Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

28 April 2019

Young Marriage - Rena Mayriska | Review + Giveaway


 44313813

 Judul : Young Marriage
Penulis : Rena Mayriska
Penerbit : Pastel Books
ISBN : 978-602-6716-45-3
Genre : Romance
Rate Usia : 17+


And the blurb..

Nabilla sering melanggar peraturan dan tidak pernah kapok meski sudah mendapat surat peringatan. Sebagai ketua OSIS, Briyan harus turun tangan. Bagi Nabilla, Briyan adalah musuh yang hobi mencari-cari kesalahan. Sudah sok ganteng, sok galak pula. Sialnya, justru takdir selalu mengkonfrontasikan mereka. Saat jalan berdua, mereka menemukan seorang bayi yang ditelantarkan di sebuah taman. Mereka tidak ingin menelantarkan bayi itu, seperti orangtuanya lakukan. Akhirnya mereka memutuskan untuk merawat bayi itu bersama-sama. Tapi ... bagaimana mungkin mereka sanggup merawat bayi, kalau setiap hari kerjaannya perang mulut melulu?

Here we go..


Cinta sendiri, sayang sendirian, sakit sendirian, patah hati sendirian

Nabilla, gadis belia yang cantik, walaupun tingkah dan sikapnya bertolak belakang dengan parasnya yang cantik, namun sebenarnya dia memiliki hati yang baik, kedua orang tua yang walaupun memiliki kesibukan segudang namun teramat sayang dan juga seorang kakak yang selalu ada untuknya. Nabilla juga memiliki dua sahabat terbaik, Soffi dan Dilla, selalu ada untuknya, saat dia sedang waras ataupun saat dia sedang melakukan kegilaan. Persahabatan yang indah dan menyenangkan. Selain itu, Nabilla juga memiliki seorang kekasih, bernama Adam.

Briyan, cowok yang katanya ganteng, pintar, dan sempurna ini memiliki jabatan yang cukup amat disegani di sekolah Mahardika High School, Ketua OSIS, atau biasa dipanggil ketos. Walaupun dia selalu bersikap tegas dan terkesan tega, namun sebenarnya hatinya baik. Kedua orang tuanya menyayanginya, walaupun terlahir dari keluarga yang teramat cukup terpandang, tak lantas membuat Briyan terlena dengan semua itu. Dia berusaha keras membuktikan jika dirinya mampu berdiri di atas kakinya sendiri. 

Nabilla dan Briyan hampir tak ada hari jika tak bertengkar. Permasalahan yang cukup sepele sebenarnya, karena Nabilla cenderung melanggar semua peraturan yang dibuat oleh sekolah dan Briyan adalah orang selalu setia menghukumnya jika dia melihat kesalahan dari Nabilla. Hingga hari dimana, hukuman yang Briyan berikan terlampau keterlaluan untuk Nabilla. Briyan merasa amat bersalah. 

Ketika mereka berdua dipertemukan dengan seorang bayi, mau tak mau mereka harus bekerja sama dalam merawat bayi tersebut. Sampai akhirnya permasalahan pun datang menghampiri mereka. Fitnah dan tuduhan mengarah pada mereka. Briyan berusaha sekuat tenaga mengembalikan apa yang sudah dirusak oleh mereka, Nabilla menjadi emosi dan makin tak terkendali ketika bahaya datang menghampiri Briyan. Tanpa pernah mereka tahu, ada orang-orang yang bertepuk tangan ketika melihat apa yang telah menimpa mereka berdua. 

Lalu ketika sebuah kebenaran terungkap satu demi satu, adakah kata terlambat untuk memaafkan dan memulai kembali walaupun keadaan tak memungkinkan?

“Tak menutup kemungkinan bahwa orang yang dulunya sangat kamu benci, kini berubah menjadi orang yang paling kamu takuti kepergiannya.”

