya tidak harus selalu berwujud nyata bangunan mewah, dengan warna tercantik, dikelilingi pagar termahal ataupun dengan perlengkapan rumah yang semua ada. Bagi saya rumah adalah tempat dimana kita selalu mau untuk "pulang", selalu menjadi tempat pertama yang dituju untuk berbagi beban, menjadi tempat yang mengerti akan diri. Rumah bagi saya adalah ketika kita dilingkupi kehangatan dari suatu ketidaksempurnaan, karena apa di dunia ini yang sempurna ? Tidak ada. Rumah adalah ketika kita diselimuti oleh hangat canda tawa dan berbagi detik bersama dengan orang terkasih. Rumah adalah ketika rangkulan tangan dan genggaman hati bersatu menyalurkan rasa dan berkata seolah "kami disini, kamu selalu punya kami." Rumah adalah ketika kita merasa bahwa kita nyata, kita berpijak, kita menjadi bagian diantaranya.

    Rumah adalah ketika kita memilih untuk tinggal, tidak sekedar singgal. Untuk bersedia menetap dan tak terpikir untuk pergi.

    Tidak semua orang langsung menemukan "rumah"nya, tapi saya percaya, hati tak akan menuntunnya ke "rumah" yang salah. Hati selalu tau dimana ia akan "pulang".

    ReplyDelete
  60. Nama : Fera Lestari
    Akun Twitter : @feralestari95
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/feralestari95/status/869800409841270784?s=09

    Jawaban :

    Bagiku rumah adalah tempat dimana keluargaku berada. Tak peduli itu gedung bertingkat yang megah ataupun gubuk reyot. Berada di tengah-tengah keluarga yang aku cintai adalah berada di rumah. Meskipun tempat tersebut tidak memiliki atap atau dinding, asalkan bersama keluarga bagiku tempat tersebut adalah rumah.

    ReplyDelete
  61. Nama : Gabriella Halim
    Akun IG : gabygabyy_
    Domisili : Surabaya
    Link share : https://www.instagram.com/p/BUwg83Kjlra/?taken-by=gabygabyy_

    Arti rumah buat aku itu, ya rumah. Tempat di mana aku bisa pulang habis ngampus. Tempat aku bisa ketawa, nangis, kesel, teriak-teriak, diem merenung. Semuanya di rumah. Meskipun kadang kalo denger mapa tengkar, aku berasa pengen keluar dari rumah. Tapi tetep. Buat aku, rumah itu tempat yang nyaman. Di mana kita bisa di terima, sekalipun kita salah di mata orang lain. Sekalipun kita anak yang nakal, yang di tolak dimana". Tetep rumah yang jadi pilihan terakhir untuk pulang. Pulang dengan makna yang sesungguhnya :)

    ReplyDelete
  62. Nama: Catrin Braja
    Twitter: @Amberrcat
    Link: https://twitter.com/Amberrcat/status/869909195465695232
    Domisili: Semarang
    Akun goodread: amberrcatbooks@wireless.com
    .
    Apa arti rumah bagi kamu?
    Rumah bagi saya ada tempat dimana saya pulang dan tempat yang tak pernah mungkin menolak saya, walaupun say tidak di terima ataupun dikucilkan banyak orang.
    Seperti siput ataupun keong yang selalu membawa rumah kemana saja, seolah tak ada rumah mereka akan mati, begitulah saya rumah yang membuat saya belajar cara memanusiakan manusia, saling menghargai, menghormati dan tanggung jawab. Di rubahlah saya belajar banyak hal.

    ReplyDelete
  63. Izza Azzurini21:30

    Nama : Izza Azzurini
    Akun Instagram : @zzzzazrn
    Domisili : Situbondo, Jawa Timur.
    Link share : https://www.instagram.com/p/BUwmtxghnN8/

    Apa arti rumah untuk kamu?

    Jawaban :

    Rumah bagi saya adalah satu-satunya tempat untuk saya pulang di dunia. Rumah bagi saya bukan hanya sebuah bangunan kokoh yang dijadikan sebagai tempat berlindung dan tempat berteduh. Tidak. Rumah lebih dari itu. Rumah bagi saya adalah mereka yang saya sebut sebagai keluarga. Maka, dimana pun mereka berada, disanalah rumah saya untuk pulang. Rumah bagi saya adalah, tempat yang akan saya temukan omelan ibu tentang betapa malasnya saya setiap hari. Kesabaran seorang ayah yang sangat saya kagumi. Seorang adik yang sering bertengkar dengan saya, tetapi saya sangat menyayanginya. Serta, seorang nenek yang selalu memberikan nasihat-nasihat kehidupan bagi saya. Mereka adalah rumah saya, tempat saya untuk pulang. Rumah adalah berlian, permata, bahkan lebih dari itu bagi saya, rumah adalah anugerah terindah yang Allah berikan dalam hidup saya. Karena hanya di dalam rumah itu, saya mendapatkan kasih sayang dan cinta yang tulus. Tempat saya dididik dan dibesarkan. Tawa, tangis, kesedihan, dan kebahagiaan. Kenangan-kenangan masa tumbuh kembang saya, adik saya, bahkan kenangan-kenangan tentang bagaimana kehilangan salah satu bagian dari rumah saya.

    Bagi saya, tidak ada tempat selain rumah yang bisa saya temukan di sudut manapun dunia ini.

    ReplyDelete
  64. Nama: Oci
    Twitter/IG: @Arthms12/arthms12
    Domisili: Bandung
    Link share: https://mobile.twitter.com/Arthms12/status/869933060631830528
    Goodreads: goodreads.com/arthms12

    Apa arti rumah untuk kamu?

    Bagiku, rumah ada tempat untuk pulang. Tempat buat makan, mandi, bobo, ngerjain tugas, ngisengin emak, berantem sama kakak, dan tempat paling nyaman buat buang air. #lha

    Terlepas dari orang-orang yg ada di dalamnya, rumah bagiku adalah impian. Aku selalu berharap bisa mempunyai rumah sendiri, tinggal sendiri, mengatur interior sendiri, tempat di mana aku bebas melakukan apapun yang kuinginkan, dan bebas terlihat jelek sepanjang waktu. Rumah adalah pelindungku, yang seakan selalu berkata "selamat datang" ketika aku pulang dan "hati-hati" ketika aku pergi. Rumah adalah sarangku, tempat aku menyimpan semua hal-hal yg kusukai.

    Pokoknya rumah adalah tempat terbaik sepanjang masa❤ (tidak termasuk org2 di dalamnya ._.)

    ReplyDelete
  65. Nama : Cahya W.
    Twitter : @cahyawid
    Link share : https://twitter.com/cahyawid/status/869932668930084865
    Domisili : Gresik

    Rumah adalah tempat dimana saya memulai dan mengakhiri hari. Saat memulai aktivitas di pagi hari, saya memulainya dari rumah. Dan selepas berteman dengan hiruk pikuk dunia, saya pulang untuk melarung lelah ke rumah. Menyandarkan harapan sekaligus menyulam benang-benang mimpi di langit-langit kamar. Dimana pun tempatnya, selagi nyaman dan bisa membuat saya selalu merindukan ritual kepulangan.

    Rumah bagi saya adalah sebuat tempat dimana selalu terbit senyum-senyum orang-orang terkasih. Mereka yang menyayangi dan saya sayangi balik tanpa perlu alasan. Mereka yang selalu menantikan kepulangan saya. Mereka yang selalu menerima saya tanpa saya perlu berpura.
    Yaa, saya selalu menemukan rumah dimana orang-orang terkasih, tinggal.