Membaca cerita ini bikin aku kembali flashback  ke masa saat aku duduk di bangku SMA. Keinget gimana gemesnya ketika diminta ini itu sama kakak angkatan OSIS, dan itu benar-benar berhasil membuatku tertawa ketika mengingatnya, terharu ketika membaca cerita ini. Saat membaca ini, posisiku lagi pas nggak bisa tidur, dan alhasil aku menikmati bacaan di cerita ini, sangat amat menyenangkan banget. Ada part dimana aku terharu ketika menyadari jika masih ada remaja yang begitu peduli dengan anak-anak yang stay and live in orphanage. Walaupun hanya cerita di sebuah novel, tapi cukup membuat aku terharu, di tengah banyaknya orang yang terkadang tak berempati kepada mereka. Selain itu, ada part yang bikin aku gemes sendiri sama tokoh utamanya. Sok-sok-an tegar tapi nyatanya astagah, nggak sanggup berkata-kata deh pokoknya.

Ide ceritanya sendiri sebenarnya sudah banyak ditemui di berbagai novel. Tentang kisah perseteruan yang terjadi antara cowok baik-baik dan cewek yang agak sedikit suka melanggar peraturan. Tapi nih, ada yang bikin amaze lho, yaitu ide dari inti cerita ini. Mengenai bayi yang tak sengaja lewat depan rumahmu, ku melihat ada tenda biru, dihiasi indahnya janur kuning. Eh salah, maksudnya bayi yang tak sengaja mereka temukan hari itu. Mengubah semua cerita yang terjadi di antara mereka. Mana konfliknya seru banget. Ada yang diam-diam benci tapi sayang, ada yang diam-diam baik tapi menjerumuskan, ada yang di depan sok kepolosan, di belakang lebih sadis. Seperti mencoba mengalahkan Thanos dan itu menyakitkan. Di dalam cerita ini, selain kisah cinta, ada juga kisah tentang persahabatan, permasalahan yang terjadi di sekolah dan kisah unik dari masing-masing keluarga mereka. Terharu, salut, bangga, dan puas banget. Cerita ini layak menjadi buku. Sukaaaaa.

Novel ini membawa aku kembali ke dalam dunia putih abu-abu yang begitu aku rindukan. Kisah yang teramat lucu dan menarik yang terjadi antara Briyan dan Nabilla. Segala hal entah itu biasa aja atau buruk dan kejam sudah mereka lewati bersama. Tanpa pernah mereka tahu, jika takdir sedang mempermainkan keduanya. 

“Hidup itu layaknya bianglala, kadang berhenti di atas, kadang juga berhenti di bawah. Jadi, jangan pernah sombong saat berada di atas, dan jangan melupakan keadaan di bawah.”

Chemistry yang terjalin antara Nabilla dan Briyan menyatu dengan apik, darijarak antara pluto dengan matahari bisa kemudian menjadi lebih dekat antara merkurius dengan matahari. Berawal dari sebuah kebencian, lalu lama-lama kekesalan itu menumpuk menjadi satu. Aku suka chemistry yang terjalin antara Nabilla dan kedua orang tuanya, Briyan dan kedua orang tuanya, Nabilla dengan kakaknya, kedua sahabatnya, Nabilla dengan Raffa, Nabilla dengan Adam, Briyan dengan kedua sahabatnya, dengan kedua orang tuanya, dengan anggota OSISnya, interaksi yang terjalin di antara mereka, membuat aku terhanyut akan hubungan yang akan terjalin diantara mereka hingga beberapa tahun mendatang. Ehm, boleh nggak itu si Agas buat aku ajah? Mau kuajarin biar bisa jadi kayak Bucky.

Novel ini menggunakan alur maju. Sudut pandang yang digunakan dari sudut pandang penulis. Sehingga membuat aku merasakan apa yang dirasakan masing-masing tokoh. Walaupun, sebenarnya pinginnya sih sudut pandangnya berasal dari 1 tokoh aja gitu, biar makin penasaran dan bisa menebak-nebak apa yang dirasain sama tokohnya.

Aku belum berhasil menemukan setting tempat di novel ini, hanya saja aku tertarik dengan Danau Sembiru dan satu tempat di kala senja ketika Briyan mengajak seseorang pergi kesana. Aku jatuh cinta banget sama senja, dan dari cara penulis melukiskan tempat tersebut membuat aku jatuh cinta dan pingin banget kesana.

Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa didapat dari novel ini. Seperti jangan pernah menuduh orang sembarangan hanya karena menemukan sesuatu yang tidak seharusnya ada pada orang tersebut. Janganlah men-cap seseorang itu buruk ketika dia melakukan sebuah kesalahan. Janganlah ikut-ikutan menghujat ketika kenyataannya tak seperti yang diharapkan. Kenalilah orang yang benar-benar tulus padamu, benar-benar menyayangimu, menjagamu dan tak menyakitimu. Tak kenal maka tak sayang, bukan? Siapa tahu kan yaa, orang yang dinilai tak baik, tak tulus, dan dijudge banyak hal, tapi sebenarnya dia tak seperti yang dipikirkan banyak orang selama ini, atau malah bisa jadi dia sedang melindungi dirinya sendiri. Kemudian jangan terlalu banyak memakai perasaan, membuat kamu lupa menggunakan logika saat sedang dalam masalah dan disakiti. Jangan menjahati orang jika suatu hari kamu tak ingin diperlakukan jahat juga. Roda itu berputa, bisa saja saat ini kamu ada di atas, memiliki segalanya, tapi ketika kamu ada di bawah, kamu akan tahu siapa yang benar-benar tulus padamu. Memaafkan dan mengikhlaskan lebih enak, daripada dipendam bikin sakit hati dan bikin dendam tak berkesudahan.

Novel ini benar-benar komplit banget. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan bantal dan camilan yaa. Karena kalau kamu gemes, bisa tu bantal digigit-gigit manja gitu. Ah iya, berhubung aku baca novel ini di rumah, aku baca sambil ditemeni sama lagunya Yura Yunita – Cinta dan Rahasia dan Callum Scott – You Are The Reason.

Cinta tak harus memiliki

Aku suka dengan cara penulisnya menuliskan kisah antara Nabilla dan Briyan juga Aurel dan Adam. Tak pernah ada yang tahu kemana kaki akan melangkah, kemana arah hidup akan tertuju, kemana cupid akan menembakkan panahnya. Kita tak perlu membenci orang dengan begitu bencinya, karena dinding antara benci dan cinta itu tipis banget.

So, aku dibuat kagum oleh karya kak Rena ini. Membaca karyanya dari awal, membuat aku tahu jika karya ini recomended banget buat kalian baca. Good job, kak. I'm proud of you.

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa. Good luck for you, Rena. Dan jangan lupa juga buat kamu yang ingin membaca novel ini, bisa didapatkan di toko buku terdekat yaa. Jangan sampai kamu kehabisan yaa.

Terima kasih untuk Penerbit Pastel Books dan kak Rena atas kesempatannya diijinkan mereview novel Tinkerbell ini. Mohon maaf jika agak lama mereviewnya. Ditunggu karya kakak selanjutnya yaa. I'm always your biggest fans, kak 😊

Kamu mau novel Young Marriage juga? Boleh lho kalau mau ikutan giveawaynya. Caranya gampang banget. Cek di bawah ini yaaa


Aku tak ingin jarak merusak situasi yag sudah kita bangun selama ini

=== GIVEAWAY TIME ===

Kalian mau mendapatkan 1 novel Young Marriage karya Rena Mayriska dari Penerbit Pastel Books? Caranya gampang banget lhooo :

1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
2. Follow akun twitter @DARemaja, @PenerbitMizan, dan akun twitter  @peekthebook, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kita bertiga dan jangan lupa sertakan hashtag #YoungMarriageGA
3. Follow akun Instagram @pastelbooks.id dan akun penulis di @renanayriskaa_
4. Follow blog ini
5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan Nama, akun twitter, domisili, link share, akun goodreads (jika punya) dan jawabanmu yaa..

Kalau diminta buat menjalin cinta sama musuh bebuyutanmu, apa yang akan kamu lakukan?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 28 April – 4 Mei 2019 hingga jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan sesegera mungkin. So, selamat mengikuti dan good luck yaa..

1 comment:

  1. Wah sayang sekali giveaway nya sudah kelewat ya, btw terimakasih sudah meracuni hehe. Auto jadi whislist nih..

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...