    ReplyDelete
  66. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/869934895119728640
    goodreads: Kiki Ryeo

    Rumah bagiku itu sudah seperti belahan jiwa.
    tempat yang nyaman utkku melepas topeng dan penatnya kehidupan. dirumah aku menjadi diriku sendiri. seperti pepatah yg juga menjadi judul buku kak Alma, No place like home. nggak ada tempat yg memiliki suasana seperti halnya rumah.
    tanpa rumah seperti hidup tanpa keluarga. tak ada perlindungan, tak ada kenyamanan dan kasih sayang yg didapatkan.
    rumah adalah tempatku berbagi segalanya, baik duka maupun suka, tempatku bersandar dikala bahagia ataupun lelah. rumah sudah seperti matahari untukku. menerangi dan menjadi pusat utkku utk bisa menjalani hidup. meski sinar yg diberikan terkadang menyengat, matahari nggak pernah meninggalkanku di segala situasi. matahari membuatku kuat utk menjalani terjal kehidupan dan matahari pula penyemangatku memulai hari utk terus maju menggapai mimpi. rumah adalah tempat keluargaku berada, tempat yang selalu menerimaku dg tangan terbuka, tak peduli betapa sempurna dan cacat pada diriku, keluarga akan mengerti, mereka selalu percaya dan mendukung dg berbgai cara, menuntunku kearah yg lebih baik dlm memperbaiki diri, dan selalu mendekapku dg kehangatan yg diberi.
    tak ada rumah seperti tak ada lag semangat utk memulai hari.

    ReplyDelete
  67. Nama : Wardhina Ayu Wakhidatun
    Twitter : @wardhinaa_
    Domisili : Yogyakarta
    Link share: https://twitter.com/wardhinaa_/status/869957309581074432

    Rumah bagiku adalah sebaik-baik tempat bermula dan tempat kembali. Bermula ketika aku mengawali kebahagiaan dari orang tuaku dan kembali dari segala hiruk pikuk dunia luar.
    Tapi ternyata, rumah juga tempatku mengawali kesedihan. Membaca sinopsis buku ini membuatku teringat dengan rumahku sendiri. Hampir kisah yang aku alami ini sama dengan buku milik kak Alma ini. Ya, kesedihan yang dinamakan "broken home" yang terjadi semenjak aku pertama ada di dunia ini. Entahlah, aku tidak tahu apakah ini salahku atau bukan. Tetapi aku pernah benar-benar terpuruk dan tidak menganggap rumah adalah tempatku merasakan kejamnya kehidupanku. Dan seiring berjalannya waktu, aku mulai sadar. Tidak ada yang lebih baik jika aku terus menerus terpuruk, menyesali kehidupan dalam rumahku sendiri. Hingga akhirnya, saat ini aku mengerti arti rumah yang sebenarnya. Aku belajar untuk memaafkan segala hal yang sudah terjadi. Mengikhlaskan ujian hidup yang aku terima.
    Rumah adalah tempat bermula, bermula dari kebahagiaan yang pernah terjalin dari orang tuaku dan bermula kesedihan yang sempat membuatku terpuruk. Tetapi rumah adalah tempatku kembali, kembali dari semua penyesalan serta kesedihan yang aku alami dan jalani.

    ReplyDelete
  68. Nama: Afdatul
    Domisili: Surabaya
    IG: afdacs
    Link: https://www.instagram.com/p/BUwnnZQBkI0/
    Rumah adalah tempat ternyaman gak peduli luas apa enggaknya yang penting bisa bikin nyaman. Selain tempatnya yang bikin nyaman, orang orang didalamnya juga bikin nyaman karena mereka saling peduli.

    Rumah menurutku juga tempat perang paling seru:v karena dirumahku itu sering banget orangnya pada ribut mulai hal sepele sampe yang agak besar. Misalnya rebutan remote tv. Dan kalo udah ribut ramenya ngalahin pasar malam, tetangga aja ampe kedepan rumah gara gara pada kepo (canda)

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...